Results 1 to 15 of 15

Thread: Mengapa Makan Tanah Itu Baik

  1. #1

    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    237
    Mentioned
    9 Post(s)

    Mengapa Makan Tanah Itu Baik

    TEMPO Interaktif, Anak-anak suka memasukkan apa saja ke dalam mulutnya, termasuk tanah. Bila melihat anaknya makan tanah, orang tua pasti panik dan meminta mereka segera memuntahkannya bahkan mungkin ada juga yang langsung memeriksakan anaknya ke dokter.

    Bila melihat anak memakan tanah, orang tua kini tak perlu khawatir. Sebuah penelitian menyebutkan, tanah atau lumpur baik bagi perut. Makan tanah atau geophagy sebenarnya hal yang biasa bagi sebagian orang. Budaya makan tanah juga ditemukan di beberapa negara.

    Para peneliti dari Cornell University di New York meneliti 480 orang yang suka makan tanah. Dalam studi yang diungkap di The Quaterly Review of Biology, tanah bisa melindungi tubuh dari parasit dan racun. Selain bisa melindungi dari racun, tanah juga kaya zat mineral seperti zat besi, zinc, dan kalsium.

    Menurut kepala penelitian ini, Dr. Sera Young, manusia geophagy berasal dari Hippocrates lebih dari 2.000 tahun yang lalu. "Kami berharap pembaca tidak lagi menganggap aneh mereka yang makan tanah atau lumpur," ujarnya seperti dikutip dari Daily Mail, Senin 6 Juni 2011.

    Pada umumnya orang-orang makan tanah pada saat persediaan makanan menipis. Ketika makan tanah, mereka hanya makan dalam jumlah sedikit. Sera Young berharap penelitian ini akan memicu para ilmuwan lain untuk meneliti lebih jauh soal makan tanah ini.

    PGR

    ________________

    jadi, mari makan tanah dan ngemil batu

    *nyangkul tanah bekas galian septic tank
    There are three kinds of people in the world; those who can count, and those who can't,

  2. #2
    Barista DH1M4Z's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    kutaradja
    Posts
    817
    Mentioned
    2 Post(s)
    Masyarakat jawa di pedesaan (umumnya ibu-ibu) banyak yang makan adonan tanah.
    Kalau gak salah namanya ampo, di pasar pun juga banyak yang jualan. Banyak ibu-ibu hamil ngidam makan ampo.
    Bentuknya semacam gulungan tipis kecil-kecil.
    Meski tlah jauh....

  3. #3
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,498
    Mentioned
    117 Post(s)
    Tanah kalo ud banyak kotorannya gimane?

  4. #4
    coba-coba
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    19
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tanah ato lumpur yg kya gmn ni yg boleh di makan? Klo kaya lumpur lapindo gmn tuh? Hahaha
    Itu yg d makan tanah mentah2 gtu aja apa make d olah dulu nih? Ngebayanginnya agak aneh sih ya... Jd kya sindrom pica gitu

  5. #5
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,041
    Mentioned
    17 Post(s)
    tanah lempung
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  6. #6
    pelanggan jaga_manis's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    212
    Mentioned
    0 Post(s)
    iyah aku inget dulu tetanggaku suka beli ampo,makanan yg terbuat dari tanah,bentuknya kayak irisan krupuk kecil2 gitu,gwe pernah nyoba rasanya aneh,tapi tetangga gwe tuh kayaknya enak banget ngeliat makanya
    semanis gula aren yang asli

  7. #7
    pelanggan sejati Urzu 7's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    7,940
    Mentioned
    24 Post(s)
    pas makan bandeng hasil pancingan dari tambak dulu pas digoreng masih ada tanah rupanya kurang bersih pas nyuci untung ga sakit perut ato apa

  8. #8
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Mentioned
    165 Post(s)
    Jangan dimakan lah tu tanah.

    Tanah memang punya unsur gizi, tapi biarlah alam memprosesnya lebih dulu.

    Tanah -> tumbuhan -> hewan -> manusia

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    9,149
    Mentioned
    553 Post(s)
    ini ada artikel tentang ampo

    Ampo, Camilan dari Tanah Liat

    sumber
    indosiar.com, Brebes - Tanah liat ternyata tidak hanya dibuat menjadi bata, namun bisa diolah menjadi camilan. Seperti yang dilakukan oleh warga di Brebes, Jawa Tengah yang mengolah tanah liat menjadi camilan yang renyah yang disebut ampo. Camilan dari tanah liat ini digemari warga terutama para wanita hamil.

    Sebagian besar orang pasti akan berpikir tanah liat hanya bisa diolah menjadi batu bata, genteng atau gerabah. Namun tanah liat bisa diolah menjadi makanan. Warga Brebes menyebut makanan dari tanah liat ini dengan sebutan ampo. Bahan dasar ampo murni berasal dari tanah liat tanpa campuran apapun.

    Proses pembuatan ampo ternyata cukup sederhana. Pertama, tanah liat dibentuk persegi panjang kemudian dipadatkan menggunakan kayu palu berukuran besar. Tanah berbentuk persegi panjang lalu dijemur sampai kering. Selanjutnya tanah diiris tipis - tipis kemudian langsung dimasak menggunakan tungku berukuran besar.

    Proses memasak memakan waktu kurang lebih 4 jam, sampai warnanya berubah menjadi hitam. Ampo cukup digemari warga Brebes, terutama wanita yang sedang hamil karena rasanya gurih dan pedas. Meski dibuat dari bahan dasar tanah, namun ampo tidak berpengaruh terhadap kesehatan. Harga ampo buatan Sobirin, relatif murah yakni 150 rupiah perbungkus. Dalam sehari Sobirin mengaku mampu memproduksi 500 bungkus ampo. Ampo buatannya biasanya dipesan para pedagang di pasar.

    --------------------
    dari sumber lain





    simpel aja | Pohon-pohon itu telah ditanam di hati, agar riuh gaduh tak lagi mengaduh.

  10. #10

    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    237
    Mentioned
    9 Post(s)
    kayak kue astor yak?

    cokelat.....
    There are three kinds of people in the world; those who can count, and those who can't,

  11. #11
    pelanggan echo_velasco's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    191
    Mentioned
    0 Post(s)
    waduh, gimana nasibnya ya klo tanah yg dikonsumsi ternyata udah terkontaminasi kotoran atau bahkan tanah tersebut udah menyerap & mengandung kimia dari limbah2 industri..
    kan bukannya malah membahayakan kesehatan?

  12. #12
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,185
    Mentioned
    265 Post(s)
    makan pup lebih baik dari makan tanah, tanaman aja subur pakai pupuk dari pup manusia

  13. #13
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,041
    Mentioned
    214 Post(s)
    wow nais info...
    makan tanah bagus, mungkin karena kita asalnya juga dari tanah *kali*

    ---------- Post added at 12:32 AM ---------- Previous post was at 12:32 AM ----------

    wow nais info...
    makan tanah bagus, mungkin karena kita asalnya juga dari tanah *kali*
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  14. #14
    pelanggan setia bradon heat's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    ~Yooniverse~ xD
    Posts
    5,054
    Mentioned
    34 Post(s)
    Quote Originally Posted by echo_velasco View Post
    waduh, gimana nasibnya ya klo tanah yg dikonsumsi ternyata udah terkontaminasi kotoran atau bahkan tanah tersebut udah menyerap & mengandung kimia dari limbah2 industri..
    kan bukannya malah membahayakan kesehatan?
    kalau masalah cacing/telur cacing bagaimana?
    sangat rentan apalagi kalau masih fase anak2 ...
    BEYOND GENIUS !!!!!!!!


  15. #15

    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    237
    Mentioned
    9 Post(s)
    yah kalo masalah tanah yg udah terkontaminasi mah beda lagi kali. sama kek minum air. belum semua menyehatkan, kalo sumurnya kena e. **** kan malah membahayakan
    There are three kinds of people in the world; those who can count, and those who can't,

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •