Results 1 to 11 of 11

Thread: Pria asal Makassar 19 Gelar Sarjana dalam 13 Tahun

  1. #1
    pelanggan Numismatik's Avatar
    Join Date
    Jan 2014
    Posts
    204
    Mentioned
    30 Post(s)

    Pria asal Makassar 19 Gelar Sarjana dalam 13 Tahun

    Liputan6.com, Makassar : Indonesia boleh berbangga. Sebab ada putra tanah air asal Makassar yang menjadi sorotan media internasional atas prestasi yang diukirnya. Welin Kusuma namanya.

    Atas pencapaiannya, meraih 19 gelar hanya dalam waktu 13 tahun, Welin masuk pemberitaan Weird Asia News. Foto dan kisahnya dalam mendapat gelar pendidikan dan profesi tersebut dipampang dalam berita media Asia tersebut edisi 19 Juli 2013.

    19 Gelar yang didapatnya itu terdiri dari 8 gelar sarjana (S1), 3 gelar master (S2), dan 8 gelar pelatihan profesional. Bila namanya ditulis beserta gelarnya menjadi: Welin Kusuma ST, SE, SSos, SH, SKom, SS, SAP, SStat, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, AffWM, BKP, QWP.

    Welin mengaku kesulitan untuk menulis nama beserta gelarnya. Tapi ia bangga bisa menorehkan namanya bersama gelar-gelar tersebut meski memakan panjang tulisan hingga 2 baris.

    Banyak orang yang heran dan tidak percaya bagaimana Welin bisa mendapatkan gelar itu dalam waktu singkat. Pada usia 33 tahun, Welin sudah memiliki 19 gelar.

    Sejatinya untuk mendapat gelar S1 butuh waktu minimal 4 tahun, S2 minimal butuh waktu 2 tahun. Tapi Welin bisa mendapatkan 19 gelar dalam waktu 13 tahun.


    Kelas Paralel

    Lalu bagaimana caranya Welin mendapatkan semua itu? Jawabannya adalah kelas paralel. Pria kelahiran 8 Maret 1981 ini mengambil kuliah di beberapa universitas sekaligus.

    Belajar dari satu kampus ke kampus lain setiap harinya. Sangat sulit memang. Apalagi saat banyak jadwal mata kuliahnya bentrok dengan kampus lainnya.

    Bahkan akibat jadwal tumpang tindihnya itu, ia ditegur pihak kampus untuk mengambil waktu kuliah lebih lama dari biasanya.

    Namun Welin tak patah arang. Ia tetap bersemangat dan menjalani semuanya demi menggapai mimpinya: menjadi seorang konsultan dengan banyak perspektif ilmu.

    "Gelar profesional beragam. Ada yang berhubungan dengan manajemen, keuangan, dan perpajakan," ungkap Welin.

    Meski demikian, pria ini lebih fokus pada bidang manajemen, di samping belajar hukum dan bidang ilmu lainnya demi membantu kliennya mendapatkan informasi lengkap.


    Biaya Sendiri

    Welin patut diacungi jempol. Pria tangguh ini tak membebani orangtua untuk mewujudkan impiannya. Ia membiayai seluruh pendidikannya sendiri sejak 2004.

    Saat ini, Welin bekerja sebagai konsultan pajak lewat gelar BKP-nya walau sebenarnya juga mumpuni pada pekerjaan lapangan bidang sistem informasi.

    Berikut daftar lengkap pendidikan yang pernah ditempuh Welin, seperti dimuat blog pribadi Welin, Welinkusuma dot blogspot dot com.

    Gelar pendidikan meliputi:
    1. Lulusan SMAN 1 Kendari
    2. Sarjana Manajemen Ekonomi (S.E.) besar di STIE Urip Sumoharjo, 2001
    3. Sarjana Teknik (S.T.) Universitas Surabaya (Ubaya), 2004
    4. Sarjana Hukum (S.H.) Universitas Airlangga 2002
    5. Sarjana Administrasi Publik (S.Sos.) Universitas Terbuka (UT) Surabaya, 2002
    5. Sarjana Teknik Informatika (S.Kom.) Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS), 2002
    6. Sastra Inggris (S.S.) Universitas Kristen Petra, 2003
    7. Sarjana Administrasi Publik (S.AP.)
    8. Sarjana Statistik (S.Stat.)
    9. Magister Teknik Industri (M.T.) Insitut Teknologi Surabaya (ITS), 2004
    10. Master Ilmu Manajemen (M.S.M.) Universitas Airlangga (Unair)
    11. Magister Notaris (M.Kn.) Universitas Airlangga (Unair)

    Gelar Profesional meliputi:
    1. Perencana Keuangan Terdaftar, Indonesia (RFP-I)
    2. Pengembang Merek Profesional Bersertifikat(CPBD)
    3. Manajemen Produk Profesional Bersertifikat(CPPM)
    4. Perencana Keuangan Bersertifikat (CFP)
    5. Afiliasi manajer kekayaan (AffWM)
    6. Konsultan Perpajakan Bersertifikat (BKP)
    7. Perencana Keuangan Berkualitas (QWP)
    8. Sumber Daya Manusia Profesional Bersertifikat (CPHR)


    sumber : news dot liputan6 dot com/read/645009/raih-19-gelar-sarjana-dalam-13-tahun-pria-makassar-disorot-dunia


    --------------------

    yang terbayang kayak Hermione yang punya mesin pemutar waktu untuk mengikuti kelas paralel.
    gimana bagi waktunya?
    Numismatics : “The art is not in making money, but in keeping it”

  2. #2
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,100
    Mentioned
    246 Post(s)
    Keanya pernah diundang di hitam putih bukan sih? Hidupnya hanya untuk belajar. Saat di HP, ditantang ngerayu cewek, babar blas gak isa, gak kenal cewek dia... Geek..

    Keanya udah berdiriin konsultan sendiri..
    hai hai hai......

  3. #3
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    Mentioned
    274 Post(s)
    kalau banyak gini jadi spesialisasi profesi dia apa?

  4. #4
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    14,183
    Mentioned
    440 Post(s)
    Gelar banyak-banyak buat apaan yah?

    Yaudahlah ya... mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat...
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  5. #5
    pelanggan tetap Shaka_RDR's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    1,327
    Mentioned
    117 Post(s)
    dan gw jadi malu sendiri....
    gw lagi ngambil gelar master koq ya ngetik thesis itu malesnya ibarat kaya disuruh mahat hieroglyph di piramid
    Space available for Ads.
    PM for nego

  6. #6
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    Mentioned
    322 Post(s)
    gelar ALM belum dapet ya

  7. #7
    pelanggan setia serendipity's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,767
    Mentioned
    177 Post(s)
    jadi pengen kuliah lagi

  8. #8
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    Mentioned
    119 Post(s)
    no cynicism intended... tapi buat apa itu semua? Kok gak dikasih tau cita-citanya, masak belajar karena hobi...
    Telat deh kalo umur 33 baru netas masuk dunia... kecuali mau jadi dosen...

    Saya sendiri S1 aja udah kelebihan...
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

  9. #9
    coba-coba
    Join Date
    May 2017
    Location
    Jakarta
    Posts
    11
    Mentioned
    0 Post(s)
    Wah, Kalau dipanggil MC saat seminar bakalan repot. Banyak banget gelarnya,

  10. #10
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,827
    Mentioned
    159 Post(s)
    Quote Originally Posted by noodles maniac View Post
    Gelar banyak-banyak buat apaan yah?

    Yaudahlah ya... mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat...
    ya pembuktian pada diri sendiri aja sih.. penghasilan dari mana mah laen soal..

  11. #11
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    14,183
    Mentioned
    440 Post(s)
    Quote Originally Posted by noodles maniac View Post
    Gelar banyak-banyak buat apaan yah?

    Yaudahlah ya... mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat...
    Ini @Shaka_RDR akhirnya dah kelar belom ya S2 nya
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •