Results 1 to 10 of 10

Thread: Buah-buahan yang jarang terlihat

  1. #1
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,872

    Buah-buahan yang jarang terlihat

    Buah lokal yang (nyaris) tidak tersedia di supermarket, tapi bisa ditemukan di pasar tradisional atau abang-abang pinggir jalan. Lebih menyehatkan ketimbang buah impor yang datang dari jauh.

    1. Buah lontar.



    Dari luar mirip kelapa, tapi isinya kayak kolang-kaling. Niranya manis alami.

    2. Buah kesemek

    Rasanya manis tapi ada rasa lain yang khas kesemek.

    3. Timun suri

    Enak buat campuran es buka puasa. Nggak manis seingat saya, mesti dipakein sirup gula sebagai campuran.

    4. Rambutan
    Sebenarnya ini buah popular, tapi musiman. Makan ini bisa nggak berenti, kalo dapat yang rasanya pas, nggak basah dan nggak bersemut.

    5. Langsat
    Buah ngetop tapi juga musiman. Ngetop buat iklan kecantikan: kuning langsat. Rasanya manis dan enak, cuma bijinya terlalu gede.

    6. Rambai
    Penampakan mirip langsat, namun agak kecut. Rambai biasanya buah hutan alias tidak ditanam. Bijinya kecil bisa langsung dilep.


    7. Duku
    Masih sealiran dengan langsat. Tapi kulitnya lebih tebal.

    8. Keranji
    Mainan masa kecil nih. Adu buah keranji. Terakhir masih main ini beberapa tahun lalu sama teman kantor yang dapat kiriman keranji sekilo.


    9. Karamunting
    Cuma pernah dengar namanya dari ayah, tapi nggak pernah nyicip. Katanya ini buah hutan yang rasanya segar.

    Katanya bagus buat terapi kanker darah.

    Wah...banyak sebenarnya ya buah2 lokal cuma susah nyarinya. Keanya baru manggis doing deh yang naik daun dan diekspor ke mana-mana. Sama duren yang gampang nemuin di supermarket dengan harga ampun2an.
    Ada lagi yang kalian tau?
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  2. #2
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,678
    beda ya buah lontar dgn kolang kaling

    yg langka tuh macam2 jenis jambu
    Posted via Mobile Device

  3. #3
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    jambu mawar khas Indonesia ga sih? rasanya manis2 sepet dan dagingnya beda dari jambu biasa
    mungkin lebih ke arah jambu air tapi lebih kering
    Popo Nest

  4. #4
    akuuu waktu masih ngajar di daerah kemaren makan buah2 itu..kecuali lontar. nggak ada disana.kesemek,timun suri rambutan mah banyak. buah langsat,rambe..asam keranji pada aseeem semua.. karamunting dapat yg mentah teros..hihi
    Posted via Mobile Device
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

  5. #5
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,025
    Cuma duku, rambutan, timun suri, kesemek dan buah lontar yang pernah makan. Yang lainnya baru tahu malah. Kayaknya ga biasa ditemui di pulau Jawa yah? Dari Sumatera kah buah˛ yang lainnya itu? Soalnya mpok cherry pernah makan semua kecuali buah lontar.
    Posted via Mobile Device

  6. #6
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,872
    Quote Originally Posted by Porcelain Doll View Post
    jambu mawar khas Indonesia ga sih? rasanya manis2 sepet dan dagingnya beda dari jambu biasa
    mungkin lebih ke arah jambu air tapi lebih kering
    Baru tau saya ada yang namanya jambu mawar.

    ---------- Post Merged at 07:58 AM ----------

    Quote Originally Posted by etca View Post
    Cuma duku, rambutan, timun suri, kesemek dan buah lontar yang pernah makan. Yang lainnya baru tahu malah. Kayaknya ga biasa ditemui di pulau Jawa yah? Dari Sumatera kah buah˛ yang lainnya itu? Soalnya mpok cherry pernah makan semua kecuali buah lontar.
    Posted via Mobile Device
    Langsat masa ga pernah makan tca? Tak kira ngetop di mana2.

    "Kulit kuning langsat"

    Sekarang malah tambah parah, ada iklan kulit putih langsat. Padahal langsat nggak putih kulitnya.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  7. #7
    pelanggan setia Alethia's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    4,043
    *duduk dibwh pohon* nunggu kiriman buah2an langka dari neng etca
    Jangan kamu bilang dirimu kaya, bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
    -Rendra

  8. #8
    Tau buah dewandaru ga gan?
    Di rumah ane ada nih, katanya juga buah yang jarang ada juga hehe

  9. #9
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,649
    eh buah langsat dan duku beda ya?
    saya suka tuh gile udah lama banget terakhir makan buah ini
    salak juga ngga selalu ditemukan kayanya, ini juga saya suka

  10. #10
    coba-coba
    Join Date
    Oct 2017
    Location
    DKI Jakarta
    Posts
    11
    Timun Suri kalau di bulan puasa kayaknya masih ada deh yang jual heheSaya sih sekarang belum pernah liat lagi yang namanya buah lontar, udah gitu udah lama banget ga nyobain buah kesemek

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •