PDA

View Full Version : Kisah Tukang Sampah Indonesia Mengharukan Publik Inggris



keremus
31-01-2012, 04:18 PM
Liku-liku kehidupan tukang sampah di Jakarta, bikin publik Inggris simpati.
Di sana, tukang sampah bisa beli mobil, di sini, beli sandal jepit aja
konon susah.

Orang2 yang tahu kelakuan pejabat negara ini (barusan ketahuan kan
anggota dewan punya ruangan karaokean segala) merasa miris.
Kontras nian.
__________________________________________________ _______________


Kisah Tukang Sampah Indonesia di Stasiun Televisi Inggris
London (ANTARA) -Laporan mengenai kisah tukang sampah Jakarta yang disebut sebagai kota dengan pertumbuhan kota yang cukup pesat di dunia ditayangkan stasiun televisi Inggris BBC2, Minggu malam.


Laporan wartawan BBC London berjudul "Toughest Place to be a binman," membandingkan tukang sampah di London dan Jakarta menarik perhatian masyarakat Indonesia tidak saja di Inggris tetapi juga di Brussel,dan Amerika Serikat yang bisa menyaksikan tayangan tersebut melalui BBC Iplayer.


Selama satu jam laporan mengenai kisah Imam, tukang sampah di Jakarta yang bekerja mengumpulkan sampah setiap harinya dengan gerobaknya sementara diawal tayangan, tukang sampah dari Inggris Wilbur Ramirez mengunakan truk dan bekerja dengan dua rekannya.


Dalam laporan mendalamnya itu, BBC London membandingkan bagaimana kerja tukang sampah yang dikenal dengan binman di Inggris dengan tukang sampah di Jakarta yang sangat jauh berbeda dilihat dari berbagai segi bahkan kesehatan dan keselamatan.


Bahkan Wilbur Ramirez, ayah dua anak itu pun hidup bersama Imam dan keluarganya di perkampungan miskin ditengah tengah kehidupan kota Jakarta yang kaya dan sangat timpang antara yang kaya dan miskin.

Wilbur Ramirez, selama 10 hari, mengikuti Imam bekerja mengumpulkan sampah di kota yang disebutkan sebagai kota yang padat penduduk dan sampah menjadi masalah besar.



"Kamu bekerja dengan siapa saja," tanya London binman Wilbur Ramirez kepada Imam yang dijawab ia bekerja sendiri mengumpulkan sampah dari rumah ke rumah.

Menangis



Melihat kehidupan Iman, ternyata Wilbur seringkali merasa terharu dan bahkan meneteskan air mata, mana mungkin dengan gaji yang tidak seberapa Imam dapat hidup bersama anak dan istrinya meskipun mereka sama-sama bekerja sebagai tukang sampah selama lima tahun .

Zulindatando Berry Natalegawa menulis di laman facebook nya menulis "sediiiiiih banget liat acara di BBC 2 di London hari ini acara seorang bin man London ke Jakarta berbagi pengalaman".



"Sangat memalukan sekali kota Jakarta ternyata sangat kotor dan masih terbelakang sekali cara kerjanya," ujar istri Berry Natalegawa, kakak Menlu Marty Natalegawa.

Menurut Linda, demikian Zulindatando Berry Natalegawa, biasa disapa seharusnya para pejabat malu menyaksikan acara yang menjadi perhatian masyarakat di Inggris.


"Apa enggak malu? malah wakil rakyat seenak enaknya ambil uang rakyat apa lagi pemimpin Negara yang tidak peduli sangat memalukan, semoga Allah bukakan mata dan telinga para pemimpin negara ini," ujar Linda yang bekerja di Kedutaan Besar Brunei Darussalam di London dan merekam program tersebut dan akan membawa ke Jakarta.


Dalam laporannya disebutkan Wilbur pun ikut mengumpulkan sampah dan bahkan menjajal melakukannya seorang diri dari rumah ke rumah.

"Sampah........," teriak ayah dua anak yang istrinya tidak merasa malu kalau suaminya menjadi tukang sampah.

Wilbur pun tidak dapat membendung air matanya ketika berkisah bagaimana kehidupan Iman dengan keluarganya yang tidak tersentuh oleh pelayanan kesehatan.



Dari dunia kesehatan dan keselamatan sadar pengelolaan limbah Inggris, Wilbur pun merasa takjub bagaimana sampah yang menumpuk di Bantargerbang dan dikerumuni oleh para pemulung tanpa memperhatikan kesehatan dan keselamatan mereka.



"Nangis aku nontonnya.....bukan nangisin tukang sampah Inggris, tetapi rakyat kita yang kerja mengais-ngais sampah," ujar Yanti Hitalessy.

Laporan dari BBC itu pun menjadi bahan diskusi di laman facebook yang antara lain disebut oleh Lies Parish meskipun sama berprofesi sebagai tukang sampah atau binmen namun pekerjaan dan kehidupan mereka sungguh jauh berbeda.



Bahkan London binmen pun sampai menangis menyaksikan bagaimana tukang sampah di Jakarta, ujar Lies Parish yang lebih dari 14 tahun menetap di Inggris.

Hamiyah Panama, ibu Amelie yang pernah menetap di Inggris dan kini tinggal di Brussel yang juga menyaksikan tayangan tersebut mengakui bahwa acara benar-benar kontras kehidupan di sana, miris.



Begitupun yang ditulis Tjatri Dwimunali yang tinggal di Bristol menulis tukang sampah di Inggris yang ikut bekerja sebagai tukang sampah di Jakarta pun merasa prihatin akan nasib tukang sampah di Jakarta, dan bahkan sering menangis melihat keadaan tukang sampah di Jakarta.

Diakhir laporan Wilbur yang tidak dapat membayangkan perjalanan kehidupan Imam dengan gaji yang tidak seberapa itu menemukan kehidupan Imam yang mendominasi, dan ketidakberdayaannya untuk mengubah keadaannya.

Pada akhirnya setelah Wilbur berbicara dengan ketua RT yang minta agar Imam mendapat kenaikan gaji pun dapat dikabulkan.


sumber: yahoo

opera
31-01-2012, 04:25 PM
sampai kapan anggota dewan memikirkan kemajuan rakyatnya....

cha_n
31-01-2012, 06:02 PM
Miris ya.
Di jepang jadi binman itu kebanggaan banyak anak sd cita2nya jadi tukang sampah.

porcupine
31-01-2012, 06:07 PM
contoh bagaimana standar kehidupan yang sangat jompang antara Indonesia dan negara negara berkembang lainnya dengan negara maju.

choodee
31-01-2012, 06:22 PM
Ini tukang sampah gerobak ya, ini bukannya tukang sampah resmi yang biasanya naik truk sampah dr rumah ke rumah, kalo yg pake truk ini lumayan bagus idupnya (sering liatin mreka main hape kalo ngambil sampah depan rumah).

Ga usah jauh2 tukang sampah deh, di inggris itu, lulusan sma aja kerjaannya udah bs mencukupi kebutuhan rumah tangga, bs pergi vacation tiap tahunnya.

Tapi memalukan sih video kek gini sampe jadi dokumenter bbc, gw ngmng dpr nista, presiden dodol, udah cape sih....

itsreza
31-01-2012, 10:04 PM
ga memalukan, memang fakta yang ada di lapangan seperti itu
coba deh main ke TPA di kota masing-masing pasti merasa miris
dengan kehidupan warga sekitar juga para pemulung yang
mengais sampah di TPA. kondisi TPA hampir sama di setiap kota,
cuma beberapa yang punya sistem pengolahan yang baik

err.. salah satu TPA paling parah di Solo, sapi-sapi dipelihara warga
sekitar, tanpa diberi makan, makan sampah, padahal banyak limbah
B3 dibuang ke tempat itu.

komporminyak
31-01-2012, 10:06 PM
duh endonesa, kurang publisitas apalagi coba? :))

ndableg
01-02-2012, 03:29 AM
Jangankan tukang sampah, petani aja yg seharusnya merupakan andalan negara aja miskin2..

beastmen85
01-02-2012, 10:37 AM
budaya indonesa emg unik

Alethia
01-02-2012, 11:07 AM
dpr mah cuma mikirin aspirasi pantatnya (beli kursi bagus dan toliet duduk yang mahal) perut gendut, sakit jantung, dimakamkan sebagai pahlawan

Urzu 7
01-02-2012, 12:28 PM
Saya prihatin namun bangga

AsLan
01-02-2012, 05:14 PM
Kenapa London mempermasalahkan Jakarta ya ? itu India apa lebih bersih dari Indonesia secara India bekas koloni Inggris.

ndableg
04-02-2012, 05:00 AM
dasar inggris! kita linggis!

gergajimesin
05-02-2012, 08:41 AM
http://www.youtube.com/watch?v=yxl2hIKgLmI

ndableg
05-02-2012, 04:39 PM
Ih.. bagus mas.. thankyuuu... salut jg tuh ma tukang sampah yg satu ini..

---------- Post added at 03:34 PM ---------- Previous post was at 03:28 PM ----------

filem ini seharusnya dipasang diDPR..

---------- Post added at 03:57 PM ---------- Previous post was at 03:34 PM ----------

film ini bikin gw nangis dan tertawa.

---------- Post added at 04:39 PM ---------- Previous post was at 03:57 PM ----------

Seriously guys.. As a nation, we have a problem... And this is solved by action! Bukan merenung (bosan gw dengernya). sudah kebanyakan merenung bangsa ini sampe semua keteteran.

cikosenzki
06-02-2012, 01:45 PM
mode on.
ckckck kalian kurang nasionalis warga negara apa kalian coba ?? Kok ngehina bangsa kalian sendiri
*niru :bundana ... mode off


Indonesia gituuuu loh yg buruk2 pasti terknal k manca negara.

BundaNa
06-02-2012, 07:43 PM
gw ga ikut diskusi knp dilibatkan, cik? -_-
well, setidaknya gw ngga sok2 menilai buruk negara sendiri tp makan sodara

---------- Post added at 07:31 PM ---------- Previous post was at 07:21 PM ----------

itu tk sampah DKP ato pemulung ya? tetangga gw tk sampah DKP itu pns gol 1 gaji pokok 600rb, diluar itu ada proyekan

---------- Post added at 07:35 PM ---------- Previous post was at 07:31 PM ----------

minimal dia bw plg ke rmh 1 jt. standart keamanan baik. dia bs tuh kredit mtr gwe liat. well bbc investigasinya ke sapa

---------- Post added at 07:43 PM ---------- Previous post was at 07:35 PM ----------

tp ga tau jg ya, apa jkt sm blora lain standar gajinya. pdhl di jateng, blora t'hitung daerah t'tinggal

itsreza
06-02-2012, 07:59 PM
kalau petugas pengangkut sampah di kompleks-kompleks itu biasanya swadaya dari warga
dari tempat sampah sementara ke penampungan akhir tanggungan pemda. bajunya beda gajinya beda
proyek tukang sampah setau saya antara lain pilah limbah recyclables atau terima buang limbah B3 ke TPA


dari pemda
http://i304.photobucket.com/albums/nn183/itsreza/etc/100_4819.jpg

dari warga
http://i304.photobucket.com/albums/nn183/itsreza/etc/100_4880.jpg

sapi sehat
http://i304.photobucket.com/albums/nn183/itsreza/etc/img105.jpg

BundaNa
07-02-2012, 10:44 AM
makanya, perlu dijelaskan dulu sama BBC...mereka cari yang buruk2, keliatan lah. Coba masup DKP, pasti mereka gak sampe gitu::hihi:: *ironi

negara lain suka cari kejelekan bangsa ini, sebagian mati2an membela negaranya tanpa pandang bulu, sebagian ikut2an nyela tanpa mau bertindak....dua kubu itu sama dungunya

danalingga
07-02-2012, 11:46 AM
Kenapa kita tidak jujur saja kalo memang pekerjaan tukang sampah di kita kurang manusiawi, lalu kita perbaiki?

cikosenzki
07-02-2012, 11:51 AM
ini pasti kerjaan cia,yahudi,zionis dan amerika , pokoknya kucing hamil tiba2 aja pasti konspirasi amerika tuk ngusain dunia,

itsreza
07-02-2012, 02:09 PM
kalau masuk ke DKP, ga akan melihat realita yang ada di lapangan
di lapangan sampah bisa bertumpuk secara terbuka, mencemari
lingkungan, banyak pemulung, limbah b3 bisa dibuang ke TPA,
petugas sampah DKP pun banyak yang bukan PNS golongan 1
bahkan di kota Surakarta, TPA jadi peternakan sapi.

Saya setuju dengan danalingga, jujur saja ke diri kita, agar pengelolaan
sampah bisa lebih baik

BundaNa
07-02-2012, 02:43 PM
ciko: lu orang p'umahan kan? mestinya lo bisa m'bantu tukang sampah di kompleks lo sejahtera, ga usah ngomong ketinggian

---------- Post added at 02:20 PM ---------- Previous post was at 02:17 PM ----------

itu yg gwe bilang kebanyakan nyela negara tapi demen makan sodaranya. omdo, asma, asjep, ombes

---------- Post added at 02:22 PM ---------- Previous post was at 02:20 PM ----------

reza: gwe tau tpa2 memang ga semua memenuhi standart, yg gwe liat bahwa sorotan kesejahteraan tk sampah jd komoditi bbc

---------- Post added at 02:25 PM ---------- Previous post was at 02:22 PM ----------

kl yg dibahas bbc itu tpa2 tdk memenuhi standart, pastilah gwe setuju ama bbc, tp kl kesejahteraan, melek aja wni

---------- Post added at 02:28 PM ---------- Previous post was at 02:25 PM ----------

gwe geli aja pd blg malu, nah yg tinggal di p'rumahan aja suka ngedumel dimintai iuran sampah kog ::ngakak2::

---------- Post added at 02:30 PM ---------- Previous post was at 02:28 PM ----------

sorry no hard felling, tadinya gw ga mau t'libat diskusi ini, tp ciko bawa2 nama gwe n blg nasionalis? ganti paspor gih

---------- Post added at 02:32 PM ---------- Previous post was at 02:30 PM ----------

kl mau jujur negara ini penuh ironi. org kyk ciko sibuk m'hujat negara tp apa sih yg dia kerjain buat tk sampah itu? -_-

---------- Post added at 02:34 PM ---------- Previous post was at 02:32 PM ----------

dulu blg ga suka sm negara ini, lain waktu blg gak suka sama rakyat neg ini, skr nyerang pemerintah. gak konsisten -_-

---------- Post added at 02:37 PM ---------- Previous post was at 02:34 PM ----------

kalo ap2 yg di neg ini lo ga suka, knp gak ganti paspor aja? keknya endonesa ga rugi2 amat keilangan lo ::ngakak2::

---------- Post added at 02:39 PM ---------- Previous post was at 02:37 PM ----------

well, merasa dibully? sebaiknya ngaca dl kl blg lo dibully gwe -_-

---------- Post added at 02:43 PM ---------- Previous post was at 02:39 PM ----------

BTT ;D mslh kesejahteraan, negara ini mmg blum bs m'sejahterakan rakyatnya dgn baik, bkn cm tk sampah. bgt jg dgn tpa

cikosenzki
07-02-2012, 03:24 PM
ciko: lu orang p'umahan kan? mestinya lo bisa m'bantu tukang sampah di kompleks lo sejahtera, ga usah ngomong ketinggian

---------- Post added at 02:20 PM ---------- Previous post was at 02:17 PM ----------

itu yg gwe bilang kebanyakan nyela negara tapi demen makan sodaranya. omdo, asma, asjep, ombes

---------- Post added at 02:22 PM ---------- Previous post was at 02:20 PM ----------

reza: gwe tau tpa2 memang ga semua memenuhi standart, yg gwe liat bahwa sorotan kesejahteraan tk sampah jd komoditi bbc

---------- Post added at 02:25 PM ---------- Previous post was at 02:22 PM ----------

kl yg dibahas bbc itu tpa2 tdk memenuhi standart, pastilah gwe setuju ama bbc, tp kl kesejahteraan, melek aja wni

---------- Post added at 02:28 PM ---------- Previous post was at 02:25 PM ----------

gwe geli aja pd blg malu, nah yg tinggal di p'rumahan aja suka ngedumel dimintai iuran sampah kog ::ngakak2::

---------- Post added at 02:30 PM ---------- Previous post was at 02:28 PM ----------

sorry no hard felling, tadinya gw ga mau t'libat diskusi ini, tp ciko bawa2 nama gwe n blg nasionalis? ganti paspor gih

---------- Post added at 02:32 PM ---------- Previous post was at 02:30 PM ----------

kl mau jujur negara ini penuh ironi. org kyk ciko sibuk m'hujat negara tp apa sih yg dia kerjain buat tk sampah itu? -_-

---------- Post added at 02:34 PM ---------- Previous post was at 02:32 PM ----------

dulu blg ga suka sm negara ini, lain waktu blg gak suka sama rakyat neg ini, skr nyerang pemerintah. gak konsisten -_-

---------- Post added at 02:37 PM ---------- Previous post was at 02:34 PM ----------

kalo ap2 yg di neg ini lo ga suka, knp gak ganti paspor aja? keknya endonesa ga rugi2 amat keilangan lo ::ngakak2::

---------- Post added at 02:39 PM ---------- Previous post was at 02:37 PM ----------

well, merasa dibully? sebaiknya ngaca dl kl blg lo dibully gwe -_-

---------- Post added at 02:43 PM ---------- Previous post was at 02:39 PM ----------

BTT ;D mslh kesejahteraan, negara ini mmg blum bs m'sejahterakan rakyatnya dgn baik, bkn cm tk sampah. bgt jg dgn tpa

kamu kan perduli ama negara ini , kamu dong kasi contoh, hahahhhahhah

I dont care this country anymore.
Mao ngapain kita perduli ama negara , kalo mereka pmerintahnya aja juga nga perduli ama negara dan rakyat mereka sndiri. Berjuang sperti pndekar membantu para kaum tertindas adalah usaha sia2.
Brapa banyak lsm2 sosial yang mati karena tidak didukung negara. Buanyaak....

Tinggal di indo yah satu , perkayalah diri sendiri . Nahh bundana kan cinta indo apa yg suda kamu lakukan terhada negara ini ???Slain menghasilkan kturunan...ingat ktrunan yg kau haskan itu tiap tahun nga murah loh tanggung jawabnya berat,biaya tinggi

BundaNa
07-02-2012, 06:47 PM
keliatan km ga fokus sm masalah yg disampekan, bgt ya hsl pendidkannya? bisa nyela tp makan di tempat yg dihina?

---------- Post added at 06:35 PM ---------- Previous post was at 06:31 PM ----------

apa yg sy lakukan? sederhana, byr iuran sampah tanpa ngomel2, sampah harian bs diolah jd kompos yg susah diurai dibakar

---------- Post added at 06:41 PM ---------- Previous post was at 06:35 PM ----------

OT sih p'tanyaan km cik, tapi ank2 sy itu kewajiban ortunya, sedikit2 adalah tabungan, knp km yg bingung? -_-

---------- Post added at 06:44 PM ---------- Previous post was at 06:41 PM ----------

kadang sy heran sm km cik, ngakunya p'gaulan internasional tp idi postingan ga jauh2 dr personal attack, flame, kosong

---------- Post added at 06:47 PM ---------- Previous post was at 06:44 PM ----------

that's it, kl km personal attack lg ke sy brarti km tinggal diksh peringatan. stlh ini BTT

Joyko
07-02-2012, 11:07 PM
ikutan nyimak aza kop ::hihi::

ancuur
08-02-2012, 12:55 AM
pengalihan isu apa lagi nih ::doh::

Urzu 7
08-02-2012, 09:16 AM
Tukang sampahnya mana neh?

ancuur
08-02-2012, 09:35 AM
konspirasi inggris .... krn gak bisa jajah indonesia ::oops::

choodee
08-02-2012, 09:38 AM
buset tukang sampah aja ampe bawa2 konspirasi yahudi ::grrr::

well, gw bilang masalah ini tetap memalukan, kalo negara ga malu ya gw udah malu kok ;D apalagi kalo sampai diomongin ama "tetangga" gw ga bisa berbuat apa2 (untuk sekarang) untuk para tukang sampah di indo, seperti kata Bundana, paling bayar iuran sampah (gw cuman komplain kalo sampah ga diangkat berhari2, sampai numpuk di depan rumah dan bau) atau kalo ada barang bekas di rumah ga kepake kek rak atau semacamnya, bisa dikasihkan ke mreka.

tapi di tempat gw, tukang sampah yang "resmi" seringkali tidak menjalankan kewajibannya dengan baik, kalo di kompleks mungkin karena ada uang tambahan? tapi kalo di jalan raya, aduh.... sampah itu lama banged diangkatnya sampai bau banged dan sampahnya berceceran ke jalan ::doh:: dan itu ga hanya di satu tempat.... gw ga taw apa ini ada hubungannya dengan gaji yang kecil atau gak... tapi tetap menjengkelkan...

BundaNa
08-02-2012, 09:59 AM
penyelenggara negara ini kan repot sama urusan pribadinya sendiri, choode::ngakak2::

makanya gwe bilang ironi, kita malu dihujat2 sama negara lain...tapi kita sudah berbuat baik belum sama tukang sampah itu? sudah berbuat buat kebersihan lingkungan belum? gak usah sok2 ngomong ini konspirasi lah, memang investigasi BBC itu memalukan bangsa Indonesia, tapi sikapnya gak perlu sok2 nyalahin orang lain melulu lah, emang lu ngapain aja sebagai manusia?

1. Pemerintah memang gak adil dalam kesejahteraan bangsa dan standart2 kerja suka diabaikan, Tukang sampah, TPA, proyek2 pengadaan barang dan jasa juga pembangunan fisik. Sering dah lalai.

2. Tukang sampah ada yg PNS, ada yang swadaya, ada yang honorer atau yang pemulung. Yang disorot BBC yang mana? Kalau pemulung, ya memang hidupnya di tumpukan sampah karena itu pilihan mereka. Dan sekali lagi memang salah pemerintah tidak memantau hal itu. Kalau yang swadaya, biasanya di komplek2...nah warga kompleks pernah lo gwe liat tetangga gwe pas gwe masih tinggal di perumahan depok, buka pintu aja gak mau pas petugas RW dateng buat nagih iuran sampah sama keamanan. Malah ada yang terang2an bilang, "Iuran sebulan 50 ribu itu kemahalan." gwe heran dah, giliran beli perlengkapan pribadi sampe jutaan gwe gak bilang kemahalan, giliran buat kasih honor orang yang udah bantu kita tajinya keluar. Yang PNS, lumayan lah penghasilannya. Yang honorer, itu diatur sama pemda masing2. Mesti berimbanglah kalau menyikapi investigasi itu. Gak gampang menghujat negara sendiri, padahal makan juga dari hasil nginjak2 orang kecil -_-

well itu aja sih...saya juga malu sama investigasi BBC, tapi saya pikir itu juga tamparan buat kita secara pribadi buat berbuat yang paling sederhana

itsreza
08-02-2012, 01:22 PM
tukang sampah rumah tangga dibayar berapa sih rata-rata? di komplek saya tinggal mereka dibayar dibawah UMR
karena pengangkutan sampah hanya sekitar 3 jam per hari. Biasanya warga memberikan tambahan. Iuran warga sendiri
per KK totalnya lebih besar dari itu gaji pengangkut, biasanya dibagi untuk pemeliharaan lingkungan dan kas. Retribusi
sampah ke Pemda sekitar 5rb/kk dibayar dari iuaran per bulan. Jika dibayar terpisah, retribusi sampah ini sulit untuk ditagih
karena memang rata-rata orang tidak memperhatikan nasib sampah, padahal mereka terus memproduksi sampah

ancuur
08-02-2012, 01:53 PM
di perumahan gw...

sampah (kebersihan) + keamanan 750rb / bulan ....
mereka rajin koq.. pepohonan yg sudah tinggi2 di potong.. jga got selalu bersih :-bd

BundaNa
08-02-2012, 02:26 PM
walah, besar iurannya mbah, tukang sampah sama keamanan om ancuur makmur ya

choodee
08-02-2012, 02:45 PM
di perumahan gw...

sampah (kebersihan) + keamanan 750rb / bulan ....
mereka rajin koq.. pepohonan yg sudah tinggi2 di potong.. jga got selalu bersih :-bd

levelnya beda ama komplek gw ;D

satpam di kompleks elit tempat temen gw mgkn saking makmurnya ada beberapa yang punya simpanan ;D (biasa gosip pembantu~ ;D )

silverjade
03-04-2012, 01:56 PM
Up date on this issue
Konser Musik di London untuk Tukang Sampah Jakarta

LONDON, KOMPAS.com — Seorang warga Inggris yang merasakan menjadi tukang sampah di Jakarta menjadi sorotan ketika kegiatannya dilaporkan stasiun televisi BBC London dalam acara "Toughest Place to be a Binman".
Wilbur Ramirez, demikian nama sosok asal Inggris ini, kemudian mengelar malam dana di The 100 Club, salah satu klub musik ternama di London, guna membantu para tukang sampah di Jakarta, akhir pekan lalu. Demikian laporan ANTARA London, Senin (2/4/2012).
Dalam acara "Toughest Place to be a Binman" itu, pembawa acara membandingkan tukang sampah di London dan Jakarta.
Melanjutkan sukses penayangan itu, Wilbur Ramirez, "tukang sampah" (dadakan) yang juga seniman ini tampil di The 100 Club, klub jazz ternama di Oxford Street, London.
Wilbur Ramirez, yang punya kelompok musik, dalam acara malam dana itu tampil dengan lagu berirama blues dan jazz, disaksikan sekitar 150 orang.
Hadirin ikut bergoyang selama satu setengah jam, termasuk Endang dan suaminya, Argo Onny Widjono, yang bekerja di Kedutaan Brunei, London.
"Saya sangat terharu dengan niat baik Wilbur Ramirez yang menggelar acara malam dana untuk tukang sampah di Jakarta," ujar Argo Onny Widjono.
Kepada ANTARA London, Minggu, ia menyebutkan bahwa hanya mereka berdua orang Indonesia yang hadir.
Dia mengatakan, konser musik Ramirez yang di antaranya melantunkan lagu "Mr and Mrs Jones" itu begitu memukau dan dilantunkan dengan penuh penghayatan.
"Saya kira kelompok musik Wilbur Ramirez itu kelompok musik asal-asalan. Rupanya di luar dugaan mereka sangat profesional," ujar Argo yang sudah menetap lama di London.
Ia mengaku sangat terharu karena masih ada orang asing yang memiliki perhatian terhadap nasib tukang sampah di Jakarta.
"Sayangnya dari 150 penonton, hanya kami berdua orang Indonesia," ujar ayah dua putra ini.
Ia berharap, Kedutaan Besar Republik Indonesia London (KBRI London) bisa merangkul Wilbur Ramirez dan mengundangnya untuk mengisi acara di KBRI sehingga membuka mata masyarakat Indonesia di London, lalu ikut berpartisipasi dan mengumpulkan dana.
Untuk pendidikan
Pengalaman di Jakarta menjadi tukang sampah membuat Wilbur membentuk badan dana untuk mengumpulkan bantuan bagi para tukang sampah yang ia temui, khususnya Imam Syafi dan keluarga (tukang sampah di kawasan Guntur, Jakarta).
Ramirez Charity Group berhasil menggalang dana sebesar 1.500 poundsterling atau sekitar Rp 21 juta dari penjualan tiket, belum termasuk raffle tickets malam itu.
"Saya lihat Wilbur Ramirez tampil habis-habisan dan sampai keringatan, dan ia senang sekali karena yang mau ikut membantu para tukang sampah di Jakarta banyak," tutur Endang.
Wilbur Ramirez sendiri berterima kasih kepada pengunjung dan juga anggota band, bahkan istrinya sendiri yang juga mau membeli tiket seharga 11 pound agar bisa masuk ke klub.
Seusai konser, Wilbur mengatakan bahwa tujuannya tidak hanya ingin membelikan gerobak baru bagi para tukang sampah, tetapi juga pendidikan anak-anak para tukang sampah di Jakarta.
"Saya ingin membantu Imam dan teman-temannya mendapat gerobak baru, dan mudah-mudahan bisa kami kirim ke Jakarta dalam dua atau tiga bulan ini," kata Wilbur Ramirez selepas bernyanyi di The 100 Club.
Wilbur merasakan menjadi tukang sampah di Jakarta selama 10 hari dengan menemani Imam Syafi di kawasan Guntur, Jakarta Selatan, berkeliling mengumpulkan sampah di kawasan perumahan.
Pengalamannya ini mengudara dalam acara televisi BBC "Toughest Place to be... a Binman" (Tempat Tersulit untuk menjadi... Tukang Sampah) pada Februari lalu. Wilbur mengatakan, bantuan gerobak merupakan tahap pertama, dan ia ingin menggalang dana lebih lanjut untuk membantu pendidikan anak-anak Imam serta tukang sampah lain yang ia temui di kawasan Guntur.
http://oase.kompas.com/read/2012/04/03/04151882/Konser.Musik.di.London.untuk.Tukang.Sampah.Jakarta

TheCursed
03-04-2012, 04:00 PM
Up date on this issue
Konser Musik di London untuk Tukang Sampah Jakarta

LONDON, KOMPAS.com Seorang warga Inggris yang merasakan menjadi tukang sampah di Jakarta menjadi sorotan ketika kegiatannya dilaporkan stasiun televisi BBC London dalam acara "Toughest Place to be a Binman".
....

Agak2 lebay juga sih.
Orang2 bule itu baru nyadar segitu tough-nya manusia Indonesia(to bule: makanya jangan cuma keluyuran di Bali doang mas-bro).
Lagian, yang bener: "A Hell Lot Tougher Place than UK to be a HUMAN".
Lo mau jadi apapun, kecuali koruptor dan anggota organisasi kejahatan, this place is harsh.

Yang lebih bikin gue malu adalah kita meng-gadang-gadang negara ini sebagai Negara Islam. Rahmatan lil 'Alamin. Di Indonesia, Rahmat-nya sebelah mana ?

And, gue sendiri pernah kerja sebagai tukang sampah.

Urzu 7
03-04-2012, 04:29 PM
^ negara ini bukan negara islam om;D

gw kira ini konspirasi wilbur ramirez supaya ngetop..masa liat tukang sampah indon yg kategori negara sedang berkembang..
Coba liat tukang sampah di negara dunia ketiga

TheCursed
03-04-2012, 07:46 PM
^ negara ini bukan negara islam om;D

gw kira ini konspirasi ]wilbur ramirez supaya ngetop.. masa liat tukang sampah indon yg kategori negara sedang berkembang..
Coba liat tukang sampah di negara dunia ketiga

That's why gue bilang di gadang-gadang.
Negara Islam beneran mana punya yang sejenis FPI ?

Konspirasi si Wilbur lebih masuk akal. Tukang sampah di India juga madesu, kok.

Fere
03-04-2012, 07:54 PM
komparasi yang menggelikan, masak tukang sampah di indo dibandingin sama tukang sampah di inggris..
yang bener aja!!

sama menggelikannya ketika dulu presiden minta gajinya dinaikkan dan dibandingkan dengan gaji presiden negara2 maju macam singapore..

ckckck.. ::doh::::doh::::doh::

BundaNa
04-04-2012, 01:22 AM
duitnya udah dikasih blum?

surjadi05
04-04-2012, 12:06 PM
duitnya udah dikasih blum?


betul bun, jgn2 kayak indo juga pake "nama" orang miskin, habis itu duitnya dipake mabok::hihi::::hihi::

elhakim
04-04-2012, 12:40 PM
hoammm... kalo udah gerasain baru nyadar... tapi boleh juga tuh bule, maksudnya kan baik.. tapi apa gak bikin malu pemerintah ya? masa orang yang diluar peduli, sedangkan pemerintah sendiri biasa-biasa ajah.. hemm paling kao si bule udah kirim duitnya, pemerintah baru ikutikutan ngebantu.. coz yang udah udah begitu kan, kaya si manusia pohon/akar ane lupa, yang waktu itu..

BundaNa
04-04-2012, 04:18 PM
istilahnya, gajah di pelupuk mata ga keliatan tapi semut di sebrang lautan keliatan...for both of them, pemerintah endonesa juga si binman itu