PDA

View Full Version : spageti tanpa pengawet



jaga_manis
09-11-2011, 10:46 AM
Kop n may, bagi2 info ttg produk pasta tanpa pengawet doonk, di rumah ada stok spageti merk la fonte n del fonte, tp tak ada keterangan pengawet nya, kira2 aman ga yahh klo di konsumsi sering2, ditunnguu sharingnya yyahh

E = mc˛
09-11-2011, 10:53 AM
sama saja seperti indomie, dkk. ada bahan pengawet, tapi masih dalam batas aman buat dikonsumsi sehari-hari (dalam frekuensi yg tidak terllau rutin dan porsi yg wajar). Selama gak menjadikannya sbg pangan pokok dan gak dimakan langsung satu lusin tiap makan, maka aman-aman aja kok :D

tenang aja, tubuh kita canggih. asal racunnya gak banyak2 dan gak berbahaya banget, semuanya bisa dinetralakan. jangan lupa minum air yg banyak plus buah2an :)

nerissa
09-11-2011, 12:08 PM
spagetti kan direbus dulu ya, terus aernya di buang *yaiyalah, masa diminum
nah, itu bahan pengawetnya kebuang semua apa engga ya?

GiKu
09-11-2011, 12:14 PM
spageti = sausnya
yg berbentuk mie = pasta

E = mc˛
09-11-2011, 12:21 PM
spagetti kan direbus dulu ya, terus aernya di buang *yaiyalah, masa diminum
nah, itu bahan pengawetnya kebuang semua apa engga ya?

enggak. bahan pengawetnya kan bercampur dengan tepungnya. kecuali tepung/spagetinya juga dibuang ;D

nerissa
09-11-2011, 12:24 PM
^ trus gigit mangkoknya ajah?

serius nih, berapa banyak bahan pengawetnya terbunag setelah direbus

E = mc˛
09-11-2011, 01:35 PM
kalo seberapa banyak, yah susah atuh--tergantung lama merebus, jumlah air, dll

yg jelas, terlalu banyak mitos buat "black campaign" menyerang mie instan. buat baca2:

http://koranindonesiasehat.wordpress.com/2010/01/11/mitos-pada-mie-instan-benarkah-mi-instan-berbahaya/

BundaNa
09-11-2011, 03:29 PM
pengawet pada makanan kemasan masih bisa ditolerir...yanga gak bsia ditolerir justru atribut2nya, macam vetsin, lilinnya dll...ya meminimalisirnya dengan membuang air rebusannya aja.

jaga_manis
13-11-2011, 06:09 AM
Pengawet pd makanan yg lolos badan POM itu aman, Tp dlm volume tertentu saja, harusnya pemerintah mewajibkan produsen mencantumkan keterangan dosis aman konsumsinya, misalnya, "konsumsi mi instan maksimal 150 gram perhari, dan boleh mengkonsumsi lg tiga hari berikutnya", dari sini masyarakat tahu batasan konsumsi yg aman, sehinngga tidak lg menjadikan mi instan sbg makanan pokok yg malah bs membahayakan.

desah_angin
17-11-2011, 11:59 AM
joko ngarang neh wkwkw....

spageti itu jenis pasta. kan ada canneloni, macaroni, fettucini, lasagna, fusili, dll...
sausnya beda lagi, ada bolognaisse, carbonara, marinara, bechamel... bahannya beda2..

#sekilaslewat