Results 1 to 17 of 17

Thread: Ekspor Impor, Logistik, Dagang internasional di Indonesia

  1. #1
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,664
    Mentioned
    148 Post(s)

    Ekspor Impor, Logistik, Dagang internasional di Indonesia

    Belakangan ikut-ikutan kawan yg mau bisnis ekspor impor khusus dari Indonesia ke Eropa. Biasanya kong @surjadi05 fasih gini2..
    Biasanya kalo cari barang dari cina atau asia lainnya kita buka alibaba atau aliexpress, bisa langsung pesan dgn harga, kuantitas, shipping yang jelas, kali ini dia mau coba cari2 barang indonesia.
    Akhirnya kita buka-buka onlineshop nya indonesia untuk produk2 spesifik. Begitu kita liat harga2nya.. ya ampun.. ngiler..
    Singkat cerita kita coba pilih satu pabrik, waktu itu gitar merk Stranough asli buatan Indonesia, harga 1,4 jt di online shop.

    Menurut cerita2, harga di indonesia dibagi dua.. harga lokal dan harga internasional.. Kita pikir, oke lah.. mgk ga jauh2 amat. Tapi ternyata.. 2 kali lipatnya.. sampe 2 juta sekian.. OK.. masih murah.
    Begitu masuk ke ongkos kirim.. Ya Allah.. mampus gw.. paling murah buat benda kurang 10kg itu lebih mahal dari barangnya sendiri.. sekitar 2,8 jt. Jadi kalo ditotal itu gitar yg kita pikir bakal sekitar 100-200 euro bakal ngabisin biaya 400 euro sendiri. Gimana bisa saingan? Untuk apa bikin barang mahal2 kualitas dunia kalo ga ada yg beli? Sedangkan AliBaba/AliExpress membuat segalanya lebih mudah bagi perdagangan di asia.

    Sebenernya gimana sih sistem logistik internasional di Indonesia? Knp kok barang jadi mahal2 gara2 logistik? Tol laut kemana tol laut?
    T'rus apa faedahnya mempertahankan sistem harga lokal harga internasional?
    Last edited by ndableg; 24-03-2017 at 07:11 PM.

  2. The Following User Says Thank You to ndableg For This Useful Post:

    surjadi05 (24-03-2017)

  3. #2
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,024
    Mentioned
    378 Post(s)
    Ntar dulu maksdnya mau impor/eksport bleg?
    Kalo internasional biasanya pake container baru murah, kan bisa kongsian sama yg laen nyewa kontainer
    Posted via Mobile Device

    ---------- Post Merged at 09:54 PM ----------

    Oh ya soal 2 harga, kecuali sembako kayaknya elu ketipu deh, setahu gw yg ada sistem beli putus/hutang trus beli partaian/kuantitas, semakin banyak semakin muragh, nah sampe di eropa baru barang lu dipalakin/dipajakin lagi, berapa besar pajaknya yah tergantung negara domisili elu
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  4. #3
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,024
    Mentioned
    378 Post(s)
    Eh ntar dulu ali baba.com gitu bukannya kerjasama dengan tenant/yg punya toko yah?
    Jujur ga pernah pelajari sistem online gini, soalnya gaptek n ga ada klien yg dagang ginian
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  5. #4
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,456
    Mentioned
    37 Post(s)
    "cintailah produk produk dalam negri". kalo kata iklan sih gitu, makanya kenapa harga lokal bisa lebih murah dibanding harga interlokal walopun barang yg dijual sama.

    sebenarnya juga ada ide untuk ngimoprt barang lokal ke luar (afrika), krn yakin barang jualan gw pasti laris di luar sana, tapi hanya sebatas wacana krn gw ga paham prosedur dan ***** bengeknya...
    seandainya ada doraemon dgn pintu kemana saja, semuanya pasti lebih mudah

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  6. #5
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg Kyuuden
    Posts
    6,000
    Mentioned
    179 Post(s)
    ^
    t3t3k dari bengeknya disensor, lol

    ini maksudnya mau dijual kembali apa gimana? Kalo iya, bukannya barang diproses pengiriman apabila transaksi sudah deal? Ya dari pihak kitanya-lah harganya lebih dimahalin lagi supaya dapet untung

    cmiiw

    ---------- Post Merged at 10:15 AM ----------

    sebenarnya juga ada ide untuk ngimoprt barang lokal ke luar (afrika), krn yakin barang jualan gw pasti laris di luar sana
    lu mau jualan apaan ke afrika? Indomie?
    Last edited by Yuki; 25-03-2017 at 12:20 PM.
    Lately I always follow the story related to the bride.

  7. #6
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,456
    Mentioned
    37 Post(s)
    di afrika sdh ada pabrik indomie, jelas kalah saing gw kalo jualan indomie dsn, blm lagi kena ongkir dan beacukai barang.

    ga usah jauh2 ke afrika, ke timor timur aja deh gw yakin banyak yg beli kok.

    rokok homeproduction, disini banyak yg bikin dan banyak jual tanpa harga cukai, dipacking pake bungkus pabrikan terkenal tapi isinya oplas, sepintas lu ga bakal bisa bedain

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  8. #7
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,024
    Mentioned
    378 Post(s)
    Trus prospek biznis yg paling bagus di afrika apa mob? Krim Pemutih?
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  9. #8
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,266
    Mentioned
    195 Post(s)
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    T'rus apa faedahnya mempertahankan sistem harga lokal harga internasional?
    B*set.. bahasanya.. tua kali.

    Ndableg -> pujangga sastra melayu
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  10. The Following User Says Thank You to mbok jamu For This Useful Post:

    ndableg (25-03-2017)

  11. #9
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,456
    Mentioned
    37 Post(s)
    Quote Originally Posted by surjadi05 View Post
    Trus prospek biznis yg paling bagus di afrika apa mob? Krim Pemutih?
    Posted via Mobile Device
    menurut data statistik yg pernah gw baca, layanan internet di benua afrika jika dibandingkan dgn indo sama seperti era awal thn 2000an, dmn koneksi masih lemot dan dibatasi speednya.

    kongsur siapin logistiknya, ntar gw pasok dvd or hentai koleksi gw ksn

    untung dan rugi dibagi bersama biar fair

    minat !!?

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  12. The Following User Says Thank You to mobyokuzan For This Useful Post:

    surjadi05 (26-03-2017)

  13. #10
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg Kyuuden
    Posts
    6,000
    Mentioned
    179 Post(s)
    ^
    di afrika belum bisa nyampe download 1mB/s?

    untung dan rugi dibagi bersama biar fair
    maksudnya sini yg untung sana yg kebagian rugi?
    Lately I always follow the story related to the bride.

  14. The Following User Says Thank You to Yuki For This Useful Post:

    surjadi05 (26-03-2017)

  15. #11
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    10,562
    Mentioned
    715 Post(s)
    Ga kepikiran nyambi jualan materai di samping kbri bleg? Wkwkwkkw seriusan loh ini. Temen ada yang bela2in kirim meterai pakai dhl/fedex yang sehari sampai cuma demi materai yang ga tersedia di sana.
    Posted via Mobile Device

  16. #12
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,664
    Mentioned
    148 Post(s)
    Quote Originally Posted by surjadi05 View Post
    Ntar dulu maksdnya mau impor/eksport bleg?
    Kalo internasional biasanya pake container baru murah, kan bisa kongsian sama yg laen nyewa kontainer

    Oh ya soal 2 harga, kecuali sembako kayaknya elu ketipu deh, setahu gw yg ada sistem beli putus/hutang trus beli partaian/kuantitas, semakin banyak semakin muragh, nah sampe di eropa baru barang lu dipalakin/dipajakin lagi, berapa besar pajaknya yah tergantung negara domisili elu
    Wah.. gimana bisa tau container baru? Ceritanya kan mesen sama pabrik langsung nih kong. Dia nawarinnya ongkos kirim segitu. Gw cari2 emang sekitar2 gitu.
    Hmm.. apa itu mahal gara2 termasuk pajak?

  17. The Following User Says Thank You to ndableg For This Useful Post:

    surjadi05 (26-03-2017)

  18. #13
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,664
    Mentioned
    148 Post(s)
    Afrika benernya pasar buat negara kek indonesia. Selain indomie, gw liat mustika ratu jg ud masuk.

  19. #14
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,664
    Mentioned
    148 Post(s)
    Quote Originally Posted by etca View Post
    Ga kepikiran nyambi jualan materai di samping kbri bleg? Wkwkwkkw seriusan loh ini. Temen ada yang bela2in kirim meterai pakai dhl/fedex yang sehari sampai cuma demi materai yang ga tersedia di sana.
    Posted via Mobile Device
    Kl bisnis ma kbri mah.. eehm.. biar yg lain yg ud deket ma orang2 kbri nya aj deh.

  20. #15
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,024
    Mentioned
    378 Post(s)
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Wah.. gimana bisa tau container baru? Ceritanya kan mesen sama pabrik langsung nih kong. Dia nawarinnya ongkos kirim segitu. Gw cari2 emang sekitar2 gitu.
    Hmm.. apa itu mahal gara2 termasuk pajak?
    Wkk bukan maksdnya pengirimannya pake shipping/kontainer, baru murah bukan pake airflihgt, bukan kontainernya yg baru biasanya kalo mau murah bleg cari orang yg bagian shipping urusin, jadi terpisah dari pabrik, tapi lebih ribet, intinya sih kalo baru mulai yah ikutin sistem mereka, kalo udah banyak import dari indo, baru cari shipping sendiri
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  21. #16
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg Kyuuden
    Posts
    6,000
    Mentioned
    179 Post(s)
    Intinya siapin uang pelicin kalo mau lancar segala urusan, serius

    This is Indonesia
    Lately I always follow the story related to the bride.

  22. #17
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,024
    Mentioned
    378 Post(s)
    Walopun udah berkurang, tapi yah seperti om yuki this is madness ehh this is indo
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •