Results 1 to 15 of 15

Thread: Silat Cianjur-an

  1. #1
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049

    Silat Cianjur-an

    Alkisah seabad lalu lebih dikit, dua pendekar sakti di Cianjur datang untuk mengadu ilmu. Yang satu, seorang pelaut dari Minang yang datang ke Cianjur. Yang satu lagi, bangsawan Cianjur yang sudah belajar berbagai macam silat baik dari silat Sunda, silat Betawi, hingga Silat Minang dan sudah menciptakan ilmunya sendiri.

    Kedua pendekar ini memulai pertarungannya dengan saling menghormat dan menyalami lawan dengan kedua telapak tangan. Ketika tangan saling bersentuhan, masing-masing segera mengenali kemampuan lawan dan diam tak bergerak. Keduanya tahu, satu saja gerakan yang dimulai salah, saat itu pula ia akan jatuh terluka.

    Setelah lama bergeming, akhirnya kedua pendekar itu sama-sama mengakui kehebatan lawannya dan sepakat menghentikan pertarungan. Ilmu dari kedua pendekar tersebut kini mewarnai banyak perguruan di Jawa Barat.

  2. #2
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068
    Pencak Cimande di populerkan dan di sebarkan oleh Bapak Sakir Penduduk Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Bapak Sakir merupakan tokoh Pencak Silat, is banyak pengetahuannya dalam hal Pencak Silat serta memiliki perihal ilmu kebatinan. Karena itulah gerak-gerak Pencak Silat ciptaan Bapak Sakir populer dengan sebutan Pencak Silat Cimande, mengambil asal daerahnya yaitu Kecamatan Cimande.

    Gaya Cimande ini berkembang ke daerah Cianjur lainnya, Bandung dan Jakarta. Keistimewaannya terletak pada kekuatan memukul dan kekuatan menahan, jarang menghindar, setiap serangan di balas dengan serangan pula.

    Jurus (gerakan dasar Cimande) lebih sederhana, banyak mempergunakan gerakan tangan dari pada gerak kaki. Lebih banyak bergerak di atas dengan sikap tangan terbuka, yang pada dasamya banyak menggunakan tangan baplang.
    http://iannnews.com/ensiklopedia.php...kota=76&id=289
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  3. #3
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,845
    guess what
    film dokumenter "Silat" di NatGeo syutingnya di Malaysia, dengan para pesilat yg semuanya orang malaysia juga

  4. #4
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    @Gogon.
    Iyah. Human Weapons. Gak apa-apa lah. Silat juga ada di Filipina dan Thailand Selatan kok.
    Kalau buatannya Discovery, Fight Quest, edisi silat meliput Indonesia kok. Yang jadi perwakilannya adalah perguruan Mande Muda yang dibentuk oleh keluarga Suwanda.


    @Gembel:
    Cimande memang salah satu silat tertua di Jawa Barat tetapi tidak berasal dari Mande, Cianjur melainkan dari Cimande, Bogor. Mbah Khair atau mBak Kahir, salah satu ahlinya itu sering berkelana ke mana-mana dan salah satu muridnya adalah bangsawan Cianjur yang kelak punya keturunan pendekar yang kusebut di awal utas.

    Ini artikel dari mas O'ong Maryono yang memang praktisi dan udah silaturrahim ama banyak pesilat dari berbagai perguruan:
    Bahasa Inggris:
    http://www.kpsnusantara.com/reflect/..._pak-kihir.htm
    Bahasa Indonesia:
    http://www.kpsnusantara.com/reflect/...%20Cimande.htm

    Jadi, Cimande bukan aliran Cianjur tetapi ikut membentuk silat Cianjur.


    Nah,
    kalau membahas silat Cianjur, istilah yang sering digunakan adalah Maenpo. Di Bahasa Sunda sendiri, Silat disebut Penca (Jawa: Pencak) tetapi untuk mainan di Cianjur, pendekar-pendekar di sana lebih sering menamakan alirannya maenpo.

