PDA

View Full Version : mobile jokowi



Ray Surya
03-01-2012, 12:06 PM
Jokowi Bangga Promosikan Mobil "Kiat Esemka"
“AC bagus, tape bagus, interior sangat halus dan kursi juga nyaman diduduki."


http://media.vivanews.com/thumbs2/2012/01/02/138400_mobil-dinas-jokowi-rakitan-anak-smk_300_225.jpg

VIVAnews -- Walikota Solo, Joko Widodo, punya mobil dinas baru. Bukan sedan nyaman buatan Jepang, atau mobil mentereng yang diimpor dari Eropa. Dia memilih mobil rakitan siswa-siswa sekolah setempat dengan kerjasama bengkel Kiat Klaten. Mobil itu diberi nama "Kiat Esemka".

Mobil bercat hitam itu langsung dipasangi plat nomor merah bertuliskan AD 1 A, menggantikan Toyota Camry yang sudah digunakan Jokowi selama 11 tahun. Mobil lama itu peninggalan walikota sebelumnya, Slamet Suryanto.

Jokowi, demikian ia akrab dipanggil, siap mempromosikan mobil "Kiat SMK". “Saya bangga sekali. Meskipun mobil dinas sebelumnya Camry oke lah, tapi dengan mobil baru buatan SMK ini sangat bangga sekali. Ini kan mobil baru buatan lokal,” kata dia kepada VIVAnews.com, Senin, 2 Januari 2012.

Fasilitas mobil tersebut, disebutkan Jokowi cukup bagus seperti halnya AC, tape, interior dan kursi duduk. “AC bagus, tape bagus, interior sangat halus dan kursi duduknya juga comfort. Mau apalagi karena ini sudah bagus sekali,” ucapnya.

Saking bangganya dengan mobil barunya, Jokowi menyatakan siap mendukung dan mempromosikan mobil yang diberi merek Kiat Esemka tersebut. “Saya akan promosikan. Dengan memakai mobil SMK ini sebagai kendaraan dinas juga promosi kan?,” kata dia sambil tersenyum.

Kemauan Jokowi untuk mempromosikan mobil lokal tersebut cukup beralasan. Pasalnya, walikota tersebut cukup bangga dengan semua hasil produk lokal. “Dengan memakai mobil ini membuktikan kecintaan terhadap produk lokal yang terus saya gembar-gemborkan seperti halnnya pelestarian pasar tradisional dan PKL,” ujar dia.

Dijelaskan, Jokowi mobil tersebut belum bisa diproduksi massif. Sebab, masih banyak hal yang perlu dikoreksi dan evaluasi. “Ya, perkiraan sebulan bisa memproduksi 9 unit mobil,” sebutnya.

Mobil baru Jokowi berharga sekitar Rp95 juta, dengan komposisi 80 persen menggunakan bahan baku loka. Kapasitas mesinnya 1800 CC.

"Bentuk mobil ya diambil dari macam-macam desain, ya jadinya seperti itu. Desainnya diambil dari mobil Jepang, Korea dan Eropa. Campur-campurlah desainnya. Memang pintar desainernya," katanya.

Mobil baru kebanggaan Jokowi itu hasil karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta dengan bantuan bengkel Kiat Klaten. (ren)

Laporan: Fajar Sodiq| Solo
• VIVAnews

-----------------
kapan Solo jadi DKI....?? biar Jokowi tetep bisa ngurus Solo jadi gubernur DKI

meliakh
03-01-2012, 12:12 PM
Fasilitas mobil tersebut, disebutkan Jokowi cukup bagus seperti halnya AC, tape, interior dan kursi duduk.

really?? in 2012??
ada knalpotnya juga?

Ray Surya
03-01-2012, 12:16 PM
kursi duduknya juga comfort..


Fasilitas mobil tersebut, disebutkan Jokowi cukup bagus seperti halnya AC, tape, interior dan kursi duduk. “AC bagus, tape bagus, interior sangat halus dan kursi duduknya juga comfort. Mau apalagi karena ini sudah bagus sekali,” ucapnya.

VIVAnews- Setelah menolak mengganti mobil dinas lamanya sedan Toyota Camry, Walikota Solo, Joko Widodo akhirnya bersedia menggunakan mobil baru. Mobil baru yang dipilihnya ini rakitan siswa SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta.

meliakh
03-01-2012, 12:19 PM
oh well.. tapi salut deh ga abisin duit rakyat buat gaya2an

E = mc˛
03-01-2012, 12:38 PM
seharusnya pejabat publik memanggunakan transport publik :ninja:

meliakh
03-01-2012, 12:55 PM
itu body mobil kayanya ambil honda
ganti mesin/onderdil doang

spears
03-01-2012, 01:24 PM
wih keren. mantap nih anak2 SMK. ::hohoho::

GiKu
03-01-2012, 01:42 PM
gw kok gak yakin ya
SMK gw termasuk SMK paporit karena punya fasilitas praktik sendiri karena merupakan pilot project untuk sekolah unggulan

kalo bikin2 ini itu hanya sekedar merakit saja
bagian2 yg dibikin di lab sendiri masih kasar, kalah sama pabrikan

Urzu 7
03-01-2012, 01:51 PM
Baguslah..anak smk skrg pinter2 bisa bikin mobil 2020 nti pasti bisa bikin pesawat..
Kalo ga jadi kiamat;D

itsreza
03-01-2012, 04:14 PM
sebetulnya yang dilakukan SMK itu merakit suku cadang kan?
lampunya dan beberapa bagian lain terlihat jelas diambil dari CRV.
walau rakitan, semoga bisa memacu industri mobil nasional
semoga juga bebas dari tuntutan hukum karena penggunaan komponen
dari merk lain :)

AsLan
03-01-2012, 05:15 PM
intinya start!

mulai mengejar ketertinggalan kita dibidang teknologi.

dulu jepang, china dan india juga meniru produk eropa.
sebaliknya eropa di abad pertengahan meniru teknologi asia.

Ray Surya
04-01-2012, 09:33 AM
Selasa, 03/01/2012 16:11 WIB
Roy Suryo: Inden Esemka 4 Bulan
Muhammad Ikhsan,Syubhan Akib - detikOto
http://oto.detik.com/read/2012/01/03/161133/1805752/1207/roy-suryo-inden-esemka-4-bulan?hlutama


Jakarta - Anggota DPR Roy Suryo akhirnya bakal menjadi anggota DPR pertama yang menggunakan mobil nasional buatan siswa-siswi SMK bernama Esemka. Untuk mendapat mobil nasional tersebut, Roy pun mengaku rela menunggu berbulan-bulan.

Anggota DPR dari Fraksi Demokrat tersebut menjelaskan kalau dirinya ingin menjadi anggota DPR pertama meski harus menunggu lama untuk melihat Esemka ada di garasinya. Roy berharap hadirnya Esemka di Senayan nanti akan memancing rekan-rekannya sesama anggota dewan untuk ikut menggunakan mobil Esemka.

"Sudah bisa dipastikan, saya adalah Anggota DPR pertama yang mengkonsumsi mobil tersebut dan karena jenis SUV-nya sementara baru 1, sekarang ready stock yang Double-Cabin, maka saya setia menunggu sampai selesai dirakit dulu SUV yang kedua," jelas pria yang duduk di Komisi I DPR RI ini.

Setelah Walikota Surakarta Joko Widodo mendapatkan Esemka sebagai mobil dinas, Roy yang juga dikenal sebagai pencinta otomotif tersebut langsung mencari-cari nomor kontak Esemka antara lain dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan SMKN2 Surakarta. Dan akhirnya setelah mencari ke sana-sini dia mendapatkan mobil idamannya.

Roy lalu menjelaskan kalau mobil Esemka yang dia pesan adalah Esemka bertransmisi otomatis.

"Inden antara 3-4 bulan, tapi tadi diberi informasi amannya adalah 5 bulan dan demi mendukung 'Program Mobil Nasional' saya siap untuk itu sekaligus 'memprovokasi' rekan-rekan DPR lainnya," ujarnya.

Lama inden Esemka itu sendiri berarti hampir sama dengan inden mobil-mobil keluaran Agen Pemegang Merek (APM) di tanah air seperti Toyota Avanza.

Sementara ketika disinggung apakah Roy tidak takut layanan purna jual yang minim bila membeli mobil ini, Roy menjawab, sebagai pecinta otomotif hal itu tidaklah masalah karena dia biasa 'mengutak-atik' mobil-mobil koleksinya.

"Insya Allah tidak (tidak takut masalah layanan purna jual). Kebetulan saya kan hobi 'ngolong' mobil dan memang membeli untuk tidak akan dijual lagi," pungkasnya.

Kepala Sekolah SMKN 2 Surakarta Susanta menuturkan untuk diproduksi massal mobil ini harus menunggu izin dari Kementerian Perhubungan. Jadi kalau ingin mendapatkan Esemka harus inden. "Saat ini belum ready stock, belum punya stock. Ini sedang dalam proses izin jalan," ujarnya.

---------- Post added at 09:33 AM ---------- Previous post was at 09:29 AM ----------

Roy Suryo Akan Beli Dua Unit Esemka
"Mungkin nanti akan saya modifikasi jadi matic," kata Roy Suryo.
Rabu, 4 Januari 2012, 08:35 WIB
Ismoko Widjaya
Walikota Solo Joko Widodo dan mobil Esemka (VIVAnews/ Fajar Sodik)
http://nasional.vivanews.com/news/read/277125-roy-suryo-akan-beli-dua-unit-esemka

VIVAnews - Anggota Komisi I DPR, Roy Suryo sudah resmi memesan mobil Kiat Esemka buatan SMKN 2 Solo dan SMK Warga Solo. Lusa nanti, Jumat 6 Januari 2012, Roy Suryo akan meluncur ke Solo untuk bertemu langsung dan memilih kendaraan yang dilego seharga Rp95 juta.

"Lusa nanti saya ke Kiat Motor, bertemu dengan Kepala SMKN 2 Solo Pak Susanta dan Pak Sukiat, pemilik bengkel Kiat," kata Roy Suryo dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Rabu 4 Januari 2012.

Roy Suryo mengaku kepincut mobil ini sejak dua tahun lalu. Pandangan pertama saat tampilan protipe mobil ini di Indonesia Motor Show di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 2009. Kemudian, Roy semakin tertarik saat mobil ini dipamerkan di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009.

"Tapi saat ini lampu depannya tidak seperti sekarang, masih kotak. Sekarang lampunya sudah pakai milik CRV edisi terdahulu," kata anggota DPR dari daerah pemilihan DIY ini.

Roy mengaku tidak khawatir dengan kondisi mesin. Sebagai pehobi otomotif, Roy menilai mesin Kiat Esemka cukup baik. Mobil buatan anak-anak SMK ini bermesin DOHC Timor. Jadi, kata dia, untuk 'kanibal' mesin di lapangan tidak ada masalah.

"Mungkin nanti akan saya modifikasi jadi matic," kata Roy yang juga anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) ini.

Roy berminat membawa pulang Esemka jenis mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang dipakai Walikota Solo Joko Widodo atau Jokowi. Tetapi saat ini, kata Roy, barang yang ready stock hanya jenis double cabin. Untuk menunggu SUV, membutuhkan waktu sekitar 4 bulan.

Lalu apakah Roy akan membeli jenis double cabin? "Sampai saat ini saya belum memutuskan. Bisa jadi yang double cabin atau SUV. Bisa jadi dua-duanya," ujar Roy.

Menurut dia, harga yang dibanderol itu belum termasuk harga pengurusan izin laik jalan dan lain-lain. Maka itu, Roy rela mengambil risiko untuk mengurus segala surat kendaraan.
• VIVAnews


-----------

Selasa, 03/01/2012 14:53 WIB
Gubernur Jateng: Sembrono Esemka Dijadikan Mobil Dinas
Muchus Budi R. - detikOto
http://oto.detik.com/read/2012/01/03/145314/1805654/1207/gubernur-jateng-sembrono-esemka-dijadikan-mobil-dinas

Solo - Banyak orang mungkin berpikir yang dilakukan Walikota Surakarta, Joko Widodo, dengan menjadikan mobil Esemka hasil rakitan siswa-siswa SMK sebagai mobil dinas merupakan terobosan menarik. Tapi bagi Gubernur Jateng Bibit Waluyo, langkah itu tindakan sembrono. Menurutnya, keputusan pejabat tidak perlu didasari cari muka.

Hal tersebut disampaikan Bibit menanggapi pertanyaan wartawan apakah dirinya juga akan mengambil mobil Esemka hasil rakitan siswa-siswa SMK di Solo. Bibit menyatakannya saat mendampingi Menteri Pertanian Suswono dalam panen anak sapi di Wonogiri, Selasa (3/2/2012).

Bibit menegaskan tidak gampang menentukan sebuah produk kendaraan baru untuk dijadikan mobil dinas pejabat. Menurutnya, sebuah produk kendaraan yang bisa dipakai di tempat umum harus terlebih dilakukan uji kelaikan, memenuhi standar keselamatan, dan dilengkapi dengan sertifikasi yang jelas.

Tanpa memenuhi berbagai kriteria itu, lanjutnya, kendaraan tersebut sama sekali belum bisa dipakai di jalanan umum, kecuali hanya untuk uji coba. Apalagi jika mobil tersebut dipakai sebagai kendaraan dinas seorang pejabat penting.

Lebih lanjut Bibit mengatakan seorang pejabat harus memberikan teladan baik dalam mengambil keputusan. Pejabat mengambil keputusan harus dengan berbagai pertimbangan yang matang dari berbagai sisi. Tidak diperkenan seorang pejabat mengambil keputusan secara sembrono hanya karena ingin cari muka dan popularitas.

"Bangga itu boleh. Bangga bahwa anak-anak kita bisa berkarya luar biasa. Tapi kebanggaan itu yang terukur dong. Lha ini belum apa-apa, teruji saja belum kok sudah ada yang berani pasang pelat nomor (untuk kendaraan dinas -red). Sembrono itu namanya. Kalau nanti sampai nabrak kebo gimana. Tidak usah cari muka lah," sergah Bibit.

Jawaban senada juga diberikan oleh Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto. Menurut bupati yang juga pemilik perusahaan otobus tersebut, dalam memilih kendaraan apalagi untuk kendaraan dinas pejabat, hal yang utama adalah harus dilengkapi dengan sertifikat resmi lulus uji kelaikan dan memenuhi standar keselamatan.

"Kalau cuma sekadar merakit, saya juga punya karoseri sendiri. Juga bukan karena saya tidak mau menggunakan kendaraan buatan anak-anak sendiri, tapi juga harus sesuai aturan yang ada. Jika semua persyaratan kelaikan jalan itu terpenuhi, bagus juga menggunakan kendaraan itu karena harganya murah sehingga bisa efisiensi anggaran," ujar Danar.

etca
04-01-2012, 09:44 AM
^
^
yaolooooooooo gw jadi berburuk sangka pas baca titlenya.
kok pake nama Roy Suryo digedein hurufnya segala yah, apa karena saking narsisnya nemplokin nicknya sendiri :))
ternyata emang ada nama Roy Suryo yang inden :lololol:

ok BTT,
intinya ga mungkin bikin dari nol, gw yakin itu juga assembling/ ngerakit kok.
cuman untuk ngerakit itu kan PASTI butuh modifikasi sana sini.
intinya racangan, kemauan, publikasi, support (ada yang mau pake) :)

yah moga ini ga sekedar project mercu suar doank :)

btw kok SMKN 2 yah?
kemana nih anakanak ATMI? ::hihi::

---------- Post added at 09:44 AM ---------- Previous post was at 09:38 AM ----------



"Bangga itu boleh. Bangga bahwa anak-anak kita bisa berkarya luar biasa. Tapi kebanggaan itu yang terukur dong. Lha ini belum apa-apa, teruji saja belum kok sudah ada yang berani pasang pelat nomor (untuk kendaraan dinas -red). Sembrono itu namanya. Kalau nanti sampai nabrak kebo gimana. Tidak usah cari muka lah," sergah Bibit.

Jawaban senada juga diberikan oleh Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto. Menurut bupati yang juga pemilik perusahaan otobus tersebut, dalam memilih kendaraan apalagi untuk kendaraan dinas pejabat, hal yang utama adalah harus dilengkapi dengan sertifikat resmi lulus uji kelaikan dan memenuhi standar keselamatan.

"Kalau cuma sekadar merakit, saya juga punya karoseri sendiri. Juga bukan karena saya tidak mau menggunakan kendaraan buatan anak-anak sendiri, tapi juga harus sesuai aturan yang ada. Jika semua persyaratan kelaikan jalan itu terpenuhi, bagus juga menggunakan kendaraan itu karena harganya murah sehingga bisa efisiensi anggaran," ujar Danar.
Itu si Bibit keknya masih dendem bener dengan kasus Pabrik Gula dulu :lololol:

btw emang sih untuk suatu produk sebelum dipake,
musti ada uji kelayakan, dan ini berbelit prosedurnya.

gw ga tahu apakah produk yang ga diproduksi massal (inden) ini juga musti ijin ke Deperindag
tapi menurut gw sih tetep harus yah.. :)

Urzu 7
04-01-2012, 09:48 AM
Semoga nasebnya ga kayak timor dulu

etca
04-01-2012, 09:54 AM
Semoga nasebnya ga kayak timor dulu

Kalau Timor bukannya diproduksi di bawah kesongongan Tommy group yah? ::ungg::


ok Tambahan info :
Pendaftaran ke Deperindag di wilayah Jakarta aja tembusannya ke :
1. Direktur Pengawasan Barang beredar dan Jasa, Depdag
2. Direktur Industri Teknologi Informasi dan Elektronika, Depperind
3. Direktur Bina Pasar dan Distribusi Depdag
4. Kepala Pusat Data dan Informasi Depperin
5. Ka Sudin Perindag Kodya Jakarta Timur

Belum lagi urusan
1. Bayar retribusi ke Daerah
2. Hak Paten
3. Ijin Produksi.
dll

Nah kalau si mobil EsEmKa ini gimana?
takutnya dijegal dalam rangka birokrasi pemerintah ::grrr::

Urzu 7
04-01-2012, 10:12 AM
Simona banyak duit juga lgs beli 2;D

porcupine
04-01-2012, 10:24 AM
^ yg beli itu Om nya Mona ::hihi::

opera
04-01-2012, 11:22 AM
Bawa Uang Cash Rp8,9 M di Karung, Jokowi Bayar Tagihan Listrik

SOLO - Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, akhirnya melunasi tunggakan listrik untuk penerangan jalan umum (PJU) kepada PLN sebesar Rp 8,9 miliar.

Pembayaran listrik tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Solo Joko Widodo bersama Wakil Wali Kota FX Hadi Rudyatmo. Warga Solo juga turut mengantar meskipun hujan gerimis turun.

Pria yang akrab disapa Jokowi dan Rudyatmo tiba menggunakan mobil Esmeka Rajawali di halaman gedung PLN di Jalan Slamet Riyadi.

Di hadapan perwakilan PLN, Jokowi menyerahkan uang tunai yang dibawa menggunakan lima kantong berwarna hijau kepada pihak PLN. Kepada perwakilan PLN, Jokowi meminta maaf atas keterlambatan pembayaran listrik sehingga membuat PLN memadamkan PJU di sepanjang jalan utama di Kota Solo.

“Hari ini kami datang ke PLN untuk membayar tunggakan listrik kami. Kami mohon maaf karena keterlambatan kami membayar tagihan listrik. Bukan maksud kami untuk tidak membayar, tapi mekanisme APBD yang belum disetujui, membuat kami telat membayar listrik,” jelas Jokowi saat menyerahkan uang tunai kepada pihak PLN disambut teriakan warga, Selasa (3/1/2012).

Diakui Jokowi, pemadaman listrik sempat mengganggu aktivitas warga. Pemadaman listrik sedikit banyak juga mempengaruhi citra Kota Solo.

Karena itu, Jokowi meminta kepada PLN tidak sepihak langsung memadamkan listrik, sebelum dikonfirmasikan terlebih dahulu kepada pemkot.

“Kami punya mekanisme yang tidak mungkin kami langgar. Ini menyangkut kepentingan masyarakat. Jadi sebelum bertindak, dibicarakan terlebih dahulu kepada kami,” ungkap Jokowi.

Sementara itu pihak PLN mengatakan tidak bisa berbuat apa-apa saat melakukan pemadaman listrik. Pasalnya, semua keputusan yang diambil telah disetujui oleh jajaran direksi PLN dan sudah sesuai aturan. Meskipun saat pemadaman akan ada imbas yang cukup luas.

“Kepada Warga Solo, terutama kepada Pak Jokowi kami mohon maaf. Ini sudah aturan kami dan harus kami jalani. Selain Pemkot Solo, hari ini juga membayar Pemkab Pekalongan,” terangnya.

----------------
jokowi masuk media terus... ayo maju jokowi... brantas birokrasi belibet
sudah saatnya pejabat gak perlu fasilitas mewah, cukup fasilitas yang memadai saja :p

Urzu 7
04-01-2012, 11:24 AM
Berarti jokowi ini suka cari sensasi..mirip2 dahlan iskak

opera
04-01-2012, 11:26 AM
Berarti jokowi ini suka cari sensasi..mirip2 dahlan iskak

pencitraan dini untuk step selanjutnya
semoga gak spt yang lain, ketika duduk ditempat yang lebih tinggi malah makin melorot

spears
04-01-2012, 11:29 AM
Jakarta - Sejumlah anggota DPR RI tertarik membeli mobil Esemka karya SMK Surakarta. Mereka bahkan hendak ke Surakarta untuk memesan secara langsung.

"Bukan saja tertarik, tapi sudah ngebet ingin melihat dan merasakan mobil karya anak bangsa. Siapa lagi kalau bukan kita yang harus membelinya? Prioritas saat ini adalah penguatan basis produksi sehingga betul-betul memenuhi standar otomotif," ujar Sekretaris FPPP DPR, Arwani Thomafi, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/1/2012).

Ketua FPDIP DPR Tjahjo Kumolo bahkan sudah memesan mobil tersebut. Sayangnya stoknya masih terbatas.

"Saya sudah pesan mobil tersebut melalui wakil walikota solo yang juga ketua PDIP Kota Solo. Jauh hari sejak beliaunya menjanjikan ada kreasi anak solo soal Mobnas tersebut, karena terbatas dan harus antre ya silakan dipakai walikota dan wakil walikota solo dulu," terang Tjahjo.

Anggota DPR dari FPD Roi Suryo tak mau ketinggalan. Ia akan memesan langsung ke Surakarta.

"Saya mau ambil resiko itu. Saya mau beli mobil Esemka buatan SMK Surakarta. Saya harap anggota DPR lain mencontoh dan pemerintah kalau perlu Presiden SBY menjadikan itu program nasional untuk menggiatkan industri mobil nasional," papar Roi.

"Besok lusa saya mau ke Solo untuk ngecek seperti apa pembuatannya apa sudah diregister. Itu kan perlu dicek apakah nomor serinya jelas juga. Prosedurnya kan panjang kalau sampai on the road. Harganya kan Rp 95 M of the road, kalau on the road itu sekitar Rp 120 M, saya rasa itu harus jelas," jelasnya.


http://www.detiknews.com/read/2012/01/04/105655/1806211/10/anggota-dpr-rame-rame-pesan-mobil-esemka?9922032

;D DPR langsung latah deh

opera
04-01-2012, 11:31 AM
95M ?? ::arg!::::arg!::::arg!::

Urzu 7
04-01-2012, 11:34 AM
Enak neh dpr banyak duit..sukro aja beli 2

spears
04-01-2012, 11:52 AM
itu salah tulis kali. juta kali. bukan M ::bye::

etca
04-01-2012, 11:59 AM
Jakarta - Sejumlah anggota DPR RI tertarik membeli mobil Esemka karya SMK Surakarta. Mereka bahkan hendak ke Surakarta untuk memesan secara langsung.


"Besok lusa saya mau ke Solo untuk ngecek seperti apa pembuatannya apa sudah diregister. Itu kan perlu dicek apakah nomor serinya jelas juga. Prosedurnya kan panjang kalau sampai on the road. Harganya kan Rp 95 M of the road, kalau on the road itu sekitar Rp 120 M, saya rasa itu harus jelas," jelasnya.


http://www.detiknews.com/read/2012/01/04/105655/1806211/10/anggota-dpr-rame-rame-pesan-mobil-esemka?9922032

tuh kan gw bilang juga apa, prosedurrr + birokrasinya buannyaaakk kalau mau produksi barang ::doh::

spears
04-01-2012, 12:01 PM
kok gw kuatir ntar semuanya ini dipolitisasi.ujung2nya jadi gak enak.
soalnya euphorianya yaahh gitu deh.

Ray Surya
04-01-2012, 12:19 PM
itu mesinnya udah bisa ngecor bikin di Klaten kan..

pak bibit itu masih sakit hati ama orang Solo, bukannya ngasih bantuan biar layak pakai malah cuman nyacat doank ::doh::

ini foto pas jokowi ngangkut duit milyaran tunai pakai karung ke PLN

http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/p480x480/380133_2907393253477_1519945701_32799281_362937420 _n.jpg

---------- Post added at 12:19 PM ---------- Previous post was at 12:02 PM ----------

muka gubernur nya antagonis bgt
http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/s320x320/395513_2751615682326_1615674702_2510155_1742918102 _n.jpg ::hihi::

etca
04-01-2012, 12:32 PM
Jangan salah pada pemerintahan JokoWi, beliau melunasi hutang2 pemkot sebelumnya.
Udah ga perlu korupsi dia mah, ude tajir.
Makanya beliau dalam pemerintahan di kota solo murni memajukan kota solo.

Ray Surya
04-01-2012, 02:03 PM
^
^
yaolooooooooo gw jadi berburuk sangka pas baca titlenya.
kok pake nama Roy Suryo digedein hurufnya segala yah, apa karena saking narsisnya nemplokin nicknya sendiri :))
ternyata emang ada nama Roy Suryo yang inden :lololol:

::ngakak2::


[QUOTE=etca;117622]
btw kok SMKN 2 yah?
kemana nih anakanak ATMI? ::hihi::

---------- Post added at 09:44 AM ---------- Previous post was at 09:38 AM ----------




yg mendanai mentri yg lagi getol2nya ngangkat SMK agar gak diremehin





Itu si Bibit keknya masih dendem bener dengan kasus Pabrik Gula dulu :lololol:

btw emang sih untuk suatu produk sebelum dipake,
musti ada uji kelayakan, dan ini berbelit prosedurnya.

gw ga tahu apakah produk yang ga diproduksi massal (inden) ini juga musti ijin ke Deperindag
tapi menurut gw sih tetep harus yah.. :)
pabrik es klasik, saripetojo, bukan pabrik gula

Berarti jokowi ini suka cari sensasi..mirip2 dahlan iskak
betul ::hohoho::

Jangan salah pada pemerintahan JokoWi, beliau melunasi hutang2 pemkot sebelumnya.
Udah ga perlu korupsi dia mah, ude tajir.
Makanya beliau dalam pemerintahan di kota solo murni memajukan kota solo.

dgn agenda tersembunyi :ninja:

Kingform
04-01-2012, 11:58 PM
Jangan salah pada pemerintahan JokoWi, beliau melunasi hutang2 pemkot sebelumnya.
Udah ga perlu korupsi dia mah, ude tajir.
Makanya beliau dalam pemerintahan di kota solo murni memajukan kota solo.

seandainya saja semua pemimpin seperti beliau

spears
05-01-2012, 11:21 AM
tapi dgn adanya mobil esemka ini, seenggaknya "NAMA" SMK jadi bagus ya :D

dulu kan kata2 STM/SMK identik dengan "tawuran" :D
sekarang imagenya berubah

well done! good job! ::hugs::

cikosenzki
05-01-2012, 06:30 PM
ckckckkc cuman bodynya doang yg lain2 mesin masiih import jpang dan cina ... Apa bedanya ama APM lokal ? Belom bisa buat 100 persen itu namanya, lagian mesin2 mobil cara pmbuatannya nga mungkin dbrikan jpang( padahal itu syarat pmrintah k astra , sampae hari ini kita cuman ngerakit sjumlah komponen penting masih dipegang rahasia pmbuatannya ama jpang)

etca
05-01-2012, 07:15 PM
ckckckkc cuman bodynya doang yg lain2 mesin masiih import jpang dan cina ... Apa bedanya ama APM lokal ? Belom bisa buat 100 persen itu namanya, lagian mesin2 mobil cara pmbuatannya nga mungkin dbrikan jpang( padahal itu syarat pmrintah k astra , sampae hari ini kita cuman ngerakit sjumlah komponen penting masih dipegang rahasia pmbuatannya ama jpang)

harus dipandang ini hasil garapan anak SMK loh.
Bukan hasil karya RnD suatu perusahaan automotive ;D

meliakh
05-01-2012, 07:27 PM
Jangan salah pada pemerintahan JokoWi, beliau melunasi hutang2 pemkot sebelumnya.
Udah ga perlu korupsi dia mah, ude tajir.
Makanya beliau dalam pemerintahan di kota solo murni memajukan kota solo.

with that in mind, let's vote for ICAL 2014!!

BundaNa
05-01-2012, 08:19 PM
Sebagai langkah awal mencetak generasi unggulan boleh banget deh, tinggal konsistensi mereka pada akhirnya bener2 menciptakan mobnas bener2 dari bahan baku sendiri.

Kalau blum2 udah dicela, dihina, dicurigai, nti kapan berkembangnya?

Ray Surya
05-01-2012, 09:45 PM
mesinnya ada merk esemka

http://audiobbm.files.wordpress.com/2009/08/dsc00861.jpg?w=468


Sebanyak 80 persen komponen dalam mobil ini merupakan kandungan lokal sementara 20 sisanya adalah impor. Untuk komponen yang masih impor seperti Electronic Control Unit (ECU), Electronic Fuel Injection (EFI), Automatic Window dan ring piston.

cikosenzki
05-01-2012, 10:59 PM
buat mobil itu nga gampang kalo ngerakit itu mudah mangkanya ford mobil tiap buat riset mobil abis ampe jutaan dolar, dr mesin ktahanan mobi, test kclakaan mobil,test impact. aerodinamika, design .... Mangkanya mobil2 asia nga sebagus mobil eropa.

Kingform
05-01-2012, 11:05 PM
Sebagai langkah awal mencetak generasi unggulan boleh banget deh, tinggal konsistensi mereka pada akhirnya bener2 menciptakan mobnas bener2 dari bahan baku sendiri.

Kalau blum2 udah dicela, dihina, dicurigai, nti kapan berkembangnya?
like this......
ga mungkin kita ujug2 bisa bikin mobil yang 100% buatan lokal......
semua selalu ada awalnya.....

BundaNa
06-01-2012, 05:34 AM
Anak esemka itu seperti iklan rokok

Less talk, do more

Bla bla bla gak gampang ini itulah bla bla bla kebanyakan birokrasilah bla bla bla NATO

itsreza
06-01-2012, 08:33 AM
politisi di indonesia mayoritas latah,
sekarang banyak yang pengen punya mobil esemka

meliakh
06-01-2012, 08:57 AM
buat mobil itu nga gampang kalo ngerakit itu mudah mangkanya ford mobil tiap buat riset mobil abis ampe jutaan dolar, dr mesin ktahanan mobi, test kclakaan mobil,test impact. aerodinamika, design .... Mangkanya mobil2 asia nga sebagus mobil eropa.

i thought the japanese makes the best cars? ::ungg::

pasingsingan
06-01-2012, 09:14 AM
klo benar mobil "kiat esemka" sudah mengandung komponen lokal 80%
tinggal komitmen/keberanian pemerintah saja untuk menjadikan sbg mobnas
spt misal
- didukung oleh PP agar produk tsb dijadikan kendaraan operasional
instansi/lembaga resmi negara, dng begitu APBN bisa jauh ditekan.

konsekwensinya:
berani tidak menghadapi protes/resistensi ATPM yng sudah mapan
mengingat, mereka sudah menanamkan investasi yng tdk sedikit.
apa iya mereka akan rela dng cara2 proteksi bersifat diskriminatif
(bukan kompetisi wajar ala dunia bisnis)

Urzu 7
06-01-2012, 09:22 AM
Masih bagusan honda jazz/xenia kalo sama2 murahnya kalo berani dibawah seratus mungkin bisa laen lagi ceritanya

pasingsingan
06-01-2012, 09:30 AM
nah, ntu dia zu
dibanding dng produk mobil yng setara
harga kiat esemka berada dimana?

harga sama aja, orang maseh lari ke merek yng sudah proven
apalagi klo lebih mahal misalnya. :D

Ray Surya
06-01-2012, 11:19 AM
jadi mendingan ikut pesen mobil SMK atau pesen siswi SMK?

BundaNa
06-01-2012, 11:19 AM
Baca tadi di koran, harganya kisaran 95 jt yg dipake jokowi itu.

Ray Surya
06-01-2012, 11:39 AM
Baca tadi di koran, harganya kisaran 95 jt yg dipake jokowi itu.
kata Roy Suryo, itu belum harga on the road

Urzu 7
06-01-2012, 12:20 PM
nah, ntu dia zu
dibanding dng produk mobil yng setara
harga kiat esemka berada dimana?

harga sama aja, orang maseh lari ke merek yng sudah proven
apalagi klo lebih mahal misalnya. :D
75jt OTR mungkin masuk akal,buat pendatang baru apalagi mobil ini rencananya buat orang kalangan bawah

pasingsingan
06-01-2012, 01:33 PM
@urzu:

klo mao produk mobil klas 1500cc dng berbagai varian
dng harga dibawah rata2 saingan sekelasnya
tentu akan dilirik orang.

BundaNa
06-01-2012, 01:36 PM
Inget timor dulu, harga sedannya setengah harga sedan yg lain. Tapi abis itu kualitasnya ancur2an ::hohoho::

pasingsingan
06-01-2012, 01:46 PM
ah, gak juga bun
klo dirawat dng bener ada tuh punya temen
ampe hari ini maseh muluz n tokcer :D

cikosenzki
06-01-2012, 01:55 PM
i thought the japanese makes the best cars? ::ungg::

Mobil asia muraah ;p .... Dibanding mobil eropa , iya best dalam arti apanya dulu. Kalo soal design emang bner asia jagoo .. Mobil eropa nga mnarik.

Tapi kalo duitnya pas2an mending pake mob asia. mobil eropa mahal tapi keselamatnya terjamin.
Dan jgn lupa mob jepang rata2 hemat bensin (klbihannya)mobil eropa minum bensin .. (Boros).



---------- Post added at 01:55 PM ---------- Previous post was at 01:50 PM ----------

terlalu eforia berlebihan , masih banyak yg lbih bagus dr mobil ini. Mobil esmka. Ada yg posting di kaskus , dia da liat dalm 2nya dan jeroannya ternyata mengecewakan. hampir semua pesan sana sini . mereka ngerakit ... Bukan membuat nga ada bedanya ama atpm

cha_n
06-01-2012, 02:00 PM
memang, teknologinya masih pake teknologi perusahaan yang mapan, tapi bahannya pake lokal, WAJARRRR...
semua perusahaan mobil baru juga gitu kok, jadi ga perlu sampe mencibir, dimana2 juga getoh.

saya salut dengan hasil karya ini, paling ngga menampar muka pemerintah untuk lebih memperhatikan anak bangsa

BundaNa
06-01-2012, 02:53 PM
Maklum sih chan, kalau kebiasaan negatip thinking sama apa2 yg berbau lokal, apa2 barat mainded ::hihi::

Dari endosa salah mulu pokoke, jadi jelek aja. Gak ada optimis2nya.

Kalau dipikir2 usia belasan udah bisa berinovasi, mudah2an kalau dipupuk dewasanya jadi talk less do more, kagak cuman NATO dan tukang nyacat hasil karya orang lain.

@mbah pasing: spare partsnya timor masih ada gak om?

Mungkin memang blum waktunya dibuat massal dulu, lebih baik terus berinovasi dan menjajal hingga Kiat esemka layak pakai dan memenuhi kualifikasi dijual. Tapi tetap salut buat mereka dan semoga pemerintah dan pemilik modal bisa melihat mereka sebagai asset masa depan.

pasingsingan
06-01-2012, 03:01 PM
@mbah pasing: spare partsnya timor masih ada gak om?
klo yng orisinal mang dah susah bun, wong principal-nya dah dibubarin
tapi klo persamaannya maseh bnyk dipasaran
(interchange dng partnya mazda) cmiiw

tsu
06-01-2012, 03:39 PM
sama mazda interplay 323 tuh, mirip abis mesin nya
omong2 soal esemka... imo peduli amat lah kata orang, dulu ford aja bikin model t, dikritik sana sini, tapi bukti nya sukses tuh, oh and btw, ford ini amrik bukan europe :p
yang penting..... itu goodwill dari pemerintah

etca
06-01-2012, 03:57 PM
sama mazda interplay 323 tuh, mirip abis mesin nya
omong2 soal esemka... imo peduli amat lah kata orang, dulu ford aja bikin model t, dikritik sana sini, tapi bukti nya sukses tuh, oh and btw, ford ini amrik bukan europe :p
yang penting..... itu goodwill dari pemerintah
ahaaaa.. iya bener..
model T.. ck ck ck ck...
jadi keinget buku ttg Henry Ford yang dibaca pada masa kanak2 ;D

Ray Surya
06-01-2012, 04:09 PM
setelah dimusuhi gubernur jawa tengah & bupati wonogiri, sekarang giliran walikota semarang

http://id.berita.yahoo.com/walikota-semarang-jokowi-jangan-narsis-080304104.html
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Walikota Semarang, Soemarmo, meminta Walikota Solo, Jokowi, tidak usah mencari perhatian terkait mobil esemka.

"Ojo narsislah!" kata Soemarmo, saat ditemui di Balai Kota Semarang, Kamis (5/1).

Hal tersebut, kata Soemarmo, tidak perlu dilakukan. Pasalnya, di Jawa Tengah belum ada yang bisa menandingi kemampuan siswa-siswa SMK 7 dan SMK 1 Semarang terkait perakitan mobil siswa. "Belum sempat diluncurkan sudah keduluan," kata Soemarmo sembari tertawa. ::doh::

Dirinya pun tidak berniat mengikuti langkah Jokowi untuk menggunakan mobil tersebut sebagai kendaraan dinas. "Tidak usah cari perhatianlah, cukup berkoordinasi saja dengan siswanya!" tandas Soemarmo.

BundaNa
06-01-2012, 04:24 PM
Kalah start ngamuk ::ngakak2::

cha_n
06-01-2012, 04:43 PM
kalah narsis... hahahah
tp Gpp lah biar yang lain iri syukur2 jadi berlomba memberikan yang terbaik

Ray Surya
06-01-2012, 04:43 PM
pakai sombong juga, padahal kalah, masih ketawa juga ::doh::

kalah start karena: http://id.berita.yahoo.com/wali-kota-semarang-kembali-diperiksa-kpk-044030161.html

danalingga
06-01-2012, 06:44 PM
Kalo denger business plannnya bagus juga nih mobil. Nanti membuat part-partnya (seperti tabung bensin, kenalpot, dll) akan dikerjakan oleh siswa smk yang udah lulus. Ini seperti sistem di Jepang kalo nggak salah dimana pembuatan part-part mesin dilakukan industri rumahan.

BundaNa
06-01-2012, 06:53 PM
Like I said, semua ada awalnya. Ngarep tiba2 spektakuler adalah pemikiran bodoh.

Yang dilakukan anak2 SMK itu awalnya. Tinggal pemerintah dan investor yang bisa jemput bola dengan jadi guna membuat ide awal generasi muda ini tidak jadi sia2.

---------- Post added at 06:53 PM ---------- Previous post was at 06:53 PM ----------

Like I said, semua ada awalnya. Ngarep tiba2 spektakuler adalah pemikiran bodoh.

Yang dilakukan anak2 SMK itu awalnya. Tinggal pemerintah dan investor yang bisa jemput bola guna membuat ide awal generasi muda ini tidak jadi sia2.

tsu
06-01-2012, 06:56 PM
omong2... anak2 surabaya juga gak mau kalah loh :D
setelah rakit laptop, LCD, dll mereka rakit pikup :D



Siswa SMKN 2 Surabaya Rakit Mobil Pick Up Harga di Bawah 50 Juta

suarasurabaya.net| Tidak hanya siswa SMK di Solo yang berhasil merakit mobil sendiri, para pelajar SMK di Surabaya juga berhasil menciptakan mobil karya mereka sendiri berjenis pick up. Mobil yang belum diberi nama itu sudah selesai masa riset dan siap diproduksi massal.

Bahrun Kepala SMKN 2 Surabaya pada suarasurabaya.net mengatakan dua mobil hasil riset siswa-siswanya itu siap on the road. Hampir seluruh komponen mobil ini dibuat di Indonesia dan perangkaiannya dilakukan di bengkel SMKN 2 Jl. Patua.

“Konten lokal kita 80% berupa blok mesin, karoseri, dashboard. Yang masih harus kita impor adalah komponen electronic control unit. Tapi kami yakin dalam tahun ini, komponen impor itu bisa kita buat sendiri karena kita bisa belajar dari jaringan kita di industri taiwan maupun China,” kata Bahrun.

Proyek riset yang dimulai sejak 2007 itu merupakan hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk praktik kerja siswa, nilainya Rp1 miliar. “Dengan uang itu, kami berhasil membuat sejumlah prototipe kendaraan,” kata dia.

Setelah sukses dengan mobil perdagangan, kata Bahrun, SMKN 2 akan mengembangkan pembuatan mobil jenis SUV untuk memenuhi kebutuhan mobil-mobil penumpang yang murah dan berkualitas.

Agar layak operasional, mobil pick up buatan siswa SMKN 2 Surabaya ini harus melalui serangkaian uji dari instansi pemerintah, diantaranya uji struktur, ijin produksi, uji keselamatan, uji emisi, dan ijin produk kendaraan.

Jika sudah layak on the road, kata Bahrun, pihaknya siap memproduksi massal mobil ini bekerja sama dengan mitra industri kecil yang ada di Jawa Timur. Mobil ini akan dijual ke pasaran dengan harga kurang dari Rp50 juta.(edy)

saus (http://kelanakota.suarasurabaya.net/?id=2e518e3c1f49b0735d88569a98088a622012101793)

etca
06-01-2012, 07:48 PM
omong2... anak2 surabaya juga gak mau kalah loh :D
setelah rakit laptop, LCD, dll mereka rakit pikup :D



saus (http://kelanakota.suarasurabaya.net/?id=2e518e3c1f49b0735d88569a98088a622012101793)

masalahnya ga ada yg blow up ;D

AsLan
06-01-2012, 08:03 PM
Memang seru kalau bangsa kita bisa bikin mobil sendiri, tapi...
bisnis mobil sangat ketat, banyak sekali pabrikan mobil yang akhirnya bangkrut atau diakuisisi oleh produsen lain.
Bahkan produsen besar seperti General Motor saja hampir bangkrut karena dihajar habis2an oleh Toyota, untung GM di suntik dana oleh pemerintah Amerika.

Sebetulnya ada peluang lain di industri ini yaitu jadi produsen suku cadang, jangan jadi produsen mobil utuh.

Cuma memang produsen suku cadang gak keren... ::ungg::

Kingform
06-01-2012, 09:13 PM
Jokowi Balik Pakai Camry, Mobil Esemka Dikandangkan

Meski telah membeli mobil dinas baru yakni mobil Esemka hasil kreasi siswa SMK Solo, Wali Kota Solo Joko Widodo dan Wakilnya FX Hadi Rudyatmo dikabarkan kembali menggunakan mobil dinas yang lama.

Anggota Komisi I DPR Roy Suryo yang mengabarkan hal itu di sebuah acara talk show di sebuah stasiun televisi swasta, Rabu (4/1/2012) sore menyebut , Jokowi mengunakan Toyota Camry dan Hadi menggunakan Nissan X-Trail sebagai kendaraan.

"Mobl Esemka terpaksa dikandangkan karena belum ada syrat-suratnya," jelas Roy.

Roy yang tegas menyebut ingin membeli mobil Esemka menjelaskan, kendaraan hasil inovasi anak-anak SMK Solo itu memang harus lolos dua syarat sebelum di produksi dan dipasarkan secara massal.

"Yang pertama syarat teknis berupa pengujian kelaikkan jalan. Yang kedua adalah syarat administratif, contohnya ya surat-surat itu," ujar Roy.

Ujaran senada juga dijelaskan FX Hadi Rudyatmo. Ia menyebut pihaknya tak ingin menyalahi aturan atas penggunaan mobil Esemka sebagai kendaraan.

“Surat-suratnya kan belum lengkap, jadi kita kandangkan dulu. Kalau belum lengkap tapi dipakai kemana-mana, nanti malah menyalahi aturan,” kata Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat ditemui di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) ketika melayat, Rabu (4/1/2012).

Kalau seluruh surat-surat mobil lengkap, ia memastikan akan menggunakan mobil itu untuk tugas kedinasan, termasuk ke luar kota.Kemarin, hanya sebatas uji coba saja sekaligus penggantian mobil dinas lama ke mobil baru.

“Jika surat sudah lengkap, tak masalah nanti mau dibawa ke Jakarta atau ke kota lainnya. Kemarin itu bentuk ajakan pada pejabata lain untuk menggunakan mobil buatan dalam negeri,” terangnya.

Mobil Esemka yang digunakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota adalah tipe Rajawali yang menggunakan mesin 1.500 cc dengan empat silinder plus. Mobil itu menggunakan sistem injeksi. Varian mobil Esemka tipe Rajawali ini adalah SUV berbahan bakar bensin dengan daya tampung tujuh penumpang. (*)

saus (http://id.berita.yahoo.com/jokowi-balik-pakai-camry-mobil-esemka-dikandangkan-193350214.html)

Ray Surya
06-01-2012, 09:39 PM
ngikut aturan polisi lah... dulu gw bawa motor baru, belum ada STNK n plat, kena tangkep, deh ::hihi::

jojox
07-01-2012, 08:30 PM
jokowi for president !

anak2 SMK berpotensi jadi Staff Khusus Presiden tuh. ::ngakak2::

cha_n
07-01-2012, 09:06 PM
Koran kemarin bilang ga jadi dikandangkan karena dibolehkan untuk test drive

ndableg
08-01-2012, 03:04 AM
Kalo yg begini2 mah biasa dah.. satu jongkok... semua jongkoook.. satu lumpat2 semua ikut lumpat2... pantes teori darwin tak terpatahkan..

kelanggengan yg biasanya sulit dilaksanakan.

spears
08-01-2012, 11:21 AM
ditemukan. artis pertama pembeli mobil Kiat Esemka. yaitu : AFGHAN :D


eniwei...Semangka!!buat anak2 SMK!!
Lanjutkaaannn :D

Ray Surya
08-01-2012, 02:32 PM
pasti si afgan nawarnya afgan ::grrr::

tsu
08-01-2012, 02:39 PM
lol, emangnya forum tetangga

ndableg
08-01-2012, 04:19 PM
ditemukan. artis pertama pembeli mobil Kiat Esemka. yaitu : AFGHAN :D


eniwei...Semangka!!buat anak2 SMK!!
Lanjutkaaannn :D

Sempet kaget bacanya gw.. kirain mau diexpor ke afghanistan.. ::hihi::

Ray Surya
08-01-2012, 04:31 PM
^ cocok utk mobil bom bunuh diri ::ungg::

t_cl
09-01-2012, 05:46 PM
hari ini sempat ke solo techno park buat inden mobilnya, tp gak diterima. katanya dari pada nunggu kelamaan gak jelas. bahkan nama gw belum masuk daftar. ngelihat tampilannya yg tipe sport keren abis

etca
10-01-2012, 05:59 AM
hari ini sempat ke solo techno park buat inden mobilnya, tp gak diterima. katanya dari pada nunggu kelamaan gak jelas. bahkan nama gw belum masuk daftar. ngelihat tampilannya yg tipe sport keren abis

sempat futu2 ga?
Bole dong dishare kemari.
Trus emang mobil esemka ada beberapa tipe ya?

t_cl
10-01-2012, 04:15 PM
sempat futu2 ga?
Bole dong dishare kemari.
Trus emang mobil esemka ada beberapa tipe ya?

sempat dong, tp kamera hapenya buruk rupa, jadi malu kalo mau pamer.
yg aku tau tipe nya
suv yg dipake jokowi
double kabin
sport
pick up
trus yg gak gitu jelas, gw pernah liat city car yg modelnya mirip terios, tp gak ada info

btw upload foto disini via hp gmn ya

surjadi05
10-01-2012, 04:33 PM
Jokowi Balik Pakai Camry, Mobil Esemka Dikandangkan

Meski telah membeli mobil dinas baru yakni mobil Esemka hasil kreasi siswa SMK Solo, Wali Kota Solo Joko Widodo dan Wakilnya FX Hadi Rudyatmo dikabarkan kembali menggunakan mobil dinas yang lama.

Anggota Komisi I DPR Roy Suryo yang mengabarkan hal itu di sebuah acara talk show di sebuah stasiun televisi swasta, Rabu (4/1/2012) sore menyebut , Jokowi mengunakan Toyota Camry dan Hadi menggunakan Nissan X-Trail sebagai kendaraan.

"Mobl Esemka terpaksa dikandangkan karena belum ada syrat-suratnya," jelas Roy.

Roy yang tegas menyebut ingin membeli mobil Esemka menjelaskan, kendaraan hasil inovasi anak-anak SMK Solo itu memang harus lolos dua syarat sebelum di produksi dan dipasarkan secara massal.

"Yang pertama syarat teknis berupa pengujian kelaikkan jalan. Yang kedua adalah syarat administratif, contohnya ya surat-surat itu," ujar Roy.

Ujaran senada juga dijelaskan FX Hadi Rudyatmo. Ia menyebut pihaknya tak ingin menyalahi aturan atas penggunaan mobil Esemka sebagai kendaraan.

“Surat-suratnya kan belum lengkap, jadi kita kandangkan dulu. Kalau belum lengkap tapi dipakai kemana-mana, nanti malah menyalahi aturan,” kata Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat ditemui di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) ketika melayat, Rabu (4/1/2012).

Kalau seluruh surat-surat mobil lengkap, ia memastikan akan menggunakan mobil itu untuk tugas kedinasan, termasuk ke luar kota.Kemarin, hanya sebatas uji coba saja sekaligus penggantian mobil dinas lama ke mobil baru.

“Jika surat sudah lengkap, tak masalah nanti mau dibawa ke Jakarta atau ke kota lainnya. Kemarin itu bentuk ajakan pada pejabata lain untuk menggunakan mobil buatan dalam negeri,” terangnya.

Mobil Esemka yang digunakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota adalah tipe Rajawali yang menggunakan mesin 1.500 cc dengan empat silinder plus. Mobil itu menggunakan sistem injeksi. Varian mobil Esemka tipe Rajawali ini adalah SUV berbahan bakar bensin dengan daya tampung tujuh penumpang. (*)



Bahasa Indonesianya DUITTTTT::arg!::::arg!::

etca
10-01-2012, 04:34 PM
btw upload foto disini via hp gmn ya

ga semua tipe hape bisa sih,
coba klik reply, *jangan yang quick reply yah
nah di sana ada tombol attachment.
klik aja, abis itu klik upload filenya browse dari memory card hpmu.
semoga bisa, karena ga semua tipe HP bisa :)
*gw belum jajalin sih

pasingsingan
10-01-2012, 04:55 PM
bersatulah perakit2 amatir negeri ini
entah itu smk atau sekolah/perguruan tehnik lainnya
wujudkan mobnas berkwalitas dng harga pantas
jgn hanya puas sbg penyelenggara n penonton pameran industri otomotif semata. :(

AsLan
10-01-2012, 06:54 PM
Sebetulnya sudah lama sekali bangsa kita bisa bikin mobil, tuh Xenia/Avanza contohnya, hampir 100% bikinan kita semua...
Cuma masalah nasionalismenya aja yg kurang karena merknya milik Jepang. Tapi teknologinya, tenaga kerjanya dan pabriknya semua ada di indonesia.

Rame2 mobil jokwo ini kan cuma masalah politik.

ndableg
11-01-2012, 01:59 AM
Kesian tuh anak2.. bukannya diseriusin malah dipolitikitik..

Urzu 7
11-01-2012, 09:35 AM
Ga salah jokowi enakan naek camry yg lawas ketimbang esemka;D

BundaNa
11-01-2012, 11:21 AM
politisi kan paling pinter mengubah suasana...anak2 SMK sebenernya udah pada bagus2 neh...bukan sekedar mobil, di Bandung juga mulai bisa bikin pesawat, tinggal gimana pemerintah serius memberdayakan mereka atas nama nasionalisme, bukan atas nama kepentingan parpol

t_cl
11-01-2012, 03:11 PM
Ga salah jokowi enakan naek camry yg lawas ketimbang esemka;D

jokowi balik pake camry gara gara esemka belum punya izin laik jalan

heihachiro
11-01-2012, 04:04 PM
kemaren ada yang bilang di twitter, coba googling "anak SMA" dan "anak SMK" udah keliatan bedanya gimana ::hihi::

spears
11-01-2012, 04:10 PM
klo anak SMA yg keluar yg bukan-bukan ya? ::hihi::

Urzu 7
11-01-2012, 04:15 PM
Bagus deh ntar semua pindah smk karena sdh terbukti kualitasnya ketimbang sma;D

E = mc˛
15-01-2012, 06:51 PM
Dahlan Iskan Dianggap Lecehkan Siswa SMK

SEMARANG, KOMPAS.com- Pro kontra tentang mobil Esemka karya anak-anak SMK Solo terus bergulir. Pernyataan Menteri BUMN Dahlan Iskan bahwa mobil esemka hanya untuk belajar siswa SMK, dan bukan untuk industri mendapat perlawanan dari Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Menurut Hadi Rudyatmo yang akrab disapa Rudy, pernyataan Dahlan Iskan sungguh patut disesalkan, pada awalnya terlihat mendukung tapi belakang justru tidak mendukung pembuatan mobil Esemka.

"Saya enggak mengerti kenapa seorang menteri melecehkan anak bangsa, khususnya anak SMK. Mestinya beliau sebagai menteri memberikan motivasi kepada siswa bukan melecehkan karya mereka," kata Rudy kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (14/1/2012) malam.

Rudy menegaskan, memang benar SMK adalah tempat pendidikan kejuruan, tetapi setelah mereka lulus, mereka bisa mempraktikan ilmu di SMK dengan bekerja di PT Solo Manufaktur yang dibangun sejak 24 Oktober 2010.

"Kota Solo memiliki Solo Technopark, jadi siswa SMK bisa langsung ke sana," ujarnya.

AsLan
15-01-2012, 07:32 PM
kemaren ada yang bilang di twitter, coba googling "anak SMA" dan "anak SMK" udah keliatan bedanya gimana ::hihi::

anak SMA dan anak SMK kan sama2 dari anak SMP... coba googling "Anak SMP" ::hihi::

spears
16-01-2012, 10:51 AM
BANDUNG - Maraknya pembuatan mobil Esemka buatan pelajar SMK, ternyata siswa SMK di Jawa Barat juga memiliki potensi khusus. Bahkan siswa pelajar SMK 12 Bandung sudah bisa merakit pesawat terbang sendiri.

Nama pesawat yang dirakit sekolah yang dulunya bernama STM Penerbangan Bandung itu, adalah Jabiru atau J-430. "Kita punya pesawat Jabiru buatan SMK 12 yang sudah jadi, dan sudah dipamerkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Wahyudin Zarkashy, di Bandung, Senin (9/1/2012).

Hanya saja, pesawat rakitan siswa SMK 12 Bandung itu belum mendapat izin terbang. "Tinggal tunggu izin penerbangannya sama dengan Esemka (yang menunggu izin jalan)," tambahnya.

Jenis pesawat yang dikembangkan adalah pesawat terbang kecil berkapasitas empat sampai enam orang penumpang. Fungsinya untuk pertanian, yakni penyiraman tanaman, penyemprotan pupuk, dan pengusiran hama.

"Sasaran pesawat adalah daerah-daerah terpencil di Indonesia. Jadi konsep pesawat yang dikembangkan sesuai dengan kepulauan," jelasnya.

Saat ini, SMK 12 Bandung baru bisa merakit satu pesawat. Dan rencananya pesawat tersebut akan diperbanyak alias diproduksi massal. Terlebih petani masa depan membutuhkan tenaga pesawat terbang untuk meningkatkan kualitas pertaniannya.

"Kan nanti petani kita yang layani pesawat kaya di Australia. Petani yang akan datang akan seperti itu. Nah Kita sipkan anak-anak supaya bisa merandang dan merawat pesawat-pesawat itu," terangnya.

Mengenai investor yang berminat pada pesawat Jabiru, menurutnya, tentu saja harus ada yang mau menanamkan modalnya. "Investor harus tertarik, jangan underestimate lah. Kan ternyata anak-anak SMK bisa merakit dan merawat pesawat," ujarnya.

Dana pembuatan pesawat bersumber dari pemerintah pusat. Wahyudin menjelaskan, pemerintah punya program peningkatan ilmu dan teknologi. Maka tiap SMK yang tersebar di tiap daerah di Indonesia ditugaskan untuk mengembangkan produk sesuai jurusan.

Di Jawa Barat yang dikembangkan macam-macam, salah satunya pembuatan pesawat terbang. Begitu juga di Jawa Tengah yang mengembangkan mobil Esemka. "Selain pesawat, konsentrasi SMK di Jabar juga di bidang perakitan LCD di SMK 2 Tasikmalaya, motor di SMK Kanzen, Bekasi. Ada juga mobil Buggy di SMKN 8 Bandung. Sedangkan di Subang dan Pacet berkonsentrasi di bidang pertanian yang percobaannya sudah bagus," paparnya.


---------

wahh Anak2 SMK pinter2 yahhhhhhhhhh :D

t_cl
16-01-2012, 03:28 PM
ini esemka sport
http://i253.photobucket.com/albums/hh80/Tanculiang/IMG_20120109_085436_edit0.jpg

spears
16-01-2012, 03:47 PM
tp kalo mahal mah sama aja. harusnya harganya murah. separo harga mobil luar klo perlu

BundaNa
16-01-2012, 04:24 PM
kalau separo harga kayaknya susah ya, karena mereka bikinnya juga masih manual, jadi jatuhnya mungkin lebih mahal ya? kalau diindustrikan kan ada mesin yang mempersingkat pengerjaan

t_cl
16-01-2012, 04:36 PM
denger2 ongkos produksin 1mobil sekitar 150-170 jt, tp kalau bisa diproduksi massal bs sampai 95jt

deddy
21-01-2012, 12:27 PM
ntar harga mobilnya sama ijinnya mahalan ijin nya .... cape deh .....

spears
02-03-2012, 08:16 AM
Jakarta - Di balik euforia Esemka, Kementerian Perhubungan menyatakan Esemka tidak lulus dalam uji emisi yang dilaksanakan Senin 27 Februari lalu. Esemka harus kembali mengulang.

Berdasarkan Surat Keputusan AJ.402/17/6/DJPD/2012 dari Dirjen Perhubungan Darat, Esemka dinyatakan belum lulus uji emisi dan diharapkan akan kembali untuk melakukan pengujian ulang.

Hal tersebut disampaikan Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis(1/3/2012).

"Dirjen Perhubungan Darat sudah menerima hasil uji emisi. Dan hasilnya belum memenuhi standar Kementerian Lingkungan Hidup, ternyata masih belum memenuhi abang batas emisi gas buang," ujar Bambang S Ervan kepada detikOto.

Sebelumnya Walikota Surakarta Joko Widodo menyatakan optimistis Esemka bakal lulus uji emisi. "Sudah dibawa dari Solo ke Jakarta, tidak ada masalah apa lagi," ujarnya.

Wakil Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo bahkan menggunduli kepala sebagai rasa syukur saat Esemka kembali pulang ke Solo.

------------------------------------------------

bagaimana komentar anda?

heihachiro
02-03-2012, 08:23 AM
ya udah, dibenerin mobilnya, terus ikut ujian lagi [meditasi]

Ray Surya
02-03-2012, 08:35 AM
harus belajar lg biar lulus

tsu
02-03-2012, 08:37 AM
ya udah, dibenerin mobilnya, terus ikut ujian lagi [meditasi]

yoi, betul

hal gini kan biasa, nggak usah ditanggapin terlalu lebay
benerin lagi dan ikut ujian lagi ;)

Ray Surya
02-03-2012, 08:38 AM
gw yakin gara2 jokowi gak mau maen sogok.
tau sendiri lah, gimana Indon klo soal perizinan

E = mc˛
02-03-2012, 08:53 AM
satu pintu buat mark-up dana, tertutup :ninja:

gogon
02-03-2012, 09:01 AM
Asem, Ka'

;D

E = mc˛
02-03-2012, 09:03 AM
sementara itu....

Kata Jimly, Jokowi Sudah Mulai Lebay
TEMPO.CO, Jakarta- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimly Asshiddiqie, menilai langkah Walikota Solo Joko Widodo dalam mengkampanyekan Esemka mulai berlebihan. "Sudah mulai lebay, Jadi terkesan ada unsur politik," kata Jimly ketika dihubungi Tempo, Kamis, 1 Maret 2012.

Unsur politik ini menurut Jimly, erat hubungannya dengan pencalonan dirinya sebagai Gubernur DKI. "Idealisme awalnya hilang, akibatnya citranya merosot, padahal awalnya bagus," katanya.

Lebay ini dicontohkan Jimly pada saat Jokowi memutuskan membawa sendiri Esemka dari Solo ke Jakarta. Dalam perjalanannya Esemka sempat singgah di beberapa kota. Bahkan sebelum meluncur mobil ini sempat dikirab. "Publik juga pasti berpikir sama dengan saya."

Bahkan Jimly berencana akan menasihati Jokowi perihal hal ini. "Kalau ketemu nanti saya mau ngomong langsung," ujarnya. "Cara mainnya tidak canggih, cenderung terlihat murahan."

Esemka adalah merek mobil buatan siswa SMK 2 Surakarta. Kendaraan ini sempat mencuri perhatian setelah Wali Kota Solo Joko Widodo menggunakannya sebagai kendaraan dinas. Tak tanggung-tanggung banyak pejabat pemerintah sudah melakukan pemesanan terhadap mobil ini. Apresiasi dari berbagai kalangan hadir lantaran mobil ini 80 persen komponennya diproduksi di dalam negeri.

Hari ini 1 Maret 2012, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan, menyatakan pihaknya belum bisa mengeluarkan Sertifikat Uji Tipe untuk Kiat Esemka. Pasalnya, emisi kendaraan andalan Wali Kota Surakarta tersebut di atas ambang batas yang ditentukan.

Menanggapi hal tersebut, Jimly meminta pihak Esemka tidak berkecil hati dan terus berusaha memperbaiki apa yang kurang. "Terus usaha mencoba."

ANANDA PUTRI


Sukiyat Kecewa Namanya Dihapus dari Mobil Esemka
TEMPO.CO, Surakarta - Pemilik bengkel Kiat Motor, Sukiyat, mengaku kecewa dengan langkah Wali Kota Surakarta Joko Widodo dan Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo yang menghilangkan nama Kiat dari mobil Esemka.

Saat diserahkan sebagai mobil dinas pada awal Januari lalu, mobil jenis SUV (sport utility vehicle) tersebut bernama Kiat Esemka. Belakangan, namanya hanya Esemka. Termasuk saat menjalani uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi pada Senin, 27 Februari 2012.

Kepada Tempo, Sukiyat mengaku dia berperan paling besar dalam proses perakitan mobil Esemka. “Kalau tidak ada saya, enggak bakal ada mobil Esemka,” katanya, Selasa, 28 Februari 2012. Dia mengklaim peran sekolah menengah kejuruan (SMK) hanya 5-10 persen. “Sisanya saya yang berkontribusi,” ujarnya.

Bahkan, dia memperkirakan mobil Esemka bakal tidak laku setelah nama Kiat dihilangkan. Sebab, masyarakat sudah tahu kualitas bengkelnya sehingga yang jadi patokan adalah nama Kiat Motor. “Kiat Motor sudah terbukti kualitasnya,” katanya.

Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo membantah jika dikatakan sosok Sukiyat atau nama Kiat yang membuat mobil Esemka dikenal seperti sekarang. “Yang bikin Esemka dikenal masyarakat adalah AD 1 dan AD 2,” katanya.

Maksud Rudi, Esemka dikenal setelah dia dan Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo, memasang plat nomor mobil dinas AD 1 A dan AD 2 A di mobil Esemka.

Dia menyesalkan sikap Sukiyat yang mengatakan Esemka tidak bakal dikenal tanpa kontribusi dirinya. Sebab, sejatinya mobil Esemka sudah ada sejak tiga tahun lalu dan tidak pernah dilirik. Baru setelah dia dan Jokowi membuat terobosan dengan dijadikan mobil dinas, Esemka menjadi perhatian masyarakat. “Logikanya terbalik. Justru Sukiyat terkenal karena Esemka. Bukan Esemka terkenal karena Sukiyat,” katanya.

Meski demikian, Hadi mengaku akan tetap mengajak Sukiyat bekerja sama mengembangkan mobil Esemka. Sebab, harus diakui bengkel Kiat Motor unggul di pengecatan bodi mobil. “Nanti saya akan ajak dia bicara. Tidak baik berebut ketenaran Esemka,” ujar Hadi.

Kalau pangkal persoalan pada penghapusan nama, dia kembali menegaskan bahwa sedari awal merek dagang yang diajukan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan adalah Esemka.

Berdasarkan surat permohonan 1 Juni 2010, dinyatakan bahwa nama mobil tersebut Esemka. “Bukan Kiat Esemka,” katanya.

Logo kendaraan adalah roda bergerigi, bukan logo Kiat Motor. Karena itu, Hadi membantah jika disebut meninggalkan Sukiyat dalam pengembangan mobil Esemka.

“Kalau soal nama, nantinya di produksi berikutnya bisa saja diberi nama Esemka Rajawali Kiat. Yang penting uji emisi lolos dulu,” ucapnya.

Sukiyat sendiri tampaknya sudah enggan terlibat dalam mobil Esemka. Ketika ditanya apakah masih bersedia membantu, dia menjawab, “Lihat nanti saja. Yang jelas, tidak harus saya,” katanya.

Meskipun kecewa, Sukiyat akan tetap bersedia membantu siswa SMK dari berbagai daerah untuk merakit mobil di bengkelnya. “Saya tetap bersedia mentransfer ilmu saya kepada anak-anak SMK. Saya ingin mereka maju,” ujarnya.

gogon
02-03-2012, 09:05 AM
banyak betul kepentingan yang bercampur di sana ;D

oh iya, sebelum uji emisi, sempet diadain ritual mandi kembang segala loh ::hihi::

spears
02-03-2012, 09:08 AM
^makanya gak lulus.

ancuur
02-03-2012, 09:34 AM
keamanan pengguna lebih penting... bukan kelulusan uji emisinya..
gw yakin gak bakal ada yg berani pakai esmka dgn speed 100KM / jam.. ::doh::

itsreza
02-03-2012, 09:53 AM
ga usah terlalu khawatir om, smk kan cuma assembly, mesin dan lainnya copotan
apa bedanya dengan hasil pekerja manual di pabrik, kalau alat bantu perakitnya beda
tapi memang fitur keamanannya dibandingkan mobil baru kalah jauh.

Ray Surya
02-03-2012, 10:02 AM
pak kiyat koplak, klo namanya dipakai paten di mobil, pasti tar minta royalti mulu ::hohoho::

danalingga
02-03-2012, 10:34 AM
Coba pake sogokan, pasti lulus tuh. ::hihi::

surjadi05
02-03-2012, 10:43 AM
Coba pake sogokan, pasti lulus tuh. ::hihi::

psst bukan sogokan tapi "biaya admin"::hihi::::hihi::

choodee
02-03-2012, 11:20 AM
Khas indo, kalo ada satu yg booming pasti banyak yg minta dibilang "turut andil" -_-

Itu si jokowi naik mobil sendiri dari solo ke jakarta emang jadi walikota solo ga ada kerjaan (yg bikin sibuk) kah ;D dan kenapa walikota solo bs nyalon gubernur DKI? Gw kira jadi gubernur itu harus native daerahnya :ngopi:

Gw sih salah satu yg menentang mobnas....coba bayangin warga jakarta kalo esemka lulus uji emisi dan dijual, dulu yg bikin macet motor abis itu bakalan mobil esemka ;D

kandalf
02-03-2012, 11:36 AM
Nope.
Setahuku, walaupun ada permintaan gubernur dari putra daerah, tetapi belum ada peraturan untuk itu.

Btw,
wajar kalau Jokowi mengendarai sendiri Esemka ke tempat pengujian. Ini sama halnya seperti JK memakai sepatu cibaduyut ke mana-mana. Atau dulu Bung Karno selalu memberi oleh-oleh durian ke setiap tamu negara.

Indonesia justru butuh pemimpin lebay yang promosi produk negerinya.

tsu
02-03-2012, 11:41 AM
Indonesia justru butuh pemimpin lebay yang promosi produk negerinya.

%no1

asal jangan pemimpin lebay yang bisanya cuman curhat ;D

klo curhatnya ala Bung Karno dengan pidato berapi2 sih gpp, minimal masih terlihat GAR ;D

ndableg
02-03-2012, 02:37 PM
Gw sih salah satu yg menentang mobnas....coba bayangin warga jakarta kalo esemka lulus uji emisi dan dijual, dulu yg bikin macet motor abis itu bakalan mobil esemka ;D

Ya mending lah.. daripada produk cina doang.
Dulu ada timor jg ga macet gara2 timor..

Emang metro mini di jkt ud ga polusi lagih?

noeheedayat
02-03-2012, 02:43 PM
sebenarnya ESEMKA ini merakit ulang mobil dari cina, atau merancang mobil sendiri, atau memproduksi mobil sendir sihi?
kalau merakit kan di Indonesia juga ada perakitan Mobil.

saya cuma gak mau aja nanti malah seperti situs pertemanan yang sempat heboh kemaren itu. Situs Pertemanan buatan anak SMP, eh ternyata kan CMS aja yang buku2nya bertebaran di gramed. Begitupun yang antivirus itu juga.

bradon heat
02-03-2012, 03:01 PM
ini mesinnya kan mesin copotan , yg dari mobil lain kan??
kenapa pas uji emisi malah gk lolos?? ..

:tanya::tanya::tanya::tanya::tanya:

Fere
02-03-2012, 03:10 PM
Itu si jokowi naik mobil sendiri dari solo ke jakarta emang jadi walikota solo ga ada kerjaan (yg bikin sibuk) kah ;D dan kenapa walikota solo bs nyalon gubernur DKI? Gw kira jadi gubernur itu harus native daerahnya :ngopi:


yang bawa walikotanya aja gak dilulusin, apalagi kalo yang bawa sopirnya..

trus itu Sutiyoso gub DKI yang kemaren emangnya asli betawi?

king lampas
02-03-2012, 03:52 PM
gw curiga ada konspirasi dr importir2 mobil asing yg takut kesaing sm esemka ::ungg::

Ray Surya
02-03-2012, 04:56 PM
ini mesinnya kan mesin copotan , yg dari mobil lain kan??
kenapa pas uji emisi malah gk lolos?? ..

:tanya::tanya::tanya::tanya::tanya:

mesin asli bikinan lokal, dicor di klaten, ada embosnya esemka. dulu pernah gw posting foto mesinnya di trid mobile jokowi

---------- Post added at 04:56 PM ---------- Previous post was at 04:55 PM ----------


gw curiga ada konspirasi dr importir2 mobil asing yg takut kesaing sm esemka ::ungg::

mencurigakan ::ungg::
uang bisa bicara

BundaNa
02-03-2012, 05:13 PM
nah, belum lulus uji emisi, udah ribut masalah hak paten::doh::

choodee
02-03-2012, 05:27 PM
Yah uji emisi kan bukan masalah supirnya yang bawa sapa itu masalah kualitas mobilnya -_-

Daya tarik mobil esemka ini lan harga murahnya (dan barang nasionalnya) gw sih tetap ga sreg dengan tema mobil murah, mending anak esemka disuruh ngedesain transportasi umum yg cocok di indo?

Dan gw juga sependapat sama noohedayat, gw bingung mobil esemka ini cmn ngerakit aja dan spare partnya dr luar juga atau spare partnya juga produksi sini. Soalnya memang brita indo itu suka lebay dan kadang bodoh, seperti kasus fesbuk yg ternyata pake cms itu -_-

Ray Surya
05-03-2012, 09:55 PM
TEMPO.CO, Surakarta- Kegagalan mobil Esemka dalam menjalani uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi (BTMP) di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tidak membuat Wali Kota Surakarta Joko Widodo patah semangat.

Bahkan sosok yang sering dipanggil Jokowi ini justru semakin bersemangat ketika diremehkan dan dicibir. "Dikira saya patah semangat. Tidak sama sekali. Justru tambah semangat," katanya kepada wartawan, Minggu, 4 Maret 2012.

Dia menilai mereka yang berkomentar minor dan mencibir sebagai sebuah dagelan. Bukannya mendukung, justru meremehkan dan merendahkan karya anak bangsa. "Sebenarnya biasa kalau sebuah karya baru dicibir. Tapi kalau yang mencibir bangsa sendiri, itu dagelan namanya," ujarnya.

Disebut dagelan karena Esemka terus dibandingkan dengan industri otomotif yang sudah eksis selama puluhan tahun, sedangkan Esemka ibarat bayi yang baru lahir.

Kemudian ada cibiran soal komponen mobil yang disebut comot sana, comot sini, serta sebagian onderdil yang masih impor. Jokowi memberikan pandangan pada masa-masa awal Korea Selatan atau Cina membangun industri otomotifnya, juga melakukan hal serupa. "Bedanya, orang Korea diam semua dan mendukung," ucapnya.

Jokowi menyebut Esemka sebagai produk yang luar biasa. Sebab dalam waktu singkat berhasil menarik minat masyarakat untuk membeli. "Bandingkan dengan mobil buatan Jepang, yang butuh 9 tahun untuk memasarkan produknya di Indonesia," katanya.

Dia mengaku tidak memedulikan ada atau tidaknya dukungan pemerintah terhadap kehadiran Esemka. Asalkan masyarakat tetap mendukung, program Esemka akan jalan terus.

"Ini tidak sekadar bikin mobil. Tapi membangun jati diri bangsa," dia menuturkan.

UKKY PRIMARTANTYO
http://www.facebook.com/connect/uiserver.php?app_id=194699337231859&method=permissions.request&redirect_uri=http%3A%2F%2Fid.berita.yahoo.com%2Fse makin-diremehkan-jokowi-kian-semangat-040026709.html%3Ffb_action_ids%3D3424217570070%252 C3327590625526%252C2625856940661%252C2920787752935 %252C2752418890584%26fb_action_types%3Dnews.reads% 26fb_source%3Dother_multiline&response_type=code&display=page&auth_referral=1

noeheedayat
06-03-2012, 12:25 PM
sebenarnya esemka ini rakitan dari mobil luar atau kanibalan atau emang racangan sendiri dari anak SMK?
soalnya di inet ada gambar2 yang mirip dengan mobil2 esemka ini dan mereka juga melayani pengiriman semua sparepartnya.
bukan mau meremehkan anak SMK, tapi saya sendiri lulusan SMK dan tahu sendiri kurikulum SMK gmana.
kalau hanya merakit dari dulu anak SMK ditempat saya udah bisa merakit mobil, tapi dalam merancangnya sendiri itu yang belum bisa karena memerlukan bidang2 ilmu yang gak diajarkan di SMK.

BundaNa
06-03-2012, 12:56 PM
coba kita tanya ke Pak Kiyat...beliau kan, yg menciptakan mobil itu?

noeheedayat
06-03-2012, 01:18 PM
masalahnya kayanya udah ada pecah kongsi antara pemkot solo dan sukiyat bunda.




Sukiyat: Hampir Semua Komponen Mobil Esemka Mencomot Mobil Lain

KLATEN – Sukiyat, pengusaha bengkel di Klaten yang selama ini menjadi salah satu mitra dalam perakitan mobil Esemka, mengaku bahwa mobil yang dirakitnya sebetulnya hampir semua komponennya mencomot dari komponen mobil produk lain.
“Yang betul-betul saya buat sendiri adalah chasis dan body mobilnya,” ujar Sukiyat dalam wawancara dengan Espos di kantornya, Sabtu (3/3/2012).

Pengusaha bengkel itu mengatakan dirinya tidak berbohong soal mobil Esemka. “Mobil itu hanya hasil praktek sejumlah siswa Esemka Trucuk. Jadi saya juga bingung dan kaget kalau kemudian mobil Esemka ini diklaim sebagai mobil nasional.”

Sukiyat, salah satu orang yang ikut merakit mobil Esemka dan belakangan didepak dari proyek Esemka, mengaku bahwa mobil yang dirakitnya menggunakan sejumlah komponen dari mobil lain. “Mana bisa Indonesia memproduksi gigi transmisi, sehingga saya beli komponen buatan Cina di Surabaya,” ujar Kiyat lagi.

Menurut Sukiyat, sebetulnya proyek SMK itu sudah macet pada tahun 2002, karena kekurangan biaya. Namun, setelah dia terjun dan memberi kesempatan kepada para siswa SMK Trucuk untuk praktek kerja, barulah proyek perakitan ini bisa berjalan kembali.

“Masalah muncul ketika mobil hasil rakitan ini kemudian dibawa ke Solo untuk dipamerkan di SMK 2, Solo, dan kemudian diklaim sebagai (calon) mobil nasional oleh Walikota Solo Jokowi,” beber Kiyat lebih jauh.Danie H Soe’oed
Sumber: http://www.solopos.com/2012/solo/esemka-sukiyat-hampir-semua-komponen-mencomot-mobil-lain-167458





Mobil Esemka
Pemkot Solo Beberkan Kebohongan Sukiyat

SOLO - Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo secara tegas mengatakan ide lahirnya mobil Esemka bukan berasal dari Sukiyat, pemilik Kiat Karoseri, Klaten, Jawa Tengah. Sukiyat baru bergabung dalam produksi Esemka sejak tahun lalu, sedangkan rencana memproduksi Esemka sudah mulai sejak 2007.

“Dan yang memproduksi murni mobil Esemka seluruhnya dikerjakan para siswa SMK,” kata Rudy di rumah dinas Wali Kota, Minggu (4/3/2012).

Selain itu, kata Rudy, siswa SMK yang dilatih di bengkel Sukiyat tidaklah gratis. Seluruh siswa yang menjalani pelatihan di Karoseri bengkel milik Sukiyat harus mengeluarkan biaya sebesar Rp4,5 juta.

“Bohong kalau siswa SMK dilatih gratis. Para siswa ini membayar agar bisa ikut pelatihan membengkel di sana sebesar Rp4,5 juta,” jelas Rudy.

Kemarahan Pemkot Solo terhadap pemilik Bengkel Karoseri yang ada di Klaten,Jawa Tengah, ini mencuat, setelah Sukiyat mengatakan bahwa seluruh komponen mobil Esemka menggunakan onderdil mobil buatan Jepang.

“Saat itu di tahun 2007 kita memulai merencanakan pembangunan kawasan teknologi terpadu, disusul tahun 2009 berdirinya PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) dan termasuk master plan mobil Esemka. Kok bisa-bisanya dia bilang sudah memulai sejak 2009,” katanya.

sumber: http://news.okezone.com/read/2012/03/04/340/586825/pemkot-solo-beberkan-kebohongan-sukiyat

nah lho, mana yang bener mana yang salah ini???
::doh::::doh::::doh::

saya gak pernah meremehkan Siswa SMK, karena sama aja meremehkan "Almamater" saya sendiri, tapi sebaiknya sekecil apapun prestasi anak SMK patut diacungkan jempol namun jangan terlalu diberi bumbu2 berlebih lah.

BundaNa
06-03-2012, 02:23 PM
eh tapi bukannya emang kalo PKL itu siswanya bayar ya?
mslh kyk gini bakal melemahkan mental anak smk. dipolitisir

noeheedayat
06-03-2012, 03:24 PM
kalau saya dulu waktu magang ya dibayar, bukan malah bayar bun.
::arg!::::arg!::::arg!::

walaupun sekedarnya...

Urzu 7
06-03-2012, 03:34 PM
Sepertinya sukiyat didepak dari bagian esemka / ga dapet hasil bagi2 keuntungan makanya di obral berita..
Mengenai mana yg bener masih ga jelas

Ray Surya
06-03-2012, 04:21 PM
::ngakak2:: sukiyat dulu bangga sekarang menghina

BundaNa
06-03-2012, 06:30 PM
apakah sukiyat di depak krn dia bukan warga negara solo? pdhl jokowi ngakunya mobil ini hsl kerja anak smk solo, ya?

jojox
06-03-2012, 06:50 PM
masalah "pengakuan" lah,
proyek kek gitu terjadi karena banyak stakeholders, dan shareholders, baik sebagai mitra,donor,kontraktor,konsultan, etc yang berkecimpung. Sehingga, normal dan wajar kalau informasi diantara mereka tidak berimbang, sepotong-potong dan gak komplet. Coba sekarang, juru bicara proyek itu sapa?
Semua org bisa komen, tapi siapa yg paling didengar? yahhh Pak Wali lahhh, kalau yg koar2 cuman Pak Kiat, yah gak mungkin isue sampe segede ini. Prestise/harga diri jawa jekk. h h h h h. kek nonton family feud. same sh8 different days.

tsu
06-03-2012, 06:59 PM
ngerakit, bukan merancang

mobil itu IMHO yang mahal bukan bahan baku ato manufactur, tapi pada ide dan riset nya
itulah kenapa kadang produsen mobil demen ama kata2 face lift ;D
untuk bikin mobil matahari aja, anak2 ITS butuh beberapa jurusan bergabung jadi 1, ada anak teknik mesin untuk engine, anak elektro untuk kelistrikan dan power source, anak design untuk design, anak lingkungan untuk residual waste management dll dll

tapiiiiii

seperti kata bpk. Joko Widodo, mobil esemka ini luar biasa lah, kita tau sendiri gimana dominasi jepun di negara kita, bagaimana talenta2 dan ide2 brilian anak2 Indonesia dibajak ama sebangsa Honda, Toyota dll ditukar hanya dengan selembar slip gaji dan setumpuk map kurikulum di university of tokyo......

nah ini anak2 kemaren sore bisa tiba2 muncul memproklamirkan diri bikin mobil, isnt it amazing ?
sama kaya orang dari dulu tahu klo air gunung itu enak, tapi baru Aqua yang pertama kali jualan air gunung dalam kemasan

semoga gebrakan ini tidak sia2 ::maap::

BundaNa
08-03-2012, 06:48 AM
asal konsisten, sih. tapi blum2 udah duel gene..kiyat keroseri di klaten emg ngetop ya?

Urzu 7
08-03-2012, 09:12 AM
^ ngetopnya gara2 berita ini mungkin

GiKu
08-03-2012, 09:28 AM
ngerakit, bukan merancang

mobil itu IMHO yang mahal bukan bahan baku ato manufactur, tapi pada ide dan riset nya


yup... butuh waktu bertahun2 untuk melakukan riset
dan yg dibutuhkan gak cuma duit, tapi ilmu

seberapa tinggi ilmu yg bisa didapat di level SMK ?
dan sudah berapa tahun pengalaman siswa2 SMK yang ikut proyek mobil esemka ?



boleh disimak yang berikut


Habibie: Esemka Cuma Mobil "Dolanan"

http://www.imgjoe.com/x/1236253620x3.jpg

JAKARTA, KOMPAS.com — Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 Republik Indonesia, mengatakan, mobil Esemka tidak dibuat secara profesional.

"Mobil Esemka itu cuma dolanan, pembuatannya tidak profesional. Masa anak-anak yang baru tamat sekolah menengah pertama (SMP) sudah mau jadi montir, ya, pasti belum ada pengalaman," kata BJ Habibie seusai acara talkshow Merah Putih di kediamannya, Patra Kuningan 13, Jakarta, Rabu (7/3/2012).

Menurut Habibie, untuk bisa menciptakan sebuah industri otomotif diperlukan pengalaman serta riset yang cukup, tidak serba instan. "Untuk bisa masuk ke dalam industri otomotif dan bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar, membutuhkan waktu yang panjang," tutur dia.

Lebih lanjut Habibie mengungkapkan kecurigaannya akan adanya kepentingan politik di balik pemberitaan mobil Esemka. "Menurut saya, ada ’interest’ politik di balik semua ini. Oleh karena itu, saya sarankan media berhenti mengangkat topik ini, anggap sepi saja," ujar dia.

Habibie menyarankan, membangkitkan industri otomotif di Tanah Air sebaiknya dimulai dengan membidik industri sepeda motor. "Indonesia ini adalah masyarakat terbesar yang memanfaatkan sepeda motor di bumi. Kenapa kita tidak mengembangkan itu saja, sediakan anggarannya, lakukan riset yang menyeluruh, saya rasa itu lebih rasional," papar Habibie.

Meski begitu, Habibie tetap memberi semangat kepada generasi muda, terutama siswa sekolah menengah kejuruan yang telah berhasil membuat mobil Esemka. "Tidak ada sesuatu yang datang dengan percuma, semua harus dilakukan melalui perjuangan yang dibarengi dengan pengorbanan, kita tetap harus optimistis terhadap masa depan bangsa," kata dia.

sumber (http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/03/07/14315050/Habibie.Esemka.Cuma.Mobil.Dolanan)

Urzu 7
08-03-2012, 09:52 AM
Mereka cuma merakit aja bukan bikin komponen sendiri...ibarat kayak merakit action figure /plastic model gundam::ninja::

noeheedayat
08-03-2012, 10:16 AM
bener, masalah terbesar dari bangsa ini adalah semuanya mau serba instan. gak cuma satu aja kasus dimana serba klaim kreasi sendiri padahal cuma modifan dari produk lain.

ironisnya bangsa kita sangat sensitif jika produk budaya kita diklaim oleh bangsa lain.

E = mc˛
08-03-2012, 11:47 AM
iptn aja yg komponen pesawatnya bikin sendiri gagal bersaing, apalagi mobil esemka :ninja:

Ray Surya
08-03-2012, 11:58 AM
jokowi ketahuan belangnya? ::ninja::

Urzu 7
08-03-2012, 12:01 PM
^ bukannya kebanggaan lw mon:ninja:

Ray Surya
08-03-2012, 12:19 PM
bukan :ninja:

opera
08-03-2012, 02:08 PM
waduh pak habbie... jangan sepeda motor donk... mau penuh sesak gimana nih jalanan
daripada sepeda motor mendingan kembangin MRT aja...

BundaNa
08-03-2012, 02:29 PM
ah enggak, omongan habibie kan utk m'buat semua org bijak n menyudahi pro kontra

t_cl
16-11-2012, 04:15 PM
sudah ada yg test drive esemka belum?
kemaren sudah sempet nyoba
dari segi model sudah oke, perpaduan crv dan grand vitara... tp setelah dipikir2, mirip banget sama cherry tiggo.
bodinya keras banget, berat banget jg. sayang pengerjaannya sedikit kurang rapi disana sini, tp maklum lah
trus mesinnya... luar biasa senyap waktu didengar dari luar, bahkan waktu ditinggal noleh bentar, balik badan, kaget mobilnya sudah gak ada.. halus banget pokoknya. sayang begitu masuk kabin, justru lebih berisik daripada diluar. suara roda dan aspal juga kedengeran dari kabin
suspensi nyaman, buat offroad berani jg. lubang besar dan jalan gak rata gak bikin sakit pinggang.
tenaga mesin biasa biasa aja. tarikan siplah. gigi 2 bisa nyampe 60km/jam
yg jadi nilai plus lagi.. naik mobil itu bikin orang2 noleh :)
tp kalau suruh beli, banyak mikir, dgn harga 140, masi banyak mobil yg lebih bagus. kalau masih 90 kayak pertama keluar, oke dah

---------- Post Merged at 04:15 PM ----------

sudah ada yg test drive esemka belum?
kemaren sudah sempet nyoba
dari segi model sudah oke, perpaduan crv dan grand vitara... tp setelah dipikir2, mirip banget sama cherry tiggo.
bodinya keras banget, berat banget jg. sayang pengerjaannya sedikit kurang rapi disana sini, tp maklum lah
trus mesinnya... luar biasa senyap waktu didengar dari luar, bahkan waktu ditinggal noleh bentar, balik badan, kaget mobilnya sudah gak ada.. halus banget pokoknya. sayang begitu masuk kabin, justru lebih berisik daripada diluar. suara roda dan aspal juga kedengeran dari kabin
suspensi nyaman, buat offroad berani jg. lubang besar dan jalan gak rata gak bikin sakit pinggang.
tenaga mesin biasa biasa aja. tarikan siplah. gigi 2 bisa nyampe 60km/jam
yg jadi nilai plus lagi.. naik mobil itu bikin orang2 noleh :)
tp kalau suruh beli, banyak mikir, dgn harga 140, masi banyak mobil yg lebih bagus. kalau masih 90 kayak pertama keluar, oke dah

kandalf
16-11-2012, 04:27 PM
^^
Jadi ngiler mendengar reviewnya. Pengen mencoba menyetirnya di jalan buruk.
Kalau soal suara, emang seberisik apa sih?

itsreza
16-11-2012, 05:53 PM
esemka ga dapet insentif pajak ya?

tukang gorengan
16-11-2012, 07:00 PM
nggak dapat yg dapat agya....wkwkwkwkwkwkwk

t_cl
17-11-2012, 11:09 AM
masih lebih senyap daripada xenia generasi pertama sih

BundaNa
17-11-2012, 11:20 AM
Maklum esemka cuma dianggap angin lalu buat pemerintah yg doyan duit dari pengusaha

jojox
17-11-2012, 11:51 AM
gwe perlu liat hasil uji emisi terutama parameter SOx, NOx, CO, CO2, Particulate Matter, dan HC, sebelum kasih komen.

memang ambang batasnya makin diperketat dg aturan baru. dan itu ngaruh ke efisiensi bahan bakar jg, jadi memang
betul klo Esemka mau berkompetisi, perlu dibikin irit bbm. 1l = 30km lah. ::ngakak2::

halo Pak Kiat, kasih IC injeksi electronic wae piye boss?
ketmbang stress, mending di-swap mesin diesel, malah jelas lolos, dah ditunggu Organda ini. sing penting dadi duit...::hihi::


--------------------------------------------------------
kompas, januari 2012,
“Esemka dan Timor berbeda. Timor itu Korea dan kita (Esemka) Indonesia. Hanya ada beberapa komponen dari China, Korea dan Jepang,” kata Guru di SMKN 2 Surakarta itu kepada detikOto, Kamis (5/1/2012).

Untuk blok mesin Esemka, lanjut pria yang akrab disapa Toto itu diproduksi di PT Autocar Industri Komponen (AIK) di Karawang (Sebelumnya ditulis diimpor dari China-red).

Sasisnya buat sendiri berikut pelek yang diproduksi di Indonesia. Sedangkan ring seher, katup, altenator dari Jepang. Untuk sistem injeksi dari Korea.

Transmisi berikut kopelnya merek Fuday yang dipesan di China. Tidak hanya itu axle untuk penggerak Esemka juga sengaja didatangkan dari China.

“Mesin, axle kita beli di China. Mesinnya Esemka dan Timor berbeda. Kalau kita beli produk mobil lain dan disematkan apa mau terima? Nanti bermasalah,” imbuhnya.

Esemka Rajawali bermesin 1.500cc multi point injection 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 Hp pada putaran 5.500 RPM dengan torsi puncak hingga 145 Nm di 4.100 RPM.

Rajawali mampu menampung 7 orang karena mempunyai panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.630 mm. Rajawali juga telah dibekali sederet fitur elektronik mirip SUV premium lainnya, misalnya power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parking, hingga head unit CD player.

Sementara ketika ditanyai soal interiornya, Toto mengatakan jujur ada beberapa komponennya diproduksi di dalam negeri.

Hanya pihaknya menjelaskan bagian dashbord diimpor langsung dari China. Interiornya didesain di Kiat Motor Klaten. Dan bodi buat di Kiat Motor dimana anak-anak yang mengerjaknnya.

Saat ini Toto mewakili tim Esemka menegaskan jika kendaraan Esemka dan Digdaya masih membutuhkan pembaruan, agar kehadirannya bisa maksimal dan memuaskan konsumen.

“Sampai saat ini tidak ada masalah, tapi kita masih banyak PR untuk lebih baik lagi,” tutupnya.

Rencananya, Esemka dalam 1 bulan ke depan bakal ditingkatkan lagi di sektor eksterior, mesin hingga interior

itsreza
17-11-2012, 04:20 PM
dikurangi jadi 1000cc aja, biar dapet insentif pajak dan jadi saingan agya

---------- Post Merged at 04:20 PM ----------

eh body esemka ini gede ya ::ungg::

etca
17-11-2012, 04:23 PM
gede lah, muat 7 orang sesuai kebiasaan indonesia kalau kemanamana ramerame ;D

BundaNa
17-11-2012, 05:04 PM
^ya kan kalo pergi bisa rame2 ::hihi::

Neptunus
18-11-2012, 07:05 AM
kalopun diperbaiki, bakalan berat bwt bersaing jika ga ada support dari pemerintah. Harganya klo diatas 120jt an OTR masyarakat jelas2 lebih milih pabrikan jepang. Ah gila ini mah, menteri yg ngurusin hal ini kayak dininabobokkan ama produsen gede ::grrr::

opi77
18-11-2012, 08:40 AM
Kalo masih dengan hrga 140jt orang masih milih avanza.

GiKu
19-11-2012, 09:50 AM
mobil dan motor lokal yg pernah ada, akhirnya mati juga
jaringan service dan penjualan kalah jauh dengan merk pabrikan yg udah mapan

opi77
19-11-2012, 10:00 AM
seharusnya sebelu di jual ke pasaran harus ada jaringan service yang luas dulu..kan gak lucu mo serivce esmka harus ke solo..

BundaNa
19-11-2012, 10:04 AM
Gwe mau tanya, yg muatan lokal 80% itu apa aja sih?

GiKu
19-11-2012, 10:06 AM
yup, semua keok di urusan perawatan dan suku cadang

itsreza
19-11-2012, 10:46 AM
karena produksinya berdekatan, nanti pemilik esemka rame-rame pergi
buat service berkala esemka ke solo :cengir:

t_cl
19-11-2012, 09:54 PM
bodinya cuma segede grand vitara kok. kapasitas penumpang juga cuma 5. tapi emang berat banget. buat buka tutup pintu aja butuh tenaga gede. kalau dibikin 1000cc apa bisa jalan

---------- Post Merged at 09:54 PM ----------

kalau service, katanya banyak smk di kota2 lain bisa kok

GiKu
20-11-2012, 09:44 AM
selama teknologinya gak canggih2 amat, bengkel pinggir jalan juga bisa
mengenai suku cadang belum tentu bisa kanibal dari part merk lain

jauh sebelum hingar bingar produk esemka, ada rekan yg bawa produk mobil murah ke kantor
sama seperti motor2 cina dulu, gak ada kelanjutannya lagi

imo,
kalau punya konsep bagus dan teknologi baru, baeknya menggandeng pabrikan besar yg sudah mapan (jual konsep dan teknologinya - seperti di bidang IT)
kalau cuma sekedar ide membuat produk murah tanpa memikirkan layanan purna jual, kalau gak punya modal besar berarti tinggal nunggu tutupnya aja

beberapa mobil pabrikan jepang dan jerman, di awal tahun 2000an banyak yg nilainya anjlok karena penjualannya sedikit dan partnya juga susah
part KW pun jarang, karena pabrikan KW juga memilih memproduksi part yg banyak dicari