PDA

View Full Version : Kasus2 Kredit Motor di Indonesia



AsLan
13-06-2011, 10:27 AM
Beberapa hari yang lalu Kompas menurunkan tulisan mengenai seorang tukang ojek yg berani melawan sebuah perusahaan pembiayaan/kredit di pengadilan.

Awal masalahnya karena si tukang ojek menunggak tagihan cicilan motor sehingga motornya disita.

Pengadilan memenangkan si tukang ojek namun perusahaan kredit tidak mau menyerah dan terus banding namun tetap dikalahkan oleh pengadilan.
Meskipun sudah kalah dipengadilan, perusahaan ini tetap tidak mau melaksanakan mengembalikan motor si pengojek.

Kenapa pengadilan memenangkan seorang tukang ojek yang mengemplang hutang ?

Rupanya karena perusahaan kredit menyita motor tersebut begitu saja tanpa memperhitungkan uang cicilan dan dp yang sudah dibayar selama ini. Berarti ini sama seperti sebuah perampokan motor oleh begal !

Jadi sekarang terkuak mengapa kredit motor begitu mudah di indonesia.
Rupanya masyarakat di imingi2i kredit murah lalu perusahaan kredit "berharap" ada tunggakan sehingga ia bisa menyita motor tersebut dan mendapat untung besar.

Masyarakat kelas bawah dikerjai habis2an, bila ditengah masa kredit mereka mengalami masalah keuangan dan tak bisa membayar cicilan, mereka bisa kehilangan motor yg sudah dicicil selama bertahun2 begitu saja.

Kejadian ini pernah menimpa tetangga saya, ia menunggak cicilan mobil karena sedang libur lebaran ke luar negri.
Sepulangnya ke indonesia, perusahaan kredit sudah tidak mau menerima pembayaran cicilan... mereka maunya mobil itu disita !
Lalu datanglah beberapa debt collector mengambil mobil, untungnya tetangga saya itu badannya gede dan berani melawan.
Karena para debt collector itu tak berhasil menyita mobil maka perusahaan kredit mengalah dan kembali menerima cicilan, tidak jadi menyita.

Kelihatannya ini sebuah teknik perampokan.

Urzu 7
13-06-2011, 11:59 AM
Gw jarang kredit mending cash. Lebih murah perhitungannya

Kingform
13-06-2011, 12:21 PM
salah satu alesan gw males beli kredit......

aya_muaya
13-06-2011, 12:43 PM
betull.. awal tahun ini aya sempat pengen ngelunasin cicilan motor... summmppeehhh.... gw pengen maki2 tuh orang.. pengen nulis di internet, gw sebarin, gw maki2... arrghh!!!.. sialan... astaghfirullah... udah gw bela2ini ijin kantor, gw bela2in kesana panas2..eh..eh...eh...

gw dicuekin, gak direspon, pengen banget deh rasanya gw cekik tu orang... gw dilemper kesana kemari...

akhirnya, setelah lamanya gw nunggu dibiarin... gw cabut saking emosinya... nyebelin banget!

habis itu kapok kredit motor lagi...

pernah lupa bayar, telat, mereka neror sms.. gw balik maki2 gantian,.. *tapi smsnya gak dikirim ama suami..
nyebelin deh...

astaghfirullah,.... ufffh... coba eike punya duit... hah,, negara ini mungkin tidak sayang sama orang2 yang gak punya duit kea saya... hiks..

BundaNa
13-06-2011, 02:04 PM
saya gak tau juga, kayaknya tergantung kebijakan masing2 finance yah...kemaren bapak sempat nunggak 3x, mestinya memang ditarik, ada kontraknya, karena kita sudah tanda tangan mestinya ya salah kita sebagai konsumen. Tetapi tidak ditarik karena ada perjanjian seminggu lagi melunas tunggakannya. Alhamdulillah bisa dilunasi semua cicilan sampai lunas, dan mereka juga memberi keringanan denda kredit tertunggak dan potongan cicilan karena lunas sebelum waktunya

gogon
13-06-2011, 02:27 PM
sebenernya sih pertimbangan kredit bisa murah bukan karena dealer berharap konsumennya nunggak cicilan supaya motor bisa ditarik.
tapi karena demand yg tinggi, dari pasar yg lebih bisa nyisihin duit gaji (buat nyicil)

Plus profit yang besar dari bunga kredit.

AsLan
13-06-2011, 03:11 PM
saya gak tau juga, kayaknya tergantung kebijakan masing2 finance yah...kemaren bapak sempat nunggak 3x, mestinya memang ditarik, ada kontraknya, karena kita sudah tanda tangan mestinya ya salah kita sebagai konsumen. Tetapi tidak ditarik karena ada perjanjian seminggu lagi melunas tunggakannya. Alhamdulillah bisa dilunasi semua cicilan sampai lunas, dan mereka juga memberi keringanan denda kredit tertunggak dan potongan cicilan karena lunas sebelum waktunya


wah perusahaan finenace mu itu baik amat...

salah satu kakak pegawai saya ada yg tidak mampu meneruskan kredit motornya, maka motor itu akan ditarik oleh perusahaan -tanpa menghitung cicilan yang sudah dibayar- !
akhirnya saya yg meneruskan cicilan dan saya ganti uang cicilannya yang dulu sudah dia bayar.

Seharusnya: Perusahaan yg menyita kendaraan itu harus menghitung uang yg sudah dikeluarkan oleh kliennya (tentu di potong pinalti) bukan disita begitu saja.

AsLan
13-06-2011, 03:15 PM
sebenernya sih pertimbangan kredit bisa murah bukan karena dealer berharap konsumennya nunggak cicilan supaya motor bisa ditarik.
tapi karena demand yg tinggi, dari pasar yg lebih bisa nyisihin duit gaji (buat nyicil)

Plus profit yang besar dari bunga kredit.


Betul sekali, bunga dari kredit itu keuntungan besar.
Tapi praktek dilapangan, besarnya profit dari bunga masih belum memuaskan mereka, buktinya orang yg terlambat bayar cicilan langsung diblokir tidak bisa membayar lagi (kasus tetangga saya) dan langsung dijadikan kasus kredit macet.

Mungkin untuk orang2 yg berpendidikan tinggi masih bisa negosiasi dengan perusahaan, kalau dikampung2 sih banyak korban sita langsung.

Ariti
13-06-2011, 04:41 PM
telat bayar 4 hari aja, lsg di telp, di datengin...

ya begitulah

mereka ga mau tau kalau tgl bayar terahir adalah tanggal merah, disambung weekend...begitulah....pokoknya harus sama persis dgn tanggal bayar bulan kemarin...
perusahaan leasing kayak lintah darat
tapi kalau ga gitu, mereka ga makan kan

AsLan
13-06-2011, 09:32 PM
telat bayar 4 hari aja, lsg di telp, di datengin...

ya begitulah

mereka ga mau tau kalau tgl bayar terahir adalah tanggal merah, disambung weekend...begitulah....pokoknya harus sama persis dgn tanggal bayar bulan kemarin...
perusahaan leasing kayak lintah darat
tapi kalau ga gitu, mereka ga makan kan

klo gak gitu mereka tetap hidup, tapi gak puas.

itsreza
13-06-2011, 11:14 PM
memang bisnis kredit itu cukup kotor
selain bunganya yang besar, kalau dihitung bunganya kredit kendaraan, bisa mencapai 30%-55% dari harga asli
toleransi terhadap telat/tunggakan juga rendah, telat bayar bisa langsung menyita barang tanpa memperhitungkan besarnya jumlah yang telah dibayar oleh debitor

itsreza
13-06-2011, 11:18 PM
Gw jarang kredit mending cash. Lebih murah perhitungannya
iya bener, tapi yang nilainya tidak terlalu besar seperti barang-barang elektronik, kadang ada penawaran bunga 0%
penawaran seperti ini kalau digunakan dengan bijak berguna untuk mengatur cash flow keuangan

aya_muaya
13-06-2011, 11:27 PM
tapi ada juga, ini cerita temen, jadi, temennya temenku itu, dia sengaja beli motor depe 500rebu, terus dia sengaja gak bayar cicilan, tapi motornya dipreteli, barang2nya dijual, diganti ama yang second atau bekas... Nah, begitu dia gak bayar, motornya diambil kan...tapi udah palsu semua barangnya...
Habis di 1 dealer, dia ganti ke dealer lainnya, kea gitu modusnya.. Kalau diitung2, dia untung kan...

AsLan
14-06-2011, 01:04 AM
tapi ada juga, ini cerita temen, jadi, temennya temenku itu, dia sengaja beli motor depe 500rebu, terus dia sengaja gak bayar cicilan, tapi motornya dipreteli, barang2nya dijual, diganti ama yang second atau bekas... Nah, begitu dia gak bayar, motornya diambil kan...tapi udah palsu semua barangnya...
Habis di 1 dealer, dia ganti ke dealer lainnya, kea gitu modusnya.. Kalau diitung2, dia untung kan...

Iya, dari kedua belah pihak sama2 main kotor...
lalu yg kena getahnya adalah orang yg baik2, yg mau kredit motor sungguh2.

ancuur
14-06-2011, 01:10 AM
HATI - HATI !!!

Korban Penipuan Kredit Motor Lapor Polisi

Sankardi(41) warga Lingkungan Gedungwani Desa Karangrejo, Kecamatan Jatiagung, yang menjadi korban penipuan berkedok kredit Motor, Selasa (30/11) kemarin, melapor ke Polsek Jatiagung. Korban melaporkan Toyip (50) warga desa Rejomulya, Kecamatan Jatiagung, karena telah melakukan penipuan yang berkedok kredit motor yang mengakibatkan korban mengalami kerugian Rp 500 ribu.
Antara korban dengan pelaku dalam kasus penipuan keridit ini hanya kenal muka saja. Bertempat di kediaman korban Juni lalu, korban didatangi Toyip dengan menawarkan keridit mendapat sepedah motor dengan uang muka yang murah.

''Saya tertarik untuk mengambil sepeda motor yang ditawarkan Toyip karena diiming-imingi dengan uang muka murah saya dapat memiliki sepeda motor baru. Dengan di janjikan hanya dengan menyetorkan uang Rp 500 ribu, dalam waktu satu hari akan mendapatkan sepeda motor dengan uang muka murah tersebut,''kata Sankardi saat di temui wartawan kemarin (30/11).
Tentu saja dengan uang muka murah dan cepat keluar motor kreditan yang di janjikan ini membuat korban tergiur. Langsung saja korban mengikuti persyaratan yang di ajukan oleh terlapor tanpa pikir pajang lagi.
Namun hingga hari yang ditentukan, motor yang dijanjikan dari penyetoran Rp 500 ribu untuk uang muka motor yang di janjikan terlapor tak kunjung datang. Akhirnya baru disadari bahwa apa yang ditawarkan tersebut merupakan penipuan. Sehingga korban melaporkan kasus tersebut ke Polisi.

Kapolsek Jatiagung, Ipda Mulyadi, saat di konfirmasi atas kasus tersebut berharap masyarakat mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Bilamana ada orang yang mengiming-imingi sesuatu yang tidak masuk akal kiranya agar jangan ditanggapi.
Karena tidak menutup kemungkinan kasus-kasus penipuan dengan berbagai kedok akan terjadi sehingga masyarakat perlu waspada dan hati-hati. Sedangkan atas kasus penipuan dengan kedok kredit ini, kepolisian masih mengumpulkan bukti dan keterangan untuk ditindaklanjuti.

aya_muaya
14-06-2011, 01:13 AM
dia pakai hipnotis juga kali ya? Masa iya langsung mau? Gak resmi di dealer lagi,,,

atau mungkin mereka tetangga dekat..

ancuur
14-06-2011, 02:00 AM
kyknya bkn hipnotis.. klo hipnotis ngapain take time ...
klo hipnotis langsung barang yg di bawa kena semua.. kadang klo bw credit card bisa sebutin password jga !

kala
14-06-2011, 07:51 AM
Kasus2 Kredit Motor di Indonesia

biar imbang yaa
* hari begini dengan 500 rebu ( ada yang dibawa ) ... bawa pulang motor baru
cicilan tidak dibayar tiga bulan ditarik ... d
hitungannya ... 3 bulan dikali ongkos transpor/hari dikurang uang muka ( 500rebo ) ... ungtungnya bisa lumayan

= motor baru ... secara onderdil masih njoss ... diganti part kwalitas receh .... selanjutnya silajkan diler bertindak

+ motor baru andal jadi pekerja berat mengganti kerbau ... kira kira saja kalau dipake narik kayu dihutan itu motor tahan berapa masa ... setelah motor ringsek denagn hasil berkubik2 ........... nyari kriditan baru

=== :ngopi:

Alip
14-06-2011, 08:44 AM
Beberapa waktu lalu saya terlibat wawancara sama account officer di beberapa perusahaan pembiayaan...

Mereka curhat bahwa di beberapa daerah tertentu, kejadiannya malah tiap kali mau nagih mereka dihadang sama preman ... biasanya terjadi kalau yang ditagih adalah orang kaya lokal dan tradisional. Yang dikreditkan pun bukan sembarangan, sebangsa Fortuner, Harrier, dan sebagainya...

Kalau yang kelas motor, ya kejadiannya kayak ceritanya Jeng Aya_muaya... pas ditarik, ternyata onderdilnya udah lumutan.

Di daerah-daerah kayak gitu kasus kredit macet lumayan tinggi... padahal orangnya kaya-kaya :facepalm:

Sampe sekarang saya nggak mau kredat-kredit... cukup sekali aja waktu beli rumah, sesudah itu lebih baik apa-apa cash... sudah lebih murah, jauh dari riba... walaupun resikonya sampe sekarang saya cuma punya tunggangan second 18 speed yang mereknya masih susah dibaca, entah 'polytron' apa 'positron' apa 'pentagon' :luck:

BundaNa
14-06-2011, 09:50 AM
tidak semua orang punya duit 10-15 juta cash buat beli motor baru...beli second, bisa apes benerin mulu karena onderdil dah gak orisinil :D

kyuman
14-06-2011, 11:30 AM
^ kata2 bijak...:jempol:
Kenyataannya mank ga semua orang punya/mampu membeli langsung motor secara cash.. So dengan adanya kredit motor, ini membantu orang2 yg ingin punya/memiliki motor..
Mereka jadi bisa mengangsur/mencicil tiap bulannya untuk memiliki motor sesuai dengan kemampuan finansialnya..
Sayangnya usaha kredit motor ini sering jadi lahan bagi orang2 yg tidak bertanggung jawab untuk disalahgunakan...

Urzu 7
14-06-2011, 11:52 AM
Mending nabung dulu sampe punya uang yg cukup buat beli motor.

deddy
15-06-2011, 07:52 AM
aku pernah kena musibah juga gara2 kridit motor yang nunggak, bukan aku yang kridit tapi temanku yang kridit, dengan jangka waktu 2 tahun, setelah 4 bulan berjalan kebetulan temanku kena musibah istrinya lari dari rumah dan minta cerai, penyebabnya aku tidak tahu, kemudian dia datang kerumahku mau menjual motornya aku tahu kalo itu motor kridit, kemudian aku beli 10 jt, dengan maksud ingin membantu dia, tapi ternyata dia tidak pernah setor dan nunggak beberapa bulan setelah dicari ternyata temanku tersebut sudah di keluarkan dari perusahaan dengan kasus peminjaman uang koperasi. yah akhirnya aku yang ketimpa motorku kemudian ditarik sama dealer, kalo aku nerusin angsurannya totalnya hampir 10 juta juga...yah akhirnya kukasihkan saja........
sejak kejadian itu aku tidak mau lagi beli motor kriditan ......

tapi kalo di kaltim ini aneh lho......jika mau beli cash susahnya minta ampun ..... tapi begitu kridit barangnya selalu siap...... bener2 aneh ....

AsLan
15-06-2011, 10:24 AM
aku pernah kena musibah juga gara2 kridit motor yang nunggak, bukan aku yang kridit tapi temanku yang kridit, dengan jangka waktu 2 tahun, setelah 4 bulan berjalan kebetulan temanku kena musibah istrinya lari dari rumah dan minta cerai, penyebabnya aku tidak tahu, kemudian dia datang kerumahku mau menjual motornya aku tahu kalo itu motor kridit, kemudian aku beli 10 jt, dengan maksud ingin membantu dia, tapi ternyata dia tidak pernah setor dan nunggak beberapa bulan setelah dicari ternyata temanku tersebut sudah di keluarkan dari perusahaan dengan kasus peminjaman uang koperasi. yah akhirnya aku yang ketimpa motorku kemudian ditarik sama dealer, kalo aku nerusin angsurannya totalnya hampir 10 juta juga...yah akhirnya kukasihkan saja........
sejak kejadian itu aku tidak mau lagi beli motor kriditan ......

tapi kalo di kaltim ini aneh lho......jika mau beli cash susahnya minta ampun ..... tapi begitu kridit barangnya selalu siap...... bener2 aneh ....


Wah temenmu itu koq gak terus terang dari awal... musibah koq dibagi2 ke temen...

deddy
15-06-2011, 03:28 PM
Wah temenmu itu koq gak terus terang dari awal... musibah koq dibagi2 ke temen...

yah begitulah manusia kalo kepepet teman sendiri jadi korban..... cuma jadi kasian aja ama dia karena kalo ketemu masih punya rasa malu ..... suka menghindar, padahal aku sendiri biasa2 saja ......

GiKu
15-06-2011, 03:36 PM
dulu waktu awal kuliah pernah ngalami, mau beli motor cash susah, barang indent bisa lebih dari 1 bulan
tapi kalo mau ambil kredit, barangnya ada - membingungkan

ternyata jawabannya ketemu sekarang lewat trit ini

cha_n
15-06-2011, 04:00 PM
aku pernah kena musibah juga gara2 kridit motor yang nunggak, bukan aku yang kridit tapi temanku yang kridit, dengan jangka waktu 2 tahun, setelah 4 bulan berjalan kebetulan temanku kena musibah istrinya lari dari rumah dan minta cerai, penyebabnya aku tidak tahu, kemudian dia datang kerumahku mau menjual motornya aku tahu kalo itu motor kridit, kemudian aku beli 10 jt, dengan maksud ingin membantu dia, tapi ternyata dia tidak pernah setor dan nunggak beberapa bulan setelah dicari ternyata temanku tersebut sudah di keluarkan dari perusahaan dengan kasus peminjaman uang koperasi. yah akhirnya aku yang ketimpa motorku kemudian ditarik sama dealer, kalo aku nerusin angsurannya totalnya hampir 10 juta juga...yah akhirnya kukasihkan saja........
sejak kejadian itu aku tidak mau lagi beli motor kriditan ......

tapi kalo di kaltim ini aneh lho......jika mau beli cash susahnya minta ampun ..... tapi begitu kridit barangnya selalu siap...... bener2 aneh ....

dimana2 kayak gitu um
kalau cash indent 1-2bulan.
kalau cradit langsung dikasih

kalau ga mau inden bayar tambahan 500rb (info dari suami waktu nanya2 ke dealer)

alfaromeo
15-06-2011, 07:30 PM
^ kata2 bijak...:jempol:
Kenyataannya mank ga semua orang punya/mampu membeli langsung motor secara cash.. So dengan adanya kredit motor, ini membantu orang2 yg ingin punya/memiliki motor..
Mereka jadi bisa mengangsur/mencicil tiap bulannya untuk memiliki motor sesuai dengan kemampuan finansialnya..
Sayangnya usaha kredit motor ini sering jadi lahan bagi orang2 yg tidak bertanggung jawab untuk disalahgunakan...

Masalah kredit sepeda motor adalah.
DP nya yang sangat rendah. Karna DP rendah, maka kredit sepeda motor sangat rawan kredit macet.
Target nya adalah hampir semua lapisan masyarakat. Yang tidak memiliki penghasilan tetap pun, bisa mengambil kredit sepeda motor. Misalkan: tukang batu, tukang kayu, tukang kunci, dll. Apakah pemberi kredit yakin, bahwa tukang kayu / batu tersebut bakal mampu kontinu membayar cicilan sampai 3-5 tahun ke depan ?

AsLan
16-06-2011, 02:31 AM
Satu hal lagi yg baru terpikir oleh saya,
Saat motor baru dicicil 2-3 bulan, perusahaan belum mau menyita karena DP+Cicilan yg sudah dibayar masih terlalu kecil jumlahnya.
Mungkin itu sebabnya bagi mereka yg baru mencicil belum terlalu lama, perusahaan masih mendorong mereka untuk terus mencicil.

Seandainya di awal2 terjadi kredit macet, perusahaan akan berbaik hati memberi keringanan, penundaan atau penjadwalan utang.

Tapi menjelang akhir, barulah perusahaan kredit mulai ganas, karena daripada memperoleh 3-4 bulan uang sisa cicilan lebih baik dapat motor utuh.

Ya ini sih cuma teori saya saja...

deddy
16-06-2011, 07:11 AM
dimana2 kayak gitu um
kalau cash indent 1-2bulan.
kalau cradit langsung dikasih

kalau ga mau inden bayar tambahan 500rb (info dari suami waktu nanya2 ke dealer)

iya ternyata hampir merata sistim penjualannya seperti itu semua...,
malah sekarang sudah banyak beredar FIF, BIF dll yang menawarkan barang2 dengan sistem kridit...


Satu hal lagi yg baru terpikir oleh saya,
Saat motor baru dicicil 2-3 bulan, perusahaan belum mau menyita karena DP+Cicilan yg sudah dibayar masih terlalu kecil jumlahnya.
Mungkin itu sebabnya bagi mereka yg baru mencicil belum terlalu lama, perusahaan masih mendorong mereka untuk terus mencicil.

Seandainya di awal2 terjadi kredit macet, perusahaan akan berbaik hati memberi keringanan, penundaan atau penjadwalan utang.

Tapi menjelang akhir, barulah perusahaan kredit mulai ganas, karena daripada memperoleh 3-4 bulan uang sisa cicilan lebih baik dapat motor utuh.

Ya ini sih cuma teori saya saja...

ya begitulah permainan dealer..... orang kecil menjadi sasaran empuk buat mereka dengan iming2 uang muka murah... tapi kelanjutanya mencekik leher.......

bradon heat
16-06-2011, 08:20 AM
soal motor ...

kredit emang rada "SERAM" makanya lebih memilih cash ...

tp kok aneh di sebutkan dari kop2 semua yang cash kok malah di persulit.
disini datang pagi ke dealer+uang+deal = Sorenya di antar ke rumah ....
STNK tunggu 1 minggu ...

kok aneh yah? :mikir:
apa karena gk mau rugi :mikir:

Ronggolawe
16-06-2011, 08:31 AM
gw beli motor beberapa kali cash, langsung dibikinin kwitansi,
dan surat jalan. Selanjutnya motornya gw tunggangi pulang.

duta
19-02-2012, 08:38 PM
pengenya sich cash tapi apa daya banyak butuhannya duite nipis..oh ya masbro bagaimana cara mengetahui sepeda kreditan atau cash

hajime_saitoh
20-02-2012, 07:16 AM
betull.. awal tahun ini aya sempat pengen ngelunasin cicilan motor... summmppeehhh.... gw pengen maki2 tuh orang.. pengen nulis di internet, gw sebarin, gw maki2... arrghh!!!.. sialan... astaghfirullah... udah gw bela2ini ijin kantor, gw bela2in kesana panas2..eh..eh...eh...

gw dicuekin, gak direspon, pengen banget deh rasanya gw cekik tu orang... gw dilemper kesana kemari...

akhirnya, setelah lamanya gw nunggu dibiarin... gw cabut saking emosinya... nyebelin banget!

habis itu kapok kredit motor lagi...

pernah lupa bayar, telat, mereka neror sms.. gw balik maki2 gantian,.. *tapi smsnya gak dikirim ama suami..
nyebelin deh...

astaghfirullah,.... ufffh... coba eike punya duit... hah,, negara ini mungkin tidak sayang sama orang2 yang gak punya duit kea saya... hiks..

sabar bu... memang begitulah cara kerja mereka.... jadi sekarang kita yang sudah tahu harus berusaha sekuat mungkin untuk menghindari pembelian barang2 mahal secara kredit..... karena jatuhnya kita 2 juga yang rugi........

---------- Post added at 08:10 AM ---------- Previous post was at 08:03 AM ----------


Beberapa waktu lalu saya terlibat wawancara sama account officer di beberapa perusahaan pembiayaan...

Mereka curhat bahwa di beberapa daerah tertentu, kejadiannya malah tiap kali mau nagih mereka dihadang sama preman ... biasanya terjadi kalau yang ditagih adalah orang kaya lokal dan tradisional. Yang dikreditkan pun bukan sembarangan, sebangsa Fortuner, Harrier, dan sebagainya...

Kalau yang kelas motor, ya kejadiannya kayak ceritanya Jeng Aya_muaya... pas ditarik, ternyata onderdilnya udah lumutan.

Di daerah-daerah kayak gitu kasus kredit macet lumayan tinggi... padahal orangnya kaya-kaya :facepalm:

Sampe sekarang saya nggak mau kredat-kredit... cukup sekali aja waktu beli rumah, sesudah itu lebih baik apa-apa cash... sudah lebih murah, jauh dari riba... walaupun resikonya sampe sekarang saya cuma punya tunggangan second 18 speed yang mereknya masih susah dibaca, entah 'polytron' apa 'positron' apa 'pentagon' :luck:

jadi inget Polyphonic merah type balap yang nemenin gw selam 5 tahun selama masa kuliah sampe lulus.....

---------- Post added at 08:13 AM ---------- Previous post was at 08:10 AM ----------


^ kata2 bijak...:jempol:
Kenyataannya mank ga semua orang punya/mampu membeli langsung motor secara cash.. So dengan adanya kredit motor, ini membantu orang2 yg ingin punya/memiliki motor..
Mereka jadi bisa mengangsur/mencicil tiap bulannya untuk memiliki motor sesuai dengan kemampuan finansialnya..
Sayangnya usaha kredit motor ini sering jadi lahan bagi orang2 yg tidak bertanggung jawab untuk disalahgunakan...

dan juga terkadang kita konsumen tak memperhitungkan kemanpuan finasial kita dalam mengkredit barang........ yang akhirnya gaji bisa jadi terpotong lebih dari 60% atau bahkan di kalangan PNS tidak sedikit Pegawai yang gajinya minus...... yang terjadi karena cicilan Bank ditambah cicilan kredit kendaraan bermotor.. dll

---------- Post added at 08:16 AM ---------- Previous post was at 08:13 AM ----------


soal motor ...

kredit emang rada "SERAM" makanya lebih memilih cash ...

tp kok aneh di sebutkan dari kop2 semua yang cash kok malah di persulit.
disini datang pagi ke dealer+uang+deal = Sorenya di antar ke rumah ....
STNK tunggu 1 minggu ...

kok aneh yah? :mikir:
apa karena gk mau rugi :mikir:

iya kok pada susah ya... saya beli motor di Kota Mataram di pulau Lombok aja... hari itu saya dateng hari itu saya langsung test drive motornya langsung bawa pulang.........