PDA

View Full Version : Kelomang Darat = land hermit crab = umang2 = kumang = pong-pongan



Ray Surya
10-04-2012, 12:05 PM
kelomang darat = land hermit crab = umang2 = pong-pongan = kumang

http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/394187_3247345535157_1012493926_32406120_307150411 _n.jpg

sebenarnya ada kelomang air, tapi gak dibahas di trid ini, piara kelomang air ya harus di cemplungin ke air laut.
nah, klo kelomang darat, malah gak boleh dicemplungin / direndam dalam air.

yg gw bahas di sini tentang kelomang darat, selanjutnya gw sebut kelomang, kepanjangan klo gw nulis pakai darat ::hihi::



gw bikin tutorial di sini, kali aja berguna.
anak lu atau ponakan lu atau adik lu tiba2 bawa kelomang pulang dari sekolahan dapat beli dari abang2 penjual kelomang ::ngakak2:: dan lu bingung harus diapain tuh binatang sesampainya di rumah.. nah, baca deh trid ini ;D

1. siapin wadah
aquarium kering boleh, ember cuci baju juga boleh, sesuaikan aja ukurannya
2. kasih pasir
bisa pakai pasir bangunan, gw saranin pakai pasir malang lebih gampang dicuci & dijemur.
pasir malang bisa lu beli di tukang taman. setengah karung beras harganya Rp 7 ribu.

lu juga bisa pakai pasir laut atau pasir pantai
tapi jangan pakai pasir silika & pasir holland (tar nyakitin kelomangnya) lagian pasir2 tsb mahal ::ungg::
ketebalan pasirnya sekitar 2x tinggi kelomang, kelomang suka ngubur diri.
jaga pasir selalu bersih & kering.

3. kasih air minum dalam piring yg bisa dipanjat kelomang.
pasang 2 piring: yg satu diisi air tawar, yg satunya lu isi air tawar trus dikasih sedikit garam tanpa yodium (niru air laut).
garam tanpa yodium bisa dibeli di pasar, namanya garam krosok/ grasak. biasanya buat ngasinin ikan.

4. kasih tulang sotong 1 lembar, lu bisa beli di tukang jualan pakan burung
sebagai sumber kalsium

5. kasih batu buat main panjat2an & ngumpet2an

6. kasih sebuah piring utk wadah makanan. kelomang omnivora, mau makan ketimun, apel, ikan, udang, ayam KFC, bakso. ::oops::

------------------------------------------------
lanjoooott
kelomang kagak bisa numbuhin cangkang. dia dapat cangkang boleh nemu atau ngerampok dari kelomang lain.
cangkang bisa berasal dari keong sawah, siput laut, bekicot atau bahkan botol atau batok kelapa. tergantung ukuran pantat kelomang.

klo kelomang pingin nambah besar ukurannya, dia akan melepas kulit lamanya (molting / ngelungsungi) yg udah sesak. tapi cangkangnya belum tentu ganti, kadang ada kelomang yg suka pakai cangkang ketat, lebih macho klo gw bilang ::hohoho::

contoh kelomang pakai cangkang:


kostum bekicot http://1.bp.blogspot.com/_pbKM4qxmq4c/SUU7NKqJX-I/AAAAAAAAHgE/U9-HtU74Z3c/s400/20.jpg

kostum siput lauthttp://images.icnetwork.co.uk/upl/dailypost/jul2008/7/4/115B1E1A-DD99-18F8-3E7D5E70A09A7DB4.jpg

jadi lu bisa bilang klo kelomang adalah satu2nya binatang yg butuh baju secara naluri

komporminyak
10-04-2012, 12:09 PM
pong-pongan yang sekarang ude modern loh..
ama abang penjualnya dicat warna warni
trus awet jaya yah nyawanya. dicuekin aja masssiih idup-idup aja.

dulu saya ama ponakan pernah bikinin rumah bertingkat dari kardus bekas susu.
lumayan lah buat keluarganya si pong2an yang cuma 3 ekor itu
egh ude ada rumah bagusbagus gitu, dia teuteup aja manjat pagar rumah kardusnya trus ngider jalanjalan sesukanya di dalam rumah ;D

sayang ga ada dokumentasi rumah n penghuninya itu ::oops::

Alethia
10-04-2012, 12:11 PM
wah menarik yaah..gimana kalau kelomangnya make cangkang telor? :D
jadi pgn beli kelomang, tp disini ga ada abang2nya raay, kalau jaman gw dl yah, itu kelomangnya suka di adu..hehe..pgn beli kelomaaaaang::nangis::

komporminyak
10-04-2012, 12:13 PM
wah menarik yaah..gimana kalau kelomangnya make cangkang telor? :D
jadi pgn beli kelomang, tp disini ga ada abang2nya raay, kalau jaman gw dl yah, itu kelomangnya suka di adu..hehe..pgn beli kelomaaaaang::nangis::
coba alethia ngider di SD-SD sekitaranmu
kadang ada yang jual kelomang loh..
itu ponakan piara kelomang juga beli dari abang penjual yang di depan sekolahannya ;D

Alethia
10-04-2012, 12:19 PM
ini jualnya musiman ga sih? palingan banyak yg jual anak ayam warna warni ituh..ga ada di toko pet ya? heheh, bisa dimakan ga sih? terlihat enak ::cabul::

meliakh
10-04-2012, 12:25 PM
kalo yang warna warni gak bagus buat kelomangnya, itu cat nya bisa ngelupas dan bikin iritasi ato bahkan mati..
susah ini hewan piaranya, kalo sekedar taruh + kasih makan minum jarang awet
kudu siap bak yang lumayan gede + air + pasir buat dia sembunyi kalo lagi molting

etca
10-04-2012, 12:30 PM
kelomangnya dulu suka jalanjalan ke kamar mandi ;D

itsreza
10-04-2012, 12:46 PM
waktu SD suka beli kelomang, biasanya saya simpan di freezer

Ray Surya
10-04-2012, 12:51 PM
ini jualnya musiman ga sih? palingan banyak yg jual anak ayam warna warni ituh..ga ada di toko pet ya? heheh, bisa dimakan ga sih? terlihat enak ::cabul::
tiap musim ada, cuma klo musim hujan lebih banyak.
oh iya, kelomang suka lembab.
kelomang bisa dimakan, dia sebangsa dgn lobster

wah menarik yaah..gimana kalau kelomangnya make cangkang telor? :D
jadi pgn beli kelomang, tp disini ga ada abang2nya raay, kalau jaman gw dl yah, itu kelomangnya suka di adu..hehe..pgn beli kelomaaaaang::nangis::
waakakaka, emangnya bisa diadu?

pong-pongan yang sekarang ude modern loh..
ama abang penjualnya dicat warna warni


http://www.hermy.fr/WebRoot/ce_fr/Shops/187933/49EC/932C/376E/E42D/6E69/C0A8/8007/1CE7/Li_00E8_ges_0020_020.jpg
http://www.duncanspetshop.co.uk/land%20hermit%20crabs.jpg

sebenarnya sistem cangkang cat adalah:
kelomang ditangkap dari habitatnya, trus dibawa ke bengkel kerja.
cangkang asli dipecahin pakai palu, kadang terlalu kenceng, jadi perut & pantat kelomang jadi luka / gepeng bahkan bisa mati moncrot.

kelomang dipaksa masuk ke cangkang cat yg udah disiapkan. dgn cara dijejalkan pantatnya agar masuk ke cangkang yg telah dicat tersebut.

demi menaikkan harga jual kelomang, mereka rela menyiksanya ::nangis::

---------- Post added at 10:51 AM ---------- Previous post was at 10:47 AM ----------

lanjottt tutorialnya,

kelomang adalah sebangsa udang, dia berjalan maju, beda dgn kepiting yg jalannya nyamping. kelomang sebangsa dgn lobster, sifatnya mirip lobster, suka kanibal terhadap yg lemah.

kondisi terlemah kelomang sehat adalah ketika dia moting, kulitnya masih empuk. mudah diserang kelomang lain.

oh iya, siapin juga semprotan utk menyemprot kelomang2 lu, ketika cuaca sedang panas.

Alethia
10-04-2012, 01:03 PM
@reza : lu simpen di freezer? serius? bused dah..ga pada mati tuh?
lucu juga sih di cat warni warni, tp itu salah ya? hmmmhh, apa warnanya bsia luntur? ntr pasirnya jadi kotor donk..

etca
10-04-2012, 01:12 PM
Ray, emangnya kelomang ga bisa mundur ya??

Ray Surya
10-04-2012, 01:37 PM
kelomang yg molting biasanya ngumpet di dalam pasir
dia ngumpet bisa 3 minggu hingga kulitnya yg baru jadi keras.
sambil makan kulit lawasnya sebagai tambahan kalsium.
pas dia ngumpet, jangan lu gangguin, jgn lu mainin!!!

---------- Post added at 11:23 AM ---------- Previous post was at 11:16 AM ----------


kalo yang warna warni gak bagus buat kelomangnya, itu cat nya bisa ngelupas dan bikin iritasi ato bahkan mati..

kelomang pakai cangkang cat emang lebih gampang mati. dia tersiksa

kelomangnya dulu suka jalanjalan ke kamar mandi ;D
cari minum kali..

waktu SD suka beli kelomang, biasanya saya simpan di freezer
animal abuse ::nangis::



Ray, emangnya kelomang ga bisa mundur ya??
mundur biasanya utk menghindar atau utk naik ke tanjakan.
manusia juga bisa mundur. tapi yg utamanya maju.

klo kepiting, dia gak jalan maju, jalannya nyamping.

---------- Post added at 11:37 AM ---------- Previous post was at 11:23 AM ----------

kenapa kelomang perlu pakai cangkang?

Tuhan menciptakan kelomang dgn sentuhan humor & kecerdasan ;D
kelomang adalah udang yg bisa hidup di darat.
dia perlu bawa cangkang utk melindungi perutnya yg empuk, padahal anggota badan yg lain keras berarmor kitin.
cangkang juga berfungsi utk menyimpan air, air utk membasahi insangnya & menjaga kelembaban tubuhnya.
coba lu angkat kelomang piaraan lu trus lu puter2, pasti akan ngocor air dari dalam cangkang.


ada juga kelomang tanpa cangkang ketika dewasa, nama speciesnya: Birgus Latro (ketam kenari) tapi dia perlu hidup di dekat air (pantai), karena gak bawa cangkang. perut & pantat birgus latro dewasa keras berlapis armor. dia bisa manjat pohon kelapa utk memetik kelapa & bisa membuka kulit kelapa.

birgus latro adalah arthropoda terbesar di dunia, bisa segede kucing persia

cha_n
10-04-2012, 04:35 PM
ihh umangnya serem

aku paling geli ama umang. kalau ada sih ga papa, tapi kalau udah ngerayap2 di tangan/kaki gitu geli banget

Ray Surya
10-04-2012, 05:31 PM
geli2 enak lhooo ::hihi::

Urzu 7
10-04-2012, 06:46 PM
Lu pernah digigit capitnya ga mon?

GiKu
10-04-2012, 06:49 PM
^
bahasa lu rancu

si mona gak punya capit
jadi gak pernah digigit capitnya - mungkin kantong menyannya

Ray Surya
10-04-2012, 07:06 PM
trid gw dipakai bahas kantong menyan :megusta:

tips lagi:
pasir buat kelomang harus tetap kering, klo lembab bisa bikin kaki kelomang jamuran

bradon heat
10-04-2012, 07:17 PM
sering beli "kumang" pas SD ::hohoho:: ada musimnya ... ::hihi::

belinya kayak beli kelereng , jadi pake ember kecil dan isinya kumang kecil2 semua :ninja: ..

"kumang trafficking" ::ngakak2::

itsreza
10-04-2012, 09:15 PM
animal abuse ::nangis::

gw sadar kalau itu abuse, makanya ga mau pelihara binatang lagi selain tamagochi ::ungg::

Fere
10-04-2012, 10:25 PM
ada juga kelomang tanpa cangkang ketika dewasa, nama speciesnya: Birgus Latro (ketam kenari)
barusan gugling, birgusnya nyeremin..

http://4.bp.blogspot.com/-tkJZpIzF_Fw/T0RAGWJyFZI/AAAAAAAADAw/vFLyC9JRG_U/s1600/Kepiting+Kenari+2.jpg

Ray Surya
10-04-2012, 11:41 PM
gw sadar kalau itu abuse, makanya ga mau pelihara binatang lagi selain tamagochi ::ungg::
iya ya, ternyata tamagotchi ada manfaatnya

barusan gugling, birgusnya nyeremin..

http://4.bp.blogspot.com/-tkJZpIzF_Fw/T0RAGWJyFZI/AAAAAAAADAw/vFLyC9JRG_U/s1600/Kepiting+Kenari+2.jpg
tuh lihat, bandingin dgn kulit kelapa yg di depannya.

kelomang suka makan kelapa, klo kecil dikasih parutan kelapa jg dilahap

---------- Post added at 09:41 PM ---------- Previous post was at 09:36 PM ----------


Lu pernah digigit capitnya ga mon?

jari gw pernah dicapit kelomang jumbo (kira2 segede bola tenis), gw buka pakai sendok, sambil nyengir2 kesakitan.
jari gw robek berdarah ::ungg::

gak tega klo kelomangnya gw pukul sampai ancur. klo dikibasin, lengan kelomangnya bisa copot.
tips klo dicapit: kasih air yg ngocor dari kran, arahin air ke kepala kelomang, sambil dibuka jepitan capitnya.

sumpe gw klonengan
11-04-2012, 12:09 AM
baru tau klo kelomang tu g punya cangkang ::ungg:: kirain y kek keong n siput

Ray Surya
11-04-2012, 12:19 AM
baru tau klo kelomang tu g punya cangkang ::ungg:: kirain y kek keong n siput

punya donk, hasil dari nyomot. ::hihi:: biasanya dia bersihin dulu dalamnya, dicek dulu kondisinya sebelum dipakai.

banyak orang yg ngira kelomang adalah bangsa keong padahal dia bangsa udang

itsreza
11-04-2012, 12:27 AM
kelomang memang makan tebu ya mon?
di tukang dagang kelomang jaman dulu gw inget suka dikasih makan batang tebu ::ungg::

sumpe gw klonengan
11-04-2012, 12:28 AM
iya ngiranya sejenis keong om ;D

adek sukanya ngasi makan buah kedondong yg uda d iris klo g sayuran ijo

Ray Surya
11-04-2012, 01:02 AM
kelomang memang makan tebu ya mon?
di tukang dagang kelomang jaman dulu gw inget suka dikasih makan batang tebu ::ungg::

kelomang suka yg lembab.
dikasih sabut kelapa basah juga dikerubutin.

itsreza
11-04-2012, 01:34 AM
kelomang suka yang lembab dan lembut ya ::hihi::

Ray Surya
11-04-2012, 01:49 AM
kelomang suka yang lembab dan lembut ya ::hihi::

plus jrawut-jrawut semrawut ::cabul::

Alethia
11-04-2012, 02:31 PM
kelomangnya bsia jadi gede gitu ya? wah..kirain kecil terus, apa karena kelamaan di tempat lembab dan semrawut? ini serius loh sur

Ray Surya
11-04-2012, 02:45 PM
masuk akal juga, ditaruh di tempat lembab, lembut & semrawut jadi gede ::cabul::

etca
11-04-2012, 02:49 PM
barusan gugling, birgusnya nyeremin..

http://4.bp.blogspot.com/-tkJZpIzF_Fw/T0RAGWJyFZI/AAAAAAAADAw/vFLyC9JRG_U/s1600/Kepiting+Kenari+2.jpg

serius bisa gueeedee gitu??!!
nyereminnnnnn... ::grrr::

itsreza
11-04-2012, 02:51 PM
kalau kelomang jadi gede terus beranak gimana caranya mon?

Alethia
11-04-2012, 02:59 PM
mereka ga beranak kalii..tapi bertelur..

Ray Surya
11-04-2012, 03:02 PM
serius bisa gueeedee gitu??!!
nyereminnnnnn... ::grrr::
gak usah piara kucing, piara kelomang yg seukuran kucing aja ::ngakak2::

kalau kelomang jadi gede terus beranak gimana caranya mon?

kelomang bertelur di air laut, larva berenang, setelah agak kuat, anak2 itu ke darat, trus cari cangkang kecil di pantai.
jadi klo piara di dalam rumah, kelomang gak bakalan beranak

kelomangceria
17-04-2013, 04:08 PM
HERMIT CRAB sangat untuk anak2 dan orang dewasa:
1. Naluri positif manusia yang paling dasar yaitu menyayangi sesama mahluk ciptaan Tuhan
dapat di asah.
2. Sangat menghibur, karena beraneka macam warna Kelomang dan jenis2 cangkang sangat
indah. Kelomang dapat dengan cepat berpindah rumah yang disenanginya.
3. Mendidik anak untuk menyayangi dan tidak berlaku kasar kepada yang lebih lemah.
4. Dapat menghilangkan stress setelah belajar disekolah atau setelah bekerja di kantor.:jempol:
5. Dapat sekaligus mengoleksi cangkang yang jenisnya sangat banyak dan indah2.
6. Sebagai tambahan pengetahuan tentang ke anekaragaman fauna Indonesia.
7. Mendidik dan memunculkan sifat KESETIAAN dalam diri kita, tidak cepat bosan karena
Kelomang berusia sangat panjang (30tahun - 80tahun)
8. Mohon tambahan dari pembaca sekalian, kami tunggu ya . . . :-) ::bye::

itsreza
17-04-2013, 05:20 PM
saat dipelihara anak-anak, kelomang yang berumur panjang
jadi tinggal seminggu sisa umurnya ;D

lily
17-04-2013, 05:27 PM
iya... dulu pas masi kecil , saya suka pelihara ini...

tapi ga lama , cepet banget meninggalnya...

Agitho_Ryuki
17-04-2013, 05:31 PM
^
pernah melihara dalam 2 hari mati....
:iamdead::iamdead:

lily
17-04-2013, 05:39 PM
di mall dijual 1000 an harganya. kalo mo dipindahin ke cangkang yang bagus bisa , bayar 5 ribu kalo ga salah. caranya dicabut tuh keong nya , trus ditancepin ke cangkang baru , gile sadis...

itsreza
17-04-2013, 06:07 PM
lily jahat, tega banget sih siksa binatang kecil



belum tau aja kelomang bisa gentayangan -_-

lily
17-04-2013, 06:23 PM
saya nyabut keong dari cangkangnya aja ga berani...

megang aja takut... ampun deh reza...

:tendang: :tonjokkeras:

---------- Post Merged at 04:23 PM ----------


http://yudhistira31.files.wordpress.com/2008/08/kelomang.jpg

opera
17-04-2013, 06:28 PM
gimana klo pelihara marmut aja?
apalagi yang gongrong pasti lebih asyik

marmut gondrong
17-04-2013, 06:35 PM
Ada yg menyebut-nyebut nama saya..? :ngopi:

lily
17-04-2013, 06:35 PM
enakan melihara opera aja , bisa menghasilkan uang , bisa kerja kantoran.

itsreza
17-04-2013, 06:37 PM
sate marmut juga enak... berprotein tinggi
teksturnya seperti daging ayam. kadang ada
tukang bakso pakai daging kerabat marmut,
tikus, soalnya murah, apalagi daging sapi
sekarang ini lagi mahal :cengir:

opera
17-04-2013, 06:44 PM
enakan melihara opera aja , bisa menghasilkan uang , bisa kerja kantoran.
:kaget: mau dijadiin peliharaannya lily.. :tidakk: :iamdead:

marmut gondrong
17-04-2013, 06:51 PM
sate marmut juga enak... berprotein tinggi
teksturnya seperti daging ayam. kadang ada
tukang bakso pakai daging kerabat marmut,
tikus, soalnya murah, apalagi daging sapi
sekarang ini lagi mahal :cengir:

Enggak bener, gak enak sama sekali, kurus, tulang melulu, dagingnya asem, teksturnya keras. Alot juga ::gemetar::

lily
17-04-2013, 06:53 PM
maksud reza itu... reza suka bagian tertentu aja , ga semua bagian -_-

kelomangceria
17-04-2013, 07:14 PM
Petunjuk praktis:
Cara memelihara Pongpongan / Kelomang supaya awet bertahun-tahun.
Sayangilah Pongpongan mu, peliharalah dengan baik walaupun harganya murah:

1. Carikan tempat: bisa baskom, ember bekas, akuarium kecil dll.

2. Pongpongan jangan dibasahi tapi jangan lupa beri minum air sumur (jangan air ledeng, ada
kaporitnya) dan lebih bagus kalau ada air Laut (bikin sendiri juga bisa, pakai garam kasar non yodium) supaya bisa berendam sendiri. Kalau ada air tawar dan air laut, pongpongan bisa awet bertahun-tahun.

3. Beri pasir yang agak basah (tidak boleh terlalu basah ya) dan cukup tebal buat persembunyiannya, kalau sedang sembunyi jangan diganggu walaupun bisa sampai beberapa hari. Kalau sedang Moulting atau ganti cangkang bisa sebulan.




4. Walaupun pongpongan makannya sangat sedikit, jangan lupa diberi makan yang alami, misalnya: Tebu, potongan kelapa, Jipang (labu siam), papaya, rambutan manis, ubi manis, timun, apel merah, bengkoang, havermoth, katul baru dll. (ganti tiap hari atau 2 hari 1x) Pongpongan suka yang manis-manis.

5. Kalau mau awet jangan dijatuhkan dan jangan dimainkan terus ya, bisa stress, 1 jam saja cukup lalu kembalikan lagi ketempatnya.

6. Jangan sampai di semutin, pakailah kapur anti semut di bagian luar tempatnya dan kelomangnya jangan sampai terkena. (beli di warung ada)

7. Bisa pindah rumah sendiri lho. Carikan cangkang kalau cangkangnya sudah kekecilan atau rusak. (minta atau beli cangkang kosong kepada penjual kelomangnya)

8. Mau tahu lebih lanjut, lengkapnya baca di Internet: kelomangceria.blogspot.com

9. SELAMAT memelihara PONGPONGAN, semoga membawa keceriaan untuk mu.

---------- Post Merged at 05:03 PM ----------


saat dipelihara anak-anak, kelomang yang berumur panjang
jadi tinggal seminggu sisa umurnya ;D

gk akan mati kalo bener memeliharanya, jangan dicemplungin air, tapi cukup di spray saja biar agak lembab. jangan pakai air PAM berkaporit

---------- Post Merged at 05:06 PM ----------


saat dipelihara anak-anak, kelomang yang berumur panjang
jadi tinggal seminggu sisa umurnya ;D

anak2 harus dikasi tau : Sayangilah Pongpongan mu, peliharalah dengan baik walaupun harganya murah


bagaimana caranya posting foto disini ya . ? blm bisa


---------- Post Merged at 05:10 PM ----------

[QUOTE=lily;297315]saya nyabut keong dari cangkangnya aja ga berani...

megang aja takut... ampun deh reza...

:tendang: :tonjokkeras:

---------- Post Merged at 04:23 PM ----------


Ayo kita beli kelomang yang cangkangnya masih alami dan kita pelihara kelomang, kita sayangi sebagai binatang kesayangan.

Kelomang yang cangkangnya warna warni sering tidak awet dan lebih cepat mati ::nangis:: karena:
1. Saat dipukul lalu ditarik keluar sering ada yang terluka bagian perutnya yg lunak.
2. Cangkang yg dicat pori2nya tertutup sehingga kelomang lebih cepat kepanasan. Bayangkan saja di siang hari panas terik pake jas hujan . . . pasti sumuk/panas/gerah kan?
3. Cat yang digunakan pasti yang murah, kemungkinan besar beracun dan berbahaya bagi kelomang. Terutama kalo sudah agak lama mengelupas dan bila termakan kelomang bisa mati.

---------- Post Merged at 05:14 PM ----------

saya dapat nyari dipantai kelomang kecil2, sudah 1 bulan lebih gk mati tuh . . . harus menjiwai peliharanya, tempatnya disesuaikan dengan habitat aslinya . . . dikasi pasir pantai yg aga basah dikit dan air sumur buat minum, jangan lupa kasi makan tiap hari walau sdkit

GiKu
17-04-2013, 07:22 PM
cangkang kelomang itu asalnya dari mana ?
kalo kelomang tambah besar, trus gimana dg cangkangnya ?

cha_n
17-04-2013, 07:28 PM
aku ga bakat deh pelihara beginian.
kasihan. ga sabar dan ga telaten. mending balikin ke habitatnya aja.

itsreza
17-04-2013, 07:29 PM
pindah ke cangkang yang lebih besar. cari di pantai
thread ini mirip-mirip dengan punya mona dulu, cuma
thread mona lebih praktis

waktu SD pelihara kelomang tahan setahun lebih. sisanya
hilang, dan mati akibat proses keingintahuan anak kecil

TS itu sangat fokus, threadnya dibajak aja tetep fokus :cengir:

kelomangceria
17-04-2013, 07:33 PM
cangkang kelomang itu asalnya dari mana ?
kalo kelomang tambah besar, trus gimana dg cangkangnya ?

kelomang tdk punya cangkang sendiri, dia pakai cangkang siput laut yg sdh kosong.
Pas beli pilihlah yg cangkangnya alami jangan yg dicat warna warni, gk awet cepat mati. Nah pilihlah kelomang yg cangkangnya gk kekecilan, tapi yg agak kegedean spy kalo tumbuh besar tetap muat. tapi lama kok besarnya.
Atau belikan cangkang untuk ganti pindah rumah yg lebih besar, minta sama penjualnya juga dikasi, kalo gk dikasi ya beli :-)

---------- Post Merged at 05:33 PM ----------


aku ga bakat deh pelihara beginian.
kasihan. ga sabar dan ga telaten. mending balikin ke habitatnya aja.

Lho . . jangan memvonis diri gk bakat . . jangan mudah menyerah, justru kalo saya harus bakat, harus sabar, harus telaten . . . bilang begini sama diri sendiri: GK ADA YANG AKU TIDAK BISA . . . ::hohoho::

mbok jamu
17-04-2013, 07:33 PM
Oh.. Ndak boleh pakai air PAM ya? Pernah pelihara kura-kura, pakai air PAM, ndak lama kura-kuranya buta. Stress trus mati. ::nangis::

lily
17-04-2013, 07:35 PM
btw emang cara mindahin kelomang itu dicabut gitu ya ?

ga sakit ya ?

kelomangceria
17-04-2013, 07:35 PM
ayo sekarang pelihara lagi, kalo mo tahu lebih lanjut saya tunggu di blog kelomangceria ya :-)::hihi::

lily
17-04-2013, 07:36 PM
Oh.. Ndak boleh pakai air PAM ya? Pernah pelihara kura-kura, pakai air PAM, ndak lama kura-kuranya buta. Stress trus mati. ::nangis::

hah ? waduh mbok hiks... saya pelihara kura - kura pake air ledeng gantinya... sampe sekarang baek aja sih , tapi saya baru tau kalo bisa buta dll...

---------- Post Merged at 05:36 PM ----------


ayo sekarang pelihara lagi, kalo mo tahu lebih lanjut saya tunggu di blog kelomangceria ya :-)::hihi::

blog nya dimana sih ?

kelomangceria
17-04-2013, 07:40 PM
kaporitnya yg bikin mati. boleh pakai air PAM tapi di uapkan dulu 1 minggu minimal. Kalo saya juga pakai air PAM tapi yg sudah di akuarium ikan, jadi sudah beberapa hari.

---------- Post Merged at 05:40 PM ----------


btw emang cara mindahin kelomang itu dicabut gitu ya ?

ga sakit ya ?

itu perbuatan sadis dan menyiksa kelomang . . . tuh lihat saja di blog kelomangceria ada foto tempat penyiksaan kelomang.
kalo dicabut jelas stress dan kemungkinan besar terluka bagian perutnya, lalu beberapa hari mati.
Pokoknya jangan beli yang cangkangnya dicat . . . beli yg alami walau kusam, nanti dia bisa pindah sendiri kok kalo sehat

ndugu
17-04-2013, 10:34 PM
saya suka liat hermit crab :mrgreen: apalagi kalo cangkangnya warna warni, soalnya kadang ada design yang funky2, tapi ternyata ngga bagus buat kelomangnya ya :mikir:

btw, ini maksudnya air PAM diuapkan kaya gimana sih? maksudnya dididihkan? ato dibiarin di panci aja? dan penguapan ini melakukan apa, menguapkan kaporitnya? ::elaugh::

noodles maniac
17-04-2013, 11:38 PM
Kelomang ya? maenan gw waktu masih SD tuh ::hihi::

Seringnya sang kelomang pergi meninggalkan cangkang kosong, tanpa notes/pesan apapun. Sedih hatiku :sepi:

cha_n
18-04-2013, 01:18 AM
kelomang tdk punya cangkang sendiri, dia pakai cangkang siput laut yg sdh kosong.
Pas beli pilihlah yg cangkangnya alami jangan yg dicat warna warni, gk awet cepat mati. Nah pilihlah kelomang yg cangkangnya gk kekecilan, tapi yg agak kegedean spy kalo tumbuh besar tetap muat. tapi lama kok besarnya.
Atau belikan cangkang untuk ganti pindah rumah yg lebih besar, minta sama penjualnya juga dikasi, kalo gk dikasi ya beli :-)

---------- Post Merged at 05:33 PM ----------



Lho . . jangan memvonis diri gk bakat . . jangan mudah menyerah, justru kalo saya harus bakat, harus sabar, harus telaten . . . bilang begini sama diri sendiri: GK ADA YANG AKU TIDAK BISA . . . ::hohoho::

sementara saya mau fokus melihara anak2ku dulu deh. mungkin nanti kalau sudah pensiun saya pertimbangkan pelihara kelomang ;))
saya kasihan sama binatang peliharaan kalau ga serius dijaga dia tersiksa

ndugu
18-04-2013, 01:22 AM
chan, sebenarnya saya jusru pernah baca artikel mengenai studi tentang hewan piaraan dengan anak loh, katanya rumah yang mempunyai binatang piaraan, biasa anaknya terdidik untuk lebih bertanggung jawab dan lebih mempunyai rasa menyayangi terhadap mahkluk2 hidup laennya.

cha_n
18-04-2013, 02:09 AM
itu kalo ortunya bisa ngajarin urus binatang peliharaan gu. kalau saya tahu diri aja sih, ga siap diribetin lagi sama binatang peliharaan.
lebih milih pelihara tumbuhan aja. jadi anak diajak mencintai alam dengan menanam dan menjaga tumbuhan. inti bertanggung jawab dan mencintai lingkungannya dapet tanpa harus ada adegan pembunuhan ;))

dulu aku kecil sempat pelihara kucing. berhubung kucing liar jadi ga seberapa ribet juga urusnya.

ndugu
18-04-2013, 02:13 AM
:lololol: kok pembunuhan
dan bener, kupikir faktor yang berperan di studi memang lebih berat ke mendidik anak ngurus binatang piaraan (ato piaraan apa aja). soalnya kalo ga ada pendidikan itu, sama aja ga ada efeknya. saya dari kecil juga ga ada binatang piaraan kok, tapi tetep aja ngerasa bertanggung jawab (cieh) :cengir:

cha_n
18-04-2013, 02:24 AM
soal kelomang. sudah pernah nyoba beli. kakeknya hegel sih yang beliin.
sehari dua hari. tiga hari udah ga jelas kemana perginya binatang itu.
1. saya rada geli sama kelomang jadi ga berani dekat2 kalo ga terpaksa
2. karena geli jadi ga minat buat cari tahu makanan kesukaan
3. si hegel jadi ikutan geli *tepok jidat*

oiya cangkang semua dicat. kasihan.

kelomangceria
18-04-2013, 06:26 AM
blog kelomang ceria adanya di kelomangceria.blogspot.com kalo gk keteku cari kelomangceria pakai mbah google ::hihi::

---------- Post Merged at 04:19 AM ----------


saya suka liat hermit crab :mrgreen: apalagi kalo cangkangnya warna warni, soalnya kadang ada design yang funky2, tapi ternyata ngga bagus buat kelomangnya ya :mikir:

btw, ini maksudnya air PAM diuapkan kaya gimana sih? maksudnya dididihkan? ato dibiarin di panci aja? dan penguapan ini melakukan apa, menguapkan kaporitnya? ::elaugh::

air berkaporit didiamkan saja di ember misalnya 2 hari bau kaporitnya hilang dengan sendirinya karena otomatis menguap, kalo mau cepat hilang baunya maka pakailah mesin gelembung akuarium (apa tu namanya . . .? aerator kalo gk salah) 1 hari bisa hilang. kalo dididihkan juga bisa tapi kan boros gas . . . dimarahin nyak lu ntar ::hihi::

---------- Post Merged at 04:22 AM ----------


Kelomang ya? maenan gw waktu masih SD tuh ::hihi::

Seringnya sang kelomang pergi meninggalkan cangkang kosong, tanpa notes/pesan apapun. Sedih hatiku :sepi:

kalo itu artinya dia sakit atau lemas krn sdh gk kuat lagi bw rumahnya, ini biasanya gk dikasi makan atau direndam air, kelomang gk boleh kena air kecuali atas kemauan sendiri.
Walaupun pongpongan / kelomang makannya sangat sedikit, jangan lupa diberi makan yang alami, misalnya: Tebu, potongan kelapa, Jipang (labu siam), papaya, rambutan manis, ubi manis, timun, apel merah, bengkoang, havermoth, katul baru dll. (ganti tiap hari atau 2 hari 1x) Pongpongan suka yang manis-manis.

---------- Post Merged at 04:26 AM ----------


chan, sebenarnya saya jusru pernah baca artikel mengenai studi tentang hewan piaraan dengan anak loh, katanya rumah yang mempunyai binatang piaraan, biasa anaknya terdidik untuk lebih bertanggung jawab dan lebih mempunyai rasa menyayangi terhadap mahkluk2 hidup laennya.

Wah, ternyata masih ada orang yang berpikiran SUPER seperti ini, memang benar hidup ini tidak hanya cari duit melulu (kata orang bijaksana)

noodles maniac
18-04-2013, 09:04 AM
kalo itu artinya dia sakit atau lemas krn sdh gk kuat lagi bw rumahnya, ini biasanya gk dikasi makan atau direndam air, kelomang gk boleh kena air kecuali atas kemauan sendiri.
Walaupun pongpongan / kelomang makannya sangat sedikit, jangan lupa diberi makan yang alami, misalnya: Tebu, potongan kelapa, Jipang (labu siam), papaya, rambutan manis, ubi manis, timun, apel merah, bengkoang, havermoth, katul baru dll. (ganti tiap hari atau 2 hari 1x) Pongpongan suka yang manis-manis.


Gw inget sih dulu kelomang gw sering gw rendem air. Simpel aja sih alesannya, pan si kelomang makhluk yang idup di air ya makanya gw kasih air. Eh ternyata si kelomang malah minggat :(. Gw rajin kok kasih makannya ::ungg::

ndugu
18-04-2013, 09:39 AM
Oh, saya baru tau kalo kaporit bisa menguap begitu aja ya :mikir:

Kelomang kalo dipiara dengan bener, rata2 umurnya brapa panjang sih?

kelomangceria
18-04-2013, 12:45 PM
Gw inget sih dulu kelomang gw sering gw rendem air. Simpel aja sih alesannya, pan si kelomang makhluk yang idup di air ya makanya gw kasih air. Eh ternyata si kelomang malah minggat :(. Gw rajin kok kasih makannya ::ungg::

BUKAN . . . BUKAN, kelomang yg kita kenal yg biasa dijual didepan SD itu kelomang darat (LAND HERMIT CRAB) dan bernapas bukan dengan insang. Memang ada kelomang laut yg hidupnya dalam air laut, namanya MARINE Hermit Crab, jenis ini tanpa air laut beberapa jam saja mati . . .

---------- Post Merged at 10:40 AM ----------


Oh, saya baru tau kalo kaporit bisa menguap begitu aja ya :mikir:

Kelomang kalo dipiara dengan bener, rata2 umurnya brapa panjang sih?

Penting disediakan cangkang alamiah yg gedean dikit buat ganti2 :-) Jangan kuatir deh pokoknya paling2 kalo pemiliknya sudah tua dan sakit2an mau M*TI jangan lupa berpesan:
agar kelomang dipelihara sebaik-baiknya oleh anak atau cucu he he he jangan sewot ya Bos . . . becanda :-)
ada yang bilang bisa sampai 80 tahun krn kelomang terus moulting dan berganti kulit dan bertambah besar gk mati2.
Kelomang gk gampang sakit asal tempatnya bersih sisa makanan dibersihkan dan karena suka berolahraga . . . Atlet medali emas Olimpiade cuma angkat besi saja kalah lho . . . Kelomang angkat RUMAH nya sambil jalan2 santai lagi ha ha ha

Ayo pelihara, jangan takut mati, belajar terus dari yg ahli

---------- Post Merged at 10:45 AM ----------


Oh, saya baru tau kalo kaporit bisa menguap begitu aja ya :mikir:

Kelomang kalo dipiara dengan bener, rata2 umurnya brapa panjang sih?

coba buktikan sendiri donk . . . jangan percaya gw :-) kalo gw salah marahin ya . . . 48 jam kurang lebih bau kaporit hilang kok, apalagi sambil diaduk-aduk

noodles maniac
18-04-2013, 03:14 PM
BUKAN . . . BUKAN, kelomang yg kita kenal yg biasa dijual didepan SD itu kelomang darat (LAND HERMIT CRAB) dan bernapas bukan dengan insang. Memang ada kelomang laut yg hidupnya dalam air laut, namanya MARINE Hermit Crab, jenis ini tanpa air laut beberapa jam saja mati . . .

Yah maklum deh, namanya juga logika anak SD ::ungg::
Tapi sekarang nyari kelomang yang cangkang asli susah, kemaren-kemaren ponakan beli kelomang udah diwarna-warni gitu. Kesian kelomangnya, sama kayak anak ayam yang dikasih pilok :kesal:



Penting disediakan cangkang alamiah yg gedean dikit buat ganti2 :-) Jangan kuatir deh pokoknya paling2 kalo pemiliknya sudah tua dan sakit2an mau M*TI jangan lupa berpesan:
agar kelomang dipelihara sebaik-baiknya oleh anak atau cucu he he he jangan sewot ya Bos . . . becanda :-)
ada yang bilang bisa sampai 80 tahun krn kelomang terus moulting dan berganti kulit dan bertambah besar gk mati2.
Kelomang gk gampang sakit asal tempatnya bersih sisa makanan dibersihkan dan karena suka berolahraga . . . Atlet medali emas Olimpiade cuma angkat besi saja kalah lho . . . Kelomang angkat RUMAH nya sambil jalan2 santai lagi ha ha ha

Ayo pelihara, jangan takut mati, belajar terus dari yg ahli

Serius???? 80 tahun??? :apaa:

lily
18-04-2013, 03:23 PM
kalo kayak kata noodle , kelomang nya minggat , itu biasanya kemana ?

mati ato cari rumah baru ???

kelomangceria
18-04-2013, 06:08 PM
Yah maklum deh, namanya juga logika anak SD ::ungg::
Tapi sekarang nyari kelomang yang cangkang asli susah, kemaren-kemaren ponakan beli kelomang udah diwarna-warni gitu. Kesian kelomangnya, sama kayak anak ayam yang dikasih pilok :kesal:




Serius???? 80 tahun??? :apaa:

ciyusss . . . tanya mbah google kalo gk percaya . . . ane juga pernah baca ada seorang janda yg memelihara 2 kelomang besar dirumahnya, dilepas begitu saja didalam rumah . . . sudah hampir 30tahun . . .

---------- Post Merged at 04:08 PM ----------


kalo kayak kata noodle , kelomang nya minggat , itu biasanya kemana ?

mati ato cari rumah baru ???

dari kalimatnya kyknya meninggalkan cangkangnya lalu mati, krn blm tahu cra merawatnya. ini yg ane dapet nyari dipantai ada 40 kelomang lebih sudah 1bln lebih awet2 aja tuh . . . :-) kelomang gk bole dibasahin kecuali atas kemauan sendiri jalan masuk ke tempat minum itu malah artiya sehat

etca
18-04-2013, 06:40 PM
Topik ini saya merger ya ama topiknya Ray Surya ttg Kelomang Darat ::bye::

kupo
18-04-2013, 06:46 PM
saya pernah nemu kelomang lepas dekat rumah, cangkangnya dicat warna warni, pelan2 saya kerok pakai kuku lalu besoknya saya bawa ke pantai parangtritis, saya lepas di tempat sepi... entah dia bertahan atau tidak... ::ungg::