PDA

View Full Version : [Tanya] [Tinju] Teknik Jarak Dekat



kandalf
12-11-2012, 08:39 AM
http://sphotos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/557660_10151149998929226_531747752_n.jpg

Tanya dong,
kalau dalam pertarungan jarak dekat, apa saja hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh petinju? Dan apa saja teknik2 untuk jarak dekat yang diperbolehkan?

Kalau yang biasanya kulihat, petinju yang kewalahan akan mencoba merangkul lawan hingga dipisahkan oleh wasit. Apakah itu karena sekedar kelelahan ataukah dengan merangkul begitu bisa mengurangi kekuatan tinju lawan?


Kemudian di pertandingan Chris John lawan C. Piriyapinyo kemarin, Chris John tidak merangkul tetapi seperti mendesak dengan bahu dan lengan atas. Kalau menurut wawancara di Kompas, Chris John mengatakan dia hanya berusaha menjaga jarak. Tapi kalau diperlihatkan, tampaknya Chris John bisa mendeteksi kapan lawan akan memukul dan dia langsung bisa counter-attack sesaat setelah menghindar. Apakah gerakan menahan lawan pakai bahu dan lengan atas (hingga siku) itu murni hanya untuk menjaga jarak ataukah ada keunggulan taktis?

*gak bisa tinju *

Kingform
12-11-2012, 09:19 AM
kalo jarak deket mustinya pake jab ato uppercut kan?
cuman kalo jaraknya terlalu deket ya mau pake teknik apapun ga akan efektif

btw chris john itu punya reflek yang bagus....
kenalan gw pernah nyoba sparring ama dia...nyantai aja sih, bukan sparring serius....
tinjunya ga ada yang kena...semua berhasil dihindari ama chris john
padahal kenalan gw itu punya basic beladiri juga

kandalf
12-11-2012, 09:42 AM
Berarti kalau sedang kelelahan dan berusaha merangkul lawan itu supaya jarak dekat sehingga pukulan lawan tak efektif yah?

itsreza
12-11-2012, 10:31 AM
biasanya semakin berat kelasnya, jarak dengan lawan semakin dekat.
gerakan kaki lebih lambat. jadi pas memukul pakai bantuan tubuh,
biar kekuatan pukulan lebih besar. terus arahin kepala ke tubuh lawan
pas mau pukul buat menekan lawan, pukul pakai upper cut, hook pendek
lumayan bisa dapat combo, 2 atau 3 pukulan sebelum dirangkul.
itu aja sih yang inget, ga pernah latihan beladiri lagi selepas sma ;D

Kingform
12-11-2012, 12:57 PM
kalo jarak pendek ga ngasih damage yang besar.....paling ngincer point doang
kecuali kalo yang lagi duel udah beda kelas

cmiiw...gw ga pernah latihan tinju...cuman modal baca komik doang...;D

etca
12-11-2012, 02:50 PM
Trus jarak pendek biar damage gede ditonjok apanya?
Ulu hatinya?

Alethia
12-11-2012, 03:17 PM
Ulu ati ga boleh kan ya? Sama organ vital

Kingform
12-11-2012, 03:34 PM
kalo tinju itu yang ga diperbolehkan memukul bagian perut kebawah (selangkangan) ama bagian belakang badan....

jarak yang bener2 pendek bisa pake uppercut (tapi biasanya gampang dihindari ato ditangkis) ato mukul perut pake hook pendek (bener gak ya istilahnya?). cuman yang beginian (mukul perut) hampir bisa dipastikan ga bakal memberi damage gede. biasanya petinju udah melatih badannya biar tahan pukul.

yang ga bisa dilatih itu bagian rahang. makanya banyak petinju yang sering ngincer kepala lawannya daripada badan.
kalo pukulannya telak kena rahang, mau sekuat apapun si petinju, dia pasti ambruk. dan biasanya akan susah berdiri lagi. makanya kuda2 petinju itu kebanyakan posisinya melindungi rahang

kandalf
12-11-2012, 07:18 PM
Ulu ati ga boleh kan ya? Sama organ vital


Trus jarak pendek biar damage gede ditonjok apanya?
Ulu hatinya?


biasanya petinju udah melatih badannya biar tahan pukul.

yang ga bisa dilatih itu bagian rahang.

Sebenarnya, ulu hati atawa solar plexus atawa celiac plexus itu termasuk tidak bisa dilatih. Kenapa? Karena memang tidak ada otot di situ. Letaknya persis di atas otot perut. Sialnya, itu termasuk yang banyak syaraf dan tempat diafragma.

Tapi aku gak yakin memukul ulu hati dalam pertandingan tinju berguna:
1. otot-otot petinju biasanya terlatih dan bagian vital itu makin sempit;
2. petinju pakai sarung tinju yang lebar;
3. sikap pasang petinju juga mempersulit untuk menyerang ulu hati.

Ada diskusi menarik dalam Bahasa Inggris tentang ulu hati di:
http://www.sherdog.net/forums/f11/can-you-ever-become-immune-solar-plexus-shot-1008631/

Selain ulu hati, sebenarnya masih banyak titik lemah di tubuh manusia seperti bawah rusuk di samping, atau atas rusuk di samping (dekat ketiak), atau tulang selangka (clavicula) [koreksi bila aku salah], tetapi seperti yang kubilang, dalam pertandingan tinju, pengetahuan titik lemah seperti itu gak berguna karena pakai sarung tinju. Pakai sarung tangan MMA gloves saja sulit menyerang bagian itu, apalagi sarung tinju.

Sebenarnya, kalau di beladiri tradisional, banyak cara untuk menyerang jarak dekat.
Pertanyaannya adalah, dalam arena tinju, cara apa yang legal.

Kingform
12-11-2012, 07:28 PM
^
kalo beladiri tradisional nyerang jarak deket gimana caranya?
yang gw tau cuman muaythai, pake lutut ama siku....cuman di tinju kan ga boleh nyerang pake kaki dan siku...;D

itsreza
12-11-2012, 07:32 PM
ini memang bukan tinju buat pertandingan ya?
kalau mau kasih impact ya jangan jarak dekat.
tapi stamina dan footwork harus bagus. kalau
bahas tinju dan nonton biasanya bapak selalu
semangat soalnya dulu pembina tinju amatir.
buat saya, daripada bertinju lebih baik berlari ;D

kandalf
13-11-2012, 12:13 AM
ini memang bukan tinju buat pertandingan ya?
kalau mau kasih impact ya jangan jarak dekat.
tapi stamina dan footwork harus bagus.

Justru karena itu kubatasi dengan tinju topiknya. Yang kumaksud tinju pertandingan.




^
kalo beladiri tradisional nyerang jarak deket gimana caranya?
yang gw tau cuman muaythai, pake lutut ama siku....cuman di tinju kan ga boleh nyerang pake kaki dan siku...;D

Masih bisa pakai badan, mendorong ke depan. Kalau terlatih, dorongannya bisa mantab. Tapi boleh kah di pertandingan tinju?
Masih juga bisa mendorong pakai tangan. Kalau terlatih, dorongannya bukan sekedar menjauhkan lawan tapi bisa membuat terlempar jauh. Tapi boleh kah di pertandingan tinju?
Masih bisa menggaet leher atau kepala dan menjatuhkannya (clinch). Kalau di MuayThai diperbolehkan. Tapi bolehkah di pertandingan tinju?

Tentu saja, kalau bukan pertandingan dan tidak pakai sarung tinju, kemungkinannya jauh lebih banyak. ::hihi::

Nah, yang kemarin dilakukan oleh Chris John adalah, menahan jarak dengan bahu dan lengan atas sebelah kiri. Kurang lebih seperti apa yang kugambar di atas. Apakah itu taktik yang wajar dalam tinju? Ataukah itu pengaruh dari latar belakang wushu-nya?

Videonya (kalau belum dihapus ama Youtube)

http://www.youtube.com/watch?v=ZyIrLfrt5sA

Neptunus
13-11-2012, 08:30 AM
gw rasa itu taktik chris john bwt buka ruang serangan. Selama pertandingan seinget gw dia banyak ngincer rahang ama idung. Makanya idung si lawan ngucur darah kena serangan tersebut. Cerdasnya taktik tersebut, Chris John malah ngasih badan, ngebuka defense area yg bahunya ga bwt nahan, jadi lawannya kepancing nyerang. IMHO

etca
13-11-2012, 08:39 AM
bahas juga dong yang tinju bukan pertandingan.
jadi kalau cewe mau nonjok pria br*ngsek, apanya yg ditonjok?
*atau gw kudu nanya ke cha_n yah? yg ude pengalaman nonjok copet di dalam bis :ninja:

Kingform
13-11-2012, 09:36 AM
Masih bisa pakai badan, mendorong ke depan. Kalau terlatih, dorongannya bisa mantab. Tapi boleh kah di pertandingan tinju?
Masih juga bisa mendorong pakai tangan. Kalau terlatih, dorongannya bukan sekedar menjauhkan lawan tapi bisa membuat terlempar jauh. Tapi boleh kah di pertandingan tinju?
Masih bisa menggaet leher atau kepala dan menjatuhkannya (clinch). Kalau di MuayThai diperbolehkan. Tapi bolehkah di pertandingan tinju?

Tentu saja, kalau bukan pertandingan dan tidak pakai sarung tinju, kemungkinannya jauh lebih banyak. ::hihi::

Nah, yang kemarin dilakukan oleh Chris John adalah, menahan jarak dengan bahu dan lengan atas sebelah kiri. Kurang lebih seperti apa yang kugambar di atas. Apakah itu taktik yang wajar dalam tinju? Ataukah itu pengaruh dari latar belakang wushu-nya?

Videonya (kalau belum dihapus ama Youtube)
http://www.youtube.com/watch?v=ZyIrLfrt5sA
kayaknya kalo mendorong pake tangan masih boleh....
sering gw liat petinju2 mendorong pake tangan buat melepaskan diri dari lawannya sekaligus jaga jarak

itu videonya pengen gw tonton...ternyata durasinya sejam.....::grrr::



bahas juga dong yang tinju bukan pertandingan.
jadi kalau cewe mau nonjok pria br*ngsek, apanya yg ditonjok?
*atau gw kudu nanya ke cha_n yah? yg ude pengalaman nonjok copet di dalam bis :ninja:
tendang aja selangkangannya.......cowo manapun akan langsung mules kalo selangkangannya kena serangan
ato kalo mau ninju, tinju aja rahangnya....tapi ya resiko tangan sendiri ikut sakit

kandalf
13-11-2012, 10:56 AM
Pertanyaan Etca cocok buat topik sendiri.
Buatku sih, bukan daerah vital mana yang harus diserang tetapi bagaimana caranya supaya si cowok brengsek lengah, tidak menyadari daerah vitalnya terbuka, dan ketika menyerang daerah vital tersebut, dia tidak sempat menangkis, menghindar, dsb.

AsLan
13-11-2012, 12:01 PM
Clinch bisa dipake buat istirahat sejenak bagi petinju yg sudah kelelahan.

Untuk petinju yg jangkauan nya panjang, Clinch dipakai untuk ngerjain lawan --> jarak jauh pukul2, pas lawan berhasil mendekat langsung di clinch,
seperti waktu Holyfield melawan Mike Tyson, akibatnya Tyson gak punya kesempatan memukul, atau Chris John waktu melawan Marques, Marques yg terkenal dengan pukulan yg sangat keras tidak bisa mengeluarkan pukulannya karena setiap kali dia berhasil masuk ke jarak pukul, dia sudah keburu di Clinch.

Masalah deteksi pukulan lawan itu didapat dari latihan, dari gerak gerik lawan sudah ketahuan pukulan apa yg akan keluar, atau pukulan baru mulai bergerak, tubuh kita sudah melakukan reflek defense/counternya.

Bahu depan biasa digunakan untuk mendorong lawan, atau melindungi dagu.
Itu sebabnya kemarin Chris John berani menurunkan tangan kirinya, karena biasanya seluruh wajah petinju itu tahan pukul, kecuali dagunya. Selain itu tangan diturunkan Chris mungkin untuk gaya2an karena sudah merasa diatas angin, di ronde2 akhir dia turunin 2 tangannya, gaya naseem hamed.

Meskipun petinju melatih perut/pinggangnya, bukan berarti bagian itu tahan pukul.
Daud Yordan pernah memukul KO lawannya di rusuk atau perut. Biasanya pukulan ke arah ini damagenya kumulatif, untuk beberapa pukulan pertama masih kuat ditahan, tapi kalau terus2an kena ditempat yg sama akhirnya jebol juga.

Biasanya pukulan ke arah badan digunakan kepada petinju yg sangat melindungi kepalanya, badannya dihajar terus sampai akhirnya terpaksa menurunkan tangan untuk melindungi badan, setelah itu baru kepalanya dihajar.

Daud Yordan pernah babak belur di hajar Cablero di rusuk yg sama berulang2.


http://www.youtube.com/watch?v=xShmBilpmVQ

---------- Post Merged at 12:01 PM ----------


bahas juga dong yang tinju bukan pertandingan.
jadi kalau cewe mau nonjok pria br*ngsek, apanya yg ditonjok?
*atau gw kudu nanya ke cha_n yah? yg ude pengalaman nonjok copet di dalam bis :ninja:

sebaiknya jangan mukul cowok, cowok yg gak bisa beladiri pun bisa menang mudah lawan cewek.

cewek bisa menang lawan cowok kalo memang punya hawa pembunuh dan sebilah pisau tersembunyi.


ini argumen yg dipakai oleh kelompok pendukung senjata api, menurut mereka kalau senjata api dilarang maka orang lemah akan ditindas oleh yg kuat,
tapi dengan senjata api maka seorang nenek2 bisa melawan segerombolan preman.

Kingform
13-11-2012, 12:38 PM
cewek bisa menang lawan cowok kalo memang punya hawa pembunuh dan sebilah pisau tersembunyi.


atau gw kudu nanya ke cha_n yah? yg ude pengalaman nonjok copet di dalam bis :ninja:

artinya chan punya hawa membunuh? :ninja:


:run:

AsLan
13-11-2012, 02:46 PM
Kalo ga salah korbannya chan jadi mandul sampe sekarang... Untung gak tewas...

kandalf
13-11-2012, 02:56 PM
Cha_n itu:
1. keturunan Minang; (cewek2 Minang udah dilatih galak pada cowok)
2. alumni SMU 70 Jakarta; udah biasa lihat darah dan cowok2 berantem..

Belum lagi kenyataan bahwa Cha_n itu bertubuh tinggi dan besar.

AsLan
14-11-2012, 12:43 AM
iya, kalo gak salah DF aja cuma sebahunya Chan ::ungg::