PDA

View Full Version : apa sih yang dimaksud "indonesia kaya akan rempah rempah"



Joyko
12-11-2011, 11:41 AM
kalo dulu waktu sd belajar pasti disebut keunggulan (komoditi) indonesia adalah rempah2, yang dimaksud rempah2 disini kayak gimana, yang gw tahu rempah2 yang dijual buat pengharum ruangan.. ::doh::

cha_n
12-11-2011, 11:45 AM
ya semacam merica, cengkeh, dll dll, kan bisanya hidup di negara tropis doank

surjadi05
12-11-2011, 11:45 AM
istilah jaman dulu kali, alasan londo jajah kita waktu itu di eropa kan kaga ada Cabe, Pala dll
kalo sekarang dimana2 udah banyak, jadi sekarang kalo mau" jajah " paling negara yg kaya minyak/tambang lainnya::hihi::::hihi::

BundaNa
12-11-2011, 11:58 AM
lho rempah2 emang cengkeh, pala, cabe, merica dll itu

E = mc˛
12-11-2011, 12:14 PM
bumbu masak semuanya masuk kategori rempah seperti cabe, lada, merica, kayu manis, dsb

Ronggolawe
12-11-2011, 12:33 PM
yup, rempah-rempah dari Nusantara, Teh dari Cina

surjadi05
12-11-2011, 12:35 PM
lho rempah2 emang cengkeh, pala, cabe, merica dll itu

bukan gw nangkap maksd tersembunyi joyko menanyakan kaya rempah2 dan kata2 sd pasti berhubngan dgn penjajahan! ::hihi::::hihi::

atau jgn2 joyko bener2 cuma menanyakan arti rempah2, kalo iya waduh kepala gw yg puternya terlalu kencang, gara2 sering baca post nya si kaine::arg!::::arg!::::hihi::::hihi::

porcupine
12-11-2011, 01:07 PM
Elo terlalu canggih otaknya Sur..

Kaine
12-11-2011, 01:15 PM
dont drag me down into your misery, sur..

::nono::

Ronggolawe
12-11-2011, 01:39 PM
bukan gw nangkap maksd tersembunyi joyko menanyakan kaya rempah2 dan kata2 sd pasti berhubngan dgn penjajahan! ::hihi::::hihi::

atau jgn2 joyko bener2 cuma menanyakan arti rempah2, kalo iya waduh kepala gw yg puternya terlalu kencang, gara2 sering baca post nya si kaine::arg!::::arg!::::hihi::::hihi::

Rempah-rempah atau Spice, merupakan komoditas
yang menjadi rebutan di Planet Dune :)

Mu'adhib :)

Lighto
12-11-2011, 02:01 PM
Klo genk dan mafia rempah2nya kokain heroin ;D

surjadi05
12-11-2011, 02:36 PM
Elo terlalu canggih otaknya Sur..
::hihi::::hihi::


dont drag me down into your misery, sur..

::nono::err u called it misery i called it talent::hihi::::hihi::

but about drag2ing ::maap::

et dah
12-11-2011, 02:59 PM
kayu manis ama cengkeh dkk subur di sini

spears
12-11-2011, 03:35 PM
Iya rempah2 itu spt semua yg disebutkan diatas (minus kokain dan heroin)intinya yg bs bikin bumbu

ndableg
12-11-2011, 03:55 PM
Termasuk GANJA itu rempah2..

Joyko
12-11-2011, 06:02 PM
bukan gw nangkap maksd tersembunyi joyko menanyakan kaya rempah2 dan kata2 sd pasti berhubngan dgn penjajahan! ::hihi::::hihi::

atau jgn2 joyko bener2 cuma menanyakan arti rempah2, kalo iya waduh kepala gw yg puternya terlalu kencang, gara2 sering baca post nya si kaine::arg!::::arg!::::hihi::::hihi::

iya om kenapa londo dulu suka sama rempah2, sama sekarang kenapa rempah2 gak jadi komoditi unggulan padahal wong londo dulu suka ambil rempah2 kita

Nharura
12-11-2011, 06:19 PM
rempah2 mirip merica, kunyit, jahe, ketumbar, pala, daun cengkeh, kapulaga, kayu manis

yang sering di buat untuk masakan soto, dan bumbu dapur...

*biasanya itu yang bedakan,, karena klw di luar negeri..harus impor dulu.. dan relatif mahal harganya beda dengan di indonesia, yang penghasil rempah2x

gogon
12-11-2011, 06:29 PM
jadi jaman dulu tuh citarasa masakan di eropa ya gitu2 aja, gak tasty dan cenderung membosankan. Maka ketika ditemukan rempah2 sebagai peningkat citarasa masakan, berbondong2 lah manusia mencarinya.

surjadi05
12-11-2011, 07:31 PM
iya om kenapa londo dulu suka sama rempah2, sama sekarang kenapa rempah2 gak jadi komoditi unggulan padahal wong londo dulu suka ambil rempah2 kita

Berarti gw bener donk?:piso::piso: :nunjuk:porcupine ::hihi::::hihi::


jadi jaman dulu tuh citarasa masakan di eropa ya gitu2 aja, gak tasty dan cenderung membosankan. Maka ketika ditemukan rempah2 sebagai peningkat citarasa masakan, berbondong2 lah manusia mencarinya. dan yg paling penting rempah2 bisa menghangatkan tubuh, waktu itu mesin penghangat badan kan belum ditemukan, kecuali bini::hihi::::hihi::

Urzu 7
12-11-2011, 08:50 PM
makanya masakan barat ada istilahnya pake bahan rempah2 biar keliatan mewahnya..padahal yo podo ae;D

beastmen85
12-11-2011, 11:10 PM
bumbu dapur, agak OT, dulu saat pertama kali mengenal garam, garam itu mkanan mahal

BundaNa
13-11-2011, 06:31 AM
iya om kenapa londo dulu suka sama rempah2, sama sekarang kenapa rempah2 gak jadi komoditi unggulan padahal wong londo dulu suka ambil rempah2 kita

dulu kan rempah2 mahal...sama deh harganya sama heater buat musim dingin..sekarang gak terlalu penting di barat sana karena udah ada heater...plus sekarang tanpa penjajahan fisik juga dijual beli juga udah cukup;D

spears
13-11-2011, 08:38 AM
cabe mahhall kale.
tp bule ga bgitu suka cabe.

ndableg
13-11-2011, 04:53 PM
iya om kenapa londo dulu suka sama rempah2, sama sekarang kenapa rempah2 gak jadi komoditi unggulan padahal wong londo dulu suka ambil rempah2 kita

Masih unggulan. Coba lu perhatikan bandar2 (bukan petani) rempah2 di indonesia, kalo ga kaya ya bo'ong. Apalagi kalo export ke negara2. Hanya saja jaman sekarang ada yg lebih unggul, minyoooooaaakk....