PDA

View Full Version : Agama Yang Sempurna



keremus
15-03-2011, 09:00 AM
Mengambil contoh dalam agama Islam, bagi pemeluknya, Islam itu adalah
agama yang sempurna karena menyediakan segala tuntunan hidup di dunia
ini baik yang berupa nilai-nilai atau yang bersifat teknis. Ada ayat yang
menyatakan 'Hari ini telah Kusempurnakan agamamu". Tapi menurut
hemat saya, mungkin makna sempurna di sini adalah selesai.


Pemeluk agama lain rasanya juga menganggap agamanya sempurna dan
terbaik.


Saya bertanya-tanya :

1. Sesungguhnya, bagaimana Agama Yang Sempurna itu ?
2. Apa kelebihan antara agama-agama itu sehingga dianggap sempurna?
3. Jika agama itu sempurna, apakah berarti agama itu selesai ?
Dalam arti ditafsirkan dan dipahami lebih aktual ?


Ketika membanding-bandingkan agama, saya merasa agama-agama yang
saya pelajari itu, dalam ukuran subyektif saya, rasanya tidak sempurna.
Mereka semua memiliki kekurangan.


Atau, bisa jadi, otak saya memang yang kurang sempurna:D

AsLan
15-03-2011, 11:29 AM
Ada cerita tentang Cincin Pusaka.

Ada seorang Pria memiliki Cincin Pusaka peninggalan leluhurnya, Cincin ini dulunya diberikan langsung oleh Tuhan dan harus diwariskan turun temurun.

Cincin ini khasiatnya adalah "Siapapun yg memakainya akan mengasihi Tuhan dan mencintai sesama manusia"

Menjelang ajal, pria ini kesulitan karena ia memiliki 3 anak yg semuanya ia cintai, maka ia membuat 2 cincin palsu lalu membagikan 3 cincin tersebut kepada anak2nya.

Permasalahannya, siapakah dari anaknya yg memperoleh cincin asli ?

Jawabannya mudah, meskipun semua ngotot mengakui bahwa cincinnya asli, namun yg benar2 asli adalah yg mendapat khasiat dari Cincin asli tersebut yaitu yg "Mengasihi Tuhan dan mencintai Sesama manusia"

Banyak agama didunia ngotot bahwa merekalah agama asli, namun agama yg benar2 asli punya 2 ciri yg tak bisa dipalsukan oleh agama apapun yaitu membuat pemeluknya : Mengasihi Tuhan dan mencintai sesama manusia.

fullmoonflower
16-03-2011, 09:49 AM
Banyak agama didunia ngotot bahwa merekalah agama asli, namun agama yg benar2 asli punya 2 ciri yg tak bisa dipalsukan oleh agama apapun yaitu membuat pemeluknya : Mengasihi Tuhan dan mencintai sesama manusia.

seperti KHA Dahlan pernah bilang kepada anak-anak dan murid-muridnya bahwa : "Agama itu memberi ketentraman bagi pemeluknya dan bagi pemeluk agama lain.. jadi orang yang BERAGAMA SECARA BENAR adalah orang yang merasa tentram dengan agamanya sendiri dan bisa memberikan rasa tentram kepada orang-orang di sekitarnya dan pemeluk agama lain"

AsLan
16-03-2011, 10:15 AM
Yup, Jangan tertipu dengan penampilan luar.
Tak peduli seberapa hebat kita dalam berdebat ayat2 kitab suci, seberapa tinggi posisi kita dalam organisasi keagamaan, seberapa banyak pengikut kita, tetap saja ciri2 agama yg benar tidak bisa dipalsukan.

Kalau cinta kepada Tuhan membuat kita membenci sesama (fanatisme/extrimisme) maka kita berada dijalur yg salah.
Kalau cinta kepada manusia membuat kita membenci Tuhan (atheisme/humanisme) maka kita berada dijalur yg salah juga.

BePe
16-03-2011, 04:23 PM
emang ada agama yang sempurna ya ga?
kalo menurut ane sih itu semua klaim klaim marketing aja:)>-
semua mengaku sempurna, semua mengaku yang paling baik dan paling benar, ada yang mengaku datang dari langusng dari langit ada yang mengaku scientific
benar ato tidaknya, sempurna atau tidaknya menurut ane kagak ada yang tahu gan.
jangan jangan dahulu jaman pagan mereka juga mengaku ajarannya paling sempurna, jaman politeisme juga mengaku paling sempurna karena tuhannya paling lengkap. tapi buktinya sampai sekarang ajaran agama berkembang terus. setiap saat muncul variasi dari agama agama yang sudah mapan. bukan tidak mungkin besok muncul lagi ajaran agama yang dianggap lebih sempurna lagi.
tapi nubie sepakat ma agan aslan, yang penting jangan sampai kecintaan pada agama membuat orang tetap menghormati sesama manusia.
itu menurut ane gan,yang penting damai gan :musik:

danalingga
16-03-2011, 07:30 PM
Agama yang sempurna menurut saya adalah agama yang dapat mengantar pemeluknya kepada Tuhan -- lebih sempurna lagi jika pengantaran tersebut berhasil selagi masih hidup, nggak mesti nunggu jadi bangkai dulu.

satmata
17-03-2011, 05:12 PM
lagian agama kan adanya cuma di indonesia...........

Dan yang sempurna cuma......."Dia".....

kandalf
17-03-2011, 05:37 PM
Agama yang sempurna bagaikan pohon yang akarnya kuat, batangnya tak mudah patah, daunnya rimbun melindungi yang berteduh di bawahnya, dan buahnya memberi manfaat.

Lupa siapa yang mengatakan itu.

ndableg
18-03-2011, 01:28 AM
agama yg sempurna itu agama yg berhasil mengatur ketidakteraturan.. a gama..

beastmen85
04-04-2011, 06:59 PM
Ada cerita tentang Cincin Pusaka.

Ada seorang Pria memiliki Cincin Pusaka peninggalan leluhurnya, Cincin ini dulunya diberikan langsung oleh Tuhan dan harus diwariskan turun temurun.

Cincin ini khasiatnya adalah "Siapapun yg memakainya akan mengasihi Tuhan dan mencintai sesama manusia"

Menjelang ajal, pria ini kesulitan karena ia memiliki 3 anak yg semuanya ia cintai, maka ia membuat 2 cincin palsu lalu membagikan 3 cincin tersebut kepada anak2nya.

Permasalahannya, siapakah dari anaknya yg memperoleh cincin asli ?

Jawabannya mudah, meskipun semua ngotot mengakui bahwa cincinnya asli, namun yg benar2 asli adalah yg mendapat khasiat dari Cincin asli tersebut yaitu yg "Mengasihi Tuhan dan mencintai Sesama manusia"

Banyak agama didunia ngotot bahwa merekalah agama asli, namun agama yg benar2 asli punya 2 ciri yg tak bisa dipalsukan oleh agama apapun yaitu membuat pemeluknya : Mengasihi Tuhan dan mencintai sesama manusia.

kontradiksi

jika Tuhan maha adil mengapa hanya satu cincin? jika Tuhan Maha mengetahui seharusnya tahu bahwa tidak mungkin adil jika beranak banyak, ga mungkin kan itu cincin dibagi?

pendapat saya tentang kesempurnaan :

1#kesempurnaan mencakup segalanya
2#kesempurnaan tidak hanya condong satu sisi, sempurna DALAM HAL kebajikan, atau sempurna DALAM HAL kejahatan,maka itu bukan kesempurnaan
3#mencakup baik sekaligus buruk, intinya, menghandle segalanya

gw jawab aja deh

1. Sesungguhnya, bagaimana Agama Yang Sempurna itu ?
+ <apa yg dimaksud sempurna harus dipertanyakan dahulu>

2. Apa kelebihan antara agama-agama itu sehingga dianggap sempurna?
+ kalo kontennya "dianggap" ya kembali ke pemeluk agama itu, jawaban bisa beda2

3. Jika agama itu sempurna, apakah berarti agama itu selesai ? Dalam arti ditafsirkan dan dipahami lebih aktual?
+ imo, ga ada yang selesai, buktinya meski ada alkitab pun masih ada yang memperdebatkan halal-haram, banyak versi lagi, LOL

Darrul_Iman
06-04-2011, 09:12 PM
salam

:)...heheh

janganlah MELIHAT AGAMA dari PENGIKUTNYA

tapi lihatlah AGAMANYA saja......:)...

karena tidak ada yang tahu kecuali TUHAN itu sendiri isi HATI MANUSIA

bisakah kita MENGHORMATI PILIHAN ORANG LAIN....??

:)...hehehe yang tahu hanya dirinya dan tunhannya,,,,:) hehehhe

nagita
13-05-2011, 10:50 PM
Imo,
Ada atau tanpa adanya agama, org bisa hidup rukun atau terkotak2. Aku lbh suka ajaran mengenai kasih & cara berperilaku secara benar, ketimbang mengejar kesempurnaan suatu agama. Karena selama masih ada campur tangan manusia, tidak akan ada yg sempurna.

:D

kala
13-05-2011, 11:46 PM
agama cuma istilahh :)
..
arti sebenarnya adalah tuntunan hidup /way of laif... kitab suci sebage manualbuknya

jadi ubah dulu pertanyannyaa ...

pedoman yang lengkap di (agama) yang manaaa


... tosss

Yuki
14-05-2011, 02:37 AM
agama yg sempurna berarti, setelah agama itu turun, tidak ada lagi agama-agama selanjutnya yg turun

agama tsb menjadi agama terakhir yg berlaku hingga akhir zaman

hajime_saitoh
25-05-2011, 11:07 AM
jangan jangan dahulu jaman pagan mereka juga mengaku ajarannya paling sempurna, jaman politeisme juga mengaku paling sempurna karena tuhannya paling lengkap. tapi buktinya sampai sekarang ajaran agama berkembang terus. setiap saat muncul variasi dari agama agama yang sudah mapan. bukan tidak mungkin besok muncul lagi ajaran agama yang dianggap lebih sempurna lagi.

variasi apa??? saya rasa agama2 yang udah mapan saat ini tidak ada yang mengalami pengembangan dalam hal ajarannya.. dari jaman dulu ya begitu2 aja..

hajime_saitoh
25-05-2011, 11:10 AM
jadi inget kata2 yang mulia rasullullah Muhammad shallollohu alaihi wasallam, bahwa agama yang beliau bawa itu bagaikan bangunan rumah dari zaman dahulu para nabi masing2 membawa satu b uah batu, dan pada ahirnya masoih ada satu buah batu yang belum terpasang dan itulah batu yang beliau bawa.. jadi beliau penyempurna agama islam.. coba aja liat di dalam islam. ada panduan tentang tidur, makan, bertetangga, buang kotoran, bersetubuh, tentang perdaganagn, tentang nikah, tentang perdagangan dll. tidak ada sisi hidup manusia yang tidak ada panduannya dalam Islam

satmata
17-06-2011, 05:27 PM
Standar Dari sempurna itu apa yaa....?

et dah
17-06-2011, 06:19 PM
^^^^


Standar Dari sempurna itu apa yaa....?

daleeeeeeeeem :D

Yuki
17-06-2011, 08:49 PM
Standar Dari sempurna itu apa yaa....?
standar dari sempurna adalah dari konfirmasi dari yg menciptakan agama itu sendiri

jika Sang Pencipta sudah bilang agama anu sempurna, ya berarti sempurnalah agama tsb

kok repot mas?

Agitho_Ryuki
24-06-2011, 12:12 PM
Hanya waktu yang bisa menjawab mana Agama yang sempurna... kalo sekarang anggaplah agamamu adalah agama yang paling sempurna.. :mrgreen:

ancuur
24-06-2011, 12:32 PM
Agama Yang Sempurna,
adalah agama yang di anut oleh masing2 umatnya
kenapa? karena sempurna makanya dia anut.. :jempol:

punya temen yg gak punya pendirian.. dan rada error..
gw punya temen org Islam.. nikah sama orang Kristen
terus dia masuk Kristen... carai sama istrinya orang Kristen..
nikah sama orang Budha.... eee temen gw masuk Budha...
terus cerai sama istrinya yg orang Budha..
nikah lagi sama org Islam... sekarang alhamdulillah dia balik lagi ke agamanya semula :gebuk: :gebuk:


Note: gak tau gw mau bilang apa sama temen ini :sad:
(padahal ortunya penganut agama Islam yg kuat)

aya_muaya
24-06-2011, 05:14 PM
1. Sesungguhnya, bagaimana Agama Yang Sempurna itu ?

1. agama yang tidak punya kelemahan, mencakup semuanya yang ada baik di dunia maupun di akherat. agama yang mampu memberikan jawaban atas pertanyaan apapun dan guideline yang jelas bagi pemeluknya.


2. Apa kelebihan antara agama-agama itu sehingga dianggap sempurna?

agama yang mencakup seluruh ajaran agama lainnya. terlengkap. ter-sempurna


3. Jika agama itu sempurna, apakah berarti agama itu selesai ?
Dalam arti ditafsirkan dan dipahami lebih aktual ?

yup, agama yang sempurna, agama yang sudah selesai...yup... sampai akhir masa dunia...

i love islamm..... :p

E = mc˛
24-06-2011, 05:18 PM
^ bisa menjawab pertanyaan apapun? kayaknya terllau arogan :cengir:

coba apakah di agamanya ada penjelasan mengenai digit ke 5679060926305289006 dari bilangan pi? :P

Ariti
24-06-2011, 06:28 PM
Kesempurnaan hanya milik Allah.

Amin.

et dah
24-06-2011, 10:32 PM
Amin anaknya pak kades Soleh .
ngerokoknya Sempurna mild http://kopimaya.com/forum/images/smilies/udud.gif

Ariti
25-06-2011, 10:00 AM
Sempurna = Orange Juice + Bacon and Sunny side up egg + ciuman kecil di pagi hari sebelum berangkat ke kantor:jempol:

aya_muaya
25-06-2011, 10:33 AM
^ bisa menjawab pertanyaan apapun? kayaknya terllau arogan :cengir:

coba apakah di agamanya ada penjelasan mengenai digit ke 5679060926305289006 dari bilangan pi? :P

kan ada ilmunya rumus....... Mus... Allah udah kasih otak buat mikir dan mempelajari ilmu...

Ariti
25-06-2011, 11:02 AM
tuh pak mus..waktu Tuhan bagi bagi otak, lu ikutan ngantri kagak?


hihiihihihi.....sabar mus..tahan napassss....hitung sampe 1000

:D

ancuur
25-06-2011, 11:15 AM
http://www.youtube.com/watch?v=J2l2ID6VwdA

Sempurna

Kau begitu sempurna, dimata ku kau begitu indah
Kau membuat diri ku, akan s’lalu memuja mu

Disetiap langkah ku, ku ‘kan s’lalu memikirkan, diri mu
Tak bisa ku bayangkan hidup ku tanpa cinta mu

[#:]
Janganlah kau tinggalkan diri ku,
tak ‘kan mampu menghadapi semua
Hanya bersama mu ku akan bisa

[Reff:]
Kau adalah darah ku
Kau adalah jantung ku
Kau adalah hidup ku, lengkapi diri ku
Oh sayangku kau begitu,
sempurna, sempurna~

Kau genggam tangan ku, saat diri ku lemah dan terjatuh
Kau bisikkan kata, dan hapus semua sesal ku

[#] ~~ [Reff]

[#] ~~ [Reff]

Kau adalah darah ku
Kau adalah jantung ku
Kau adalah hidup ku, lengkapi diri ku
Oh sayangku kau begitu,
Sayangku kau begitu,
sempurna, sempurna~

http://kurniasepta.files.wordpress.com/2011/05/people_are_not_perfect.jpg?w=447&h=533

Urzu 7
25-06-2011, 11:18 AM
^ ga perlu ngantri sudah instalan dari pabrik...cuma tuhan kelupaan booting otaknya pas diturunkan didunia ini

Keduluan...ancuur!!

danalingga
25-06-2011, 11:19 AM
Agama Yang Sempurna,
adalah agama yang di anut oleh masing2 umatnya
kenapa? karena sempurna makanya dia anut.. :jempol:

punya temen yg gak punya pendirian.. dan rada error..
gw punya temen org Islam.. nikah sama orang Kristen
terus dia masuk Kristen... carai sama istrinya orang Kristen..
nikah sama orang Budha.... eee temen gw masuk Budha...
terus cerai sama istrinya yg orang Budha..
nikah lagi sama org Islam... sekarang alhamdulillah dia balik lagi ke agamanya semula :gebuk: :gebuk:


Note: gak tau gw mau bilang apa sama temen ini :sad:
(padahal ortunya penganut agama Islam yg kuat)

Wah, berarti temennya dah dijalan yang paling bener tuh.

ancuur
25-06-2011, 11:30 AM
Wah, berarti temennya dah dijalan yang paling bener tuh.

klo dia gila beneran :gebuk:

hajime_saitoh
27-06-2011, 01:26 PM
plin plan dia temen lo tu.. gak jelas. ntar kalo kalo dia cerai terus nikah ama orang atheis jgn2 dia akan jadi atheis dah

Blitzen
18-10-2011, 12:26 AM
kesempurnaan hanya milik Allah.. kesalahan pasti punya sayah - Dorce Gamalama ;D::arg!::

Alip
18-10-2011, 08:29 AM
Tiga orang sampai di gerbang surga... Malaikat-pun mengeluarkan komputer tablet...

"Agama?", tanya malaikat pada orang pertama.
"Islam."
"Apartemen nomor sebelas," kata malaikat sambil menyerahkan kunci magnetik. "Tapi jangan berisik ketika melalui apartemen nomor delapan."

Giliran orang kedua...
"Agama?"
"Katholik"
"Apartemen nomor lima belas. Jangan berisik ketika lewat di depan apartemen nomor delapan..."

Orang ketiga...
"Agama?"
"Hindu..."
"Apartemen nomor sepuluh... tapi jangan..."
"... berisik ketika melalui apartemen nomor delapan," potong si orang ketiga. "Emang kenapa sih?"

Malaikat celingak-celinguk... lalu dia berbisik...
"Sssttt... Orang di Apartemen nomor delapan pikir cuma dia sendiri yang ada di surga."

red_pr!nce
19-08-2012, 02:37 PM
Semua agama adalah agama yang sempurna bagi penganutnya. :ngopi:

menyan
25-08-2012, 11:00 AM
Ada cerita tentang Cincin Pusaka.

Ada seorang Pria memiliki Cincin Pusaka peninggalan leluhurnya, Cincin ini dulunya diberikan langsung oleh Tuhan dan harus diwariskan turun temurun.

Cincin ini khasiatnya adalah "Siapapun yg memakainya akan mengasihi Tuhan dan mencintai sesama manusia"

Menjelang ajal, pria ini kesulitan karena ia memiliki 3 anak yg semuanya ia cintai, maka ia membuat 2 cincin palsu lalu membagikan 3 cincin tersebut kepada anak2nya.

Permasalahannya, siapakah dari anaknya yg memperoleh cincin asli ?

Jawabannya mudah, meskipun semua ngotot mengakui bahwa cincinnya asli, namun yg benar2 asli adalah yg mendapat khasiat dari Cincin asli tersebut yaitu yg "Mengasihi Tuhan dan mencintai Sesama manusia"

Banyak agama didunia ngotot bahwa merekalah agama asli, namun agama yg benar2 asli punya 2 ciri yg tak bisa dipalsukan oleh agama apapun yaitu membuat pemeluknya : Mengasihi Tuhan dan mencintai sesama manusia.

wiih keren mantap broh !

setiap agama pasti akan bilang sempurna untuk menentramkan umatnya broh

so what's wrong with that ? kaga ada broh

red_pr!nce
25-08-2012, 11:13 AM
Cuma ketiga dibanding-bandingkan, gak akan ada lagi yang sempurna, karena ternyata agama-agama saling melengkapi kekurangan agama lain.

menyan
25-08-2012, 11:20 AM
Ada cerita tentang Cincin Pusaka.

