PDA

View Full Version : Film Soegija akan diboikot?



kandalf
16-05-2012, 08:01 AM
Dari komentar pesan status kawan di FB.

__________________________________________________ __________________________________________________ _____________
Dimas Hary menanggapi status Adep

Teman-teman, hari ini saya dapat broadcast message dari seorang teman yang ternyata dia adalah Islam dalam aliran keras, kesalahannya dia mengirimkan itu kepada saya yang membuat akhirnya saya berang dan berdebat dengannya. Isi dari broadcast message itu adalah: "Film SOEGIJA yang berkisah tentang Mgr. Soegijapranata yang ingin membuka mata publik betapa pluralisme bisa jadi kekuatan bangsa, ditayangkan secara serempak di XXI / 21 tanggal 7 Juni 2012. Film in tentang Mgr. Soegijapranata sebagai Uskup Katolik pertama di Indonesia YANG INGIN DIJADIKAN PAHLAWAN NASIONAL. Tolong jangan ditonton, teman-teman, agar tidak mencapai quota 1,000 sehingga film ini tidak dapat diputar di XXI / 21. Terima kasih. Tolong sebarkan agar tidak terjadi kristenisasi via media. Yuuk share ke temen-temen. Demi Islam. Bismillah, saya ikut broadcast"
__________________________________________________ __________________________________________________ _____________

Dimas Hary menanggapi komentar sebelumnya di status Adep

Saya bilang pada (yang sekarang menjadi bekas) teman saya itu bahwa Mgr. Soegijapranata SUDAH DIANGKAT MENJADI Pahlawan Nasional melalui SK Presiden No 152 tanggal 26 Juli 1963 dan dianugerahi gelar Uskup ABRI Jenderal (Anumerta). Saya juga bilang bahwa quota jumlah penonton tidak akan mempengaruhi tidak bisa ditayangkannya film ini karena ketika kita mau menayangkan film ini di XXI / 21, pihak XXI / 21 sudah memberikan tanggal terlebih dahulu dan sudah harus ada surat lulus sensor dari LSF.

__________________________________________________ __________________________________________________ _____________

Ronggolawe
16-05-2012, 08:20 AM
Pointnya apa, Kund?
Boikot ngga penting dari oknum ngga penting?

thamacaat
16-05-2012, 09:34 AM
harusnya di posternya dipasang "syuting 100% di Mesir" pasti ga akan kena boikot :ninja:

parnoan ah

choodee
16-05-2012, 01:20 PM
Wakakaka.... Pilem uskup jd pahlawan heboh dibilang kristenisasi, org kek gitu dideportasi ke arab saudi aja lah biar bahagia ::hihi::

kandalf
16-05-2012, 02:07 PM
Pointnya,
apa benar ada rencana boikot2 gitu?

Karena aku belum pernah membaca langsung kecuali dari komentar di FB kawan (FB Adep Batmus).

Kalau iya, maka gue menyayangkan kalau film diboikot hanya karena dari agama berbeda. Apakah berarti kalau ada film biografi IJ Kasimo atau J. Leimena lantas harus dilawan dengan tudingan kristenisasi?

gogon
16-05-2012, 02:48 PM
viral marketing

mayan promo gratis ::hihi::

Ronggolawe
16-05-2012, 02:59 PM
Pointnya,
apa benar ada rencana boikot2 gitu?

Karena aku belum pernah membaca langsung kecuali dari komentar di FB kawan (FB Adep Batmus).

Kalau iya, maka gue menyayangkan kalau film diboikot hanya karena dari agama berbeda. Apakah berarti kalau ada film biografi IJ Kasimo atau J. Leimena lantas harus dilawan dengan tudingan kristenisasi?

gw sih setuju Gogon... Viral Marketing... atau me
mang teman loe si Adep orangnya sensian :)

cha_n
16-05-2012, 02:59 PM
ho oh, mirip jupe ama depe...
ujung2nya (ternyata) promo :D

BundaNa
16-05-2012, 04:27 PM
hu uh, kyk irshad manji jg. penyelenggara banci tampil mpe merasa pihak yg t'aniaya, ujung2nya promosi =))

---------- Post added at 03:24 PM ---------- Previous post was at 03:21 PM ----------

meski ga setuju jg ttg boikot itu. pilem religi islam jg byk n non muslim ga protes. kalo ga digede2in jg ga kliajan ;D

---------- Post added at 03:27 PM ---------- Previous post was at 03:24 PM ----------

yg jelas selama tdk m'jelek2an 1 agama sih gw pikir sah2 aja pilem itu ditayangkan. drpd pilem esek2 yg masup xx1 -_-

choodee
16-05-2012, 04:29 PM
Tapi gw baru denger pahlawan namanya soegija ;D

Parameswara Li
16-05-2012, 04:36 PM
Tapi gw baru denger pahlawan namanya soegija ;D

Namanya Albertus Soegijapranata, tapi dibacanya Sugiyopranoto. Dia ini uskup pertama yang merupakan orang asli Indonesia (bukan orang asing). Resmi jadi pahlawan nasional 4 hari setelah wafatnya. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Semarang.

Serenade
16-05-2012, 10:59 PM
Pointnya,
apa benar ada rencana boikot2 gitu?

Karena aku belum pernah membaca langsung kecuali dari komentar di FB kawan (FB Adep Batmus).

Kalau iya, maka gue menyayangkan kalau film diboikot hanya karena dari agama berbeda. Apakah berarti kalau ada film biografi IJ Kasimo atau J. Leimena lantas harus dilawan dengan tudingan kristenisasi?

Ga pernah denger ada boikot2 gitu. Juga ga pernah baca di inet.
Kalo Irshad Manji mah ada di bbrp situs.

Aneh aja, ya, mo boikot, seberapa sih, yang bakal tertarik sama ni film ::hihi::

BundaNa
16-05-2012, 11:05 PM
itu temen kunce jg aneh, dpt dr BBM eh disebar ke FB, apa ga nyiram bensin ke api?

hajime_saitoh
24-05-2012, 11:08 AM
hu uh, kyk irshad manji jg. penyelenggara banci tampil mpe merasa pihak yg t'aniaya, ujung2nya promosi =))

---------- Post added at 03:24 PM ---------- Previous post was at 03:21 PM ----------

meski ga setuju jg ttg boikot itu. pilem religi islam jg byk n non muslim ga protes. kalo ga digede2in jg ga kliajan ;D


---------- Post added at 03:27 PM ---------- Previous post was at 03:24 PM ----------

yg jelas selama tdk m'jelek2an 1 agama sih gw pikir sah2 aja pilem itu ditayangkan. drpd pilem esek2 yg masup xx1 -_-


saya lihat faktor penolakannya adalah karena film ini mempromosikan pluralisme... dan sejauh sepengetahuan saya tidak ada film2 islami yang mengangkat tema pluralisme..

Serenade
24-05-2012, 12:15 PM
Resminya tanggal 6 Juni ditayangkan.
Jadi isinya belum banyak yg tau, kecuali yg terlibat langsung dg pembuatannya.


Jadi penasaran mo nonton ... belum apa2 sdh diprediksi isinya apa ::hihi::

BundaNa
24-05-2012, 12:52 PM
itu bukannya pilem biography ya? sutradaranya garin nugroho. udah ada cuplikannya di metro tipi, mengusung nasionalisme

opera
24-05-2012, 01:01 PM
proses pembuatan filmnya sebagian ada di semarang, waktu itu gereja gedangan dijadikan lokasi shooting.
karena jalanan disekitar gereja diperbaiki / halus gak sesuai dengan kondisi jadul untuk film, akhirnya ditebarin pasir pasir :P
film nasionalisme, hanya saja tokoh yang diangkat kebetulan dari nasrani.

thamacaat
24-05-2012, 01:29 PM
pas roadshow hari minggu kemarin di gereja katerdal st angela, saya nonton film ini. bagus sih pelemnya khas Garin (bahkan lebih bagus drpd biografinya Ahmad Dahlan "Sang Pencerah"-nya Hanung). apalagi djaduk ferianto yg bikin scoringnya yg pas bgt. gak ada kontropersinya sama sekali atau menyinggung umat agama lain, bahkan jauh dibandingkan dg film "?"-nya Hanung. gak tau deh kalo ada yg bersikukuh bilang kalo film ttg tokoh nasrani berarti kristenisasi...

Parameswara Li
24-05-2012, 01:47 PM
saya lihat faktor penolakannya adalah karena film ini mempromosikan pluralisme... dan sejauh sepengetahuan saya tidak ada film2 islami yang mengangkat tema pluralisme..

Bagian mana dari film ini yang mempromosikan pluralisme ? Kalau belum nonton bagaimana bisa bilang kalau ada adegan-adegan tertentu yang bisa mengguncang iman ?

kandalf
24-05-2012, 01:49 PM
saya lihat faktor penolakannya adalah karena film ini mempromosikan pluralisme... dan sejauh sepengetahuan saya tidak ada film2 islami yang mengangkat tema pluralisme..

Seperti yang disebutkan oleh rekan BundaNa, Opera, dan Rumus,
film ini bertemakan nasionalisme.

Yang kusesalkan, kenapa hanya karena karakter utamanya tokoh Kristen langsung dituding label macam-macam seperti pluralisme atau kristenisasi. Seandainya film ini 'Kristen' banget, apakah kemudian harus ditolak dengan tudingan seperti 'kristenisasi'? Lalu apakah berarti tidak boleh ada film-film di Indonesia yang tokoh utamanya kristen seperti IJ Kasimo atau Johannes Leimena?


proses pembuatan filmnya sebagian ada di semarang, waktu itu gereja gedangan dijadikan lokasi shooting.
karena jalanan disekitar gereja diperbaiki / halus gak sesuai dengan kondisi jadul untuk film, akhirnya ditebarin pasir pasir :P


Teknik menaburkan pasir di jalan juga dipakai oleh para pembuat film Oeroeg (http://www.imdb.com/title/tt0107729/) untuk memberi kesan jalan terbuat dari tanah.

Parameswara Li
24-05-2012, 01:58 PM
Saya jadi bertanya-tanya, kalau nanti ada orang yang buat film tentang pahlawan nasional Laksamana Muda John Lie, jangan-jangan ada yang ribut juga hanya karena beliau Kristen dan Cina.

thamacaat
24-05-2012, 02:17 PM
dan sejauh sepengetahuan saya tidak ada film2 islami yang mengangkat tema pluralisme..
coba perkaya referensi pengetahuan film anda dg film2 karya sutradara Iran seperti Abbas Kiarostami, Bahram Beizai, Sohrab Shahid Saless, Forough Farrokhzad, Mohsen Makhmalbaf, Parviz Kimiavi, Asghar Farhadi, dll.

Film yg dapat Oscar sbg film asing tahun kemarin, A Separation, diprotes di negara asalnya karena dituduh mengajarkan pluralisme karena filmnya mengkritik kehidupan rumah tangga islam kontemporer...