PDA

View Full Version : Sate Gluten



Parameswara Li
19-07-2012, 05:32 PM
Sate Gluten

Gluten bisa mengganti peran daging pada semua jenis masakan yang memakai daging. Sate gluten terbuat dari tepung terigu berkualitas dan dipadu dengan bumbu olahan yang menghasilkan cita rasa dan segi gizi yang sempurna. Hal ini menjadikan sate gluten pantas dikonsumsi bukan hanya oleh orang yang bervegetarian bahkan juga oleh mereka para pecinta kuliner.

Deskripsi
Bahan utama ini adalah Gluten

Bahan-Bahan
Terigu sebagai bahan gluten
Sedikit air untuk adonan
2 Liter air untuk merendam

Cara membuat Gluten
Buat adonan 2 kg tepung terigu. Ketika membuat adonan, tuangkan air kedalam adonan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diulen. Adonan siap direndam ketika sudah tidak lengket dengan tangan. Rendam adonan sampai air menutupi adonan secara keseluruhan. Biarkan satu malam atau minimal 2 jam. Cuci adonan sehingga yang tertinggal hanyalah protein terigu (Gluten). Rebus Gluten dan kemudian dipotong-potong sesuai keperluan, misalnya untuk sate, rendang dan lain-lain.

Bumbu
Kacang tanah, lombok besar dan kecil, Gula merah, kecap, daun salam, garam.

http://a5.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/205332_3699219313249_1137406192_n.jpg

Cara membuat Sate Gluten
Gluten dipotong-potong sesuai selera. Kalau untuk sate setelah dipotong-potong kemudian ditusuk lalu dibakar. Sambil memanggang olesi sate dengan minyak.
Kacang tanah digoreng lalu dihaluskan, bawang putih, cabai besar dan kecil dihaluskan, tumis bumbu, tambahkan sedikit air, masukkan daun salam dan kacang yang sudah dihaluskan. Aduk selama satu menit, tambahkan kecap dan gula merah lalu angkat.
Kemudian ditumis beserta daun salam.
Tambahkan kecap dan garam secukupnya, aduk sampai rata,
lalu angkat dengan segera (jangan dimasak lama-lama).

http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/309491_3699221193296_1355029025_n.jpg

etca
19-07-2012, 05:36 PM
wow, ini sate vegetarian itu yah?
terigunya bisa diganti yang laen ga? tepung sagu misalnya ::ungg::

Parameswara Li
19-07-2012, 05:50 PM
Kalau Gluten biasanya memang terbuat dari terigu. Kalau sagu mungkin nanti tidak bisa mengembang. Sebenarnya yang disebut gluten adalah protein yang terdapat dalam tepung yang berguna untuk mengembangkan adonan tepung setelah ditambah dengan air. Kalau Sagu dan Tapioka itu sepertinya tidak mengandung gluten, atau rendah sekali.

BundaNa
19-07-2012, 06:18 PM
etca alergi tepung terigu? kan ada yg terigu rendah protein

Parameswara Li
19-07-2012, 06:32 PM
Alergi tepung terigu ? Jadi selama ini kalau makan roti atau mie bagaimana ?

Untuk makanan vegetarian gluten juga sering diganti dengan jamur. Jadi mungkin sate jamur lebih cocok ::hihi::

Sate Jamur
http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/553642_3699242433827_1808774039_n.jpg

AsLan
19-07-2012, 10:50 PM
Beberapa orang tidak boleh makan gluten, termasuk penderita autis.

btw... per kilonya, gluten sama daging ayam tanpa tulang mana yg lebih mahal ya ?

ada gak ya tukang sate yg diem2 nyampur daging ayamnya dengan gluten ? ::ungg::

Parameswara Li
19-07-2012, 11:13 PM
btw... per kilonya, gluten sama daging ayam tanpa tulang mana yg lebih mahal ya ?


Kalo dihitung matangnya, jatuhnya mahal gluten karena susutnya banyak. Tapi makanan dari gluten ini kan digolongkan daging tiruan. Artinya adalah bahwa ini bukan makanan yang rutin dimakan oleh kaum vegetarian. Mereka makan ini cuma sesekali saja. Makanan yang normal sehari-hari ya sayuran dan olahan kacang-kacangan seperti kedelai.

Sama saja seperti orang makan kambing guling misalnya. Itu kan bukan makanan sehari-hari. Biasanya hanya ada untuk hajatan atau perayaan tertentu saja.



ada gak ya tukang sate yg diem2 nyampur daging ayamnya dengan gluten ? ::ungg::

Ya jelas tidak ada. Selain rugi juga cape di tenaga, menghabiskan waktu. Dan bisa ketahuan karena rasanya berbeda. Di restoran-restoran besar, makanan olahan dari gluten bisa mirip sekali rasanya dengan daging ayam karena diberi perasa ayam. Kalau hanya bumbu biasa saja, rasanya berbeda.

MoodPecker
19-07-2012, 11:16 PM
Nyokap gw sering tuh bikin gluten terus diolah macem2. Bistik lah, semur lah, asam manis, dsb.

Coba deh gluten dipotong2, terus digoreng, lalu siram saus untuk bistik gitu, enak ::cabul::::cabul::

lily
19-07-2012, 11:32 PM
Saya salah satu yang mengonsumsi ini...

Tiap minggu saya buat sendiri ::hihi::

Kenyal...

Parameswara Li
20-07-2012, 12:31 AM
Waduh Lily, jangan ngomong soal kenyal. Nanti kalau yang lain lihat, bisa langsung dibahas kemana-mana.
::hihi::

AsLan
20-07-2012, 12:33 AM
Waduh Lily, jangan ngomong soal kenyal. Nanti kalau yang lain lihat, bisa langsung dibahas kemana-mana.
::hihi::

terlambat...

---------- Post Merged at 11:33 PM ----------


Saya salah satu yang mengonsumsi ini...

Tiap minggu saya buat sendiri ::hihi::

Kenyal...

wah lily suka yg kenyal2 ya ?

lebih suka kenyal yg agak keras apa kenyal yg agak lembek ly ? ::ungg::

itsreza
20-07-2012, 01:22 AM
etca kalau mengkonsumsi terigu jadi hiperaktif ya? ::ungg::


terlambat...

dan mulai beralihlah pembicaraan thread ini ::hihi::

opera
20-07-2012, 08:38 AM
kenapa menu vegetarian lebih mahal daripada menu biasa ya?

---------- Post Merged at 07:38 AM ----------

kenapa menu vegetarian lebih mahal daripada menu biasa ya?

lily
20-07-2012, 08:53 AM
^^

Karena peminat ga banyak , dan mikirin variasi menu vegetarian lumayan menguras otak. Dan proses pembuatan yang harus diatur dan ditata sedemikian rupa , supaya menyerupai makanan aslinya... Dan biasanya yang dipake bahan terbaik... CMIIW...

---------- Post Merged at 07:53 AM ----------


wah lily suka yg kenyal2 ya ?

lebih suka kenyal yg agak keras apa kenyal yg agak lembek ly ? ::ungg::
Saya suka punya Koko Aslan apa adanya. Mau kenyal , lembek , keras , bole... :cinta:

opera
20-07-2012, 09:10 AM
waduh.. aku kluar dulu deh, bahasannya udah pake cium2 segala

ndugu
20-07-2012, 09:13 AM
Emang lily vegetarian ya?

lily
20-07-2012, 09:26 AM
^^

Enggak sih ndugu , saya makan daging juga , cuma ada sodara sepupu saya yang ciak jai , makanya saya belajar - belajar masak menu vegetarian , dan salah satunya sate gluten ini...

etca
20-07-2012, 09:31 AM
etca alergi tepung terigu? kan ada yg terigu rendah protein
egh enggak mbak, ga alergi ;D
buat sodara saya yang diharuskan dokternya mengurangi segala macem yang dari tepung terigu kok ;)


Alergi tepung terigu ? Jadi selama ini kalau makan roti atau mie bagaimana ?

sudah dijawab di atas ya ::bye::


etca kalau mengkonsumsi terigu jadi hiperaktif ya? ::ungg::
dan mulai beralihlah pembicaraan thread ini ::hihi::

hush! raja OOT nih ;D


^^

Enggak sih ndugu , saya makan daging juga , cuma ada sodara sepupu saya yang ciak jai , makanya saya belajar - belajar masak menu vegetarian , dan salah satunya sate gluten ini...
ciak jai apaan?

kalau diganti tepung beras gimana?
gw rada ga mudheng karakter pertepungan nih.

lily
20-07-2012, 09:36 AM
^^

Ciak jai makan menu vegetarian Ca...

Jadi ada yang punya tradisi "ciak jai" di hari tertentu. Pas hari itu , makannya menu sayur semua...

Kalo yang gluten ini , dia kan udah di pack dalam bungkus Ca , isinya banyak , jadi kita udah ga usah ngolah bentuk bulet lagi , udah tinggal cemplung in air , jadi deh...

# lo ??? Tapi di atas itu kok buat sendiri ya adonan nya ??? Biasa saya udah beli yang bungkusan di supermarket...

ndugu
20-07-2012, 09:38 AM
Emang gluten bisa disubstitusiin dengan tepung2 laen selain terigu ya? Istilahnya tetep sama?


ciak jai apaan?

Setau saya sih, artinya ga makan daging, alias vegetarian.
Kan, ly? :cengir: saya nyebutnya 'ciak ce' sih, bukan jai. Beda dialek kali. Itu Hokkian ya, lily?

lily
20-07-2012, 09:43 AM
^^

Iya saya Hokkian , ndugu apa ?

ndugu
20-07-2012, 09:50 AM
Tiociu
Emang gimana nentuin kapan2 aja menunya vegetarian? Saya inget ada temenku dulu yang praktek gitu juga, vegetarian selektif di hari2 tertentu, tapi ga ngerti kapan2 aja baru puasa pantang gitu.

Ngomong2, lily glutennya instan toh, padahal kan menu di atas manual tuh bikinnya :cengir: bisa dibikin jadi playdoh ga? Lol

lily
20-07-2012, 10:15 AM
^^

Nanti saya tanyain yang bersangkutan dulu ya , soalnya kalo saya , terserah saya kapanpun saya mau ciak jai , saya ciak jai ::hihi::

Ga bisa jadi playdoh , ga bisa dibentuk itu , cuma 1 bentuk dia , bulet ::hihi::

Lha iya , saya baru nyadar yang dimaksud om Pli itu yang manual pas komen ke etca , saya biasa beli instan...

Saya ga betah pas bakar nya , bolak balik biar ga gosong...

fullmoonflower
20-07-2012, 10:38 AM
ada gak ya tukang sate yg diem2 nyampur daging ayamnya dengan gluten ? ::ungg::

setahu gw malah ada tukang mie ayam yang mencampur daging ayamnya dengan daging ayam sintetis yang biasa untuk makanan anjing ::ungg::

---------- Post Merged at 09:36 AM ----------

gw vegetarian dari umur 8 tahun... :manis:

tapi karena kondisi memaksa, saya jadi sempat masih mau makan ayam dan daging olahan (sosis, burger, baso) selama usia pernikahan... kalau daging asli (bukan olahan), saya tidak bisa makan, karena tidak bisa menelannya, meski sudah digiling...
tapi ternyata memakan yang berunsur binatang membuat kesehatan saya jadi menurun, padahal sebelumnya saya tidak pernah sakit sama sekali, meskipun cuma flu :iamdead:

setelah cerai, saya kembali jadi vegetarian... berasa fresh lagi deh :luck:
tapi dalam kondisi terpaksa, misalnya kalau bertamu, terkadang saya masih memaksakan diri makan ayam atau udang... selain 2 itu, tidak lagi... :)

---------- Post Merged at 09:38 AM ----------

resep daging gluten ini perlu dicoba deh :-bd

lily
20-07-2012, 11:07 AM
^^

kesimpulannya : jadi vegetarian lebi bagus ya bun daripada makan daging ? saya sering sakit soalnya...

Bi4rain
20-07-2012, 02:34 PM
^ loh...lily hokkian yah? sama dong, tapi gw juga nyebut vege itu ciak je ;D

oya, makanan vegetarian lebih mahal khususnya menu yg dibuatmenyerupai makanan non-vegetarian (klo sayur mah engga).
kenapa?
karena butuh bahan dan kerja yg lebih banyak.
adik gw pernah buka kateringan vege sewaktu kuliah di jogja, en dari bahan tepung/gluten cmiiw
yang tadinya banyak itu bakal di istilahnya 'cuci' sampe tinggal sedikit sehingga kenyal, en itu yang akhirnya dimasak
sori penjelasannya mungkin kurang jelas karena gw juga diceritain sih......

btw, klo makanan vegetarian yg menyerupai non-vegetarian klo dikasih bumbu ayam lagi ga kenapa tuh?
soalnya bumbu masakan rasa ayam/sapi gitu katanya bubuknya dari gilingan tulang sumsum
jadi apa ga menyalahi tujuan bagi yg vegetarian karena masalah keaagamaan yah?

danalingga
20-07-2012, 03:03 PM
Ayo donk dibuat thread makanan vege
secara gue walau dah nggak vege
tapi sekali2 kangen makanan vege
tapi bingung nyari di mana.

lily
20-07-2012, 03:06 PM
@Bi4rain :

Asikkkkk... Sama...

Padahal Hokkian buanyak ::ngakak2::

Marga mu apa Bi ?

Kalo saya sih masak ga pernah pake bumbu ::hihi::

Jadi ya rasanya murni asli yang dimasak itu... Tapi enak kok ::hihi::

Bi4rain
20-07-2012, 03:50 PM
lah..gw pusing klo ditanyain marga abis ga kenal aksara (buta huruf gw ;D)
marganya klo di hongkong sebutannya Lui. klo mandarinnya 'lu' kali ya?
lu lu gw gw ;D

etca
20-07-2012, 04:08 PM
Lha iya , saya baru nyadar yang dimaksud om Pli itu yang manual pas komen ke etca , saya biasa beli instan...

Saya ga betah pas bakar nya , bolak balik biar ga gosong...
lii, beli instant biasanya di mana? trus di areal apa?

serius nih pengen jajalin... tapi keknya kalau dipikir2
gw coba yang bikin manual yah,
pengen beli jamur kancing juga.
hmmm ude kebayang kecium aromanya nih..
*imanjinasi yang terlalu liar ::doh:: ;D

etca
20-07-2012, 04:09 PM
ahh lupaaa..
ntar pulang gawe mau mamam yogurt ama temen sekantor.
ga bisa mampir belanja ::grrr::

Parameswara Li
21-07-2012, 12:49 AM
ciak jai apaan?


Sebagian besar orang Hokkian menyebutnya Ciak Cay [吃菜]. Arti Sebenarnya adalah "Makan Sayur". Cay (sayur) seperti dalam nama masakan Cap Cay [十菜]. Istilah ini kemudian dipakai untuk meyebut vegetarian.




kalau diganti tepung beras gimana?
gw rada ga mudheng karakter pertepungan nih.

Tepung beras tidak mengandung gluten. Fungsi gluten adalah untuk mengembangkan adonan.


Tiociu
Emang gimana nentuin kapan2 aja menunya vegetarian? Saya inget ada temenku dulu yang praktek gitu juga, vegetarian selektif di hari2 tertentu, tapi ga ngerti kapan2 aja baru puasa pantang gitu.


Salah satu momen yang mengharuskan berpantang daging adalah Sembahyang King Ti Kong [敬天公] . Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 9 bulan pertama (Imlek). Setiap orang yang melakukan sembahyang ini harus berpantang daging. Puasa makan dagingnya dilaksanakan dari hari ke 4 sampai hari ke 9.



btw, klo makanan vegetarian yg menyerupai non-vegetarian klo dikasih bumbu ayam lagi ga kenapa tuh?
soalnya bumbu masakan rasa ayam/sapi gitu katanya bubuknya dari gilingan tulang sumsum
jadi apa ga menyalahi tujuan bagi yg vegetarian karena masalah keaagamaan yah?

Perasa ayam itu ada yang alami ada yang sintetis. Yang alami juga tidak selalu harus dari hewan yang bersangkutan, karena bisa dibuat dari campuran bumbu-bumbu seperti jahe,kunyit dsb dan ekstrak tumbuhan seperti jamur atau rumput laut. Untuk yang sintetis, bisa berasal dari sintetis bahan-bahan kimia yang berasal dari turunan minyak bumi. Bahan-bahan tersebut memiliki karakter seperti penyusun rasa tertentu, atau berbagai asam amino yang melalui suatu reaksi bisa menyerupai rasa daging.

fullmoonflower
21-07-2012, 02:46 AM
^^

kesimpulannya : jadi vegetarian lebi bagus ya bun daripada makan daging ? saya sering sakit soalnya...

tidak selalu juga...
tergantung kebiasaan... :)

selain itu juga blood type juga ngaruh :)
misalnya blood type A, memang cocok banget untuk menjadi vegetarian
blood type O sebaiknya banyak makan daging, tapi saya sudah terbiasa vegetarian.. namun untuk pengimbang, saya terkadang makan ayam atau udang :)

lily
21-07-2012, 08:47 AM
@etca : Ca namanya Proteina , coba Etca buka www.tokovegan.com , disana complete serba vegetarian. Kalo saya beli di toko kue dekat rumah Ca.

@om Pli : makacih ya om Pli udah jelasin... :)

@ndugu : itu penjelasannya om Pli hihihi... Pas sembahyang itu tuh :) cuma kalo saya setiap minggu sekali selalu buat sate itu ::hihi::

@FMF : bun saya golongan darah A , berarti cocok jadi vegetarian ya... makacih bun :)

ndugu
21-07-2012, 01:25 PM
Wah, saya bukan a bukan o nih
Tapimasa sih tergantung jenis golongan darah ya. Kok kayanya korelasinya jauh. Kesanku. ;D

P-li, saya mo nanya2 lagi nih tentang istilah itu dan tradisinya. Prasaan Cai dari ciak cay bukan dari kata 'sayur' 菜 deh. Intonasinya beda. Jadi saya rasa itu dua huruf yang berbeda. Kita ke forum bahasa aja ya :cengir: ot di sini

BundaNa
21-07-2012, 01:34 PM
eh itu tepung terigu ga bisa diganti tepung gandum ato tepung kentang? teman bilang buat yang non guleten bagusnya pake dua tepung itu

Bi4rain
21-07-2012, 06:51 PM
Parameswara Li: oh, thanks.

Fullmoon: klo 2 golo darah lainnya gimana?? *penasaran*

ndungu: gw kira ciak ching / ciak je (bervegetarian) bukan ciak chai (makan sayur) *sori hanyupinyinnya ngaco*

---------- Post Merged at 05:51 PM ----------

Oya, klo disini makan vegetarian 2x sebulan itu penanggalan kalendar Lunar tanggal 1 (chue it) dan 15 (chue go) karena bertepatan dengan sembahyang dewa.

ndugu
21-07-2012, 09:06 PM
bi4rain: iya, dua istilah itu juga buatku istilah yang berbeda :cengir: ciak chai (makan sayur), ciak je (vegetarian), ato ciak cheng (makan tawar). kamu ada di mana bi4rain?

saya sendiri ga pernah pantang daging gitu sih pas kalendar lunar gitu. dulu saya paling ngikut keluarga pantang daging ala katolik pas perayaan lent aja yang 40 hari itu, dan itu pun cuman seminggu sekali (jumat). :cengir:

Bi4rain
21-07-2012, 10:17 PM
saya asalnya dari Wang Jia Li (bengkalis di kepri). ndugu, p-li, dan lily asli mana?

lily
21-07-2012, 10:41 PM
Saya lahir di Surabaya. Ortu Makassar. Saya tinggal pindah - pindah -> Surabaya - East Timor - Melbourne...