PDA

View Full Version : Naturalisasi = PSSI gagal



gembel
05-03-2011, 12:28 PM
Naturalisasi oleh PSSI ternyata berdampak positif bagi Timnas. Hal ini terbukti pada pertandingan piala AFF Suzuki Cup 2010. Meskipun hanya sebagai runner up, pemain naturalisasi seperti Gonzalez dan Irfan berhasil membuktikan bahwa mereka memang pantas di naturalisasi.

Tapi menurut saya, naturalisasi adalah jalan pintas karena tidak adanya pemain lokal yang bagus. Kompetisi nasional yang masih kurang maksimal dan tidak adanya pembinaan usia dini menyebabkan stok pemain terbatas.

Naturalisasi adalah penyembuh putus asa PSSI dalam mencari talenta-talenta yang berkualitas. Semoga di kepengurusan nantinya PSSI dapat menciptakan liga yang profesional dan pembinaan usia dini yang luas sehingga talenta-talenta terpendam Indonesia dapat muncul untuk mengharumkan nama bangsa.

Suka atau tidak suka saya katakan PSSI telah gagal membina talenta lokal Indonesia.

:mrgreen:

BundaNa
07-03-2011, 10:10 AM
eh Irfan bukan naturalisasi sualnya dia pegang paspor Indonesia...cuman gagap bahasa aje *OOT*

danalingga
07-03-2011, 11:13 AM
Kalo naturalisasinya dari hasil liga Indonesia seperti Gonzales maka itu bukan kegagalan, toh negara lain seperti Italia juga melakukan hal yang sama.

bonny gooner
07-03-2011, 11:43 AM
ah, buat saya mah tetep aja gagal.
kenapa?
kok yaa dari sekian banyak orang nggak ada yang bisa nendang bola bagus, nggak ada yang bisa ngoper bola bagus dll?
naturalisasi mah cuma salah satu jalan instan yang ditempuh guna meraih prestasi.
kalo PSSI serius dan dikelola serta dijalankan dengan baik, insya Alloh, sepakbola nasional nggak bakal kayak sekarang.

danalingga
07-03-2011, 11:50 AM
Berarti Italia itu juga gagal dunk ya, dan Prancis juga gagal pas juara dunia kemarin. Dan banyak deretan kegagalan negara-negara Eropa. :)

gembel
07-03-2011, 12:39 PM
@BundaNa, trims koreksinya :mrgreen:

@Mbah DA: Yup, mereka gagal. :mrgreen:

bonny gooner
07-03-2011, 02:35 PM
kalo saya malah nggak bilang mereka gagal. apa pasal? regenerasi mereka masih terus jalan hingga sekarang. persoalan kurang mendapat tempat dalam klub, yang sejalan dengan klub lebih sering membeli pemain jadi, yang membuat kemampuan generasi penerusnya kurang teruji.

gembel
07-03-2011, 02:52 PM
kalo saya malah nggak bilang mereka gagal. apa pasal? regenerasi mereka masih terus jalan hingga sekarang. persoalan kurang mendapat tempat dalam klub, yang sejalan dengan klub lebih sering membeli pemain jadi, yang membuat kemampuan generasi penerusnya kurang teruji.

Jika pemain jadi tersebut merupakan lokal dan bagus kenapa harus ambil langkah naturalisasi?

bonny gooner
07-03-2011, 03:40 PM
pertama, naturalisasi dan regenerasi adalah 2 hal yang berbeda pada pembicaraan ini, mbel.
jadi, pertanyaanmu di atas akan terbantahkan dengan sendirinya.

postingan saya di atas lebih mengarah ke soal regenerasi, bukan naturalisasi, yang berangkat dari tulisan oom dana yang menyebut italia dan prancis gagal.

sekarang bandingkan aja sendiri, italia, prancis dan indonesia.

danalingga
09-03-2011, 05:16 PM
Kalo soal regenerasi saya setuju PSSI gagal. Tapi soal naturalisasi saya tidak setuju sebagai ukuran kegagalan PSSI. Toh, negara kuat sepakbola juga melakukan naturalisasi dan mereka dianggap berhasil secara umum.

deddy
10-03-2011, 10:52 AM
Bagaimana bisa maju kalo pengurus PSS nya seperti itu.......

The_Majestic
13-10-2011, 08:37 PM
Kalo soal regenerasi saya setuju PSSI gagal. Tapi soal naturalisasi saya tidak setuju sebagai ukuran kegagalan PSSI. Toh, negara kuat sepakbola juga melakukan naturalisasi dan mereka dianggap berhasil secara umum.mesut oezil aja aslinya Turki. ::hihi::

itsreza
13-10-2011, 10:14 PM
Naturalisasi pemain bisa dibilang jalan singkat, negara seperti Prancis, Italia, Jerman memanfaatkan liga domestik masing-masing untuk melihat kualitas pemain asing yang akan dinaturalisasi. Sedikit berbeda, Indonesia karena liga domestiknya belum matang, PSSI akhirnya mencari pemain-pemain keturunan Indonesia yang bermain di liga asing, liga kelas dua atau kelas tiga, yang penting bisa ikut seleksi naturalisasi ;D

Kaine
13-10-2011, 10:26 PM
Saya pikir Prancis ga termasuk naturalisasi..

Pemain2 hebat mereka yang punya darah asing itu lahir dan dibesarkan di Perancis, lalu jadi pemain bola. Mereka udah jadi warga Perancis meski mereka bukan pemain bola sekalipun. Dan mereka belajar maen bola dari kecil di Perancis.

Naturalisasi itu pemaen yang lahir, besar, dan asli keturunan dari negara laen, dan dinaturalisasi karena dia jago maen bola di liga negara lain.

BanRak
23-10-2011, 05:51 PM
Gonzales dan Bachdim bukan program naturalisasi PSSI. Kalo Bachdim emang WNI. Sedangkan Gonzales itu dia usaha sendiri, nggak pake bantuan PSSI.