Ada seorang Pria memiliki Cincin Pusaka peninggalan leluhurnya, Cincin ini dulunya diberikan langsung oleh Tuhan dan harus diwariskan turun temurun.

Cincin ini khasiatnya adalah "Siapapun yg memakainya akan mengasihi Tuhan dan mencintai sesama manusia"

Menjelang ajal, pria ini kesulitan karena ia memiliki 3 anak yg semuanya ia cintai, maka ia membuat 2 cincin palsu lalu membagikan 3 cincin tersebut kepada anak2nya.

Permasalahannya, siapakah dari anaknya yg memperoleh cincin asli ?

Jawabannya mudah, meskipun semua ngotot mengakui bahwa cincinnya asli, namun yg benar2 asli adalah yg mendapat khasiat dari Cincin asli tersebut yaitu yg "Mengasihi Tuhan dan mencintai Sesama manusia"

Banyak agama didunia ngotot bahwa merekalah agama asli, namun agama yg benar2 asli punya 2 ciri yg tak bisa dipalsukan oleh agama apapun yaitu membuat pemeluknya : Mengasihi Tuhan dan mencintai sesama manusia.


Cuma ketiga dibanding-bandingkan, gak akan ada lagi yang sempurna, karena ternyata agama-agama saling melengkapi kekurangan agama lain.

emang mustinya diublek jadi satu biar sempurna broh

sedgedjenar
02-08-2013, 09:01 PM
Diublek jadi satu juga gak akan sempurna.
Yg sempurna ya cuma Tuhan itu sendiri.

---------- Post Merged at 08:01 PM ----------


Agama Yang Sempurna,
adalah agama yang di anut oleh masing2 umatnya
kenapa? karena sempurna makanya dia anut.. :jempol:

punya temen yg gak punya pendirian.. dan rada error..
gw punya temen org Islam.. nikah sama orang Kristen
terus dia masuk Kristen... carai sama istrinya orang Kristen..
nikah sama orang Budha.... eee temen gw masuk Budha...
terus cerai sama istrinya yg orang Budha..
nikah lagi sama org Islam... sekarang alhamdulillah dia balik lagi ke agamanya semula :gebuk: :gebuk:


Note: gak tau gw mau bilang apa sama temen ini :sad:
(padahal ortunya penganut agama Islam yg kuat)

Berarti buat dia, kedudukan cinta ada diatas agama.

mobyokuzan
02-08-2013, 11:02 PM
Diublek jadi satu juga gak akan sempurna.
Yg sempurna ya cuma Tuhan itu sendiri.

---------- Post Merged at 08:01 PM ----------

Berarti buat dia, kedudukan cinta ada diatas agama.

Diublek jadi satu maksudnya kek agama dangdut di forum sebelah gitu ;D

Kalo ada diposisi org tsb, apa yg bakal mbah lakukan ? Ikut pindah agama atau memaksa pasangan agar ikut agama ente ?

Nah kalo gini yg bener yg mana nih ? Tuhan yg menciptakan agama atau Manusia yg menciptakan agama ?

sedgedjenar
03-08-2013, 12:15 AM
Diublek jadi satu maksudnya kek agama dangdut di forum sebelah gitu ;D

Kalo ada diposisi org tsb, apa yg bakal mbah lakukan ? Ikut pindah agama atau memaksa pasangan agar ikut agama ente ?

Nah kalo gini yg bener yg mana nih ? Tuhan yg menciptakan agama atau Manusia yg menciptakan agama ?




Agama itu barang baru, tuhan udah gak mencipta. Jadi manusialah yg nyiptain agama.

Saya gak bisa jawab pertanyaan yg diatas. Saya udah gak bicara agama. Terlalu rumit dan ruwet mbahas cinta dengan agama, gak sebanding soalnya.

::ngakak2::