PDA

View Full Version : Oom Zuki: Banyak koruptor lulusan UI dan UGM



choodee
07-05-2012, 08:34 PM
Jakarta Ketua DPR Marzuki Alie menyebut banyak koruptor merupakan alumnus perguruan tinggi negeri. Marzuki pun meminta perguruan tinggi negeri meningkatkan kualitas pendidikannya dan tidak hanya fokus pada pengerjaan proyek.

"Saat ini korupsi kan orang-orang pintar lulusan universitas dari UI, Gadjah Mada, ICMI, dan semuanya terlibatlah (korupsi). Ini fakta," ujar Marzuki Alie saat berbicara di acara 'Masa Depan Pendidikan Tinggi di Indonesia' di Universitas Indonesia, Depok, Senin (7/5/2012).

Kesemuanya itu, lanjut Marzuki Alie, disebabkan oleh pendidikan masa lalu. Karananya masalah itu harus segera diperbaiki. Pada kesempatan itu, Marzuki menyinggung rendahnya kualitas pendidikan perguruan tinggi Indonesia.

"Kebanyakan perguruan tinggi negeri ngurusin proyek saja," sindir Marzuki Alie.

Karena itu, Rancangan Undang-undang Perguruan Tinggi diharapkap dapat mengatasi minimnya fasilitas pendidikan dan kurang berprestasinya perguruan tinggi Indonesia di tingkat internasional.

"Pendidikan mahal! Salah kalau dibilang murah, makanya alokasi 20 persen jangan dialokasikan ke 19 kementerian yang kurang bermanfaat," usulnya.

"Perguruan tinggi harus tahu kebutuhan lingkungannya, makanya harus disiapkan agar mahasiswa bisa match dengan lingkungannya," tambah Marzuki.

saus : http://news.detik.com/read/2012/05/07/125330/1910944/10/marzuki-sebut-banyak-koruptor-alumnus-ui-ugm


kok ga berani nyebut IPB ::hihi::

Yuki
07-05-2012, 08:42 PM
UI, UGM, ICMI berapa total tuh populasinya? Against one person

Ray Surya
07-05-2012, 09:21 PM
makanya dulu gw kuliah di UII
bukan negri
yg pasti Islami ::hohoho::

heihachiro
07-05-2012, 09:32 PM
^ UI Indonesia ya mon?
;))

BundaNa
07-05-2012, 09:35 PM
ICMI nama PT di mana? coba chek list dgn benar-_-

choodee
07-05-2012, 10:01 PM
^
memang ICMI apaan? denger ICMI gw keingetan ICW mulu malah ;D

zuki ini lulusan mana sih?

BundaNa
07-05-2012, 10:07 PM
ICMI: ikatan cendikiawan muslim indonesia
sejak kapan icmi bikin pt?

choodee
07-05-2012, 10:21 PM
ICMI: ikatan cendikiawan muslim indonesia
sejak kapan icmi bikin pt?

0h 0h ::ngakak2::::ngakak2::

memang epic kok ketua dpr kita satu ini ::hihi::

BundaNa
07-05-2012, 10:45 PM
nyebutin ptn aja salah, apalagi bahas pendidikan. yg mau disalahin si juki ato team kerjanya?

tsu
07-05-2012, 10:49 PM
horeeeee ITS selamaaat :D

tapi.... sangat prihatin sama si Juki ini...... emang dia lulusan mana sih ? IPB ?

E = mc˛
07-05-2012, 11:13 PM
iya mang parah banget tuh. ui apalagi, parah banget panasnya. ih amit-amit deh ma panasnya, gerah *eh?

Parameswara Li
07-05-2012, 11:22 PM
^
memang ICMI apaan? denger ICMI gw keingetan ICW mulu malah ;D

zuki ini lulusan mana sih?

Mungkin kutipan di atas kurang tepat, jadi Juki keliatan bloon banget.

http://www.tempo.co/read/news/2012/05/07/079402163/Marzuki-Koruptor-Bisa-dari-ICMI-HMI-UI-UGM

Marzuki: Koruptor Bisa dari ICMI, HMI, UI, UGM

TEMPO.CO, Depok - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie mengatakan para koruptor sebenarnya adalah orang-orang pintar. Bahkan, mereka adalah produk perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia.

"Koruptor adalah orang-orang pintar. Mereka bisa dari anggota ICMI, anggota HMI, lulusan UI, UGM, dan lainnya," katanya dalam acara "Masa Depan Pendidikan Tinggi di Indonesia" di Universitas Indonesia, Depok, Senin, 7 Mei 2012.

Penyebab kelahiran koruptor di tempat cendekiawan ini, menurut Marzuki, adalah para pengajar perguruan tinggi negeri yang hanya memikirkan proyek. Inilah yang menyebabkan pikiran kritis para dosen jadi tumpul. "Karena sering memikirkan proyek, lama-lama otaknya tumpul," ujarnya.

Marzuki menambahkan, sistem pendidikan di masa lalu yang sangat buruk juga menjadi penyebab kelahiran koruptor di tempat menimba ilmu. Ia pun meminta agar sistem pendidikan ini diperbaiki. "Ini adalah kesalahan pendidikan masa lalu yang harus kita perbaiki bersama," katanya.

Cara memperbaikinya, menurut Marzuki, adalah melalui Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi. Bakal beleid ini diharapkan dapat mengatasi minimnya fasilitas pendidikan dan kurang berprestasinya perguruan tinggi Indonesia di tingkat internasional. Ia pun mengkaitkan permasalahan ini dengan jatah anggaran negara. "Pendidikan memang mahal, makanya dialokasikan 20 persen," ujarnya.

Sebab, kata Marzuki, kalau alokasi dana 20 persen itu hanya digunakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan, maka pendidikan tidak akan mahal lagi. "Sekarang kan dialokasikan ke 19 kementerian yang kurang bermanfaat," ujarnya.

ILHAM TIRTA

Jadi emang si Juki ini nggak pernah bilang kalo ICMI itu nama universitas.

heihachiro
07-05-2012, 11:30 PM
^ harus ada sesuatu (atau seseorang) untuk dicaci maki di negara ini ;))

etca
07-05-2012, 11:32 PM
Harusnya bangku perkuliahan tuh memadukan keunggulan akademik dan nilai-nilai humanistik. ::hihi::
tsaaahhhh

BundaNa
07-05-2012, 11:35 PM
wah, TSnya ga total ngutipnya :lololol:
knp yg dibold sama juki itu ui, ugm, icmi n hmi? msh ada gmni, ipb, unair ;D

Fere
07-05-2012, 11:37 PM
gw gak tau seakurat apa kata2 marzuki alie itu, tapi sebenernya ini yg gw tunggu2..

dulu, ketika diketahui banyak teroris yang berasal dari ponpes, maka banyak orang yg menuduh bahwa di ponpes itu mengajarkan kekerasan, bahkan
dengan sok taunya banyak yang menyarankan untuk merubah kurikulum pendidikan di ponpes, ketika para pengajar di ponpes mengatakan bahwa di
ponpes tidak pernah diajarkan kekerasan, banyak yang tidak percaya..

nah sekarang ketika di ketahui banyak lulusan dari PT2 tsb terlibat dalam kasus korupsi, apakah pt2 itu mau kalo disebut bahwa di sana mereka
mengajarkan para mahasiswanya untuk korupsi..?

btw, itu kenapa si juki bisa nyebut ICMI segala.. ::doh::

choodee
07-05-2012, 11:57 PM
wah, TSnya ga total ngutipnya :lololol:
knp yg dibold sama juki itu ui, ugm, icmi n hmi? msh ada gmni, ipb, unair ;D

ya maap bun, cuman copas soalnya ;D

ah, itu mah bukan soal pendidikan di perguruan tingginya, di pt, ga diajarin pelajaran moral gitu, kecuali fakultas tertentu yang emang ngebahas itu, yang penting itu pendidikan di bawah, sd-sma, di sini imho, sarat banged contoh2 moral korup, baik diajarkan oleh gurunya tanpa sadar mawpun sadar.

Ronggolawe
08-05-2012, 12:00 AM
iya mang parah banget tuh. ui apalagi, parah banget panasnya. ih amit-amit deh ma panasnya, gerah *eh?
gw senang banget... Istitute Tjap Gadjah Doedoek
ngga disebut :)

tsu
08-05-2012, 12:03 AM
tapi kadang saya nggak yakin yang korupsi tinggkat tinggi (yang katanya dilakukan oleh para alumnus PT terkemuka itu) dilakukan oleh single person
korupsi gede itu berjamaah, si Nazar kena masih ada Annas, ada Angie, dll
makanya saya nggak percaya klo Gayus ama Dhana itu maen sendiri......

btw, klo di daerah, korupsi itu....... dilakukan oleh orang2 yang ijazah PT nya kebanyakan beli ;D buat sekadar syarat jadi anggota dewan aja ;D

BundaNa
08-05-2012, 12:07 AM
yoi tsu. di sini anggota dpre ijazahnya aspal, kuliah 6 bln lsg dpt ijazah S1

Ray Surya
08-05-2012, 12:43 AM
ya maap bun, cuman copas soalnya ;D

ah, itu mah bukan soal pendidikan di perguruan tingginya, di pt, ga diajarin pelajaran moral gitu, kecuali fakultas tertentu yang emang ngebahas itu, yang penting itu pendidikan di bawah, sd-sma, di sini imho, sarat banged contoh2 moral korup, baik diajarkan oleh gurunya tanpa sadar mawpun sadar.

UII teknik kimia tiap semester diajari kuliah moral & agama ::hohoho::
bahkan pembahasan fisika & kimia pun disangkut2in dgn ayat2 & hadits

spears
08-05-2012, 12:56 AM
knapa yg PTN nya nggak di bahas ama Marzuki Alie malah bangga? ;D artinya mengakui klo omongan Marzuki Alie adalah tolak ukur benar atau nggaknya suatu statistik?::hihi::

okay, back to topic
simpel aja krn dua universitas besar tersebut puluhan atau mungkin ratusan ribu lulusannya memang terserap di pemerintahan :ngopi:
sebenarnya ada juga omongan Marzuki Alie yg bener. cmn bahasanya emang rawan dipelintir.

Yuki
08-05-2012, 04:42 AM
^
udah kadung gedek ama dia, apapun yg keluar akan selalu berbau busuk

mending dia puasa bicara selama 10 tahun

itsreza
08-05-2012, 07:58 AM
di instansi pemerintahan pusat, beberapa tempat terasa sangat kental
itu yang namanya almamater diluar dua universitas yang disebutkan,
cuma memang omongan juki itu sering ga terstruktur dan mudah diputar
balikkan oleh wartawan, macam kutipan detik dan tempo yang berbeda

BundaNa
08-05-2012, 08:10 AM
dan si juki demen kasih statement yg kontroversial::hihi::

tsu
08-05-2012, 09:13 AM
yoi, saya rasa ini cuman faktor bpk.Marzuki nya saja yang kurang bisa menata omongan

klo IMHO nggak ada hubunganya antara PT dan lulusannya, PT cuman menyediakan fasilitas dan guidance, setelah lulus ? nah itu terserah anak nya
masuk ke PT kan udah pada gede, bukan anak kecil lagi

etca
08-05-2012, 10:02 AM
UII teknik kimia tiap semester diajari kuliah moral & agama ::hohoho::
bahkan pembahasan fisika & kimia pun disangkut2in dgn ayat2 & hadits

gw jadi pengen tahu nih.. emangnya di PT lain kaga gitu?
soalnya di jurusan gw ada mata kuliah Agama I, Agama II, Etika Teknik (karena gw jurusan teknik)



Korupsi Bukan Soal Kampus, Tapi Godaan Lingkungan Kerja

Jakarta Pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie soal kaitan korupsi dan almunus universitas tertentu dianggap tak relevan. Kampus bukan penyebab seseorang untuk korup, tapi lingkungan setelahnya yang masih rawan godaan.

"Yang jelas semua perguruan tinggi mengajarkan ilum baik, baik itu teknik, kedokteran. Tinggal orang menggunakan ilmu itu untuk apa," kata Irjen Kemendikbud, Haryono Umar, saat berbincang dengan detikcom, Senin (7/5/2012).

Menurut mantan wakil ketua KPK ini, pendidikan di universitas pada dasarnya baik. Tak ada ilmu di kampus tertentu yang mengajarkan kejahatan korupsi.

Justru di lingkungan kerja, kata Haryono, potensi godaan korupsi itu muncul. Sistem yang korup kadang dan himpitan ekonomi, kadang membuat orang terlena dengan uang haram.

"Mereka relatif orang baik, tapi mereka tidak dibekali dengan kesiapan untuk menolak kalau diming-imingi atau menolak umpamanya perintah dari bos. Karena dia pintar dia akan lebih lihai dari seniornya," papar pria asal Palembang ini.

Karena itu, Haryono menilai perlu ada pendidikan antikorupsi di universitas guna memberi pembekalan pada mahasiswanya ketika di lingkungan kerja nanti. Bila itu terlaksana, maka ucapan Marzuki dijamin tak terbukti.

"Jadi begitu dia turun ke lapangan, dia siap untuk mengatakan tidak terhadap hal-hal seperti itu," terangnya.

saus (http://news.detik.com/read/2012/05/08/071409/1911625/10/korupsi-bukan-soal-kampus-tapi-godaan-lingkungan-kerja)

choodee
08-05-2012, 10:27 AM
Ck, pendidikan antikorupsi itu perlunya dari esde euy esde!

Itu lulusan sma jg klo masup lingkungan korup ya sami mawon -_-

@etca di kuliahku s1 kmrn ga ada ca, seingatku cmn kuliah pancasila sama kewarganegaraan.

Urzu 7
08-05-2012, 10:39 AM
Ck, pendidikan antikorupsi itu perlunya dari esde euy esde!

Itu lulusan sma jg klo masup lingkungan korup ya sami mawon -_-


Pas SD diajari "kebutuhan manusia tak terbatas,tetapi alat pemuas kebutuhan terbatas,maka perlu dilakukan korupsi".::cengir::

AsLan
08-05-2012, 11:29 AM
UII teknik kimia tiap semester diajari kuliah moral & agama ::hohoho::
bahkan pembahasan fisika & kimia pun disangkut2in dgn ayat2 & hadits

buseet gw gak merasa nulis ini tapi koq pict avatar gw ada disitu... setelah liat 3 detik baru nyadar ada yg nyamar ::grrr::

cha_n
08-05-2012, 02:06 PM
kayaknya pendidikan sd-sma malah yang rawan membentuk jiwa korupsi
coba aja lihat UN, guru2nya malah ngusahain anak muridnya berbuat curang, kayak gitu yang ditanamkan ke anak2?

BundaNa
08-05-2012, 02:13 PM
kantin kejujuran aja bangkrut::hihi:: PPKN mestinya diajarin anti korupsi. masuk sekolah bs nyogok juga -_-

cha_n
08-05-2012, 02:22 PM
itu dia, pendidikan usia dini plus sd-smp-sma udah kacau balau.
dan paling mirisnya, rata.....................

Urzu 7
08-05-2012, 06:14 PM
Home schooling aja sekalian bisa diawasi ortu

Ray Surya
08-05-2012, 06:18 PM
masuk UII aja ::ngakak2::

ga_genah
08-05-2012, 09:29 PM
knapa yg PTN nya nggak di bahas ama Marzuki Alie malah bangga? ;D artinya mengakui klo omongan Marzuki Alie adalah tolak ukur benar atau nggaknya suatu statistik?::hihi::

atao emang beritanya yg sengaja di buat seperti itu???

beberapa waktu yg lalu seorang teman di wawancara oleh wartawan media lokal yg cukup berpengaruh di tingkat lokal
keesokan harinya aq tanya, "apakah beritanya sesuai dengan yang dibicarakan?"
dijawabnya sesuai, tp hanya yg bagian negatif2nya aja yg sesuai, sedangkan sisi positif dan solusinya tidak diuraikan sama sekali
padahal waktu wawancara di tanya kelemahan, kelebihan dan solusi dari sebuah kebijakan

berarti skrg tergantung wartawan maunya nulis atau memberitakan apa
dan kita tinggal memilah dan memilih... :ngopi:


BTT
ga ada hubungannya ama almamater yg gini2
seperti katanya bang napi "kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat, tapi bisa terjadi karna ada kesempatan"

BundaNa
08-05-2012, 09:47 PM
tapi emang mental yg diurus. biar gaji dinaikin mulu kalo mentalnya ga beres, akan byk alasan buat korup

