PDA

View Full Version : Bus pakai rel, di Solo nich...



Ray Surya
14-04-2012, 05:47 PM
http://kkcdn-static.kaskus.us/images/54060_20120407084718.jpg

Setelah tertunda sekitar satu tahun, pengoperasian Railbus Batara Kresna akhirnya menemui titik terang. Railbus mulai beroperasi pada Jumat (20/4/2012) dengan rute Solo-Wonogiri. Pemerintah pusat secara resmi telah menyepakati pengoperasian kereta modern itu.

”Betul. Keputusannya memang demikian. Tanggal 20 April, railbus dioperasikan,” tegas Kepala Dinas perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad, ketika dimintai konfirmasi Solopos.com terkait pengoperasian Railbus Batara Kresna, Jumat (6/4/2012).

Meski demikian, pemerintah masih merahasiakan besaran tarif untuk penumpang railbus tersebut. Sebab, lanjut dia, hal itu terkait dengan kebijakan yang melibatkan dua kementerian, yakni Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

”Besaran tarif akan diumumkan pada Senin (9/4) nanti. Angkanya sebenarnya sudah ditemukan, namun masih dirahasiakan,” jelasnya.

Kepastian pengoperasian railbus, jelas Yosca, akan menjadi kabar yang dinanti-nanti warga Soloraya. Kepastian tersebut juga akan menjawab keraguan dan pesimistis masyarakat Soloraya akan keseriusan pemerintah dalam menyediakan transportasi massal yang layak.

”Saya sendiri bersama Pak Jokowi terus-terusan mendesak pemerintah agar segera merealisasikan railbus. Dan dalam berbagai presentasi, Pak Jokowi juga akan menerapkan railbus di Jakarta,” paparnya.

Menanggapi kabar pengoperasian railbus, Pejabat Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengaku bisa bernafas lega. Sebab, selama ini persoalan railbus yang begitu kompleks telah menguras energi dan waktu serta menimbulkan kejengahan warga Solo.

”Persoalannya selama ini sangat kompleks. Bukan hanya persoalan tarif, namun juga kesiapan infrastruktur, tenaga, pengaturan waktu, hingga maintenance. Kalau pemerintah sudah siap mengoperasikan, saya lega,” paparnya.

Pakar transportasi dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranoto Semarang, Djoko Setijowarno, menegaskan pemerintah harus serius menyikapi transportasi massal. Pemerintah, tegasnya, harus berani memberikan subsidi lebih besar kepada angkutan massal jika menginginkan sebuah perubahan.

”Angkot, bus umum, railbus harus diberi subsidi lebih agar tarif terjangkau masyarakat. Transportasi massal seperti itu harus lebih diperhatikan, bukan hanya kendaraan pribadi,” tegasnya.

Railbus kali pertama diperkenalkan kepada publik saat HUT Kota Solo, tahun lalu. Pengoperasian railbus sempat menemui berbagai kendala di antaranya tarik-ulur tarif serta kesiapan infrastruktur jalur Solo-Wonogiri. Tarif railbus tarik ulur karena PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperkirakan tarif railbus berkisar Rp30.000/penumpang. Sedangkan Pemkot Solo berharap tarif railbus tetap murah dan tak terlalu mahal karena menggantikan KA feeder. Pemkot berharap tarif railbus berkisar Rp3.000-Rp5.000.

Sedangkan dari sisi infrastruktur, jembatan-jembatan di jalur Solo-Wonogiri dinilai belum siap dilintasi railbus. Namun, PT KAI sudah melakukan perbaikan jembatan di sepanjang jalur itu.
http://www.solopos.com/2012/solo/railbus-asyiik-20-april-railbus-solo-wonogiri-beroperasi-176612

-----------
wooohoooo,
http://kkcdn-static.kaskus.us/user/avatar/avatar4003626_2.gif
Solo makin keren, setelah busway di depan Pasar Klewer, bus tingkat, kereta trem jaladara skrg Railbus

Fere
14-04-2012, 05:55 PM
hahaha keren euy..

ini udah pasti mulai beroperasi tanggal 20/4/2012 ya?
soalnya dulu pernah baca kayaknya bakal molor lagi..

Ray Surya
14-04-2012, 06:04 PM
liat aja ntar om....
gw pingin nyoba

Urzu 7
14-04-2012, 06:11 PM
Hmm...itu bisa keluar jalur rel ga?

Fere
14-04-2012, 06:14 PM
kayaknya kalo tarif 3ribu - 5ribu gak mungkin deh..

kalo tarif bis jurusan solo-wonogiri brapa ya?

etca
14-04-2012, 06:15 PM
liat aja ntar om....
gw pingin nyoba
ojo lali fotone ::hihi::

Ray Surya
14-04-2012, 06:26 PM
ojo lali fotone ::hihi::

fotone jokowi wae yo?
http://img217.imageshack.us/img217/4083/railbus2.jpg

---------- Post added at 04:26 PM ---------- Previous post was at 04:25 PM ----------


kayaknya kalo tarif 3ribu - 5ribu gak mungkin deh..

kalo tarif bis jurusan solo-wonogiri brapa ya?

klo Solo-jokja sih Rp 9000
harusnya mirip2 sih

Fere
14-04-2012, 06:32 PM
hohoho... potone keren.. ::hohoho::

nurut gw yang paling pas tarifnya 9000-10000
itu kapasitas penumpangnya brapa?

choodee
14-04-2012, 07:18 PM
@ray kalo ada solo-jokja kok ga ada relnya di sini? ::ungg::

BundaNa
14-04-2012, 07:44 PM
30rb itu harga mati?

Ray Surya
14-04-2012, 10:19 PM
@ray kalo ada solo-jokja kok ga ada relnya di sini? ::ungg::
::arg!:: what the... lu gak tau??
coba lu ke stasiun tugu / lempuyangan, trus tanya petugas situ, "ada rel buat ke Solo gak?"


30rb itu harga mati?
belum jelas

Fere
14-04-2012, 10:24 PM
::arg!:: what the... lu gak tau??
coba lu ke stasiun tugu / lempuyangan, trus tanya petugas situ, "ada rel buat ke Solo gak?"
gw ngakak kalo ngebayangin chodee nanya beneran sama petugas stasiun.. ::ngakak2:: ::ngakak2::

Ray Surya
14-04-2012, 10:39 PM
gw ngakak kalo ngebayangin chodee nanya beneran sama petugas stasiun.. ::ngakak2:: ::ngakak2::

gw serius, om.

eh, om..
klo Solo-Wngr kan lebih deket drpd Solo-jokja.
jd harusnya sih 5000 aja, tapi 10 rb jg boleh sih, kan masih keren railbusnya ::hohoho::

Fere
14-04-2012, 10:47 PM
makanya di atas kan gw nanya berapa tarif bis solo-wonogiri..

sebagai pembanding aja, ntar kalo tarifnya lebih murah dari bis kan bisnya jadi gak laku..

choodee
14-04-2012, 11:09 PM
loh gw kira relnya rel khusus kek rel yang di gambar post pertama kamu ray, relnya di tengah jalan gitu, bukan rel kereta api... jadinya nanti bus ini masuknya ke stasiun juga? kalo di solo berhentinya di stasiun atau terminal?

E = mc²
14-04-2012, 11:12 PM
yah, kirain bakal bagi2 esemka gratis :ninja:

:run:

Ray Surya
14-04-2012, 11:16 PM
loh gw kira relnya rel khusus kek rel yang di gambar post pertama kamu ray, relnya di tengah jalan gitu, bukan rel kereta api... jadinya nanti bus ini masuknya ke stasiun juga? kalo di solo berhentinya di stasiun atau terminal?

jalur railbus ini dari stasiun sangkrah, stasiun purwosari trus menyusuri rel sampai stasiun wonogiri.
klo rel Solo - jokja, dari st jebres, balapan, purwosari, nggawok, ndelanggu, klaten, kalasan, bandara adi sucipto, lempuyangan, tugu.

Fere
14-04-2012, 11:59 PM
loh gw kira relnya rel khusus kek rel yang di gambar post pertama kamu ray, relnya di tengah jalan gitu, bukan rel kereta api...

gambar di post #1 itu jalan slamet riyadi dan rel yang ada di gambar tsb bukan rel khusus, tapi rel KA biasa... sudah ada sejak jaman kumpeni dan masih di pakai sampe sekarang..

jl. slamet riyadi tempo doeloe:

http://i1074.photobucket.com/albums/w403/elfere/jlslametriyadi1949.jpg
http://i1074.photobucket.com/albums/w403/elfere/purwosari1951.jpg

ini di kawasan purwosari..
http://i1074.photobucket.com/albums/w403/elfere/PASARPON.jpg

ini di daerah pasar pon (ngarsopuro)
rel KA di kanan bawah adalah rel yang sama dgn rel pada yg ada pada gambar di post #1

choodee
15-04-2012, 12:09 AM
Kalau gitu apa bedanya bus pake rel dengan kereta api? Sama2 pake stasiun dan rel kereta api, gw kira relnya dibikin di jalanan jadi bisa stop di halte2 kek bus.

itsreza
15-04-2012, 12:35 AM
railbus itu macam trem, moda transportasi ringan.
ga tau yang di Solo itu apa punya halte-halte khusus untuk railbus
karena jalur yang dipakai kan jalur kereta. kalau ga ada halte khusus
sama aja dengan kereta yang sudah ada

ndableg
15-04-2012, 06:26 AM
Naaa.. gitu dong dari dulu.. udah.. pindah solo aja..

ndugu
15-04-2012, 09:12 AM
wow, asik nih
jakarta kapaaannn :cengir:

btw, solo - wonogiri jaraknya brapa km?
jadi ini servis dalam kota ato ke kota2 laen?
*ga familiar peta jawa*

etca
15-04-2012, 09:28 AM
^
^
kirakira 29-30 km, jarak yang terlalu pendek untuk sebuah railbus ;D

ndugu
15-04-2012, 10:22 AM
oh jadi ini jalurnya cuman A ke B, dan B ke A aja ya?
udah ada stop2 laennya blom?

solo aja udah ada ginian
kok jakarta blom ada ya
padahal jakarta udah bener2 overdue memerlukan transportasi masa gini

Ray Surya
15-04-2012, 06:23 PM
railbus stop di 5 titik

etca
15-04-2012, 06:29 PM
yaitu??? ::ungg::

titik mana aja Ray?

BundaNa
15-04-2012, 07:56 PM
ga sama dgn trem ya?

Ray Surya
15-04-2012, 08:32 PM
sangkrah, purwosari, sukarjo, nguter, wonogiri

cha_n
15-04-2012, 08:49 PM
Susah kalau Di Jakarta udah semrawut

itsreza
15-04-2012, 09:10 PM
jakarta kan ada trans jakarta yang fungsinya sama

BundaNa
15-04-2012, 10:41 PM
itu jakarta, monorel jadi dibikin ga sih?

itsreza
16-04-2012, 12:20 AM
setau saya ga jadi, dan tiang pancang yang ada akan dimanfaatkan
dengan cara membangun elevated bus way

GiKu
16-04-2012, 12:51 PM
mon...
itu railbus menggantikan kereta ekonomi yg dari/ke wonogiri/purwosari ya (yg isinya 2 atau 3 gerbong) ?

Hotelier
16-04-2012, 01:47 PM
Bagus tuh busnya :D tapi kayaknya relnya masih bisa dilalui sama mobil2 biasa ya? Keren kalau pemerintahnya bener2 peduli sama rakyat.
Gw sih berharap banget transportasi umum di Jakarta itu dibenahi dari sisi keamanan dan kebersihannya.

Kayak busway peraturan ga boleh makan di dalam busway bagus bgt menurutku. Trus dgn pembagian bagian depan wanita dan belakang pria cukup bagus. Palingan perlu ditambah lagi buswaynya karena di sebagian jalur selalu penuh banget dan berdesak2an penumpangnya.

Nah yg lain2 kayak angkot, bus2 umum itu masih perlu banyak perbaikan. Nyetirnya aja sering ugal2an bgt.

kandalf
16-04-2012, 02:17 PM
Kalau jalurnya gak dibuat khusus (kayak di gambar), niscaya di Jakarta gak ada gunanya karena pasti terjebak macet.
Kalau jalurnya dibuat khusus tetapi memakan jalan, nanti dibilang menyebabkan Jakarta lebih macet.

Kalau jalurnya dibuat khusus kayak kereta, nTar ada penggusuran bla bla bla bla...

cha_n
16-04-2012, 02:25 PM
kalau di jakarta sekarang, ga mungkinlah pake ini.
perbandingannya, solo tuh sepiiiiii.......
sedangkan jakarta udah padet banget, kecuali mobil pribadi dipangkas jadi 30%-nya, dan angkutan masal beneran udah bagus, bisa kali ya. tapi kalau sekarang, ga mungkin, kasian railbus-nya keperangkap macet

sebenarnya ditingkatkan jumlah bus untuk transjakarta, dan perbanyak jalur kereta itu udah bagus, sayang malah yang dikasih leluasa itu mobil pribadi. bikin tambah macet.
mana bbm, ga jadi naek, makin menggila aja tuh jumlah mobil

GiKu
16-04-2012, 02:27 PM
Kalau jalurnya gak dibuat khusus (kayak di gambar), niscaya di Jakarta gak ada gunanya karena pasti terjebak macet.
Kalau jalurnya dibuat khusus tetapi memakan jalan, nanti dibilang menyebabkan Jakarta lebih macet.

Kalau jalurnya dibuat khusus kayak kereta, nTar ada penggusuran bla bla bla bla...


proyek monorail belum lanjut lagi

btw, itu rel yg di solo ud ada dan berfungsi sejak lama (sebelum jokowi lahir)