PDA

View Full Version : Menetralisir efek samping makanan



silverjade
25-02-2012, 01:18 PM
Semalem suami gw mabok duren ::ngakak2::
Di kantor makan duren, cuma sekeping sih, tapi gara2 tu duren udah beralkohol dan suami gw emang dasarnya nyaris ga pernah makan duren, kliyengan lah dia
Katanya biar ga mabok tu minum dari kulit si duren ya?
Kalo dah ketelanjuran (kayak suami gw, makannya dah di kantor, kulitnya dah dibuang) trus gimana?

N gw baru tau beberapa waktu lalu dari meliakh kalo ga salah kalo soda bisa menetralisir efek samping emping (bisa batu ginjal ato batu empedu ya katanya dulu kemarin itu)

Kalo ada yang tau cara mengatasi efek samping makanan yang lain silakan dibagi buat nambah pengetahuan n bantu2 warga KM :)

thamacaat
25-02-2012, 01:42 PM
selalu direkomendasikan dokter dan emak abah di kampung, air kelapa

biar gak repot ngupas kelapa, beli aja yg dijual ala minuman isotonik, f*tigon hydro

etca
25-02-2012, 01:50 PM
kok tumben rumus merekomendasikan minuman yang dikemas gitu ;D

@jade,
susahkah beli air kelapa di daerahmu?

thamacaat
25-02-2012, 02:02 PM
soalnya pas saya keracunan udang *alergi udang gara2 beli makanan yg pake bumbu campur udang tapi gak ditulis di menunya -_-* saya minum gitu yg banyak2. tau sendiri, ngupas kelapa itu susah. Daripada ribet ngupas/beli aer kelapa dr minuman es kelapa muda, mending ke nyuruh orang ke alfa buat beliin fatigon. murni 100% aer kelapa kok, gak ada tambahan apa-apa

*udah liat proses bikin di pabriknya soalnya, tapi ini bukan promosi lho ;D*

etca
25-02-2012, 02:15 PM
bentar, janganjangan pas kita gathering yah?
sualnya dirimu pas gathering di plangi kemarin kan minum itu ;D

thamacaat
25-02-2012, 02:37 PM
bukan, kejadian keracunan itu dah mayan lama kok. saya keracunan udang dua kali. pas makan kumpul2 temen kuliah, pesen seafood. dah wanti2 jangan ada udangnya, langsung lahap saja. segera saja muka merah dan gatal2, ternyata ada udang nyempil dua biji (padahal belom dimakan udangnya). yang kedua pas makan oseng kangkung di sebuah resto. ternyata pake bumbu udang tapi gak ditulis di menunya -_-

saya minum minuman itu minimal 2hari sekali. mayan buat netralin racun gorengan depan kostan (udah pasti itu gorengan masukin plastik ke minyak gorengnya soalnya renyah banget gorengannya, tapi karena enak, beli terus hampir tiap hari ;D)

red>,<hair
25-02-2012, 02:41 PM
pke norit bisa juga kan ... maren gr2 makan gorengan yg ada udangnya gw beli noritnya ::arg!:: untung cuma mual2 doang kagak pke acara pusing2

thamacaat
25-02-2012, 02:44 PM
iya, pake norit juga bisa. bahkan lebih efektif dan murah meriah. cuman, nanti fesesnya bakal jadi keling ;D

red>,<hair
25-02-2012, 02:49 PM
gw salah baca cara makan tu obat ... masak sekali makan 20 biji ::grrr:: ternyata bener ya

thamacaat
25-02-2012, 03:01 PM
emang harus banyak. kalau perlu setengah botol diminum semua ;D--kecuali warna feses jd negroid, gak ada efek samping serius--pada beberapa orang bisa nyebabin susah BAB (dan norit juga menyerap vitamin/protein dari makanan), tp dapat ditangkal dg banyak minum dan buah

oya, selama proses penyembuhan dr racun, yg penting harus banyak minum dan makan buah berair banyak.

dan sebagai tambahan, norit hanya bisa bekerja utk racun2 yg masih ada di dalam lambung dan usus. kalo udah beredar di dalam darah, makan banyak norit gak akan ngefek. dan norit gak bisa nyerap racun seperti logam, hidorkarbon (minyak tanah/oli/bensin/dll), alkohol (metanol, spirtus, etanol, dll).

kalau keracunan masih baru banget ketelen, cara terbaik adalah segera memuntahkannnya. bisa pake cara manual dg memasukan jari ke mulut utk merangsang mual, atau minum obat2 tertentu buat merangsang mual

*pelajaran PMR jaman SMA ternyata masih keinget ;D

BundaNa
25-02-2012, 03:11 PM
air kelapanya kelapa ijo yak, kalu eike nambah madu. norit boleh, lbh baik sedia norit di ktk p3k buat jaga2. sm susu

River
25-02-2012, 03:27 PM
Udang, lobster dan kepiting banyak mengandung kolesterol. Untuk menetralisirnya makanlah udang sama kulit-kulitnya karna kulit udang mengandung kitin dan kitosan, suatu polisakarida yang mampu menghambat penyerapan lemak (antikolesterol)

cangkang lobster dan kepiting juga mengandung kitosan,, tapi enggak disarankan untuk makan lobster dan kepiting beserta cangkang2nya.. soalnya khan keras ::hihi::

BundaNa
25-02-2012, 03:52 PM
btw, norit, air kelapa sm susu bukannya buat menetralisir alergi ya? kalo alkohol macam duren jg bisa?

---------- Post added at 03:52 PM ---------- Previous post was at 03:48 PM ----------

pantes, eike alergi udang, tp sejak makan udang sekulit2nya jarang gatel ::hihi:: t'nyata itu toh sebabnya

tsu
25-02-2012, 05:57 PM
klo saya make susu bear brand, perut lgs muyes2, dan kuras semua isi perut T__T

aer kelapa itu wajib klo lagi kemping, selalu bawa, sekarang kayanya hydro bisa yang gantiin

choodee
25-02-2012, 07:30 PM
Imo, keracunan duren dan udang itu beda, udang itu karena alergi, maka minum insidal udah selesai masalahnya.... Kalo keracunan duren kan bisa karena alkoholnya, jadi sama kek hangover, maka saran saya minumlah satu botol akua 1.5 liter ;D

silverjade
01-03-2012, 01:08 PM
kembung dong ;D
@etca: gampang sih...kalo masih terang ada yang jual es kelapa n kelapa ijo deket pasar mini deket rumah. Masalahnya pas toko n pasarnya dah tutup ;D
gw sering tu nemu kasus efek samping makanan
selain suami mabok duren, alergi udang and kepiting, tante gw pernah kejengkolan ::hihi::
Kakak gw sekali makan telur rebus jerawatnya langsung mekar bersemi
Temen gw termakan cabe rawit di dalam arem-arem langsung diare ;D

GiKu
01-03-2012, 01:12 PM
kalo makan sop kebanykan micin, gw pasti kliyengan
minum susu bisa menetralkan kliyengan itu

air kelapa juga bisa

kalo karbon aktif (nori*, diata*, dll) sepertinya hanya berkerja di lambung

thamacaat
01-03-2012, 01:17 PM
^ di lambung makanan hanya dihancurkan, di usus makanan diserap. kalau makanan sudah sampai usus, sebagian racun sudah tercernna dan masuk ke dalam darah. penggunaan norit jadi tidak efektif (tapi masih bisa serap racun meski jumlahnya gak sebanyak saat masih di lambung).

BundaNa
01-03-2012, 01:19 PM
kalo mabok krn alkohol (duren jg ya?) susu sm air putih byk2 itu m'bantu. kl alergi air kelapa ijo ato norit. susu jg

GiKu
01-03-2012, 01:30 PM
^ di lambung makanan hanya dihancurkan, di usus makanan diserap. kalau makanan sudah sampai usus, sebagian racun sudah tercernna dan masuk ke dalam darah. penggunaan norit jadi tidak efektif (tapi masih bisa serap racun meski jumlahnya gak sebanyak saat masih di lambung).

mangkanya gw infokan hanya di lambung
kalo masih di mulut atau tenggorokan rasanya gak mungkin (ngunyah duren campur karbon aktif)

itsreza
01-03-2012, 04:15 PM
f*tigon hydro itu praktis, kalau ga ada air kelapa dan keponakan diare kasih itu aja