BundaNa
09-05-2012, 12:02 AM
juki dituntut mahasiswa ui, ugw sm kagama, dan dikomentari oleh anis baswedan sbg, "komentar tidak cerdas"

Urzu 7
09-05-2012, 10:29 AM
Emang berani berapa mau nuntut;D

choodee
09-05-2012, 11:02 AM
Sejak kapan si juki cerdas? ;D

BundaNa
09-05-2012, 11:10 AM
ironis ya, mau nuntut pejabat ga cerdas aja dimintai duit ;D

spears
09-05-2012, 04:27 PM
atao emang beritanya yg sengaja di buat seperti itu???

beberapa waktu yg lalu seorang teman di wawancara oleh wartawan media lokal yg cukup berpengaruh di tingkat lokal
keesokan harinya aq tanya, "apakah beritanya sesuai dengan yang dibicarakan?"
dijawabnya sesuai, tp hanya yg bagian negatif2nya aja yg sesuai, sedangkan sisi positif dan solusinya tidak diuraikan sama sekali
padahal waktu wawancara di tanya kelemahan, kelebihan dan solusi dari sebuah kebijakan

berarti skrg tergantung wartawan maunya nulis atau memberitakan apa
dan kita tinggal memilah dan memilih... :ngopi:



betul. gw juga sebel sama wartawan kayak gini.
yg suka nulis melintir2 kata2 narasumber sehingga menimbulkan gejolak di masyarakat.
harusnya, pembaca juga harus bisa selektif, jangan asal liat artikel yg judulnya bombastis, tp gak liat secara keseluruhan..tiba2 langsung ujuk2 marah2 dan memaki2 si narsum. kesian bgt org kaya gini, gampang terprovokasi ::oops::

gw liat ya, tokoh2 yg kata2 mereka suka dipelintir wartawan karena cukup 'menjual" itu ya si Marzuki Alie ini sama Tifatul Sembiring.

choodee
09-05-2012, 04:39 PM
soalnya tokoh yang paling enak dibully ya itu dua orang ::hihi::

BundaNa
09-05-2012, 04:52 PM
yg dibully juga m'nikmati. tunggu aja statemen berikutnya ::hihi:: ui sudah m'unggah video pidato yg asli tuh, dicompare

choodee
09-05-2012, 04:55 PM
^
memang isi pidato aslinya beda sama yang di artikel bun? lebih parah atau ternyata ga papa sama sekali?

ga_genah
09-05-2012, 08:30 PM
yg dibully juga m'nikmati. tunggu aja statemen berikutnya ::hihi:: ui sudah m'unggah video pidato yg asli tuh, dicompare

ada linknya?


betul. gw juga sebel sama wartawan kayak gini.
yg suka nulis melintir2 kata2 narasumber sehingga menimbulkan gejolak di masyarakat.
harusnya, pembaca juga harus bisa selektif, jangan asal liat artikel yg judulnya bombastis, tp gak liat secara keseluruhan..tiba2 langsung ujuk2 marah2 dan memaki2 si narsum. kesian bgt org kaya gini, gampang terprovokasi ::oops::

gw liat ya, tokoh2 yg kata2 mereka suka dipelintir wartawan karena cukup 'menjual" itu ya si Marzuki Alie ini sama Tifatul Sembiring.

coba kita lihat beritanya

"Saat ini korupsi kan orang-orang pintar lulusan universitas dari UI, Gadjah Mada, ICMI, dan semuanya terlibatlah (korupsi). Ini fakta," ujar Marzuki Alie saat berbicara di acara 'Masa Depan Pendidikan Tinggi di Indonesia' di Universitas Indonesia, Depok, Senin (7/5/2012).
aq lebih setuju milih lebih pintar si juki dari pada wartawan di atas. mana ada universitas ICMI
wartawan kyak gini yg bikin bangsa ini panas...

BundaNa
09-05-2012, 08:44 PM
@gg: chek di detikcom. ada beritanya di sana

ga_genah
09-05-2012, 09:53 PM
ooo.... :mrgreen:

http://www.youtube.com/watch?v=5bbJiXZU8cs&feature=player_embedded

nurdin
10-05-2012, 06:46 PM
Gak ada yg salah dg pernyataan Marzuki, hanya saja ada pemelintiran dan memang Marzukinya sendiri kurang disukai masyarakat.