PDA

View Full Version : Gurah



Fere
03-03-2012, 10:47 PM
ada yang tau nggak soal gurah?

setau gw gurah itu untuk membersihkan lendir2 ato kotoran yang ada dalam tubuh
yang ingin gw tanyakan :

1. bener gak gurah bisa membersihkan kotoran2 yang ada dlm tubuh?
2. gimana sih metode ato cara kerja gurah itu?
3. ada gak efek sampingnya?

terus terang gw tertarik karena gw adalah perokok, asumsi gw jika memang gurah bisa membersihkan kotoran2 yang ada dlm tubuh berarti cara ini layak dicoba..

buat temen2 yang tahu soal gurah ato bahkan pernanh mencobanya share dimari ya.. ::bye::

etca
03-03-2012, 11:52 PM
Gurah katanya 'menyakitkan' loh fer.
ga pernah nyobain.

err itu bukannya buat lendir di hidung ama tenggorokan yah?
kalau merokok kan ude di paru-paru.

mendingan berhenti ngerokok deh .. ::ungg::

ndugu
03-03-2012, 11:54 PM
gimana tuh cara kerjanya?

itsreza
04-03-2012, 01:27 AM
setuju dengan saran etca, lebih baik berhenti merokok
rasanya ga ada hubungan antara gurah ini dan kemampuannya
membersihkan dampak rokok di tubuh.

saya spernah coba beberapa tahun lalu,
pakai cairan rempah yang dimasukkan ke hidung/mulut
rasanya tidak nyaman karena lendir terus dan harus keluar
dan sampai 2 minggu setelahnya hidung terus berlendir
juga terasa sakit di saluran pernafasan. dampak setelahnya
nafas terasa lebih ringan, untuk waktu yang cukup lama.

Fere
04-03-2012, 08:30 AM
err itu bukannya buat lendir di hidung ama tenggorokan yah?
kalau merokok kan ude di paru-paru.

mendingan berhenti ngerokok deh .. ::ungg::
iye cak maksud gw buat ngebersihin tenggorokan
kalo brenti.. ane belom bisa ::ungg::


setuju dengan saran etca, lebih baik berhenti merokok
rasanya ga ada hubungan antara gurah ini dan kemampuannya
membersihkan dampak rokok di tubuh.

saya spernah coba beberapa tahun lalu,
pakai cairan rempah yang dimasukkan ke hidung/mulut
rasanya tidak nyaman karena lendir terus dan harus keluar
dan sampai 2 minggu setelahnya hidung terus berlendir
juga terasa sakit di saluran pernafasan. dampak setelahnya
nafas terasa lebih ringan, untuk waktu yang cukup lama.
berarti emang ada efeknya buat pernapasan ya?
soalnya dulu pernah ada yang bilang sehabis gurah dia kalo lari gak ngos-ngosan lagi

BundaNa
04-03-2012, 09:30 AM
blum pernah nyobain, tp t'tarik buat anak2, mrk punya asma. metodenya kyk nebulasi brarti, ya? utk salurang p'napasan aj

Fere
04-03-2012, 10:24 AM
emang untuk anak2 boleh ya?

apa nggak terlalu berbahaya itu?

AsLan
04-03-2012, 12:26 PM
Kayaknya pernah denger gurah itu dilarang oleh medis, saluran nafas tidak boleh dimasuki apapun selain udara bersih.

Pada dasarnya saluran nafas sudah punya mekanisme pembersihan diri sendiri melalui lendir dan bulu, jadi lendir itu memang penting, tidak boleh dikeringkan.
Lendir berfungsi mengikat kotoran2 yg masuk ke saluran nafas, smakin banyak kotoran akan merangsang saluran nafas memproduksi lebih banyak lendir.

Jadi bukan lendirnya yg dikurangi tapi kotorannya yg diusahakan jangan masuk ke saluran nafas.

Kalau lendir dikeringkan dengan ramuan2, memang nafas akan terasa lebih lega tapi kotoran2 juga akan bablas masuk ke paru2 dan berkumpul didalamnya, padahal paru2 harus selalu steril.

Untuk asma lebih baik diperangi dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh anak, kegiatan fisik yg lebih banyak dan pengurangan berat badan karena asma lebih condong menyerang anak bertubuh gemuk.

BundaNa
04-03-2012, 05:15 PM
@AsLan: nebulasi juga memasuki uap obat2an melalui alat nebulator, dengan ventilator ke hidung, untuk menghilangkan lendir yang bertumpuk. karena ada kasus dimana batang tenggorok atau pernapasan itu sempit sehingga lendir tidak lancar keluar ke hidung. Naomi menjalani nebulasi selama 4x di rumah sakit ketika ISPA (infeksi saluran pernapasan akut, indikasi bisa terjadi asma karena bawaan), Nadhira kemaren juga nebulasi, udah 4x.

Kalau gurah metodenya sama, berarti ga masalah dong?

---------- Post added at 05:15 PM ---------- Previous post was at 05:14 PM ----------

btw, BB anak gwe masih normal, dan cenderung slim, tapi mereka diindikasikan asma karena keturunan -_-

itsreza
04-03-2012, 07:02 PM
^^
asma harus bersih bunda. saya pun asma, baru kena semasa kuliah
dan kalau sering beaktivitas diluar rumah, malah jarang kena

@fere, iya buat saya ada dampaknya setelah gurah
tapi ga sama untuk semua orang, pada orang tua saya ga
ada pengaruh apapun setelah digurah

Fere
05-03-2012, 12:31 AM
...

@reza : kok buat ortu kamu bisa ga ada pengaruhnya ya? apa mungkin itu karena (sori) faktor umur?

@aslan : masa sih dilarang?

tadi sempet gugling nemu beberapa situs, di salah satu situs itu malah disebutkan kalo gurah itu sunnah nabi :-??
tapi gw gak terusin bacanya soalnya di situ ada gambar orang lagi digurah yang bener2 gak enak buat dilihat :facepalm:

---------- Post added at 12:31 AM ---------- Previous post was at 12:17 AM ----------


@AsLan: nebulasi juga memasuki uap obat2an melalui alat nebulator, dengan ventilator ke hidung, untuk menghilangkan lendir yang bertumpuk. karena ada kasus dimana batang tenggorok atau pernapasan itu sempit sehingga lendir tidak lancar keluar ke hidung. Naomi menjalani nebulasi selama 4x di rumah sakit ketika ISPA (infeksi saluran pernapasan akut, indikasi bisa terjadi asma karena bawaan), Nadhira kemaren juga nebulasi, udah 4x.

Kalau gurah metodenya sama, berarti ga masalah dong?

---------- Post added at 05:15 PM ---------- Previous post was at 05:14 PM ----------

btw, BB anak gwe masih normal, dan cenderung slim, tapi mereka diindikasikan asma karena keturunan -_-

dapat dari gugel..

NEBULASI

Pengertian:

Nebulaizer adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk mengencerkan dahak dan melonggarkan jalan nafas

Tujuan :

Sebagai acuan tindakan nebulaizer

Kebijakan :

Dibawah tanggung jawab dan pengawasan dokter spesialis anak

Prosedur :

PERSIAPAN ALAT :

1. Normal Salin
2. Air biasa
3. Obat untuk bronchodilator antara lain : ventolin, dexamethasone
4. Tabung oksigen lengkap dengan : sungkup nebulizer, slang O2,
5. Manometer

PERSIAPAN PASIEN :

1. Pasien/keluarga diberi penjelasan tentang hal-hal yang akan dilakukan
2. Pasien diatur sesuai kebutuhan

PELAKSANAAN :

1. Perawat cuci tangan
2. Mengisi air pada humidifaier sampai batas lever
3. Mengisi pada tempat manometer sungkup nebulizer dengan normal salin dan bronchodilator : seperti ventolin atau (sabutamol) atau kadang diberi dexamethasone pada status asmatikus.
4. Memasang masker pada pasien
5. flowmeter dibuka (identifikasi adanya asap)
6. Observasi pasien (sesuai kebutuhan)
7. Selesai dilakukan tindakan pasien dirapikan
8. Alat-alat dibereskan dan dikembalikan
9. Perawat cuci tangan

...

kayaknya mirip dengan gurah, cuman bedanya kalo gurah pake rempah2.. :ngopi:

BundaNa
05-03-2012, 05:17 AM
sekali nebulasi jaman naomi umur 7 bln dl itu 55rb, nadhira taun lalu udah 100rb. mungkin gurah lbh murah?

Porcelain Doll
05-03-2012, 07:12 AM
g pernah nyoba digurah dulu bertahun2 lalu waktu sinus g lagi parah2nya
jujur aja, waktu pengobatan emang ga enak banget
sakit karena cairan terus keluar dari hidung, dan pegel leher karena mesti nunduk terus ;D

tapi efek setelahnya memang bertahun2 juga :)
sinus g jadi lebih mendingan, ga sampe panas dalem ato mesti bedrest dulu tiap kambuh

pengen digurah lagi, nih..kayanya udah perlu
tapi ga tau mesti dimana soalnya yg dulu ngobatin sih udah meninggal orangnya

ohya, g pake gurah cara tradisional, yg dipakein rempah kayanya
soalnya hidung g dirangsang dulu pake semacam bau2an....trus cairan dipancing keluar sampai bersih
buat g, gurah ini penting...karena cairan yg terlalu lama bertumpuk di sekitar hidung bisa mengakibatkan pengeroposan tulang
sebelumnya pernah 'disinari' juga, tapi ga terlalu ngefek...
lagipula ga bisa dalam jangka lama karena berbahaya

ndugu
05-03-2012, 07:33 AM
ini maksudnya idungnya disumbat rempah2? ::elaugh::

Fere
05-03-2012, 11:34 AM
@popi, itu kira2 tahun brapa pop? itu semacam klinik kan?
kalo orangnya udah gak ada emang gak ada penerusnya ya?

@ndugu, bukan disumbat gu, kayaknya semacam dirangsang pake rempah2 gitu biar cairannya pada keluar..

ndugu
05-03-2012, 11:43 AM
gimana cara merangsang dengan rempah?
dicium baunya gitu?

Fere
05-03-2012, 11:48 AM
...

mungkin gitu sih, ato dimasukin ke lubang hidung? aku jg gak tau.. ::nangis::

BundaNa
05-03-2012, 11:55 AM
gimana cara merangsang dengan rempah?
dicium baunya gitu?

mungkin direbus ato dibakar, uapnya kita yg menghirup

Fere
05-03-2012, 12:22 PM
mungkin direbus ato dibakar, uapnya kita yg menghirup

sepertinya bukan uapnya bun, tapi cairannya yang dimasukin ke hidung (mungkin setelah direbus?)


saya spernah coba beberapa tahun lalu,
pakai cairan rempah yang dimasukkan ke hidung/mulut

ndugu
05-03-2012, 12:26 PM
gimana masukinnya tuh?
wah, kesedak ga tuh? :cengir:
buat yang udah pernah gurah, tolong donk dideskripsiin prosedurnya
penasaran juga :cengir:

Porcelain Doll
05-03-2012, 12:48 PM
udah kira2 lebih dari 15 tahun yg lalu, fere ;D

@ndugu: jadi cairannya emang dimasukkan ke hidung
terus dari hidung, disedot cairannya....kepala ditundukin menghadap wadah yg akan menampung cairan berlebih yg dikeluarkan
cape karena cairannya kan keluar dari 2 arah, dari tenggorokan dan lewat hidung (lebih banyak lewat tenggorokan sih)
g juga sempet dioperasi dulu untuk memperbesar lubang di dalam hidung (salah satu penyebab sulitnya cairan keluar)

itsreza
05-03-2012, 03:58 PM
mirip cerita popo, dulu sih diberikan cairan gurah yang harus dihisap lewat hidung
mirip seperti meminum air lewat hidung, terasa sakit. ga lama setelah
itu diminta mengeluarkan air liur termasuk lendir... dan waktu pun terasa melambat ;D

AsLan
05-03-2012, 04:20 PM
Nebulizer jangan dibandingkan dengan gurah, nebulizer itu memasukkan uap air yg mengandung sedikit obat, gurah itu membanjiri saluran nafas dengan cairan jamu...
Gurah sangat terlarang bagi penderita asma.

Untuk orang sehat mungkin masih bisa tahan.

Untuk asma pakai nebulizer dengan obat yg sudah diteliti medis saja. selain itu yg penting bagi penderita asma adalah mencari dan menjauhi alergen.

BundaNa
05-03-2012, 05:14 PM
ya ampun, selama ini gw pikir sama dgn nebulasi. sorry, slan ::hihi:: pdhl gw tertarik

Fere
05-03-2012, 10:58 PM
udah kira2 lebih dari 15 tahun yg lalu, fere ;D

@ndugu: jadi cairannya emang dimasukkan ke hidung
terus dari hidung, disedot cairannya....kepala ditundukin menghadap wadah yg akan menampung cairan berlebih yg dikeluarkan
cape karena cairannya kan keluar dari 2 arah, dari tenggorokan dan lewat hidung (lebih banyak lewat tenggorokan sih)
g juga sempet dioperasi dulu untuk memperbesar lubang di dalam hidung (salah satu penyebab sulitnya cairan keluar)


mirip cerita popo, dulu sih diberikan cairan gurah yang harus dihisap lewat hidung
mirip seperti meminum air lewat hidung, terasa sakit. ga lama setelah
itu diminta mengeluarkan air liur termasuk lendir... dan waktu pun terasa melambat ;D

waduh.. kalo diisep lewat hidung mah udah pasti sakit banget tuh ya #:-S
jadi ngeri..

ndugu
06-03-2012, 09:44 AM
masukin ke hidung dengan menghirup cairannya gitu? langsung nyerang ke otak donk ::elaugh:: emang ga bisa diteteskan ya?

Porcelain Doll
06-03-2012, 11:08 AM
bukannya sama kaya menghisap air wudhu lewat hidung ya?
kalo ga biasa...ya sakit ;D

diteteskan bisa kok, ndugu :)

Fere
06-03-2012, 11:40 AM
...

tapi kalo wudhu kan pake aer tawar pop, kalo yg ini pasti nyengat banget..