Results 1 to 17 of 17

Thread: Selasar Bursa Efek Jakarta rubuh

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,914
    Mentioned
    754 Post(s)

    Selasar Bursa Efek Jakarta rubuh

    Balkon Bursa Efek Jakarta rubuh, ratusan orang dievakuasi, korban belum jelas



    Ratusan orang dievakuasi dari gedung Bursa Efek Jakarta yang berlantai 32, menyusul ambruknya balkon atau selasar dari Gedung II. Belum diketahui apakah jatuh korban jiwa.

    Sejumlah orang tampak dibawa keluar gedung dengan tandu, namun wartawan dilarang mendekat.

    Peristiwa terjadi pada lewat tengah hari. Saksi mata mengatakan, mendengar suara gemuruh keras saat balkon itu ambruk.

    "Itu bukan lantai yang roboh, tapi selasar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, kepada wartawan.

    Argo menuturkan, Polsek Kebayoran Baru sedang menyelidiki penyebab kejadian itu, sekaligus mendata jumlah korban.

    Image caption
    Sebagian puing Gedung Bursa Efek
    "Sejumlah korban, kebanyakan luka-luka di tangan dan kaki dan bagian badan lain, dibawa ke berbagai rumah sakit terdekat," katanya.

    "Jadi di lantai 2 Gedung II, itu ada selasar yang biasa dipakai berjalan oleh para karyawan, itu yang roboh," kata Argo pula.

    Ia menyatakan, korban luka lebih dari tiga puluh orang, namun jumlahnya masih didata.

    Mereka dilarikan ke RS Siloam Semanggi, RS Pertamina, dan RSAL Mintoharjo.

    "Korban jiwa, sampai saat ini tak ada laporan. Mudah-mudahan tidak ada," katanya pula kepada wartawan.

    Sementara itu, Ririen, karyawan Ernest & Young yang bekerja di lantai lima Gedung BEI menyebut selasar yang diduga roboh berada di antara kantor Bank Central Asia (BCA) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

    Selasar itu disebut sebagai lantai mezzanine.

    Ririen berkata, selasar itu roboh jelang jam istirahat makan siang, pukul 12.00 WIB.

    "Saat saya sedang keluar dari pintu gerbang BEI, itu ambruk, semua orang terlihat panik," ujarnya kepada Abraham utama dari BBC Indonesia.

    Selain karyawan perkantoran, Ririen menyebut rombongan mahasiswa yang melakukan karyawisata juga berada di gedung itu saat selasar ambruk.

    Hingga pukul 13.00 WIB, kata Ririen, karyawan di tower II BEI belum dapat kembali ke lantai mereka masing-masing.

    "Lift dimatikan dan semua akses ditutup," tuturnya.

    Bursa Efek Jakarta mengumumkan, perdagangan BEI Senin (15/1) Sesi II akan diundur selama 1 jam karena alasan force majeur.

    Sejauh ini banyak pekerja berkerumun di halaman gedung yang kemudian ditutup dengan garis polisi. Tampak kesibukan puluhan petugas polisi, namun sudah tak terlihat adanya suasana kegawatan baik di kalangan petugas maupun para pekerja dan orang-orang yang berkerumun di luar.

    Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan bahwa mereka berkoordinasi dengan Direksi Bursa Efek Indonesia, dan menyebut bahwa proses transaksi dan penuntasan transaksi berjalan normal. "Tidak ada gangguan listrik dan jaringan. Sistem JATS, E-CLEARS dan C-BEST berjalan normal," tulis OJK dalam keterangan pers mereka.Manajemen Bursa pun disebutkan tetap melanjutkan perdagangan sesi II sesuai dg waktu normal.

    Berita akan diperbaharui terus.

    Wartawan BBC Indonesia, Mehulika Sitepu dan Oki Budi berada di lokasi untuk melaporkan perkembangan lebih jauh.


    saus kecap




    Kok bisa ambruk sih??
    Jekardah ngeri yah pembangunannya, asal tinggi doang tp daya tahannya kok diragukan.
    Kasihan tuh rombongan mahasiswa dari Palembang yang sedang kunjungan.
    apes.

    btw kejadiannya jam 12.10 itu pas hujan gede kah?
    Kalau di kantor saya hujan gedenya kisaran jam 13.15an. *ps: kantor bukan di JakSel.

  2. The Following User Says Thank You to etca For This Useful Post:

    surjadi05 (16-01-2018)

  3. #2
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    Mentioned
    330 Post(s)
    ini tadi rame banget seharian

    gedung BEJ harusnya kan keren yah ? kok bisa ambruk itu selasarnya ?

  4. #3
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    450
    Mentioned
    19 Post(s)
    Tlalu ramai sptnya

  5. #4
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    Mentioned
    330 Post(s)
    gw kadang ngeri klo jalan di selasar di mal, apalagi yang lantainya tembus pandang pake kaca (ato glass block)
    berasa jebol aja klo jalan

  6. #5
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,888
    Mentioned
    53 Post(s)
    ^ ada videonya nih tsu, mungkin reaksi lu ga jauh jauh dari mrk




    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  7. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,914
    Mentioned
    754 Post(s)
    ^ iya pernah lihat video ini.
    Diketinggian memang bikin jiper apalagi kalau bisa lihat bawahnya.




    Kata Ahli Teknik Sipil ITB soal Ambruknya Selasar BEI

    Jakarta - Selasar Tower II gedung BEI ambruk dan menelan puluhan korban luka. Bagaimana analisis dari ambruknya selasar di gedung yang berusia 20 tahun itu?

