Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 23

Thread: Republik Indonesia atau Viranegari Nusantara?

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    9,168
    Mentioned
    555 Post(s)

    Republik Indonesia atau Viranegari Nusantara?

    Ahli metafisika Arkand Bodhana Zeshaprajna memperjuangkan nama Indonesia segera diganti. Doktor lulusan University of Metaphysics International Los Angeles, California, Amerika Serikat ini menjelaskan kalau tak segera ganti nama, Indonesia akan hancur tahun 2020.

    "Di sana ada satu garis waktu, justru kita bisa lihat polaritas-polaritas negatif. Nah kita sudah melewati 2 fase negatif polarity, nanti kita lewati lagi satu, di 2014 sampai 2023 dengan puncak tahun 2020," kata Arkand kepada merdeka.com di Jakarta, Rabu (26/2)

    Pria bernama asli Emmanuel Alexander ini menjelaskan, tidak ada satu negara maupun perusahaan yang mampu melewati tahapan negatif yang memuncak seperti itu. Maka dari itu, dirinya tetap optimis nama Indonesia diubah menjadi Nusantara.

    "Dalam fase negatif seperti itu, jarang sekali hampir tidak pernah bahkan, bila satu perusahaan atau negara dengan polaristas fase memuncak tak bisa melampauinya. Tak pernah ada. Jadi kita sangat berbahaya bila kita tak menggunakan nama nusantara," jelasnya.

    Menurut Arkand, gejala kehancuran Indonesia bisa dirasakan di tahun ini dan tahun depan. Dirinya pun menyebut bahwa mempertahankan nama Indonesia sebagai hal yang nekat.

    Arkand mengusulkan nama Indonesia diganti menjadi nusantara. Lengkapnya, Republik Indonesia diganti Viranegari.

    "Nanti satu kata menambahkan, kata Viranegari untuk mengoptimalkan. Jadi di depan Nusantara ditambah Viranegari. Jadi 'Viranegari Nusantara' untuk mengoptimalkan, jadi namanya lebih baik," kata Arkand.

    Namun Arkand tak mau segera mengganti republik menjadi Viranegari. Dia lebih fokus menggolkan nama nusantara.

    "Jangan langsung ke sana, kita fokus ke Nusantara dulu. Nanti kalau semua sudah punya kesepakatan untuk memajukan negeri ini dengan nama Nusantara, baru di situ kita menambahkan. Kita ganti nama Republik menjadi Viranegari," ungkapnya.

    Nama Indonesia dinilai tak membawa keberuntungan. Asal usulnya pun dari Hindia Island, atau kepulauan Hindia. Padahal Indonesia tentu bukan India. Sementara Nusantara sudah digunakan untuk menyebut rangkaian kepulauan di Indonesia.

    Ganti nama bagi suatu negara bukan hal tabu. Siam berganti jadi Thailand, Burma jadi Myanmar dan Ceylon jadi Sri Lanka. Kazakhstan pun ingin ganti nama jadi Kazakh Elli karena tak mau disamakan dengan negara miskin beraliran stan di Asia Tengah.

    Seniman Ray Sahetapy juga mendukung Indonesia ganti nama saja dengan Nusantara yang populer lebih dulu.

    "Berdasarkan kondisi fisik dan karakter bangsa ini, saya lebih nyaman menyebut bangsa Indonesia dengan istilah Nusantara," ujar Ray dalam diskusi 'membedah ke-Indonesia-an' bersama budayawan, beberapa waktu lalu.

    "Nama Indonesia itu kan asing. Nggak ada maknanya lagi. Kalau Nusantara kan berarti semua orang-orang di kepulauan ingin bersatu," tambah Ray.

    Sementara itu sejumlah politikus menyatakan penolakan mereka. Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo menyatakan Indonesia akan kehilangan akar sejarah kalau sampai ganti nama.

    saus




    kok menurut gw rada2 gimanaaa gitu yak. alasan digantinya ama nama baru nya.
    gimana menurut kalian? apa gw aja yang rada2 skeptis ama hal2 yang berbau metafisika yak?

    alasan negara2 lain yang udah pernah ganti nama apa aja sih?
    simpel aja | Pohon-pohon itu telah ditanam di hati, agar riuh gaduh tak lagi mengaduh.

  2. #2
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,921
    Mentioned
    101 Post(s)
    kekeke...
    beberapa kali gw diskusi, kalau ketemu pihak yang
    berpegang pada "NKRI harga mati", gw langsung tem
    bak, kalau nanti sudah ada Nusantara Raya yang juga
    melingkupi Mindanau, Borneo Utara, Timor Leste, Papua
    Timur dan Oceania, apa urgensinya ngotot dengan har
    ga mati segala
    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

  3. #3
    pelanggan tetap silverjade's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    541
    Mentioned
    25 Post(s)
    Sama ama etca
    Kalo alasan perubahannya semacam si Kazakhstan itu masih mendukung lah
    Tapi karena kalo alasannya geje gitu malas juga

  4. #4
    pelanggan sempak's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    91
    Mentioned
    29 Post(s)
    tapi banyak juga ko negara-negara yang udah ganti nama.

    burma > myanmar
    siam > thailand
    upper volta > burkina faso
    zaire > republik demokratik congo
    Quote Originally Posted by sempak
    ngakak gua liat debat semalam.. sudah 3 periode di pemerintahan tapi masih aja kaga bisa ngebedain mana kalpataru, mana adipura. HIDUP WOWO HATTA !!

  5. #5
    pelanggan setia surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    5,025
    Mentioned
    267 Post(s)
    Wkkkk nice, malam2 ada hiburan, namanya mengingatkan gw sama tunangan khayalan phobe buffay (friends)
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  6. #6
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,506
    Mentioned
    119 Post(s)
    Setuju jadi nusantara tambah malaysia.

  7. #7
    pelanggan tetap Shaka_RDR's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    1,236
    Mentioned
    99 Post(s)
    ini mah ganti merk tapi kaga ganti content
    bukannya yg penting malah contentnya yg diperbaiki
    Space available for Ads.
    PM for nego

  8. The Following User Says Thank You to Shaka_RDR For This Useful Post:

    PMSVH (02-03-2014)

  9. #8
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    Mentioned
    117 Post(s)
    ... sesudah itu kita harus lirik pula Thailand, Myanmar dan seterusnya sampai Korea... dan jadilah kita Asia Timur Raya
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

  10. #9
    pelanggan tetap PERMANDYAN's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    denpasar - bali
    Posts
    1,676
    Mentioned
    42 Post(s)
    berarti lagoe kebangsaan diganti djoega djoedoelnja...

  11. #10
    pelanggan sejati Urzu 7's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    7,940
    Mentioned
    24 Post(s)
    Saya ga ngerti apa yang di maksud polaritas negatif, apa si mauel ini juru foto yah

  12. #11
    pelanggan setia beastmen85's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    The Dreamcloud
    Posts
    3,026
    Mentioned
    2 Post(s)
    masabodo sih dgn alasannya, tapi saya pribadi lbh suka Nusantara, terdengar lbh etnik dan lbh kaya gtuh

    btw, Asia Timur Raya itu bagus jg, ntar mata uangnya jd satu mata uang.

    tahapan bagus menuju satu planet satu negara satu kebangsaan :p
    because, imagination is a part of reality-

  13. #12
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,921
    Mentioned
    101 Post(s)
    United Earth as part of UFP
    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

  14. #13
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,506
    Mentioned
    119 Post(s)
    presidennya sapa tuh?

  15. #14
    pelanggan tetap hundreddaya's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    1,247
    Mentioned
    86 Post(s)
    Tercium bau remas remas on

    Onepunch-Man

  16. #15
    pelanggan setia Alethia's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    3,625
    Mentioned
    212 Post(s)
    Bagusan nusaindah
    Jangan kamu bilang dirimu kaya, bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
    -Rendra

  17. #16
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,700
    Mentioned
    279 Post(s)
    ganti nama seperti artis2 sinetron karbitan yg susah diucapkan

  18. #17
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,241
    Mentioned
    254 Post(s)
    Saya juga lebih suka Nusantara...
    atau pakai ejaan lama saja.. Nuswantara, dan dilafalkan sesuai dengan cara Ario Bayu melafalkannya di film Soekarno.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  19. #18
    pelanggan setia TheCursed's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    2,895
    Mentioned
    48 Post(s)
    Baru ngeh.
    "University of Metaphysics".

    AKA Los Angeles School of Magic ?
    True neutral. By the leftist you are right, by the right wing you are left.
    And by taking no side, you are creating your own side.
    Don't waste your time with justifying your opinion, because somebody somewhere will always find it wrong.
    Even when you don't have one...

    Bottom line is, world would be much better place if people just spend their time to watch more cuteoverload.com.

  20. #19
    pelanggan tetap red_pr!nce's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    BSD City
    Posts
    577
    Mentioned
    8 Post(s)
    Saya juga setuju dengan nama "Nusantara" dibanding "Indonesia".

    Nama Indonesia ditetapkan oleh orang asing. Nama ini diambil dari bahasa Yunani "Indus" yang berarti India dan "Nessus" yang berarti pulau. Jadi, nama lain dari wilayah ini adalah Pulau India. Sementara, negara kita bukanlah negara India, meski ada jejak-jejak kebudayaan India di sini. Kita tidak lagi mengenal sistem kasta. Selama kita menganggap bahwa negara kita adalah Pulau India, maka selama itu pula negara kita takkan bisa jauh-jauh melepaskan diri dari nasib bangsa India yang pernah jaya namun terpecah-pecah karena urusan agama. Hal yang terakhir saya sebutkan itu sudah lazim terjadi di Indonesia. Sebuah bangsa malah terpecah-pecah karena permainan politik dan agama, seperti layaknya apa yang dialami oleh bangsa India selama ini.

    Sebelum Indonesia dijajah oleh Belanda, wilayah ini bernama "Nusantara", yang diambil dari kata "Nusa" dan "Antara", yang berarti wilayah-wilayah yang saling berhubungan dalam sebuah tanah air. Terbukti, ketika leluhur kita memakai nama "Nusantara", maka selama itu pula leluhur kita dapat membangun bangsa yang besar, mandiri, termashyur, dan dikenal oleh bangsa-bangsa lain di dunia ini. Sriwijaya menggunakan nama "Nusantara" untuk menggambarkan wilayah ini. Demikian pula dengan Majapahit yang juga menggunakan nama "Nusantara" untuk menggambarkan wilayah ini. Kedua kerajaan itu berjaya.

    Wilayah Nusantara, seperti yang diproyeksikan oleh para leluhur kita adalah seperti ini:

  21. The Following 2 Users Say Thank You to red_pr!nce For This Useful Post:

    Bi4rain (18-03-2014),ndableg (19-03-2014)

  22. #20
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,336
    Mentioned
    84 Post(s)
    ^thanks for the info
    A kid at heart

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •