PDA

View Full Version : Makanan Penambah Hemoglobin



BundaNa
27-03-2012, 11:59 AM
Gara-gara Bapak HBnya turun jadi gugling nyari2 makanan yang bisa meningkatkan HBnya Bapak. Masalahnya penyakitnya Bapak kompleks, Gagal Ginjal Terminal harus pakai CAPD (gantinya cuci darah seminggu 2x), punya asma, kemaren livernya juga mulai terganggu. Dan yang paling sering memang HBnya sering merosot.

Untuk orang normal, HB minimal 12. Untuk Bapak Hb 10 juga udah bagus, minimal harus dapet 8 (apa ya satuan hitungnya? dl apa gitu, lupa). Kemaren opname 2 hari karena sesak napas (yang ternyata bukan gangguan asma, tapi karena HBnya turun sampai 6,5 dan kreatinnya tinggi lagi 2x lipat batas masimal). Kemungkinan harus tranfusi, minimal bisa habis 4 kantong. Kemaren juga setelah dari Bandung HB turun sampai 7 harus transfusi sekitar 3 kantong darah.

Sejujurnya, sebelum bapak sakit saya ga terlalu merhatiin yang beginian. Sekarang kog jadi pengen gugling dan sharing, karena HB ternyata penting buat tubuh kita. HB turun maka stamina kita juga menurun.


Hemoglobin merupakan protein yang mengandung zat besi yang terdapat pada sel darah merah. Hemoglobin berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh manusia. Kekurangan hemoglobin mampu menyebabkan anemia, infeksi, atau bahkan pendarahan. Untuk mencegah berbagai macam penyakit tersebut, sebaiknya Anda mulai sekarang mengonsumsi makanan-makanan yang berfungsi sebagai penambah hemoglobin seperti yang dilansir dari Health Me Up (15/03) berikut ini.

Daging sapi
Daging sapi banyak mengandung zat besi yang mampu meningkatkan jumlah hemoglobin dengan cepat. Selain itu, daging sapi juga bisa diserap oleh tubuh dengan cepat. Namun jangan berlebihan mengonsumsi daging sapi jika tidak ingin terserang penyakit kardiovaskular.

Sayuran
Beetroot atau bit, bayam, kacang polong, kacang merah, kubis, lobak, ketela, brokoli, kacang lima, sawi, kacang hitam, dan bunga kol adalah sayuran yang paling cepat meningkatkan hemoglobin Anda. Terutama bit, karena bit memiliki kemampuan untuk meregenerasi zat besi dan mengaktifkan sel-sel darah merah dalam tubuh.

Buah-buahan
Sedangkan buah-buahan yang mampu meningkatkan hemoglobin adalah kismis, plum, buah ara, buah malaka, aprikot, apel, jeruk, jeruk limau, dan juga grapefruit.

Kacang-kacangan
Beberapa orang mungkin tidak menyukai kacang-kacangan. Namun pertimbangkan makanan ini jika kadar hemoglobin dalam darah Anda terlalu rendah. Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung zat besi yang mampu meningkatkan hemoglobin Anda.

Roti, pasta, dan sereal
Anda sebaiknya memeriksa komposisi dari roti gandum, pasta, dan juga sereal. Kebanyakan dari jenis tiga makanan ini mengandung zat besi tinggi. Selain itu, gandum dikenal baik dikonsumsi sebagai menu diet harian.

Kandungan hemoglobin dalam darah umumnya dialami oleh para wanita yang sedang haid. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga bisa kekurangan hemoglobin karena sebab lainnya. Tetap jaga kesehatan dan konsumsilah lima makanan tersebut di atas untuk menjaga kadar hemoglobin dalam darah

sambel (http://www.merdeka.com/sehat/5-makanan-penambah-hemoglobin.html)

monggo dishare yang punya inpo lengkap. Tadi gugling hasilnya ga maksimal

meliakh
27-03-2012, 12:49 PM
setau wa ati ayam bisa juga buat 'nambah' darah
apapun yang mengandung vitamin B

bradon heat
27-03-2012, 01:28 PM
jangan lupa makan makannan yg ada vit b 12 nya ..
karena zat besi di ikat oleh vit b 12 .. ::ungg::

thamacaat
27-03-2012, 02:36 PM
rajin minum antianemia seperti s*ngobion--bagusnya yg sirup, atau hemoti*on bayer...

etca
27-03-2012, 03:55 PM
atas permintaan TS,
thread dipindahkan ke Kuliner & Nutris (http://www.kopimaya.com/forum/forumdisplay.php?23-Kuliner-amp-Nutrisi)i.

BundaNa
27-03-2012, 05:02 PM
errr makanan yg mengandung vitamin B12 apa ya?

etca
27-04-2012, 04:52 PM
kemarin dicek, HB-nya 8.
besok kemungkinan besar transfusi darah.
err berapa lama sih proses transfusi darah itu, apa aja step2nya?
sekantongnya berapa lama mbak?
biar bisa estimasi waktunya.

kalau dilihat dari asupan di atas,
well daging sapi iya, soalnya sering gw beliin sop iga sapi. *karena musti mamam yang berkuah.
makan gandum iya, selalu gw beliin roti tawar gandum,
asupan buah di rumah selalu ada dan seringnya jeruk dan apel.
tapi bodynya tetep drop HBnya *sigh

BundaNa
27-04-2012, 06:03 PM
buat yg kondisinya ga fit, HB mmg sulit normal. kl HB 8 minimal naik ke 10, maksimal 3 kantong darah

---------- Post added at 03:52 PM ---------- Previous post was at 03:50 PM ----------

setiap pasien lain2 estimasi transfusinya, ca. buat bpk yg gagal ginjal, minimal 6 jam lamanya. ada yg 2 jam hrs selesai

---------- Post added at 03:56 PM ---------- Previous post was at 03:52 PM ----------

step2nya? plg sebelum transfusi dichek tekanan darahnya. transfudi mirip infus kog, hanya ditambah alat p'encer darah

---------- Post added at 03:59 PM ---------- Previous post was at 03:56 PM ----------

biasanya pertama kali transfusi gt agak berat di tubuh, ada yg ga enak gw. gw tau krn abis caesar naomi musti transfusi

---------- Post added at 04:03 PM ---------- Previous post was at 03:59 PM ----------

makanan2 itu utk m'nunjang HB stabil, kl HB di bawah normal (idealnya 12) itu terpaksa transfusi atau suntik hemapo

GiKu
27-04-2012, 06:16 PM
waktu anggota keluarga pada sehat gw juga masa bodoh cari info makanan
begitu ibu sakit, mulei dagh gw grasak grusuk

yg perlu dipantau
SGPT, SGOT, Hb, albumin

cek juga pipisnya
kuning keruh, bau menyengat, berbusa - ini pertanda fungsi ginjal tidak normal

untuk membantu fungsi hati boleh pake temu lawak (kurkuma) atau Silymarin (dijual di apotik dalam berbagai merk)
untuk ginjal boleh cari ekstrak mengkudu

hindari makanan yg bisa bikin perut kembung, seperti : kol, nangka (lainnya boleh digugling)

perbanyak makanan yg mengandung protein tinggi, seperti : ikan, putih telur, di apotik ada juga susu khusus untuk penderita ginjal dan hati (merknya pake embel2 "SOL")

BundaNa
27-04-2012, 06:28 PM
udah pk susu itu, bokap ga doyan ;D. bokap jg ga biasa ikan laut kl digoreng, jd gw bumbu merica. kelapa muda jg ga bole

GiKu
27-04-2012, 07:32 PM
hindari gorengan
direbus aja, urusan rasa gak penting - yg utama organ tubuh bisa pulih dulu
o iya, santan juga harus dihindari

btw, susu seperti itu emang rasanya gak ada yg nikmat
boleh dicampur coklat bubuk atau dimakan pake es krim

o iya, suplemen tambahan lain : jintan hitam, sari kurma, air zam-zam

et dah
27-04-2012, 09:56 PM
gorengan emang ngaruh ?

ndugu
27-04-2012, 10:08 PM
Ntah bener ato ngga
Tapi dulu saya denger orang2 suka bilang Ang kak (red Yeast rice) bisa bantu nambah darah. ;D

Biasa saya bikin sup ayam angkak, cuman cemplungin ayam, angkak (paling stengah sendok teh aja, ga banyak), dan sedikit jahe, dan garam tentu aja. Udah gitu aja. Enak kok. Sala satu menu favorit di rumahku dulu. Ada yang ngevariasiin dikit dengan kasi telor, tapi saya biasa sih polos aja dengan ayam.

Cuman saya denger sih kalo untuk tujuan medis (tradisional), biasa mereka masaknya kentel banget dengan sekantong kecil angkak. Jadi bener2 merah dan kental. Biasa juga dikasi minum ke wanita uang baru melahirkan. Itu cara tradisional yang saya denger ya. Blom pernah coba diginiin. Kalo saya cuman jadiin menu makanan biasa.

BundaNa
27-04-2012, 10:26 PM
katanya bit juga bagus buat naekin hb. tp bokap kan gagal ginjal kronik (eh, apa terminal ya? lupa ;D), byk pantangan

ndugu
27-04-2012, 10:29 PM
Oh, beet yang Sejenis akar2an warna merah itu ya?
Bener, saya juga pernah denger tentang itu, lupa. Cuman saya ga suka :lololol:

Prasaan 'obat' tradisional menganggap apa aja yang berwarna merah sebagai bagus untuk darah ya :cengir:

BundaNa
27-04-2012, 11:08 PM
iya, kayak buah naga, jambu merah, delima, buah merah dr papua ::hihi::

AsLan
27-04-2012, 11:21 PM
Kunyit (kurkuma), mengkudu, temulawak dll bagus untuk menjaga kesehatan orang2 sehat, kalo sudah sakit mending jangan karena semua jamu2an mengandung racun yg memperberat kerja liver dan ginjal.

Gw pernah denger cerita, waktu jaman perang dan kelaparan, seorang dokter sengaja mencelupkan paku-paku kedalam rebusan sup supaya bisa memperoleh tambahan zat besi, setelah perang berakhir sang dokter membangun pabrik suplemen makanan kesehatan yg bekerja sama dengan Amway, produknya bernama Nutrilite.

Gak ngerti deh, apa molekul besi bisa lepas saat direbus ya ? ::grrr::

Tapi memang besi, seng, aluminium termasuk logam2 yg dibutuhkan oleh tubuh, mereka ini bukan termasuk logam berat semacam pb dan hg.

BundaNa
27-04-2012, 11:44 PM
kalo yg gw liat dr resepnya bpk, ga jauh2 dari asam folat, kalsium, aminoral, anti nyeri non analgesik, bayem jg 4bidden

etca
01-05-2012, 12:53 AM
jus bit beneran bisa naikin Hb?

---------- Post added at 10:53 PM ---------- Previous post was at 10:36 PM ----------

got it.


Ketika saya kurang darah saya disuruh makan hati atau tranfusi tetapi saya minta dokter untuk ditunda beberapa hari sambil saya minum jus wortel 2/3 gelas dan bit 1/3 gelas untuk menambah darah.
baru keinget kalau bau wortel bisa bikin mual2, jadi harus dicoba ditambahin jeruk nipis. untuk aroma segar.
harus bisa selang seling.... dengan instrumen lain utk meningkatkan Hb.

err wortel bukannya bikin tekanan darah rendah yah?
ok kalau aneka kol, kobis, sawi putih memang dihindari.

etca
01-05-2012, 01:18 AM
fufufufu mari belajar dasar

Apakah hemoglobin itu?
Hemoglobin adalah molekul protein pada sel darah merah
yang berfungsi sebagai media transport oksigen dari paru paru ke seluruh jaringan tubuh dan
membawa karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru paru.
Kandungan zat besi yang terdapat dalam hemoglobin membuat darah berwarna merah.


Bagaimana cara mengukur hemoglobin?
Saat ini pengukuran kadar hemoglobin dalam darah sudah menggunakan mesin otomatis.
Selain mengukur hemoglobin, mesin ini juga dapat mengukur beberapa komponen darah yang lain.

Mesin pengukur akan memecah hemoglobin menjadi sebuah larutan. Hemoglobin dalam larutan ini
kemudian dipisahkan dari zat lain dengan menggunakan zat kimia yang bernama sianida.
Selanjutnya dengan penyinaran khusus, kadar hemoglobin diukur berdasarkan nilai sinar yang berhasil diserap oleh hemoglobin.


Kadar normal hemoglobin
Kadar hemoglobin menggunakan satuan gram/dl.
Yang artinya banyaknya gram hemoglobin dalam 100 mililiter darah.


Nilai normal hemoglobin tergantung dari umur pasien :
Bayi baru lahir : 17-22 gram/dl
Umur 1 minggu : 15-20 gram/dl
Umur 1 bulan : 11-15 gram/dl
Anak anak : 11-13 gram/dl
Lelaki dewasa : 14-18 gram/dl
Perempuan dewasa : 12-16 gram/dl
Lelaki tua : 12.4-14.9 gram/dl
Perempuan tua : 11.7-13.8 gram/dl

Nilai diatas dapat berbeda pada masing masing laboratorium namun tidak akan terlalu jauh dari nilai diatas.
Ada pula laboratorium yang tidak membedakan antara lelaki atau perempuan dewasa dengan lelaki atau perempuan tua.


Apa artinya bila kadar hemoglobin rendah?
Kadar hemoglobin dalam darah yang rendah dikenal dengan istilah anemia.
Ada banyak penyebab anemia diantaranya yang paling sering adalah perdarahan, kurang gizi,
gangguan sumsum tulang, pengobatan kemoterapi dan abnormalitas hemoglobin bawaan.


Apa artinya bila kadar hemoglobin tinggi?
Kadar hemoglobin yang tinggi dapat dijumpai pada orang yang tinggal di daerah dataran tinggi dan perokok.
Beberapa penyakit seperti radang paru paru, tumor dan gangguan sumsum tulang juga bisa meningkatkan kadar hemoglobin.


sauskecap (Apakah hemoglobin itu? Hemoglobin adalah molekul protein pada sel darah merah yang berfungsi sebagai media transport oksigen dari paru paru ke seluruh jaringan tubuh dan membawa karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru paru. Kandungan zat besi yang terdapat dalam hemoglobin membuat darah berwarna merah. Bagaimana cara mengukur hemoglobin? Saat ini pengukuran kadar hemoglobin dalam darah sudah menggunakan mesin otomatis. Selain mengukur hemoglobin, mesin ini juga dapat mengukur beberapa komponen darah yang lain. Mesin pengukur akan memecah hemoglobin menjadi sebuah larutan. Hemoglobin dalam larutan ini kemudian dipisahkan dari zat lain dengan menggunakan zat kimia yang bernama sianida. Selanjutnya dengan penyinaran khusus, kadar hemoglobin diukur berdasarkan nilai sinar yang berhasil diserap oleh hemoglobin. Kadar normal hemoglobin Kadar hemoglobin menggunakan satuan gram/dl. Yang artinya banyaknya gram hemoglobin dalam 100 mililiter darah. Nilai normal hemoglobin tergantung dari umur pasin : Bayi baru lahir : 17-22 gram/dl Umur 1 minggu : 15-20 gram/dl Umur 1 bulan : 11-15 gram/dl Anak anak : 11-13 gram/dl Lelaki dewasa : 14-18 gram/dl Perempuan dewasa : 12-16 gram/dl Lelaki tua : 12.4-14.9 gram/dl Perempuan tua : 11.7-13.8 gram/dl Nilai diatas dapat berbeda pada masing masing laboratorium namun tidak akan terlalu jauh dari nilai diatas. Ada pula laboratorium yang tidak membedakan antara lelaki atau perempuan dewasa dengan lelaki atau perempuan tua. Apa artinya bila kadar hemoglobin rendah? Kadar hemoglobin dalam darah yang rendah dikenal dengan istilah anemia. Ada banyak penyebab anemia diantaranya yang paling sering adalah perdarahan, kurang gizi, gangguan sumsum tulang, pengobatan kemoterapi dan abnormalitas hemoglobin bawaan. Apa artinya bila kadar hemoglobin tinggi? Kadar hemoglobin yang tinggi dapat dijumpai pada orang yang tinggal di daerah dataran tinggi dan perokok. Beberapa penyakit seperti radang paru paru, tumor dan gangguan sumsum tulang juga bisa meningkatkan kadar hemoglobin.)

AsLan
01-05-2012, 01:35 AM
cewek yg lagi menstruasi butuh hemoglobin lebih banyak kali ya ? ::ungg::

BundaNa
01-05-2012, 11:54 AM
gwe haid kog ga sampe anemia ya?::ungg::

bradon heat
02-05-2012, 07:11 PM
cewek yg lagi menstruasi butuh hemoglobin lebih banyak kali ya ? ::ungg::

beresiko kena anemia karena menstruasi ....


gwe haid kog ga sampe anemia ya?::ungg::

mungkin bund, dari segi asupan gizinya bagus..
jadi tidak terkena anemia ::ungg::