PDA

View Full Version : di Bogor.. banyak berkeliaran immigran gelap ..



ancuur
14-02-2012, 12:20 AM
http://www.pikiran-rakyat.com/ffarm/www/imagecache/625x350/ffarm/www/2012/02/13/imigran1.jpg

BOGOR, (PRLM).- Sebanyak 149 imigran yang tidak memiliki dokumen lengkap diamankan oleh aparat gabungan dari Kantor Imigrasi Bogor, Rudenim Jakarta, serta Dirjen Imigrasi dalam razia yang digelar di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Senin (13/2). Operasi sempat diwarnai kejar-kejaran antara petugas dengan para imigran gelap yang mencoba melarikan diri dengan cara melompat dari atas balkon vila tempat mereka menginap.

Kepala Kantor Imigrasi Bogor, Bambang Catur mengakui jika operasi yang digelar ini merupakan upaya penegakan hukum dan menjamin lingkungan masyarakat yang kondusif. "Memang beberapa imigran sempat mencoba melarikan diri saat kita menggerebek tempat mereka tinggal. Namun, setelah kita lakukan pengejaran semuanya dapat diamankan," kata Bambang.

Para imigran yang sempat mencoba melarikan diri dan terbukti tidak memiliki dokumen lengkap ini kemudian diborgol untuk diberangkatkan menggunakan bus ke Rudenim Jakarta. Sebagian besar imigran yang diamankan berasal dari Somalia sebanyak 40 orang dan Afganistan sebanyak 70 orang. Sisanya berasal dari Siria, Sudan, dan Pakistan. Tidak hanya orangtua, tetapi banyak juga anak-anak yang diangkut ke dalam tiga bus untuk diperiksa lebih intensif di Rudenim Jakarta.

"Mereka yang diamankan adalah yang memang terbukti tidak membawa atau tidak memiliki dokumen apapun selama berada di sini," tambah Bambang. Menurut dia, sebagai langkah selanjutnya para imigran ini akan dibawa ke kantor Rudenim Jakarta untuk diperiksa lebih intensif.

"Nanti akan kita dalami. Apakah mereka memang tidak punya dokumen atau bagaimana. Kalau ternyata mempunyai paspor, akan kita kembalikan ke negara asalnya. Namun, jika tidak ada paspor maka akan kita lihat dokumen apa yang mereka miliki," ujar Bambang.

Operasi di wilayah Cisarua dan Megamendung ini dipusatkan di 12 titik, di antaranya Ciburial, Tugu Selatan dan Tugu Utara. Bambang mengakui jika kawasan Puncak merupakan salah satu kawasan yang paling diincar oleh para imigran dari wilayah Timur Tengah. Selain karena kondisi Puncak yang memang menyediakan segala kebutuhan orang Timur Tengah, wilayah Puncak juga dinilai lebih aman. Wisatawan Timur Tengah dan wisatawan lain sangat banyak di kawasan ini sehingga kehadiran para imigran gelap diduga kurang terdeteksi.

Operasi ini, kata Bambang tidak secara khusus digelar karena maraknya kasus imigran yang melarikan diri dan tenggelam di beberapa wilayah perairan Indonesia. Menurut dia, operasi semacam ini harus terus digalakkan dan terus ditingkatkan mengingat semakin banyak dan mudahnya imigran masuk ke wilayah Indonesia dan menetap secara ilegal di kawasan Puncak.

"Satu-satunya cara untuk mengurangi jumlah imigran gelap ya, dengan menggelar operasi rutin, jika tidak, akan semakin banyak saja imigran gelap yang ada di wilayah kita karena mereka menilai aman dan tidak ada razia," tambah Bambang. Selain menyebabkan suasana yang tidak kondusif kehadiran mereka juga melanggar hukum.

Hanya saja, sebagai anggota PBB dan negara yang berada di antara beberapa negara yang terlibat konflik, Indonesia tidak mungkin menolak kehadiran mereka. Oleh karena itu, operasi rutin menjadi pilihan supaya Indonesia tidak menjadi surga imigran gelap. Semula pihaknya hanya menargetkan sekitar 75 sampai 80 imigran yang akan terjaring. Hanya saja, temuan di lapangan melebihi target.

"Artinya, ada indikasi imigran gelap makin marak. Tantangan ke depan semakin banyak sehingga pengawasan perlu terus diperketat, tidak hanya oleh pihak imigrasi, tetapi juga instansi terkait seperti aparat kecamatan hingga tingkat RT," ungkap Bambang. Untuk itu, kerjasama dengan pihak ini pun akan digalakkan agar bisa mengurangi jumlah imigran gelap di kawasan Puncak.

choodee
14-02-2012, 12:33 AM
imigran ini maw ngapain di indonesia? orang lokal aja sini susah cari kerja euy ::grrr::

ancuur
14-02-2012, 12:40 AM
kita tunggu para pejabat setempat.. (Bogor) bpk reza dan bpk yuki :ngopi:

Parameswara Li
14-02-2012, 12:44 AM
imigran ini maw ngapain di indonesia? orang lokal aja sini susah cari kerja euy ::grrr::

Biasanya mereka ini cuman transit doang di Indonesia. Tujuan sebenarnya adalah negara-negara maju. Yang paling sering marah ke kita selama ini kan Australia yang menganggap Indonesia sengaja membiarkan diri menjadi tempat transit.

ancuur
14-02-2012, 01:06 AM
apa keuntungannay buat indonesia gak tau, yg jelas indonesia rugi besar... harus tampung mereka, makan, tempat tinggal jga ngurus ke immigrasiannya mereka masing2 ke negara yg bersangkutan... apa lagi klo kapal2 mereka sering mendapat kecelakaan, tim SAR memang geratisan ::arg!::

choodee
14-02-2012, 02:00 AM
^
klo ada yg ganteng gw mw nampung kok :merokok:

Yuki
14-02-2012, 02:31 AM
kita tunggu para pejabat setempat.. (Bogor) bpk reza dan bpk yuki :ngopi:
mudah-mudahan dengan ini saya suatu saat jadi pejabat beneran

amin ;D

itsreza
14-02-2012, 05:27 AM
mereka bisa dijadikan agen pariwisata kota bogor di timur tengah
khusus mempromosikan wisata di puncak

;D

ancuur
14-02-2012, 06:57 AM
mudah-mudahan dengan ini saya suatu saat jadi pejabat beneran

amin ;D

insya allah... amie.. :ngopi:


mereka bisa dijadikan agen pariwisata kota bogor di timur tengah
khusus mempromosikan wisata di puncak

;D

hmm... bogor apa yg di jual yah ??
masa cuma kebon raya... night tour ?? apa midnight tour X_X

etca
14-02-2012, 09:16 AM
mereka bisa dijadikan agen pariwisata kota bogor di timur tengah
khusus mempromosikan wisata di puncak

;D
wah ini omongannya calon pejabat,
ude oriented buat kota Bogor ;D

GiKu
14-02-2012, 09:27 AM
mereka bisa dijadikan agen pariwisata kota bogor di timur tengah
khusus mempromosikan wisata di puncak

;D


kawin kontrak kok termasuk pariwisata ?
::doh::

porcupine
14-02-2012, 09:39 AM
kawin kontrak kok termasuk pariwisata ?
::doh::

Kenapa tidak? :merokok:

bradon heat
14-02-2012, 11:24 AM
itu imigran masuknya indonesianya lewat mana tuh?? :tanya:

BundaNa
14-02-2012, 11:26 AM
mereka kebanyakan transit di indonesia, karena di indonesia juga banyak makelar yang bisa bikin mereka imigrasi ke australia

ancuur
14-02-2012, 11:49 AM
kawin kontrak kok termasuk pariwisata ?
::doh::

wah itu mah turis dari arab... ::cabul::


itu imigran masuknya indonesianya lewat mana tuh?? :tanya:

yg jelas bukan lewat email.. or internet connection ::doh::


mereka kebanyakan transit di indonesia, karena di indonesia juga banyak makelar yang bisa bikin mereka imigrasi ke australia

iya.. penyewaan kapal ke australia...
masa sampan di naekin 60 orang.. yg bener aja ::arg!::
nelayan kita gak tanggung jwb banget... sama aja kasih makan org2 itu ke ikan paus:piso:

kandalf
14-02-2012, 01:10 PM
Dilegalkan aja deh, bisnis antar imigran gelap-nya.
Pasti lumayan pajaknya.

bradon heat
14-02-2012, 02:35 PM
Dilegalkan aja deh, bisnis antar imigran gelap-nya.
Pasti lumayan pajaknya.

oportunis ::ngakak2::::ngakak2::

itsreza
14-02-2012, 08:27 PM
hmm... bogor apa yg di jual yah ??
masa cuma kebon raya... night tour ?? apa midnight tour X_X
boleh keduanya om, sekalian mengajarkan warga lokal bahasa arab
menurut teman yang pernah bawa tamu dari tanah arab ke puncak
ekspresi pertama: ini bagaikan di surga ;D


wah ini omongannya calon pejabat,
ude oriented buat kota Bogor ;D

saya doakan untuk Yuki menduduki Bogor 1


kawin kontrak kok termasuk pariwisata ?
::doh::

kalau menurut JK, iya. sekalian perbaikan keturunan ;)


Kenapa tidak? :merokok:
saya usulkan um kupin jadi agen resmi bagi imigran dengan nama:
p*mpcupine ;D

ancuur
14-02-2012, 11:32 PM
boleh keduanya om, sekalian mengajarkan warga lokal bahasa arab
menurut teman yang pernah bawa tamu dari tanah arab ke puncak
ekspresi pertama: ini bagaikan di surga ;D


iya lah... klo di arab kan ce2 pake kerudung...
nah klo di bogor hampir semuanya bisa kliatan ::cabul:: (maksutnya klo di kolam renang)
makanya jgn heran klo di daerah dago, puncak, ci macan dll... banyak anak yg mirip2 arab ::doh:: ::arg!::