PDA

View Full Version : Teknologi kuno yang hilang



AsLan
23-12-2011, 07:41 PM
Saya sering berpikir, mungkin Tuhan tidak mencipta manusia tanpa teknologi sama sekali.
Saat manusia diciptakan, manusia dibekali bahasa untuk berkomunikasi, teknik mengolah makanan, membuat rumah, membuat pakaian, bertani dll.

Tapi sayangnya propaganda kaum evolusi mendorong orang untuk berpikir bahwa manusia berasal dari big ape dan memulai kehidupan dari gua2.
Teori semacam ini sama sekali tidak menjawab keberadaan teknologi2 kuno yg sering ditemukan oleh para arkeolog, misalnya http://sains.kompas.com/read/2011/12/23/15493297/Gelang.Purba.9.500.Tahun.Sehalus.Lensa.Teleskop

Menurut saya manusia gua adalah orang2 yg terpisah dari peradaban, misalnya karena tersesat saat eksplorasi atau memang memisahkan diri dari masyarakat berbudaya maju.

beastmen85
23-12-2011, 10:46 PM
saya khawatir trit ini jd bentrok keyakinan antara creationist dam evolutionist.

saya sih percaya alien.

E = mc˛
24-12-2011, 03:35 AM
pertanyaannya, sbg "manusia pertama", apakah adam berasal dr 9500 tahun seumuran dg gelang tsb? :D

EndlessDeath
24-12-2011, 04:01 AM
Yang bikin teknologi kuno hilang itu karena perang, kehancuran preadaban, maupun iluminati::bwekk::...

Contoh aja, teknologi indo jaman dulu, which is teknologi bikin keris..


Asli tuh, teknologi yang sebenarnya udah ilang, keris baru jaman sekarang nggak bisa secanggih keris jaman dulu, karena yg jaman sekarang cuma dibikin dengan mereka2 teknologi lama...

Alip
24-12-2011, 06:30 AM
Kalau bicara soal kerajinan tangan, perbedaan teknologi kuno dan teknologi modern hanya terletak pada waktu dan keterampilan...

Orang kuno punya waktu seumur hidup untuk menyempurnakan keahliannya membuat suatu barang, dia bisa memoleh sebuah gelang atau keris selama berbulan-bulan tanpa perlu dikejar deadline, kemacetan lalu lintas, batas waktu pengisian SPT, target produksi, acara di TV, dan sebagainya. Dus dia bisa menghasilkan craft dengan kualitas ciamik sebagaimana yang bisa dihasilkan oleh pabrik modern saat ini. Bedanya dia menghasilkan satu produk setiap enam bulan, pabrik menghasilkan enam ribu produk setiap satu menit.

Produk kuno lebih ajib dari produk sekarang? Bisa jadi...
Para empu bertekun dengan profesinya selama bertahun-tahun sampai bisa mengenali spektrum warna logam, pendar logam ketika sudah saatnya dicelup ke air, suhu tungku yang tepat, dan sebagainya. Semua hanya melalui panca indra yang makin terlatih setelah ratusan ribu jam melakukan hal yang sama. Presisi semacam ini dalam banyak kasus belum bisa ditandingi oleh pabrik modern...

Tapi hal ini tidak membuktikan apa-apa selain bahwa manusia memiliki potensi yang lebih besar ketimbang alat-alat ciptaan mereka. 10.000 tahun lalu kan memang sudah masuk masa manusia menetap dan berbudaya?

Kalau sebuah iPhone ditemukan berusia 500.000 tahun, itu baru perlu ditanggapi dengan hipotesis ala Atlantis... ::grrr::

beastmen85
24-12-2011, 08:54 AM
err-

vimana?

ndableg
24-12-2011, 04:24 PM
Kalau sebuah iPhone ditemukan berusia 500.000 tahun, itu baru perlu ditanggapi dengan hipotesis ala Atlantis... ::grrr::

Belong tengtu.. Ada sebuah anggapan bahwa bangsa atlantis memiliki kemampuan lebih.. katakanlah mereka bisa telepati.. berarti ga butuh teknologi iphone dooong... Teknologi mereka malah katanya pyramid yg tersebar di seluruh dunia.. katanya utk meningkatkan vibrasi shg mencapai dimensi yg lebih tinggi.



---------- Post added at 04:24 PM ---------- Previous post was at 04:19 PM ----------


Yang bikin teknologi kuno hilang itu karena perang, kehancuran preadaban, maupun iluminati::bwekk::...

Contoh aja, teknologi indo jaman dulu, which is teknologi bikin keris..


Asli tuh, teknologi yang sebenarnya udah ilang, keris baru jaman sekarang nggak bisa secanggih keris jaman dulu, karena yg jaman sekarang cuma dibikin dengan mereka2 teknologi lama...

Maksudnya keris jaman dulu ada "isi"nya?

AsLan
24-12-2011, 06:53 PM
yg pasti gw gak setuju kalo ada orang yg bilang "gw udah tahu semua tentang masa lalu" terlalu banyak misteri yg belum terungkap, cuma gw gak sempet googling aja buat di post disini.

pelajaran sejarah dan biologi itu terlalu banyak diisi dengan fiksi, misalnya ada penemuan sepotong tulang rahang, lalu cepat2 dibuat gambar manusia purba yg bungkuk2 dengan kulit berbulu sedang main api unggun di goa... meskipun dibawahnya ada tulisan "ilustrasi artis" toh anak2 jaman sekarang tahunya manusia berasal dari goa.
Sekolah2 tidak pernah mengajarkan tentang peradaban yang hilang.

E = mc˛
24-12-2011, 07:04 PM
makanya Om, orang menciptakan ilmu yg namanya "arkeologi", "paleontologi", dan lain-lain. semuanya gak instan dan asal murni ngayal. mellaui prosedur ilmiah yg ketat. memang pernah ada kejadian yg "dipalsukan", tapi itu gak merubah fakta bahwa ada yg "asli"--toh para ilmuwan sendiri gak malu ngaku kalo emang ada kasus pemalsuan dan sekarang ditolak gak digunakan. jadi tetap fair dan objektif. bandingkan dg yg membabibuta menjadikan kasus "pemalsuan" itu untuk mengeneralisasi semua hal yg berhubungan dg manusia purba tanpa mau membaca hal-hal dan penemuan baru ujung-ujungnya jadi memihak dan subjektif. lalu untuk melengkapi kisah "upaya membuat org tetap bodoh" diciptakan organisasi bawah tanah semacam illuminati atau freeemason. Dibandingkan dg kasus pertama, siapa yang lebih demen dg yg fiksi kalau begitu?

Ronggolawe
24-12-2011, 07:21 PM
TS repot amat mikirnya :)

kalau 100 tahun lagi terjadi perang nuklir, akibat
nya tersisa lah 100 kelompok manusia yang ke
betulan hidup di pedalaman. 5000 tahun kemu
dian, keturunana 100 kelompok manusia tersebut
mencapai zaman renaissance>> Industri>> yang
membawa abad informasi.

akhirnya kembali muncul Internet, ada forum yang
bernama Neo-Kopimaya, dimana disana ada topik
"teknologi kuno yang hilang" dengan awal pembi
caraan adalah temuan jutaan km kabel serat op
tik berusia lebih dari 5000 tahun yang dianggap
sebagai bukti cinta Tuhan pada Adam dan Hawa :)

E = mc˛
24-12-2011, 08:01 PM
saya khawatir trit ini jd bentrok keyakinan antara creationist dam evolutionist.

saya sih percaya alien.

jawaban ini tidak menjawab pertanyaan apapun. Hanya mengalihkan pada jawaban sementara. Harus dituntaskan kepada, "bagaimana alien bisa muncul?". Jika kehidupan di bumi berasal dr alien, maka alien pertama drmn dan bagaimana munculnya? :ngopi:

beastmen85
24-12-2011, 09:28 PM
jawaban ini tidak menjawab pertanyaan apapun. Hanya mengalihkan pada jawaban sementara. Harus dituntaskan kepada, "bagaimana alien bisa muncul?". Jika kehidupan di bumi berasal dr alien, maka alien pertama drmn dan bagaimana munculnya? :ngopi:

saya memang tdk bermaksud menjawab, saya hanya mengungkapkan bahwa saya percaya alien ::hihi::

purba
25-12-2011, 06:11 AM
Aslan emang bener kristen sejati neh.... Kalo gak salah, menurut bible, umur bumi sekitar 6000an taon. Bener, Lan?

Kalo umur bumi 6000an taon, sementara cincin yg ditunjukin Aslan udah 9500an taon, lha baarti cincin tsb bukan dari bumi, atau dari surga?

:))

AsLan
25-12-2011, 05:45 PM
di bible gak disebut umur bumi 6000 tahun, penciptaan alam semesta dalam "6 hari" pun tidak berarti 6x24 jam karena pada saat itu Tuhan belum menentukan bahwa 1 hari=24 jam=1x rotasi bumi.

ndableg
25-12-2011, 05:49 PM
Ouh? Yg menentukan 1 hari = 24 jam itu = 1x rotasi bumi itu tuhan?

purba
25-12-2011, 09:54 PM
Oh gitu Lan? Yg gw pernah baca, katanya menurut bible, bumi diciptakan 6000an taon yg lalu. Emang gak eksplisit 6000an taon, tapi ditelusuri ke belakang, seperti penciptaan Adam, dst, akhirnya umur bumi mentok di angka 6000an. Trus karena kenyataannya umur bumi sudah cukup tua, maka dibuatlah penjelasan bahwa tuhan telah membuat umur bumi seolah-olah sudah jutaan tahun. Tapi ada juga yg ngotot tetap 6000an taon dgn menyanggah metode penentuan umur bumi yg menggunakan peluruhan radioaktif. Dikatakan bahwa penanggalan radioaktif tsb menggunakan asumsi yg salah, dst. Yah.. banyak Lan hasil2 saintifik yg dimentahkan oleh orang beriman dgn mengandalkan tuhan maha ini maha itu.

:))

beastmen85
25-12-2011, 10:56 PM
jangan2 6hari=6aeon ::hihi::

AsLan
26-12-2011, 11:38 AM
Oh gitu Lan? Yg gw pernah baca, katanya menurut bible, bumi diciptakan 6000an taon yg lalu. Emang gak eksplisit 6000an taon, tapi ditelusuri ke belakang, seperti penciptaan Adam, dst, akhirnya umur bumi mentok di angka 6000an. Trus karena kenyataannya umur bumi sudah cukup tua, maka dibuatlah penjelasan bahwa tuhan telah membuat umur bumi seolah-olah sudah jutaan tahun. Tapi ada juga yg ngotot tetap 6000an taon dgn menyanggah metode penentuan umur bumi yg menggunakan peluruhan radioaktif. Dikatakan bahwa penanggalan radioaktif tsb menggunakan asumsi yg salah, dst. Yah.. banyak Lan hasil2 saintifik yg dimentahkan oleh orang beriman dgn mengandalkan tuhan maha ini maha itu.

:))

ya gitu deh namanya orang -menafsir-
di alkitab gak ditulis "umur bumi 6000 tahun" jadi mereka yang mengatakan hal itu sebenarnya sudah melalui proses tafsir.

Kalo mau di tafsir2 sih bisa saja bumi diciptakan langsung pada "usia dewasa" karena adam juga diciptakan langsung dewasa tanpa melalui tahap bayi dan anak2. Tapi selama semua itu merupakan tafsiran maka tidak mutlak benar karena ada campur tangan pikiran manusia didalamnya.

hajime_saitoh
28-12-2011, 10:29 AM
jawaban ini tidak menjawab pertanyaan apapun. Hanya mengalihkan pada jawaban sementara. Harus dituntaskan kepada, "bagaimana alien bisa muncul?". Jika kehidupan di bumi berasal dr alien, maka alien pertama drmn dan bagaimana munculnya?

aliennya adam dan hawa merka datang dari planet surga::bwekk::

E = mc˛
28-12-2011, 10:36 AM
jadi adam naik UFO? ;D

kapan adam muncul ke bumi, menurut Hajime? :cengir:

hajime_saitoh
28-12-2011, 10:42 AM
waduh mesti nyari tafsirnya dulu deh ne..... ntar kalo dah ktemu ta informasikan dah...::hohoho::

E = mc˛
28-12-2011, 11:01 AM
ditunggu yak :D

Neptunus
17-06-2012, 02:35 PM
Saya sering berpikir, mungkin Tuhan tidak mencipta manusia tanpa teknologi sama sekali.
Saat manusia diciptakan, manusia dibekali bahasa untuk berkomunikasi, teknik mengolah makanan, membuat rumah, membuat pakaian, bertani dll.

Tapi sayangnya propaganda kaum evolusi mendorong orang untuk berpikir bahwa manusia berasal dari big ape dan memulai kehidupan dari gua2.
Teori semacam ini sama sekali tidak menjawab keberadaan teknologi2 kuno yg sering ditemukan oleh para arkeolog, misalnya http://sains.kompas.com/read/2011/12/23/15493297/Gelang.Purba.9.500.Tahun.Sehalus.Lensa.Teleskop


Menurut saya manusia gua adalah orang2 yg terpisah dari peradaban, misalnya karena tersesat saat eksplorasi atau memang memisahkan diri dari masyarakat berbudaya maju.

setuju ama TSnya. Gw juga punya pikiran klo manusia gua itu cuma satu dari sekian bentuk peradaban.
Mungkin aja kan manusia gua hidup berdampingan ama manusia yg peradabannya sedikit lebih maju, karena kemampuan bahasa yg berbeda maka si manusia gua tersebut tidak bisa langsung menyerap teknologi2 tersebut.

Gw juga percaya alien, tapi bukan seperti penggambaran2 Hollywod yg kepalanya gede, badannya kecil

menyan
25-08-2012, 12:01 PM
teknologi tuhan pasti ada broh ... jangankan mau ciptain manusia
coba aja orang suruh ciptain bulan apa matahari dulu yg kaga punya otak itu :udud:

mikir2 dah


saya khawatir trit ini jd bentrok keyakinan antara creationist dam evolutionist.

saya sih percaya alien.

gw yakin abis ketemu alien lo besok akan bilang "gw percaya optimus prime"

nohope banget dah :udud:

Darrul_Iman
04-09-2012, 04:13 PM
salam...

teknologi masa lampau itu tidak hilang.....

tetapi itu merupakan dasar-dasar teknologi sekarang.....

teknologi-teknologi yang tercatat masa lampau ada yang mengumpulkannya sekarang....

bacalah.... maka kau akan bertemu....keluarga di balik layar

ndableg
05-09-2012, 12:39 AM
gw yakin abis ketemu alien lo besok akan bilang "gw percaya optimus prime"

nohope banget dah :udud:



Kalo orang bule ketemu kuntilanak bilang apa?

Alip
05-09-2012, 12:52 AM
^ khunthilhanhaaqq ? ::hihi::

Darrul_Iman
05-09-2012, 12:55 AM
^ khunthilhanhaaqq ? ::hihi::
salam

hehehe...:)

red_pr!nce
08-09-2012, 01:56 AM
Somehow gw lebih setuju teori siklus kehidupan daripada teori evolusi maupun teori kreasionisme.

Mungkin ribuan taun yang lalu, manusia sudah maju peradabannya seperti kita saat ini. Tapi ada suatu saat di mana manusia menyalahgunakan kemajuan itu demi kepentingan mereka sendiri. Mereka saling menghancurkan dengan menggunakan senjata-senjata yang canggih, sehingga hanya sedikit manusia yang tersisa untuk melanjutkan kehidupan. Segala infrastruktur untuk mendukung berkelanjutannya teknologi yang canggih itu kemudian hilang.

Nah, manusia yang tersisa ini kemudian memulai peradaban dari titik nol kembali. Kita biasanya menganggap mereka sebagai manusia purba yang sangat primitif. Generasi awal mereka mungkin masih mewarisi pemikiran akan adanya mesin-mesin berteknologi canggih yang diturunkan dari nenek moyang mereka. Kemudian, banyak dari mereka yang menggambarkan pesawat, astronot, dan sebagainya di gua-gua, di bebatuan, ataupun di tanah. Namun, mereka tidak punya infrastruktur untuk mewujudkan teknologi itu, serta juga karena jumlah mereka yang sangat terbatas.

Lama-kelamaan, mereka beranak-pinak, dan warisan pemikiran itu hilang ditelan zaman. Manusia kembali mengenal zaman batu, zaman perunggu, zaman besi, dan terus mengembangkan ilmu pengetahuan hingga kini manusia memiliki teknologi untuk menciptakan senjata nuklir dan sebagainya.

Bukan tidak mungkin, suatu saat, umat manusia akan mengalami kehancuran seperti nenek moyangnya dahulu berkat menyalahgunakan teknologi yang dimilikinya - misalnya menggunakan senjata nuklir untuk meluluhlantakkan dunia. Akibatnya, infrastruktur untuk menunjang berkelanjutannya teknologi pun hancur. Lagipula, hanya sedikit sekali orang yang bisa survive, dan mereka inilah yang kemudian menjadi manusia purba yang sangat primitif.

Siklus kehidupan berlanjut kembali.

Dan ini secara implisit diceritakan dalam kisah-kisah kuno seperti Atlantis.
Gw percaya bahwa Atlantis adalah peradaban yang pernah ada dan hancur karena penyalahgunaan teknologi.
Kemudian, sisa-sisa peradaban mereka berpencar ke seluruh dunia dan kembali menjadi manusia purba yang sama sekali harus berjuang dari titik nol.

andyamou
19-02-2013, 06:12 PM
er... kalo pemahamanku sih..

dulu memang ada suatu kaum yg hebat, yg buktinya masih bisa dicari sekarang, seperti gambar suku inca, patung wajah-wajah, piramida, atlantis, dll. lalu tiba-tiba mereka menghilang.
di salah satu artikel yg aku baca, kaum itu dinamakan bangsa Nis-nas.
hingga sampai berjayanya mereka, mereka pun berperang antar ras.
terjadi peperangan sengit, hingga banyak terjadi kehancuran. sebagian ras yg hidup berdiam diri menetap di darat, di lautan(yg sekarang katanya atlantis),dan angkasa(alien).

Tuhan pun berkehendak memilih satu hewan, diberinya akal, dan dinamai Adam. itulah kehidupan di era selanjutnya, di era kita.

sedikit nyerempet agama Islam, malaikat bertanya, "Tuhan, apakah Engkau yakin akan menciptakan manusia, padahal mereka gemar melakukan peperangan dan tindakan kotor lainnya di bumi?"
dan Tuhan hanya menimpali, "sesungguhnya kamu tidak mengetahui."

disini dapat diberi konklusi, yang dibicarakan malaikat bukanlah kaum Adam, tapi kaum Nis-nas.
malaikat tidak bisa membaca garis waktu, tidak bisa melihat masa depan, seperti Tuhan yg tahu segalanya.
maka jelas malaikat hanya bisa melihat yg sudah terjadi.
mereka melihat bangsa Nis-nas. ya, kaum manusia sebelum kita dulu, sebelum kaum Adam.

dan buktinya peninggalan maju bangsa Nis-nas masih ada sampai sekarang dan membuat kita termenung bagaimana ini bisa ada...

---------- Post Merged at 06:12 PM ----------

dan, yap, Adam berasal dari manusia purba. apa namanya... itu, homo sapiens dan sebagainya itu lho.
iya, itu hewan.
kaum agama gamau percaya. tapi, ada buktinya lho, kerangka-kerangka homo sapiens. udah ada bukti, kok masih nyangkal? :)


Adam hanyalah sebuah nama. dari salah satu hewan yg ditunjuk Tuhan, diberinya hitam dan putih hingga menjadi sempurna, yaitu akal dan nafsu. jadilah dia, seorang manusia.
dan dialog antar Adam dan Tuhan terjadi.


karena homo sapiens dari dulu di daratan, maka Adam tidak turun dari surga.
surga di sumber kitab Al-Qur'an lebih bermakna pada bukit yg tinggi.
bertemu dengan seorang hewan yg sama,
dan terjadilah 'itu'.


syajaratun khuldi, atau pohon kuldi. namun istilah pohon ini rupanya hanyalah kiasan. seperti kiasan keimanan yg kuat seperti pohon kokoh, yg dijelaskan pada ayat lain.
ini poinnya: ketika Adam dan Hawa terlihat oleh Tuhan, mereka mulai menyadari adanya Yang Kuasa, mereka pun takjub. kaget dirinya bisa dihasut oleh bisikan syaitan. mereka pun malu lalu menutupi kemaluannya dengan dedaunan.


yg aneh, kalo mereka makan buah, ketahuan, kenapa harus menutupi kemaluannya dengan daun???


jawaban: karena yg dimaksud, mereka melakukan hubungan zina.
iya, itu, seks.
dan mereka malu.
makanya ditutupi.


jadiii~~~ itulah asal muasalnya.
sebenernya kalo mau tafsir kitab itu seru lho.
asal harus open mind.
bisa mikir hitam dan putih juga.
dipikir ala reasonable.


sumber inspirasi dari artikel di Kaskus yg bangsa Nis-nas, dan bukunya Agus Mustofa 'Ternyata Adam Dilahirkan' untuk sejarah Adam. :D :D :D

Bagindo
21-08-2013, 01:25 AM
Udah lama ga bsa LD.