PDA

View Full Version : Tidur Terlalu Malam dan Bangun Terlalu Siang Picu Kanker Hati



kupo
15-02-2013, 08:52 AM
http://img255.imageshack.us/img255/2640/16350487.jpg

PENEMUAN TERBARU MENGENAI KANKER HATI

Penemuan terbaru mengenai kanker hati! Jangan Tidur Terlalu Malam ! Para dokter di National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati (SGOT, SGPT) ,tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm!!.

Selama ini hampir semua orang sangat tergantung pada hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index).. Mereka menganggap bila pemeriksaan hasil index yang normal berarti semua OK..

Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter specialis, benar-benar mengejutkan, para dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan yang benar pada masyarakat umum, ternyata memiliki pengetahuan yang tidak benar.

Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar. Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Chuan.

Tetapi ironisnya, ternyata dokter yang menangani kanker hati juga bisa memiliki pandangan yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat, inilah penyebab terbesar kenapa kanker hati sulit untuk disembuhkan.

Saat ini ada pasien dokter Hsu yang mengeluh bahwa selama satu bulan terakhir sering mengalami sakit perut dan berat badannya turun sangat banyak. Setelah dilakukan pemeriksaan supersound baru diketemukan adanya kanker hati yang sangat besar, hampir 80% dari livernya (hati) sudah termakan habis.

Pasien sangat terperanjat, Bagaimana mungkin? Tahun lalu baru melakukan medical check-up dan hasilnya semua normal. Bagaimana mungkin hanya dalam waktu 1 tahun yang relative singkat dapat tumbuh kanker hati yang demikian besar?
Ternyata check-up yang dilakukan hanya memeriksa fungsi hati. Hasil pemeriksaan juga menunjukkan normal . Pemeriksaan fungsi hati adalah salah satu item pemeriksaan hati yang paling dikenal oleh masyarakat. Tetapi item ini pula yang paling banyak disalahpahami oleh masyarakat kita ( Taiwan karena penulis berdomisili disana, tetapi juga termasuk masyarakat Indonesia salah memahami).

Pada umumnya orang beranggapan bahwa bila hasil index pemeriksaan fungsi hati menunjukkan angka normal berarti tidak ada masalah dengan hati.

Tetapi pandangan ini mengakibatkan munculnya kisah-kisah sedih karena hilangnya kesempatan mendeteksi kanker sejak stadium awal.

Dokter Hsu mengatakan, SGOT dan SGPT adalah enzim yang paling banyak ditemui didalam sel-sel hati. Bila terjadi radang hati atau karena satu atau sebab lain sehingga sel-sel hati mati, maka SGOT dan SGPT akan lari ke luar. Hal ini menyebabkan kandungan SGOT dan SGPT didalam darah meningkat.

Tetapi tidak adanya peningkatan angka SGOT dan SGPT bukan berarti tidak terjadi pengerasan hati atau tidak adanya kanker hati. Bagi banyak para penderita radang hati , meski kondisi radang hati mereka telah berhenti, tetapi didalam hati (liver) mereka telah terbentuk serat-serat dan pengerasan hati. Dengan terbentuknya pengerasan hati, maka akan mudah sekali untuk timbul kanker hati.

Selain itu, pada stadium awal kanker hati, index hati juga tidak akan mengalami kenaikan. Karena pada masa-masa pertumbuhan kanker, hanya sel-sel di sekitarnya yang diserang sehingga rusak dan mati.

Karena kerusakan ini hanya secara skala kecil maka angka SGOT dan SGPT mungkin masih dalam batas normal, katakanlah naik pun tidak akan terjadi kenaikan tinggi. Tetapi oleh karena banyak orang yang tidak mengerti akan hal ini sehingga berakibat terjadilah banyak kisah sedih.

Penyebab utama kerusakan hati adalah :

1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.

2. Tidak buang air besar pada pagi hari.

3. Pola makan yang terlalu berlebihan (Daging panggang, sate, dan gorengan / minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng untuk menggoreng makanan, hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil....) Masakan yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan..

4. Tidak makan pagi.

5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan atau bahkan Narkoba.

6.. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan (penyedap rasa), zat pewarna, pemanis buatan.

7. Mengkonsumsi masakan mentah atau dimasak matang.

8. Merokok atau menjadi perokok pasif.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya hidup dan pola makan sehari hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya .

Sebab :

Malam hari pk 21.00 23.00 : adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun(de-toxin) dibagian system antibody (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik (lebih baik lagi bila sudah tidur) . Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negative untuk kesehatan.

Malam hari pk 23.00 dini hari 01.00 : saat proses de-toxin dibagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Dini hari 01.00 - 03.00 : proses de-toxin dibagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Dini hari 03.00 05.00 : de-toxin dibagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selam durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernapasan, maka tidak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.. Bagi perokok pembersihan berlangsung dengan tidak sempurna.

Pagi pk 05.00 07.00 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air besar.

Pagi pk 07.00 09.00 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 06.30... Makan pagi sebelum pk 07...30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap mengubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itulah, Tidurlah Nyenyak dan Jangan Begadang.

Semoga Bermanfaat

sumber dari Radiologi UGM (http://radiologi.ugm.ac.id/berita-112-penemuan-terbaru-mengenai-kanker-hati-jangan-tidur-terlalu-malam.html)

noodles maniac
15-02-2013, 09:21 AM
Interestin thread, kupo ::up:: tapi gw belum mo komentar, sebatas mantau dulu ;)

tapi nitip satu pertanyaan, gimana caranya untuk mendeteksi kanker hati sendiri dan sedini mungkin tanpa harus pergi ke RS? ::ungg::

lily
15-02-2013, 09:31 AM
aduh syukurlah , saya tidur terlalu malam dan bangun terlalu pagi ::ngakak2::

serendipity
15-02-2013, 09:33 AM
Sebab :

Malam hari pk 21.00 – 23.00 : adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun(de-toxin) dibagian system antibody (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik (lebih baik lagi bila sudah tidur) . Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negative untuk kesehatan.

Malam hari pk 23.00 – dini hari 01.00 : saat proses de-toxin dibagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Dini hari 01.00 - 03.00 : proses de-toxin dibagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Dini hari 03.00 – 05.00 : de-toxin dibagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selam durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernapasan, maka tidak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.. Bagi perokok pembersihan berlangsung dengan tidak sempurna.

Pagi pk 05.00 – 07.00 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air besar.

Pagi pk 07.00 – 09.00 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 06.30... Makan pagi sebelum pk 07...30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap mengubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itulah, Tidurlah Nyenyak dan Jangan Begadang.

Semoga Bermanfaat

sumber dari Radiologi UGM (http://radiologi.ugm.ac.id/berita-112-penemuan-terbaru-mengenai-kanker-hati-jangan-tidur-terlalu-malam.html)


ternyata orang tua jaman dulu udah tau ginian, nyokap gw selalu nasehatin bangun jam 7 pagi.. biar lancar keluarin bab and pipis
abis itu langsung makan... supaya gak sakit http://www.cute-factor.com/images/smilies/cheetah/01145202-2-302I8.gif

kupo
15-02-2013, 09:38 AM
thanks nudel, ... cara mendeteksi kanker hati sendiri sedini mungkin, saya tidak tahu... lha yang dibawa ke RS dan dan di check aja, menurut artikel diatas masih kecolongan juga.. ::grrr::

mungkin dari pada mendeteksi, lebih baik mencegah, hidup sehat, olahraga, jaga makan , cukup istirahat... :mikir:

---------- Post Merged at 09:38 AM ----------


aduh syukurlah , saya tidur terlalu malam dan bangun terlalu pagi ::ngakak2::

hmmm nanti saya cariin artikel penyakit yang sesuai buat kondisi ini.. :D

lily
15-02-2013, 09:38 AM
Penyebab utama kerusakan hati adalah :

1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.

2. Tidak buang air besar pada pagi hari.

3. Pola makan yang terlalu berlebihan (Daging panggang, sate, dan gorengan / minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng untuk menggoreng makanan, hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil....) Masakan yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan..

4. Tidak makan pagi.

5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan atau bahkan Narkoba.

6.. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan (penyedap rasa), zat pewarna, pemanis buatan.