    Ahli Teknik Sipil ITB Profesor Iswandi Imran mengatakan, untuk mengetahui pasti penyebab ambruknya selasar, harus dilakukan analisis lebih jauh. Analisis bisa dilakukan dalam kurun satu bulan ke depan.

    "Paling sebulanlah. Materialnya diambil, dikumpulkan, dikaji secara mikroskopis. Ada luka lama apa nggak. Material (bangunan) juga sama kayak manusia, bisa mengalami luka lama. Lukanya itu tidak terjadi sekaligus, tapi bertahap," kata Iswandi saat dihubungi detikcom, Senin (15/1/2018).

    Iswandi, yang di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB masuk Kelompok Keahlian Rekayasa Struktur, menjelaskan setiap bahan bangunan sudah seharusnya dirawat secara rutin. Apabila perawatan konsisten dilakukan, umur bangunan bisa lebih panjang.

    "Dari video, dari foto-foto (BEI), kesannya runtuhnya tiba-tiba. Kalau tiba-tiba tanpa tanda-tanda, langsung bruk gitu. Kalau keberatan, menurut saya, nggak juga. Kalau ngeliat di video beban yang bekerja standar saja ya," ujar lulusan University of Toronto, Kanada, itu.

    "Beban itu mestinya sudah diperhitungkan dalam desain dalam perencanaan. Itu biasanya di area publik, bebannya sampai 500 kg/m2, artinya dalam 1 m2 bisa dalam 8 orang. Tadi kan kurang dari 8. Kecuali kalau ada kesalahan desain ya," bebernya.

    Menurut Iswandi, analisis bisa dilakukan dengan melakukan forensik studi dan forensik analisis melalui pengumpulan fakta-fakta di lapangan.

    "Tapi misal ada baut atau angkur yang lepas, entah patah atau apa. Itu yang harus dipelajari. Penyebabnya bisa perilaku yang degradasi pada sistem akibat umur, lingkungan, beban berulang. Atau apa pun," jelas Iswandi.

    Selain perawatan, hal yang harus diperhatikan adalah kemungkinan adanya fatigue (kelelahan) dari bangunan tersebut.

    "Bisa juga karena fatigue (kelelahan). Karena beban berulang dan ekstrem. Kita juga kalau terus kerja lama-lama fatigue juga," pungkasnya.

    Selasar Tower II gedung BEI ambruk pada Senin (15/1) sekitar pukul 12.00 WIB. Lebih dari 70 orang dilarikan ke rumah sakit.

    Mayoritas korban merupakan mahasiswa Universitas Bina Darma yang tengah melakukan study tour ke gedung BEI. Sejauh ini tak ada korban jiwa akibat insiden tersebut.
    (rna/tor)

    saus



    Umumnya selasar hanya orang lewat. Di hari yang naas itu, taruh kata 25 - 30 orang ngumpul di Selasar.
    Dengan berat badan diambil ratarata 55 kg.
    55 x 30 = 1.650 kg, ga kuat nyangga beban sebanyak itu rupanya.
    Ini hitungan kasar loh ya.

  8. #7
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,829
    Mentioned
    183 Post(s)
    Struktur mezanine keanya emang ga cocok menampung banyak beban statis
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  9. #8
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    Mentioned
    330 Post(s)
    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    ^ ada videonya nih tsu, mungkin reaksi lu ga jauh jauh dari mrk



    ya emang sebel klo gini LOL
    di TP 2 tuh ada

  10. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,914
    Mentioned
    754 Post(s)
    Quote Originally Posted by tuscany View Post
    Struktur mezanine keanya emang ga cocok menampung banyak beban statis
    Struktur Mezanine itu yang seperti apa?

  11. #10
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,888
    Mentioned
    53 Post(s)
    Detik detik ambruknya selasar



    ngeri bener

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  12. #11
    Barista cherryerichan's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    3,206
    Mentioned
    214 Post(s)
    Tuh korbannya dari kampungku. Mahasiswa pkl univ bina darma
    Posted via Mobile Device
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

  13. #12
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,829
    Mentioned
    183 Post(s)
    Quote Originally Posted by etca View Post
    Struktur Mezanine itu yang seperti apa?
    Lantai dua yang nempel di dinding lantai satu dengan sedikit penyangga. Ya persis selasarnya BEJ gitu.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  14. #13
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,914
    Mentioned
    754 Post(s)
    Lantai yg nempel di dinding itu pakai baja ga sih? Tp memang harusnya pakai penyangga yg kokoh. Atau bs jadi pas pembangunan materialnya dikorupsi dan ga ada maintenance. Ada tandatanda retak ga ya sebelumnya?

  15. #14
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,829
    Mentioned
    183 Post(s)
    Biasanya ga pake baja. Kan nempel doang. Kalo rumah ada mezzanine kadang lantai kayu doang supaya ringan.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  16. #15
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,318
    Mentioned
    395 Post(s)
    Quote Originally Posted by etca View Post
    Lantai yg nempel di dinding itu pakai baja ga sih? Tp memang harusnya pakai penyangga yg kokoh. Atau bs jadi pas pembangunan materialnya dikorupsi dan ga ada maintenance. Ada tandatanda retak ga ya sebelumnya?
    Udah 20 tahun lebih, kayaknya maintenance nya deh, kslo sekarang ada baja ringan mungkin bisa pake tapi pasti menambah beban ke pondasi dasarnya
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  17. #16
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    450
    Mentioned
    19 Post(s)
    siang ini penduduk BEJ bisa jadi panik banget

  18. #17
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,318
    Mentioned
    395 Post(s)
    Err ga ada korban meninggalkan ya?
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •