PDA

View Full Version : Aniaya TKI, nenek 80 th didenda Rp 117 juta



serendipity
30-01-2013, 03:13 PM
http://img89.imageshack.us/img89/1239/sporemaimunahstdlm.jpg

Seorang nenek di Singapura tidak sengaja terkena panci panas dan kemudian menyalahkan pembantu rumah tangganya (PRT) yang berasal dari Indonesia. Sebagai balasan, nenek yang duduk di kursi roda ini memanaskan sendok sayur dari besi di atas kompor dan menempelkannya ke lengan si PRT.

Si PRT yang bernama Andanari (26) ini berteriak kesakitan. Sang nenek yang bernama Maimunah Ahmad (80) kemudian memberikan pasta gigi pada luka bakar si PRT, namun ternyata malah semakin parah. Maimunah kemudian memberikan obat berbentuk minyak kepada Andanari, tapi nampaknya tidak mampu menghilangkan luka bakar yang masih terlihat saat persidangan.

Insiden ini terjadi pada November 2009 lalu di rumah si nenek yang berada di kompleks apartemen Tampines, Singapura. Namun persidangannya baru digelar tahun 2012 lalu. Dan sidang pembacaan vonis baru digelar hari ini. Demikian seperti dilansir Straits Times, Selasa (29/1/2013).

Terungkap dalam persidangan bahwa beberapa bulan setelah insiden November tersebut, Maimunah kembali melakukan kekerasan terhadap Andanari. Kali ini, Maimunah memukul si PRT dengan gantungan baju dan sendok plastik.

Pengadilan pun menyatakan Maimunah bersalah, namun hanya menjatuhkan hukuman denda sebesar SGD 15 ribu atau setara Rp 117 juta.

Si PRT sebenarnya bekerja untuk putri Maimunah, Daliana Abdullah (44) sejak September 2009 lalu. Putri Maimunah juga dijerat dakwaan kekerasan, karena menampar, menjambak dan membenturkan kepala Andanari ke tembok. Tidak dijelaskan lebih lanjut soal persidangan kasus yang menjerat putri Maimunah.


sumber http://news.detik.com/read/2013/01/29/190300/2155668/1148/aniaya-tki-nenek-80-tahun-di-singapura-didenda-rp-117-juta?nd771104bcj

Shaka_RDR
30-01-2013, 04:36 PM
ngenes..... tapi at least masih "lebih baik" dibandingkan nasib2 PRT lainnya yg disiksa di luar negeri.

btw, maid dari indo juga ga terlalu dianggap baik di singapore loh, karena suka banget kutu loncat pindah majikan, pacaran lupa waktu, pakai peralatan rumah untuk keperluan pribadi (telpon, peralatan makan dan masak, mesin cuci dll) -> orang singapore rata2 keberatan dengan tindakan ini.

noodles maniac
30-01-2013, 04:53 PM
Nenek sadis, Lily kalo udah tua kayak begini gak yak? ;D

Summon Lily :ketok:

lily
30-01-2013, 05:04 PM
Noodle tega ih :nangis2:

saya ga sadis del , udah dibilang cuma pencitraan kok :nangis2:

kalo menurut saya gini sih...

emang banyak PRT yang kerja tapi kurang ajar ama majikan...

cuma kalo buat saya , pantang maen fisik ama orang , jadi kalo ga suka , keluarin aja...

supaya tuh PRT juga tau bahwa cari kerjaan ga segampang yang dia pikir...

pernah kejadian di rumah Grandma saya , PRT nyuri macem - macem barang di rumah Grandma saya , dari little things kayak sabun cuci muka di kamar mandi sampe panci di dapur ::doh::

ketauan akhirnya , pas dia mo pulang (mo balik lagi) , tas nya dibongkar... udah disuruh pulang , ga usah balik.

noodles maniac
30-01-2013, 05:44 PM
Nah sekarang masalahnya apakah emang si PRT yang kerja untuk Maimunah itu emang bandel? tapi seharusnya ya jangan sampe melukai dan menyiksa kayak gitu lah, udah kayak jaman perbudakan aja -_-

TheCursed
30-01-2013, 07:10 PM
Kayaknya udah mulai pikun ini nenek....

serendipity
30-01-2013, 08:41 PM
jangankan di singapur, di Indonesia aja masih banyak pembantu yang sebenernya kerja tidak sesuai kehendak majikan. Kalo majikannya bilang A, dia ngelakuin B. Dan kadang yang bikin sebel, tetep ngeyel dan ngerasa bener deh tu pembantu.

Gw pernah punya pembantu yang hampir mau nyulik ade gw, untung gak jadi.Jadi waktu itu tante gw lagi meninggal, ade gw dititip ke pembantu di rumah. Akhirnya itu pembantu bawa lari gaji bokap dan mencuri beberapa benda lainnya. Udah sempet rapihin semua barang-barang ade gw, buat bawa lari ade gw juga.. entah kenapa gak jadi

AsLan
30-01-2013, 10:03 PM
Sodara gw tinggal di singapura.

anak2 nya dari kecil diasuh oleh seorang pembantu dari indonesia yg namanya mbak sri.
karena orang tuanya lebih sering di batam, maka anak2 ini makin lama akrabnya sama mbak sri.

sekarang anak2 itu udah besar2, yg sulung umur 45.
yg paling kecil umur 30, baru merid kemarin.

diacara merid, anak ini ngambil mike dan pidato singkat... intinya mengucapkan terima kasih kepada mbak sri yg telah mendampingi mereka dari kecil sampai dewasa.

mbak sri udah kayak orang tua mereka. ::maap::

gw waktu kecil juga diasuh pembantu, tapi lalu ortu gw kuatir karena gw lebih dekat dengan si mbok daripada mereka lalu diambil alih.

urusan pembantu-majikan memang gak gampang, tapi kalo sudah ketemu yg cocok bisa seperti keluarga sendiri.

lily
30-01-2013, 10:31 PM
Saya juga waktu kecil diasuh ama bibik tua (yang kerja jagain Mama sejak bayi) , trus jagain saya. Ama pembantu muda , seksi.

Yang bibik tua , sayang banget ama saya dan baek , dia ngemong , dan udah dianggap keluarga sendiri.

Yang pembantu muda , seksi , kelakuannya parah banget. Saya sering dikunci sendirian di dalem rumah , dan dia pegi ama pacarnya (tukang bangunan) di rumah kosong. Ga tau dah ngapain , pokoknya akhirnya dia MBA.

Pembantu muda , seksi , ini namanya Minsriani. Waktu kerja di saya masi 19 taon. Saya mungkin masi 5 taon kali.

Dia suka kasi saya liat majalah bokep , isinya cewek naked semua , punya tetangga saya , yang orang Jepang.

Terus dia kalo marahin saya pake maki - makian kon***. Gila lah pokoknya.

Dan saya ga berani lapor ortu , soalnya ortu saya pulang baru malem. Saya takut diapa - apain pembantu itu.

Akhirnya dia dikeluarin ortu saya karena MBA.

Setelah punya anak , suka dateng ke rumah saya , numpang makan ama boneka saya diambil buat anaknya.

Setelah saya SMA , saya dengar kabar , ternyata dia cerai ama suaminya. Dan parahnya , mantan suaminya merampok rumah saya , bareng ama sodara - sodaranya.

Jadi mantan suami Mbak Ni , itu kan tukang bangunan. Pas rumah saya renovasi , pake mantan suaminya (Mas Andri). Beneran dikerjain , setelah selesai , rumah saya masih kosong , dijaga sopir doang.

Suatu malam , pas sopirnya lagi cuti. Rumah saya dikuras abis. Dari peralatan elektronik sampe komik saya total 500 an , dikuras semua.

Ketauannya pas kita balik ke rumah , doeng bersih , ga ada isinya.

Kasus diurus polisi , dan terbukti kalo Mas Andri ama sodaranya yang merampok , dan udah kabur.

Done...

Mbak Ni memohon - mohon ama Mama saya , mau kerja di rumah saya.

Saya menolak mentah - mentah. Trauma masa kecil saya masi membayangi.

Makanya pas saya udah punya anak , saya jadi skeptis ama pembantu dan baby sitter saya.

Setelah O 2 taon , saya keluarin BS saya , karena trauma juga , dia gendong O di sebelah meja kaca , kepala O bocor. Dan dia jatuhin piring di kaki O , sampe kukunya lepas. Kejadiannya beda seminggu doang.

Dikasi chance , eh ngilangin anjing saya. Pintu pagar ga ditutup.

Udahlah , ga pake BS lagi. Toh sampe hari ini juga ga masalah.

Yuki
30-01-2013, 11:37 PM
waduh lily, kalo saya punya pembantu macam begitu, udah saya lindes pake setum

Alethia
31-01-2013, 12:12 AM
Bahayanya prt yg pacaran sm orang2 kayak tukang baso yg srg ngider keliling komplek, pekerja bangunan atw abang becak dpn rmh. Bukan ngerendahin profesinya...tapi...krn mereka tau tlu bnyk, dan ketika kepepet..yg pertama diinget .ya rmh majikan pcr.

AsLan
31-01-2013, 01:25 AM
Berani masukin orang asing kedalem rumah ya jelas banyak resikonya...

mulai dari merampok harta majikan, atau selingkuh dengan majikan :))

noodles maniac
31-01-2013, 07:29 AM
Kesimpulannya, nyari pembantu ato baby sitter yang bener susah yah sekarang :sigh:

serendipity
31-01-2013, 08:32 AM
@ lily itulah yang sering nyokapku takutin, kalo keseringan masukin orang baru ke rumah, banyak dampaknya. Kadang nyokap males mempekerjakan tukang bangunan yg baru kenal. Untungnya udah ada yg kenal, tp itupun nyokap masih aware banget kalo dia bakalan ngapa-ngapain. Turut prihatin buat O.

@ nudel haha iya susah banget. Kadang meskipun udah diperlakukan sebaik mungkin tetep aja mereka seenak-enaknya. mungkin karna tau ada simbiosis mutualisme. ::doh::

noodles maniac
31-01-2013, 08:45 AM
@ nudel haha iya susah banget. Kadang meskipun udah diperlakukan sebaik mungkin tetep aja mereka seenak-enaknya. mungkin karna tau ada simbiosis mutualisme.

Ternyata yang terjadi malah simbiosis parasitisme -_-

lily
31-01-2013, 09:10 AM
dia sih ga masukin pacarnya ke dalem rumah , tapi saya yang dikunci dalem rumah , trus dia pegi pacaran ama pacarnya di rumah kosong.

terus akhirnya karena dia MBA , dia ngaku ke Mama saya sambil nangis - nangis , dan dikeluarin , disuruh balik kampung dan nikah.

abis gitu , pas saya udah SMA , kan rumah saya mau renovasi , ortu saya ingat kalo suaminya Mbak Ni ini kan tukang bangunan.

ya udah dikasi job , dikerjain sampe selesai. udah dibayar lunas. tapi rumah saya tetep belom ditinggalin , masi dijaga sopir.

until one night , dirampok abis - abisan.

tapi rumah itu ga dirampok sekali doang , tapi 3 kali. 1 kali ama Mas Andri dkk , 2 kali ama anak jalanan yang suka nongkrong di sekitar situ. mengerikan. untung udah dijadikan lahan parkir sekarang.

tapi... jujur sih , saya trauma berat ama apa yang dilakukan Mbak Ni ke saya pas masi kecil...

@Yuki : gimana mau nyetrum , saya masi 5 taon , mo lapor ortu aja saya takut. sampe sekarang aja , saya ga berani cerita ortu saya pernah dimaki kon*** , saya takut ortu saya kecewa ato sedih.

@noodle : bener banget... bahkan saat kamu ambil PRT ato BS di yayasan , yang kamu harus bayar makelar nya 2 kali gaji BS , tetep aja bisa ditipu.

just share ya , bayi temen saya kakinya pincang , karena dipukulin BS. pas BS ditanya , ga mau ngaku. pas ditunjukin CCTV tetep ngeles kiri kanan. sampe dilaporin yayasan , yayasan malah bela tuh BS.

kalo merawat bayi ga semudah membalik tangan , kalo emang ga telaten ya ga usah jadi BS. gaji BS sekarang 1,5 juta - 2,2 juta + tiap 3 bulan naik gaji 100 rb + dapet baju BS. bayar yayasan 1,5 juta - 3 juta. makanya banyak orang ga ahli pengen jadi BS , kena iming - iming gaji gede plus makan di resto tiap majikan pergi , dan ke luar negeri ikut majikan.

saya bener - bener deh stres waktu pake BS terakhir , saya yang ga pernah marah , sampe pengen lempar tuh piring ke muka BS saya , karena kuku O biru dan lepas , trus semaleman panas.

anak dikandung 9 bulan , dilahirin taruhan nyawa , kejedok meja kaca sampe bocor , darahnya ngalir udah kayak hujan.

udah dimaafin. seminggu kemudian , kukunya lepas.

dikasi chance , anjing hilang.

udahlah , baru kerja 2 bulan , saya keluarin. padahal saya udah bayar gajinya 3 bulan di depan -> syarat dari yayasan.

yayasan PRT ato BS banyak yang katanya resmi , tapi tetep aja pembantu ama BS nya ga berkualitas.


---------- Post Merged at 08:10 AM ----------

oya , tapi soal pembantu yang baik...

saya juga banyak cerita...

cuma kebanyakan cowok sih...

sopir ama pembantu cowok.

rata - rata sih mereka ga kurang ajar ama saya sih , baik semua.

ada yang genit cuma 1 sopir kantor , and I don't care , karena masi respect. sisanya baik , sopan , dan respect.

kalo ortu saya pergi keluar , saya tinggal cuma ama sopir ama pembantu cowok (pas ga ada pembantu cewek) , juga nothing happened.

Shaka_RDR
31-01-2013, 10:06 AM
ly, u ga cerita ke ortu tapi cerita ke kita ? ;D
ada yang salah dalam skala prioritas u ;D


soal BS utk anak, kenapa u ga pasang CCTV aja dalam rumah ?
CCTV bisa merekam, dan bisa juga u lihat secara live dari luar rumah via smartphone (notice ada kata smart nya loh :P ::hihi::)

Alethia
31-01-2013, 10:17 AM
bu ly, coba lain kali ambil prt dar kampungnya langsung (yg kita kenal lsg keluarganya)
jangan dari yayasan ah..tau gaaa..yang dari yayasan itu...banyak yang aslinya adalah gembel, pengemis

Seriously, waktu d sby, kita seriing banget ganti prt, ya itu..aneh2 pola tingkahnya. Aku aja sampe takut, matanya kosong..kayak jiwanya sdg tersesat di suatu tempat..jaaahh

lily
31-01-2013, 10:45 AM
ly, u ga cerita ke ortu tapi cerita ke kita ? ;D
ada yang salah dalam skala prioritas u ;D


soal BS utk anak, kenapa u ga pasang CCTV aja dalam rumah ?
CCTV bisa merekam, dan bisa juga u lihat secara live dari luar rumah via smartphone (notice ada kata smart nya loh :P ::hihi::)

udah pake CCTV , tapi ga connect ke BB , jadi liatnya di rumah aja. lagian CCTV ga berfungsi juga , soalnya saya kan juga di rumah , cuma kalo saya kerja di ruang komputer , baby dijagain BS.

waktu dulu belom pake BB , kemampuan ekonomi masi pas - pas an.

ya mungkin salah ya prioritas saya , cuma emang saya ga berani cerita semua ke ortu saya , soalnya kalo saya cerita , udah dipenjara kali tuh pembantu. Papa saya keras banget orangnya , jadi saya ga berani cerita. Cerita tentang pacar aja , saya ga berani ke siapapun di rumah saya. Biasa malah saya cerita ke etca ato Popo. ::ungg::



bu ly, coba lain kali ambil prt dar kampungnya langsung (yg kita kenal lsg keluarganya)
jangan dari yayasan ah..tau gaaa..yang dari yayasan itu...banyak yang aslinya adalah gembel, pengemis

Seriously, waktu d sby, kita seriing banget ganti prt, ya itu..aneh2 pola tingkahnya. Aku aja sampe takut, matanya kosong..kayak jiwanya sdg tersesat di suatu tempat..jaaahh

saya sempat sih pake pembantu yang mau dikirim untuk jadi TKW. jadi sebelom berangkat , mereka kerja di rumah saya. ada yang baik , ada yang kurang ajar. ada juga yang cantik banget kayak artis dan baik banget , namanya Mbak Binti , sayang dia cuma 2 weeks di rumah saya , trus berangkat ke Hongkong.

kalo sekarang cari pembantu dari kampung , juga susah. pernah saya dapet pembantu dari kampung. ternyata mengalami gangguan jiwa. dia suka naked trus berdiri kaku. serem. trus kabur ke terminal angkot gitu , trus ML ama sopir disana. pulang , kabur lagi.

kalopun dapet yang normal , pasti ntar juga terkontaminasi efek perkotaan , jadi genit lah , ato jadi apa...

AsLan
31-01-2013, 10:51 AM
pasangin CCTV...
tapi jangan pasang di kamar mandi ya -_-

lily
31-01-2013, 11:35 AM
om Aslan jangan menyamakan om Aslan ama lily dong :tendang: :tonjokkeras:

Shaka_RDR
31-01-2013, 11:37 AM
makanya ly, gw bilang gunakanlah smartphone ::oops::
CCTV justru gunanya supaya u bisa pantau secara real time. klo cuma buat ngerekam sih mubazir amit ;D

lily
31-01-2013, 11:53 AM
Smartphone tuh apa sih ?

BB ato I Phone ?

Trus gimana cara connect ke CCTV di rumah ?

Emang bisa kalo jaraknya jauh ? Misal saya di luar kota.

---------- Post Merged at 10:53 AM ----------

Btw CCTV buat rekam keadaan di rumah juga bagus , bisa buat syuting Paranormal Activity 4 ::ngakak2::

Shaka_RDR
31-01-2013, 11:58 AM
BB mah bukan kategori smartphone ::hihi::
waktu mau cek CCTVnya malah jadi maenin jam pasir dan bolak balik cabut batere, alhasil ga pernah berhasil ngecek ::ungg::


utk supaya bisa cek CCTV dari jarak jauh :
u harus ada koneksi inet di rumah utk server CCTVnya juga. nanti u tinggal pakai web browser di smartphone atau u bisa di komputer lain yg ada inetnya (ke warnet atau nebeng dirumah orang ;D) ntar tinggal masukin alamatnya aja.
ga sulit koq harusnya. temen gw aja pasang cctv dirumahnya dan bisa memantau kapanpun.

noodles maniac
31-01-2013, 01:15 PM
bu ly, coba lain kali ambil prt dar kampungnya langsung (yg kita kenal lsg keluarganya)
jangan dari yayasan ah..tau gaaa..yang dari yayasan itu...banyak yang aslinya adalah gembel, pengemis

Seriously, waktu d sby, kita seriing banget ganti prt, ya itu..aneh2 pola tingkahnya. Aku aja sampe takut, matanya kosong..kayak jiwanya sdg tersesat di suatu tempat..jaaahh

Setuju sama ide ale yang ini ::up::

Harus diakui emang susah cari pembantu/baby sitter yang tulus mo kerja, keluhan temen-temen kantor gw juga kakak-kakak gw sama aja karena pembantu/baby sitter sekarang maunya macem-macem, sekalinya dapet yang pinter ya pinternya pinter macem-macem, pinter bohong, pinter nyolong, pinter nyulik, pinter kabur.. hadeuh -_-

serendipity
31-01-2013, 01:37 PM
di cempaka putih banyak banget tuh yayasan pembantu. Hasilnya emang keluar masuk pembantunya, dan kebanyakan bermasalah

Sekarang lebih baik ngambil pembantu dari orang yg dikenal aja, seenggak-enggaknya lumayan ada yang dikenal.

Yayasan pembantu itu rata-rata licik, maunya nerima uang. Giliran diminta ganti dikasih pembantu yg sama aja kerjanya ::ungg::

TheCursed
01-02-2013, 01:51 AM
utk supaya bisa cek CCTV dari jarak jauh :
u harus ada koneksi inet di rumah utk server CCTVnya juga. nanti u tinggal pakai web browser di smartphone atau u bisa di komputer lain yg ada inetnya (ke warnet atau nebeng dirumah orang ;D) ntar tinggal masukin alamatnya aja....

Dan buat Smartphone, nggak berarti harus yang mereknya pake 'i', macam iPhone. Gadget yang bisa dipake buat nelpon, punya kamera, ngejalanin video, konek ke internet, dan ngejalanin os Android juga bisa.

lily
01-02-2013, 11:38 PM
OK , jadi antara I Phone dan android ya.

Selama ini sih saya baru pake BB aja , yang laen ga ngerti saya , saya ga gitu paham touch screen.

@seren : cari BS ato pembantu dari yayasan , emang kayak beli kucing dalam karung. Kita ga tau , kalo belom coba. Begitu coba kerja , baru tau hasilnya. Tapi di awal kan kita udah bayar duluan. Begitu uang dipegang mereka , susah baliknya.

Grandma saya termasuk rewel kan , suka ngomel gitu. Kebiasaan kerjain sendiri , jadi pas udah tua , dapet pembantu , kalo kerja ga beres , ngomel. Akhirnya pembantu keluar masuk , kebanyakan ga betah soalnya diomelin grandma. Padahal udah bayar yayasan , dan tiap diganti , selalu ga cocok. Akhirnya ya udah , hangus.

Terakhir ke yayasan lain. Ada satu pembantu udah tua , umur 50 an , Chinese. Kasian ya. Udah tua , harus kerja jadi pembantu.

Akhirnya dipake di rumah Grandma saya. Ya so - so lah. Orangnya cerewet sih , suka ngomong ga berhenti. Kerjaannya ya ga terlalu bagus juga , baru kerja kalo disuruh. Jadi misal ada debu di meja , ga bakal di lap , kalo ga disuruh.

Cuma ya so far , karena sama - sama butuh , ya Cik S (namanya) ini masi dipake.

Karena Cik S ini mantan baby sitter untuk orang tua , jadi salary nya juga lumayan -> 1,2 juta.

Tapi kayanya emang baby sitter buat orang tua itu harganya juga mahal ya , sama kayak baby sitter buat bayi. Soalnya ngurus orang udah tua kan susah.

Ya semoga aja Cik S betah kerja di rumah Grandma saya. Kasian juga Grandma saya kesepian di rumah.

TheCursed
02-02-2013, 12:10 AM
OK , jadi antara I Phone dan android ya. ...

iPhone(nulisnya pake i kecil dan P besar), adalah nama produk smartphone keluaran perusahaan Apple.

Android adalah nama salah satu software populer yang memungkinkan sebuah gadget berfungsi sebagai smartphone. Nama gadget dan perusahaan asal gadget itu sendiri bisa macam - macam. Sebagai contoh, nama produk: Galaxy SIII, nama perusahaan pembuat: Samsung. Tapi perusahaan yang menggunakan software Android untuk smartphone mereka tidak cuma Samsung, masih ada yang lain.

Buat iPhone sendiri, software yang mereka gunakan adalah iOS buatan perusahaan Apple.

mbok jamu
02-02-2013, 08:59 AM
Daripada ribet dengan urusan pembantu, lebih baik melepas ketergantungan dengan pembantu. Orang Indonesia banyak yang manja. Mbok perhatikan kebiasaan orang di sana, buka pagar sendiri saja sekarang sudah ndak bisa, harus tunggu pembantu. Apa susahnya turun dari mobil dan buka pagar sendiri? Angkat belanjaan juga harus teriak manggil pembantu. Kenapa ndak bisa bawa sendiri, anggap saja melatih otot lengan. Sudah punya mesin cuci otomatis masih ndak bisa cuci baju, harus dicuci oleh pembantu. Menyetrika yang gampang pun harus mengandalkan pembantu. Padahal kalau mengerjakan pekerjaan hari-hari itu sendiri bisa membakar 100 kalori.

Tapi sepertinya merasa terhina kalau mengerjakannya sendiri sementara di luar negeri mayoritas orang mengerjakan semuanya sendiri (walaupun mereka mampu menggaji pembantu) dan mereka fine-fine saja, mereka juga sibuk dengan pekerjaan, kuliah, mengurus anak dan aktivitas sehari-hari lainnya. Karena terbiasa dan membiasakan diri untuk mengerjakan semuanya sendiri.

Justru aneh melihat orang Indonesia membiarkan seorang pembantu, God knows where they come from, tinggal dan tidur di bawah satu atap. Mendingan mereka nonton infotenment dan sinetron yang ndak mutu daripada mengerjakan pekerjaan rumah tangga. How weird.

Shaka_RDR
02-02-2013, 09:59 AM
^
setuju mbok....
tapi klo soal nyetrika dan bersihin WC saya paling males ;D ::ungg::
makanya kayanya pembantu tetep butuh deh ;D
terutama yg bisa masak ;D

serendipity
02-02-2013, 11:43 PM
sebenernya orang luar ga mau pake pembantu karna mahal, meskipun mereka mampu tapi tetep aja menurut mereka ga sebanding harga mahalnya itu
Gw sekarang ini cuma pake pembantu pulang pergi, jadi kerjanya cuma sekitar 2 jam atau 3 jam
Karna udah tau dan males berurusan dengan drama ala pembantu.

Jadi kalo sebatas bersihin kamar, bersihin jendela, masak.. itu masih kerjaan sehari-hari :ngopi:

AsLan
03-02-2013, 01:52 AM
Jackie Chan: "Semua kru film saya dilarang me-laundry pakaian dalam dan kaos kaki"

waktu ditanya lebih jauh kenapa begitu ?

Jackie menjawab karena mencuci di laundry hotel itu mahal sekali dan mencuci pakaian dalam itu sangat mudah. Ia juga menceritakan kalau ia pribadi selalu melakukan hal itu, jadi kamar hotelnya yg biasanya Suite selalu ada gantungan untuk pakaian dalam yg habis ia cuci sendiri.

Selain itu katanya ini masalah kedisiplinan diri, tak peduli sebanyak apapun uangmu, cucilah pakaian dalammu sendiri.

Terakhir, kata Jackie, ia sering keluar negri hanya membawa 2 celana dalam, satu dipake satu dicuci :))

---------- Post Merged at 12:52 AM ----------


http://www.youtube.com/watch?v=G_0pHBV0788

tuscany
03-02-2013, 01:59 AM
Kalo setrika aku vote pake pembantu. Yang lain bolehlah kerjain sendiri entah kenapa kalo nyetrika ini males bener.

AsLan
03-02-2013, 02:03 AM
Kalo setrika aku vote pake pembantu. Yang lain bolehlah kerjain sendiri entah kenapa kalo nyetrika ini males bener.

beli setrikaan uap dong.

atau beli baju2 dari kain yg gak perlu disetrika.

noodles maniac
03-02-2013, 06:32 AM
sebenernya orang luar ga mau pake pembantu karna mahal, meskipun mereka mampu tapi tetep aja menurut mereka ga sebanding harga mahalnya itu

Ehh si mbok jamu ada di LN lho seren, makanya dia sharing pengalamannya.., dan coba perhatikan kata-kata dia yang dibold :)


Daripada ribet dengan urusan pembantu, lebih baik melepas ketergantungan dengan pembantu. Orang Indonesia banyak yang manja.

Tapi sepertinya merasa terhina kalau mengerjakannya sendiri sementara di luar negeri mayoritas orang mengerjakan semuanya sendiri (walaupun mereka mampu menggaji pembantu) dan mereka fine-fine saja, mereka juga sibuk dengan pekerjaan, kuliah, mengurus anak dan aktivitas sehari-hari lainnya. Karena terbiasa dan membiasakan diri untuk mengerjakan semuanya sendiri.

Justru aneh melihat orang Indonesia membiarkan seorang pembantu

So far dari kecil gw emang udah dididik sama ortu untuk gak pake pembantu, kami bagi-bagi tugas menyelesaikan kerjaan rumah yang banyak dan gak ada habisnya, kecuali untuk kerjaan mencuci dan menyeterika. Dulu kami kami pake pembantu (tetangga deket rumah), tapi setelah melihat kinerjanya gak bagus (sering gak masup) dan sering minjem uang (lama balikinnya). Akhirnya kami memutuskan untuk beli mesin cuci aja dan masing-masing kami mencuci dan menyetrika baju sendiri. Bener kata Jackie Chan...


ini masalah kedisiplinan diri, tak peduli sebanyak apapun uangmu, cucilah pakaian dalammu sendiri.

Dengan memanage diri kita sendiri, kita berlatih untuk disiplin dan membuat jadwal agar hidup kita leih teratur ::up::

serendipity
03-02-2013, 08:12 AM
^ kan gw bilang meskipun mereka mampu tapi mereka masih mikir kayanya ga sebanding dengan yg dibayar, baby sitter disana aja digaji perjam. sekitar 2 juta perjam :herpderp:

sodara gw ada yg di luar negri, dan mereka mau gak mau ngerjain kerjaan rumah sendiri. mereka emang mampu gajinya, tapi kembali lagi menurut mereka ga rela bayar pembantu segitu mehong :cengir:
Kalo di luar gw liat ada perdana mentri yg cat rumahnya sendiri gak pake tukang %hmm nah dia bilang emang dia mampu bayar tukang itu, tapi dia masih mikir worth it apa enggak yg dia keluarin segitu banyak

di luar negri kalo listriknya rusak, biayanya bisa 800 dolar sampe 8000 dolar, ya gitu tenaga manusianya yg mahal %swt . disini mah listrik rusak paling bayar 1 juta itu juga udah berasa mahal banget kan ;D gw juga kalo misalnya bisa betulin listrik sendiri mendingan gw betulin sendiri dah :upikabu:

Di indonesia orang bule pada pake pembantu kok, karna mereka merasa gajinya murah ;D

jangan bicarain bule hipis ya :cengir:

mbok jamu
03-02-2013, 09:39 AM
Kalau di Australia, upah cleaner/housekeeper sekitar $20-$25 (Rp200ribu - Rp 250ribu) per jam sementara upah nanny/babysitter sekitar $25-$30 (Rp250ribu - Rp300ribu) per jam. Sumber http://www.seek.com.au

Menurut mbok, upah pembantu $20 per jam itu worth it, terutama untuk membersihkan WC :cengir: tapi untuk apa menyuruh orang kalau bisa mbok kerjakan sendiri. Membersihkan kamar mandi seminggu 1x, menyetrika seminggu 2x. Tips dari Aslan bagus tuh, beli baju dari bahan yang tidak perlu disetrika seperti silk. Membersihkan rumah juga tiap wiken, 1-2 jam. Toh kalau ke gym juga akan menghabiskan waktu yang sama.


BTT, yayasan PRT di Indonesia melihat perilaku masyarakat di sana sebagai kesempatan emas untuk berbuat licik. Dalam 1 tahun ada tetangga di sana yang mau menebus pembantu 4 x Rp750ribu karena tiap 3 bulan pembantu itu selalu harus pulkam, anaknya sakit lah, bapaknya kesambar petir lah. Anehnya yayasan itu seperti the Untouchable, ya. Sudah jelas-jelas permainannya licik dan kadang pembantu sudah dianiaya, yayasan-yayasan seperti itu tetap maju pantang mundur. ::toeng2::

noodles maniac
03-02-2013, 10:27 AM
Di Indonesia harus diakui emang biaya upah tenaga kerja itu murah, itulah sebabnya serikat buruh sering demo karena tau di LN upah buruh tuh tinggi-tinggi -_-

lily
03-02-2013, 02:07 PM
Bener kata mbok , yayasan di Indo licik.

Di rumah lama , ada 2 pembantu. 1 menetap , 1 dateng pagi pulang sore. Yang dateng pagi pulang sore ini , sesuka hati , kadang masuk , kadang enggak. Saya ke rumah lama , cuma pas weekend.

Di rumah saya , kecil , jadi ga pake pembantu. Semua dikerjain sendiri. Mulai dari bersihin WC sampe mungutin eex anjing. Masalah ? Enggak juga sih. Saya ga suka ribet ama pembantu. Makanya mending saya kerjain sendiri.

Cuci baju , bisa pake mesin cuci.

Cuci piring , biasa aja. Yang makan cuma saya ama O ama guguk.

Angkat galon , udah biasa.

Setrika , ga pernah ::ngakak2::

Nyapu tiap hari.

Ngepel , jarang ::ngakak2::

Btw semisal emang butuh pembantu , di Surabaya ada jasa cleaning service , cuma saya belom pernah pake sih untuk di rumah saya.

Bersihin tandon air , biasa suruh sopir.

Ama bersihin lantai 2 , saya takut banget ke lantai 2. Soalnya terakhir kesana pas O masi 1 taon. Jadi udah ga pernah kesana lagi. Jadi kalo bersihin lantai 2 , suruh sopir.

Cici di Amerika juga ga pake pembantu. Tapi dia jarang bersihin rumah. Bersihin kalo Mama kesana doang ::ngakak2::

tuscany
03-02-2013, 05:33 PM
beli setrikaan uap dong.

atau beli baju2 dari kain yg gak perlu disetrika.

Udah kepikiran mau beli setrika uap, tapi liat2 review ternyata ga segitu ngefek yg diiklankan. Lha iya kalo bisa memang beli baju anti kusut. Tapi kan ga semuanya kek gitu. Tetep aja untuk baju formal kudu setrika.

In general, selama pake pembantu berasa worthed nggak masalah. In the positive side, bisa nggaji orang kan artinya mengurangi satu pengangguran.

serendipity
03-02-2013, 06:26 PM
nah itu sih emang tiap negara beda-beda.. yang gw tau emang eropa yang mehong banget

Kalo sekarang ini gw sekeluarga 4 orang, dan kalo gak pake pembantu tetep ga bisa. Ada beberapa bagian rumah yang nyokap ga jangkau

Kaya lantai 2, nyokap gw juga udah ga mau naik tangga lagi. Karna tangganya ga enak dinaikin.. Mau ga mau pake pembantu. gw bisa bersihin rumah tapi masih bingung badan sakit banget kalo abis bersihin rumah

mbok jamu
04-02-2013, 05:12 AM
Tiap negara memang beda-beda dan Eropa memang mahal tapi upah pembantu tidak sampai Rp2juta (€150) per jam karena gaji Manager IT di Belanda saja cuma €60 per jam dan pay rate di Belanda kedua tertinggi di Eropa.

Waktu mbok tinggal di UK, pernah pakai jasa cleaner membersihkan rumah sebelum dijual, upahnya hanya sekitar 10 atau €11 per jam.

noodles maniac
04-02-2013, 07:08 AM
Kalo sekarang ini gw sekeluarga 4 orang, dan kalo gak pake pembantu tetep ga bisa. Ada beberapa bagian rumah yang nyokap ga jangkau

Kaya lantai 2, nyokap gw juga udah ga mau naik tangga lagi. Karna tangganya ga enak dinaikin.. Mau ga mau pake pembantu. gw bisa bersihin rumah tapi masih bingung badan sakit banget kalo abis bersihin rumah

Kami sekarang berempat aja di rumah, ortu, gw dan si bungsu. Ortu gw dah lewat umur 60. Gw kerja sementara adik gw kuliah, peran kami sudah pasti gak bisa menghandle kerjaan rumah kayak dulu waktu sodara-sodara kami masih di rumah. Untuk ke depannya so pasti kami perlu jasa pembantu, cuma emak gw sering ngomel-ngomel kalo kami gak perlu jasa pembantu, dia bisa ngehandle kerjaan rumah kalo kami gak mau (emak gw ngambek). Padahal kami maksudnya baik ingin membuat emak dah mulai istirahat gak perlu kerja yang berat-berat :nangis2:




Tiap negara memang beda-beda dan Eropa memang mahal tapi upah pembantu tidak sampai Rp2juta (150) per jam karena gaji Manager IT di Belanda saja cuma 60 per jam dan pay rate di Belanda kedua tertinggi di Eropa.

Waktu mbok tinggal di UK, pernah pakai jasa cleaner membersihkan rumah sebelum dijual, upahnya hanya sekitar 10 atau 11 per jam.

Nanya deh mbok, kalo gaji dibayar per jam gitu ya begitu mereka selesai kerja ya langsung dibayar ya? kebanyakan mereka yang kerja sebagai pembantu ini umur berapa mbok? motivasinya jadi pembantu apa? berdasarkan pengalaman mbok yang pernah alami/temui apa ada keluhan dengan memakai jasa mereka?

lily
04-02-2013, 09:45 AM
Iya del , biasanya orang tua lebi mandiri. Kayak Grandma saya , usia udah 83 taon. Tapi semua maunya dikerjain sendiri , padahal kita anak dan cucunya khawatir lah kalo dia sendirian di rumah , naek turun lantai 2.

Makanya pake pembantu , supaya ada temennya dan bisa membantu Grandma saya di rumah. Tapi ya gitu , Grandma selalu ngomel.

noodles maniac
04-02-2013, 11:38 AM
Iya del , biasanya orang tua lebi mandiri. Kayak Grandma saya , usia udah 83 taon. Tapi semua maunya dikerjain sendiri , padahal kita anak dan cucunya khawatir lah kalo dia sendirian di rumah , naek turun lantai 2.

Makanya pake pembantu , supaya ada temennya dan bisa membantu Grandma saya di rumah. Tapi ya gitu , Grandma selalu ngomel.

Kayaknya emang orang-orang jaman dulu malah lebih seneng kerja/gerakkin badannya, kalo gak gerak/kerja malah badannya sakit semua. Nyai sama engkong gw gak di rumahnya sono, ato disini pasti adaaaa aja yang dikerjain. Beda banget sama babe gw yang sekarang kerjaannya demen nongkrong depan PC online ato maen luxor seharian, malesnya ngelebihin anak-anaknya ::doh::

opi77
04-02-2013, 11:57 AM
gak heran kalo orang2 dulu umurnya panjang ampe 100 tahun juga masih ada...coba kalo anak2 jaman sekarang..

serendipity
04-02-2013, 01:38 PM
^ emang lo anak jaman dulu ya opi?

@ mbok.. oooh ga tau deh mbok, itu diceritain ama dokter yang kebetulan lagi deket.. anaknya di sana, bingung mau kerja apa gak.. soalnya punya anak. dan biaya perawatnya diitung segitu perjam... eh apa per hari ya.. lupa euy ::ungg::

lily
04-02-2013, 01:58 PM
yeeeeeeeeee noodle , ya kan babe nya ga ada kerjaan lagi... maen luxor tuh melatih otak lo , daripada molor seharian hayoooooooo...

noodles maniac
04-02-2013, 02:44 PM
yeeeeeeeeee noodle , ya kan babe nya ga ada kerjaan lagi... maen luxor tuh melatih otak lo , daripada molor seharian hayoooooooo...

Ya tapi bukan berarti depan PC seharian juga kaleeee...enak tinggal makan, tidur, depan PC, nonton tipi gitu-gitu aja tiap hari. Gak mo bantu-bantu beres-beres ato bersihin rumah kek, benerin barang rusak kek. Gimana emak gw gak ngomel-ngomel, hadeuh babe gw :capek:

mbok jamu
04-02-2013, 07:05 PM
Nanya deh mbok, kalo gaji dibayar per jam gitu ya begitu mereka selesai kerja ya langsung dibayar ya? kebanyakan mereka yang kerja sebagai pembantu ini umur berapa mbok? motivasinya jadi pembantu apa? berdasarkan pengalaman mbok yang pernah alami/temui apa ada keluhan dengan memakai jasa mereka?

Waktu itu tidak langsung bayar ke cleaner tapi ke agen tenaga kerja yang merekrut mereka. Umurnya dari yang keliatan 20an sampai 40an, rata-rata kerja part-time daripada bengong sambil menunggu dapat pekerjaan yang lebih baik. Ada juga yang merupakan bisnis keluarga kecil-kecilan, atau dengan latar belakang imigran. Keluhan rasanya tidak ada ya, karena sudah ada estimasi-nya, membersihkan rumah sekian kamar membutuhkan sekian jam x upah per jam. Dalam perincian kerjanya juga disebutkan standar kebersihannya seperti apa.

Agen seperti ini di Indonesia sudah ada tidak ya?

noodles maniac
04-02-2013, 07:27 PM
Gak ada kontrak hitam di atas putih mbok? kayaknya misal kita nyewa baby sitter, tapi ternyata anaknya gak diurus, komplennya gimana tuh? ::ungg::