PDA

View Full Version : - Tentang Suplemen -



lily
06-12-2012, 07:45 PM
Untuk menjaga tubuh tetap fit , walopun aktivitas menumpuk , mengonsumsi suplemen bisa jadi solusi. Tapi sudah tepatkah yang kita konsumsi ?


Fakta tentang suplemen dan nutrisi tambahan yang perlu kita ketahui :

1. Propolis , jenis multisuplemen baru yang berasal dari air liur lebah , kaya akan antioksidan bagi tubuh.

2. Salakinase , salah satu jenis suplemen dari ekstrak kedelai yang dapat meningkatkan zat besi dalam darah.

3. Perokok dan mantan perokok lebih baik menghindari konsumsi multisuplemen dengan kandungan beta karoten , karena dapat meningkatkan resiko kanker paru - paru.

4. Konsumsi multisuplemen yang mengandung vitamin C dan vitamin E dapat mengurangi efektivitas kemoterapi pada pasien kanker.

5. Waspadalah dengan penggunaan multisuplemen yang mengandung vitamin K karena dapat mempercepat penyumbatan pembuluh darah.


Beberapa kondisi medis dan tahapan dimana seseorang membutuhkan suplemen , berikut ini di antara nya :

1. Orang - orang dengan masalah pencernaan , operasi maupun alergi pada beberapa jenis makanan yang mempengaruhi penyerapan beberapa nutrisi dan vitamin ke dalam tubuh.

2. Perempuan hamil dan menyusui (membutuhkan suplemen tambahan zat besi , folic acid , dan asupan kalsium).

3. Para vegetarian yang menghindari makanan jenis hewani dan cenderung kekurangan vitamin D dan B 12 , kalsium , mineral , dan zat besi.

4. Perokok (meningkatkan kebutuhan tubuh akan vitamin C).

5. Perempuan dengan intensitas menstruasi yang tinggi (membutuhkan lebih banyak zat besi) , perempuan yang memasuki masa menopause (membutuhkan kalsium) , serta perempuan yang dalam program hamil (membutuhkan folic acid lebih banyak untuk meminimalisir kemungkinan keguguran).

6. Orang - orang yang mengonsumsi obat - obatan yang dapat meningkatkan atau menurunkan efektivitas vitamin dan mineral bagi tubuh.

7. Orang - orang yang sedang mengikuti program penurunan berat badan yang memperketat pola makan maupun tingkat kalori (kurang dari 1000 - 1200 kalori per hari) , yang dapat menyebabkan kekurangan asupan gizi.


Sumber :

consumerlab.com

Majalah Marie Claire edisi Desember 2011

AsLan
06-12-2012, 09:39 PM
Baru2 ini ada penelitian yg menemukan bahwa mereka yg mengkonsumsi suplemen vitamin cenderung lebih terlindung dari kanker.

Tentunya harus disertai gaya hidup yg sehat juga.

Tapi ada yg membantah...
Katanya, fakta membuktikan bahwa mereka yg punya kesadaran untuk minum suplemen vitamin justru adalah orang2 yg gaya hidupnya sudah sehat, makanya gak kena kanker.

Orang yg sembarangan memperlakukan tubuhnya, biasanya juga tidak pusing2 mengkonsumsi suplemen vitamin, makanya banyak yg kena kanker dan lain2...

entah lah...

lily
06-12-2012, 10:05 PM
om saya baca artikel ya di majalah...

ada 1 dokter kulit. dia selalu makan makanan antioksidan , taunya setelah berpuluh taon , dia divonis kanker ganas dan harus mengalami terapi...

dan dia bilang , kalo makan makanan antioksidan , makanan sehat , ga menjamin kamu terbebas dari kanker.

well... saya mikirnya sih kanker itu bukan sekedar dari luar sih , tapi dari dalam juga...

om kanker ya bukan kangker...

AsLan
06-12-2012, 10:09 PM
ya memang antioksidan kan cuma mengurangi resiko, bukan menghapus resiko 100%

ndugu
06-12-2012, 10:16 PM
first and foremost, harus diperhatikan sejarah keluarganya dulu. karena genetik sebenarnya kan sangat berperan. faktor2 eksternal laennya seperti makanan ato gaya hidup, cuman bisa kita lakukan untuk menekan kemungkinan dapet aja.

saya sendiri ga suka minum suplemen, karena gimana gitu loh, makan bahan2 kimia gini ::elaugh:: lebih baik sih makan langsung dari makanannya, cuman kadang kala itu pun masih ngga cukup. karena saya ada masalah tulang (turunan), selama ini disuruh dokter untuk minum suplemen. hanya jujur aja saya sendiri masih suka bolong2 :cengir:

lily
06-12-2012, 10:20 PM
tapi yang dokter yang saya ceritain di atas , dia ga ada keturunan cancer...

AsLan
06-12-2012, 10:41 PM
gw banyak nyobain macem2 suplemen, tapi rata2 bikin lambung perih...

sekarang cuma makan Omega3.

lily
06-12-2012, 11:10 PM
abis googling , ternyata Omega 3 bagus ya untuk cancer...

AsLan
07-12-2012, 02:10 AM
tapi kayaknya gak mau gw lanjutin setelah habis sebotol...

cari sumber alaminya aja.

lily
07-12-2012, 08:57 AM
pake ikan om...


http://thumbnails101.imagebam.com/22446/982e5d224454500.jpg (http://www.imagebam.com/image/982e5d224454500)

GiKu
07-12-2012, 09:00 AM
ikan salmon mahal untuk gw
nenggak suplemennya aja
aneka merk banyak dan mudah didapat

lily
07-12-2012, 09:03 AM
omega 3 kan ada di ikan manapun om ???

ndugu
07-12-2012, 12:16 PM
iya, cuman beda2 kadarnya. yang paling banyak omeganya ya ikan salmon, tuna, dan mackerel. biasa ikan2 'berminyak' yang tinggi omeganya.

GiKu
07-12-2012, 01:13 PM
^
semua ikan kalengan berminyak
::ungg::

lily
07-12-2012, 01:20 PM
Ikan teri nasi itu bagus juga lo , buat gigi ama tulang.

River
07-12-2012, 04:36 PM
pada dasarnya sih vitamin dan mineral itu diperlukan tubuh dalam jumlah kecil dan hampir semuanya bisa diperoleh dari makanan.
makanya sebaiknya diperoleh secara alami dari makanan tapi kalo kita lagi dalam keadaan tertentu seperti sakit, banyak aktivitas, hamil,
kebutuhan vitamin & mineral mungkin meningkat & bisa dipenuhi dengan minum suplemen
kalo makanan sehari-hari kita cukup bergizi dan lengkap, (apalagi makanan sekarang banyak yang difortifikasi dgn vitamin & mineral) kebutuhan vitamin udah tercukupi, tidak perlu menambah dengan suplemen vitamin lagi. kebanyakan vitamin juga tidak baik, bisa menyebabkan gangguan kesehatan.
sebelum memutuskan untuk menambah suplemen coba dicek konsumsi makanan sehari-hari, apa sudah memenuhi unsur-unsur sumber vitamin yang diperlukan?

lily
07-12-2012, 08:05 PM
TFS River :)

ga_genah
07-12-2012, 11:31 PM
hari ini harus minum multivitamin
utk jaga2 kondisi tubuh
biasanyminum sekali seminggu...

lily
07-12-2012, 11:40 PM
Oiya dibilangin dokter...

Katanya kalo sakit , jangan minum vitamin or suplemen.

Vitamin or suplemen diminum saat sehat... Bener ga sih ?

Saya sih prefer minum suplemen yang berupa cairan , kayak susu or minuman botol kayak Brand's. Tapi pernah juga konsumsi pil. Cuma saya lebi merasa bermanfaat yang berupa cairan.

BundaNa
08-12-2012, 10:46 AM
saya gak minum suplemen kecuali susu kalsium

Porcelain Doll
08-12-2012, 11:17 AM
kenapa kalo sakit ga boleh minum vitamin atau suplemen?
bukannya kalo drop atau mau flu gitu justru minum vit C ya? misalnya....

ada resikonya kalo sakit minum vitamin atau suplemen?
kayanya kemaren ada yg nulis, kalo sehat dan makanannya udah sehat juga, ga usah konsumsi vitamin malah
vit baru diminum kalo misalnya lagi sakit, hamil atau butuh energi banyak

lily
08-12-2012, 11:40 AM
Sorry , maksudnya kalo lagi sakit , minum obat , ga bole minum vitamin juga...

Jangan minum vitamin / suplemen lainnya pada saat yang bersamaan dengan minum obat karena akan mengganggu absorpsi obat & kerja obat.

ndugu
08-12-2012, 11:42 AM
pada dasarnya kalo lagi minum obat, memang jangan asal campur2 tanpa konsultasi dokter, biar itu suplemen pun. makanya biasa kan dokter sebelum ngasi resep, kan ada nanya pasien, lagi minum obat ato suplemen apa ngga

bahkan kemaren saya sempat baca juga di artikel kesehatan, ada obat2 yang juga tidak baik diminum dengan grapefruit juice. lupa cara kerjanya gimana, tapi katanya bisa toxic dari hasil reaksinya

Porcelain Doll
08-12-2012, 11:52 AM
maksudnya diminum barengan pas minum obatnya, atau minum biasa di hari yg sama dengan kita konsumsi obat?

soal suplemen atau vitamin, emang ga boleh minumnya barengan dengan obat
minimal banget ada jeda sejam dengan obat dokter

lily
08-12-2012, 11:59 AM
Kalo itu biar om Aslan yang jawab , saya ga tau hehehehe...

Cuma pas saya ke dokter sih dibilangin katanya jangan minum vitamin kalo pas konsumsi obat dokter.

Kalo saya minum juice kulit manggis ini , katanya sih suruh kasi jeda sejam. Saya sih kasi jeda 2-3 jam.

Porcelain Doll
08-12-2012, 12:03 PM
iya, emang segitu bagusnya
soalnya kan 2 itu beda manfaatnya
makanya ga boleh barengan banget minumnya

AsLan
20-12-2012, 10:14 PM
Tadi iseng2 beli suplemen calcium di apotek.

soalnya gw kan gak pernah minum susu (bukan karena belom merid loh -_- tapi karena lactose intolerance)
gw perhatiin banyak orang tua yg badannya bengkok2, entah bungkuk kedepan atau miring kesamping juga banyak yg giginya udah pada ompong...

akhirnya gw memutuskan beli suplemen calcium...
tapi pas dirumah gw baru inget, gw kan sering makan tahu dan minum susu kedelai::doh::
gak bakal kekurangan calcium ini mah... sia2 deh.

Bi4rain
20-12-2012, 10:32 PM
Tadi iseng2 beli suplemen calcium di apotek.

soalnya gw kan gak pernah minum susu (bukan karena belom merid loh -_- tapi karena lactose intolerance)
gw perhatiin banyak orang tua yg badannya bengkok2, entah bungkuk kedepan atau miring kesamping juga banyak yg giginya udah pada ompong...

akhirnya gw memutuskan beli suplemen calcium...
tapi pas dirumah gw baru inget, gw kan sering makan tahu dan minum susu kedelai::doh::
gak bakal kekurangan calcium ini mah... sia2 deh.

::ngakak2::

kan ga tiap hari makan tahu en susu kedele...ga rugi juga toh.

lily
21-12-2012, 10:57 AM
soalnya gw kan gak pernah minum susu (bukan karena belom merid loh -_- tapi karena lactose intolerance)
selalu menjurus... ::grrr::

River
23-12-2012, 12:39 PM
konsumsi suplemen bersama obat kemungkinannya emang ada dua.. terjadi interaksi obat-suplemen ato tidak terjadi interaksi.
kalo tidak terjadi interaksi ya ga masalah. kalo terjadi interaksi kemungkinannya ada 2 juga..
bisa efeknya bagus (membantu efek obat ato dengan cara lain dpt mempercepat penyembuhan) ato jelek (menurunkan kadar obat sehingga obatnya ga berefek atau meningkatkan kadar obat --> berisiko efek samping ato toksik)
misalnya vitamin C dan Zinc, bisa membantu sistem imun, berguna untuk pengobatan flu & common cold
suplemen kalsium jangan dipake barengan sama antibiotik tetrasiklin karna menggangu penyerapan tetrasiklin
terus yang dibilang Ndugu tadi, grapefruit juice bisa meningkatkan kadar obat2 golongan benzodiazepin (obat2 untuk mengatasi kecemasan) di dalam tubuh
tapi bukan berarti juga semua suplemen yang berinteraksi 'jelek' sama obat ini sama sekali ga boleh dikasih (kecuali sudah dinyatakan demikian). Seperti yang dibilang mbak Porcelain Doll, bisa minumnya diberi jarak beberapa jam. Lebih jelasnya mungkin bisa ditanyakan ke dokter/apoteker

jadi kalao ke dokter jangan lupa bilang sedang mengonsumsi suplemen apa aja --> kali2 dokternya lupa nanya

tapi kadang2 ada juga sih oknum dokter 'nakal' ngeresepin multivitamin padahal gak perlu2 amat ato belom ada bukti klinis bahwa dengan minum multivitamin itu bisa membantu pengobatan. Jadinya buang2 duit ..
meskipun begitu, sebaiknya ditanyain saja ke dokternya, siapa tau dia punya pertimbangan khusus kenapa memberi suplemen/multivitamin, karna mungkin menurut pengalamannya multivitamin itu bisa bantu penyembuhan, meskipun memang belom ada bukti klinisnya
cmiiw yah ::maap::

Bi4rain
23-12-2012, 07:01 PM
^owh..thanks juga buat masukannya. sekarang gw konsumsi suplemen kalsium, jadi bakal berhati-hati sebelum konsumsi barengan antibiotik tetrasiklin::bye::

AsLan
23-12-2012, 09:04 PM
kayaknya tetrasiklin udah jarang dikonsumsi jaman sekarang, terlalu banyak efek buruknya.

cherryerichan
23-12-2012, 10:05 PM
Tiap minum v** c besoknya pasti kalo flu,jd tambah parah.. Parah bener.

AsLan
23-12-2012, 11:03 PM
memang pada dasarnya Vitamin C gak ada hubungannya dengan Flu, itu kan cuma teknik dagang doang supaya vitamin C laku di pasaran.

Kegunaan Vitamin C sangat dibesar2kan.

Bi4rain
24-12-2012, 04:15 PM
Hooo...berarti sugesti saja? klo sedang tidak libur semester gw banyak kegiatan, en minum suplemen vit c emang jaga kondisi badan gw supaya ga drop dibandingkan ga minum.

banyak sekarang suplemen beredar kayak klorofil yang sampe sekarang aja gw ga tau bener ngefek ga. A friend of mine has been drinking this religiously. kalo dipikir2 kan klorofil zat hijau daun, apa badan kita butuh ya? aku taunya kita butuh sayur untuk seratnya dan vitaminnya. ::ungg::

terus ada lagi minuman collagen yang pernah disebut om aslan, napa tuh kalo masuk perut udah ga ada efeknya? *masih bingung*

ada pula sekarang acai berry....banyak benerrr...

Porcelain Doll
24-12-2012, 06:39 PM
acai berry udah termasuk yg bahaya buat diminum
itu salah satu produk pelangsing yg dilarang kan?

cherryerichan
24-12-2012, 07:11 PM
Bukannya yg bagus tu berry yg asli?yang dijual buat ngelangsingin badan kan udah dalam bentuk yg laen kan ya?segala macem suplemen ini,bukannya nanti bahayanya ke ginjal?cmiiw

AsLan
24-12-2012, 09:13 PM
Collagen kan merupakan struktur penahan kekencangan kulit.

Dibawah kulit si Collagen ini bentuknya seperti serat2 jaringan pengikat.

http://thegist.dermagist.com/wp-content/uploads/2011/01/collagen.jpg

Collagen itu sendiri terdiri dari protein2 yg dibentuk menjadi jaringan.

Kalo kita mengambil Collagen hewan, biasanya sapi, lalu dimakan, maka Collagen itu akan dihancurkan menjadi serpihan2 protein biasa, sama seperti makan telur atau daging.

Ibaratnya, orang buntung tidak akan tumbuh kaki hanya karena makan kaki sapi, begitu juga collagen yg dimakan tidak akan begitu saja menjadi kolagen di kulit kita.

dioles ke kulit juga gak bakalan bisa, karena collagen berbentuk serat2 yg besar, tidak mungkin menembus kulit.

lily
24-12-2012, 10:52 PM
Saya minum collagen ikan...

Bagus sih , keliatan di kulit wajah saya...

Ga ada keriput halus , pori mengecil , dan saat pake make up , hasilnya halus banget.

Saya minum rutin setiap hari , satu sendok takar.

AsLan
24-12-2012, 11:09 PM
gw sih yakin itu bukan efek dari kolagen ikan.

hktoyshop
18-01-2013, 05:31 PM
emang ya suplemen itu sangat penting banget ya gan