Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 34

Thread: Sarjana menganggur

  1. #1
    pelanggan
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    268
    Mentioned
    6 Post(s)

    Sarjana menganggur

    Saya mau tanya, kenapa sekarang ini banyak sarjana menganggur? Lalu cara mengatasinya gimana?

  2. #2
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,102
    Mentioned
    246 Post(s)
    Karena sistem pendidikan kita yang menjadikan lulusan2nya sebagai lulusan pencari kerja bukan pembuat kerja.

    Cara mengatasinya? Siapkan lulusan pencipta kerja, jangan hanya sekedar pencari kerja.

    Tergantung pada orang lain, akhirnya cari2 cara gak bener... Belajar bergantung pada diri sendiri, masa anak sekolah kudu bener2 ditempa bukan hanya sekedar dienakan dengan fasilitas yang serba wah.

    Belum2 anak sd udah dipegangin motor, gagdet, dll.. Emangnya ortunya bakal hidup selamanya? Mereka kudu mikir anak kudu ditempa untuk bisa hidup mandiri salah satunya dengan menciptakan lapangan kerja
    hai hai hai......

  3. The Following 3 Users Say Thank You to eve For This Useful Post:

    noodles maniac (17-05-2018),surjadi05 (30-11-2018),thin.king (12-03-2014)

  4. #3
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,847
    Mentioned
    453 Post(s)
    Quote Originally Posted by eve View Post
    Karena sistem pendidikan kita yang menjadikan lulusan2nya sebagai lulusan pencari kerja bukan pembuat kerja.

    Cara mengatasinya? Siapkan lulusan pencipta kerja, jangan hanya sekedar pencari kerja.

    Tergantung pada orang lain, akhirnya cari2 cara gak bener... Belajar bergantung pada diri sendiri, masa anak sekolah kudu bener2 ditempa bukan hanya sekedar dienakan dengan fasilitas yang serba wah.

    Belum2 anak sd udah dipegangin motor, gagdet, dll.. Emangnya ortunya bakal hidup selamanya? Mereka kudu mikir anak kudu ditempa untuk bisa hidup mandiri salah satunya dengan menciptakan lapangan kerja
    setuju ..

  5. #4
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    Mentioned
    119 Post(s)
    banyak ya sarjana nganggur?
    Lha ini saya minta HR untuk rekrut beberapa orang buat di kantor kok gak dapet-dapet? Susah amat sih cari sarjana di luar sanah?
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

  6. #5
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,377
    Mentioned
    209 Post(s)
    Sarjana apa, Om?

    Wani piro?

  7. #6
    pelanggan tetap PERMANDYAN's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    denpasar - bali
    Posts
    1,785
    Mentioned
    56 Post(s)
    Banjak orang memang mengedjar titel.... Maka djadilah seperti jang dikatakan oleh TS

  8. The Following User Says Thank You to PERMANDYAN For This Useful Post:

    thin.king (12-03-2014)

  9. #7
    pelanggan setia Alethia's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    4,024
    Mentioned
    255 Post(s)
    Sarjana ngangur krn males atau ga mau kerja.
    Gw jg mau nganggur kalo dibayar tapi
    Ga pake jual kutang dan cd
    Jangan kamu bilang dirimu kaya, bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
    -Rendra

  10. #8
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    Mentioned
    50 Post(s)
    soalnya sarjananya udah pada nyampe umur pensiun makanya nganggur

  11. #9
    pelanggan tetap Neptunus's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    1,814
    Mentioned
    20 Post(s)
    Quote Originally Posted by Alip View Post
    banyak ya sarjana nganggur?
    Lha ini saya minta HR untuk rekrut beberapa orang buat di kantor kok gak dapet-dapet? Susah amat sih cari sarjana di luar sanah?
    Nyari tambahan orang bwt kerja apa om? Mungkin bisa dishare infonya om @Alip

    BTT, yang gw liat sih sekarang sarjana2 gitu permasalahannya di ketidaksiapan mental untuk bekerja ulet. Gampang ngeluh.

  12. #10
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,830
    Mentioned
    184 Post(s)
    ngantri di belakang mbok jamu. perlu sarjana yang kayak gimana om alip?
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  13. #11
    pelanggan tetap Neptunus's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    1,814
    Mentioned
    20 Post(s)
    *ikutan antri di belakang tuscie

  14. #12
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,891
    Mentioned
    163 Post(s)
    Quote Originally Posted by PERMANDYAN View Post
    Banjak orang memang mengedjar titel.... Maka djadilah seperti jang dikatakan oleh TS
    Mengejar ijasah itu perlu, karena memang dimana2 kalo nyari kerja pasti ditanya. Hanya saja ketika mengejar titel sampe setinggi2nya, maka ketika lulus standar gajinya sudah terlalu tinggi utk tenaga kerja pasaran. Musti nyari yg gajinya setarap titelnya. Nah itu yg sulit.

    Makanya, ambil s2 kalo ud hampir jadi direktur aja.

  15. #13
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    Mentioned
    96 Post(s)
    Banyak sarjana yg menganggur? Maksudnya, banyak bukan sarjana yg tidak menganggur? Dengan kata lain, sedikit non sarjana yg menganggur?

    Horeee..., aku bukan sarjana.

    *cuman sayangnya jadinya ndak bisa ngikut ngantri buat ngenger di padepokannya dimas Alip*

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  16. #14
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,313
    Mentioned
    154 Post(s)
    mestinya om Alip gantiin HR-nya aja
    tinggal posting dimarih langsung dapet yg bagus2 *tunjuk2 yg ngacung*

    @ndableg: ga juga kok. ada yg titelnya lebih tinggi kadang mesti nutup2in titelnya karena khawatir ga dapet kerjaan
    kadang2 yg bikin lowongan juga prejudice sih sama titel
    Popo Nest

  17. #15
    pelanggan
    Join Date
    May 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    346
    Mentioned
    19 Post(s)
    Pengalaman waktu gw masih kerja di HR juga sih... nyari sarjana susaaaaaaah bener. Ini lapangan kerja yg sedikit atau sarjananya yg sedikit?

  18. #16
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,891
    Mentioned
    163 Post(s)
    mungkin gajinya yg sedikit..

  19. #17
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,891
    Mentioned
    163 Post(s)
    Sarjana itu susah, karena ga punya pengalaman kerja, ga punya portfolio, tapi gaji standar tinggi.
    Makanya pas bikin tugas kuliah dibikin serius shg seakan2 kerjaannya professional.

  20. #18
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    450
    Mentioned
    19 Post(s)
    Mngapa 'banyak' sarjana nganggur?

    Analisa (gegabah) saya:
    1. Akses pendidikan tinggi sudah relatif mudah dg adanya univ yg biaya tidak mahal dan standar lulus tidak sukar
    Univ-univ ini banyak mencetak sarjana dg kualitas 'seadanya'
    2. Lapangan kerja tidak bbanding lurus dg supply lulusan pguruan tinggi
    3. Perusahaan mencari sarjana berkualitas dari univ ternama shg mperkerdil peluang 'sarjana' di point 1 tadi
    4. Di univ kurang diajarkan how to usaha sendiri or mdorong para lulusannya bkerja sama utk mbangun usaha shg mreka bgantung pd pemberi kerja

  21. #19
    pelanggan setia choodee's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    2,988
    Mentioned
    58 Post(s)
    banyak sarjana nganggur, soalnya pengennya kerja di perus. elit, di kota besar dan di ruangan ber-ac bergaji tinggi. yang kayak gitu mah semua orang juga ngejar kan, yang kerjanya di perus. lokal, di kota kecil dan mungkin musti di site di bawah terik matahari, itu pilihan ke berapaaa gitu.

    dan juga liat2 sarjananya ngambil apa, ini sarjana macam geologi, yang geo2an yang musti kerja di site, maunya kerja di back office, ya susah. sama jurusan sastra, mending bikin karya tulis aja.

  22. #20

    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    332
    Mentioned
    12 Post(s)
    Terlalu pesimis sebenarnya, saat teman saya mengatakan kalau kuliah sebenarnya pengangguran yang ditunda. Biar terhindar dari 'titel' pengangguran, label 'mahasiswa' dikejar-kejar dan dipertahankan, kalau tidak ada aturan 6 tahun langsung DO, tampaknya banyak yang betah berlama-lama di kampus. Di jurusan saya, mereka yang tersisih dan kalah bersaing saat mencari kerja, "terpaksa" melanjutkan kuliah ke S2 demi menghindari label "pengangguran". Tidak semua yang melanjutkan S@ bermotif begitu, tetapi yang kalah bersaing dalam mencari kerja, memiliki motif itu.
    you can also find me here

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •