PDA

View Full Version : PT LI, Kalo bersih kenapa harus risih?



gembel
04-03-2012, 06:49 AM
PT Liga Indonesia (LI) menolak untuk diaudit oleh auditor independen yang ditunjuk oleh PSSI. Bendahara Umum PSSI Zulkifli Nurdin mengatakan, PT LI dan Badan Liga Indonesia (BLI) yang mengelolanya telah mengirim surat resmi yang menyatakan bahwa PT LI dan BLI sedang berada dalam tahap akhir proses audit oleh auditor lain.

Penolakan itu berawal dari surat Sekjen PSSI Tri Goestoro pada akhir September kepada Direktur PT Liga Indonesia Joko Driyono. Namun, surat dibalas oleh Ketua BLI Andi Darussalam Tabussala.

"Isinya adalah pada saat ini BLI sedang dalam proses audit tahap akhir. Kami enggak tahu oleh kantor akuntan siapa. Kedua, disampaikan bahwa pengurus BLI akan serahkan hasilnya kepada pengurus PSSI 2007-2011, yaitu kepada pengurus lama," ungkapnya dalam keterangan pers di kantor PSSI, Kamis (24/11/2011).

Menurut Zulkifli, pengurus baru PSSI, yang baru terpilih melalui kongres 9 Juli, sebenarnya yang berhak untuk melakukan audit terhadap PT LI sebagai salah satu asetnya. Pasalnya, 90 persen saham PT LI dimiliki oleh PSSI.

"Kami juga sudah bertemu langsung dengan mereka. Beliau tetap akan sampaikan pertanggungjawaban ini kepada pengurus lama sehingga permohonan audit kami untuk menunjuk Deloitte masuk ke sana tidak bisa. Jadi agak lucu, pemegang saham mau melihat tetapi tidak bisa," tambahnya.

Zulkifli menyesalkan penolakan dari BLI dan PT LI yang lebih memilih bertanggung jawab kepada mantan pengurus daripada ke lembaga yang berwenang. Padahal, pengurus PSSI baru bersemangat untuk melakukan perbaikan di tubuh federasi sepak bola ini, termasuk di bidang keuangan. Lagi pula, penerimaan PSSI tiap tahunnya mayoritas berasal dari PT LI.

Menurut Zulkifli, 75 persen transaksi keuangan di federasi sepak bola ini terjadi di PT LI. "Sisanya kan cuma bantuan. Sponsor-sponsor juga kan masuk ke BLI," ungkapnya.

PSSI pun akhirnya meminta Deloitte untuk melakukan kajian terhadap pengendalian internal di tubuh PSSI selama semester akhir 2011 sejak bulan Juli. Hasilnya, auditor berstandar internasional yang juga berpengalaman mengaudit klub-klub liga di Eropa ini masih memberikan nilai merah terhadap rapor keuangan PSSI.

Utang pengurus lama PSSI ditagis

Belum lagi kebingungan PSSI berakhir, pengurus baru kembali dipusingkan permintaan konfirmasi yang diminta oleh auditor PT LI dan BLI. Mereka mempertanyakan catatan dari PT LI yang menyebutkan bahwa PSSI memiliki utang sebesar Rp 50,1 miliar per 31 Agustus 2011. Zulkifli mengaku langsung mencari salinan dokumen di internal PSSI.

"Saya lihat catatan laporan per Agustus di sini. Ternyata bahwa PSSI memang berutang kepada BLI. Nmaun, menurut catatan kami, per 31 Agustus itu, utang kepada BLI hanya Rp 682,5 juta. Jadi bisa digambarkan bagaimana bedanya bisa signifikan. Ada perbedaan catatan, tetapi kok bedanya bisa sampai Rp 49 miliar," katanya.

Menurut Zulkifli, utang ini merupakan utang pengurus lama.


Kenapa PT LI tidak mau diaudit oleh auditor tunjukan PSSI (Deloitte)?

Tanya kenapa?


Sumber : http://bola.kompas.com/read/2011/11/24/16255787/PT.Liga.Indonesia.Menolak.Diaudit.



Sekilas Deloitte

Deloitte Touche Tohmatsu (juga terkenal dengan merek Deloitte) adalah urutan kedua terbesar di dunia dalam bidang jasa profesional setelah PricewaterhouseCoopers dan merupakan anggota dari the Big Four auditors, sebuah kelompok kantor akuntan internasional terbesar di dunia. Dalam tahun 2004, dengan 16,4 miliar dolar Amerika Serikat, mereka merupakan yang terbesar di antara the Big Four auditors dalam hal penghasilan. Sebagai tambahan dari jasa akuntansi, Deloitte adalah satu dari kantor penasehat bisnis yang terbesar di dunia yang menawarkan jasa manajemen strategik dan operasional pada perusahaan-perusahaan dalam Fortune 500.

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Deloitte_Touche_Tohmatsu

heihachiro
04-03-2012, 07:51 AM
kenapa ga mau? Karena takut ketauan borok2nya [meditasi]


so..? Makanya ga boleh manggil pemain yang 'murtad' gitu?

itsreza
04-03-2012, 11:12 AM
kalau borok, tanpa audit juga udah keliatan

hebat juga ya, pengurus PSSI kuat hire Deloitte
bagus sih, kalau perlu bener audit keseluruhan deh

gembel
05-03-2012, 04:16 PM
kalau borok, tanpa audit juga udah keliatan

hebat juga ya, pengurus PSSI kuat hire Deloitte
bagus sih, kalau perlu bener audit keseluruhan deh


Mbah, audit sangat penting untuk mengetahui posisi keuangan.

itsreza
05-03-2012, 08:21 PM
Mbah, audit sangat penting untuk mengetahui posisi keuangan.

saya ga bilang ga penting lho mbah... justru saya mendukung audit keseluruhan/integrated
karena audit itu berguna cuma buat mengetahui posisi keuangan lho mbah bisa juga tapi
melihat kualitas manajemen, aset, dll. Kalau sekedar tau posisi keuangan PT LI aja sih udah
jelas kok arahnya kemana walau tanpa audit udah ketauan banyak penyalahgunaan

surjadi05
07-03-2012, 02:21 PM
wow berita tahun 2011, my time machine works ::itrocks::::itrocks::

gembel
09-03-2012, 11:30 AM
wow berita tahun 2011, my time machine works ::itrocks::::itrocks::


memangnya basi ya mbah?

ancuur
09-03-2012, 12:10 PM
terserah mau diapain deh.. yg penting jangan 10 - 0 ::arg!:: ::doh:: :iamdead:

surjadi05
09-03-2012, 02:42 PM
memangnya basi ya mbah?

yoi kalo mau ungkit2 dosa masa lalu, dosa bob hippy gimana? trus kita kapan majunya pikir balas dendam mulu?::arg!::::arg!::

apa masih kurang memalukan Kebohongan PSSI waktu pemanggilan timnas? apa kurang memalukan kita kalah 0-10?::arg!::::arg!::

gembel
09-03-2012, 04:42 PM
yoi kalo mau ungkit2 dosa masa lalu, dosa bob hippy gimana? trus kita kapan majunya pikir balas dendam mulu?::arg!::::arg!::

apa masih kurang memalukan Kebohongan PSSI waktu pemanggilan timnas? apa kurang memalukan kita kalah 0-10?::arg!::::arg!::

kok dosa mbah?

emangnya salah ya PSSI sebagai pemilik saham terbesar PT Liga Indonesia meminta pertanggungjawaban?

Enak banget donk setiap perusahaan tidak menyetorkan LPJnya...

haduhhhhh

Kingform
10-03-2012, 02:09 AM
err...perasaan pas jaman nurdin hampir lengser, susunan pemilik sahamnya udah diganti deh.....99% klub dan 1% pssi. ikut2an ipl dulu gara2 ga mau kehilangan peserta liga ::oops::

dan anehnya pas djohar berkuasa dia menunjuk pt lpis sebagai penyelenggara liga dengan susunan pemilik saham 70% pssi (atas nama djohar) dan 30% klub (yang anehnya diatasnamakan wakil ketua pssi, yang gw ga inget namanya). tanya kenapa....::oops::

jangan tanya link.....udah berita basi ini.....

surjadi05
10-03-2012, 11:31 AM
kok dosa mbah?

emangnya salah ya PSSI sebagai pemilik saham terbesar PT Liga Indonesia meminta pertanggungjawaban?

Enak banget donk setiap perusahaan tidak menyetorkan LPJnya...

haduhhhhh


pssi sebagai pemilik saham terbesar? wow 1% terbesar yah? setahu gw pssi cuma punya "saham emas deh" dan lagian waktu minta itu isl kan belum selesai? apa bisa perush minta audit kalo belum 1 periode? ckckck::arg!::::arg!::
coba mintanya sekarang? :ngopi:

dilink yg elu kasih kan ada kata2
Isinya adalah pada saat ini BLI sedang dalam proses audit tahap akhir. Kami enggak tahu oleh kantor akuntan siapa. Kedua, disampaikan bahwa pengurus BLI akan serahkan hasilnya kepada pengurus PSSI 2007-2011, yaitu kepada pengurus lama," ungkapnya dalam keterangan pers di kantor PSSI, Kamis

---------- Post added at 11:31 AM ---------- Previous post was at 11:27 AM ----------

lagian juga udah bukan rahasia lagi pssi era nurdin korupsi::arg!::::arg!::

gembel
13-03-2012, 07:35 AM
pssi sebagai pemilik saham terbesar? wow 1% terbesar yah? setahu gw pssi cuma punya "saham emas deh" dan lagian waktu minta itu isl kan belum selesai? apa bisa perush minta audit kalo belum 1 periode? ckckck::arg!::::arg!::
coba mintanya sekarang? :ngopi:

dilink yg elu kasih kan ada kata2
Isinya adalah pada saat ini BLI sedang dalam proses audit tahap akhir. Kami enggak tahu oleh kantor akuntan siapa. Kedua, disampaikan bahwa pengurus BLI akan serahkan hasilnya kepada pengurus PSSI 2007-2011, yaitu kepada pengurus lama," ungkapnya dalam keterangan pers di kantor PSSI, Kamis

---------- Post added at 11:31 AM ---------- Previous post was at 11:27 AM ----------

lagian juga udah bukan rahasia lagi pssi era nurdin korupsi::arg!::::arg!::

Saham PSSI di PT LI 99% um, makanya CARI INFO DULU baru komen jangan berdasarkan "setau gw"

Sumber : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2011/11/30/004146/1778680/76/kemenkumham-99-saham-pt-li-masih-milik-pssi



lagian waktu minta itu isl kan belum selesai


helllo lu baca berita kgk sih?


"Seharusnya PT Liga Indonesia (LI) fokus pada pertanggungjawaban kepada kami, PSSI. Karena kami sudah mengirimkan surat permintaan kepada PT LI untuk memberikan laporan audit perusahaan maksimal tanggal 5 Desember 2011," kata Sihar seperti dikutip dari Humas PSSI, Jumat (02/12).

http://www.bola.net/indonesia/pssi-desak-pt-li-serahkan-hasil-audit-f25cf4.html



dilink yg elu kasih kan ada kata2
Isinya adalah pada saat ini BLI sedang dalam proses audit tahap akhir. Kami enggak tahu oleh kantor akuntan siapa. Kedua, disampaikan bahwa pengurus BLI akan serahkan hasilnya kepada pengurus PSSI 2007-2011, yaitu kepada pengurus lama," ungkapnya dalam keterangan pers di kantor PSSI, Kamis

Ada yang mengganjal dari kutipan diatas:
1. Kok kgk tau akuntannya sapa, Tape deeeeeehhhh...
2. Kok diserahkan ke pengurusan lama? Emangnya kepnegurusan baru kgk perlu tau apa untuk mengetahui keadaan PSSI sekarang (misal : hutang dan piutang)?


Hasilnya auditnya manaaaaaaaa? Masa sampe sekarang kgk ada beritanya?

Bung, jawab dengan fakta jangan cuma "setau gw"

surjadi05
13-03-2012, 11:05 AM
Saham PSSI di PT LI 99% um, makanya CARI INFO DULU baru komen jangan berdasarkan "setau gw"

Sumber : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2011/11/30/004146/1778680/76/kemenkumham-99-saham-pt-li-masih-milik-pssi





helllo lu baca berita kgk sih?



http://www.bola.net/indonesia/pssi-desak-pt-li-serahkan-hasil-audit-f25cf4.html




Ada yang mengganjal dari kutipan diatas:
1. Kok kgk tau akuntannya sapa, Tape deeeeeehhhh...
2. Kok diserahkan ke pengurusan lama? Emangnya kepnegurusan baru kgk perlu tau apa untuk mengetahui keadaan PSSI sekarang (misal : hutang dan piutang)?


Hasilnya auditnya manaaaaaaaa? Masa sampe sekarang kgk ada beritanya?

Bung, jawab dengan fakta jangan cuma "setau gw"

pertama bedain dulu pt li dengan PSSI
kedua kalo betul waktu itu pt li lagi diaudit (ingat link diatas elu yg kasih bukan gw)
maka peraturan dasar auditor PT yg lagi dalam proses diaudit tidak boleh diaudit oleh pihak lain ( dan lagi ingat gw cuma mengutip dari link yg elu kasih) dan siapa yg audit mana gw tahu,elu yg kasih link gw yg suruh tanggung jawab::doh::::arg!::::arg!::
cepee d::arg!::::arg!::

Kingform
13-03-2012, 11:13 AM
Pembagian Saham PT Liga Indonesia: Klub ISL Dapat 99% Saham, Klub Divisi Utama Mana?

Keinginan klub-klub yang mendukung PT Liga Indonesia untuk menggelar RUPS dan membagikan 99 persen PT LI dikecam oleh Deputy Sekjen Kompetisi yang ditunjuk PSSI, Saleh Mukadar. Menurutnya pembagian itu tidak adil untuk klub Divisi Utama.

Rencana pembagian 99 persen saham PT LI yang menurut klub-klub pendukung ternyata kembali menimbulkan masalah. Saleh menilai keputusan itu sama saja tidak memikirkan kompetisi divisi dibawahnya atau Divisi Utama.

"PT Liga Indonesia itu tidak hanya dinaungi oleh klub-klub ISL saja, tapi juga kompetisi Divisi Utama dan dibawahnya. Karena itu pembagian 99 persen saham tanpa mengikutkan klub-klub dibawahnya jelas itu tidak adil," tutur Saleh didepan kantor PSSI, Selasa malam (25/10/2011).

"Seharusnya ada juga jatah untuk klub-klub dibawah ISL, lalu nanti ada perwakilan didalam struktur pengurus PT LI. Tidak bisa setiap tahun berubah terus pemegang sahamnya. Akte tidak bisa dirubah tiap tahun, pajaknya siapa yang mau bayar? Tidak mudah mengubah akte," ketus Saleh.

Namun ketika ditanya mekanisme pembagian saham seperti apa yang akan dibuat oleh PT Liga Prima Sportindo, yang ditunjuk PSSI sebagai pengelola liga, Saleh malah belum bisa mejelaskan dengan pasti.

"Kalau itu masih dalam pembahasan, saya belum bisa jawab," pungkas Saleh.

Sebelumnya terjadi pepecahan menyangkut regulator resmi Liga Indonesia musim ini. Meski PSSI sudah menunjuk PT Liga Prima Indonesia Sportindo sebagai pengelola Indonesia Premier League, klub-klub pendukung PT LI tetap pada pendiriannya dibelakang kompetisi resmi musim lalu itu. Bahkan keduanya sudah mengagendakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sendiri-sendiri.

saus (http://id.berita.yahoo.com/pembagian-saham-pt-liga-indonesia-klub-isl-dapat-060300210.html)
------------------------------------------------------------------------------
yang ngomong kalo klub dapet 99% anak buahnya djohar sendiri

---------- Post added at 10:13 AM ---------- Previous post was at 10:13 AM ----------

Pembagian Saham PT Liga Indonesia: Klub ISL Dapat 99% Saham, Klub Divisi Utama Mana?

Keinginan klub-klub yang mendukung PT Liga Indonesia untuk menggelar RUPS dan membagikan 99 persen PT LI dikecam oleh Deputy Sekjen Kompetisi yang ditunjuk PSSI, Saleh Mukadar. Menurutnya pembagian itu tidak adil untuk klub Divisi Utama.

Rencana pembagian 99 persen saham PT LI yang menurut klub-klub pendukung ternyata kembali menimbulkan masalah. Saleh menilai keputusan itu sama saja tidak memikirkan kompetisi divisi dibawahnya atau Divisi Utama.

"PT Liga Indonesia itu tidak hanya dinaungi oleh klub-klub ISL saja, tapi juga kompetisi Divisi Utama dan dibawahnya. Karena itu pembagian 99 persen saham tanpa mengikutkan klub-klub dibawahnya jelas itu tidak adil," tutur Saleh didepan kantor PSSI, Selasa malam (25/10/2011).

"Seharusnya ada juga jatah untuk klub-klub dibawah ISL, lalu nanti ada perwakilan didalam struktur pengurus PT LI. Tidak bisa setiap tahun berubah terus pemegang sahamnya. Akte tidak bisa dirubah tiap tahun, pajaknya siapa yang mau bayar? Tidak mudah mengubah akte," ketus Saleh.

Namun ketika ditanya mekanisme pembagian saham seperti apa yang akan dibuat oleh PT Liga Prima Sportindo, yang ditunjuk PSSI sebagai pengelola liga, Saleh malah belum bisa mejelaskan dengan pasti.

"Kalau itu masih dalam pembahasan, saya belum bisa jawab," pungkas Saleh.

Sebelumnya terjadi pepecahan menyangkut regulator resmi Liga Indonesia musim ini. Meski PSSI sudah menunjuk PT Liga Prima Indonesia Sportindo sebagai pengelola Indonesia Premier League, klub-klub pendukung PT LI tetap pada pendiriannya dibelakang kompetisi resmi musim lalu itu. Bahkan keduanya sudah mengagendakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sendiri-sendiri.

saus (http://id.berita.yahoo.com/pembagian-saham-pt-liga-indonesia-klub-isl-dapat-060300210.html)
------------------------------------------------------------------------------
yang ngomong kalo klub dapet 99% anak buahnya djohar sendiri

gembel
16-03-2012, 06:04 PM
dan siapa yg audit mana gw tahu,elu yg kasih link gw yg suruh tanggung jawab

memang itu link dari saya mbah, tapi klo memang benar saat itu di audit harusnya PT LI menyampaikan hasilnya, kemanakah hasilnya?




yang ngomong kalo klub dapet 99% anak buahnya djohar sendiri