PDA

View Full Version : Dong Zhi festival (Perayaan makan Onde)



etca
22-12-2011, 09:18 AM
Sekarang tanggal 22 Desember,
selain hari Ibu, di tradisi China ada perayaan makan Onde.

Nee gw lagi nyamil onde di opis, temen kantor ada yang bawain ;D

Tadi ditanya umur gw berapa, nah.. ini ada hubungannya ama si onde kuah yang gw makan sekarang ini.
gw ngakunya 15 tahun ;D
yawdh akhirnya gw dikasi onde 15 + 1 butir.
kalau elu usianya 70 tahun artinya dalam sehari itu harus makan 70+1 butir onde.
Kenyangggg boo :lololol:

etca
22-12-2011, 09:22 AM
Sejarahnya nih

Dong Zhi dalam bahasa Hokkian "Tang Cue"

Dōngzhě Festival atau Winter Solstice Festival (Cina: 冬至; pinyin: dōng Zhi; "Musim Dingin Ekstrim") adalah salah satu festival yang paling penting dirayakan oleh Cina dan Asia Timur selama Dongzhi istilah matahari pada 22 Desember pada tahun 2009 ini (bertepatan dengan hari ibu di Indonesia),ketika sinar matahari yang paling lemah dan siang hari terpendek.

Asal-usul festival ini dapat ditelusuri kembali ke filsafat Dao ,Yin dan Yang : sebagai keseimbangan dan harmoni dalam kosmos,alam semesta. Setelah hari perayaan, maka siang hari berangsur - angsur menjadi lebih panjang sehingga energi positif juga mulai mengalir masuk
Signifikansi filosofis ini dilambangkan oleh I Ching hexagram fu (复, "Returning")

Awal festival ini mulai dirayakan adalah pada masa dinasti Han (206 SM - 220 M) dan berlanjut hingga dinasti Tang dan Song (tahun 618 - 1279)

Pada masa dinasti Qing (1644 - 1911) perayaan ini bahkan dianggap sama pentingnya dengan perayaan musim semi.

Pada zaman kuno, orang-orang Cina merayakan Winter Solstice Festival (Dong Zhi) dengan mengunjungi kerabat dan teman-teman, dalam banyak cara yang sama seperti orang Cina Tahun Baru Imlek.
Ada pesta adat, dan bisnis akan menutup untuk hari ini.
bola ketan yang dikenal sebagai "tang yuan" atau kita sebut "Onde"dikonsumsi sebagai simbol persatuan dan keharmonisan keluarga pada hari ini.

Tapi apa yang dimaksud winter solstice?
Sebuah titik balik matahari adalah ekspresi astronomi yang menjelaskan waktu dalam tahun ketika matahari yang berjarak sangat jauh dari katulistiwa kita.
Ada satu titik balik matahari di musim panas, sesuai dengan hari terpanjang dalam setahun, dan satu lagi di musim dingin, sesuai dengan hari terpendek dalam setahun.
Musim mungkin berbeda-beda, namun, mengingat belahan bumi yang kita bicarakan.
Titik balik matahari musim dingin disebabkan oleh bumi mencapai titik terjauh dari matahari, Ketika bumi mengelilingi matahari itu secara bersamaan berputar pada porosnya. Ketika titik ini terjadi, satu belahan lebih jauh dari matahari dan sehingga terjadi musim dingin.
Pada saat yang sama, belahan bumi yang lain lebih dekat ke matahari dan musim panas.

Kata solstice berasal dari "solstitium", yang merupakan kata Latin.
Solstitium Kata ini berasal dari kata Latin "sol", atau matahari, dan "stitium", yang diterjemahkan untuk berhenti.
Ketika solstice terjadi, matahari tampak seperti yang telah dilakukan persis seperti itu. Mencapai ketinggian yang hampir sama pada siang hari setiap hari selama beberapa hari sebelum dan setelah solstice.

Di belahan bumi utara, musim dingin solstice jatuh di kedua Desember 21 atau 22 setiap tahun ketika matahari muncul tepat di atas tropis of Capricorn.

Untuk belahan bumi selatan, 20 atau 21 Juni adalah titik balik matahari musim dingin, yang terjadi ketika matahari bersinar langsung di atas tropis of Cancer.

Titik balik matahari musim dingin selalu menandai hari terpendek dalam setahun dan malam terpanjang dalam setahun.
Kebanyakan budaya menganggap hari ini menjadi tengah-tengah musim dingin di kalender mereka. Tanggal solstice telah mengejutkan hanya digerakkan oleh satu hari dalam tiga ribu tahun.

Banyak peradaban yang lebih tua mengamati titik balik matahari musim dingin sebagai periode yang dilahirkan kembali, karena matahari tampak seperti itu dibuat ulang dan siang hari berlangsung lebih lama.

Ini biasanya dilihat sebagai sesuatu yang baik ketika perubahan terjadi untuk menghilangkan kegelapan kejahatan dari dunia dan menerangi dunia dengan kebaikan.
Pada saat sekarang ini, beberapa orang masih merayakan festival cahaya.
Serupa dengan festival DongZhi Cina, orang barat mengamati ada perayaan penting dalam pergantian musim tersebut seperti Natal dan Hindu di Diwali, festival cahaya.

Secara turun - temurun, festival ini menjadi saat berkumpul bagi seluruh anggota keluarga menikmati
TangYuan (湯圓, orang Indonesia menyebutnya wedang ronde)
yang pasti setelah makan onde (Tang yuen)umur kita akan bertambah satu.

Ada yang mengatakan apabila umur anda 20 maka makanlah 20 butir + 1 Onde(TangYuen) lucu juga seandainya kakek kakek atau nenek nenek yang umur 90th harus menelan 90 butir + 1 butir Onde, + 1 berarti umur kita bertambah satu .

Dalam tradisi keluarga kami membuat onde pada malam harinya dan sebelum Onde direbus Mama mertua ku selalu memutar nampan yang berisi onde searah jarum jam sambil berkata kata seperti berpantun dengan kata kata pengharapan seperti sbb :

圆 哑 圆 , 一 家 年 年 都 团 年
yuán yǎ yuán , yī jiā nián nián dōu tuán nián
yang artinya : Setiap tahun keluarga selalu berkumpul.
sehingga hubungan keluarga menjadi selalu harmonis.

saus sambel (http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=14269.0)

etca
22-12-2011, 09:23 AM
Resep Onde

Bahan bahan :
Tepung ketan 1 gelas
Pewarna makanan (optional saja)
Air hangat secukupnya
Pandan atau jahe(sesuai selera)
Gula merah atau gula batu(sesuai selera)

Cara membuatnya :
Tuangkan tepung beras ketan dalam mangkuk dan tambahkan air perlahan-lahan sampai campuran menjadi tekstur adonan.
Uleni adonan selama sekitar 5 menit.
bagi adonan menjadi bbrp bagian untuk diwarnai,tambahkan pewarna makanan pada masing masing bagian tersebut.
gulung adonan menjadi bola-bola kecil.
dan rebus onde dalam air mendidih dan apabila onde sudah mengapung berarti sudah matang dan angkat.

Buatkan Kuah Gula batu atau gula merah(sesuai selera juga dengan campuran pandan atau jahe)
masukkan Onde yang sudah direbus tadi ke kuah yang sudah dicampur gula dan siap di hidangkan.

Resep by Ching Pranata
21 Desember 2009

http://photos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs043.snc3/13061_1067091654053_1728900820_134476_6875710_a.jp g http://photos-e.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs043.snc3/13061_1067091854058_1728900820_134477_6155196_a.jp g

etca
22-12-2011, 10:26 AM
yang bisa huruf rumput tolong terjemahin yaaaa..

湯圓代表團圓
冬至湯圓文化大約由宋朝開始,明清以後,江南人也在冬至以湯圓祭祖、祭灶。
在冬至前一兩天,家家戶戶便開始準備做湯圓,先把糯米浸水,用石磨磨成米漿,壓搾水分後,成為“圓仔米妻” 。
各家大小集合起來,把它搓成圓仔,圓仔又分為紅白兩種,紅的叫“金圓”,白的叫“銀圓”。
冬至那天,天還未亮,婦女就起來生火煮湯圓,先敬天祭祖,再閤家圍吃湯圓。所以冬至吃湯圓,除 了表示太陽逐
漸回來,也代表團圓的意思,現代人更喜歡把它當成圓滿的象徵。


http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/onde1.jpg
“子孫滿堂慶冬至”湯圓構成一幅美麗的錦鯉圖,
散發圓滿幸福的味道。


http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/onde2.jpg
以紅棗、蓮葉、圓肉和百合配合的“紅白圓蓮慶冬至”
,具有濃濃家鄉味。



http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/onde3.jpg


http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/onde4.jpg



http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/onde5.jpg


http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/onde6.jpg


http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/onde7.jpg



http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/22122011785.jpg
ini yang gw santap tadi ;D
sangat sederhana sekali bukan bentuknya jika dibandingkan dengan yang di atas :lololol:

porcupine
22-12-2011, 10:58 AM
siksaan liat gambar gambar diatas buat gw yg belum sarapan...

ndugu
22-12-2011, 01:42 PM
weh, kok ada ginian juga di sana..
onde itu maksudnya apa sih sebenarnya?
dulu kecil saya pernah makan ini, tapi apa sih enaknya :cengir: cuman kuahnya aja yang manis, bola2nya kayanya tawar aja deh..

kalo ga sala dalam setaon, ada 5 festival besar, di mana keluarga biasanya kumpul2 reuni dan makan bareng..
sala satunya makan bola2 ini, trus festival kue bulan (mid autumn), festival makan bacang (kalo ga sala), malem sebelum imlek, trus apa lagi ya, lupa juga ::elaugh:: mungkin capgomeh / festival maen lampion

harus nanya parameswara li untuk koreksi nih :cengir:

etca
22-12-2011, 02:05 PM
iya.. ama bacain tulisannya tuh.. *penasaran..
benernya masih ada lagi, tapi ga gw copas..

PLi... yuhuuuuuu *sebar2 jampi2 buwat manggil PLi

Porcelain Doll
22-12-2011, 02:24 PM
keluarga lo ada yg turunan chinese, gu? :D

eh, ca...kok bisa sih percaya aja orang kerja kantoran umurnya 15 tahun...
itu..optional juga ya ::hihi:: jawabannya......

ndugu
22-12-2011, 02:28 PM
iya ada pop :cengir:

seingatku bola2nya dikasi memang berdasarkan umur, tapi ah, kalo anak mo minta lebih, masa ditolak :cengir: dan buat yang tua2, makan kebanyakan juga ga bole donk, palagi yang diabetes :cengir:

Porcelain Doll
22-12-2011, 02:56 PM
kan kalo onde2nya doang bukannya gpp soalnya tawar
kalo kuahnya itu yg ga boleh kebanyakan :D

Chiizu Chan
22-12-2011, 03:05 PM
@etca : bawain ke rmh gue juga donk.. Kayaknya yg di rmh udah abis.. =___=
Eh, serius umur u baru belasan?? :O

t_cl
22-12-2011, 03:11 PM
Sejarahnya nih

Ada yang mengatakan apabila umur anda 20 maka makanlah 20 butir + 1 Onde(TangYuen) lucu juga seandainya kakek kakek atau nenek nenek yang umur 90th harus menelan 90 butir + 1 butir Onde, + 1 berarti umur kita bertambah satu .


kalau korupsi umur gimana tuh

opera
22-12-2011, 03:54 PM
kok onde?
ditempatku namanya ronde...
oya jadi inget di sala3 ada ronde yang terkenal. ronde jago namanya... yummy..

etca
22-12-2011, 04:03 PM
@tcl
hahaha ga tau d,

opera,
iya beberapa ada yg nyebut ronde
tapi wedang ronde kan agak pedes

ndugu,
yg gw maem ga tlalu manis ko tadi.
Malah cenderung hambar.

Chiizu,
nih tangkap @lempar onde kuah.

Popo,
haha lo tau sendiri kan gimana kaconya gw n kwn2 opis ::hihi::

itsreza
22-12-2011, 04:13 PM
jadi pengen makan onde malam ini tapi minta onde sebanyak
umur ke tukang dagang bisa kena harga 3 porsi ;D

etca
22-12-2011, 04:19 PM
Kayakna dia ga jualan de,
khusus hari ini kan hbs diborong buat perayaan ini.

Parameswara Li
23-01-2012, 05:24 PM
kalo ga sala dalam setaon, ada 5 festival besar, di mana keluarga biasanya kumpul2 reuni dan makan bareng..
sala satunya makan bola2 ini, trus festival kue bulan (mid autumn), festival makan bacang (kalo ga sala), malem sebelum imlek, trus apa lagi ya, lupa juga ::elaugh:: mungkin capgomeh / festival maen lampion

harus nanya parameswara li untuk koreksi nih :cengir:

Kalo festival sih ada banyak. Apalagi kalo mau ditambah dengan festival-festival yang sifatnya lokal. Cuman kalo secara umum ya yang 5 itu udah bener sih.

---------- Post added at 07:24 PM ---------- Previous post was at 06:52 PM ----------

Dongzhi ini juga dirayakan di Jepang, Korea dan Vietnam. Walaupun saya agak sedikit heran, mengapa orang-orang di Vietnam ikut merayakannya. Di sana kan musimnya hampir sama seperti di Indonesia, jadi tidak ada musim dingin. Maksud saya bukan hanya orang keturunan Cina saja yang merayakannya, tapi juga orang-orang asli Vietnam.