PDA

View Full Version : [Diary Masak] Resep Menu Berkuah + Enggok2nya ;D



komporminyak
14-03-2012, 04:36 PM
Iseng ngumpulin Resep Masakan untuk Menu Berkuah,
siapapun boleh nambahin kok. ;)


Resep Sayur Asem


http://3.bp.blogspot.com/-OqOb8Fp6dfc/T0SqWXFcGeI/AAAAAAAACFM/NJdaORkPMFM/s1600/resep+sayur+asem.JPG


BAHAN:
- Air kaldu sapi (air bekas ngerebus daging gepuk - atau air kaldu sapi biasa)
- Jagung yg dibelah menjadi 2 atau 3
- Labu siam, potong kotak2
- Buncis atau kacang panjang
- Kacang tanah segenggam
- Melinjo (saya tidak pakai karena tidak menemukan melinjo)
- 2 lembar daun salam
- 1sdt lengkuas bubuk
- air asam jawa secukupnya.

BUMBU HALUS:
- 5 siung bawang merah
- 2 buah bawang putih
- 3 cabe keriting (bisa ditambahkan jika anda menyukai sayur asem yang pedas)
- 2 sdt terasi
- 6 sdt gula pasir (bisa dikurangi kl ga terlalu suka manis)

CARA MEMBUAT:
1. Rebus sayuran yg keras dulu (contohnya kacang tanah & jagung).
2. Setelah empuk, masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas bubuk dan air asam jawa.
3. Masukkkan labu siam & buncis.
4. Masak sampai semua sayuran empuk, hidangkan panas2 dgn gepuk, tahu goreng & sambel terasi.

komporminyak
14-03-2012, 04:54 PM
Sup Jamur Shimeji


http://www.surya.co.id/images/2011/11/sup-krim-jamur-300x219.jpg (http://www.surya.co.id/images/2011/11/sup-krim-jamur.jpg)

Bahan:
250 gr daging ayam, potong-potong
1 siung bawang putih, parut
sdt lada bubuk
1 sdt garam
3 sdm tepung kanji

Kuah:
1 sdm minyak sayur
50 gr bawang bombai, cincang
1 siung bawang putih, memarkan
1 btg daun bawang, iris kasar
750 ml kaldu ayam
sdt lada bubuk
1 sdt garam
100 gr wortel, potong-potong
100 gr jamur shimeji , bersihkan

Cara Membuat:
1. Aduk potongan ayam dengan bawang putih, lada dan garam hingga rata.
2. Lumuri dengan tepung kanji hingga rata.
3. Kuah: panaskan minyak, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga layu dan wangi.
4. Tambahkan daun bawang, aduk rata.
5. Tuangi kaldu dan tambahkan lada dan garam, didihkan.
6. Masukkan potongan ayam, masak hingga matang.
7. Tambahkan wortel dan jamur, didihkan hingga lunak.
8. Angkat, sajikan hangat.


Resep ini untuk 4 orang. Selamat mencoba!

saus kecap (http://www.surya.co.id/2011/11/11/sup-jamur-shimeji-penuh-gizi)

Fere
14-03-2012, 04:59 PM
http://3.bp.blogspot.com/-OqOb8Fp6dfc/T0SqWXFcGeI/AAAAAAAACFM/NJdaORkPMFM/s1600/resep+sayur+asem.JPG



yang ini keknya seger banget
bikin ngiler ::cabul::::cabul::::cabul::

tsu
14-03-2012, 07:43 PM
sayur asem + bothok udang + tempe goreng + empal + sambal = ::cabul::

Nharura
14-03-2012, 08:47 PM
kayanya enakkk nihh.... yang sup jamurnya,, slurrpppp....
jadi laper,, baru sadar belum makan siang... ::oops::

komporminyak
14-03-2012, 09:02 PM
@Nha,
saya sudah mendapatkan bahan2nya buat masak Sup Jamur nih
abis ini mau masak ;D


*terpaksa onlen buat search resep rica2 ayam ;))

Resep Ayam Rica-Rica (http://resep.makan.web.id/2011/01/resep-ayam-rica-rica/)


http://www.lintangbuanatours.com/images/stories/ayam-rica.jpg


Resep ayam rica-rica yang disajikan dalam rubrik kuliner kali ini diambil dari sang Maestro Memasak Rudy Choiruddin .
Resep ayam rica-rica dari Rudy Choiruddin sangat simple dan mudah diimplementasikan karena bumbu dan bahan lainnya mudah didapat baik dipasar tradisional maupun pasar modern lainnya. Ayam rica-rica terkenal karena kegurihannya sekarang dapat anda sajikan bagi keluarga dengan sangat mudah. Cobalah resep ayam rica-rica ini didapur anda segera.


Bahan ayam rica-rica :



1 ekor ayam dipotong 16 bagian
2 batang sere di memarkan
6 buah bawang merah dirajang
1 lembar daun pandan
5 lembar daun jeruk
50 ml minyak goreng
150 ml air
1 buah jeruk nipis


Bumbu yang dihaluskan agak kasar:

12 buah cabe merah
10 buah cabe rawit merah
7 siung bawang putih
4 cm jahe


Cara Memasak Ayam rica-rica:
Tumis bawang merah, sere dan daun pandan hingga bawang kecoklatan.
Masukkan bumbu yang dihaluskan dan daun jeruk, aduk hingga harum.
Kemudian masukkan ayam aduk hingga ayam berubah warnanya, tambahkan air, kecilkan api dan tutup.
Diungkep hingga airnya agak mengering sambil sekali-sekali diaduk-aduk. Angkat dan Tambahkan air jeruk, aduk hingga rata.

komporminyak
14-03-2012, 09:04 PM
sayur asem + bothok udang + tempe goreng + empal + sambal = ::cabul::
besok malam pengen masak sayur asem euy?! hohohoho

BundaNa
14-03-2012, 10:52 PM
kalo bumbunya alur banget, namanya balado, ca

E = mc
14-03-2012, 11:05 PM
emang ayam rica2 berkuah? :-?

*laparbelummakan*

komporminyak
15-03-2012, 12:01 AM
trataaaaaaaaaaaaaaaa

http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/supjamurkokom.jpg
sup jamur-na kokom.

emppyyuuukk mumur euy?!!
emang tujuannya masak biar yang dimasakin ga usah cape2 ngunyah ::hihi::
kembang kolnya masuk mulut langsung mak prul hancur di mulut :lololol:

err ayam rica2nya belum difutuin neh,
pucet warnanya, ga seindah warna aslinya ::doh::

komporminyak
15-03-2012, 12:05 AM
emang ayam rica2 berkuah? :-?

*laparbelummakan*
itu enggok2nya, mus ;D

enggok2 artinya belokannya sayur alias lauknya :lololol:

sumpe gw klonengan
15-03-2012, 12:46 AM
trataaaaaaaaaaaaaaaa

http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/supjamurkokom.jpg
sup jamur-na kokom.

emppyyuuukk mumur euy?!!
emang tujuannya masak biar yang dimasakin ga usah cape2 ngunyah ::hihi::
kembang kolnya masuk mulut langsung mak prul hancur di mulut :lololol:

err ayam rica2nya belum difutuin neh,
pucet warnanya, ga seindah warna aslinya ::doh::

akhirnya yg d tunggu ::hihi:: ....

red>,<hair
05-04-2012, 01:15 PM
Sup Jagung gampang lo Kom ::hohoho:: gw uda 3x bikin

bahan :
jagung 1 ( di leres aja pke piso klo d pipil lama bgt )
wortel 1, sosis 1 ( d potong kotak kecil2 )
siapkan maizena 2 sendok d larutkan dalam aer
telur 1 di kocok
1/4 kg ayam yg sudah d rebus (dagingnya d suwir2) >> g tau ini kebanyak g?? klo gw cuma ambil 1 dada doang ;D

bumbu :
bawang bombay , garam, gula pasir (kalo g suka pke maggi blok ato sejenisnya bumbu ini cukup kok :) )

cara pembuatannya :

tumis bawang bombay yg sudah d cincang, setelah harum baunya kasi air 200mlm biarkan mendidih baru masukkan jagung, wortel dan sosisnya
tambahkan kuahnya 400ml lagi masukkan suwiran ayamnya+garam dan gula secukupnya
setelah mendidih masukan telur kocok sambil terus d aduk biar serat dari telurnya terbentuk
setelah itu baru masukan tepung maizena yg sudah d encerkan , aduk perlahan
sebelum d hidangkan cicipin dulu kurang apa ::hihi:: klo uda fix jadi de

ini untuk 4 porsi ( porsi gw tapi ::hihi:: )
td gw bikin gw tambahin jamur tiram ama brokoli yg gw cincang minus suwiran ayam :cengir: