PDA

View Full Version : - Manfaat Makan Sayuran -



lily
08-12-2012, 12:32 PM
Saya suka banget makan sayuran , apapun , matang mentah , bole lah asal udah dicuci bersih pake air matang + garam.

Disini saya pengen post , manfaat makan sayuran. Tapi bertahap.

Dan karena sekarang post pake BB , ga ada gambar. Nanti kalo saya udah depan laptop , saya lengkapi ama gambar.

--------------------------------------------------


http://thumbnails106.imagebam.com/22520/f1c8b8225195191.jpg (http://www.imagebam.com/image/f1c8b8225195191)



Di balik cita rasa lezat bayam , tersimpan berbagai nutrisi baik untuk tubuh, kaya vitamin, kaya mineral, senyawa aktif dan asam organik.

Semakin banyak nutrisi terkandung di dalamnya, menandakan bayam juga memiliki segudang manfaat. Penasaran? Yuk, kita lihat lebih dekat lagi!

1. Baik untuk saluran pencernaan

Bayam memiliki efek yang sangat menguntungkan bagi kesehatan usus. Sayuran ini termasuk yang kaya akan serat. Jika Anda memasukkannya dalam menu makan Anda secara teratur, dijamin, Anda tidak akan* bermasalah pada pencernaan.

2. Menetralisir efek natrium

Makan bayam secara teratur dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini karena bayam banyak mengandung kalium, yang berfungsi untuk menetralisir dampak buruk dari natrium pada tubuh.

Jika Anda cenderung untuk memberikan terlalu banyak garam ke dalam segala sesuatu yang Anda makan dan belum dapat menghentikan kebiasaan tersebut, maka setidaknya cobalah makan lebih banyak makanan yang mengandung kalium.

3. Bermanfaat untuk sistem kardiovaskular

Telah terbukti bahwa beberapa komponen protein dalam bayam mampu memperlambat perubahan peptida angiotensin I menjadi peptide angiotensin II yang dapat mempersempit pembuluh darah sehingga tekanan darah meningkat.

Tak hanya itu, bayam juga banyak mengandung lutein yang mampu mencegah pembentukan plak kolesterol dan mengurangi risiko hipertensi.

4. Menjaga tulang sehat dan mencegah pendarahan

Bayam mengandung vitamin K yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah. Tak hanya penting untuk mencegah pendarahan, vitamin K 'bekerja sama' dengan mineral seperti fosfor, tembaga, zinc, dan magnesium untuk menjaga tulang menjadi kuat dan sehat selama mungkin karena mampu mempertahankan kalsium. Dan, bayam adalah pencegahan osteoporosis yang paling sempurna.

5.* Antioksidan

Flavanoid yang terkandung di dalam bayam mampu mencegah penuaan dini dan risiko kanker. Seyawa ini mengurangi efek radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan membantu perkembangan tumor ganas.

6. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin A, C, E, D, dan B membuat bayam sebagai sayuran yang ideal untuk membantu sistem kekebalan tubuh. Karena, vitamin-vitamin menjaga jumlah sel imun dalam tubuh sehingga cukup untuk memberitahu tubuh jika ada ancaman infeksi dan cepat bereaksi terhadap infeksi.

7. Untuk menurunkan berat badan

Bayam mengandung banyak nutrisi, tapi rendah kalori sehingga menjadi menu makanan yang tepat bagi Anda yang sedang berdiet.

lily
08-12-2012, 07:55 PM
http://thumbnails107.imagebam.com/22520/5a1188225195953.jpg (http://www.imagebam.com/image/5a1188225195953)



Manfaat Makan Daun Ginseng


Daunnya berbentuk lonjong dan berwarna hijau mengkilap. Mulai banyak disukai karena rasanya renyah enak. Ditumis atau dicampur dalam aneka sayur. Apalagi orang dari dulu percaya daun cantik ini kaya akan manfaat.

Daun ginseng merupakan bagian dari tanaman ginseng Jawa atau kolesom Jawa (Talinum crassifolium). Tanaman perdu ini tumbuh menjalar dan memiliki tinggi sekitar 60 cm. Akarnya digunakan dalam anggur kolesom untuk meningkatkan vitalitas pria.

Selain itu tanaman ini juga dapat dijadikan tanaman hias karena bunga majemuknya yang cantik dan berwarna merah muda. Namun, ginseng Jawa berbeda dengan ginseng Korea (Panax schinsen) yang umbinya bermanfaat untuk memulihkan tubuh setelah sakit.

Daun ginseng kaya akan mineral dan protein, vitamin A, dan asam amino. Meski belum ada penelitian khusus, daun ginseng sejak dulu dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa kegunaannya adalah mengobati sakit maag, menyehatkan paru-paru, meningkatkan produksi ASI, menyembuhkan bisul, menyegarkan wajah yang letih, dan menambah nafsu makan.

Umumnya daun yang bentuknya oval dan lembut ini diolah dengan cara cepat. Misalnya, dimasukkan ke dalam sup, campuran capcay, hotpot, shabu-shabu, atau direbus. Untuk mengolahnya hanya diperlukan waktu singkat. Rebus sebentar dalam air mendidih dan segera angkat. Karena daun ini mudah kehitaman warnanya.

Jika ditumis, aduk dengan api besar setelah mulai layu, angkat dan nikmati segera agar terasa renyah. Paling sering daun ginseng ini disajikan sebagai sayuran tumis. Setelah matang memang sedikit kenyal dan berlendir. Karena itu harus sesegera mungkin dimakan.

Daun ginseng dapat diperoleh di supermarket. Namun, Anda dapat menanam sendiri di pot atau di pekarangan rumah. Ginseng Jawa mudah tumbuh di tanah yang gembur, cukup humus, dan tidak tergenang air. Tanam saja biji atau stek batang tanamannya, maka beberapa bulan kemudian dapat menikmati kelezatan dan manfaat daun ginseng dari kebun sendiri.

lily
09-12-2012, 08:46 PM
http://thumbnails104.imagebam.com/22520/27370a225195619.jpg (http://www.imagebam.com/image/27370a225195619)



Manfaat Makan Daun Kemangi


Bagi yang doyan dan menggemari sajian yang bersambal tentu kenal dengan lalapan daun Kemangi, nah daun kemangi itu banyak loh manfaatnya bagi kita. apa saja manfaat itu? nah simak aja penjelasannya berikut (ini saya rangkum dari berbagai sumber) :

1.masalah-masalah dengan bau badan, bau mulut, atau ASI macet, dapat diatasi dengan membiasakan diri mengonsumsi lalap kemangi segar.

2.Dalam buku ”A Dictionary of Practical Material Medical”, John Henry M. menyebutkan, sari daun kemangi berkhasiat menyembuhkan diare, nyeri payudara, batu ginjal, gangguan pada ******, dan juga dapat mengatasi albuminaria, yaitu adanya konsentrasi albumin di dalam urin.

3.Menurut tim peneliti dari Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS, daun kemangi terbukti ampuh untuk menyembuhkan sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal. Mereka pun mengemukakan keampuhan pengobatan menggunakan daun kemangi, yaitu dapat mengatasi sakit maag, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan badan lesu. Selain itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk.

4.Dalam Harian Pikiran Rakyat dikatakan, senyawa dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi pria, dini pada Kandungan Apigenin fenkhona dan eugenol dalam kemangi dapat mempermudah ereksi. Selain itu, zat arginin yang ada di dalam kemangi dapat memperkuat daya hidup sperma dan mencegah kemandulan. Begitu juga pada wanita, kemangi kaya akan senyawa anetol dan boron yang mampu merangsang hormon estrogen. Senyawa eugenol-nya juga mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Selain itu zat stigmaasterol dalam kemangi dapat merangsang pematangan sel telur. Tannin dan seng mengurangi sekresi cairan ******. Ada lagi zat triptofan yang dapat menunda menopause.

Tanaman ini juga mengandung minyak atsiri, asam askorbat, asam kafeat, iskulin, histidin, magnesium, betakaroten, dan betasitosterol. Semua senyawa berkhasiat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk meningkatkan vitalitas, dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kemangi sebagai teman makan sehari-hari. jadi kesimpulannya Kemangi selain dapat dijadikan lalapan, juga bisa dijadikan sebagai obat herbal alami.

BundaNa
09-12-2012, 08:54 PM
ati2 sama bayam karena kalau lama dikosumsi bisa jadi racun ditubuh

queerguy
09-12-2012, 10:44 PM
Baru tau, klo sayur jg bisa brsifat racun, slama ini brpikirnya smakin bnyak makan smakin sehat

lily
09-12-2012, 11:18 PM
segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik :)

red>,<hair
09-12-2012, 11:41 PM
sayuran paling fav sekarang masih brokoli ::cabul::
klo kemangi g doyan blasss

eh iya bayam g bole d kosumsi ama penderita asam urat keknya :mikir: klo g salah

Porcelain Doll
10-12-2012, 11:31 AM
ga boleh kebanyakan yg ijo2 kalo penderita asam urat sih
termasuk bayam, brokoli, kangkung dll

bayam maks cuma boleh dimakan 2 jam setelah dimasak
lebih dari itu bisa jadi racun
CMIIW

kemangi g suka karena harum
kayanya harus lebih sering dikonsumsi nih ::hihi::
btw untuk penderita asam urat aman ga, ly, buat konsumsi kemangi ini?

red>,<hair
10-12-2012, 11:44 AM
penderita asam urat bolehnya sayuran yg berwarna kuning seperti kubis dan labu

etca
10-12-2012, 11:50 AM
http://farm4.static.flickr.com/3553/3564678812_b1b664bb39.jpg
paling enak makan plencing/brambang asem + tempe gembus ::cabul::

queerguy
10-12-2012, 12:28 PM
Emang racunnya itu sifatnya sperti apa? akibat yg ditimbulkan oleh tubuh apa? Soalnya kyknya aku pernah deh konsumsi bayam setelah 2 jam dimasak

BundaNa
10-12-2012, 12:56 PM
gw lupa apa, ntar deh dicari inponya. yg pasti sayur bayam jg ga bole dihangatkan, bikin porsi sekali makan

red>,<hair
10-12-2012, 01:07 PM
gw perna keracunan makanan ::ungg:: ... biasanya badan g enak n perut mulas > gejala ringan biasanya ntar jadi diare ;D
klo ampe pusing, keringat dingin n berkunang2 itu uda parah kudu d keluarin apa yg d makan td

@ bund : klo g d angetin gmn bund? kek bikin pecel bayam gt d makan malam pengaruh g y?

BundaNa
10-12-2012, 07:50 PM
kalo diangetin zat besinya bisa jadi racun, red

lily
10-12-2012, 11:26 PM
kemangi g suka karena harum
kayanya harus lebih sering dikonsumsi nih ::hihi::
btw untuk penderita asam urat aman ga, ly, buat konsumsi kemangi ini?
ga bole Po , kalo asam urat makan kemangi...

lily
10-12-2012, 11:47 PM
Hati-hati Memasak Bayam

Bayam mengandung zat besi, tetapi bila salah dalam memasak, zat-zat yang ada di dalam bayam bisa berubah menjadi zat beracun. Agar terhindar dari racun:

1. Jangan dipanaskan ulang

Bayam banyak mengandung zat besi atau senyawa ferro (Fe2+) yang baik bagi tubuh. Namun, jika dipanaskan ulang, akan terjadi proses oksidasi pada sayur bayam. Oksidasi adalah proses pengikatan oksigen. Maka Fe2+ akan berubah menjadi Fe3+ atau senyawa ferri yang beracun bagi tubuh.

2. Segera dimakan

Selain mengandung besi, bayam juga mengandung nitrat (NO3). Tetapi jika terlalu lama bersentuhan dengan udara, akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau, dan yang lagi-lagi beracun. Maka, sayur bayam harus segera dimakan begitu matang. Sayur bayam yang sudah dimasak lebih dari lima jam jangan dimakan lagi.

3. Pilih bayam segar

Bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg per kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama dua minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg per kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan sebesar 7 persen.

4. Gunakan panci ”stainless steel”

Jangan memasak bayam di panci besi/aluminium karena senyawa ferro tadi akan bereaksi dengan bahan panci besi atau aluminium.

ndugu
11-12-2012, 03:11 AM
masa sih?
saya sering bikin bubur bayam tuh, dan kadang nyisa dan disimpan dan dipanaskan ulang
ga papa kok ::elaugh::

saya juga sering pake bayam buat salad. tapi ini memang dimakan dengan mentah sih

BundaNa
11-12-2012, 11:12 AM
teorinya seperti yang diuraikan Lily, makanya gwe sekarang jarang masakin bayem kalo malemnya ga niat masak lagi

lily
11-12-2012, 07:18 PM
http://thumbnails102.imagebam.com/22520/e9e56d225194919.jpg (http://www.imagebam.com/image/e9e56d225194919)



MANFAAT MAKAN DAUN PEPAYA


Semua Bagian dari pepaya ternyata memiliki manfaat dan berkasiat mengobati beberapa penyakit, dari akar batang daun pepaya hingga buahnya. Di bawah ini akan saya sampaikan beberapa bagian saja manfaat daun pepaya.

Berikut Manfaatnya :

1. Manfaat Daun Pepaya membantu memperlancar ASI

ambil 3 lembar daun muda, remaslah daunnya letakkan diatas api hingga layu, dalam keadaan hangat segera tempelkan pada sekeliling payudara. Bagian putingnya jangan.

2. Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Jerawat

Bagi yang tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama wanita yang selalu ingin tampil cantik, dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.

Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya / sekitar 30g yang sudah tua. Kemudian di jemur hingga layu kemudian di haluskan. Tambahkan satu setengah sendok air bersih / 30cc, kemudian bisa di buat maskeran untuk mengobati jerawat. lebih baik lagi getah pepaya muda di oleskan pada bagian berjerawat di lakukan rutin hingga sembuh jerawatnya.

3. Manfaat Daun Pepaya melancarkan pencernaan

Tumbuhan dari Daun pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

4. Manfaat Daun Pepaya untuk menambah nafsu makan

Bagi anda yang susah makan. Silahkan ambil daunnya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan, tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir / 200cc, Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya tambahkan madu 2 sendok aduklah dan santap dalam keadaan hangat. buat lagi hingga nafsu selera makan normal kembali.

5. Manfaat Daunnya mengobati demam berdarah

Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan gejala demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun muda. Tambahkan setengah liter air lalu direbus sampai tinggal tiga perempatnya saja / satu gelas tambahkan sedikit garam, madu 2 sendok. minum selagi masih hangat. buatlah 1 hari 3x pagi sore dan menjelang tidur hingga gejala demam berdarah sembuh.

6. Manfaat Daunnya mengobati Nyeri haid

Pada zaman dulu wanita jika menjelang haid sering memanfaatkan untuk mengobati nyeri haid. Ambil 1 lembar daun muda, tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air / 250 cc dan Rebus. ambil airnya dan tambahkan madu 2 sendok aduklah. minumnya setelah dingin.

7.Manfaat Daun pepaya Anti kanker

Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena keduanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).

lily
12-12-2012, 09:15 PM
http://thumbnails108.imagebam.com/22537/7703f4225364411.jpg (http://www.imagebam.com/image/7703f4225364411)



Manfaat Makan Brokoli


Brokoli dapat dimakan dimasak maupun mentah, namun cara terbaik mengkonsumsi brokoli sebagai salad juga cara terbaik karena didalamnya banyak mengandung nutrisi. Brokoli sangat umum di seluruh Eropa, Amerika & Australia, kecuali di Afrika dan beberapa negara Asia Selatan seperti India , Pakistan , Bangladesh, Nepal dll. tuh semua negara sudah merasakan manfaat brokoli, yuk mari kitalihat apasaja sih yang bisa kita dapat dari konsumsi brokoli.


Manfaat Brokoli bagi kesehatan serta khasiat dan Kandungannya



Manfaat Brokoli Untuk Kanker: Brokoli merupakan obat yang alami dan bisa nengobati berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara , kanker rahim, kanker prostat, kanker organ internal seperti paru-paru, usus, hati, ginjal dll dan kanker usus. Brokoli sangat baik untuk payudara dan kanker rahim, seperti menghilangkan estrogen ekstra dari tubuh. Hal ini disebabkan adanya kuat anti-karsinogen seperti glucoraphanin, diindolylmethane, beta-karoten, selenium dan nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin A dan vitamin-E, seng , kalium dan asam amino tertentu, yang juga anti baik -kanker agen.


Manfaat Brokoli Untuk Detoksifikasi: Kehadiran vitamin C, belerang dan asam amino tertentu membuat brokoli menjadi pembasmi racun yang sangat baik. Ini membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh, sehingga memurnikan darah dan menjaga dari masalah yang terkait dengan racun seperti bisul , gatal, ruam, gout, artritis , rematik, batu ginjal, penyakit kulit seperti eksim dan pengerasan kulit dll .


Manfaat Brokoli Untuk Gangguan Perut: Brokoli merupakan herbal terbaik yang dapat menyumbahkan penyakit dan brokoli juga kaya serat, hampir semua gangguan perut termasuk menyembuhkan sembelit, serat yang terdapat pada brokoli sebagian besar terbentuk dari makanan, Para magnesium dan vitamin hadir dalam brokoli juga menyembuhkan keasaman, memfasilitasi pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan dan menenangkan perut dengan mengurangi peradangan.



Manfaat Brokoli Untuk Perawatan Kulit: Untuk menjaga kulit anda tetap bersinar dan selalu fres brokoli hadir dengan anti-oksidan seperti pembantu beta-karoten dan vitamin C dan lainnya seperti vitamin B kompleks, vitamin E (salah satu yang memberikan bersinar pada kulit Anda, rambut dan dll menghidupkan kembali jaringan kulit), vitamin A & K, asam lemak omega 3 (menambah glamour), asam amino dan folat hadir dalam brokoli. sekakan akan brokoli melakukan perawatan sangat baik dari kulit Anda.


Manfaat Brokoli Untuk Penyakit Jantung: Terlepas dari anti-oksidan yang disebutkan di atas, brokoli memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, beta-karoten, asam lemak omega-3 dan vitamin lainnya yang membantu mengurangi kolesterol jahat serta menjaga jantung berfungsi dengan baik dengan mengatur tekanan darah.


Manfaat Brokoli Untuk Perawatan Mata & Katarak: Terutama zeaxanthin dan kemudian Beta-karoten, vitamin A, fosfor dan vitamin lain seperti Bcomplex, C dan E hadir dalam brokoli terutama untuk kesehatan pada mata. Zat ini melindungi mata terhadap degenerasi makula, katarak dan kerusakan perbaikan dari radiasi UV. brokoli juga bermanfaat untuk imunitas loh yang menjaga kita dari infeksi.


Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tulang: Brokoli sangat kaya kalsium gizi lainnya seperti magnesium, seng dan fosfor, Makan brokoli sangat bermanfaat terutama untuk anak-anak, orang tua dan wanita hamil atau ibu menyusui, karena orang-orang yang paling rentan terhadap osteoporosis, melemahnya tulang, gigi, dll, dan kekurangan kalsium.


Manfaat Brokoli Untuk Kehamilan: Nah satu hal lagi nih yang dapat membantu para ibu ibu hamil agar terhindar dari sembelit, seperti yang kita tahu kalau brokoli itu kaya akan seratyang gizi dan nutrisi, seperti protein, kalsium, vitamin, anti oksidan, pendetoks, besi , fosfor dan lainnya, yang akan menjaga kesehatan saat hamil


Manfaat Brokoli Untuk Tekanan Darah Tinggi: Sebuah mineral penting, kromium, ditemukan berlimpah dalam brokoli, membantu dalam berfungsinya insulin dan mengatur gula darah, serta mengatur tekanan darah juga. Vitamin , yang membuat semua sistem kits berfungsi dengan baik dan tentunya banyak ditemukan pada brokoli, serta dengan serat dan omega-3 asam lemak, membantu mengatur tekanan darah.


Manfaat Brokoli Untuk Anemia: Anemia secara langsung berhubungan dengan kurangnya zat besi dan protein tertentu. Maka dari itu Brokoli kaya dengan zat besi dan protein yang membentuk obat yang sangat baik untuk anemia.


