Results 1 to 11 of 11

Thread: Cuci Hidung : Nasal Wash Treatment

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,026

    Cuci Hidung : Nasal Wash Treatment

    Spoiler for bekal:


    Jadi akhirakhir ini bekal saya ngantor adalah 0.9 % Sodium Chloride 500 ml (NaCl 9%) dan Spuit.
    Benerbener anti mainstream yak

    Digunakan untuk cuci hidung. err bukan bersihin komedo yak...
    Ada yang pernah melakukannya?

    Cuci hidung di sini adalah memasukkan cairan garam dari lubang hidung satu, keluar lubang hidung satunya.
    Berasa Horor??
    Hahahah sama. Awalnya saya juga berpikiran horor amat yak?
    Apalagi setelah menerima 3 botol infus 0.9% sodium chloride 500 ml dan 3 spuit dan plusplusnya.
    Langsung speechless. Tiga botol infus??

    Spoiler for ups:


    Setelah dilakukan dan lagilagi sejujurnya perlu kesiapan mental untuk melakukannya *lebai amat yak*
    Ternyata biasa aja kok, ga horor. Meski ga mudah melakukannya.
    Perlu "kenenglengan"/kemiringan kepala yang sempurna agar cairan keluar di lubang hidung satunya.
    Efeknya memang terasa lebih plong.


    Ini ada artikel yang saya kutip dari web RumKit Persahabatan.
    Cara ini pula disarankan untuk dilakukan pada daerah yang terkena bencana alam kebakaran hutan
    dan areal gunung meletus karena bahaya abu vulkanik.

    CEGAH RADANG SALURAN NAPAS DENGAN CUCI HIDUNG

    Penyakit radang saluran napas merupakan penyakit tersering yang dapat menyerang orang dewasa maupun anak karena mudahnya penyebaran kuman penyakit tersebut melalui udara yang dihirup saat bernapas.

    Hidung adalah pintu utama saluran pernapasan yang memiliki banyak fungsi diantaranya adalah menghangatkan dan melembabkan udara pernapasan melalui cairan hidung dan dari pembuluh darah kecil di permukaan rongga hidung. Hidung juga berfungsi sebagai penyaring udara pernapasan sehingga mencegah partikel kecil berbahaya masuk ke paru-paru. Hidung memiliki lapisan yang terdiri dari rambut halus (silia) dengan cairan di permukaannya, lapisan ini disebut mukosilia. Partikel kecil akan ditangkap oleh lapisan ini agar tidak masuk ke paru-paru. Dengan aktivitas mukosilia yang normal pada rongga hidung ini, pada umumnya rongga sinus dan paru-paru terjaga tetap steril.

    Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini udara di sekitar kita makin tercemar dengan berbagai polusi dari kendaraan bermotor, asap pabrik, dan kelembaban udara yang berkurang dengan penggunaan air conditioner di ruang kerja, pusat perbelanjaan dan perkantoran. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kerja lapisan mukosilia hidung sebagai penyaring udara pernapasan. Kita bernapas sekitar 20.000 kali per hari dan udara yang terhirup mengandung jutaan partikel debu, virus dan bakteri penyebab penyakit. Penyakit radang saluran napas karena infeksi maupun alergi seperti rinitis alergi dan asma menjadi hal yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

    Masalah kesehatan yang berkelanjutan tentunya akan berdampak buruk pada masalah ekonomi dan sosial masyarakat. Oleh karena itu kegiatan pelayanan kesehatan saat ini tidak hanya ditujukan untuk penyembuhan dan pemulihan dari sakit, namun lebih diutamakan untuk upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan.

    Lalu bagaimana upaya yang dapat dilakukan agar kesehatan saluran napas kita tetap terjaga?

    Dengan makin banyaknya polusi di sekitar kita, upaya yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan membersihkan penyaring utama saluran napas kita. Mari kita mulai kebiasaan baik cuci hidung 1x sehari sedini mungkin sebagai bagian dari aktivitas sehari – hari layaknya menyikat gigi. Cuci hidung dapat dilakukan oleh siapa saja, orang dewasa sehat, anak usia > 3 tahun atau telah dapat memahami instruksi, orang dengan penyakit saluran napas atas (contoh : batuk, pilek, alergi), orang sakit lainnya (dewasa atau anak) dengan petunjuk dokter.

    Alat dan bahan yang dibutuhkan tidak mahal dan mudah didapatkan, yaitu cairan pencuci hidung (NaCl 0,9%) yang telah terstandarisasi dan steril, transofix yaitu alat untuk melubangi botol cairan, spuit 10 cc tanpa jarum dan wadah bersih.



    Manfaat cuci hidung :
    • Membersihkan dari debu & polusi
    • Membersihkan dari virus, bakteri dan zat peradangan
    • Melembabkan hidung yang kering akibat di lingkungan dingin
    • Perbaikan fungsi mukosilia di dalam hidung
    • Mengurangi pembengkakan akibat radang
    • Membersihkan lendir kental




    sauskecap

  2. #2
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    karena g ada alergi, mungkin perlu dicoba nih
    untuk cairan NaCl-nya sendiri harus pake resep dokter ga ya?
    Popo Nest

  3. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,026
    Bisa beli online kok, kemarin sudah jajal gugling dan nemu beberapa seller. Murah banget kok. Masih mahalan skincare

    Sebenarnya bisa juga bikin sendiri. Tapi kok ga sreg ya. Soalnya belum tentu air yang kita gunakan bersih. Ini kan utk membersihkan mukosa yang sensitif.

    Jaman dulu, jamannya Pedagang Besar Farmasi (PBF) belum banyak. Farmasi di Rumah Sakit bikin sendiri. Masih anget2 dibawa ke bangsal pasien buat diinfus

    Terapi ini cocok buat mereka yang punya penyakit Sinus. Jadi buat popo ga ada salahnya dicoba.
    Kalau dalam kasus saya, berhubung saya peka sekali terhadap ini itu yang menyebabkan alergi. Kemarin oleh dokter disarankan itu. Bagaimanapun juga udara yang kita hirup banyak mengandung penyakit dan masuk lewat hidung, numpuk di sana. Menjadi sumber penyakit.
    Jadilah saya flu berbulanbulan. Terakhir terjadi pembengkakan di mata dan telinga. Disebutkan bukan sinus atau infeksi tetapi penyebabnya adalah alergi.

  4. #4
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,394
    Kalau sedang pilek berat juga bisa, untuk melonggarkan hidung yang mampet. Paling sebel kalau turun ke tenggorokan, seperti nelen air laut, asin, ugh ndak enak banget.

    Kalau di kampung sini dikasih botol plastik seperti botol kecap, jadi tinggal disemprot ke dalam hidung.

    Ngeri kali pakai suntikan begitu.
    Last edited by mbok jamu; 03-06-2016 at 10:32 AM.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  5. #5
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,026

    yang kayak begini ya mbok?

    kalau suntikan kan bagian jarumnya dilepas mbok,
    jarum dipakaiin pas nyedot dari kantong infusnya.
    relatif bisa bersih lah, daripada maen tuang...

    lagian ga horor kok, tinggal pencet.
    makin lamalama makin lihai, ga turun ke tenggorokan.
    yang turun ke tenggorokan itu pas jajal yang ke-2.... hahahhaha rasanya anyeh.

  6. #6
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,048
    Sodium chloride?
    Garam dapur?
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  7. #7
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,394
    Quote Originally Posted by etca View Post
    yang kayak begini ya mbok?

    kalau suntikan kan bagian jarumnya dilepas mbok,
    jarum dipakaiin pas nyedot dari kantong infusnya.
    relatif bisa bersih lah, daripada maen tuang...

    lagian ga horor kok, tinggal pencet.
    makin lamalama makin lihai, ga turun ke tenggorokan.
    yang turun ke tenggorokan itu pas jajal yang ke-2.... hahahhaha rasanya anyeh.
    Hmm.. yakin itu bukan inyus?

    ---------- Post Merged at 06:54 PM ----------

    Quote Originally Posted by kandalf View Post
    Sodium chloride?
    Garam dapur?
    Bisa juga. Masalahnya garam dapur simbok bau rempah-rempah gitu.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  8. #8
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,649
    oh, pake jarum suntik minus jarumnya ya
    kalo di sini biasa pake pot seperti itu juga, disebut neti pot.
    jadi miringin kepala di depan wastafel, trus dituangin pake pot itu
    airnya memang lebih baik yang bersih ya
    di sini pernah ada kasus orang yang otaknya kena serang kuman apa gitu yang biasa memang nyerang otak, dan setelah ditelusuri, ternyata dia pake pake air keran yang terkontaminasi saat pake neti pot (sedangkan air keran di sini biasa aman untuk diminum langsung).


  9. #9
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    kaya tekonya aladdin ya..
    itu ujungnya kecil ya? bisa masuk lubang hidung?
    Popo Nest

  10. #10
    pelanggan JOSERENTCAR's Avatar
    Join Date
    Jun 2016
    Location
    Surabaya, Indonesia
    Posts
    201
    Shering yang bagus Terimakasih informasi ini sangat berharga bagi kami

  11. #11
    Wah saya pernah diceritain ini juga ama temen, cuman belum berani nyobanya...
    Ini ada yang mau ngasih tempat beli peralatannya dimana?
    Bahaya juga gak sih gan kalau dipraktekin sendiri?

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •