Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 39

Thread: Saldo Minimum Bank Mandiri

  1. #1

    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    237
    Mentioned
    9 Post(s)

    Exclamation Saldo Minimum Bank Mandiri

    Sebagai bank pelat merah, Bank Mandiri seharusnya memberikan pelayanan maksimal kepada setiap nasabahnya. Namun sayang, nasabah Bank Mandiri justru merasakan sebaliknya. Kejadian ini menimpa seorang nasabah yang mengeluhkan rendahnya pelayanan Bank Mandiri, lewat supucuk surat kepada Monitor Indonesia, Rabu (18/5/2011).

    DALAM surat itu, nasabah yang mengaku bernama Oci mengungkapkan Bank Mandiri menetapkan batas minimal saldo dari Rp50.000 menjadi Rp100.000 tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu. Akibatnya, ketika ia akan menarik uang tunai, tercekal oleh mesin ATM.

    Ini Dia Surat Lengkapnya:

    Saya nasabah Bank Mandiri yang aktif sejak 2009. Alangkah terkejutnya saya ketika mau menarik uang tunai dari ATM di kawasan Tebet, Senin (9/5/2011) sore. Rencananya, saya ingin menarik uang sebesar Rp 1 juta, karena berpikir saldo saya masih mencukupi. Apa boleh buat, kalimat ‘saldo Anda tidak mencukupi’ muncul di layar ATM itu. Padahal, saldo saya saat itu masih di atas Rp 1.066.000

    Saya lantas bingung, sebab sebelumnya saldo minimal di Bank Mandiri adalah Rp 50.000. Itu artinya, jika saya menarik uang Rp 1 juta, maka sisa saldo saya adalah Rp 66.000. Anehnya, niat itu ternyata tidak lagi bisa dipenuhi, karena sisa saldo minimal ternyata sudah berubah menjadi Rp 100.000. Mau tidak mau, saya menyerah dan pasrah menarik uang sebesar Rp 950.000. Maka saldo yang tersisa adalah Rp 116.000.

    Kebetulan, seusai menarik uang itu, tiga orang petugas ATM yang mungkin ingin menambahkan pasokan uang ke dalam ATM itu, berpapasan dengan saya. Saya lantas bertanya kenapa saya tidak bisa mengambil uang sebesar Rp 1 juta. Petugas itu menjawab bahwa saldo minimal yang berlaku saat ini adalah Rp 100.000.

    Kalau sudah begini, Bank Mandiri telah melakukan pembohongan sekaligus penipuan terhadap nasabahnya sendiri. Sebab setahu saya, tidak pernah ada pengumuman perubahan saldo minimal, baik lewat SMS, surat, atau iklan di media massa. Dengan demikian, masih layakkah Bank Mandiri dipercaya?

    Apalagi, dengan naiknya jumlah saldo minimal, itu berarti Bank Mandiri dengan seenaknya bisa memanfaatkan uang tersebut untuk keperluannya sendiri. Selama saya tidak mampu menambah jumlah saldo minimal itu, maka selama itu pulalah Bank Mandiri bisa memanfaatkan dana itu. Jika nasabah seperti saya misalnya berjumlah satu juta orang, maka berapa banyak dana yang parkir di Bank Mandiri? Ke mana saja uang itu digunakan?

    Semoga lewat surat ini, pihak Bank Mandiri bersedia memberikan penjelasan yang detail tentang masalah di atas.

    ■ Ishak H Pardosi

    sumber: http://monitorindonesia.com/2011/05/...eenak-sendiri/

    _____________________________________


    Tanggapan dr Bank Mandiri:
    Spoiler for tanggapan:
    akarta - Menanggapi pengaduan dari Bapak Erick di Situs Detik.Com tanggal 5 Mei 2011 mengenai "Saldo Minimal di Bank Mandiri", dengan ini kami sampaikan terima kasih atas masukan yang Bapak Erick berikan dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami.

    Peningkatan saldo minimal Mandiri Tabungan merupakan penyesuaian dengan kondisi pasar saat ini dimana rata-rata saldo minimal perbankan berkisar antara Rp. 100 ribu s.d Rp. 1 Juta. Di samping itu penyesuaian saldo minimal Mandiri Tabungan sejalan dengan upaya peningkatan kualitas layanan untuk nasabah.

    Bank Mandiri juga menyediakan jenis tabungan lain yang memiliki ketentuan saldo minimal lebih rendah yaitu Mandiri Tabungan Kapel dan TabunganKu, yang diperuntukan bagi karyawan dan pelajar.

    Bank Mandiri telah dan akan terus melakukan perbaikan agar dapat memberikan layanan prima kepada seluruh nasabah Bank Mandiri.

    Apabila masih terdapat pertanyaan ataupun saran yang ingin disampaikan, selain dapat menghubungi Customer Service kami yang akan membantu melalui Mandiri Call layanan 24 jam di nomor 14000, Bapak Erick juga dapat menghubungi kami melalui website www.bankmandiri.co.id dengan memilih menu contact us atau langsung melalui email customer.care@bankmandiri.co.id.

    Demikian kami sampaikan, terima kasih atas perhatian Bapak.


    Sukoriyanto Saputro
    Corporate Secretary
    PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.


    apakah etis jika Bank tiba2 naikin saldo minimum 100rb tanpa pemberitahuan? terus artinya jika kita tutup rekening, 100rb itu milik bank? lha? berapa puluh ribu nasabah BM, dan berapa "keuntungan yang dikeruk"?

    Terus, di surat tanggapan dr pihak Bank, kok di surat balasannya tidak menyampaikan permintaan maaf karena telah mengubah kebijakan sepihak tanpa pemberitahuan yang cukup terlebih dahulu. cuma ada permohonan maaf atas ketidaknyamanan. terlihat seakan mandiri sudah merasa benar dengan kebijakannya dan merasa itu bukan sebuah kesalahan.
    There are three kinds of people in the world; those who can count, and those who can't,

  2. #2
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,830
    Mentioned
    64 Post(s)
    Peningkatan saldo minimal Mandiri Tabungan merupakan penyesuaian dengan kondisi pasar saat ini dimana rata-rata saldo minimal perbankan berkisar antara Rp. 100 ribu s.d Rp. 1 Juta. Di samping itu penyesuaian saldo minimal Mandiri Tabungan sejalan dengan upaya peningkatan kualitas layanan untuk nasabah.
    sumpe loh?
    BCA masih ceban khan?
    trus bank2 lain rata-rata masih 50rb?

    bank mana yg saldo minimalnya di atas 100rb? bahkan sampe 1jt
    coba sebutin



    temen2 kantor gw memang banyak yg menggerutu mengenai kenaikan saldo minimum ini
    tapi rata2 cuma pasrah saja.

  3. #3

    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    237
    Mentioned
    9 Post(s)
    ^ kalo buat mahasiswa kan berarti banget

    *ngelirik status FB temen yg misuh2 ampe nyoba ke-4 atm karena dikira error, coz saldonya yg tinggal 135rb ga bisa ditarik duidnya
    There are three kinds of people in the world; those who can count, and those who can't,

  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    9,261
    Mentioned
    564 Post(s)
    Weks gw baru tau.
    Gw malah ada rencana nutup akun mandiri,
    lalu buka baru gara2 buku tabungan ilang n males ngurus surat hilang k kepolisian.
    Kalo kek gini ya eman juga.

  5. #5
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    5,652
    Mentioned
    126 Post(s)
    sadis emang...dulu aja 50 rb berasa sakit hati banget kalo pas lagi butuh...
    ini 100 rb pula....

  6. #6

    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    237
    Mentioned
    9 Post(s)
    padahal udah ada biaya administrasi yg suka dipotong tiap bulan itu yah?
    There are three kinds of people in the world; those who can count, and those who can't,

  7. #7
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    3,906
    Mentioned
    230 Post(s)
    temen kemaren juga mencak2 gara2 tiap sms dari mandiri dikenakan biaya langsung potong pulsa.

  8. #8
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    Mentioned
    14 Post(s)
    Bank mandiri harus didemo nih sumpeh baru tahu gw kalo saldo minim 100rb tp ya gimana lg la wong salarynya lewat bank itu .....

  9. #9
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Mentioned
    403 Post(s)
    kyknya sih.. kartu hrs sering di check.. krna klo sudah gak ada saldo bakal kena banned so hrs bikin kartu baru lagi.. makanya klo mau transaksi hrs chek kartu dulu.. jgn sampe uang di trf ke account.. gak taunya kartunya udah gak aktip...

    kyknya ini berlaku bagi semua bank...

  10. #10
    pelanggan setia nodivine's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    2,283
    Mentioned
    111 Post(s)
    yakin nih semua bank? wah musti tanya BCA dong..tapi kayaknya Danamon ga tuh?

  11. #11
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,041
    Mentioned
    17 Post(s)
    Quote Originally Posted by deddy View Post
    Bank mandiri harus didemo nih sumpeh baru tahu gw kalo saldo minim 100rb tp ya gimana lg la wong salarynya lewat bank itu .....
    tunai aja mbah
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  12. #12
    pelanggan tetap komporminyak's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,240
    Mentioned
    3 Post(s)
    bank mandiri di kota kabupaten luar jawa lebih gampang ditemui daripada BCA.
    atm keknya juga banyakan yang cepek ya?
    PNS yang gajinya ditransfer, banknya apaan? jangan2 mandiri juga.
    makanya itu yang menjadikan dia PD saldo minim 100rebu.
    - just call me kokom -

    Shinken & Fude… Jalan pedang dan jalan kuas, antara keharmonisan dan kekerasan kehidupan yang melebur untuk meraih kemurnian yang sempurna…
    I get to actually experience what it would be like to be a psycho, which is not a fun one. For me, it suits me. It suits my personality.

  13. #13

    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    237
    Mentioned
    9 Post(s)
    kayaknya skrg banyak ATM yg nominalnya 100rb. duh, jadi boros gara2 atm segituh nominalnya (apakah ini kesengajaan agar masyarakat konsumtif )
    There are three kinds of people in the world; those who can count, and those who can't,

  14. #14
    pelanggan setia spears's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6,733
    Mentioned
    117 Post(s)
    iya, pas masih di jkt banknya MANDIRI, pas pindah ke sby jadi BNI

    love came down and rescue me, i am yours, i am forever yours

  15. #15
    pelanggan setia spears's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6,733
    Mentioned
    117 Post(s)
    ha?jawaban Bank Mandiri cuman segitu aja?????????????????????
    trus ga da kelanjutannya nih?

    love came down and rescue me, i am yours, i am forever yours

  16. #16
    pelanggan tetap komporminyak's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,240
    Mentioned
    3 Post(s)
    Quote Originally Posted by spears banget View Post
    iya, pas masih di jkt banknya MANDIRI, pas pindah ke sby jadi BNI
    pantesan. soalnya kawan gw yang PNS juga banknya mandiri,
    kalau dijumlah aja, minimal PNS + beberapa kantoran yang gajiannya pake Mandiri,
    bakalan terpaksa emang harus pake mandiri kan?

    btw BCA masih saldo minimalnya bisa nol ya?
    - just call me kokom -

    Shinken & Fude… Jalan pedang dan jalan kuas, antara keharmonisan dan kekerasan kehidupan yang melebur untuk meraih kemurnian yang sempurna…
    I get to actually experience what it would be like to be a psycho, which is not a fun one. For me, it suits me. It suits my personality.

  17. #17
    pelanggan sejati Urzu 7's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    7,940
    Mentioned
    24 Post(s)
    Awal buka min 500 rebu saldo minimal 50rb kalo sekarang 100 rebu yg pindah aja ke bank lain

  18. #18
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,676
    Mentioned
    154 Post(s)
    BCA masih minimal saldo 10ribu...dan BCA pun sudah masup sampe kota kabupateb...FYI

    Di Mandiri Blora ada pengumuman yang ditempel tentang kenaikan saldo minimal, pas nutup tabungan bisa ditarik semua selama ada buku tabungan, udah nanya ke CSnya. Kalau minta programn tabungan bisa gak ya? terus terang saya gak begitu suka sama tabungan mandiri, terlalu besar biaya administrasinya. Kalau gak gara2 suami pake mandiri biar transfernya gampang, pengen deh tetep pake yang BCA. BRI juga saldo minimalnya 100rebu kog...perlu didemo neh

  19. #19

    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    237
    Mentioned
    9 Post(s)
    laporan temen, sy copas
    sbnernya waktu hr selasa kmrn (24-05-11), awak pergi ke bank mandiri bwt transfer uang, eh di meja transaksi (meja teller) ada pngumuman (brosur berdiri, entah dinamain apa awak ndak tw) ada pngumuman (seinget awak kek gni):
    "mulai tanggal 1 Mei 2011, saldo minimal ditetapkan Rp 100.000 & bla... blaa... bla..."
    nah masalahnya itu, bgmn dgn nasabah lain yg jarang ato skali2 dtg k bank, yg artinya tdk tw akan peraturan baru tersebut?
    aplgi pengumunan itu ada di lembaran yg seukuran A4?
    nasabah yg sedang brtransaksi pun belum tentu menyadari akan peraturan itu (kcuali klo ngantri pjg, trus lirik2 kmn2 lalu mlihat pngumuman itu) + petugas bank (termasuk satpam pun ga ada yg ngasih tw apa2...

    kesimpulan dr awak, yah wajar pelanggan mengeluh dan berkata macam2, toh sosialisasi pun "hanya" ada di meja teller...
    pngumuman pun takada di mesin ATM yg umumnya nasabah mlakukan transaksi di mesin ATM
    sy sebagai org yg tak pernah dtg ke masuk ke-bank (selalu ke ATM doang) kayaknya harus apdet jika suatu saat bank2 tempat rekening saya naikin saldo ngedadak
    There are three kinds of people in the world; those who can count, and those who can't,

  20. #20
    pelanggan tetap indraprime's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    735
    Mentioned
    3 Post(s)
    saldo BCA saya saat ini sebesar Rp. 950,-. BCA masih bersahabat lah urusan saldo minimum

    (gak pernah percaya simpen uang di bank, mending di bawah kasur)
    Jual PVC HOT dan SE.XY
    http://www.kopimaya.com/forum/showth...1310#post21310

    Jual CONVERTER Controller Playstation 2 TO PC USB
    http://www.kopimaya.com/forum/showth...1312#post21312

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •