View Poll Results: Pilih Flash Fiction Yang Kamu Suka

Voters
7. You may not vote on this poll
  • Adu Nyali

    0 0%
  • [HUMOR] Menuju Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2014

    1 14.29%
  • First Perfomance

    4 57.14%
  • Suatu Malam di Vastenburg

    1 14.29%
  • Rembulan Muram Dan Sayu

    0 0%
  • Wanita Jalang

    1 14.29%
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 34

Thread: Pilih Flash Fiction Kamu

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035

    Pilih Flash Fiction Kamu

    Dalam rangka Ajang Pemilihan Putra Putri Kopimaya.

    Maka inilah tantangan kedua untuk para kontestan.
    TEMA MINGGU 2 : FLASH FICTION
    Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek.
    Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction,
    umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Rata-rata flash fiction memiliki antara 250 dan 1000 kata.
    Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata.
    Rata-rata panjangnya antara 3.000 dan 10.000 kata.(dikutip dari wikipedia)

    TEMA :
    Bebas, kali ini dibebaskan untuk memilih tema tentang apa saja.

    PERSYARATAN dan MEKANISME
    1. Cerpen adalah karya asli dan belum pernah diperlombakan sebelumnya dan belum pernah dipublikasikan di media apapun.
    2. Isi karya tidak mengandung unsur SARA, pornografi atau personal attack.
    3. Panjang cerpen 20 – 200 kata.
    4. Genre Flash Fiction bebas, boleh humor, misteri, dll.
    5. Jika ide dari kisah rakyat/hikayat/legenda, maka tulisannya harus disadur ke dalam bahasa sendiri.
    6. Peserta hanya boleh mengirim 1 (satu) naskah.
    7. Polling akan diadakan dengan nama pengarang anonim agar user memberikan voting penilaiannya berdasarkan kualitas karya. Tidak dipengaruhi oleh nama pengarang.
    8. Pada masa polling, peserta dilarang memberdayakan kloningannya agar karyanya dipilih



    KRITERIA YANG BERTAHAN DI PUTARAN BABAK INI
    Polling terendah/Point terendah akan gugur di babak ini.
    Point absensi dihitung dengan masa keaktifan di thread utama [GAMES] Kontes Pemilihan Putra & Putri di Kampung Kopimaya VS Luwak VS Werewolf.


    Gambar-Gambar Pendukung Untuk Flash Fiction :





    Foto : koleksi pribadi etca

    Silahkan memilih FLASH FICTION yang menurut anda menarik dan layak anda pilih.
    Polling sifatnya terbuka.


    POLLING TERBUKA UNTUK VOTE FLASH FICTION MULAI HARI Senin 30 September 2013 s.d hari Kamis 3 Oktober 2013 23.59

  2. #2
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    Adu Nyali



    Setelah sukses dengan petualangan di Lawang Sewu, kali ini Etca dan Aya Muaya mau adu keberanian di Benteng Vastenburg. Mula-mula mereka berdua goyang aduhai mengikuti irama musik sampai Solo City Jazz Festival berakhir. Mestinya semua digebah keluar oleh petugas keamanan setelah acara selesai. Tapi keduanya cukup pintar dan sudah siap-siap. Mereka telah menyewa Jubah Gaib ala Harry Potter di toko Fere Accecories dan dapat menghilang setelah memakainya.

    “Kamu yakin sama jubah ini, Ca?”

    “Enggak sih. Tapi Fere yakin. Katanya dia biasa nongkrong di ruang ganti cewek abis nge gym dan ndak pernah ada yang tahu. Cuma pernah ada yang protes bau pete gitu.”

    Mereka diam sejenak saat petugas lewat. Sekarang sudah tidak ada siapa-siapa. Lampu telah dimatikan dan petugas mengunci gerbang. Waktunya beraksi!

    “Kita mau ngapain sih, Ca?”

    “Anu, aku dengar dari Fere katanya ada penampakan cowok cakep tiap malam Minggu di sini. Mau foto penampakannya. Ini aku sudah beli lensa khusus penangkap bayangan arwah dari Ebay.”

    “Kayaknya menyeramkan, Ca.”

    “Mestinya kalo ganteng nggak menyeramkan.”

    “Oh iya ya.”

    Mereka berdua keliling-keliling benteng dengan harapan segera ketemu arwah serdadu bule nan keren yang konon menghantui benteng ini. Lalu tiba-tiba di kejauhan ada cahaya merah menyala.

    “Ca, apaan tuh?”

    Belum sempat Etca menjawab cahaya itu mendekat, berasal dari sepasang sorot mata manusia berkepala kucing. Tapi si manusia kucing hanya lewat dan tidak memperhatikan mereka. Aya gemetaran sampai ke ujung kaki sementara Etca mencoba mengambil foto manusia kucing dari belakang.

    “Yah, cuma dapat foto ekornya,” desah Etca.

    “Ca, kita pulang aja yuk. Nanti ketemu mahluk aneh lagi.“

    “Loh, bukannya itu yang kita cari?“

    “Bukan! Kita kan seharusnya cari arwah cowok ganteng.“

    “Nah tuh udah tau. Sebentar lagi deh, mumpung pake jubah gaib. Toh ngggak bisa liat kita ini.“

    “Hmm…eh iya. Nggak bisa liat ternyata. Oke deh.”

    Mereka berdua meneruskan langkah ke pojok benteng satunya. Aya mulai gelisah.

    “Kenapa lagi, Ya?”

    Anu...aku kebelet ngising. Toilet di mana ya?“

    “Cari aja di peta”, sahut seseorang di samping Aya. Suara laki-laki.

    Aya langsung melompat kaget sambil ngising. Sementara Etca berpaling mencari asal suara. Di dekat mereka ada sosok gelap yang menurut Etca familiar.

    “Ca, itu arwah cowok gantengnya?“ tanya Aya setengah berbisik.

    “Bukan. Itu mah Fere. Fer, ngapain kamu di situ?”

    Fere muncul dari balik bayang-bayang benteng sembari menghidupkan senter. “Nongkrong bareng Pakde sekalian ngawasi tingkah kalian. Udah ketemu yang dicari?“ Fere cengar-cengir.

    Lalu petugas berkumis yang tadi lewat muncul di balik bahu Fere. “Ada-ada saja anak zaman sekarang. Malam-malam bukannya tidur malah keluyuran“, ucapnya sambil geleng-geleng kepala.

    “Jadi serdadu cakep itu karanganmu doang? Arghh....Eh sebentar, jubah ini sebenarnya nggak berfungsi dong,“ kata Aya.

    “Ya enggak lah non, kalo jubah gaib beneran ada masa aku cuma sewakan seratus ribu? Mending tak pake sendiri ke ruang ganti cewek tiap hari. “

    “Loh Fer, tapi tadi ada manusia kucing lewat dan dia nggak lihat kami berdua,“ sanggah Etca.

    “Manusia kucing apa ya? “

    “Yang kayak gini nih“, tunjuk Etca pada foto ekor di kameranya.

    “Itu kayaknya gambar tali jemuran deh Ca“, ucap Fere setelah mengamati.

    “Ehem…itu memang ekor saya. Tadi pura-pura nggak lihat aja sih“, terdengar jawaban dari samping. Si manusia kucing ada berdiri di antara mereka. Ekor tali jemurannya melambai-lambai di udara bagaikan pecut. Mata merahnya bersinar terang sekali.

    Etca menjatuhkan kameranya. Aya ngising sekali lagi. Fere tanpa sengaja menyorotkan senter ke mata manusia kucing. Manusia kucing terlihat tidak senang dan mulai menyeringai. Sementara itu Pakde pingsan di tempat.

  3. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    [HUMOR]Menuju Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2014







    Dalam suatu perhelatan khusus di sebuah gedung tua para relawan Pilpres 2014, telah berkumpul dengan
    gayanya masing2, ada yang memakai pakaian partai yang mereka usung dan ada juga yg memakai aneka
    ragam spanduk khas untuk memenangkan para calon yang diusungnya, aku duduk agak ditengah dimana
    dapat terlihat podium dengan jelas..


    Dengan secara spontan aku menoleh kebelakang, terlihat ada dua wanita yg sedikit aneh dan cukup menarik
    perhatianku, wanita muda itu tertawa cekikikan dengan suara riuh membuatku dan yang lainnya agak kurang
    nyaman, dan kadang2 wanita itu mengangkat kakinya keatas sambil teriak2 sehingga pahanya menganga dan
    sangat jelas terlihat menakjubkan....





    Setelah aku perhatikan dengan cermat ternyata di paha kanannya ada tatto bergambar Wiranto, dan kutunggu
    untuk melihat paha yang sebelah kiri.. wow ternyata tatto sebelah kiri gambar Aburizal Bakrie.... Aku terus saja
    pelototi ke sela2 kedua paha wanita itu.. dan tiba2 sang wanita berkata dengan keras..


    Wanita: "Woiiii mas.. mas... ngapain sih pelototin paha terus !!!!" (dengan suara nada marah)
    Aku spontan menjawab: "Aaaa.. annu mbak, Apa yang BREWOK DITENGAH itu gambar tatto SURYO PALOH?"
    Wanita:

  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    First Performance


    Hatiku sangat berdebar,
    Panggung itu begitu besar, mewah, lampu bergemerlapan, penonton membludak
    Tekadku kuat, pasti bisa!!! tidak boleh lengah dan melakukan kesalahan sedikitpun
    Saatnya tiba, segera aku berlari menuju kepanggung tersebut diikuti oleh beberapa rekanku dan disambut dengan tepuk tangan meriah
    Kukerahkan semua kemampuanku, menari, melenggok, berputar sesuai dengan latihan
    Penonton senang, tepuk tangan tak henti hentinya bergemuruh
    Aku tersenyum puas, membungkukan badan dan melambaikan tangan
    Penonton melempar kacang, potongan roti dan pisang
    Ini yang aku tunggu, segera aku pungut dan kembali kebelakang panggung

  5. #5
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    Suatu Malam di Vastenburg



    Benteng Vastenburg. benteng yang terletak di kawasan gladak, surakarta ini merupakan benteng peninggalan belanda. dinding-dindingnya tampak kusam termakan oleh usia. malam ini, aku berjanji untuk bertemu dengan kekasih pujaan hati. kekasih yang sudah kupacari sejak SMA. anaknya baik, supel, lemah lembut, serta sangat pengertian

    masa2 SMA merupakan masa kelam buatku. sebagai cowo yang bertampang sangar dan berbadan tinggi besar, teman2ku segan dan cenderung takut untuk bersahabat denganku. tapi kekasihku ini lain. dia sangat baik padaku. tidak takut pada tampangku yang sangar. berkat dia pula lah, perlahan2 teman2ku yang lain mau mulai membaur dan bersahabat denganku. dia orang yang sangat berarti bagiku

    sekarang, aku akan bertemu kembali dengannya. karena kesibukan kuliah kami masing2, kami jadi jarang bertemu. karenanya, libur semester seperti saat ini sering kami manfaatkan untuk kencan berdua. setelah menunggu sekitar sepuluh menit, samar2 aku lihat sosoknya dari kejauhan. tinggi dan langsing. tingginya hampir sama denganku.

    "Jono" dia menyapaku hangat
    "anto, lama tak bertemu" balasku
    kucium pipinya, dan kamipun berpelukan hangat. orang2 melihat kami dengan pandangan aneh
    tapi aku tak peduli. karena cinta tak memandang batas gender.

  6. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    Rembulan Muram Dan Sayu


    Benteng Vastenberg, sebuah malam.

    Benteng peninggalan jaman kolonial Belanda yang biasanya sunyi dan temaram itu, disulap menjadi terang benderang. Alunan suara musik terdengar dari pengeras suara yang dipasang di berbagai penjuru. Rupa-rupanya sedang ada pertunjukan di sana.

    Di antara orang yang lalu lalang, di antara para pedagang kaki lima, nampak seorang lelaki tengah berbicara dengan seseorang menggunakan Handphone-nya.

    “Bapak kamu tukang soto ya..?”

    “Nggak lucu ah..”

    “Hehehe… sayang, kamu dimana? Aku udah di depan pintu masuk nih..”

    “Iya, ini mau berangkat..”

    “Cepetan ya?”

    “Bawel ihh..”

    “Kamu cantik deh.”

    “Gombal..”

    Love you.

    “Makin gombal..”

    “Ya udah, aku tunggu ya?”

    “Oke, see you..

    Lelaki itupun menutup teleponnya. Pikirannya melayang, membayangkan pertemuannya dengan kekasihnya. “Juminten.. Juminten.. meskipun kamu nggak secantik Ale, meskipun kamu nggak semanis Thia, tapi kamu begitu menggairahkan.”

    ***

    Di sebuah kamar tampak seorang perempuan tengah memandangi sebuah foto.

    “Kamu pikir nggak ada yang melihat kamu ketika sedang bermesraan dengan Ale..? Kamu pikir aku nggak tahu hubunganmu dengan Thia..?” ujarnya menahan amarah.

    “Dasar mata keranjang! Akan kupotong barangmu jadi dua, lalu kukirimkan ke tempat Ale dan Thia..!”

    Lalu iapun memasukkan sebuah gunting ke dalam tasnya, kemudian bergegas menuju ke tempat kekasihnya yang sudah menunggu.

    Malam semakin jatuh, Rembulanpun muram dan sayu.

  7. #7
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    Wanita Jalang



  8. #8
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    Silahkan dipilih, dikomentari.
    Jangan lupa untuk para pemain yang masih hidup tetap komen d thread utama.

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    Oia polling ini dibikin anonim,
    Jadi tolong bwt peserta jangan berkampanye ttg karyanya yak.
    Kalau mau mengkomentari sih bole2 aja

    Btw yg ngumpulin pr makin dikit nih. Next PRnya bikin thread aja d

  10. #10
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,845
    bikinan Tarsiyah yg mana? ehhh kaga boleh tau yaa..


    #eh non peserta boleh komen di sin khan?

  11. #11
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    2 dan 6 ceritanya yang paling orisinil. Tapi saya suka cerita dan ilustrasi yang ditampilkan cerita nomor 6. Flashback dan gambarnya mendukung ceritanya

  12. #12
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    yg nomor 3, KM banget (sesuai ama gamenya)

  13. #13
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,035
    semua orang bole komen di sini kok, termasuk pemainpemainnya.

  14. #14
    opera's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    http://www.opera.com/
    Posts
    4,852
    jebolan RSJ semua yang kirim cerita
    ngising dibawa bawa juga
    ampun dah brewok SP dibawa juga kesini

  15. #15
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,845
    kesian jg nih para peserta kagak bisa kampanye mempromosikan hasil karyanya

  16. #16
    pelanggan tetap thin.king's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    803
    First performance menjiwai peran sekali
    yg lain saya rada ga ngerti ceritanya, apalagi yg ngising" itu

  17. #17
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Pusing bacanya..
    disambi kerja..
    jadi saya pilih "suatu malam di Vastenburg" karena emosinya langsung dapat walau dibaca sepintas.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  18. #18
    pelanggan setia Alethia's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    4,055
    First perfomance.

    bener2 khas RSJ KM, jadi inget waktu pakde ancuur mau nampil pertama kali
    Jangan kamu bilang dirimu kaya, bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
    -Rendra

  19. #19
    gogon's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    earth
    Posts
    4,845
    pemenangnya = flash fiction beneran.

    sory to say, yg lain bagus2 tapi bukan flash fiction.

    andai tugasnya: mengarang bebas ... mgkin bisa lain cerita.
    ah tapi voternya cuman dikit :-s

  20. #20
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    Quote Originally Posted by gogon View Post
    pemenangnya = flash fiction beneran.
    mangsutnya gmanak, gon ?

    kalo gw ikut, gw bikin flash vixion tukang soto

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •