PDA

View Full Version : Pembantaian di Lampung



Blitzen
14-12-2011, 02:54 PM
ini lagi rame banget di Twitter. gw copas berita nya



VIVAnews - Puluhan warga Mesuji, Lampung, mengadu ke Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat, melaporkan pembunuhan keji yang diduga dilakukan oleh aparat penegak hukum pada awal tahun 2011. Pembunuhan keji ini dilakukan saat penggusuran terhadap masyarakat dilakukan.

Atas kekejian ini, sekitar 30 warga Lampung tewas. Dalam pengaduannya ke Komisi III ini, warga Lampung yang diwakili oleh kuasa hukumnya, Bob Hasan, memutar video kekerasan yang diduga dilakukan oleh aparat penegak hukum. Dalam video itu diperlihatkan adanya pembantaian yang dilakukan dengan keji oleh orang-orang berseragam aparat.

Ada dua video yang merekam proses pemenggalan dua kepala pria. Sementara tampak satu pria bersenjata api laras panjang dengan penutup kepala memegang kepala yang telah terpenggal. Selain merekam pembunuhan keji lainnya, video lain memperlihatkan kerusakan rumah penduduk.

"Bangunan ibadah dihancurkan, hasil panen singkong juga dirampas. Aparat juga melakukan pemerkosaan terhadap janda, pada saat penggusuran," kata Bob Hasan di Gedung DPR, Rabu 14 Desember 2011.

Peristiwa ini berawal dari perluasan lahan oleh perusahaan PT Silva Inhutani sejak tahun 2003. Perusahaan yang berdiri tahun 1997 itu, terus menyerobot lahan warga untuk ditanami kelapa sawit dan karet.

Sementara, mantan anggota DPR Mayor Jenderal (Purn) Saurip Kadi, yang ikut mendampingi warga mengatakan, perusahaan itu kesulitan mengusir penduduk dan kemudian meminta bantuan aparat. Selain meminta bantuanaparat, perusahaan itu juga membentuk kelompok keamanan sendiri.

"Mereka bentuk Pam Swakarsa untuk membenturkan rakyat dengan rakyat tapi di belakangnya aparat. Ketika warga mengadu ke aparat tidak dilayani. Intimidasi dari oknum aparat dan pihak perusahaan sangat masif di sana," kata Saurip. Dalam aksi penggusuran itu, setidaknya ada 30 korban tewas dan ratusan warga terluka sejak tahun 2009 sampai 2011.

120 Petani Ditahan

Sementara salah satu penduduk yang juga menjadi korban dari Desa Simpang Pematang, Mesuji, Mathias Nugroho, meminta kepada para anggota Komisi Hukum untuk mendesak Kepolisian memberi perlindungan kepada warga. Hal ini karena, hingga saat ini warga terus dihantui rasa takut.

Mathias juga menceritakan, setidaknya ada 120 warga yang ditahan Kepolisian. Salah satunya, ayahnya, Yudas, dengan sangkaan menduduki lahan tanpa izin.

"Bapak saya ditahan sudah tujuh bulan. Sudah divonis satu tahun di pengadilan. Yang lain ada yang masih ditahan. Ada juga yang sudah bebas," kata Mathias.

Selain terjadi di Meisuji, penggusuran dengan pembunuhan keji ini juga terjadi di daerah Tulang Bawang Induk dan Tulang Bawang Barat.

Menanggapi hal ini, anggota komisi Hukum dari Fraksi Golkar Bambang Soesatyo yang saat itu memimpin pertemuan dengan warga Lampung mengatakan, akan segera menindaklanjuti kasus ini. "Telah tejadi perbuatan biadab oleh PT Silva Inhutani dan kami, Komisi 3, akan melakukan langkah-langkah selanjutnya," kata dia.

Sementara itu, anggota komisi hukum dari fraksi Partai Golkar Nudirman Munir meminta menghadirkan Kapolda Lampung pada saat rapat dengan Kapolri dengan Komisi III nanti malam. "Saya minta wakil korban rapat dengan Kapolri nanti malam dan menghadirkan Kapolda lampung untuk dimintai keterangan," kata dia.

Sementara Komisi III juga meminta rekaman video itu untuk dijadikan barang bukti. "Nanti akan kami tunjukkan ke Kapolri," kata Bambang.

Sementara, Markas Besar Polri belum bisa mengkonfirmasi soal peristiwa ini. Polri belum bisa memberikan keterangan adanya tuduhan serius itu.

"Kami belum tahu. Kami akan cek kebenarannya terlebih dahulu," kata Kepala Divisi Humas Mabe Polri, Inspektur Jenderal Polisi Saud Usman Nasution saat dihubungi VIVAnews.com, Rabu. (umi)


• VIVAnews

sumber : http://nasional.vivanews.com/news/read/272069-pembunuhan-brutal-petani-diadukan-ke-dpr


gw semakin speechless ::grrr::

fullmoonflower
14-12-2011, 03:01 PM
hmmmmm.... coba browsing ah.... ::grrr::

noeheedayat
14-12-2011, 03:37 PM
duduk ceritanya gmana?
kejadian awal tahun 2011 hebohnya di akhir tahun 2011?

nerissa
14-12-2011, 03:47 PM
yang tewas 30 orang????

itsreza
14-12-2011, 03:54 PM
Menunggu perkembangan berita, update lagi ya TS

Blitzen
14-12-2011, 03:58 PM
gw cari video2 pembantaian nya belum dapet nih.

---------- Post added at 04:58 PM ---------- Previous post was at 04:56 PM ----------

gw jg heran, yg meninggal sebanyak itu baru terkuak sekarang.

E = mc˛
14-12-2011, 04:03 PM
duduk ceritanya gmana?
kejadian awal tahun 2011 hebohnya di akhir tahun 2011?

karena baru ada yg lapornya sekarang. kenapa lapornya gak dr dulu2? ::ungg::

surjadi05
14-12-2011, 04:12 PM
Sebelum kita jadi judgesnya gw cuma mau mengingatkan, selalu ada 2 sisi dari 1 cerita,::bye::

porcupine
14-12-2011, 04:19 PM
iya, mari kita gali lagi ceritanya dulu

kandalf
14-12-2011, 05:21 PM
Menarik.
Jadi ini kasus mulai tahun 2003 dan puncaknya awal tahun ini.

ndoz
14-12-2011, 06:22 PM
woh makin parah juga aparat ini kalo uda ditusbol ama duid ::doh::

fullmoonflower
14-12-2011, 06:40 PM
dapat video di youtube... tapi ada korelasinya enggak ya?
karena keburu nggak sanggup lihat.... :iamdead:


http://youtu.be/UU8_YKYHNkQ

---------- Post added at 06:40 PM ---------- Previous post was at 06:37 PM ----------

dapat video di youtube... tapi ada korelasinya enggak ya?
karena keburu nggak sanggup lihat.... :iamdead:


http://youtu.be/UU8_YKYHNkQ

<iframe width="420" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/UU8_YKYHNkQ" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

BundaNa
14-12-2011, 06:40 PM
negara kita berubah menjadi negara bar bar?::grrr::

bradon heat
14-12-2011, 06:58 PM
karena baru ada yg lapornya sekarang. kenapa lapornya gak dr dulu2? ::ungg::

kalau lapor udah dari dulu ..
mulai anggota dpr tingkat 2 sama provinsi ..

di tanggep tapi gk beres ,

mau lapor TNI/POLRI gimana ? wong PT. Swa nya juga di beking mereka ::doh::

dan kayaknya baru ter-endus media baru2 ini

*update dari metrotv

fullmoonflower
14-12-2011, 07:13 PM
bukan SWA.. Tapi PT. Silva Inhutani... Perusahaan perkebunan kelapa sawit milik Malaysia...

dapat video lagi http://video.vivanews.com/read/16852-pembunuhan-brutal-petani-di-lampung-diadukan-ke-dpr

Blitzen
14-12-2011, 07:15 PM
^lagi2 perusahaan milik Malaysia. kemaren membantai orang utan. sekarang manusia! dengan duit mereka mampu membayar orang buat membantai bangsa sendiri. gampang bgt di adu domba.

bradon heat
14-12-2011, 07:23 PM
bukan SWA.. Tapi PT. Silva Inhutani... Perusahaan perkebunan kelapa sawit milik Malaysia...

dapat video lagi http://video.vivanews.com/read/16852-pembunuhan-brutal-petani-di-lampung-diadukan-ke-dpr

tp yg di newsticker nya ???

ini tuh ada 3 lokasi berbeda di sumatra ..
dan semuanya melibatkan PT ini ..

parah ::grrr::

fullmoonflower
14-12-2011, 07:40 PM
yang SWA itu kejadian di Sumatera Selatan...
yang ramai sekarang yang di Silva Inhutani di Lampung....


nah.... akhirnya malah jadi ada 2 kejadian deh terbuka.... ::ungg::

ancuur
14-12-2011, 08:13 PM
malingsia memang perlu di ganyang lagi....
kelapa sawit itu di mana2 loh.. pemerintah dapet duit berapa sih ::arg!::

ndableg
15-12-2011, 06:22 AM
Musti ditinjau.. fungsi tentara itu apa? Melindungi rakyat miskin ato investor kaya?

bradon heat
15-12-2011, 06:37 AM
Musti ditinjau.. fungsi tentara itu apa? Melindungi rakyat miskin ato investor kaya?

siapa yang bayar gede pasti dilindungi .... ::doh::

pasingsingan
15-12-2011, 06:54 AM
Musti ditinjau.. fungsi tentara itu apa? Melindungi rakyat miskin ato investor kaya?
itulah bleg
masalahnya, aparat tuh kan doktrinnya garis komando
jadi klo kepalanya dah terbeli ya gitu jadinya.
ujung2nya palingan rakyat (kelompok lawannya)
yng dilabel sbg perusuh, anarki, pengacau negara.

Alip
15-12-2011, 07:04 AM
Ngobrol sama seorang staff perkebunan di daerah terpencil, katanya salah satu KPI kepala kebun adalah memperluas wilayah kebun, sebagai bagian dari peningkatan produksi... dan beberapa memilih menggunakan ormas atau aparat ketimbang negosiasi dengan penduduk karena lebih mudah dan murah... apalagi kalau kasusnya tanah tersebut sebenarnya milik kebun tapi ditempati oleh peladang...

Nggak tau bener apa nggak, saya kok susah untuk percaya. Moga-moga nggak bener...::nangis::

BundaNa
15-12-2011, 09:16 AM
padahal membiarkan habitat hutan dengan bertumbuh baik juga ada nilai jualnya untuk wisata hutan. Sayang, negara kita senengnya instan, dapet untungnya cepet tapi merusak lingkungan dan penduduk sekitar

itsreza
15-12-2011, 10:09 AM
tadi baca di kompas, pas rapat dengar pendapat dengan DPR
kabareskrim membantah penjagalan di lampung
pas keluar ruangan, membenarkan ada penjagalan di lampung

ancuur
15-12-2011, 10:45 AM
Musti ditinjau.. fungsi tentara itu apa? Melindungi rakyat miskin ato investor kaya?

pejabat, aparat perangkat desa, sampai pusat semuanya manusia2 ababil.. mereka gak punya hati nurani, yg di pikirin cuma duit.. duit dan duit.. :iamdead: (investornya kbetulan sama2 ababil) :iamdead:

surjadi05
15-12-2011, 10:45 AM
Kalo gw baca di koran Batam pos (group Jawa Pos) en tribun ( gramedia) yg membantai itu pam swakarsa ( yg dibentuk oleh pt itu tapi emang dibekingi aparat) dengan kata lain BUKAN APARAT YG BERTINDAK LANGSUNG, tapi tetap aja ::arg!::::arg!::

ancuur
15-12-2011, 10:51 AM
tadi baca di kompas, pas rapat dengar pendapat dengan DPR
kabareskrim membantah penjagalan di lampung
pas keluar ruangan, membenarkan ada penjagalan di lampung

polisi daerah itu kan pion2 polisi dari pusat...
polisi daerah ada wajib setor jga ke pusat.. bayangin aja deh ::doh::
halloww... irian belom selesai jga noh =))

note: tapi lebih pinter org2 irian.. yg di incer bukan warga tapi polisi ::arg!:: (sayangnya polisi2 yg tidak ber dosa yg di tembaki..) :iamdead:

bradon heat
15-12-2011, 07:55 PM
polisi daerah itu kan pion2 polisi dari pusat...
polisi daerah ada wajib setor jga ke pusat.. bayangin aja deh ::doh::
halloww... irian belom selesai jga noh =))

note: tapi lebih pinter org2 irian.. yg di incer bukan warga tapi polisi ::arg!:: (sayangnya polisi2 yg tidak ber dosa yg di tembaki..) :iamdead:

semuanya memang ada "kepalanya" , kalau udah di kuasain udah deh ::bye:: ::doh::

ancuur
15-12-2011, 08:35 PM
semuanya memang ada "kepalanya" , kalau udah di kuasain udah deh ::bye:: ::doh::

ember.. liat aja polisi pusat.. jwbnya kyk orang bego...
bukanya pintar mengamankan rakyat.. tapi pada "pintar ngeles" dgn berbagai argumen..
pengusaha :nunjuk: pegawai.. pegawai di back up :nunjuk: polisi & tentara.. :nunjuk: rakyat :iamdead: ::doh::

bradon heat
15-12-2011, 08:45 PM
ember.. liat aja polisi pusat.. jwbnya kyk orang bego...
bukanya pintar mengamankan rakyat.. tapi pada "pintar ngeles" dgn berbagai argumen..
pengusaha :nunjuk: pegawai.. pegawai di back up :nunjuk: polisi & tentara.. :nunjuk: rakyat :iamdead: ::doh::

juga kebanyakan jawabannya sangat

"normatif" parah ... gk relevan ama bukti yg saya rasa udah otentik

polisi yg ada disana tuh melindungi rakyat blaa .... blaa bla....
ampe berbusa tuh kadiv humas nya ::doh::

nodivine
16-12-2011, 10:07 AM
jawaban pak Beye... saya prihatin..

LawLiet
16-12-2011, 11:19 AM
jawaban pak Beye... saya prihatin..

saya sedih ::grrr::

Urzu 7
16-12-2011, 12:23 PM
jawaban pak Beye... saya prihatin..

Trus bikin album terbaru;D

karst
16-12-2011, 09:13 PM
apa yg ada di pikiran tuh orang-orang yang tega nyembelih orang hidup2 kayak binatang aja , abis itu pake acara ketawa lagi , mana itu kata-kata yang bilang kalo bangsa ini bangsa yang cinta damai

ancuur
16-12-2011, 09:22 PM
http://static.liputan6.com/201112/111216amesuji-bantah.jpg


Liputan6.com, Bandar Lampung: Kapolda Lampung Brigjen Polisi Jodie Rooseto menyangkal video tentang korban pembantaian terhadap petani di Kabupaten Mesuji, Lampung. Menurutnya, peristiwa itu terjadi di Desa Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, dan bukan di daerah Lampung.

“Pernah ada dua peristiwa bentrok antara polisi dan warga di Kabupaten Mesuji, Lampung,” kata Jodie di Bandar Lampung, Lampung, Kamis (15/12).

Pada 6 November 2011, polisi berusaha menertibkan para perambah di kawasan hutan produksi register 45, milik PT Silva Inhutani. Namun, tindakan itu mendapatkan perlawanan dari warga. Satu orang warga tewas tertembak peluru dan seorang lagi terluka, karena berusaha melawan polisi.

Peristiwa kedua terjadi pada 10 November 2011. Bentrokan terjadi terkait penjarahan buah kelapa sawit milik PT Barat Selatan Makmur Invesindo (BSMI) oleh sekelompok warga. Polisi yang berusaha menghentikan aksi penjarahan justru mendapatkan perlawanan dari warga. Bentrokan terus berlanjut dan memaksa polisi mengeluarkan tembakan peringatan. Lima warga terluka dan salah seorang di antaranya meninggal dunia.

Terkait dua peristiwa tersebut, Polda Lampung telah melakukan penanganan, di antaranya memberikan sanksi disiplin terhadap dua polisi yang terlibat dalam peristiwa penembakan tersebu. Kasus ini belum tuntas dan ditangani.(SHA) sambel (http://berita.liputan6.com/read/367706/kapolda-lampung-sangkal-video-pembantaian)

hajime_saitoh
18-12-2011, 09:13 AM
wah sadis banget ne aparatnya... karena uang tega ngebantai saudara sendiri

et dah
18-12-2011, 10:49 AM
vidionya mana siii?? ada yang udah liat ??

karst
18-12-2011, 03:23 PM
videonya bohong katanya , diambil dari kejadian di pattani thailand

Video Mesuji Diambil dari Pembantaian Pattani?
Sabtu, 17 Desember 2011 , 14:55:00 WIB

RMOL. Beberapa adegan pemenggalan kepala yang ditampilkan dalam video pembantaian Mesuji diduga diambil dari pembantaian di Pattani, Thailand. Media CBSNews (Jumat, 16/12) menganalisis bahwa dalam video pembantaian Mesuji yang beredar di dunia maya terdapat potongan klip dari peristiwa pembantaian di daerah Pattani, Thailand Selatan.
Pelaku pembantaian yang terlihat memakai celana loreng, bersenjata laras api, dan mengenakan penutup muka dalam video tersebut memiliki kemiripan dengan para anggota separatis Pattani yang terlibat pembantaian dalam konflik SARA di Thailand.
Adapun dalam video pemenggalan kepala terdapat keganjalan pada bahasa dan dialek yang digunakan oleh para pelaku yang mirip dengan dialek Melayu Pattani.
Dalam video versi pembantaian Pattani, para pelaku dengan sengaja menunjukan adegan pemenggalan ini seraya berteriak "Pattani Darussalam" dan dilanjutkan dengan teriakan "merdeka" oleh yang lain.
Kamis kemarin (15/12), beberapa warga Mesuji mendatangi Komisi III DPR. Mereka melaporkan kekerasan dan pembantaian yang terjadi di Mesuji. Dalam pertemuan tersebut, mereka menyampaikan video bukti pembantaian
http://www.rakyatmerdekaonline.com/read/2011/12/17/49292/Video-Mesuji-Diambil-dari-Pembantaian-Pattani-

ancuur
18-12-2011, 03:38 PM
videonya bohong katanya , diambil dari kejadian di pattani thailand

Video Mesuji Diambil dari Pembantaian Pattani?
Sabtu, 17 Desember 2011 , 14:55:00 WIB

RMOL. Beberapa adegan pemenggalan kepala yang ditampilkan dalam video pembantaian Mesuji diduga diambil dari pembantaian di Pattani, Thailand. Media CBSNews (Jumat, 16/12) menganalisis bahwa dalam video pembantaian Mesuji yang beredar di dunia maya terdapat potongan klip dari peristiwa pembantaian di daerah Pattani, Thailand Selatan.
Pelaku pembantaian yang terlihat memakai celana loreng, bersenjata laras api, dan mengenakan penutup muka dalam video tersebut memiliki kemiripan dengan para anggota separatis Pattani yang terlibat pembantaian dalam konflik SARA di Thailand.
Adapun dalam video pemenggalan kepala terdapat keganjalan pada bahasa dan dialek yang digunakan oleh para pelaku yang mirip dengan dialek Melayu Pattani.
Dalam video versi pembantaian Pattani, para pelaku dengan sengaja menunjukan adegan pemenggalan ini seraya berteriak "Pattani Darussalam" dan dilanjutkan dengan teriakan "merdeka" oleh yang lain.
Kamis kemarin (15/12), beberapa warga Mesuji mendatangi Komisi III DPR. Mereka melaporkan kekerasan dan pembantaian yang terjadi di Mesuji. Dalam pertemuan tersebut, mereka menyampaikan video bukti pembantaian
http://www.rakyatmerdekaonline.com/read/2011/12/17/49292/Video-Mesuji-Diambil-dari-Pembantaian-Pattani-


mudah2an sih begitu :ngopi:

klo di lihat dari nama2 yg kena tembak atau terluka, kyknya nama2 orang bali... kemungkinan besar mereka itu orang2 yg dapat program transmigrasi kali yah... ::doh:: klo iya kasihan sekali, jamannya cing harto.. pemerintah membuka hutan dgn mengirim transmigran dari berbagai daerah.. nah sekarang sesudah daerahnya terbuka malah kena pengusiran paksa.. klo iya gak adil banget pemerintah ini... !!

note: hukum di indonesia memang tergantung duit sih ::doh:: ::arg!::

Blitzen
18-12-2011, 03:40 PM
vidionya mana siii?? ada yang udah liat ??

Ada di halaman 1