Results 1 to 13 of 13

Thread: Teka-teki logika

  1. #1
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,611
    Mentioned
    272 Post(s)

    Teka-teki logika

    Yang dimaksud teka teki logika ?


    teka-teki logika hanya dijawab dgn jawaban logika? tanpa menggunakan ilmu terapan seperti matematika, fisika atau ilmu alam, ilmu kimia atau ilmu biologi



    ini contoh teka-teki logika


    Sebuah jam dinding berdentang 1 kali pada jam 1, 2 kali pada jam 2, dan seterusnya hingga berdentang 12 kali pada jam 12. Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang selama 3 detik. Berapa detik yang diperlukan jam dinding tersebut untuk berdentang pada jam 6?

    Jika diperlukan waktu satu menit untuk merebus satu telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus sepuluh telur?

    Berapa kali angka 7 muncul di antara bilangan 1 sampai 100?

    A bepergian dengan mobil mulai dari kota P ke kota Q dengan kecepatan tetap 75 km/jam. B juga bepergian dengan mobil mulai dari kota Q ke kota P dengan kecepatan tetap 50 km/jam. Jika A dan B berangkat pada waktu yang bersamaan, saat A dan B bertemu, siapa yang lebih dekat dengan kota P?

    Mana yang lebih berat, 50 kg kapuk atau 50 kg baja?

    Adalah lima jilid ensiklopedia berjejer rapi di rak buku dengan susunan terurut dari jilid 1 sampai jilid 5. Suatu hari, Upik mengambil ensiklopedia jilid 1, dan membuka halaman pertamanya. Tiba-tiba seekor rayap jatuh dari langit-langit ke halaman pertama dari buku itu. Upik langsung menutup ensiklopedia tersebut, meninggalkan rayap tersebut di halaman pertama buku jilid 1, dan menaruh kembali ensiklopedia tersebut di tempat semula. Tanpa sepengetahuan upik, rayap itu mulai menggerogoti ensiklopedianya dan beberapa hari kemudian rayap tersebut sudah ada di halaman terakhir ensiklopedia jilid 5. Jika diasumsikan rayap menempuh perjalanan horizontal dalam menggerogoti buku, dan setiap jilid memiliki tebal 4 cm tanpa sampul, dan tebal sampul depan serta sampul belakang masing-masing 1 cm, berapa jauh perjalanan yang telah ditempuh sang rayap?

    Andi mempunyai roti sebanyak 5 biji, Budi mempunyai roti sebanyak 7 biji, sedangkan Cici mempunyai uang sebanyak Rp 1200. Roti itu kemudian dibagi 3 sama rata, sedangkan uang tadi dibagi antara Andi dan Budi. Bagaimana pembagian uang yang adil?

    Andi mempunyai roti sebanyak 5 biji, Budi mempunyai roti sebanyak 7 biji, sedangkan Cici mempunyai uang sebanyak Rp 1200. Roti itu kemudian dibagi 3 sama rata, sedangkan uang tadi dibagi antara Andi dan Budi. Bagaimana pembagian uang yang adil?

    Sebuah pesawat terbang dari Jakarta ke Medan dalam waktu 1 jam 20 menit, tetapi pesawat tersebut dapat terbang dari Medan ke Jakarta dalam waktu 80 menit. Mengapa bisa begitu? Asumsi: tidak ada angin sepanjang perjalanan.

    Dua kakak beradik suatu hari ditanya siapakah dari mereka yang lebih tua. “Akulah yang lebih tua,” kata yang laki-laki. “Aku yang lebih muda,” kata yang perempuan. Akhirnya diketahui bahwa sekurangnya salah satu dari keduanya sudah berbohong. Siapakah yang lebih tua?

    Bagaimana mengukur waktu 9 menit dengan menggunakan jam pasir 4 menit dan jam pasir 7 menit?

    Ada 12 buah gelas di atas nampan, dan kamu mengambil 7 buah gelas dari atas nampan tersebut. Berapa gelas yang ada di tanganmu sekarang?

    Seorang petani mengkombinasikan dua tumpukan semen dengan tiga yang lain. Berapa banyak tumpukan semen yang ia miliki sekarang?

    Sebuah keluarga besar terdiri dari tujuh anak laki-laki dan masing-masing mempunyai satu saudara perempuan. Berapa orang yang ada pada keluarga tersebut?

    Petani bernama Paijo mempunyai banyak ayam betina. Ia tahu bahwa 20 di antaranya, tinggal dalam tiga kandang ayam, akan menetaskan 30 telur dalam 18 hari. Berapa lama yang diperlukan oleh 30 ayam betina, yang tinggal dalam empat kandang ayam, untuk menetaskan telur dengan jumlah yang sama?

  2. #2
    pelanggan second_life's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    again, on my second life
    Posts
    434
    Mentioned
    39 Post(s)
    Quote Originally Posted by neofio View Post
    Yang dimaksud teka teki logika ?


    teka-teki logika hanya dijawab dgn jawaban logika? tanpa menggunakan ilmu terapan seperti matematika, fisika atau ilmu alam, ilmu kimia atau ilmu biologi



    ini contoh teka-teki logika


    Sebuah jam dinding berdentang 1 kali pada jam 1, 2 kali pada jam 2, dan seterusnya hingga berdentang 12 kali pada jam 12. Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang selama 3 detik. Berapa detik yang diperlukan jam dinding tersebut untuk berdentang pada jam 6?
    gak jelas. bisa aja tetep 3 detik, asal dentangny lbh cepat. bisa juga jadi 6 detik kalo 1 dentang = 1 detik

    Jika diperlukan waktu satu menit untuk merebus satu telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus sepuluh telur?
    tetap 1 menit

    Berapa kali angka 7 muncul di antara bilangan 1 sampai 100?
    20X (angka 77 = 2x angka 7)

    A bepergian dengan mobil mulai dari kota P ke kota Q dengan kecepatan tetap 75 km/jam. B juga bepergian dengan mobil mulai dari kota Q ke kota P dengan kecepatan tetap 50 km/jam. Jika A dan B berangkat pada waktu yang bersamaan, saat A dan B bertemu, siapa yang lebih dekat dengan kota P?
    sama dekat.

    Mana yang lebih berat, 50 kg kapuk atau 50 kg baja?
    sama berat

    Adalah lima jilid ensiklopedia berjejer rapi di rak buku dengan susunan terurut dari jilid 1 sampai jilid 5. Suatu hari, Upik mengambil ensiklopedia jilid 1, dan membuka halaman pertamanya. Tiba-tiba seekor rayap jatuh dari langit-langit ke halaman pertama dari buku itu. Upik langsung menutup ensiklopedia tersebut, meninggalkan rayap tersebut di halaman pertama buku jilid 1, dan menaruh kembali ensiklopedia tersebut di tempat semula. Tanpa sepengetahuan upik, rayap itu mulai menggerogoti ensiklopedianya dan beberapa hari kemudian rayap tersebut sudah ada di halaman terakhir ensiklopedia jilid 5. Jika diasumsikan rayap menempuh perjalanan horizontal dalam menggerogoti buku, dan setiap jilid memiliki tebal 4 cm tanpa sampul, dan tebal sampul depan serta sampul belakang masing-masing 1 cm, berapa jauh perjalanan yang telah ditempuh sang rayap?
    4 jilid * (sampul depan + isi + sampul blakang) = 4 * (1 + 4 + 1) = 24
    1 jilid * (isi + sampul blakang = 1 * (4 + 1) = 5
    total 29


    Andi mempunyai roti sebanyak 5 biji, Budi mempunyai roti sebanyak 7 biji, sedangkan Cici mempunyai uang sebanyak Rp 1200. Roti itu kemudian dibagi 3 sama rata, sedangkan uang tadi dibagi antara Andi dan Budi. Bagaimana pembagian uang yang adil?
    1200/2 = 600 seorang

    Andi mempunyai roti sebanyak 5 biji, Budi mempunyai roti sebanyak 7 biji, sedangkan Cici mempunyai uang sebanyak Rp 1200. Roti itu kemudian dibagi 3 sama rata, sedangkan uang tadi dibagi antara Andi dan Budi. Bagaimana pembagian uang yang adil?
    idem. pertanyaanny sama

    Sebuah pesawat terbang dari Jakarta ke Medan dalam waktu 1 jam 20 menit, tetapi pesawat tersebut dapat terbang dari Medan ke Jakarta dalam waktu 80 menit. Mengapa bisa begitu? Asumsi: tidak ada angin sepanjang perjalanan.
    lawan zona waktu

    Dua kakak beradik suatu hari ditanya siapakah dari mereka yang lebih tua. “Akulah yang lebih tua,” kata yang laki-laki. “Aku yang lebih muda,” kata yang perempuan. Akhirnya diketahui bahwa sekurangnya salah satu dari keduanya sudah berbohong. Siapakah yang lebih tua?
    perempuan

    Bagaimana mengukur waktu 9 menit dengan menggunakan jam pasir 4 menit dan jam pasir 7 menit?
    - balik jam pasir (jp) 4. barengi dengan jp 7
    - setelah jp 4 abis, balik. tunggu jp 7 abis. perhitungan waktu untuk 9 menit start di sini. => sisa jp 4 = 1 menit
    - jp 4 abis, balik. => 4 menit
    - jp 4 abis, balik. => 4 menit
    total 9 menit


    Ada 12 buah gelas di atas nampan, dan kamu mengambil 7 buah gelas dari atas nampan tersebut. Berapa gelas yang ada di tanganmu sekarang?
    tergantung apakah abis ambil 1 gelas langsung ditaroh atau gak. kalo semua dipegang, ya 7 gelas

    Seorang petani mengkombinasikan dua tumpukan semen dengan tiga yang lain. Berapa banyak tumpukan semen yang ia miliki sekarang?
    pertanyaanny gak jelas. gagal paham g. apa ini maksudnya dua tumpuk digabung sama tiga yg laen jd 1 aja,
    atau maksudnya mesti pake rumus kombinasi. entahlah


    Sebuah keluarga besar terdiri dari tujuh anak laki-laki dan masing-masing mempunyai satu saudara perempuan. Berapa orang yang ada pada keluarga tersebut?
    8 orang. 7 cowok + 1 cewek. ortunya gak disebut, g asumsikan gak ada

    Petani bernama Paijo mempunyai banyak ayam betina. Ia tahu bahwa 20 di antaranya, tinggal dalam tiga kandang ayam, akan menetaskan 30 telur dalam 18 hari. Berapa lama yang diperlukan oleh 30 ayam betina, yang tinggal dalam empat kandang ayam, untuk menetaskan telur dengan jumlah yang sama?
    18 hari

    *10 chara....

  3. #3
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    Mentioned
    322 Post(s)
    1. 6 detik
    2. 1 menit juga (direbus sekaligus)
    3. 9x
    4. si B, karena si B menuju kota P
    5. beratnya sama
    6. 28cm
    7. pembagian duit 1:3 => Andi 300, Budi 900
    8. pembagian duit 1:3 => Andi 300, Budi 900
    9. dari medan ke jakarta pesawatnya gak banyak bawaan penumpang/barang
    10. si kakak yg lebih tua
    11. long story (mulai start 7 dan 4, ketika 4 selesai lalu balik menuju 8 menit..... ketika 7 selesai lalu balik, di sini ada selisih waktu 1 menit sampe jam pasir 4 finish.... ketika si 4 sampai posisi menit ke 8 tugasnya sudah selesai, jam pasir 7 baru berjalan 1 menit, langsung aja di balik.... jadi 1 menit kemudian tercapai hitungan 9 menit tadi
    12. 2 gelas
    13. 1 tumpukan tinggi
    14. 10 orang
    15. samaan, 18 hari juga.... btw, bukannya proses penetasan telur ayam butuh 21 hari

  4. #4
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,845
    Mentioned
    69 Post(s)
    1. 6 detik
    2. 1 menit
    3. 20 kali
    4. si B
    5. sama berat
    6. 20 cm (1+6+6+6+1)
    7. Andi Rp 300, Budi Rp 900
    8. Karena Medan - Jakarta jalannya menurun
    9. si perempuan
    10. jam pasir 4 menit dibalik terlebih dahulu, setelah setengah dari isinya mengalir maka jam pasir 7 menit dibalik
    11. 5 karena aku pegang nampan
    12. 1 tumpukan
    13. 10 orang
    11. 12 hari

  5. #5
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    Mentioned
    50 Post(s)
    om kasih nomernya dong soalnya

  6. #6
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,262
    Mentioned
    194 Post(s)
    Sebuah jam dinding berdentang 1 kali pada jam 1, 2 kali pada jam 2, dan seterusnya hingga berdentang 12 kali pada jam 12. Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang selama 3 detik. Berapa detik yang diperlukan jam dinding tersebut untuk berdentang pada jam 6? sama 3 detik, karena tidak ada penjelasan lainnya. Penjelasan awal mengenai berapa kali berdentang, bukan berama lama berdentang

    Jika diperlukan waktu satu menit untuk merebus satu telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus sepuluh telur? sama 1 menit karena semua telur dimasukkan secara bersamaan

    Berapa kali angka 7 muncul di antara bilangan 1 sampai 100? satu kali, yaitu angka 7

    A bepergian dengan mobil mulai dari kota P ke kota Q dengan kecepatan tetap 75 km/jam. B juga bepergian dengan mobil mulai dari kota Q ke kota P dengan kecepatan tetap 50 km/jam. Jika A dan B berangkat pada waktu yang bersamaan, saat A dan B bertemu, siapa yang lebih dekat dengan kota P? sama, karena tidak ada penjelasan jarak antara P dan Q

    Mana yang lebih berat, 50 kg kapuk atau 50 kg baja? sama, karena sama-sama menggunakan satuan kg, tidak ada penjelasan perbedaan berat kapuk dan baja menggunakan tolak ukur tertentu

    Adalah lima jilid ensiklopedia berjejer rapi di rak buku dengan susunan terurut dari jilid 1 sampai jilid 5. Suatu hari, Upik mengambil ensiklopedia jilid 1, dan membuka halaman pertamanya. Tiba-tiba seekor rayap jatuh dari langit-langit ke halaman pertama dari buku itu. Upik langsung menutup ensiklopedia tersebut, meninggalkan rayap tersebut di halaman pertama buku jilid 1, dan menaruh kembali ensiklopedia tersebut di tempat semula. Tanpa sepengetahuan upik, rayap itu mulai menggerogoti ensiklopedianya dan beberapa hari kemudian rayap tersebut sudah ada di halaman terakhir ensiklopedia jilid 5. Jika diasumsikan rayap menempuh perjalanan horizontal dalam menggerogoti buku, dan setiap jilid memiliki tebal 4 cm tanpa sampul, dan tebal sampul depan serta sampul belakang masing-masing 1 cm, berapa jauh perjalanan yang telah ditempuh sang rayap? lima jilid

    Andi mempunyai roti sebanyak 5 biji, Budi mempunyai roti sebanyak 7 biji, sedangkan Cici mempunyai uang sebanyak Rp 1200. Roti itu kemudian dibagi 3 sama rata, sedangkan uang tadi dibagi antara Andi dan Budi. Bagaimana pembagian uang yang adil? ya tinggal dibagi 3, 400, tidak ada hubungan dengan banyaknya roti

    Sebuah pesawat terbang dari Jakarta ke Medan dalam waktu 1 jam 20 menit, tetapi pesawat tersebut dapat terbang dari Medan ke Jakarta dalam waktu 80 menit. Mengapa bisa begitu? Asumsi: tidak ada angin sepanjang perjalanan. Ya karena pilotnya ngebut lah

    Dua kakak beradik suatu hari ditanya siapakah dari mereka yang lebih tua. “Akulah yang lebih tua,” kata yang laki-laki. “Aku yang lebih muda,” kata yang perempuan. Akhirnya diketahui bahwa sekurangnya salah satu dari keduanya sudah berbohong. Siapakah yang lebih tua? ya si kakak dong, namanya juga kakak

    Bagaimana mengukur waktu 9 menit dengan menggunakan jam pasir 4 menit dan jam pasir 7 menit? ngapain pake jam pasir? emangnya sekarang masih jaman permadani terbang?

