PDA

View Full Version : [Nanya] Tempat Latihan Taichi



danalingga
16-12-2011, 01:00 PM
Saya dah lama ingin ikutan Taichi, tapi belon nemu-nemu juga tempat latihannya di Jakarta. Ada yang tahu nggak ya tempat latihan Taichi di Jakarta?

etca
16-12-2011, 02:40 PM
di vihara kadang ada senam taichi loh ;D
soalnya pernah denger ada agenda itu di vihara yang gw kenal :)

---------- Post added at 02:40 PM ---------- Previous post was at 02:39 PM ----------

eh barusan gugling nemu ini

https://www.facebook.com/pages/Harmony-Tai-Chi/285621103950

danalingga
16-12-2011, 03:03 PM
Woh, viharah suka ada ya? Entar soan ke Vihara dekat kosan deh.

Alip
16-12-2011, 03:44 PM
danalingga kost-nya di daerah mana? Kayaknya banyak gelanggang olahraga setempat di Jakarta yang punya kelas Taichi.
Tapi ya itu, Taichi juga macem-macem jenisnya...

Saya sendiri lagi nyari di daerah Bogor nih... secara sama dokter dilarang olahraga dulu, jadinya pingin ikut gerak badan yang banyak dipraktekkin sama kakek-kakek dan nenek-nenek...
::hihi::

danalingga
16-12-2011, 09:19 PM
^Alip

Di daerah setiabudi.

Ini pengen latihan Tai Chi yang baik dan benar. Sebenarnya dulu pernah latihan Tai Chi secara otodidak (alias pake perasaan doank) ketika ikut perguruan silat tenaga dalam, dan setelah dipikir-pikir rasanya Tai Chi ini cocok buat saya.

itsreza
17-12-2011, 12:13 AM
di Bogor ada di Vihara Sukasari om Alip, samping Asinan Gedung Dalam setiap pagi jam 6

Alip
17-12-2011, 05:10 AM
Yang di pojokan Toserba Jogja itu ya? Baru tau nih (secara orang Bogor Utara)...
Perlu ditengok nih... (moga-moga jam enam nggak macet ::grrr::)
Makasih ya, Reza... ::maap::


Di daerah setiabudi.
Wah... ada vihara nggak ya deket-deket situ?

ndugu
17-12-2011, 07:48 AM
duh, kesanku taichi orang tua banget.. di kotaku dulu pagi2 selalu ada ginian juga deket rumah.. nenekku dulu sering ngikut.
dana muda2 kok udah blajar taichian :cengir:

itsreza
17-12-2011, 08:04 AM
Toserba Yogja mana? Di Bogor kan ada 3, Suryakencana, Lautan,
dan Jalan Baru. Tapi di Sukasari ga ada toserba om. Kalau dimaksud
dekat Shangrilla iya.

Dari Jl Suryakencana tinggal lurus ke arah Sukasari. Kalau om Alip
lewat jalan Pajajaran, putaran Ekalokasari, putar balik ke arah sebaliknya
dan masuk ke Sukasari. Seharusnya pagi lancar.

Dulu sih ada juga di Vihara lain, tapi sekarang senam sehatnya ga ada
Saya sebaliknya, hapal vihara yang di Bogor Selatan aja om :)

bradon heat
17-12-2011, 08:37 AM
di Bogor ada di Vihara Sukasari om Alip, samping Asinan Gedung Dalam setiap pagi jam 6


Toserba Yogja mana? Di Bogor kan ada 3, Suryakencana, Lautan,
dan Jalan Baru. Tapi di Sukasari ga ada toserba om. Kalau dimaksud
dekat Shangrilla iya.

Dari Jl Suryakencana tinggal lurus ke arah Sukasari. Kalau om Alip
lewat jalan Pajajaran, putaran Ekalokasari, putar balik ke arah sebaliknya
dan masuk ke Sukasari. Seharusnya pagi lancar.

Dulu sih ada juga di Vihara lain, tapi sekarang senam sehatnya ga ada
Saya sebaliknya, hapal vihara yang di Bogor Selatan aja om :)

yg sebelah asinan ? deket Shangrilla , kok kalo pagi2 suka gak liat yah ::grrr::

itsreza
17-12-2011, 08:42 AM
iya, sebelah X-One, latihan di halaman Vihara, lokasinya kan ada di belakang.
Masuk aja ke dalam. biasanya opa dan oma. dress code putih-putih

etca
17-12-2011, 08:50 AM
Wakakaka kok ya disebutin 'biasanya opa dan oma dress code putih-putih' :lololol:

itsreza
17-12-2011, 08:55 AM
^^
mencegah ragu datang karena ga melihat orang yang latihan, seperti bradon.
karena memang walau vihara itu lokasinya di pinggir jalan raya, lokasi gedung
dan halamannya ada di belakang.

Alip
17-12-2011, 11:15 AM
Oooo... yang di situ...
Sangat wajar kalau nggak tau banyak... secara Sabtu Minggu wilayah situ macetnya minta ampun, saya sebagai warga Bogor di kedua hari itu... yah, lebih banyak diem di rumah...::doh::

Kalau langsung lewat empang bisa nggak ya? Lumayan jauh dari Kedung Halang ngejar jam 6 pagi di sana (kapok sama politik jalan satu arahnya Kotamadya Bogor) ::ungg::

Hihihihihi... bareng sama Opa dan Oma ya? Moga-moga ada yang masih punya anak gadis ... ::bye:: tapi ya memang sementara ini olahraga itulah yang saya cari...

Soalnya Taichi lain yang saya tahu adanya di Tajur dan GOR Pajajaran, tapi mereka kungfu beneran. Yang di Tajur adalah perguruan Harimau Besi-nya Sifu Liukhang, dan yang di GOR adalah Taichi Chen dari Kungfu Pro-Patria. Itu sih biar buat anak muda aja deh...

Danalingga doyan Taichi yang buat anak muda gak? Katanya ada Taichi Pro Patria di Thamrin, Pulogadung, dan Menteng... tapi alamat persis dan kontaknya saya belum tahu. Kalau minat nanti saya tanyakan ke pelatih-pelatih senior yang di Madiun dan Jogja.

danalingga
17-12-2011, 11:49 AM
Wah, bedanya thaici anak muda sama anak tua apa ya?

Saya sukanya sih yang gerakan lambat tapi berat itu.

Btw, yang di thamrin dimananya ya?

itsreza
17-12-2011, 01:19 PM
oia, yg di vihara disebutnya senam nafas, beda dengan yang beladiri. maka pesertanya
mayoritas orang tua. saya udah lama ga kesana om, tapi kl ga salah hari minggu libur.
dari kedung halang pagi hari rasanya ga akan macet, pajajaran / empang lebih pas
karena ga lewat pasar. tapi kalau siang hari, lain cerita, sukasari selalu jadi pusat kemacetan

falun dafa udah coba belum om Alip? saya pernah dengar ada di bogor

kandalf
17-12-2011, 08:11 PM
Wah, bedanya thaici anak muda sama anak tua apa ya?

Saya sukanya sih yang gerakan lambat tapi berat itu.


Tai chi ada beberapa jenis, um Dana. Jadi keperluannya untuk apa dulu? Kalau untuk senam sih, bisa saja join latihan taichi di mana saja.
Tapi kalau untuk fungsi fight-nya, hmmm.. Tanya grandpa Alip untuk soal itu :D

ndugu
17-12-2011, 08:46 PM
ooo,,, ternyata beneren ada yang anak muda anak tua ya :lololol:
pantesan temen kostku dulu yang blajar taichi, ngotot dia bukan blajar yang orang tua :cengir:

ndableg
18-12-2011, 05:10 AM
Taichi itu melatih apa sih?

Alip
18-12-2011, 10:06 AM
@ Dana...
Katanya sih di BPPT. Ini sedang tanya-tanya dulu...

@ ndableg,
Ya latihan berantem dunk... Taichi kan tetep aja kungfu ::bye::
Cuman, pola latihan jurusnya yang lembut dianggap bisa jadi latihan aerobik low impact ringan yang boleh dilakukan oleh orang-orang tua. Bahwa banyak kesaksian orang-orang tua yang mengaku kesehatannya meningkat, ya iyalah, biasanya nggak pernah olahraga terus sekarang rutin latihan senam.

Taichi yang asli sendiri memiliki kurikulum lengkap ilmu berantem, mulai dari olah nafas statis, tata gerak, olah rasa, dan latihan berpasangan. Taichi tidak melulu gerakan lembut, kalau sedang sparring ya bisa ganas juga...;))

@itsreza,
Nah, falun dafa juga menarik tuh... beberapa waktu lalu pernah ada yang bagi-bagi selebaran dan latihan di alun-alun komplek, tapi sesudah itu nggak kedengeran lagi... masih ada yang aktif ya?

Alip
18-12-2011, 12:02 PM
Update nih...

Latihan Taichi-kung ada di Gedung Baru BPPT Lantai 3. Latihan tiap hari Selasa jam 16:30 sampai jam 18:00, cuma sekali seminggu. Pelatihnya Pak Noviar, dulu pendiri Pro-Patria kolat UGM di era 80-an. Nanti HP beliau saya kirim via PM ya?

Antara Tai-Chi-Chuan dan Tai-Chi-Kung,
Bedanya memang di kata terakhir. Chuan (pinyin:quan) secara bahasa diterjemahkan sebagai 'kepalan', atau dalam artian yang lebih luas meskipun salah kaprah 'kungfu', 'ilmu beladiri', dan sebagainya. Sedangkan Kung (Pinyin: gong) berarti latihan, pola latihan, atau dapat berarti juga 'kemampuan', 'keterampilan'.

Cerita sederhananya, Taichi-chuan adalah kungfu taichi, sedangkan Taichi-kung adalah ilmu olah raga Taichi. Dua-duanya sama-sama menyatukan antara nafas-gerakan-dan rasa, cuma yang satu buat kepentingan berantem, yang satu buat kesehatan dan mungkin olah spiritual.

Saya sendiri cenderung berpendapat bahwa keduanya sama saja, cuma yang satu berlatih dengan harapan satu saat bakal dipake ngelawan orang lain, yang satu lagi nggak...
::hihi::

Yang dilatih di BPPT ini adalah Taichi-kung.

ndableg
18-12-2011, 03:58 PM
@ ndableg,
Ya latihan berantem dunk... Taichi kan tetep aja kungfu ::bye::
Cuman, pola latihan jurusnya yang lembut dianggap bisa jadi latihan aerobik low impact ringan yang boleh dilakukan oleh orang-orang tua. Bahwa banyak kesaksian orang-orang tua yang mengaku kesehatannya meningkat, ya iyalah, biasanya nggak pernah olahraga terus sekarang rutin latihan senam.

Taichi yang asli sendiri memiliki kurikulum lengkap ilmu berantem, mulai dari olah nafas statis, tata gerak, olah rasa, dan latihan berpasangan. Taichi tidak melulu gerakan lembut, kalau sedang sparring ya bisa ganas juga...;))

Apa pencak silat ga punya kurikulum lengkap ilmu berantem, mulai dari olah nafas statis, tata gerak, olah rasa, dan latihan berpasangan? Kenapa musti taichi?

kandalf
18-12-2011, 06:01 PM
Beladiri itu jodoh-jodohan.
Grandpa Alip kan lagi menjelaskan 'Taichi untuk orang tua' dengan 'Taichi untuk orang muda' bukan dalam rangka untuk membandingkan dengan beladiri lain apalagi pencak silat.

Aku justru sekarang penasaran ama sosok ahli taichi. Katanya, taichi yang dimiliki oleh beliau itu taichi langka dan hasil kerja keras (kungfu) beliau benar-benar (ngutip Syahrini) sesuatu banget.

Kata kawanku yang pernah 'mencoba', dijatuhkan oleh beliau itu rasanya nyaman sekali. Kata kawan yang lain, beliau sudah benar-benar menguasai semua otot dan bisa memindahkan titik berat badan sesuka hati sehingga sedang tidur pun susah diangkat.


* penasaran juga, latihan dengan gerakan super lambat seperti itu. Apa gak bikin kram yah?

danalingga
19-12-2011, 12:27 PM
Wah, terimakasih banyak atas semua infonya ya. Jika masih ada info mengenai Taichi ini, silahkan ditambahkan di thread ini.

Btw, saya paling nanti mulai coba latihan habis tahun baru, soale agak sibuk sampai akhir bulan ini.

---------- Post added at 12:27 PM ---------- Previous post was at 12:18 PM ----------

Btw, saya tahunya taichi itu sejenis ilmu beladiri yang belajar mengendalikan (dan mengalirkan) energi tubuh diri sendiri dan/atau orang lain dengan tepat.

etca
19-12-2011, 12:32 PM
loh tai chi itu pakai acara mengalirkan energi juga ? ::oops::

danalingga
19-12-2011, 12:35 PM
loh tai chi itu pakai acara mengalirkan energi juga ? ::oops::

Nah, itu masih asumsi saya Ca. Entar kalo dah latihan, saya informasikan lagi apa benar begitu. ;))

Alip
19-12-2011, 01:02 PM
Apa pencak silat ga punya kurikulum lengkap ilmu berantem, mulai dari olah nafas statis, tata gerak, olah rasa, dan latihan berpasangan? Kenapa musti taichi?

Karena danalingga nggak mau berantem dan nyarinya taichi... ::ngakak2::


beliau sudah benar-benar menguasai semua otot dan bisa memindahkan titik berat badan sesuka hati sehingga sedang tidur pun susah diangkat.

Saya juga kalau sedang tidur susah diangkat loh... tapi karena sebab lain ::ungg::


* penasaran juga, latihan dengan gerakan super lambat seperti itu. Apa gak bikin kram yah?

Latihan yang geraknya lambat membuat kita sadar atas penggunaan otot-otot kita, dus belajar untuk tidak menggunakan otot-otot yang tidak perlu. Semakin kram menunjukkan semakin banyak kita menegangkan otot yang tidak perlu dan semakin kaku pola gerakan kita. Dalam pertarungan, ini membuat gerakan kita menjadi kaku dan tidak luwes.

Kaidah ini sebenarnya dipahami semua beladiri, makanya murid sering diharuskan melakukan jurus sampai ratusan kali. Tapi Taichi melakukannya dengan cara ekstrim, yaitu bahwa gerakan jurus harus dilakukan dengan lambat tapi luwes...


Btw, saya paling nanti mulai coba latihan habis tahun baru, soale agak sibuk sampai akhir bulan ini.
Bisa dipahami... itu memang masalah kita semua ::hihi::


Btw, saya tahunya taichi itu sejenis ilmu beladiri yang belajar mengendalikan (dan mengalirkan) energi tubuh diri sendiri dan/atau orang lain dengan tepat.

Penjelasan esoterisnya begitu... tapi tidak semua orang betah membaca penjelasan yang begituan... ::bye::

Ini cuma pengetahuan kecil yang saya dapat, komplitnya sih kita perlu konsultasi sama ahli Taichi... saya sendiri juga kan baru mau mulai latihan...
::hihi::

Kalau dari sisi esoteris, Taichi adalah beladiri yang menggunakan aliran energi di dalam tubuh dengan meminimalkan hambatan-hambatan dari wadag kasar. Dimulai dengan mengenali dan merasakan semacam 'hawa' di dalam tubuh, mengumpulkan 'hawa' tersebut, dan menyalurkannya.

Konon tata gerak Taichi dirancang sedemikian rupa agar postur tubuh bisa menjadi saluran optimal bagi sang 'hawa'. Itulah makanya, gerakan-gerakan Taichi dipercaya bisa membuat aliran 'hawa' mengalir lancar melalui saluran-saluran yang ada di dalam tubuh, dan berguna untuk senam kesehatan. Tapi sebenarnya ini hanya separuh tepat. Tanpa lebih dulu memahami dan mengenali si 'hawa', gerakan Taichi tidak lebih dari senam biasa. Makanya kebanyakan latihan Taichi yang asli mendahulukan latihan chikung atau sejenisnya, dan secara disiplin menerapkan kaidah-kaidah tertentu dalam melakukan gerakan... sesuatu yang tidak bisa dibaca oleh mata awam. Misalnya, postur torso yang tegak, tata cara memindahkan berat badan dari satu kaki ke kaki lain, gerak yang mengikuti berat tangan atau kaki, dan semacam itu.

Nah, disini kita ketemu bedanya antara Chikung (Taichikung) dengan Taichichuan.
Kalau di chikung, fokus latihannya adalah akumulasi hawa dan penyalurannya ke seluruh badan untuk mencapai kesehatan dan juga pencerahan spiritual. Di Taichichuan atau beladiri tenaga 'hawa' lain, ada materi untuk meledakkan hawa tersebut dalam satu hantaman, baik sekedar mendorong kecepatan dan kekuatan pukulan/tendangan, atau melontarkan ledakan hawa tersebut ke dalam tubuh lawan melalui sentuhan. Dus, chikung yang gunanya untuk mencederai orang lain.

Mengenai pengetahuan umum bahwa Taichi adalah beladiri yang menyalurkan tenaga lawan, ada benarnya juga. Meski begitu Taichi tetap memiliki aspek yang agresif dan keras. Pada prinsipnya, lunak bisa mengalahkan keras, keras bisa mengalahkan lunak, semua tergantung keadaan.

Konon sih begitu...

cha_n
19-12-2011, 01:15 PM
jadi kalau gerakan kungfu si chinmi, yang jurus peremuk tulang itu berarti termasuk taichi ya?

danalingga
20-12-2011, 01:12 PM
itu mungkin yang taichikung.

Alip
20-12-2011, 05:24 PM
Kemungkinan peremuk tulang itu -kalaupun ada- bukan taichi... kuil dairin tempat Chinmi berguru adalah kuil Budha, sedangkan Taichi lahir dari tradisi Tao.

Kalau kesamaan prinsip, bisa saja terjadi. Manusia di mana-mana hanya punya sepasang tangan dan kaki dan berada di bawah hukum fisika yang sama... jadi ilmu-ilmu beladiri banyak yang dibangun di atas pondasi yang sama, meskipun berkembang di tempat yang terpisah ribuan kilometer jauhnya.

Kungfu peremuk tulang kalau menurut saya lebih mirip dengan bajiquan (WG: pa chi chuan), di Indonesia diterjemahkan sebagai kungfu delapan mata angin. Prinsip penggunaan momentumnya sama.

danalingga
21-12-2011, 10:30 AM
^kungfu peremuk tulang itu bukannya memanfaatkan "ledakan" energi? Jadi sepertinya mirip prinsipnya sama taichi anak muda itu.

cha_n
21-12-2011, 12:49 PM
bukan ledakan energi, tapi (kayaknya) menyalurkan energi *soktau.com*

kandalf
21-12-2011, 02:59 PM
Aku bukan ahli CMA (rumpun Beladiri Tionghoa) jadi postinganku berikut tak bisa dijadikan rujukan.
Soal pemakaian aliran energi, sebenarnya, rata-rata rumpun beladiri Tionghoa menggunakan itu, apalagi aliran neijia.

Nah, kalau soal ledakan energi, istilahnya Fa Jin (http://en.wikipedia.org/wiki/Fa_jin) dan itu tidak hanya di Tai Chi.

Selain 'meledakkan energi', cara lain penggunaan energi untuk 'mendengar energi lawan' atawa Ting Jin, dan itu, sekali lagi tak cuma ada di Taichi.

Tapi ya itu,
bedanya Taichi dengan aliran lain adalah seperti yang dibilang um Alip.
Di aliran lain biasanya dengan melakukan jurus berkali-kali atau justru malah diam dalam posisi bikin pegal (Zhan Zhuang?)selama berjam-jam. Sementara di Taichi, dengan melakukan gerakannya dengan super lambat.

Btw, Grandpa Alip pernah bertemu langsung dengan Koh Khin Bu?

Alip
22-12-2011, 03:45 PM
^kungfu peremuk tulang itu bukannya memanfaatkan "ledakan" energi? Jadi sepertinya mirip prinsipnya sama taichi anak muda itu.

Bukan itu ledakan yang dimaksud.... itu murni momentum fisik. Trik yang sama juga dipakai di tinju kok, tapi tentunya ceritanya nggak sedahsyat di komik
::hihi::


Btw, Grandpa Alip pernah bertemu langsung dengan Koh Khin Bu?

Sayangnya belum jodoh, beberapa kali mau dikenalin ... tapi sama-sama pergi jauh terus sih...

Konon ngeri kalau latihan sama beliau... denger-denger sentuhan tangan yang ringan saja sudah bisa bikin kita tunggang langgang. Nggak berani deh aliran yang itu... pingin yang bareng sama opa dan oma aja.... ::bye::

itsreza
22-12-2011, 04:10 PM
wah diskusinya sampai ke kungfu peremuk tulang, keren om

kandalf
22-12-2011, 05:08 PM
Sayangnya belum jodoh, beberapa kali mau dikenalin ... tapi sama-sama pergi jauh terus sih...

Konon ngeri kalau latihan sama beliau... denger-denger sentuhan tangan yang ringan saja sudah bisa bikin kita tunggang langgang. Nggak berani deh aliran yang itu... pingin yang bareng sama opa dan oma aja.... ::bye::

Waktu itu beliau datang ke Padepokan. Yang kukutip di atas itu ada ucapan anak-anak GG yang ketemu dia (baca: Fajar ama Beni). Kalau kata Fajar ke aku, "Pokoknya lu nyesel deh, ingkar janji, kagak datang ke padepokan. Sumpah.. keren banget taichi-nya."

*ngelirik istriku

danalingga
02-01-2013, 04:20 PM
Baru sadar kalo saya nanyanya 2011.
Dan dah 2013 masih belon latihan juga.
Dasar manusia. ::hihi::

Neptunus
02-01-2013, 07:04 PM
@danalingga: udahhh don't think too much. Dateng aja ke tempat latian. Ntar kan nagih ::hihi::

danalingga
04-01-2013, 12:38 AM
Hehehehe... iya nih, kebanyakan mikirin yang lain, ampe lupa kalo mo latihan.