PDA

View Full Version : - Tentang Snorkeling dan Diving -



lily
29-11-2012, 07:12 PM
Dunia bawah laut sangat indah dan menarik. Kalo selama ini kita cuma melihat lewat foto dan TV , kenapa kita tidak coba melihat sendiri pemandangan terumbu karang dan ikan - ikan yang berenang secara langsung ?

Kalo kita tidak punya kemampuan menyelam , kita masi bisa melihat indahnya pemandangan bawah laut dengan cara snorkeling.

Bila belum pernah mencoba snorkeling , jangan ragu. Snorkeling tidak sesulit yang kita kira kok...

Tips - nya :)

1. Pilih peralatan yang pas. Ada 3 peralatan penting saat snorkeling , yaitu : mask , snorkel , dan fins (kaki katak).

Sebelum terjun ke laut , pilih peralatan yang pas.

Kencangkan mask strap di kepala agar air laut tidak bisa masuk.

Pilih juga snorkel yang tidak bocor , sehingga kita bisa bernafas lewat mulut dengan nyaman.

Terakhir , gunakan fins yang pas di kaki - jangan yang longgar karena bisa terlepas dan jangan yang ketat karena tidak nyaman dan dapat membuat kita kesakitan.

2. Setelah memakai peralatan tersebut , coba berlatih bernafas dengan mulut menggunakan snorkel di pantai yang dangkal.

Usahakan agar ujung snorkel tetap nongol di atas air , agar tidak ada air laut yang masuk.

Bila kita sudah mulai merasa nyaman , baru kita bisa mencoba ke bagian yang lebi dalam.

3. Kesalahan yang sering dilakukan snorkeler pemula adalah melakukan terlalu banyak gerakan - kaki dikayuh terlalu keras. Padahal saat menggunakan peralatan snorkeling , otomatis tubuh kita lebih mudah mengambang.

Bila tubuh kita mengambang , potensi kita untuk menyentuh dan merusak terumbu karang akan semakin kecil.

4. Saat menjelajah , posisi tubuh berada dalam posisi horizontal dan lengan berada di samping tubuh.

Untuk bergerak maju , kita cukup mengayuh kaki dengan perlahan.

Kayuhkan kaki mulai dari pangkal paha dengan posisi lurus dan hindari mengayuh dengan lutut.

Cara ini juga akan membuat kita tidak mudah lelah.

Perhatikan juga posisi fins , usahakan jangan sampai menendang terumbu karang.

5. Bila masih merasa takut tenggelam , gunakan snorkel vest , karena pasti tubuh kita akan mengambang.

6. Jangan pernah menyentuh terumbu karang. Selain dapat merusak , beberapa terumbu karang , juga berbahaya bila disentuh.


Sumber : majalah CLEO Indonesia edisi Juni 2012

kandalf
29-11-2012, 07:24 PM
Pilih juga snorkel yang tidak bocor , sehingga kita bisa bernafas lewat mulut dengan nyaman.

Ini terjadi padaku.. sialnya, baru bocor setelah posisiku dengan pantai berjarak 300 m alias udah di tengah2. Untung ada orang bule nolongin. hihihihihihi..


Setelah memakai peralatan tersebut , coba berlatih bernafas dengan mulut menggunakan snorkel di pantai yang dangkal.
Gak usah sebegitunya sih.
yang penting ingat aja. Hirup udara lewat hidung, buang lewat mulut.
Gak usah khawatir kalau hidungnya mampet kena karetnya alat snorkel.


Padahal saat menggunakan peralatan snorkeling , otomatis tubuh kita lebih mudah mengambang.
Gak ada hubungannya dengan peralatan snorkeling. Tubuh manusia sebenarnya kalau santai, cenderung mengambang. Tapi kalau tidak yakin, pakailah pelampung.

Yang jelas, jangan mengayuh terlalu keras hingga ke bawah, takutnya nanti malah membuka celah dan masuk ke dalam. Nanti jadi panik buat yang gak bisa berenang.

komporminyak
29-11-2012, 07:38 PM
errr jadi keinget :
"Siapa yang ga bisa berenang?" tanya masnya pemandu snorkeling.
Melihat jari2 nyang ngacung ternyata jauh lebih banyak ketimbang yang bisa renang, termasuk gw ;D
Abis itu dia ngasih wejangan A-Z, terus terang gw ga banyak inget.
Cuma satu yang jelas2 inget di kepala : "Percayakan hidupmu pada jaket pelampung!"

Dan pas nyebur praktek, langsung jajal. Ok sip. Bisa ngambang n maju ternyata :lololol:
Abis itu ga lama kemudian denger tereakan masnya, "Katanya ga bisa renang, lah itu bisa.."
Dalam hati gw, "Yeee. Coba kalau tanpa jaket pelampung, pasti gw ude jiper duluan.." ::grrr::

:lololol:

danalingga
29-11-2012, 07:43 PM
Kalo snorkling bisa tetap pake kacamata nggak sih?
Soale kalo dibuka jadinya ya malah nggak bisa lihat apa apa entar.

Kingform
29-11-2012, 07:45 PM
sma kom...gw juga ga bisa renang ::hihi::
kalo ga bisa renang mau snorkling masih bisa ya?

komporminyak
29-11-2012, 08:04 PM
sma kom...gw juga ga bisa renang ::hihi::
kalo ga bisa renang mau snorkling masih bisa ya?
Yoaaaa... dont worry be happy lah pokoknya.. ::hihi::
ude gw buktiin :lololol:


Kalo snorkling bisa tetap pake kacamata nggak sih?
Soale kalo dibuka jadinya ya malah nggak bisa lihat apa apa entar.
heh? ini kacamata renang? pake dong.
eh gw kok amnesia yah... kacamatanya bukannya jadi satu ama buwat nafas?
ude lama euy?!

kalau kacamata baca.. hedeehhh om ::grrr::

danalingga
29-11-2012, 08:11 PM
Kacamata minus ca. Saya kan pake kacamata, nah apa bisa di-doble sama kacamata renangnya.
Atau kudu pake contact lens ya?

komporminyak
29-11-2012, 08:25 PM
kalau pake kacamata baca keknya bakalan ga nyaman deh
mungkin pake contact lens ya..
err tapi aman ga tuh?

lily
30-11-2012, 03:46 PM
sama saya juga ga bisa renang euy , kalo pake pelampung sih bisa ::hihi::

post ini , soalnya suka laut...

kirsh
30-11-2012, 07:08 PM
kalo di Jakarta mau snorkeling di mana ya?

lily
30-11-2012, 08:05 PM
Lokasi snorkeling di Pulau Aer, Payung, dan Karang Beras , di dekat Pulau Tidung.

ul.malik
30-11-2012, 08:32 PM
Kacamata minus ca. Saya kan pake kacamata, nah apa bisa di-doble sama kacamata renangnya.
Atau kudu pake contact lens ya?

penasaran karena pake kacamata juga,barusan googling, ternyata pakai kacamata renang khusus yang lensanya minus.

tapi.... setelah baca ini
Tips: Kami sarankan agar mengurangi minus anda 0.75 atau 1.0 untuk lensa korektif di mask scuba. Contoh: lensa kacamata anda -2.5, maka anda dapat beli lensa -1.5 atau -2.0.
Mengapa? obyek di dalam air selalu 25% lebih besar dan lebih dekat. Peningkatan ini memang tidak terlalu terasa di mata anda, namun koreksi 25% ini ada dalam aplikasi penyelaman. Oleh karena itu, apabila anda menggunakan minus yang sama sesuai kacamata anda, maka kemungkinan kepala dapat pusing/pening karena minus yang terlalu dalam.

mungkin untuk yang minusnya ga terlalu besar ga begitu kesulitan kalo ga pake kacamata khusus.
::ungg::

lily
01-01-2013, 11:11 AM
Kemaren nyelam di kolam renang , ga keliatan apa - apa :nangis2:

AsLan
01-01-2013, 11:24 AM
Kemaren nyelam di kolam renang , ga keliatan apa - apa :nangis2:

untung gak ketemu :

http://consilience.typepad.com/photos/uncategorized/great20white20shark202.jpg

lily
30-03-2013, 12:11 PM
ada yang pernah diving ga ?

sharing dong...

Kingform
30-03-2013, 01:42 PM
ada yang pernah diving ga ?

sharing dong...
diving itu mencederai sportivitas ::hihi::
kalo ketauan wasit bisa kena kartu kuning

lily
30-03-2013, 02:54 PM
hah ? maksudnya ?

kok bisa cedera ?

Kingform
30-03-2013, 03:07 PM
mendederai sportivitas li...bukan bikin cedera ::hihi::

lily
30-03-2013, 03:11 PM
contohnya kayak gimana Ko ?

misal diving ama ikan hiu gitu ya ?

kupo
30-03-2013, 03:12 PM
^^ itu diving di sepakbola li.. :D

lily
30-03-2013, 04:35 PM
kok baru tau ya ada diving di football ???

btw tadi saya liat di TV , kita bisa diving di sea world jakarta , keren ya...

Kingform
31-03-2013, 01:13 AM
niatnya pengen ngelucu, tapi berhubung lily masih polos gagal deh ::hihi::

diving di sepakbola itu sebutan untuk aksi menjatuhkan diri dari seorang pemain. padahal dia ga diapa2in ama pemain lawan. tujuannya untuk menipu wasit, biar dapet pelanggaran gitu

---------- Post Merged at 12:13 AM ----------

niatnya pengen ngelucu, tapi berhubung lily masih polos gagal deh ::hihi::

diving di sepakbola itu sebutan untuk aksi menjatuhkan diri dari seorang pemain. padahal dia ga diapa2in ama pemain lawan. tujuannya untuk menipu wasit, biar dapet pelanggaran gitu

lily
01-04-2013, 01:42 PM
ow kalo itu pernah liat sih di TV ::hihi::

i am so sorry Ko , ga gitu paham football , biasa liat doang , ga tau istilahnya ::hihi::