    Jadi kalau kalian melihat video di youtube dan ada kata 'maenpo', di mana pun letak perguruannya (Bogor, Bandung, Jakarta), bisa dipastikan ilmunya selalu kembali pada kedua pendekar yang diceritakan di awal utas ini.

    Misalnya, ini bule Prancis jualan DVD dan pakai istilah 'maenpo':
    http://www.saudara-kaum.fr/lang-en/c...i-cikaret.html

    Atau ini, halaman berbahasa Inggris dari situs resmi Pemkab Cianjur:
    http://www.cianjurkab.go.id/Ver.3.0/.../en_maenpo.php

    Istilah maenpo pula juga masuk dalam filsafat Cianjur. Jadi ada tiga filsafat Cianjur: ngaos, mamaos, maenpo.
    Ngaos artinya mengaji, mamaos artinya seni budaya, dan maenpo. Bisa dibaca di wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Cianjur#Filosofi

    Maenpo sendiri berasal dari kata maen dan po. Maen berarti main atau mainan sementara ada tiga versi po:
    1. po berasal dari bahasa Tionghua lokal yang berarti pukulan. Jadi mirip seperti istilah Betawi untuk pencak yakni "maen pukulan";
    2. po berasal dari kata peupeuhan yang artinya juga sama, pukulan;
    3. po berasal dari kata poho yang berarti lupa. Ini pun punya beberapa penafsiran antara lain
      1. ketika bermain jurus sudah tak berbentuk karena tergantung situasi
      2. teknik dan kaidah pencak Cianjur ini membuat lawan lupa atau pikun sehingga membuka kelemahan

  5. #5
    pelanggan tezar's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    499
    hmm.... Indonesia ternyata banyak aliran bela diri ya

  6. #6
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Benar, Zar.
    Yang Pencak Silat saja, tiap daerah berbeda dan masing-masing daerah berbeda lagi antar perguruan.
    Kita belum menghitung tradisi gulat tradisional, tradisi tarungnya.


    Kembali ke Silat Cianjur.
    Di akhir abad 19 dan di awal abad 20, silat ini menjadi semacam mitos di antara pesilat sehingga dari luar Cianjur tertarik untuk belajar silat ini. Tercatat Ahmad Dimyati, pendiri perguruan Tapak Suci Muhammadiyah Yogyakarta dan Ki Ageng Ngabei Soerodiwirdjo pendiri Setia Hati Madiun. Tentu saja jangan ditanya para pesilat Jawa Barat dari kota lain.

    Namun kemudian silat Cianjur tenggelam tidak diminati oleh kaum mudanya. Selain karena kaum tuanya sangat pemilih dalam menerima murid, harus diakui, Silat Cianjur itu tidak indah dipandang mata. Tidak ada gerakan akrobatik. Tidak ada gerakan gunting. Tidak ada tendangan kaki yang tinggi bahkan sangat jarang menggunakan kaki. Jurus-jurusnya pun sangat pendek dan 'hanya begitu saja'.

    Nah inilah cuplikan silat yang tidak indah dari Cianjur. ^_^


  7. #7

  8. #8
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Lha... ada Kang Luri?
    Mestinya Kakang yang lebih bisa menjelaskan perbedaan masing-masing. Hehehehe..

  9. #9

    waahh ....
    satu aja daku belum mudeng, pa lagi kalo masing-masing ...
    hiixx

  10. #10
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Baru dua kali ikutan pencak silat di Amsterdam. Nama alirannya pamor badai. Ada yang tau?
    Mereka klaim dari indonesia sih, tapi kl g liat keknya dari suriname nih. [MENTION=23]kunderemp[/MENTION]? [MENTION=41]kandalf[/MENTION]? mohon pencerahannya.
    Last edited by ndableg; 23-03-2015 at 07:20 PM.

  11. #11
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    adanya juga silat bulu mata anti badai syahrini

  12. #12
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Baru dua kali ikutan pencak silat di Amsterdam. Nama alirannya pamor badai. Ada yang tau?
    Mereka klaim dari indonesia sih, tapi kl g liat keknya dari suriname nih. [MENTION=23]kunderemp[/MENTION]? [MENTION=41]kandalf[/MENTION]? mohon pencerahannya.

    Pamor Badai bukan nama aliran.
    Itu nama perguruan.

    Pernah dengar tetapi tak pernah bertemu langsung praktisinya.
    Tapi dari web-nya, nama perguruan itu dari nama dua aliran yang diajarkan yakni 'Pamor' dan 'Badai'.
    Hmm.. agak penasaran, apakah aliran 'Pamor' itu sama dengan 'Pamur'-nya Madura?

    Dari website-nya sendiri, juga ada dua aliran lain yang diajarkan, yakni Bawean (dekat Madura) dan Bayumanunggal.

    Ya.. sama kayak perguruan Iko Uwais deh.
    Nama perguruannya Tiga Berantai.
    Ada tiga aliran utama yang diajarkan dan 10 aliran lain.
    Yang sering dipraktekkan oleh Iko itu jurus-jurus aliran Sitembak.

    Masalah soal 'klaim dari Indonesia' tetapi kok kayaknya dari negara lain,
    itu biasanya harus diselesaikan dari jalur alirannya sendiri.

    Misalnya, di Belanda dan di luar negeri kan ada aliran Serak, dan yang ngajar itu orang-orang Belanda yang dulunya tinggal di Hindia Belanda. Nah, seingatku, salah satunya (aku lupa siapa) sudah sowan kok ke Indonesia, aliran Sera dan ternyata ya memang yang diajar itu. Tapi entah yang lainnya.

    Atau di luar negeri, ada lagi orang kulit hitam, Richard Crabbe de Bordes yang ngajar silat Harimau. Kalau itu bisa dilacak jalurnya, dia belajar dari AM Hanafi mantan Dubes Indonesia untuk Kuba, salah satu pemuda Menteng 31 yang menculik Bung Karno dan Bung Hatta di tanggal 16 Agustus 1945. Pak AM Hanafi sendiri lahir dan besar di Bengkulu kemudian di masa Jepang, dia diajak oleh Bung Karno ke Jakarta.

    Tapi kalau dilihat di situsnya, dia diakui Persilat kok. Ya udah. Berarti emang silat.
    Dan di Indonesia, ternyata ada perguruan tersebut di Jambi dan Malang.
    Om Eric B di sahabatsilat juga mengatakan bahwa Om Dave itu orang Indonesia yang tinggal di Belanda.
    http://sahabatsilat.com/forum/aliran...n-silat-badai/

    Saya pernah bertemu Om EricB dan dia bisa dipercaya soal dunia persilatan Belanda. Dia beberapa kali jadi juri di pertandingan silat di Belanda.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  13. #13
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Quote Originally Posted by kandalf View Post
    Pamor Badai bukan nama aliran.
    Itu nama perguruan.

    Pernah dengar tetapi tak pernah bertemu langsung praktisinya.
    Tapi dari web-nya, nama perguruan itu dari nama dua aliran yang diajarkan yakni 'Pamor' dan 'Badai'.
    Hmm.. agak penasaran, apakah aliran 'Pamor' itu sama dengan 'Pamur'-nya Madura?

    Dari website-nya sendiri, juga ada dua aliran lain yang diajarkan, yakni Bawean (dekat Madura) dan Bayumanunggal.

    Ya.. sama kayak perguruan Iko Uwais deh.
    Nama perguruannya Tiga Berantai.
    Ada tiga aliran utama yang diajarkan dan 10 aliran lain.
    Yang sering dipraktekkan oleh Iko itu jurus-jurus aliran Sitembak.
    Oh jadi buka nama aliran/style ya. Katanya sih aslinya dari Madura, dan ada anak yg bagian demo celurit.
    Nama perguruannya Asem bagus gurunya keturunan jawa dan orang item.
    Berarti alirannya apa yak? Soalnya kalo denger gendangannya sih kayak karawitan, jawa barat?

    Masalah soal 'klaim dari Indonesia' tetapi kok kayaknya dari negara lain,
    itu biasanya harus diselesaikan dari jalur alirannya sendiri.

    Misalnya, di Belanda dan di luar negeri kan ada aliran Serak, dan yang ngajar itu orang-orang Belanda yang dulunya tinggal di Hindia Belanda. Nah, seingatku, salah satunya (aku lupa siapa) sudah sowan kok ke Indonesia, aliran Sera dan ternyata ya memang yang diajar itu. Tapi entah yang lainnya.

    Atau di luar negeri, ada lagi orang kulit hitam, Richard Crabbe de Bordes yang ngajar silat Harimau. Kalau itu bisa dilacak jalurnya, dia belajar dari AM Hanafi mantan Dubes Indonesia untuk Kuba, salah satu pemuda Menteng 31 yang menculik Bung Karno dan Bung Hatta di tanggal 16 Agustus 1945. Pak AM Hanafi sendiri lahir dan besar di Bengkulu kemudian di masa Jepang, dia diajak oleh Bung Karno ke Jakarta.

    Tapi kalau dilihat di situsnya, dia diakui Persilat kok. Ya udah. Berarti emang silat.
    Dan di Indonesia, ternyata ada perguruan tersebut di Jambi dan Malang.
    Om Eric B di sahabatsilat juga mengatakan bahwa Om Dave itu orang Indonesia yang tinggal di Belanda.
    http://sahabatsilat.com/forum/aliran...n-silat-badai/

    Saya pernah bertemu Om EricB dan dia bisa dipercaya soal dunia persilatan Belanda. Dia beberapa kali jadi juri di pertandingan silat di Belanda.
    Tapi emang sudah diakui IPSI sih, dan sempet dikunjungi Kang Cecep the raid 2.
    Ya, om Dave itu yg selalu disebut2 orang belanda.

  14. #14
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Oh jadi buka nama aliran/style ya. Katanya sih aslinya dari Madura, dan ada anak yg bagian demo celurit.
    Nama perguruannya Asem bagus gurunya keturunan jawa dan orang item.
    Berarti alirannya apa yak? Soalnya kalo denger gendangannya sih kayak karawitan, jawa barat?
    Alirannya ya, Pamor dan Badai.
    http://asembagus.nl/asembagus-pencaksilat/hoofdstijlen
    Dia belajar dari perguruan Pamor Badai, kan? Berarti ya alirannya sama dengan perguruan Pamor Badai.

    Memang sudah umum kok, perguruan silat mengajarkan bermacam-macam aliran.
    Aliran Panglipur-nya Kang Cecep misalnya, mengajarkan bermacam-macam seperti Sera (aliran dari Bogor), Cikalong (aliran dari Cianjur), Sabandar (juga dari Cianjur), Cimande (aliran Sunda yang udah ada beberapa versi asalnya).

    Kadang yang namanya aliran dan perguruan itu agak baur.
    Misalnya, Cikalong itu asalnya dari tiga guru berbeda yakni Bang Kari, Bang Madi, dan sejak generasi pertama ada pengaruh Sabandar. Tapi ya jadi aliran sendiri.
    Dan sekarang ada beberapa perguruan seperti Perguruan Pusaka Cikalong atau Paguron Pancer Bumi yang mengajarkan aliran Cikalong. Dan itu masih ada study-club Cikalong yang ada di Malang, Yogya, dan Semarang.

    Begitu juga dengan Setia Hati. Awalnya, Eyang Suryo itu belajar dari berbagai macam guru dari berbagai aliran. Nah kemudian dia mengajarkan kepada murid-muridnya. Walau pengaruh Minangnya terasa, tetapi buat orang Minang sendiri, itu sudah 'nge-Jawa' (ini diskusi di FB). Jadi Setia Hati bisa dibilang aliran. Nah, perguruannya, ada Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), ada juga Setia Hati Winongo, dan adalagi pecahannya.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  15. #15
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Wuedeh.. salut lah bos. Emang gaul abis deh pokoknya.
    Setia hati itu yang katanya silat pertama di belanda.

    Eh ndalf.. kalo ada yg mau berkunjung ke indonesia, boleh nitip orang biar bisa dikasih info kemana mereka bisa ikut latihan?
    Last edited by ndableg; 27-03-2015 at 02:07 AM.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •