PDA

View Full Version : SPT Pajak



cha_n
08-03-2011, 06:14 PM
Ini Tahapan Mengisi SPT Pajak
Jika terlambat dari 31 Maret 2011, akan terkena denda Rp100 ribu.



VIVAnews- Jika anda telah bekerja, bisa jadi bulan Maret akan disibukkan untuk mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi. SPT ini wajib diserahkan paling lambat 31 Maret 2011, karena jika terlambat maka akan terkena denda Rp100 ribu.

SPT merupakan formulir bagi wajib pajak untuk melaporkan perhitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak, bukan objek pajak, serta harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan.

Tarif pajak yang dikenakan tergantung dari penghasilan wajib pajak. Untuk yang berpenghasilan hingga Rp50 juta tarif pajaknya 5 persen, penghasilan Rp50 juta ke atas hingga Rp250 juta tarif pajaknya 15 persen, penghasilan di atas Rp250 juta hingga Rp500 juta dikenakan tarif 25 persen, penghasilan di atas Rp500 juta dikenakan pajak 30 persen.

Lantas apa saja tahapan penyerahan SPT?

1. Pengambilan Formulir

Formulir SPT dapat diperoleh dengan cara pertama, mengunduh formuli dengan mengunjungi website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id). Kedua, mengambil formulir SPT di Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Ketiga, mengambil formulir SPT melalui mobil pajak keliling.

2. Pengisian Formulir

Formulir SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi terdiri dari 3 jenis yaitu:
Pertama, Jenis formulir 1770, ditujukan bagi wajib pajak dengan penghasilan dari usaha atau pekerjaan bebas, dari satu atau lebih pemberi kerja, yang dikenakan PPh final dan atau bersifat final, dari penghasilan lain.

Kedua, Formulir 1770 S, ditujukan dari satu atau lebih pemberi kerja, yang dikenakan PPh final dan atau bersifat final, dari penghasilan lain.

Ketiga, Formulir 1770 SS, ditujukan hanya dari satu pemberi kerja dengan penghasilan bruto tidak melebihi Rp60 juta setahun, selain bunga bank dan koperasi.

Hal yang perlu diperhatikan:
1. Yang diisi terlebih dahulu adalah formulir lampiran, bukan induknya.
2. Disetiap lembar jangan lupa mengisi identitas seperti nama, NPWP dan tahun pajaknya.
3. Jangan lupa membubuhkan tanda tangan, karena jika tidak SPT yang anda laporkan dianggap tidak sah.
4. Sebelum SPT dikirim/disampaikan, jika SPT menunjukkan kurang bayar, kekurangan tersebut harus dibayar paling lambat tanggal sebelum SPT disampaikan.
5. Pembayaran dapat dilakukan di kantor pos atau bank.

3. Penyerahan SPT

Formulir SPT yang diisi dapat diserahkan melalui drop box yang tersedia atau menyerahkan langsung ke kantor pelayanan pajak.

Sementara untuk daerah Papua, menurut Dirjen Pajak Fuad Rahmany akan diberikan perlakuan khusus, melalui pengadaan logistik dan akomodasi yang memadai bagi petugas pajak untuk dapat menjangkau wajib pajak.

4. Batas Waktu
Penyampaian SPT paling lambat 31 Maret 2011. Jika terlambat, maka akan terkena denda Rp100 ribu dan harus dibayarkan melalui bank. Terkait denda, Ditjen Pajak tidak menerima uang tunai, namun menerima bukti pembayaran.
"Semua uang pajak jangan dipajak melalui kantor pajak atau orang pajak harus melalui bank yang ditunjuk. Kalo dari bank larinya ke kas negara kemudian larinya ke APBN," Direktur Peraturan Perpajakan Syarifudin Alsyah.

gembel
09-03-2011, 01:02 PM
kasus:

bagi orang yang masih numpang ortu dan dia tidak punya harta berharga cukup melampirkan pemasukan aja ya bu?

GiKu
09-03-2011, 01:47 PM
kalo telat kena denda 100rb
mending gak usah laporan

enaknya yg ngasih laporan tuh dirjen pajak ke para pembayar pajak, duitnya dipake untuk apa aja
:D

youngblue
09-03-2011, 01:51 PM
pajak di indonesia nggak jelas juntrungnya ,... kalau orang pensiun bagi pembayar pajak dapat kompensasi tunjangan hari tua nggak ya??? apalagi kalau kena phk apa orang pajak perduli???

etca
10-03-2011, 05:14 PM
denger-denger formnya agak beda yak untuk pajak tahun 2011 ini?
*belum donlot.

tolong infonya dunk buat lattung dan mba fulmun.

fullmoonflower
10-03-2011, 05:23 PM
download aja di www.pajak.go.id..

saya sendiri belum bikin untuk pribadi :mrgreen:

cha_n
10-03-2011, 06:42 PM
JUJUR, tiap taon, aku deg2an mau ngisi SPT, jadi momok buatku,
tiap taon juga aku baca2 lagi aturan maennya dan tetep ga bisa ngerti 100%
untungnya aku ngisi form 1770 SS, gampang banget apalagi aku PNS, tinggal minta bukti pajak ke bagian sekretariat.
Nah puyeng waktu ngisiin buat mas david, dia form 1770, yang panjang binti lebar, set dah...
baca lagi dan lagi, searching2 soal itu, baca aturannya, baca undang2nya. nyerah!
Tahun kemaren akhirnya mas david ke KPP dan minta dipandu cara pengisiannya. Tetep ga ngerti =))

@bu fulmun
kalo untuk perusahaan, tiap tahun apa tiap bulan sih?

fullmoonflower
10-03-2011, 06:52 PM
SPT Tahunan PPh Badan ya tiap tahun..

yang tiap bulan itu angsurannya, supaya akhir tahun nanti bayarnya gak berasa berat..

cha_n
10-03-2011, 08:39 PM
soalnya aku intip2 kalo di lelang negara, minta SPT 3bulan terakhir, berarti bulanan juga bisa... thanks infonya

fullmoonflower
10-03-2011, 08:54 PM
ya. diminta syarat spt 3 bulan terakhir itu sebagai tanda bahwa peserta lelang termasuk WP yang taat

Fere
10-03-2011, 09:14 PM
kalo telat kena denda 100rb
mending gak usah laporan

enaknya yg ngasih laporan tuh dirjen pajak ke para pembayar pajak, duitnya dipake untuk apa aja
:D

setujuh ama om giku ... :pinokio:

fullmoonflower
18-03-2011, 03:15 AM
ntu tuh.. untuk membuat gedung miring... :mrgreen:

alfaromeo
18-03-2011, 07:51 AM
Nah puyeng waktu ngisiin buat mas david, dia form 1770, yang panjang binti lebar, set dah...
baca lagi dan lagi, searching2 soal itu, baca aturannya, baca undang2nya. nyerah!
Tahun kemaren akhirnya mas david ke KPP dan minta dipandu cara pengisiannya. Tetep ga ngerti =))

@bu fulmun
kalo untuk perusahaan, tiap tahun apa tiap bulan sih?

Saya masih nebeng ortu dan masih belum punya NPWP.

danalingga
18-03-2011, 08:05 AM
Wah, iya belon ngisi nih. Ada jasa pengisian nggak ya? :))

gembel
18-03-2011, 09:09 AM
udah ngisi, tinggal kirim :mrgreen:

BePe
18-03-2011, 11:46 AM
ane udah ngisi juga gan secara ane warga negara yang baik:D
tapi kemarin ane ditelp orang pajak, ngisinya salah, katanya nanti supervisor ato bagian mana mo kontak ane lagi gan. malah pusing gan, jangan jangan ada dendanya nanti#:-S

etca
18-03-2011, 12:18 PM
ane udah ngisi juga gan secara ane warga negara yang baik:D
tapi kemarin ane ditelp orang pajak, ngisinya salah, katanya nanti supervisor ato bagian mana mo kontak ane lagi gan. malah pusing gan, jangan jangan ada dendanya nanti#:-S

swasta?
kok sampe ditelpon orang pajak?

err gw belum isi, baru mau akan,
tapi dah bawa berkasnya. *meski berkasnya selembar doank :lololol:

BePe
18-03-2011, 12:23 PM
kok sampe ditelpon orang pajak?
gaji ane kegedean kali gan:D
ane salah itung keknya gan, jatuhnya tuh spt ga nihil, tapi lebih bayar. buat pengalaman ane aja gan, pokoknya dinihilin baru di kirim, daripada ribet dibelakang, yang penting bayar dan lapor:)>-

gembel
18-03-2011, 03:29 PM
ane udah ngisi juga gan secara ane warga negara yang baik:D
tapi kemarin ane ditelp orang pajak, ngisinya salah, katanya nanti supervisor ato bagian mana mo kontak ane lagi gan. malah pusing gan, jangan jangan ada dendanya nanti#:-S

denda akan ada jika memberikan SPT melebihi tanggal 31 Maret mbah :mrgreen:

fullmoonflower
19-03-2011, 09:38 AM
aku belum ngisi... bingung mau nulis apa.... :mrgreen:

kalau yang bergaji sih enak, tinggal salin dari 1721-A1 .. kalau yang lepas kayak saya kan bingung..
mau nge-trace penghasilan, saya sudah 3 tahun lebih nggak ngeprint buku tabungan... nah lo... :D

youngblue
19-03-2011, 09:44 AM
kalau yang bergaji sih enak, tinggal salin dari 1721-A1 .. kalau yang lepas kayak saya kan bingung..
mau nge-trace penghasilan, saya suah 3 tahun lebih nggak ngeprint buku tabungan... nah lo...
dah di karang-karang wae mbak ,... wong orang pajak belum perbah saya dengar mengaudit pajak perorangan kok ......... he...he....e

kunderemp
19-03-2011, 03:54 PM
Arrghh.... bingung..
rasanya udah ngasih tahu kalau udah nikah tapi kok di 1721 masih ditulis belum nikah sih?

Hmmmphh... x(

etca
19-03-2011, 04:41 PM
kalau yang bergaji sih enak, tinggal salin dari 1721-A1 ..
mbakk nyalin 1721-A1 masuk kolom mana aja, ada tutorialnya nggak... .

alfaromeo
19-03-2011, 11:34 PM
aku belum ngisi... bingung mau nulis apa.... :mrgreen:

kalau yang bergaji sih enak, tinggal salin dari 1721-A1 .. kalau yang lepas kayak saya kan bingung..
mau nge-trace penghasilan, saya sudah 3 tahun lebih nggak ngeprint buku tabungan... nah lo... :D

ntar kalau di trace orang pajak.
uang diambil sampai negatif dan otomatif rekening ditutup. sehingga gak ada bukti income.

fullmoonflower
20-03-2011, 01:12 AM
dah di karang-karang wae mbak ,... wong orang pajak belum perbah saya dengar mengaudit pajak perorangan kok ......... he...he....e

kata siapa? dulu aku suka ngoprek-oprek perorangan... :P

youngblue
20-03-2011, 04:10 PM
kata siapa? dulu aku suka ngoprek-oprek perorangan...
kurang kerjaan...............ke...ke...ke....ke

etca
20-03-2011, 04:14 PM
lah dia digaji untuk ngoprek2 perorangan kok :))

youngblue
20-03-2011, 04:33 PM
yo kalau di oprek perorangan yang kelas kakap macem orang-orang yang dah masuk ke majalah fortune , ....ke...ke...ke...ke apa ndak ada nyali kalau ngoprek yang kelas kakap???

fullmoonflower
20-03-2011, 06:31 PM
yo kalau di oprek perorangan yang kelas kakap macem orang-orang yang dah masuk ke majalah fortune , ....ke...ke...ke...ke apa ndak ada nyali kalau ngoprek yang kelas kakap???


lah.. kalo bukan karena tak oprek-oprek.. Ngarso Dalem Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengkubuwono X nggak pernah tahu kalau beliau harus membayar pajak juga tiap bulannya...
lha yang ngoprek-ngoprek pajak beliau dulu aku je... hehehe... :mrgreen:
sampai kepala kantor nggak berani kirim by pos, kepala kantor sampai terpaksa sowan ke Gedung Jening bersama istrinya hanya untuk menyerahkan surat tagihan... xixixixixi.. ;))

sejak itu beliau jadi rajin.. tapi mbuh angkanya bentoel atau enggak, aku udah nggak ngurusin lagi... wong setelah itu aku dimutasi ke Kantor Pajak khusus Perusahaan Asing...
yo ketemunya sama perusahaan-perusahaannya Bule dan Mata Sipit saja deh... :D

youngblue
20-03-2011, 07:13 PM
tapi lebih enak ngurusin pajak perusahaan asiong dari pada perusahaan asing to ?...ke...ke...ke..ke si asiong biasane lomo sok mene i sangu...ke...ke...ke...ke

fullmoonflower
20-03-2011, 08:03 PM
haisy... kalo aku mau dengan "sangu" dari asiong, pasti aku udah kaya raya... sayangnya, aku keluar dari DJP dalam keadaan tidak bisa dibilang kaya... rumah saja baru aku dapatkan 2 tahun setelah aku resign dari DJP.... :mrgreen:

emang sih kalo jadi orang jujur di instansi pemerintah harus siap hidup sederhana... B-)

youngblue
20-03-2011, 08:08 PM
kok mbiyen ndak ngomong-ngomong aku to mbak ? nek ngomong lak tak kasih nomer rekening ku biar di transfer sangunya nang rekening ku to yo , mbak FF sing jujur wae tapi transferan e nang tempat aku ,...ke....ke...ke...ke...ke...ke

fullmoonflower
21-03-2011, 02:53 AM
huuuuuuuu........ :P

heihachiro
08-03-2012, 10:55 AM
ada yang udah ngisi? paling lambat 31 Maret ya? atau pada ga mau bayar pajak? ;D

Ray Surya
08-03-2012, 11:02 AM
dulu gw punya, terus gw lapor ke kantor pajak buat dicabut aja ::ngakak2::
paling pajaknya dikorup

opera
08-03-2012, 11:03 AM
^ emang bisa dicabut?

belum isi dan harus isi, karena dari kantor udah pelaporan...

E = mc˛
08-03-2012, 11:05 AM
saya miskin. rumah saja tidak punya. baju yang dipake aja cuma satu. boro-boro bayar pajak... ::nangis::

meliakh
08-03-2012, 11:06 AM
mana bisa dicabut? sekali bikin NPWP seumur hidup kan?

wait.. berarti yang (udah post di atas) punya NPWP cuma opera dan heihachiro?

GiKu
08-03-2012, 11:09 AM
yang kantoran, ngisi gak ngisi pajaknya sudah disetor tiap bulan

untuk gw yang lebih aneh bukan pajak yang ud disetor atau masih nunggak
tapi kenapa investor yang harus bikin laporan sumber dananya
dan kalau telat kasih laporan kena denda pula

etca
08-03-2012, 11:09 AM
udah dibagiin form PPh 1721 A1 dari Finance dept,
tinggal ngisi, besok sabtu rencana masukin ke dropbox atau kantor pajak sekalian ngurus yg punya sodara.
nti malam naga-naganya bakalan lembur bantuin bikin laporan pajaknya sodara ;D

opera
08-03-2012, 11:12 AM
mana bisa dicabut? sekali bikin NPWP seumur hidup kan?

wait.. berarti yang (udah post di atas) punya NPWP cuma opera dan heihachiro?

orang bijak taat pajak...

*terpaksa buat karena pembuatan masal dari kantor

heihachiro
08-03-2012, 11:25 AM
mana bisa dicabut? sekali bikin NPWP seumur hidup kan?

wait.. berarti yang (udah post di atas) punya NPWP cuma opera dan heihachiro?

orang bijak taat pajak...

*terpaksa buat karena kantor mensyaratkan punya NPWP

Ray Surya
08-03-2012, 11:45 AM
^ emang bisa dicabut?

belum isi dan harus isi, karena dari kantor udah pelaporan...


mana bisa dicabut? sekali bikin NPWP seumur hidup kan?

wait.. berarti yang (udah post di atas) punya NPWP cuma opera dan heihachiro?
gw dulu punya NPWP, tertulis profesinya "jualan pakaian anak grosiran".
nah, trus kemudian selang brp waktu, gw lapor ke kantor pajak, bilang udah gak jualan baju. minta dinonaktifkan aja NPWP nya. trus gw disuruh bikin surat pencabutan, trus sukses.
kira2 begitu ceritanya.
apa ceritamu? ::hihi::

opera
08-03-2012, 11:48 AM
setauku npwp gak bisa dicabut...
klo sekarang tidak berpengasilan
tetep pelaporan dengan pendapatan 0

Ray Surya
08-03-2012, 11:52 AM
tapi gw udah terima surat non aktif NPWP dari jakarta, gw simpen.
& gak pernah ditagih2 lagi

opera
08-03-2012, 11:57 AM
tapi gw udah terima surat non aktif NPWP dari jakarta, gw simpen.
& gak pernah ditagih2 lagi

berarti yang selama ini aku pahami salah ::doh::

porcupine
08-03-2012, 11:58 AM
Gw yg baru resign gini ngurus laporan nya gimana ya?

*takut dituduh ngemplang pajak* -_-

Urzu 7
08-03-2012, 12:10 PM
Gw sejak bikin KTP dulu ga punya npwp::hihi:: emang pas ada razia dijalan dimintaiin npwp;D ga pernah ngajuin kredit juga

meliakh
08-03-2012, 12:15 PM
ini juga baru denger, razia di jalan dimintai NPWP...
dapet banyak info baru hari ini ::ngakak2::

Urzu 7
08-03-2012, 12:24 PM
^ salah ketik om::doh::

meliakh
08-03-2012, 12:32 PM
he? jadi gimana? dimintain NPWP nya karena lom punya KTP? =_=

Ronggolawe
08-03-2012, 12:56 PM
isi saja lah... ribet nya apa sih?
ngga mau bayar pajak? gampang, isi saja pengha
silan dibawah batas maksimal penghasilan tidak
kena pajak :)

---------- Post added at 12:56 PM ---------- Previous post was at 12:54 PM ----------

NPWP itu penting.
Dengan NPWP, loe memangkas waktu lebih dari
70% saat membuka rekening tabungan baru.

Setiap Bank menerapkan KYC policy secara ketat,
dan NPWP memberikan jaminan seperti SKCK :)

cha_n
08-03-2012, 01:05 PM
iya tulis aja nihil xixixixi

GiKu
08-03-2012, 01:22 PM
isi saja lah... ribet nya apa sih?
ngga mau bayar pajak? gampang, isi saja pengha
silan dibawah batas maksimal penghasilan tidak
kena pajak :)

---------- Post added at 12:56 PM ---------- Previous post was at 12:54 PM ----------

NPWP itu penting.
Dengan NPWP, loe memangkas waktu lebih dari
70% saat membuka rekening tabungan baru.

Setiap Bank menerapkan KYC policy secara ketat,
dan NPWP memberikan jaminan seperti SKCK :)


gw buka rek baru di mandiri dan bri gak ditanyain mengenai NPWP
kayaknya cuma ide orang2 pajak untuk nakut2in masyarakat

heihachiro
08-03-2012, 01:35 PM
^ tapi untuk urusan ngajuin kredit dan sejenisnya NPWP ditanyain dan diperlukan sih

ancuur
08-03-2012, 01:42 PM
isi saja lah... ribet nya apa sih?
ngga mau bayar pajak? gampang, isi saja pengha
silan dibawah batas maksimal penghasilan tidak
kena pajak :)

---------- Post added at 12:56 PM ---------- Previous post was at 12:54 PM ----------

NPWP itu penting.
Dengan NPWP, loe memangkas waktu lebih dari
70% saat membuka rekening tabungan baru.

Setiap Bank menerapkan KYC policy secara ketat,
dan NPWP memberikan jaminan seperti SKCK :)

:nunjuk: like this

Ronggolawe
08-03-2012, 01:46 PM
gw buka rek baru di mandiri dan bri gak ditanyain mengenai NPWP
kayaknya cuma ide orang2 pajak untuk nakut2in masyarakat
berapa lama loe diinterogasi oleh CS nya bro?
Sebelum punya NPWP, gw diinterogasi sampai
lebih dari 1 jam. Sewaktu sudah punya NPWP
ngga sampe 15 menit.

ancuur
08-03-2012, 01:50 PM
klo mau bepergian ke LN.. klo punya NPWP.. kita gak usah bayar Fiscal loh... :-bd

Joyko
08-03-2012, 01:56 PM
^ tapi untuk urusan ngajuin kredit dan sejenisnya NPWP ditanyain dan diperlukan sih

ga pernah tu, berapa kali gw ngajuin kta ga pernah ditanyain..

GiKu
08-03-2012, 02:03 PM
berapa lama loe diinterogasi oleh CS nya bro?
Sebelum punya NPWP, gw diinterogasi sampai
lebih dari 1 jam. Sewaktu sudah punya NPWP
ngga sampe 15 menit.

yg mandiri 15 menitan di CS ud selesai, trus gw pindah ke teller untuk setoran awal
yg bri juga sekitar 15 menitan

keduanya cuma pinjam KTP aja, sama sekali gak ada pertanyaan menegnai NPWP

aya_muaya
08-03-2012, 02:06 PM
ada yang udah ngisi? paling lambat 31 Maret ya? atau pada ga mau bayar pajak? ;D

udah beres. SPT nihil owk...

Urzu 7
08-03-2012, 02:44 PM
he? jadi gimana? dimintain NPWP nya karena lom punya KTP? =_=

Ga.. maksud gw npwp tuh ga lebih penting dari KTP;D


soal ide om ronggo itu ga bisa diterap bagi orang tajir soalnya kadang2 ada tim surveinya loh dari pihak pajak/ bank kalo mau ngajuin kredit..ntar ketauan kalo punya rmh gede+mobil mewah masa gaji dibawah batas maksimal

Ronggolawe
08-03-2012, 03:23 PM
Ga.. maksud gw npwp tuh ga lebih penting dari KTP;D


soal ide om ronggo itu ga bisa diterap bagi orang tajir soalnya kadang2 ada tim surveinya loh dari pihak pajak/ bank kalo mau ngajuin kredit..ntar ketauan kalo punya rmh gede+mobil mewah masa gaji dibawah batas maksimal
kalau orang tajir, mereka sudah punya konsultan
pajak sendiri, bro :)

danalingga
08-03-2012, 04:25 PM
Yang penting hasilnya nihil. ;))

Fere
08-03-2012, 04:26 PM
gw dulu punya NPWP, tertulis profesinya "jualan pakaian anak grosiran".
nah, trus kemudian selang brp waktu, gw lapor ke kantor pajak, bilang udah gak jualan baju. minta dinonaktifkan aja NPWP nya. trus gw disuruh bikin surat pencabutan, trus sukses.
kira2 begitu ceritanya.
apa ceritamu? ::hihi::

gw dulu ngurus NPWP nenek gw (note: nenek gw dagang di pasar), karena sudah tua dan tidak jualan lagi gw bikin permohonan biar pajaknya dibebaskan.
trus kata orang pajaknya gw disuruh nunggu, nanti akan diberitahu lewat surat. Selama nunggu itu pajak bulanannya gak gw bayar. Trus 3 bulan kemudian suratnya dateng, isinya permohonan gw ditolak, dan yang bikin gw kesel disitu jg ditulis gw harus bayar denda 400 ribu karena nunggak selama 3 bulan!! Akhirnya dendanya gak gw bayar dan pajaknya jg gak pernah gw bayar.. ::oops::

sampai sekarang aman2 aja tuh, gak ada yang nagih..

itsreza
08-03-2012, 04:28 PM
walau sudah dipotong oleh kantor tetap harus dilaporkan
kalau penghasilannya kurang dibawah batas maksimal
penghasilan tidak kena pajak ya tetap aja laporkan.

isi SPT ga susah kok, kalau bingung datang ke kantor pajak
pasti dibantu, asal jangan tanggal 31 Maret.

bayar pajak penting buat pembangunan :)

GiKu
08-03-2012, 04:29 PM
bayar pajak penting buat pembangunan :)

buat mbangun rumahnya siapa ?

itsreza
08-03-2012, 04:48 PM
^^
rumah warga indonesia, untuk infrastruktur publik, subsidi, dll.
masa mau membangun terus dengan utang?

Fere
08-03-2012, 05:00 PM
^^
rumah warga indonesia, untuk infrastruktur publik, subsidi, dll.
masa mau membangun terus dengan utang?

kalo gak dikorupsi ::oops::

surjadi05
08-03-2012, 06:19 PM
gw dulu punya NPWP, tertulis profesinya "jualan pakaian anak grosiran".
nah, trus kemudian selang brp waktu, gw lapor ke kantor pajak, bilang udah gak jualan baju. minta dinonaktifkan aja NPWP nya. trus gw disuruh bikin surat pencabutan, trus sukses.
kira2 begitu ceritanya.
apa ceritamu? ::hihi::


setauku npwp gak bisa dicabut...
klo sekarang tidak berpengasilan
tetep pelaporan dengan pendapatan 0


tapi gw udah terima surat non aktif NPWP dari jakarta, gw simpen.
& gak pernah ditagih2 lagi


berarti yang selama ini aku pahami salah ::doh::

gak kok npwp orang pribadi cuma bisa dicabut kalo elu merit atau pindah warga negara lain, kalo kasus si ray ada 2 kemungkinan :
1. npwp nya npwp perush (CV atau PT)
2. npwp pribadi atas usaha bebas( toko atau UD) ,kalo ini bukan dicabut tapi tokonya dianggap tutup jadi npwp yg toko di NON AKTIF, jadi kalo isi spt cukup isi spt kayak karyawan atau pengangguran, nah dalam kasus si ray gw yakin petugas fiskus nya keder ama badannya si ray atau berhasil dirayu si ray kayak bro hajime ::hihi::::hihi::


gw buka rek baru di mandiri dan bri gak ditanyain mengenai NPWP
kayaknya cuma ide orang2 pajak untuk nakut2in masyarakat

setahu gw juga yg diminta npwp kalo elu kredit diatas 100jt kalo buka rekening kaga, tapi kalo buka baju sih di bank bisa panjang urusannya::hihi::::hihi::


klo mau bepergian ke LN.. klo punya NPWP.. kita gak usah bayar Fiscal loh... :-bd
sekarang kaga pake npwp juga udah bebas fiskal kok pakde::bye::

Ray Surya
08-03-2012, 06:40 PM
oh, kyknya tulisannya "jualan pakaian anak grosiran di dalam toko" ::hihi::

lily
06-12-2013, 04:38 PM
Tadi kan baca - baca di thread sebelah ya...

Ada tuh membahas soal pembayaran pajak.

Kalian semua bayar pajak ??? Yang single juga bayar pajak ?

Thanks yang mau jawab :)

GiKu
06-12-2013, 04:40 PM
otomatis kena pajak kalo belanja
kan harga barang pabrikan ud termasuk pajak

::oops::

Porcelain Doll
06-12-2013, 04:47 PM
iya banget, giku...
ga daftar juga, tiap kali belanja udah kena pajak
makan di resto juga sama kena pajakan

sekarang apa sih yg ga dipajakin?

itsreza
06-12-2013, 04:47 PM
makan di restoran, belanja barang bayar ppn, tiap parkir bayar pajak parkir
tiap taun bayar pbb, pajak kendaraan, buat surat kuasa pake materai, beli
barang dari luar kena bea masuk, pajak impor. gaji dipotong pajak penghasilan,
beli rokok kena cukai, dan lainnya

lily
06-12-2013, 05:13 PM
Kalo PPH PPN bayar ?

Porcelain Doll
06-12-2013, 05:43 PM
IRT kok...apa yg mau dibayarin -_-

cha_n
06-12-2013, 06:45 PM
perusahaan bayar. kalau penghasilan udah otomatis potong pajak

Ronggolawe
06-12-2013, 06:56 PM
ya tentu bayar... jelek-jelek gini gw kan termasuk
PKP :)

Alethia
06-12-2013, 06:58 PM
ga mau mbayar, tp dimana2 teteup dipajek..nasib*

lattungtatturrus
06-12-2013, 07:00 PM
ya tentu bayar... jelek-jelek gini gw kan termasuk
PKP :)

Mantap!!! Semoga pemikiran om ronggo menular ke banyak orang...!!! Aaamin

River
06-12-2013, 08:22 PM
baru aja daftar NPWP ::maap::

eve
06-12-2013, 08:28 PM
PPh 21 bayar...

PPn tanggungan toko...

lattungtatturrus
06-12-2013, 11:05 PM
^
Ya udah pasti bayarlah...dibayarin kan...ada tunjangan pph setiap gajian...!

surjadi05
07-12-2013, 04:42 PM
Pajak apaan yak? Yg bentuknya kaya guling terus sering dipukul petinju itu bukan? ::ungg::

etca
07-12-2013, 05:49 PM
Sejak punya npwp ya bayar pajak lah.
Tp udah dibayarin ama opis, dipotong langsung.
Dapat form bukti pemotongan pajak.
Gw lupa nama formnya.
Yang bikin males itu kudu bikin laporannya tiap tahun.

thin.king
07-12-2013, 05:56 PM
Hari gini ga bayar pajak?
apa kata dunia

surjadi05
07-12-2013, 08:01 PM
Sejak punya npwp ya bayar pajak lah.
Tp udah dibayarin ama opis, dipotong langsung.
Dapat form bukti pemotongan pajak.
Gw lupa nama formnya.
Yang bikin males itu kudu bikin laporannya tiap tahun.
1721-A1 ::bye::

silverjade
07-12-2013, 10:59 PM
^^^
Yang tiap mendekati akhir Maret puyeng dan pasang plang "senggol bacok"::hihi::

surjadi05
07-12-2013, 11:34 PM
^^^
Yang tiap mendekati akhir Maret puyeng dan pasang plang "senggol bacok"::hihi::

Dibacain status gw ::hihi::

Urzu 7
08-12-2013, 11:55 AM
Pajak motor doank

silverjade
09-12-2013, 08:00 AM
Dibacain status gw ::hihi::
Gw kan perhatian bro :D

cherryerichan
09-12-2013, 09:27 AM
otomatis kepotong gaji. bahkan thr yg seipriiit pun dipotong.wkwkwk.

yanwok
09-12-2013, 11:46 AM
makan di resto bayar ppn 10%
pajak penghasilan juga bayar, potong gaji langsung, tinggal lapor (yang dimana saya lupa tahun 2013)
pajak stnk belum bayar (mati bulan 12 kemarin)

::arg!::

surjadi05
09-12-2013, 12:12 PM
makan di resto bayar ppn 10%
pajak penghasilan juga bayar, potong gaji langsung, tinggal lapor (yang dimana saya lupa tahun 2013)
pajak stnk belum bayar (mati bulan 12 kemarin)

::arg!::
resto mah pb1(pajak daerah) kali::bye::

opera
09-12-2013, 12:27 PM
tentu donk...
warga bijak taat pajak

dari rakyat untuk raykat tapi lebih banyak dikorupsi

ancuur
09-12-2013, 12:41 PM
belom percaya 100% insitusi pajak beserta perangkatnya...
tapi seharusnya seperti Hotels, Airlines mereka harus bayar pajak,
karna kita kalau menginap or naik pesawat selalu dikenakan pajak :ngopi:

yanwok
09-12-2013, 01:40 PM
resto mah pb1(pajak daerah) kali::bye::

Terima kasih kong sur atas koreksinya... PPN 10% itu kalau barang ya ::ngakak2::

Jadi malu ::ungg::

ancuur
09-12-2013, 04:01 PM
Terima kasih kong sur atas koreksinya... PPN 10% itu kalau barang ya ::ngakak2::

Jadi malu ::ungg::

tapi di setor apa kagak meneketehe ::hihi::

surjadi05
09-12-2013, 04:15 PM
Terima kasih kong sur atas koreksinya... PPN 10% itu kalau barang ya ::ngakak2::

Jadi malu ::ungg::
Kenapa mesti malu, kita sama2 masih belajar ini, bisa dibilang hampir semua barang/jasa kenaa ppn, kecuali barang tambang, sembako,emas, uang dan makan/minum di mana aja ::bye::

---------- Post Merged at 04:15 PM ----------


tapi di setor apa kagak meneketehe ::hihi::

Psst pakde, itu mah rahasia perush ::hihi::

yanwok
09-12-2013, 04:32 PM
"Pak, ga usah ditagih PPN-nya, nanti kita bayar sendiri PPN-nya" ::oops::

Mayan 10%

#detailTeknisTanyakanKeSuhu

ancuur
09-12-2013, 04:44 PM
kasih laporan rugi juga bisa gak bayar koq... ::hihi::

lattungtatturrus
09-12-2013, 04:51 PM
^
yang penting disetor...tar dihimbau ma AR nya...gak gubris di kirimin ST(Surat Tegoran)...gak gubris jugak...!!! dapet SP(Surat Paksa) dianterin sama Juru Sita Pajak...masi gak gubris jugaaaaaaaaaaaaa (wp BANDEL) ya sita ,lelang buat nutupin utang pajaknya...!!!
nah biasanya proses ini makan waktu yang lama...si WP nyantei-nyantei aja...utang pajaknya makin numpuk sampe gak sanggup bayar...!!!
::arg!::::arg!::::arg!::

lily
09-12-2013, 04:59 PM
seharusnya sih saya ga bayar pajak , semua barang saya kan atas nama keluarga saya.

cuma ya berhubung mobil saya yang pake , bayar pajak mobil doang. itupun tinggal bayar , ntar diurusin ama Koko saya.

kalo pajak resto , hotel , dll ya bayar lah , mau ga mau itu , udah tercantum di bill.

surjadi05
09-12-2013, 06:50 PM
kasih laporan rugi juga bisa gak bayar koq... ::hihi::

Psst hati2 loh pakde, sekarang ada peratutan tak tertulis kalo rugi 2 tahun berturut2 boleh diperiksa ::bye::

etca
23-03-2014, 11:55 AM
Ternyata dari tahun ke tahun (2011, 2012, dan 2013) ada thread tentang Pajak ;D
Sekarang semua thread gw merger aja yah.. ::bye::

Oke gimana nih kalian?
Sudahkah membayar pajak atau melakukan pelaporan pajak?
Kalau baca status FBnya Nan_Chan kemarin, sibuk antri di kantor pajak,
atau kalau baca postingan cha_n di awal2 thread ini, dia bilang ngisi pajak adalah momok baginya. dll dsb.

Gw sendiri karena kantor sempat terjadi pindah lokasi, maka dapat lembar bukti potong pajak/ 1721-A1 sebanyak dua lembar. Sempat nanya2 ke anak ::KM:: yang ngerti soal pajak, dibilangnya juga kemungkinan akan terjadi kurang bayar. Persis omongannya mbak2 pajak pas gw ngedaftar e-fin, oh ya e-fin ini adalah fitur pelaporan pajak secara online, jadi ga perlu lagi antri untuk ke depannya. Lebih hemat waktu.
Tadi sempat ngobrol ama kawan yang ngerti pajak n sekalian dibimbing e-fin, tradaaaaaa... .
Statusnya NIHIL, kaga kurang bayar. Syukurlah jadi ga perlu ngantri buat bayar SSP ;D

Jadi bagaimana dengan ceritamu? ;;)


https://pbs.twimg.com/media/BjYjnGLCUAEF-2L.jpg

Alip
23-03-2014, 12:02 PM
Besok berencana untuk leha-leha mangkir dari kantor... alasannya ngantri di KPP dekat rumah, trus ternyata ada salah pengisian, terus ngisi ulang sampe sore, terus skalian aja pulang...

*evil...

etca
23-03-2014, 12:11 PM
^
daftar e-fin sekalian aja om, syaratnya bawa copyan KTP dan NPWP. Isi formulir yang tersedia di sana.
Ntar dapat nomor registrasi.
Jadi kedepan-depannya praktis ga perlu antri buat ngelaporin.

eve
23-03-2014, 12:15 PM
Udah, pakai e filling... Tinggal ke kpp minta pin, terus online daftar ke efilling, isi, nunggu kode verifikasi, kirim... Done. Enak...

Alip
23-03-2014, 12:19 PM
Justru kepingin antri... biar ada alesan mangkir ::elaugh:: secara anak kampung, pinginnya reriungan kayak ada hajatan ato pasar malem...
::ngakak2::

thin.king
23-03-2014, 01:25 PM
Kemaren baru dapet NPWP, katanya om"nya yg baru dapet NPWP ga usah setorin laporannya.
Ya udah dh ga nyetorin, tahun depan aj ::oops::

eve
23-03-2014, 03:58 PM
knp belum ya?

cha_n
23-03-2014, 05:55 PM
diurusin kantor nih ternyata

eve
23-03-2014, 06:22 PM
Kalau kantor saya, dipungut dan disetorin ama bendahara pengeluaran kantor, kami tinggal isi e filling aja... SPT nihil...

cherryerichan
23-03-2014, 06:23 PM
blm ngumpul. lagi mo ngitung malem ini. malesnya g ketulungan nih. kapan hari dah disuruh kumpul via onlen. setelah dicek kudu minta pin dulu, males ah. pake cara manual aja. ntar minta suami yg ngumpul.

Alip
23-03-2014, 06:51 PM
diurusin kantor nih ternyata

Desas-desusnya pegawai negri gak bayar pajak... ternyata bayar juga ya??? ::elaugh::

cherryerichan
23-03-2014, 08:02 PM
dipotong om. tiap dapet sesuatu pasti ada pph 21 nya. thr yg 250 rebu aja dipotong 5%.

Ronggolawe
23-03-2014, 11:50 PM
jah... SPT pajak tahun 2013 bener-bener ngeselin,
sudah bayar PPh 21-26 per transaksi penjualan, ter
nyata dikenakan pula PPh Final PP46, yang terlanjur
bayar boleh dikreditkan sih, tetapi pemeriksaannya
jadi ribet dan rumit... terpaksa diikhlaskan saja.

cha_n
24-03-2014, 09:04 AM
Desas-desusnya pegawai negri gak bayar pajak... ternyata bayar juga ya??? ::elaugh::

bayarrrrrr...
malah kita ketat banget sesuai aturan perundangan. honor sekecil apapun kena pajak. gaji otomatis kena pajak.

lattungtatturrus
24-03-2014, 10:30 AM
Ayo rame-rame kita lapor SPT tahunan...!!!

GiKu
24-03-2014, 10:33 AM
NPWP pribadi generasi pertama
gak masuk database nasional

2 kali cek untuk daftar efin, gak sakses
jadi pake metode lama
::nangis::

choodee
24-03-2014, 10:47 AM
Eh ga ngerti banget deh soal lapor melapor pajak ini.

Kmrn baru bikin npwp pas bulan november 2013, memang bulan maret ini harus udah laporan ya? emang sih waktu itu ibu2 yang bikinin npwp nya bilang bulan maret laporan, tp kukira yang ngelapor itu perusahaan tempat kita kerja.

Emang yang dilapor apaan ya? Males bgt ke kantor pajaknya, jauuh...

cherryerichan
24-03-2014, 11:05 AM
@choode klo baru buat nov 2013 seharusnya g perlu laporan. karena terhitung 1 tahun dulu baru bisa dilaporkan pajaknya. yg di laporkan adalah pendapatan 1 tahun terakhir termasuk juga potongan dan tunjangan. biasanya juru bayar kantor yg mengurusi tapi bisa juga perseorangan. buat pegawai swasta form spt agak beda dgn pns.klo g salah pake form A01.

---------- Post Merged at 10:05 AM ----------

om giku.. belum pernah nyoba ni pake e fin /apa e pin yak? semalem udah ngitung cara manual (pake ngobrak abrik arsip lama gegara lupa rumusnya) sekarang sih berkasnya lg dititipin sama suami. sekalian minta dikumpulin.

btw,kartu npwp patah ni. males banget ngegantinya. wkwkw.

GiKu
24-03-2014, 12:55 PM
nomor npwp bini dibuat sama dengan npwp suami, dibedakan pada digit terakhir
punya suami angka terakhir 0, punya istri 1

istri yg punya penghasilan dan wajib lapor gak perlu bikin laporan, tapi digabung dengan laporan suami

cha_n
24-03-2014, 02:00 PM
kalo pns mending dipisah penghasilannya ama suami

cherryerichan
24-03-2014, 02:41 PM
iya. punyaku ama suami pisah. masing masing juga laporan spt sesuai instansi masing masing. ini barusan balik dari pajak. dah beres. dapet tanda bukti. ternyata kata suami tadi di kantor pajak masih banyak yg g bisa isi spt (teringat pengalaman 3 tahun lalu ampe privat ber2 ama pegawai pajak diruang konsul )

surjadi05
24-03-2014, 03:30 PM
nomor npwp bini dibuat sama dengan npwp suami, dibedakan pada digit terakhir
punya suami angka terakhir 0, punya istri 1

istri yg punya penghasilan dan wajib lapor gak perlu bikin laporan, tapi digabung dengan laporan suami


kalo pns mending dipisah penghasilannya ama suami


iya. punyaku ama suami pisah. masing masing juga laporan spt sesuai instansi masing masing. ini barusan balik dari pajak. dah beres. dapet tanda bukti. ternyata kata suami tadi di kantor pajak masih banyak yg g bisa isi spt (teringat pengalaman 3 tahun lalu ampe privat ber2 ama pegawai pajak diruang konsul )

gak kok harusnya sesuai kata om giku, begitu merit npwp istri dibekukan dan dipake npwp suami, beda di belakang 001, kalo cerai maka istri balik ke npwp lama, kalo npwp beda maka dianggap suami dan istri punya perjanjian pisah harta::bye::

@mpok cherry : jangankan orang awam petugas pajak aja masih ada yg kurang bisa pengisian spt ::bye::

Porcelain Doll
24-03-2014, 09:50 PM
@om sur: kalo misalnya g juga punya penghasilan (baru akhir2 ini dan sifatnya freelance) dan belum punya npwp, jadinya gimana?
kalo mau bikin nanti berarti npwp nomernya beda 3 digit aja sama suami?

surjadi05
25-03-2014, 03:40 PM
@om sur: kalo misalnya g juga punya penghasilan (baru akhir2 ini dan sifatnya freelance) dan belum punya npwp, jadinya gimana?
kalo mau bikin nanti berarti npwp nomernya beda 3 digit aja sama suami?

harusnya cuma beda 1 digit, kalo punya suami paling akhir 000, punya kamu 001, kalo belum punya npwp yah, yah harus buat walo freelancer tapi nanti kalo kamu punya penghasilan digabung sama spt suami di form 1770s - II, disana ada keterangan penghasilan istri dari 1 pemberi kerja (maksdnya kalo kamu kerja di 1 tempat) penghasilan kamu dianggap final pajaknya, jadi tidak menambah pajak tahunan suami::bye::::bye::

edit : kalo kamu belum punya npwp po, yah kamu gak ada kewajiban untuk lapor spt, tapi ada kerugian loh kalo kamu ga punya npwp, minggu depan saya lanjutin ya, lagi malas bahas yg serius2::maap::::maap::::maap::

cha_n
25-03-2014, 04:20 PM
dalam islam emang pisah harta pak suami istri.
jadi kalau istri bekerja mending langsung pisah aja.
kecuali istri full irt tanpa penghasilan pribadi.

cherryerichan
25-03-2014, 06:33 PM
kayak kata emak emak tuh.. " gajimu gajiku,gajiku yah gajiku.."

Porcelain Doll
25-03-2014, 10:46 PM
ditunggu penjelasannya om sur ;D
masih ga mudeng...ngelapornya juga gimana ::grrr::

etca
25-03-2014, 10:58 PM
cherryerichan,
coba kalau yang patah kartu ATM, pasti langsung segera diurus yak? :lololol:
benerbener deskriminasi d ;D

@popo
kalau belum punya NPWP ga usah ikutan pusing soal laporan po
lagian pajak SPT kan pajak tahunan kalau gawenya belum setahun ya masih bebas pajak.
kek temen gw nih, dia tahun 2013, cuma gawe di bulan 1-6.
Nah di SPTnya aja yang kena pajak 0 rupiah, cuma berhubung dia dapat pesangon, nah pajak finalnya ini nih yang nyesek ;D

kalau dirasa2 e-fin ini enak. ketahuan otomatis jadi kurang bayar/lebih bayar/nihil.
kalau salah juga langsung ketahuan. karena otomatis dihitungin.
gw tadi sempat login e-finnya kawan, lha serasa nyambi jadi calo ngedaptarin e-finnya kawan gw itu.
kalau dirasa2in nih, ngisi SPT kek begini butuh skill pemahaman tingkat dewa yak? ::grrr::

cherryerichan
25-03-2014, 11:25 PM
beneer bu. dah ditanya ma petugas nya katanya gpp kok. g ada yg digesek2. somplak dkit gpp.
@po salah satu keuntungan npwp kalo kita mo keluar negri g perlu bayar visa lagi. udah beres berkat npwp. klo g salah kalo ke malay visanya (ini kata orang pajak ya,daku belum pernah) sekitar berapa ratus ribu. pake ini beres.
terus klo popo mo pinjem uang di bank,npwp juga perlu.

---------- Post Merged at 10:25 PM ----------

oh iya po, wajib bikin npwp kalo kerja itu minimal gajinya 1 juta ya. kalo freelance dapetnya segitu, bisa dicoba.

Porcelain Doll
26-03-2014, 04:36 AM
freelance cuma 3 bulan apa yg mau dilaporin ya?
kalo pendapatan freelancenya ga tentu gimana?
misal bulan x ada, bulan y ga ada penghasilan
ngitungin pertahunnya nanti kaya gimana?

nunggu dapet kerja tetap atau minimal setahun freelance dulu kali ya

cherryerichan
26-03-2014, 07:48 AM
klo g tentu (dibawah 1 juta). tapi klo diatas itu ya kudu wajib punya. pelaporan per 12 bulan. jd klopun bikin sekarang, ampir pasti taun depan ngelaporinnya.ngitungnya pertahun po. di kali 12 semua.

etca
26-03-2014, 07:52 AM
Yah popo. Org yg pegawe tetap 6 bulan gawe aja d laporan SPTnya 0 ko. Karena kurang dari PTKP. Apalagi yg freelancer 3 bulan yg jg kurang dari PTKP. #cmiiw.

@lattungtaturnus
Gimana kalo nama dlm database salah. Temen ada yg kurang R hurufnya. Prosedur mbetulinnya gimanak?

cherryerichan
26-03-2014, 07:55 AM
klo g ada penghasilan pengali/ pembagi nya tetap 12 x. biasanya klo jumlah g tetap, ada rata2 buat gaji pokok.perhitungannya ada gaji+ tunjangan,ada yg gj pokok aja.

lattungtatturrus
26-03-2014, 09:57 AM
etca : ya tinggal diisi aja namanya yang bener mba, kan ada formnya buat pembetulan/perubahan data...

Buat yg pns A2nya jangan dicetak dr aplikasi gaji di kantor,karena pasti bakalan gak saya potongannya karena ada pembulatan disitu,jadi mending ngitung manual ulang

etca
26-03-2014, 10:55 AM
ok sip, tengkyuh,
cuma menyakinkan aja, kemarin pas minta form 1770S di dalamnya ada lembaran pembetulan itu.
jadi gw juga udah saranin kawan seperti saranmu itu.
btw pembetulan bisa secara onlen ga? *belum cek webnya pajak.go.id*

surjadi05
26-03-2014, 11:48 AM
ditunggu penjelasannya om sur ;D
masih ga mudeng...ngelapornya juga gimana ::grrr::

Kalo ga ada npwp apa yg mau dilapor, ibarat ga punya rumah mau bayar pbb;D


cherryerichan,
coba kalau yang patah kartu ATM, pasti langsung segera diurus yak? :lololol:
benerbener deskriminasi d ;D

@popo
kalau belum punya NPWP ga usah ikutan pusing soal laporan po
lagian pajak SPT kan pajak tahunan kalau gawenya belum setahun ya masih bebas pajak.
kek temen gw nih, dia tahun 2013, cuma gawe di bulan 1-6.
Nah di SPTnya aja yang kena pajak 0 rupiah, cuma berhubung dia dapat pesangon, nah pajak finalnya ini nih yang nyesek ;D

kalau dirasa2 e-fin ini enak. ketahuan otomatis jadi kurang bayar/lebih bayar/nihil.
kalau salah juga langsung ketahuan. karena otomatis dihitungin.
gw tadi sempat login e-finnya kawan, lha serasa nyambi jadi calo ngedaptarin e-finnya kawan gw itu.
kalau dirasa2in nih, ngisi SPT kek begini butuh skill pemahaman tingkat dewa yak? ::grrr::
pesangon mah dibawah 50 juta ga kena pajak ca,50-100jt kena 5% doank, masak berat sih::ungg::::ungg::


beneer bu. dah ditanya ma petugas nya katanya gpp kok. g ada yg digesek2. somplak dkit gpp.
@po salah satu keuntungan npwp kalo kita mo keluar negri g perlu bayar visa lagi. udah beres berkat npwp. klo g salah kalo ke malay visanya (ini kata orang pajak ya,daku belum pernah) sekitar berapa ratus ribu. pake ini beres.
terus klo popo mo pinjem uang di bank,npwp juga perlu.


maksdnya fiscal kali ya mpok? sekarang udah ga perlu lagi bayar kok, biar punya npwp atau kaga



oh iya po, wajib bikin npwp kalo kerja itu minimal gajinya 1 juta ya. kalo freelance dapetnya segitu, bisa dicoba.

orang yg wajib punya npwp yg gajinya diatas 2.025 jt atau diatas PTKP, tapi yah ga wajib2 amat, kalo ga punya npwp paling bayar pajaknya 20% lebih mahal dari yg punya npwp

freelance cuma 3 bulan apa yg mau dilaporin ya?
kalo pendapatan freelancenya ga tentu gimana?
misal bulan x ada, bulan y ga ada penghasilan
ngitungin pertahunnya nanti kaya gimana?

nunggu dapet kerja tetap atau minimal setahun freelance dulu kali ya kalo freelancer tergantung perjanjiaan dianggap karyawan tidak tetap/kontrak atau dianggap non karyawan
kalo dianggap karyawan tidak tetap/kontrak gaji dibawah 24,3jt/tahun tidak kena pajak dan dikasih bukti potong 1721-a1 kalo dianggap non karyawan tiap kerja diakhir bulan dikasih komisi dikasih bukti potong dikenai pajak



klo g ada penghasilan pengali/ pembagi nya tetap 12 x. biasanya klo jumlah g tetap, ada rata2 buat gaji pokok.perhitungannya ada gaji+ tunjangan,ada yg gj pokok aja.
sorry mpok cherry itu persepsi yg salah yg pake pengali/pembagi itu cuma untuk TKA , kalo WNI kaga::bye::::bye::

---------- Post Merged at 10:48 AM ----------


dalam islam emang pisah harta pak suami istri.
jadi kalau istri bekerja mending langsung pisah aja.
kecuali istri full irt tanpa penghasilan pribadi.

ini kita ngomong dalam hal negara loh mbak, kalo misal sial2 istri cere (sorry) maka harta yg atas nama suami di spt tahunan suami tinggal "diakalin" dikit bisa jadi bukan milik bersama, tapi begitu juga sebaliknya::bye::

lattungtatturrus
26-03-2014, 02:45 PM
Kayanya gak bisa entry pembetulan lewat webnya mba etca,soalnya harus lewat server lokal di kpp terdaftar dulu...baru tar orang pusat sdeot data per kpp per minggu baru masuk ke databse nasional,lebih baik lewat form perubahan data tersendiri aja...soalnya kalo lewat spt tahunan kadangkala gak kedetect sama pemeriksa sptnya...!!!

surjadi05
26-03-2014, 08:06 PM
Seorang calon legislatif (caleg) sedang melakukan kampanye di suatu kampung. Tiba2 seorang bapak langsung bicara, "Pak udah lah, langsung saja sebutkan NPWP bapak aja lah !!!".

Si caleg bingung dan balik bertanya, "NPWP apa ya pak ?".

Serentak orang kampung menjawab "Nomor Piro Wani Piro " sorry ga tahan ::hihi::

Bi4rain
31-03-2014, 05:02 PM
Kalau kantor saya, dipungut dan disetorin ama bendahara pengeluaran kantor, kami tinggal isi e filling aja... SPT nihil...
sama dong eve. klo buat gw terbantu, lihat angka aja udah turun tensi ;D

choodee
05-04-2014, 07:35 PM
gw udah ngisi, ternyata didata juga kok walau gw baru kerja dua bulan, jadi di pajak gw bulan november desember, untung diisin sama orang kantor, abis males banget ;D

btw, itu kan ada isian harta pribadi ya, karena gw ga taw total harta pribadi gw, jadi gw tulis asal2an aja (dengan nominal super kecil tentunya ;D), ini ngepek ga sih, mgkn kalo tahun ini ga papa ya soalnya kan dianggap baru punya penghasilan, kalo tahun depan kan udah setahun lebih, bakal disidak gak kalo gw tulis harta pribadi cuman sejuta ;D

etca
05-04-2014, 10:26 PM
ga lah.
bocoran dari orang KPP kenalan gw nih, entah kalau orang KPP yang di KM yak ;D

status NIHIL, bakalan dicuekin.
Kurang bayar kalau kecil2 juga bakalan dicuekin
Yang Lebih bayar itu yang bakalan jadi perhatian.
Fokus mereka ke NPWP PT-PT dan itu jumlahnya sudah buanyaaakkkkkkk

waks!!
05-04-2014, 10:43 PM
Gampang bgt ternyata klo udah dibayarin kantor. Tinggal copas ama form yg udah dibagiin. Kmaren aja mpe nanya ke petugasnya, 'udah gini doang?' ;D
Knapa ga sklian prusahaan yg laporin yak ;D

surjadi05
06-04-2014, 12:36 AM
gw udah ngisi, ternyata didata juga kok walau gw baru kerja dua bulan, jadi di pajak gw bulan november desember, untung diisin sama orang kantor, abis males banget ;D

btw, itu kan ada isian harta pribadi ya, karena gw ga taw total harta pribadi gw, jadi gw tulis asal2an aja (dengan nominal super kecil tentunya ;D), ini ngepek ga sih, mgkn kalo tahun ini ga papa ya soalnya kan dianggap baru punya penghasilan, kalo tahun depan kan udah setahun lebih, bakal disidak gak kalo gw tulis harta pribadi cuman sejuta ;D
Kagaklah tapi kan ntr rugi sendiri, kalo code pengen beli rumah atau dirikan perush sendiri kan ditanya duitnya dari mana? Kalo bilang dari orang tua mesti ada akta hibah/warisan, intinya kalo beli rumah/atau diriikan company duitnya mesti bisa dijelasin,teorinya walo cudi punya penghasilan harus dipajakin, nah kalo tulis sedikit kan rug
Sendiri ::bye::

---------- Post Merged at 11:34 PM ----------


ga lah.
bocoran dari orang KPP kenalan gw nih, entah kalau orang KPP yang di KM yak ;D

status NIHIL, bakalan dicuekin.
Kurang bayar kalau kecil2 juga bakalan dicuekin
Yang Lebih bayar itu yang bakalan jadi perhatian.
Fokus mereka ke NPWP PT-PT dan itu jumlahnya sudah buanyaaakkkkkkk

Yup form ss biasanya dicuekin walo kurang bayar, form s diliat dulu jumlahnya kalo dibawah 1 juta dan jabatannya bukan managerial serta ga punya property lebih dari 1 biasanya diabaikan ::bye::, nasehat dari konsultan gemblung ::hihi::

---------- Post Merged at 11:36 PM ----------


Gampang bgt ternyata klo udah dibayarin kantor. Tinggal copas ama form yg udah dibagiin. Kmaren aja mpe nanya ke petugasnya, 'udah gini doang?' ;D
Knapa ga sklian prusahaan yg laporin yak ;D

Lah guna efiling itu mah kan buat perush yg laporin, bisa sekaligus semuanya ::bye::

eve
06-04-2014, 04:12 AM
gw udah ngisi, ternyata didata juga kok walau gw baru kerja dua bulan, jadi di pajak gw bulan november desember, untung diisin sama orang kantor, abis males banget ;D

btw, itu kan ada isian harta pribadi ya, karena gw ga taw total harta pribadi gw, jadi gw tulis asal2an aja (dengan nominal super kecil tentunya ;D), ini ngepek ga sih, mgkn kalo tahun ini ga papa ya soalnya kan dianggap baru punya penghasilan, kalo tahun depan kan udah setahun lebih, bakal disidak gak kalo gw tulis harta pribadi cuman sejuta ;D

Gw selama 6tahun ini malah harta selalu minus kok de... Gw setorin laporan hutang dan harta gak ada sih...iya, gak pernah dicek sih.. Lagian urusin perusahaan2 gede juga udah sibok banget kan... Gak sempat ngecek2 ke kita...