PDA

View Full Version : [Berita] Ketua MK: Ateis dan Komunis Diperbolehkan



Einhalt Stratos
11-07-2012, 01:56 AM
http://nasional.kompas.com/read/2012/07/10/22113452/Ketua.MK.Atheis.dan


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menyatakan, keberadaan golongan penganut ateis dan komunis di Indonesia diperbolehkan. Hal tersebut mengacu pada konstitusi bahwa kebebasan harus dianggap setara.

"Semenjak ada MK, kebebasan individu ateis dan komunis bebas menjalankan apa yang dianutnya di Indonesia. Tapi mereka tidak boleh mengganggu kebebasan orang lain, terutama orang yang menganut agama tertentu. Kebebasan harus dianggap sama," ujar Mahfud MD di sela-sela konferensi pers kedatangan Angela Merkel di MK, Jakarta, Selasa (10/7/2012).

Menurut Mahfud, pelarangan terhadap keberadaan individu ateis dan komunis melanggar hak asasi manusia. Begitu juga bahwa penganut ateis dan komunis, mereka tidak boleh mengganggu keberadaan individu beragama.

Pernyataan dari Mahfud yang memperbolehkan seorang ateis dan komunis hidup di Indonesia didasarkan pada pertanyaan eksplisit Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang menyinggung kebebasan beragama dan proses demokratisasi di Indonesia.

Pelarangan atas keberadaan individu ateis ataupun komunis adalah sama saja dengan melanggar upaya penegakan HAM dan demokratisasi yang sedang berjalan di Indonesia.

Editor :Tri Wahono


Gimana yang lain menyikapi nya ya ;D

Ronggolawe
11-07-2012, 02:06 AM
http://nasional.kompas.com/read/2012/07/10/22113452/Ketua.MK.Atheis.dan



Gimana yang lain menyikapi nya ya ;D

yang lain ini maksudnya sapa?
KM'ers?

Di KM ada beberapa yang mengaku Atheist, dan
gw biasa saja :)

Einhalt Stratos
11-07-2012, 02:14 AM
Bukan KM-ers, tapi petinggi agama lain (macam MUI dll)

Ya garis besar nya aja buat negara ini.

Yuki
11-07-2012, 02:29 AM
yg jelas isu seperti ini bakal rame di negara ini

tapi saya mah kalo mau ribut rasanya udah cape

AsLan
11-07-2012, 02:37 AM
komunis masih laku ya ? ::hihi::

kalo ateis iya, banyak.

sedgedjenar
11-07-2012, 03:41 AM
Bagus, pertanda kiamat makin dekat
Jaman huru hara

Yg paling kebakaran jenggot ya paling kaum-kaum berjenggot. Kalo yg gak berjenggot sih apanya yang mau kebakar?

::ngakak2::

ndableg
11-07-2012, 04:22 AM
Sebenernya sih ga usah pake diomongin ya. Karena ini malah akan menyulut yg tadinya biasa2 saja, jadi ikut kebakaran jenggot. Itu juga kalo punya sih.

Toh prakteknya jg ga nape.. buktinya si purba cengengesan wae.

Ronggolawe
11-07-2012, 06:34 AM
Bukan KM-ers, tapi petinggi agama lain (macam MUI dll)

Ya garis besar nya aja buat negara ini.
emangnya ada ya "petinggi" dalam lembaga-lembaga
agama?
gw mencium aroma-aroma ketidak-sukaan nih :)

Lembaga-lembaga keagamaan setahu gw cuma ber
kepentingan untuk ngurusin kepentingan umatnya.
Yang bukan urusan umatnya, ngapain diurusi?

Einhalt Stratos
11-07-2012, 09:37 AM
Sebenernya sih ga usah pake diomongin ya. Karena ini malah akan menyulut yg tadinya biasa2 saja, jadi ikut kebakaran jenggot. Itu juga kalo punya sih.

Toh prakteknya jg ga nape.. buktinya si purba cengengesan wae.

Ga usah diomongin -> takutnya aturan tidak jelas dan main hakim sendiri. IMO tetap perlu dijelaskan sampai mana aturan tsb mencakup sehingga tidak salah kaprah.


emangnya ada ya "petinggi" dalam lembaga-lembaga
agama?
gw mencium aroma-aroma ketidak-sukaan nih :)

Lembaga-lembaga keagamaan setahu gw cuma ber
kepentingan untuk ngurusin kepentingan umatnya.
Yang bukan urusan umatnya, ngapain diurusi?

Yah salah kata, maksudnya "lembaga agama" nya, maaf, ngga ada niat apapun koq.

Dan saya hanya bilang respon, bukan aksi. Itu juga pertanyaan, bukan pernyataan.

BundaNa
11-07-2012, 10:29 AM
ya kalo Lembaga agama jelas lah sikapnya, gak setuju dan menghujat. Itu kan emang kerjaan mereka mengingatkan umatnya.


Asal...jangan anarkis

itsreza
11-07-2012, 10:53 AM
urusan keyakinan sih ga masalah, selama ga saling mengganggu

E = mc˛
11-07-2012, 01:09 PM
jadi kalo kolom agama di KTP gak diisi, boleh? :-?

Nowitzki
11-07-2012, 01:28 PM
itu masih pendapat pribadi apa sudah ada perubahan konstitusi?
karena sama aja kalo cuma ngomong ke publik,
tapi konstitusinya belum diubah

Yuki
11-07-2012, 02:10 PM
mau diperbolehkan, mau tidak diperbolekan, ateis sudah ada di indonesia ini kan?

so, masalahnya apa?

Einhalt Stratos
11-07-2012, 02:40 PM
itu masih pendapat pribadi apa sudah ada perubahan konstitusi?
karena sama aja kalo cuma ngomong ke publik,
tapi konstitusinya belum diubah

Minimal ada kemajuan, kalau sudah bisa pakai HAM untuk membela diri.

Ini negara HAM kan? ;D

Alip
11-07-2012, 03:17 PM
Kok komunis dan atheis dijadikan satu paket sih? Yang satu soal ekonomi dan yang lain soal keyakinan ketuhanan.

Anyway, saya sih sepakat bahwa atheis boleh ada dan selayaknya dilindungi hak-haknya di Indonesia.
Tapi berarti ketentuan mengenai agama yang diakui pemerintah harus diubah ya? Ketentuan itu ada di level apa sih? Undang-undang atau peraturan pemerintah?

Itu loh, yang pernah kita pelajari waktu PMP dulu...::erm::

Bi4rain
11-07-2012, 06:52 PM
yang ateis boleh mencantumkan keyakinannya ga di KTP?

pasingsingan
11-07-2012, 08:12 PM
yang ateis boleh mencantumkan keyakinannya ga di KTP?
atau
klo perlu gak usah ada kolom agama di ktp yak
biarlah menjadi privacy masing2 individu
jika memang undang2nya akan mengkonsider hal tsb :-?

Ronggolawe
11-07-2012, 08:16 PM
UUD 1945 menjamin kebebasan beragama dan beri
badah sesuai dengan agama masing-masing. Tapi
tidak ada jaminan kebebasan tidak beragama :)

::hohoho::::hohoho::::hohoho::::hohoho::::hohoho::

purba
11-07-2012, 11:42 PM
UUD 1945 menjamin kebebasan beragama dan beri
badah sesuai dengan agama masing-masing. Tapi
tidak ada jaminan kebebasan tidak beragama :)

::hohoho::::hohoho::::hohoho::::hohoho::::hohoho::

Beragama tidak sama dengan bertuhan. :))

beastmen85
12-07-2012, 01:01 AM
katepe boleh islam, beribadah jg blh ngislam

tp kepercayaan, keyakinan dan ketuhanan sakarepe dewe
*ngikik

Ronggolawe
12-07-2012, 02:48 AM
Beragama tidak sama dengan bertuhan. :))
di KTP cuma ada kolom agama, bukan (ber)Tuhan :)

::hohoho::::hohoho::::hohoho::

purba
12-07-2012, 11:54 AM
di KTP cuma ada kolom agama, bukan (ber)Tuhan :)

::hohoho::::hohoho::::hohoho::

Maka dari itu, mau bertuhan atau tidak, maka tidak melanggar peraturan.

Kalo KTP menuntut isian pada kolom agama, ya isi aja cap cip cup... Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Katolik, dan Konghucu.

Pada passport Indonesia pun tidak ada informasi agama.

Gw aja kalo lagi isi formulir yg nuntut isian agama, gw isi aja cap cip cup... :))

Einhalt Stratos
12-07-2012, 12:04 PM
yang ateis boleh mencantumkan keyakinannya ga di KTP?

Di KTP tidak ada kolom keyakinan ;D

Lagipula kalau misalnya memang semuanya sama, kolom Agama di KTP memang sebenarnya "negligible" kan

red_pr!nce
19-08-2012, 02:28 PM
Dilarang atau tidak, kita tetap atheist, dan kita bangga menjadi atheist. :D

meliakh
19-08-2012, 07:50 PM
^ kenapa harus bangga?
being an atheist is not an accomplishment.. sama juga beragama
justru 'kebanggaan' nenteng predikat beragama A, B, C yang sering bikin masalah

ndableg
19-08-2012, 09:15 PM
Maka dari itu, mau bertuhan atau tidak, maka tidak melanggar peraturan.

Kalo KTP menuntut isian pada kolom agama, ya isi aja cap cip cup... Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Katolik, dan Konghucu.

Pada passport Indonesia pun tidak ada informasi agama.

Gw aja kalo lagi isi formulir yg nuntut isian agama, gw isi aja cap cip cup... :))

cap cip cup atoo.. milih yg paling menguntungkan? :evilgrin:

Asum
21-08-2012, 10:02 AM
UUD 1945 menjamin kebebasan beragama dan beri
badah sesuai dengan agama masing-masing. Tapi
tidak ada jaminan kebebasan tidak beragama :)

::hohoho::::hohoho::::hohoho::::hohoho::::hohoho::

http://3.bp.blogspot.com/_zlvspYwBgRE/TOYCezFHosI/AAAAAAAAACY/Nw0grdfWspc/s1600/pancasila1.jpg
Bener juga, Pancasila selaku ideologi dasar negara Indonesia mengatur bahwa warga Indonesia itu harus berideologi ketuhanan yang maha esa. <<== ini mungkin harus lebih dieksplor dan dipahami (http://ml.scribd.com/doc/9137527/Makna-Sila-Ke-Tuhanan-Yang-Maha-Esa) dengan lebih mendalam lagi. :ngopi:

red_pr!nce
29-08-2012, 12:18 PM
^ kenapa harus bangga?
being an atheist is not an accomplishment.. sama juga beragama
justru 'kebanggaan' nenteng predikat beragama A, B, C yang sering bikin masalah

Kebanggaan yang sama seperti kebanggaan meyakini Tuhan dan masuk surga. :)
Tapi kalau atheis gak meyakini Tuhan, gak masuk surga, dan gak masuk neraka juga.

Lalu kalo udah mati, pergi ke mana dunk? Jawabannya tergantung atheisnya. :D
Kalo atheis macam gw, ya kalo udah mati, reinkarnasi lagi jadi makhluk hidup tergantung karma masing-masing.

Ronggolawe
29-08-2012, 02:13 PM
emangnya atheis boleh spiritualis?

sedgedjenar
29-08-2012, 03:32 PM
Kebanggaan yang sama seperti kebanggaan meyakini Tuhan dan masuk surga. :)
Tapi kalau atheis gak meyakini Tuhan, gak masuk surga, dan gak masuk neraka juga.

Lalu kalo udah mati, pergi ke mana dunk? Jawabannya tergantung atheisnya. :D
Kalo atheis macam gw, ya kalo udah mati, reinkarnasi lagi jadi makhluk hidup tergantung karma masing-masing.

surga-neraka itu proses yang dialami oleh semua mahluk dunia (termasuk manusia)
mau atheist apa bukan, mau islam, ahmadiyah, syiah, kristen, buddha, majusi
semuanya bakal masuk terminal surga-neraka
kalo trayeknya masih panjang, ntar bakal balik-balik terus ke terminal surga-neraka

sama halnya dengan karma
kalo lu bilang karma, maka orang beragama sebutnya pahala-dosa
nah kalo mansuia mati ya tergantung kualitasnya, tergantung karma, tergantung tabungan pahalanya ntar setelah mati akan gimana
jadi mau atheist apa nggak, prosesnya ya sama aja

red_pr!nce
29-08-2012, 03:35 PM
emangnya atheis boleh spiritualis?

Kalau atheis itu kan tidak mengakui adanya Tuhan, tapi boleh mengakui adanya hukum-hukum alam, seperti hukum tabur-tuai, sebab akibat, dll. :D

pasingsingan
29-08-2012, 03:40 PM
Kalo atheis macam gw, ya kalo udah mati, reinkarnasi lagi jadi makhluk hidup tergantung karma masing-masing.
LHO!
bgmn orang sudah mati bisa tau bakal reinkarnasi?

red_pr!nce
29-08-2012, 03:53 PM
Sudah banyak riset ilmiah yang membuktikan bahwa reinkarnasi benar-benar ada.

sedgedjenar
29-08-2012, 04:08 PM
kayaknya nih red prince atheist karena lingkungan ya ?
atheist yg masih ikutan trend temen-temen kebanyakan

cara bicaranya mirip-mirip sama yang beragama karena ikut-ikutan

red_pr!nce
29-08-2012, 04:12 PM
Kalo atheis aja ikut-ikutan, jadi sebenernya gw ini apa dong ya aslinya? :D

Alethia
29-08-2012, 04:15 PM
"kalau aku bukanlah aku, lalu siapa aku sebenarnya?" kata2 dari pilem:D

BundaNa
29-08-2012, 04:25 PM
Sudah banyak riset ilmiah yang membuktikan bahwa reinkarnasi benar-benar ada.

link dong link

si purba percaya reinkarnasi?

red_pr!nce
29-08-2012, 05:30 PM
http://reluctant-messenger.com/reincarnation-proof.htm

mobyokuzan
29-08-2012, 05:47 PM
link dong link

si purba percaya reinkarnasi?

ga semua org atheist seperti purba.

dibuku journey of soul dan destiny of soulnya dr newton PhD juga pernah dibahas masalah reinkarnasi melalui teknik regresi.


http://www.youtube.com/watch?v=0QDT58Q6Zxo

danalingga
29-08-2012, 05:50 PM
kayaknya nih red prince atheist karena lingkungan ya ?
atheist yg masih ikutan trend temen-temen kebanyakan

cara bicaranya mirip-mirip sama yang beragama karena ikut-ikutan

Kalo nggak ikut2an itu yang sudah membuktikan bahwa Tuhan itu tidak ada ya kop?

Ronggolawe
29-08-2012, 06:41 PM
Sudah banyak riset ilmiah yang membuktikan bahwa reinkarnasi benar-benar ada.

hahahaha.... pseudo science nya atheis :)

pasingsingan
29-08-2012, 09:03 PM
waah ...
ntar makin jaoh neh melencengnya


kembali ke leptop:

MK mengakomodir atheist n komunisme
brarti kedua paham tsb secara konstitusi diakui sbg paham
atau semacam kepercayaan dong ya :D

red_pr!nce
29-08-2012, 10:19 PM
Seperti pemikiran mungkin? Sama seperti liberalisme dan kapitalisme saja.

Ronggolawe
29-08-2012, 10:33 PM
waah ...
ntar makin jaoh neh melencengnya


kembali ke leptop:

MK mengakomodir atheist n komunisme
brarti kedua paham tsb secara konstitusi diakui sbg paham
atau semacam kepercayaan dong ya :D

MK ngga punya wewenang mengubah Konstitusi,
Mbah :)

meliakh
31-08-2012, 07:06 PM
bedain paham individu dan paham negara dongs
kalo semua orang kudu 1 paham, bukannya itu practically komunis?

purba
31-08-2012, 08:49 PM
Sudah banyak riset ilmiah yang membuktikan bahwa reinkarnasi benar-benar ada.

Riset ilmiah yg mana?

:))

red_pr!nce
31-08-2012, 08:50 PM
bedain paham individu dan paham negara dongs
kalo semua orang kudu 1 paham, bukannya itu practically komunis?

Bagi negara, gak boleh ada paham individu yang bertentangan dengan paham negara. ;D

Pencari Kebenaran
01-09-2012, 04:41 PM
Menurut saya itu pendapat pribadi Bapak Mahfud MD saja, mengingat beliau adalah seorang yang menghargai pluralisme dan HAM.
Tidak demikian hal nya dengan tokoh lain terutama tokoh agama. Apalagi dengan masyarakat luas Indonesia yang kebanyakan masih awam dan "abangan" /ikut-ikutan dalam hal seperti ini, pastilah akan menolak dengan keras eksistensi atheis (karena bisa merusak aqidah dan keimanan serta menyebabkan kesesatan<<<-- menurut mereka). Di Indonesia hal seperti ini sepertinya sulit bisa terjadi apalagi dasar negara kita adalah pancasila, dimana sila pertama berbunyi : KeTuhanan yang Maha Esa, yang artinya adalah bangsa ini berlandaskan kepada kepercayaan terhadap Tuhan.
Ini adalah salah satu kelemahan dari sistem demokrasi dimana suara terbanyaklah yang menang. jadi buat yang atheis terima aja apa adanya dan nyengir saja ::hihi::. ndak usah berpikir yang macam-macam. ::maap::

jaga_manis
21-02-2013, 06:44 PM
klo fpi aja boleh, apa lg cuma komunis dan atheis