Manfaat Brokoli Untuk Manfaat lainnya: Sekarang, mari kita melihat semua nutrisi hadir dalam brokoli. Mereka adalah karbohidrat, omega-3 asam lemak, protein, vitamin A, B kompleks, C dan E, beta-karoten, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kromium, kalium, mangan , glucoraphanin, diindolylmethane, zeaxanthin, air dan serat.

silverjade
18-12-2012, 11:14 AM
Ga suka daun pepaya....pait ::nangis::
Kalo kangkung boleh dipanasin ga ya?
Gw suka sayur mayur asal ga pait. Genjer juga enak tu (semalem bikin genjer super pedas....nyam nyam ::cabul::)

lily
18-12-2012, 11:22 AM
kangkung ga bole dipanaskan , soalnya bisa jadi racun yang merusak hati...

red>,<hair
18-12-2012, 11:32 AM
klo daun mbayung bole d panasin g?::ungg::

lily
18-12-2012, 01:41 PM
Daun mbayung apa red ? Kok ga pernah dengar ya ?

red>,<hair
18-12-2012, 01:56 PM
keknya indonesianya daun lembayung ::ungg:: > bru tau nama lain mbayung
http://images.ekape.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/SZwKPwoKCs4AABgJBQk1/Daun-Kacang-or-Lembayung.JPG?et=oAymvED9b%2BPTeONjrN6Bvw&nmid=0

lily
18-12-2012, 07:34 PM
kayanya bole sih ::ungg::

but I am not sure ::ungg::

lily
07-01-2013, 10:55 PM
MANFAAT DAUN SELEDRI



http://thumbnails104.imagebam.com/23078/9e1b2f230776202.jpg (http://www.imagebam.com/image/9e1b2f230776202)


Tanaman yang bernama Latin Apium graveolens ini memang telah dikenal banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tak hanya daunnya saja yang memiliki khasiat, akar, buah dan biji seledri pun dapat digunakan sebagai obat.

Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan.

Macam-Macam Daun Seledri

Ada tiga kelompok seledri yang dibudidayakan :

Seledri daun atau seledri iris (A. graveolens Kelompok secalinum) yang biasa diambil daunnya dan banyak dipakai di masakan Indonesia.
Seledri tangkai (A. graveolens Kelompok dulce) yang tangkai daunnya membesar dan beraroma segar, biasanya dipakai sebagai komponen salad.
Seledri umbi (A. graveolens Kelompok rapaceum), yang membentuk umbi di permukaan tanah; biasanya digunakan dalam sup, dibuat semur, atau schnitzel. Umbi ini kaya provitamin A dan K.

Kandungan Daun Seledri

Seledri mempunyai banyak kandungan gizi antara lain, (per 100 gr):

Kalori sebanyak 20 kalori,
Protein 1 gram
Lemak 0,1 gram
Hidrat arang 4,6 gram
Kalsium 50 mg
Fosfor 40 mg
Besi 1 mg
Vitamin A 130 SI
Vitamin B1 0,03 mg
Vitamin C 11 mg Dan 63% bagian dapat dimakan.

Khasiat dan Manfaat Daun Seledri

Berikut beberapa Manfaat kesehatan dari Batang, daun, dan Akar seledri, yaitu :

1. Manfaat biji Seledri sebagai Antiseptik Baik

Biji Seledri membantu dalam mengurangi asam urat. Jadi, seledri baik untuk orang yang menidap kandung kemih, masalah ginjal, sistitis dll, biji Seledri juga membantu dalam menghindari infeksi saluran kemih pada wanita.

2. Manfaat Daun Seledri untuk Mengurangi tekanan darah

Seledri mengandung bahan kimia yang dapat menurunkan kadar hormon stres dalam darah Anda. Hal ini memungkinkan untuk memperluas pembuluh darah, memberi ruang darah Anda lebih, sehingga mengurangi tekanan.

3. Khasiat Batang Seledri untuk Sendi Sehat

Seledri baik bagi orang yang menderita radang sendi , rematik dan asam urat. Anti-inflamasi pada seledri yang membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri di sekitar sendi. Batang seledri mengandung zat diuretik, yang membantu untuk menghilangkan kristal asam urat yang membangun di sekitar sendi.

4. Khasiat Daun Seledri untuk Mengurangi kolesterol

Bagi pengidap kolestrol saya rasa ini kabar baik bagi anda, karena mengkonsumsi saledri setiap hari dapat mengurangi kolestrol menyumbat arteri,

5. Daun Seledri Kaya Vitamin C

Dengan adanya vitamin C pada seledri dapat Peningkatan sistem kekebalan karena itu booststhe sistem kekebalan tubuh, selain itu juga dengan adanya vitamin C seledri menghadirkan rasa dingin. Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya seperti mengurangi asma

6. Manfaat Akar Seledri

Kesehatan jantung: Kehadiran vitamin C dalam akar seledri mempromosikan kesehatan jantung. Tuh kan banyak manfaat nih seledri dan tetntunya kaya vitamin C

7. Khasiat Daun Seledri Baik untuk penderita diabetes

Daun Seledri juga dimakan untuk mengobati kondisi diabetes.

8. Manfaat Seledri untuk Aktivitas diuretic

Seledri mengandung natrium dan kalium. Dengan keduda mineral ini seledri membantu dalam mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

9. Treats rematik Seledri ekstrak, yang 3nB contain85%, efektif untuk mengobati radang sendi sakit dan otot.

10. Manfaat Daun Seledri Mencegah kanker

Seledri mengandung phthalides dan polyacetylenes. Komponen-komponen anti kanker detoksifikasi karsinogen. Seledri juga mengandung coumarin yang meningkatkan aktivitas sel darah putih tertentu.

silverjade
18-01-2013, 12:36 PM
Kalo brokoli termasuk sayuran hijau ga? (boleh dipanasin ga?)

lily
18-01-2013, 05:04 PM
Brokoli , wortel , bayam ga bole dipanasin.

Barusan googling...

hktoyshop
18-01-2013, 05:34 PM
wah kalau yang kayak gitu mah ane kiurang minat banget ni gan

serendipity
19-01-2013, 10:23 PM
Info aja buat yang menderita pengentalan darah jangan makan brokoli, tauge, kol, kembang kol :)

lily
17-01-2014, 07:21 PM
Tidak semua wanita menyukai sayuran yang pahit seperti pare atau dikenal dengan nama pare atau paria (momordica charantina) sering digunakan sebagai pengobatan tradisional di beberapa negara seperti di Brazil dan Meksiko akan tetapi terkadang mungkin anda bertanya-tanya apa yang anda dapatkan dari sayuran pahit ini ? Ternyata tidak saja buahnya saja yang mempunyai khasiat untuk anda daun pare juga memiliki kemampuan untuk masalah pencernaan.

Pare adalah tanaman yang merambat, buahnya menyerupai mentimun akan tetapi memiliki kulit yang keriput dan rasa yang khas, pahit. Pare ternyata banyak jenisnya dan tumbuh subur di beberapa negara termasuk Indonesia. Di dalam pare terdapat kandungan yang ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah beberapa penyakit seperti adanya charantin, vicine ada juga kandungan bioaktif lainnya yang menyehatkan untuk tubuh anda.

Ini Dia Khasiat Sayuran Pare Untuk Anda :

1.* Mengusir Diabetes

Adanya antidiabetes di dalam pare dipercaya mampu menekan resiko diabetes pada anda. Selain itu* kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare sehingga mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.

2.* Menangkal Sel kanker

Wanita rentan terhadap beberapa kanker yang membuat ancaman bagi dirinya, kanker serviks sebagai pembunuh nomber satu disusul oleh kanker payudara diperingkat selanjutnya, sehingga penting untuk anda dalam menangkal sel kanker. Pare mempunyai kemampuan untuk menangkal sel kanker dengan kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker di tubuh anda.

3.* Menurunkan Berat Badan

Pare merupakan sayuran yang direkomendasikan untuk anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga kestabilan berat badan anda. Dalam secangkir pare ternyata memiliki 16 kalori sehingga mampu membuat anda mengontrol nafsu makan dan membuat anda cepat kenyang. Tidak ada salahnya anda untuk mengkonsumsi pare di dalam menu makan anda sehingga membantu anda mendapatkan berat badan ideal.

4.* Membersihkan Darah

Sayuran pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah anda. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara di jus sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Konsumsi rutin pada pagi dan malam hari, dengan demikian dapat membantu anda dalam membersihkan darah.

5.* Memerangi HIV/AIDS

Adanya kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 ternyata mampu membatasi perkembangan HIV. Pernytaan tersebut didukung penelitian yang dilakukan pada beberapa pasien yang mengidap AIDS yang diberikan ekstrak pare dan hasilnya kekebalan tubuh pasien tersebut meningkat.

6.* Melancarkan Pencernaan

Sayuran pare kaya dengan kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten. Rasa pahit pada sayuran pare ternyata sangat baik untuk membantu anda dalam mengatasi masalah pencernaan. Anda boleh menambah menu makan anda dengan beberapa olahan pare.

7.* Mengatasi Asma

Sebuah studi dengan konsumsi sayuran pare ternyata merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan masuknya aliran udara yang kuat. Ini bagus untuk anda yang menderita asma.

8.* Kecantikan

Tidak banyak yang tahu ternyata vitamin c yang dihasilkan oleh pare dapat membantu anda dalam memelihara kecantikan anda selain itu ancaman efek buruk dari sinar ultraviolet dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayuran pare.

Selain itu juga ternyata sayuran pare juga dapat menurunkan demam, bisul, disentri amuba, wasir , bronkhitis obat malaria dan penyakit kuning. Masihkah anda ragu untuk mengkonsumsi sayuran pare, setelah mengetahui banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda


Sumber : www.bidanku.com

serendipity
17-01-2014, 08:24 PM
^ yang sehat itu emang gak enak rasanya :cengir:

yang gak sehat malah enak rasanya :mrgreen:

lily
17-01-2014, 09:00 PM
Iya seren , tadi saya abis makan pare , makanya post disini :D keingetan thread ini :)

noodles maniac
17-01-2014, 10:46 PM
Ini kok yang komen cewek semua ya? jadi minder akuhhh :">

Gw suka segala sayurrrrr kol, tauge, kangkung, bayem, kembang kol, brokoli, kentang, wortel, seledri, daun bawang, sawi putih, sawi ijo, hailan, terong, labu siam, daun melinjo, melinjo dll

Apalagi kalo sayur sop, sayur asem, cah kangkung, pecel, gado-gado, pokoknya serba sayurrr aku suka

http://emoticoner.com/files/emoticons/onion-head/uhuhuh-onion-head-emoticon.gif?1292862523

:allthefood:

tapi untuk daun kemangi, daun pepaya, pare gak suka ::wuek::

---------- Post Merged at 10:46 PM ----------

Oh ya ketinggalan, KETIMUN!!! ini favorit gw banget, suka ngemilin ketimun, saingan sama kancil :cengir:

silverjade
20-01-2014, 02:29 PM
Waduh....padahal seneng dan sering makan brokoli....tapi darah gw cepet kental....harus ngurangin yah berarti :(

jakhost
12-12-2015, 09:50 AM
yuk kita makan sayur

ecallica
16-12-2015, 09:47 AM
ane ga suka sayuran, gmn ya caranya agar doyan makan sayuran??

desah_angin
08-01-2016, 03:55 PM
Lidahnya prefer local, atau bisa nerima western juga?

neofio
17-01-2016, 05:05 PM
tomat itu sayur atau buah?

etca
17-01-2016, 07:16 PM
Buah yang dikategorikan dalam sayur ;D

Yuki
17-01-2016, 08:35 PM
perasaan belum pernah denger sayur tomat, ada juga buah tomat

ga_genah
18-01-2016, 10:31 PM
kadan tomat juga dicampur dalam sayur
jadi sayur rasa tomat :mrgreen:

Yuki
19-01-2016, 06:49 AM
Tomat emang bisa diapain aja

Jadi jus bisa, masukin ke sayur bisa

Dilempar ke muka orang juga bisa ;D

mobyokuzan
19-01-2016, 08:25 AM
sama halnya dgn nangka
buah nangka
sayur nangka

dua duanya ada, haha bingung kan ;D

neofio
19-01-2016, 08:43 AM
Gudeg d jawa

D sumatra ada apa aja?kuliner berbahan nangka