7. Mengkonsumsi masakan mentah atau dimasak matang.

8. Merokok atau menjadi perokok pasif.



kayanya saya melakukan yang nomor 3 , 6 , ama 7.

yang nomor 3 , saya emang suka gorengan sih , kayak siobak.

yang nomor 6 , saya suka makanan kaleng kayak corned beef dll , suka minuman kaleng kayak juice juga.

yang nomor 7 , saya suka salmon mentah.

kupo
15-02-2013, 09:45 AM
ternyata orang tua jaman dulu udah tau ginian, nyokap gw selalu nasehatin bangun jam 7 pagi.. biar lancar keluarin bab and pipis
abis itu langsung makan... supaya gak sakit http://www.cute-factor.com/images/smilies/cheetah/01145202-2-302I8.gif

betul.. omongan orang tua emang banyak benar, meskipun mungkin mereka ga tahu pasti penjelasannya apa ::jempol::

---------- Post Merged at 09:45 AM ----------


kayanya saya melakukan yang nomor 3 , 6 , ama 7.

yang nomor 3 , saya emang suka gorengan sih , kayak siobak.

yang nomor 6 , saya suka makanan kaleng kayak corned beef dll , suka minuman kaleng kayak juice juga.

yang nomor 7 , saya suka salmon mentah.

iya no 3 dan 6 memang susah dihindari... siapa sih yang ga suka gorengan? dan jaman sekarang pasti kita banyak konsumsi makanan olahan pabrik yg pasti pakai bahan pengawet. jajan di warung makan, juga banyak yang bikin es teh pakai pemanis buatan... ::grrr::

lily suka salmon mentah? penggemar sushi ya :D

lily
15-02-2013, 09:46 AM
saya kalo pipis ama poop , lancar banget. tapi tidur kurang hiks...

pipis semalem bisa bangun sampe 3 kali.

tengah malem juga bisa poop.

noodles maniac
15-02-2013, 10:08 AM
thanks nudel, ... cara mendeteksi kanker hati sendiri sedini mungkin, saya tidak tahu... lha yang dibawa ke RS dan dan di check aja, menurut artikel diatas masih kecolongan juga.. ::grrr::

mungkin dari pada mendeteksi, lebih baik mencegah, hidup sehat, olahraga, jaga makan , cukup istirahat... :mikir:

Iya sih mencegah lebih baik daripada mengobati, mari hidup sehat :senang: tu.. wa.. tu.. wa.. ::shincandance::

lily
15-02-2013, 10:15 AM
Iya kupo , saya penggemar sushi , matang maupun mentah.

Padahal ya orang Jepang biasa makan mentah , kayanya sehat - sehat aja.

Apa sushi Indo ama sushi Jepang beda kualitas ya ?

# laper...

red>,<hair
15-02-2013, 10:30 AM
horee gw g perna tidur larut malam tp tidurnya pagi2 ::hohoho::



;D

kupo
15-02-2013, 10:33 AM
sushi dimakan mentah sehingga harus menjaga kualitas dan kebersihan bahan2nya.
di jepang higienitas sangat dijaga, mulai dari pemilihan bahan, alat, proses pengolahan sampai penyajian semua harus dijaga tetap bersih.
kalau di indonesia mungkin standar higienitasnya tidak bisa di jaga sebagus di jepang

sushi terbaik didunia menurut michelin (majlah tentang makanan) dibuat oleh Jiro di jepang ... harganya mahal dan harus pesan tempat berapa bulan didepan... ::cabul::

jiro, sushi terbaik di dunia versi michelin

http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=asH4jhr8E20

---------- Post Merged at 10:33 AM ----------


horee gw g perna tidur larut malam tp tidurnya pagi2 ::hohoho::



;D
sering kena giliran ronda ya sis ... ::hihi::

red>,<hair
15-02-2013, 10:48 AM
jaga lilin ::hihi::



eh jarang makan pagi termasuk juga y ::grrr:: waduhhhh

kupo
15-02-2013, 11:10 AM
^^ wah malah ngaku... tu dilaporin ke thread babi ngepet deh ... ::ngakak2::::ngakak2::

opi77
15-02-2013, 11:31 AM
jarang makan pagi..palingan langsung makan siank..hehehehe...

kupo
15-02-2013, 11:43 AM
katanya sarapan pagi itu menurunkan kadar kolestrol LDL , mengurangi kegemukan, dan meningkatkan kemampuan berpikir .. hehehe :D

serendipity
15-02-2013, 12:14 PM
^ yup soalnya orang yang sering makan pagi biasanya bisa mengontrol berapa banyak makan siang mereka. Sedangkan orang yang tidak makan pagi, biasanya merasakan rasa lapar yang berlebihan, sehingga makan siangnya jadi lebih banyak :)

mobyokuzan
15-02-2013, 01:09 PM
wah kasian dong yg kena kerja shift malam, prosentase resiko terkena kanker hati pasti tinggi nih.

red>,<hair
15-02-2013, 02:55 PM
^^ wah malah ngaku... tu dilaporin ke thread babi ngepet deh ... ::ngakak2::::ngakak2::
mmmm gw jaga lilin kupo yg berkelana kan ::ungg::

^ yup soalnya orang yang sering makan pagi biasanya bisa mengontrol berapa banyak makan siang mereka. Sedangkan orang yang tidak makan pagi, biasanya merasakan rasa lapar yang berlebihan, sehingga makan siangnya jadi lebih banyak :)

gw makan pagi+siang n malam d rapel jadi makan sore ... n porsinya ga banyak ::ungg::
tp ngemilnya yg banyak ::hihi::

kupo
15-02-2013, 04:40 PM
lilin nya kita ganti petromax aja ... biar ga usah ditungguin...::hihi::

cha_n
15-02-2013, 05:07 PM
kalau dalam islam ada namanya detox dalam bentuk puasa ramadhan :)

kupo
15-02-2013, 05:11 PM
iya.. mengatur makanan dan pola makan saya dengar bisa untuk terapi detox.
ada juga yg detox dengan cara ga makan daging selama beberapa waktu... cuma persisnya gimana saya kurang jelas

PERMANDYAN
15-02-2013, 05:14 PM
1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.


Djadi, apakah petoegas keamanan, baik satpam maoepoen polisi semoea soedah pasti terkena kanker hati kerana sering mendapatkan dinas malam sehingga pola tidoer tidak sesoeai dengan seperti jang tertoelis diatas...

Seperti toelisan diatas, dokterpoen bisa salah saat mendiagnosa,
Berarti toelisan diataspoen djoega bisa salah...

noodles maniac
16-02-2013, 05:16 AM
lilin nya kita ganti petromax aja ... biar ga usah ditungguin...::hihi::

Sekarang dah 2013 chuy, udah ada lampu listrik yang bisa dicharge gitu lhooo ::oops::

---------- Post Merged at 05:16 AM ----------


kalau dalam islam ada namanya detox dalam bentuk puasa ramadhan :)

...dannnn Rasulullah juga membiasakan untuk bekam, karena dengan bekam mengeluarkan darah dalam tubuh kemudian hati akan memproduksi darah segar, sehingga tubuh akan lebih sehat. Gw belom pernah nyoba nih bekam, masih belom berani nyoba dengan teknik konvensional begitu ::ungg::

mbok jamu
16-02-2013, 07:44 AM
1. Tidur terlalu malam, dan

8. Merokok

Tadi malam tidur jam 2, biasanya jam 11 bangun jam 5 (:|

etca
16-02-2013, 07:52 AM
semalam bobo jam 12.30an, bangun jam 04.30 ;D

kupo
16-02-2013, 10:00 AM
Djadi, apakah petoegas keamanan, baik satpam maoepoen polisi semoea soedah pasti terkena kanker hati kerana sering mendapatkan dinas malam sehingga pola tidoer tidak sesoeai dengan seperti jang tertoelis diatas...

Seperti toelisan diatas, dokterpoen bisa salah saat mendiagnosa,
Berarti toelisan diataspoen djoega bisa salah...

belom pasti kena, cuma punya resiko lebih besar untuk terkena.. :)

---------- Post Merged at 10:00 AM ----------


semalam bobo jam 12.30an, bangun jam 04.30 ;D


1. Tidur terlalu malam, dan

8. Merokok

Tadi malam tidur jam 2, biasanya jam 11 bangun jam 5 (:|

memang jaman sekarang lebih susah cari waktu istirahat ya... lebih enak jaman orang jaman dulu.. ga sesibuk sekarang.. ::grrr::