    Ada 12 buah gelas di atas nampan, dan kamu mengambil 7 buah gelas dari atas nampan tersebut. Berapa gelas yang ada di tanganmu sekarang? ya 2 dong, tangan saya kan cuman dua neng

    Seorang petani mengkombinasikan dua tumpukan semen dengan tiga yang lain. Berapa banyak tumpukan semen yang ia miliki sekarang? dua, yg tiga itu kan belum tentu tumpukan semen, cuman dijelasin yg lain aja

    Sebuah keluarga besar terdiri dari tujuh anak laki-laki dan masing-masing mempunyai satu saudara perempuan. Berapa orang yang ada pada keluarga tersebut? 14, 7 kali 2 kan

    Petani bernama Paijo mempunyai banyak ayam betina. Ia tahu bahwa 20 di antaranya, tinggal dalam tiga kandang ayam, akan menetaskan 30 telur dalam 18 hari. Berapa lama yang diperlukan oleh 30 ayam betina, yang tinggal dalam empat kandang ayam, untuk menetaskan telur dengan jumlah yang sama? ya sama dong 18 hari, sesuai penjelasan

    sori kalo jawabannya pada ngaco semua ya, asal-asalan sih
    ANIME SUMMER 2018
    JASHINCHAN DROPKICK
    ___________________________

  7. #7
    pelanggan tetap Shaka_RDR's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    1,328
    Mentioned
    117 Post(s)
    1. 6dtk
    2. 1 detik juga cukup, asalkan direbus doank. kaga perlu sampai matang atau setengah mateng kan? nyemplung ke dalam air panas juga kategorinya direbus toh?
    3. 20x
    4. sami mawon
    5. sami mawon
    6. 28 ( 3x (1+4+1) + 2x (1+4) )
    7. 600
    8. 600
    9. 1 jam 20 menit apa bedanya dengan 80 menit?
    10. cewe
    11. putar 4 dan 7. saat 4 habis, putar balik. 7 habis, tunggu 4 habis (1mnt), putar 4 2x (8mnt).
    12. 7,6,5,4,3,2,1, bisa jadi tetep 12. tergantung nampan dipegang atau kaga, gelas dipegang atau kaga.
    13. 1 tumpuk berapa semen klo ga disebut sih gw bisa bilang 1 tumpukan, karena ditumpuk semua
    14. 7 co +1 ce+ 2 (ortu) = 10, ga termasuk klo ada poligami, kakek nenek, sepupu, dll
    15. beda ayam, beda kecepatan bertelur. tapi klo dianggap sama .... 27 hari.
    Last edited by Shaka_RDR; 04-09-2014 at 11:31 PM.
    Space available for Ads.
    PM for nego

  8. #8
    pelanggan tetap t_cl's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Posts
    584
    Mentioned
    6 Post(s)
    1.10.800
    2.1menit
    3.11
    4.=
    5.=
    6.28
    7.600
    8.idem
    9.=
    10.cewek
    11.idem 2nd_life
    12.7
    13.2
    14.8 tanpa orang tua
    15. pass

  9. #9
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,611
    Mentioned
    272 Post(s)
    Jika diperlukan waktu satu menit untuk merebus satu telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus sepuluh telur?
    teka-teli logika, dijawab dgn sederhana

    karena di soal ini pun tidak disebutkan jumlah kalor, lama waktu merebus, dan berapa jumlah air untuk merebus 10 telur,

    jawaban yg paling gampang 1 menit



    padahal kalo rebus telur, mesti nunggu air mendidih sekitar 1 menit

  10. #10
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    Mentioned
    322 Post(s)
    ^
    itulah sebabnya kita tidak boleh berendam di aer panas lebih dari 1 menit

  11. #11
    pelanggan second_life's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    again, on my second life
    Posts
    434
    Mentioned
    39 Post(s)
    ^ hanya berlaku kalau si 'kita' itu punya telur.

    eh.....

  12. #12
    coba-coba
    Join Date
    Feb 2018
    Location
    Malang
    Posts
    18
    Mentioned
    0 Post(s)
    Bikin mumet disore hari nih
    Andalan Berbalanja Online No 1 di Indonesia ya TokoAndalan.Com

  13. #13
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    5,072
    Mentioned
    31 Post(s)
    aduh salah buka tread, pamit dulu ahhh
    Penulis Sastra, Penyayang Hewan, PNS biasa

    "Sedekah Aja "

    Sastra - > Dear Diary Inspirasi

    Kucing - > Semua Tentang Kucing

    PNS - > Sukses Mengabdi Pada Negara

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •