PDA

View Full Version : E-KTP dan BANK



neofio
11-08-2017, 06:48 PM
saya tidak bisa buka rekening tabungan di bank dengan KTP elektronik, dikarenakan NIK tidak muncul di komputer bank.......

sudah di cek di kecamatan, dan NIK tersebut sudah terdaftar di disduk capil..
di coba di empat bank berbeda hasilnya ditolak juga....

Yuki
12-08-2017, 06:46 AM
kapan kamu dapet E-KTP tsb?

apa baru sekarang-sekarang ini?

mobyokuzan
12-08-2017, 09:09 AM
minta surat pernyataan dari kecamatan (sdh stempel dan ttd pak camat) kalo NIK punya lu resmi terdaftar sbg warga negara indo. kalo bank masih mempersulit setelah dpt surat pernyataan tsb berarti memang pihak banknya yg bermasalah :ngopi:

solusinya ditabung sendiri aja duitnya masukin celengan ;D

Yuki
12-08-2017, 11:50 AM
4 bank berbeda tapi ditolak semua, masa bank-nya yg salah

ini kasus rada aneh

- - - Updated - - -

4 bank berbeda tapi ditolak semua, masa bank-nya yg salah

ini kasus rada aneh

neofio
12-08-2017, 01:07 PM
dah lama bikin ktp nya. ternyata kssus ini bkn saya saja.
kata petugas kecamatan, kalo sudah dpat kartu ktp (berbentuk fisik kartu) berarti sudah terdaftar di DisdukCapil nasional.

kasus nik tidak muncul terjadi waktu pendaftaran siswa/mahasiswa baru dan penerimaan pns di indonesia, tetapi dpt teratasi dgn cara membawa surat rekomandasi dr camat atau disduk, masalah teratasi. mereka tuh gak terpaku dgn komputer/online, tapi si bank ini terpaku dgn onlinenya..

apa bakal terus berlarut-lArut masalah ini ?

e-ktp yg dikatakan sebagai ktp tidak perlu diperpanjang alias ktp seumur hidup, berarti gw gak bkal punya rekening bank seumur hidup gw...
Posted via Mobile Device

Yuki
12-08-2017, 04:17 PM
ternyata kssus ini bkn saya saja
maksudnya ada orang lain juga yg bernasib sama kaya neo?

soalnya jujur saya belum pernah menemui kasus seperti ini, baca di media informasi pun belum pernah ada

neofio
12-08-2017, 04:57 PM
iya bnyk seperti saya, itu pengakuan petugas cs bank, katanya "saya sudah bnyk nolak calon nasabah bank"

tadi saya kunjungi web disduk capil, ada orng lain seperti saya, solusinya : 'silahkan puhak bank menelpon ke disduk untuk mengecek nik'

syart bikin rekening bank bisa jg pake pasport, masa gw mesti bikin pasport dulu..

wkwkk..

ditanya di kantor migrasi, mau pergi kemna bikin pasport ? jwab gua, gk kmana2 mau bikin rekening bank aja kok...

lol... hadehh
Posted via Mobile Device

Yuki
12-08-2017, 08:31 PM
untuk bikin passport harus ada E-KTP juga....


mantep dah ini mah bikin stress berat, serba salah

mobyokuzan
13-08-2017, 09:05 AM
https://www.youtube.com/watch?v=Nv7nJzZA0BY&t=2s


Saksi kunci kasus korupsi KTP elektronik atau kasus korupsi eKTP Johannes Marliem, diduga meninggal di Los Angeles, Amerika Serikat, Kamis (11/08/2017)waktu setempat. Saksi utama eKTP KPK, Johannes Marliem diduga tewas. Untuk mengetahui informasi terkini, sudah ada juru bicara KPK, Febrian Diansyah di Gedung KPK. Kami akan mendiskusikan kasus terbaru dari kasus korupsi ektp.

tuscany
13-08-2017, 11:56 AM
Mungkin bank dan dukcapil pake database yang sedikit berbeda isi atau versinya. Entah yang mana yang pake lebih lama, mungkin si bank ya. Jadi gak update.

neofio
13-08-2017, 03:46 PM
saya jg berpikiran ksana, yg di bilang tuscany, krena kakak saya bikin ktp bareng dgn saya, bisa bikin rekening bank di kotamadya, smentara yg kmarin saya coba bank yg dekat rumah, di kabupaten. mlah istri kakak saya gak bisa juga bkin rekening bank, padahal kakak dan istrinya ada di dlam satu kartu keluargaPosted via Mobile Device

etca
14-08-2017, 12:00 PM
^
bukan masalah dalam satu kartu keluarga
tapi sudah eKTP atau belum

saya sudah eKTP, status KTP di kota asal. bukan Jekardah.
Nah kapan lalu bikin rekening baru BCA bisa dibuat di cabang mana saja asal sudah eKTP.
kalau belum eKTP harus disertai surat domisili dll.

infonya lagi kalau perpanjangan paspor asalkan di lokasi yang sama dengan dulu paspor tsb dikeluarkan.
bisa tanpa berkas2, cukup dengan membawa eKTP dan paspor.

BTT, itu yang saksi meninggal di Amrik, kok jadi janggal gitu yah.
apa ya meninggalnya disengaja supaya kasus eKTP mandeg lagi?

neofio
14-08-2017, 02:30 PM
dah diselesaikan di disduk, harus di input ulang supaya muncul di bank.

berarti IT disduk capil dan bank belum canggih, harusnya gak perlu kaya gini, saat bikin e-ktp otomatis masuk k bank dll..
Posted via Mobile Device

- - - Updated - - -

BRI sih kudu kecamatan yg sama dgn domisili,
BNI bebas

nah..

Mandiri kudu punya NPWP...

Hadehh..

buka rekening di BNI, saldo awal brapa? bener yg jabotabek 500rb dan yg luar jabotabek 250rb ?
Posted via Mobile Device

etca
15-08-2017, 03:04 PM
dah diselesaikan di disduk, harus di input ulang supaya muncul di bank.

berarti IT disduk capil dan bank belum canggih, harusnya gak perlu kaya gini, saat bikin e-ktp otomatis masuk k bank dll..
Posted via Mobile Device

- - - Updated - - -

BRI sih kudu kecamatan yg sama dgn domisili,
BNI bebas

nah..

Mandiri kudu punya NPWP...

Hadehh..

buka rekening di BNI, saldo awal brapa? bener yg jabotabek 500rb dan yg luar jabotabek 250rb ?
Posted via Mobile Device

Wkwkkkkwkw derita yah kalau udah ngebandingin bank
BCA juga kudu pakai NPWP kok kecuali kalau dibawah umur.
kayak kemarin bikinin ponaan Tahapan bisa hanya modal KTP plus isi form kalau belum punya NPWP

BCA Xpress setoran awal buka rekening 50.000 dipotong buat atm 25.000
biaya adm per bulan cuma 5.000, murah tapi ga dikasi buku rekening ;D

BNI ga bebas ah. harus KTP sesuai domisili kalau ga harus pakai surat keterangan tinggal.
entah kalau sekarang eKTP berlaku buka rekening di manamana.

ini kenapa kita jadi ngomongin buka rekening yah?? ::ngakak2::

neofio
15-08-2017, 06:01 PM
waktu ke disduk capil, ruangannya crowded, yg antri yg sudah pgang nomor antrian pada berdiri dpn loket, krn yg ngumumin no giliran suaranya kecil bnget gk pake speaker, hampir aja nomor gw kelewat

semuanya warga pd kmpul dgn berbagai urusan mulai dr perbaikan ktp, kk, akte klahiran s/d surat pindah.

good job....
Posted via Mobile Device

tsu
16-08-2017, 09:47 AM
iya bnyk seperti saya, itu pengakuan petugas cs bank, katanya "saya sudah bnyk nolak calon nasabah bank"

tadi saya kunjungi web disduk capil, ada orng lain seperti saya, solusinya : 'silahkan puhak bank menelpon ke disduk untuk mengecek nik'

syart bikin rekening bank bisa jg pake pasport, masa gw mesti bikin pasport dulu..

wkwkk..

ditanya di kantor migrasi, mau pergi kemna bikin pasport ? jwab gua, gk kmana2 mau bikin rekening bank aja kok...

lol... hadehh
Posted via Mobile Device

waaaaaah CS ga bener tuh, bakalan kena tegur klo ditempat gw
harusnya dia bilang "mohon maaf bapak, mohon bapak berkoordinasi dahulu dengan dispendu" ato gimana lah, malah ngaku klo nolak nasabah....
kena wartawan bisa dipelintir tuh omongan si CS

anw, AFAIK rekening bank itu syaratnya adalah identitas, dan bukan KTP, ini berbeda2 di masing2 bank
tapi best practice adalah indentitas, dan itu melikupi KTP, SIM, Paspor ato identitas lain yang sah

Yuki
16-08-2017, 10:35 AM
BCA juga harus pale NPWP kalo mau buka rekening

Saya harus buka rekening BRI, tapi sampe sekarang belum ada waktu, males ngantrinya

etca
16-08-2017, 01:00 PM
^
dirimu kan bukan anak sekolah Yuki,
kalau ponaan kan baru 17 tahun pas saya buatkan rekening di BCA
jadi gpp tanpa NPWP.

BRI memang warbiyasah antrinya. Saya juga punya akun di BRI karena emak,
akun saya jaman masih bocah bowww. kayaknya waktu jaman SD deh.
Entah kenapa favorite banget emak pakai BRI, mungkin karena lokasi bank relatif dekat dengan rumah.
Tinggal ngesot 400 m udah nyampe. ;D

tokoandalan
14-02-2018, 04:47 PM
Kalo cuma mau daftar bank, pinjam aja ktp keliuarga dekat lu. atau bini/suami lu kan bisa. :D

Yuki
15-02-2018, 07:40 AM
^
lha tergantung yg mau buka rekeningnya siapa?

misalkan adik yg mau buka rekening masa make KTP kakak?