PDA

View Full Version : Berbagi tips & triks



gogon
31-05-2011, 11:07 AM
Dalam kehidupan sehari-hari, selalu saja ditemukan tips-tips kecil untuk mengatasi hal-hal kecil.. namun ternyata bisa berguna jika dibagi2 kepada kawan.
Nah, pada thread ini, mari kita berbagi tips & triks


saya mulai:

Bikin es batu biar ga repot belah, getok, atau remas/pelintir.
gunakan plastik kecil-panjang seperti yang biasa dipakai untuk jualan es mambo di warung. sebelum diisi air, tariklah kedua ujung plastik itu sehingga ukurannya lebih panjang dan lebih tipis. Setelah itu, isilah dengan air dan masukkan ke dalam freezer.
Saat es batu sudah jadi, anda akan mudah untuk mematahkannya tanpa alat bantu sekalipun.

mencuci tangan setelah terkena oli atau kotoran bandel
lumuri tangan dengan minyak jelantah (minyak goreng bekas pakai), gosok2 pada bagian yang kotor lalu cuci tangan seperti biasa. Untuk hasil maksimal, gunakan sabun colek saat mencuci tangan.

E = mc˛
31-05-2011, 11:27 AM
buat ibu2, kalo ke salon,
usahakan gabungkan:
- creambath dan potong rambut: bakal lebih murah karna hanya cuci blow sekali

jangan gabungkan:
- creambath sama manicure: karna mbak creambathnya pasti bakal ga enak mijetnya..takut kuku kita nanti luka kalo banyak gerak
- facial dan totok aura: rugi banget harusnya dapet pijet wajah 2 kali, ini cuma sekali


*yg gini, boleh gak Gon? ada yg mosting barusan di status FB ::elaugh::

E = mc˛
31-05-2011, 11:41 AM
- membersihkan noda hitam setelah ngoprek mesin mobil/motor

kalo dah dicuci pake sabun tetep ga ilang juga coba dicuci pake odol (pasta gigi)...klo masi ga ilang juga coba pake listerine...

- membersihkan pecahan kaca
serpihan pecahan kaca/beling terkadang sulit dibersihkan hanya dengan menyapunya saja. coba bentangkan lakban atau isolasi (ukuran lebih besar lebih baik). kemudian rekatkan di lantai/tempat pecahnya kaca dan sekitarnya, sehingga menempel serpihan2 tsb, lalu angkat. sebaiknya diulangi beberapa kali, agar lebih yakin. dapat pula digunakan utk sisa2 kecil lainnya, seperti potongan rambut/cukur

- tips menjaga agar pakaian tetap putih
sebelumnya, jangan lupa untuk mencuci secara terpisah, pakaian2 berwarna (dominan) putih. kemudian, setelah bilasan terakhir, rendam pakaian2 putih dalam air (secukupnya) yg telah dilarutkan dengan citrun (citric acid), sekitar satu sendok teh (kira-kira) selama minimal 10 menit. takaran & waktu merendamnya juga bisa disesuaikan dg selera (lho?! )

setelah direndam, jemur seperti biasa. citrun ini bisa didapatkan di warung-warung sekitar anda, biasa digunakan kalo mo bikin es buah (dan apalagi ya...?), harganya sekitar 1000 rupiah, dan bisa digunakan hingga 10x pemakaian.

gogon
31-05-2011, 11:44 AM
..
*yg gini, boleh gak Gon? ada yg mosting barusan di status FB ::elaugh::

boleh, bebas aja selama gak melanggar aturan KM dan undang-undang negara ::elaugh::

jangan kasih tips/trick mengenai cara cari jablay, cara ngisep shabu yg bener, cara bunuh diri yg gak sakit dll wkwkwkkw..

Nuck Chorris
31-05-2011, 12:01 PM
http://posterous.com/getfile/files.posterous.com/zee/ubcicAkklyyaazedqpwmziAmepfAwmirqCtgExvGkEsoBBwJvb yyEgIfkCbe/media_http9gagcomphot_HEbsq.jpg.scaled500.jpg

gogon
12-07-2011, 03:47 PM
buat yg doyan jengkol, kadang kita minder kalo udah makan jengkol mulut jadi bau
gosok gigi pun tidak bisa mengurangi karena hawa bau jengkolnya keluar dari lambung

untuk mengatasinya, ambil daun bawang, cuci bersih dan iris tipis-tipis
jika kuat, langsung makan saja daun bawang tsb, tapi jika terasa terlalu pedas, bisa dipadu dengan kacang kulit/kacang goreng sebagai "dorongan" ::elaugh:: serius

bau jengkol akan kalah dengan bau bawang
memang sih tetep bau juga, tapi minimal bukan jengkol ::elaugh::

oh ya, dengan makan daun bawang, mulut akan terasa sering kering
sehingga kita akan sering-sering minum
ini bagus juga karena manusia memang dianjurkan untuk banyak minum..

etca
12-07-2011, 05:21 PM
-
- tips menjaga agar pakaian tetap putih
sebelumnya, jangan lupa untuk mencuci secara terpisah, pakaian2 berwarna (dominan) putih. kemudian, setelah bilasan terakhir, rendam pakaian2 putih dalam air (secukupnya) yg telah dilarutkan dengan citrun (citric acid), sekitar satu sendok teh (kira-kira) selama minimal 10 menit. takaran & waktu merendamnya juga bisa disesuaikan dg selera (lho?! )

setelah direndam, jemur seperti biasa. citrun ini bisa didapatkan di warung-warung sekitar anda, biasa digunakan kalo mo bikin es buah (dan apalagi ya...?), harganya sekitar 1000 rupiah, dan bisa digunakan hingga 10x pemakaian.

nambahin,
gunakan aji*omoto, atau produk sejenis penyedap rasa untuk meredam cucian
lalu bilas seperti mencuci pakaian biasanya.
air akan menjadi makin keruh tanda noda pakaian larut di air.
pakaian akan menjadi bersih cemerlang.

untuk finishing sebaiknya tetap pakai pewangi, *saran,

nah gunakan air rendaman cucian tadi *yang mengandung perajinomotoan
untuk menyirami tanaman anda
tanaman yang semula hidup tak mau dan mati pun segan,
niscaya akan menjadi berwana hijau segar dedaunannya.

*banyak yang sudah menerapkannya pada tanaman anggrek
larutan penyedap rasa tersebut digunakan untuk menyemprot tanaman anggrek :D

GiKu
12-07-2011, 05:28 PM
MSG memang banyak dipakai untuk merangsang anggrek untuk berbunga
tapi deterjennya gmanak ?

E = mc˛
12-07-2011, 06:02 PM
kalo detergennya yg ada tulisan ramah lingkungan bagus lho sebenernya. soalnya kayak posfat. tanaman perlu banget

*mending di tes dulu buat tanaman murah, jangan anggrek yg mahal, ntar tipsnya takut gagal :ninja:

GiKu
12-07-2011, 06:03 PM
kalo detergennya yg ada tulisan ramah lingkungan bagus lho sebenernya. soalnya kayak posfat. tanaman perlu banget

*mending di tes dulu buat tanaman murah, jangan anggrek yg mahal, ntar tipsnya takut gagal :ninja:

nanti sawah pakdhe2 gw akan dicoba ditaburi bubuk deterjen

et dah
12-07-2011, 06:05 PM
kalau api lilinnya goyang, segera tiup lilinnya ::elaugh::

Kilat
13-07-2011, 02:42 AM
kalau sakit gigi, sakit mulut, habis muntah atau ga bisa menggosok gigi,
coba cuci mulut dengan air asin .. bakteri akan hilang, rasa sakit akan berkurang
resep: lelehkan 1 sendok teh ke dalam segelas air putih, cuci mulut selama 1 menit

deddy
13-07-2011, 09:08 AM
kalau sakit gigi, sakit mulut, habis muntah atau ga bisa menggosok gigi,
coba cuci mulut dengan air asin .. bakteri akan hilang, rasa sakit akan berkurang
resep: lelehkan 1 sendok teh ke dalam segelas air putih, cuci mulut selama 1 menit

kalo 1 sendok teh kurang asin bunda.....jadi lebih baik dibanyakin garamnya bisa 3 sendok makan dan airnya setengah gelas, kalo sakit gigi biasanya langsung sembuh.....tapi ya itu rasanya asin banget .....

ancuur
13-07-2011, 09:39 AM
tips untuk di rumah atau di kantor...

Selalu simpan barang2 pada tempatnya masing2, dan kalau sudah memakai barang tersebut harap kembalikan ke tempat semula.. sehingga kalau ada keperluan dgn barang tersebut secara mendadak kita akan mengingat tempatnya dgn mudah.. (tidak perlu mencari-cari lagi dan siap untuk dipakai).

E = mc˛
13-07-2011, 09:46 AM
Menghilangkan bau minyak tanah

Bau minyak tanah di telapak tangan susah hilang walaupun sudah berkali-kali dicuci dengan sabun. Ada cara mudah mengatasinya. Keringkan dulu tangan yang terkena minyak tanah dengan menggunakan lap atau kertas tissue, setelah itu olesi atau lumuri tangan dengan minyak goreng secukupnya, biarkan selama 5 menit setelah itu baru dicuci dengan sabun. maka bau minyak tanah akan hilang.

E = mc˛
13-07-2011, 09:47 AM
Mengilangkan noda minyak pada kertas

sering minjem buku punya orang? lalu pas baca, tangan yang habis nyomot gorengan tanpa sadar saking asyiknya buat buka halaman buku. Yang jadi masalah kalau buku atau majalah yang kena minyak itu boleh minjam. Kan nggak enak sama yang punya kalau pas kita mengembalikan sudah kotor kena noda minyak. Kalau kamu punya pengalaman seperti itu cara mengatasinya sederhana. Begitu buku atau kertas terkena percikan minyak, segera ambil garam dapur secukupnya lalu gosok-gosokkan pada bagian yang terkena minyak setelah itu jemur pada panas matahari maka noda minyak akan hilang. Selamat mencoba mudah-mudahan tips ini bisa membantu.

GiKu
13-07-2011, 09:52 AM
Bersih dari komedo tanpa harus ke salon

Setiap selesai mandi, gunakan handuk yang masih lembab untuk mengelap dengan sedikit ditekan di area hidung beberapa kali (bahasa gaulnya : hidungnya diplurut pake handuk lembab).
Tidak perlu ditekan keras, karena akan mengikis kulit. Santai saja dan lakukan setiap habis mandi.

etca
13-07-2011, 09:54 AM
@pak rumus
iya nih, sering baca buku sambil ngemil.
kayaknya bisa nih dijajal tipsnya pak rumus.
thx.

Kilat
14-07-2011, 03:36 AM
kalo 1 sendok teh kurang asin bunda.....jadi lebih baik dibanyakin garamnya bisa 3 sendok makan dan airnya setengah gelas, kalo sakit gigi biasanya langsung sembuh.....tapi ya itu rasanya asin banget .....
:kaget2: wow itu asin banget .. saya sudah mulai mual kalau pakai 1 sendok teh ..
menurut dokter saya 1 sendok makan dalam 1 liter air sudah cukup untuk menghilangkan bakteri .. tapi memang mungkin belum cukup kalau sakit gigi ..

ancuur
16-07-2011, 05:25 PM
kepingin di kejar2 sama cewek/cowok... ???
curi aja tasnya.. gw yakin pasti anda di kejar2 tapi dgn catatan ..
sambil kejar dia akan teriak "maliiiiiiiiiiiiiiiiing" :kabur:

Yuki
17-07-2011, 12:08 AM
Menghilangkan bau minyak tanah

Bau minyak tanah di telapak tangan susah hilang walaupun sudah berkali-kali dicuci dengan sabun. Ada cara mudah mengatasinya. Keringkan dulu tangan yang terkena minyak tanah dengan menggunakan lap atau kertas tissue, setelah itu olesi atau lumuri tangan dengan minyak goreng secukupnya, biarkan selama 5 menit setelah itu baru dicuci dengan sabun. maka bau minyak tanah akan hilang.
berarti kalo kebalikannya kena minyak goreng harus diolesi dengan minyak tanah?

nerissa
18-07-2011, 09:32 AM
Tips menambah rasa percaya diri

- masukkan spons yang biasa dipakai untuk mencuci piring atw perabot (pastikan sdh kering terlebih dahulu) ke dalam penutup dada..tetesi dengan minyak lavender/chamomile secukupnya, lalu .....

pergilah, tunjukkan pesona mu pada dunia!

(tips ini khusus untuk wanita dan waria)

surjadi05
18-07-2011, 12:39 PM
TIP MENGHILANGKAN TOMPEL/TAHI LALAT


1. Siapkan Kunyit 100 g, air 1 liter, dan garam 50g
2. Rebus Kunyit dan air sampai mendidih masukan garam, dinginkan dan masukan kulkas selam 24 jam
3. Panaskan kembali rendaman kunyit dengan api kecil kurang lebih 25 menit
4. Oleskan rendaman kunyit tersebut ke tompel/tahi lalat
5. Lakukan ini tiap pagi dan sore sampai 7 hari
6. Pada hari ke 8 tebas pake golok dijamin tompel/tahi lalatnya hilang:kabur:

GiKu
18-07-2011, 01:34 PM
TIP MENGHILANGKAN TOMPEL/TAHI LALAT


1. Siapkan Kunyit 100 g, air 1 liter, dan garam 50g
2. Rebus Kunyit dan air sampai mendidih masukan garam, dinginkan dan masukan kulkas selam 24 jam
3. Panaskan kembali rendaman kunyit dengan api kecil kurang lebih 25 menit
4. Oleskan rendaman kunyit tersebut ke tompel/tahi lalat
5. Lakukan ini tiap pagi dan sore sampai 7 hari
6. Pada hari ke 8 tebas pake golok dijamin tompel/tahi lalatnya hilang:kabur:
3. Rebus


wong edhan

nomere ngawur pulak

surjadi05
18-07-2011, 04:43 PM
^^^
galak euy:kabur:

neofio
05-03-2014, 09:48 PM
Tip mengobati kulit yg tersentuh benda panas
Ketika anda tersentuh benda panas atau api segera beri tinta parker. Dijamin tdk melepuh dan tdk nyeri.

Tips Membersihkan kulkas dengan cepat.
Pernah ngalami di frezer kulkas penuh sengan bunga es atau sudah penuh es yang tebal ?
membersihkannya dengan menunggu es mencair butuh waktu 24 jam. Gimana cara cepat membersihkannya ?
Berdasarkan pengalaman pasang kipas angin menghadap frezer atau tempat bongkahan es tadi.
Semakin kencang anginnya semakin cepat proses pncairan es-nya. Anda dapat membersihkan lemari hanya dalam 2 jam.
Dijamin.

ini perlu di uji dulu, lebih cepat mana, menggunakan fungsi pencair es di lemari es dengn kipas angin (lemari es skrg udah canggih, no frost). Atau kipas angin listrik dengan kipas sate (bilik), sambil bilang

"SAAAAAAAAteeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee" di depan lemari es

::ngakak2::

---------- Post Merged at 09:48 PM ----------

::bye::

Rikuest :

Tips merawat layar monitor LCD/LED

neofio
05-03-2014, 09:56 PM
Tips untuk lily, stelah saya baca thread :

[Tanya] - Darah Manis , Sering Digigit Nyamuk - (http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php/8220-Darah-Manis-Sering-Digigit-Nyamuk?highlight=perangkap+nyamuk)
Perangkap Nyamuk 1
Metode ini ditemukan oleh Kelas anak-anak cerdas di SD Yong-An di Taipei, Taiwan . (Hsu Jia-Chang sang penemu, yang dibantu oleh gurunya).
Bahan yang diperlukan :
» Sebuah Botol plastik berukuran 2 liter
» 50 gram gula pasir
» 1 gram bubuk ragi
» Termometer
» Gelas ukur
» Cutter
» Kertas Hitam
Langkah Awal
Potong Botol seperti gambar diatas. Simpan bagian atasnya untuk langkah ke 4
Langkah Kedua
Campur 200ml air panas dengan 50 gram gula. Lalu dinginkan air gula menjadi 40 derajat.
Langkah ketiga
Tuangkan air gula kedalam botol Dan tambahkan bubuk ragi. Anda tidak perlu mencampurnya karena akan beraksi berangsur-angsur dengan gula untuk memproduksi CO2.
Langkah keempat
Masukkan bagian atas botol ke bagian bawahnya seperti terlihat pada gambar. Usahakan sekencang mungkin (tidak longgar), agar gas CO2 yang diproduksi hanya keluar melalui lubang tengah saja.
Langkah Kelima
Lapisi dengan kertas hitam untuk membuat bagian dalam botol menjadi gelap, sehingga disukai oleh nyamuk.
Tips:
Sebaiknya tempatkan di tempat yang gelap Dan tempatkan disudut ruangan.
Setelah dua minggu anda bisa mempunyai segerombolan penuh nyamuk mati di dalam perangkap.
Ganti air gula Dan ragi setiap 2 minggu sekali.

Perangkap Nyamuk 2
Bahan yang diperlukan :
» Kasa Nyamuk
» Ember Hitam
» Air Bersih
Langkah Awal
Pasang kasa nyamuk pada ember
Langkah Kedua
Isi ember dengan air hingga 1/3 tinggi kasa nyamuk tergenang air
Langkah Ketiga
Sebaiknya tempatkan di tempat yang gelap Dan di sudut ruangan
Langkah Keempat
Setelah satu minggu anda bisa mempunyai segerombolan nyamuk mati di dalam perangkap. Ganti air Dan bersihkan kasa nyamuk setiap seminggu sekali.
PERINGATAN : Ganti airnya secara rutin. Jika tidak, Ada kemungkinan, bukannya menjadi perangkap, justru malah menjadi peternakan nyamuk.

Sebenarnya yang kedua ini bukanlah perangkap nyamuk, melainkan perangkap telur nyamuk. Dimana, nyamuk bertelur, lalu telur menembus kasa nyamuk. Lalu telur menetas, Dan berkembang menjadi pulpa Dan menjadi nyamuk. Tapi nyamuk terperangkap didalam Dan tidak bisa keluar. Sehingga mati di dalam.

Ovitrap dibuat oleh staf menteri lingkungan hidup singapura pada tahun 70an. Tapi ovi trapnya berbeda dengan ovi trap pada gambar pertama. Ovi trap ini hasil modifikasi singapura, sehingga nyamuk akan langsung mati tanpa melalui proses tumbuh menjadi dewasa.

sumber forum tetangga

Alethia
05-03-2014, 11:15 PM
Tips menghilangkan bau badan secara cepat :

Rebus daun jarak 6 lembar
Saring airnya lalu tuang ke dlm btl plastik
Simpan dlm lemari pakaian.

note : jgn lupa mandi 9x sehari pake sbn mandi.
Rebusan air daun jarak baik buat ngusir tuyul.

Badan jd wangi.
Duit simpenan aman.

Tips ini sangat berguna buat yg ga ngapa ngapain drmh.
Drpd pikiran ngelantur ga jelas.
Jgn kaget bila di ahir bulan tagihan aer jd membengkak.

neofio
06-03-2014, 12:59 PM
Tips: 9 Hal Yang Pantang Dilakukan Setelah Makan

Minum setelah makan, itu bagus. Tapi sembilan hal berikut ini, sebaiknya tidak Anda lakukan setelah makan.

1. Merokok
Merokok saja sudah merusak tubuh, apalagi jika dilakukan setelah makan. Berdasarkan penelitian, mengisap satu batang rokok setelah makan, sama saja dengan merokok sepuluh batang, sehingga kemungkinan terserang kanker jauh lebih besar.

2. Makan Buah
Makan buah segera setelah makan sebaiknya dihindari, karena membuat perut dipenuhi udara alias kembung. Sebaiknya, konsumsilah buah 1-2 jam setelah makan atau satu jam sebelum makan. Ini akan membuat perut Anda kenyang dan makan tidak terlalu banyak.

3. Minum Teh
Daun teh memiliki kandungan asam yang tinggi. Hal ini menyebabkan kandungan protein dalam makanan sulit dicerna. Selain itu, minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan penyerapan zat dalam tubuh hingga 80 persen. Padahal, zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia.

4. Mengencangkan Ikat Pinggang
Mengendurkan ikat pinggang dapat menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

5. Mandi
Mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.

6. Berjalan-Jalan
akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah Anda makan.

7. Langsung Tidur
Jangan ikuti kantuk Anda. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

8. Minum Air Es
Air dingin akan membekukan makanan berminyak, terutama berlemak, yang Anda santap. Lemak itu akan terbentuk dalam usus dan akan mengakibatkan menyempitnya saluran-saluran pencernaan sehingga menimbulkan kegemukan. Gantilah dengan minum air hangat.

9. Pergi
Kebiasaan ini tidak berdampak pada kesehatan Anda, sih. Tapi kok kurang sopan, ya..

Alethia
06-03-2014, 01:30 PM
10. Langsung pergi dan Ga mbayar

neofio
06-03-2014, 01:46 PM
Inilah Cara Ampuh Samarkan Suara Kentut

Meski kentut
merupakan reaksi alami
tubuh, tapi kentut yang terlalu keras dan
berbau tentunya membuat Anda malu.
Agar kentut tak bersuara dan samar ada
beberapa cara yang dapat dilakukan.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk
menyamarkan bunyi kentut.
1. Pura-pura dorong meja
Saat anda kebelet ingin kentut. Anda bisa
mencari sebuah meja didekat anda.
Kalau bisa sih carinya yang rada berat.
Kenapa? karena pertama meja yang berat
bisa menimbulkan suara yang keras bila
didorong yang kedua bisa melatih otot
tangan anda agar semakin kuat. Jadi kalau
anda sering kentut, otot anda bisa sekalian
terlatih.
Nah, saat anda temukan meja coba dorong
meja itu pas sekali saat anda mengeluarkan
kentut. Jadinya suara kentut anda bisa
tersamarkan oleh suara gesekan antara
meja dengan lantai. Untuk pengaturan
timing yang tepat bisa anda latih sendiri di
rumah, disaat waktu senggang.
PERHATIAN ! Tips ini jangan dipakai apabila
bunyi kentut anda tidak berbunyi“pret”
namun “tiuuuuut”
2. Teknik bersin ala ninja
Teknik ini sangatlah rahasia. Teknik sudah
dipraktekan sejak ribuan tahun yang lalu
oleh para ninja-ninja dan tetap menjadi
rahasia setidaknya sebelum anda membaca
artikel ini. Teknik bersin ala ninja ini
pertama kali dipraktekkan oleh kaisar
ajinomoto (tanpa bermaksud menyebutkan
merek tertentu) kaisar ketiga saat masa
keemasan klan ninja hokage. Baiklah, itu
sejarahnya tadi tapi bagaimana caranya?
Saat anda mau kentut anda bisa
mengambil benang atau bulu apapun dari
baju atau rambut juga bisa. kemudian
benang tersebut dipakai untuk
menggelitiki hidung anda, tahan rasa geli
sampai waktu yang ditunggu-tunggu itu
datang . bersinlah tepat disaat anda
mengeluarkan kentut. Bunyi bersin yang
keras sangat dianjurkan. Bahkan kaisar
Ajinomoto mencontohkan bersin yang
sangat keras hingga posisi badannya
menjadi nungging, niscaya kentut pun akan
semakin mudah dan menyenangkan.
3. Pura-pura memperagakan sulap didepan
teman anda
Mungkin saat anda mau kentut anda
sedang berada ditengah-tengah teman
anda. Wah gawat tuh, kalau kentut bisa
langsung tiba-tiba dijauhin. Gini caranya,
anda bisa berkata pada teman anda,” Eh
aku punya alat musik baru . . . nih liat yah
“. Lalu anda menyelipkan tangan anda
diantara ketiak anda lalu gerak-gerakkan
tangan layaknya burung lagi . saat
tangan dikepit, keluarkan kentut anda.
Anda bisa berimprovisasi dengan membuat
nada-nada“indah”. Sehingga teman
anda lebih fokus ke musiknya daripada
bunyinya gitu. Tentunya, memilih audience
yang tepat adalah penting ! karena ga
semua orang bisa tertipu dengan cara ini
kalau temen-temen punya tips yang lebih
baik bisa di share.

Bi4rain
07-03-2014, 10:32 PM
ya tuhan...mana tips aseli mana tips ga beneeeeer ::ngakak2::
mudah2an gw cukup waras buat ngebedain

tips:
-adem sari atau minuman penghilang panas dalam dapat digantikan dengan minuman soda sprite atau seven up yg dicampur garam

neofio
07-03-2014, 11:12 PM
@Bi4rain (http://www.kopimaya.com/forum/member.php/945-Bi4rain)

Tinta parker untuk luka bakar, itu bisa bener2 menyembuhkan, kalo dng odol/margarine akan meninggalkan bekas melepus di kulit, kalo dng tinta parker, setelah hilang rasa panas di kulit dan tidak menimbulkan bekas di kulit seperti melepuh,, tapi setelah itu, tinta akan mengering dan muncul tato keren ::ngakak2::

lumayan kan dapat bonus ::hihi::


Tips untuk Menghindari Kemalasan

Rasanya banyak diantara kita yang punya “penyakit” suka menunda-nunda pekerjaan. Penyakit ini, yang sebetulnya adalah kebiasaan, seringkali disebabkan karena kita malas mengerjakan sesuatu. Malas bangun dari tempat tidur, malas pergi olahraga, malas menyelesaikan tugas kantor, dll.

Menurut penelitian, kebiasaan malas merupakan penyakit mental yang timbul karena kita takut menghadapi konsekuensi masa depan. Yang dimaksud dengan masa depan ini bukan hanya satu atau dua tahun kedepan tetapi satu atau dua menit dari sekarang. Contohnya saja ketika Anda malas dari bangun, Anda akan berkata dalam hati: “Satu menit lagi saya akan bangun”, tetapi kenyataannya barangkali Anda akan berlama-lama di tempat tidur sampai akhirnya memang waktunya tiba untuk siap-siap pergi ke kantor.

Kebiasaan malas timbul karena kita cenderung mengaitkan masa depan dengan persepsi negatif. Anda menunda-nunda pekerjaan karena cenderung membayangkan setumpuk tugas yang harus dilakukan di kantor. Belum lagi berhubungan dengan orang-orang yang Anda tidak sukai, misalnya.

Sayangnya, menunda-nunda pekerjaan pada akhirnya akan mengundang stress karena mau tidak mau satu saat Anda harus mengerjakannya. Di waktu yang sama Anda juga mungkin punya banyak pekerjaan lain.

Dalam beberapa hal, Anda pun mungkin akan kehilangan momen untuk berkembang ketika Anda mengatakan “tidak” terhadap sebuah kesempatan –Anda malas bertindak karena bayangan negatif tentang hal-hal yang memberatkan didepan.

Di artikel ini saya ingin memberikan beberapa tips untuk mengatasi rasa malas. Tips ini bisa Anda praktekkan di tempat kerja ataupun lingkungan keluarga:

Ganti “Kapan Selesainya” dengan “Saya Mulai Sekarang”

Apabila Anda dihadapkan pada satu tugas besar atau proyek, Anda sebaiknya JANGAN berpikir mengenai rumitnya tugas tersebut dan membayangkan kapan bisa diselesaikan. Sebaliknya, fokuslah pada pikiran positif dengan membagi tugas besar tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menyelesaikannya satu demi satu.

Katakan setiap kali Anda bekerja: “Saya mulai sekarang”.

Cara pandang ini akan menghindarkan Anda dari perasaan terbebani, stress, dan kesulitan. Anda membuat sederhana tugas didepan Anda dengan bertindak positif. Fokus Anda hanya pada satu hal pada satu waktu, bukan banyak hal pada saat yang sama.

Ganti “Saya Harus” dengan “Saya Ingin”

Berpikir bahwa Anda harus mengerjakan sesuatu secara otomatis akan mengundang perasaan terbebani dan Anda menjadi malas mengerjakannya. Anda akan mencari seribu alasan untuk menghindari tugas tersebut.

Satu tip yang bisa Anda gunakan adalah mengganti “saya harus mengerjakannya” dengan “saya ingin mengerjakannya”. Cara pikir seperti ini akan menghilangkan mental blok dengan menerima bahwa Anda tidak harus melakukan pekerjaan yang Anda tidak mau.

Anda mau mengerjakan tugas karena memang Anda ingin mengerjakannya, bukan karena paksaan pihak lain. Anda selalu punya pilihan dalam kehidupan ini. Tentunya pilihan Anda sebaiknya dibuat dengan sadar dan tidak merugikan orang lain. Intinya adalah tidak ada seorang pun di dunia ini yang memaksa Anda melakukan apa saja yang Anda tidak mau lakukan.

Anda Bukan Manusia Sempurna

Berpikir bahwa Anda harus menyelesaikan pekerjaan sesempurna mungkin akan membawa Anda dalam kondisi mental tertekan. Akibatnya Anda mungkin akan malas memulainya. Anda harus bisa menerima bahwa Anda pun bisa berbuat salah dan tidak semua harus sempurna.

Dalam konteks pekerjaan, Anda punya kesempatan untuk melakukan perbaikan berulang kali. Anda selalu bisa negosiasi dengan boss Anda untuk meminta waktu tambahan dengan alasan yang masuk akal. Mulai pekerjaan dari hal yang kecil dan sederhana, kemudian tingkatkan seiring dengan waktu. Berpikir bahwa pekerjaan harus diselesaikan secara sempurna akan membuat Anda memandang pekerjaan tersebut dari hal yang besar dan rumit.

Saya harap tulisan ini berguna. Kemalasan merupakan sesuatu yang normal dalam hidup Anda. Karena dia normal maka dia pun bisa diatasi. Tiga tips diatas bisa menjadi awal untuk berpikir dan bertindak berbeda dari biasanya sehingga Anda tidak menyia-nyiakan kesempatan yang datang hanya karena malas mengerjakannya. (pengembangandiri)

Bi4rain
08-03-2014, 10:46 PM
siap, hadir om!
bikin tattoo pake tinta parker, catet:sarjana:

neofio
10-03-2014, 04:52 PM
10 Tips Agar Anak Gemar Membaca


Membaca adalah kebiasaan baik yang harus
di mulai sejak dini. Bukan hanya
memperkaya ilmu, tetapi juga dapat
menghindari risiko kemalasan otak untuk
berpikir.
Untuk itu, sangat penting bagi anak untuk
gemar membaca, demi perkembangan otak
mereka. Susah membiasakan anak-anak
Anda membaca? Berikut 10 cara membuat
anak suka membaca, yang dilansir dari
Shine.

1. Biarkan anak memilih.
Ketika membawa anak ke perpustakaan
atau toko buku biarkan mereka memilih
buku yang disukai. Hal terpenting adalah
bagaimana memunculkan minat baca
mereka.
Dengan memilih buku yang mereka ingin
baca, secara tidak sadar telah menciptakan
minat baca dalam diri mereka. Tapi, tetap
arahkan buku atau bahan bacaan mereka
sesuai dengan umurnya.

2. Ketahui kemampuan membaca anak
Dengan mengetahui kemampuan
membacanya, Anda dapat membantu
membuat pilihan bahan bacaan yang
menarik minat mereka. Hal ini dapat Anda
lihat dari buku-buku jenis apa yang mereka
baca berulang-ulang dan dibacanya sampai
habis.
Buku yang terlalu mudah akan membuat
mereka cepat bosan, namun buku yang
terlalu berat juga tidak dianjurkan. Untuk
itu, selalu baca terlebih dahulu bahan
bacaan anak, baik itu buku, majalah, koran,
komik, atau bahkan buku audio.

3. Bahan bacaan tidak hanya buku
Sediakan bahan bacaan lain selain buku di
rumah. Anda dapat memanfaatkan
teknologi untuk membuat perpustakaan
elektronik di rumah. Tapi, jangan lupa
untuk selalu awasi anak Anda.

4. Berdongeng
Bawa anak ke program dongen di
perpustakaan lokal ataupun di toko buku.
Atau, Anda juga bisa secara teratur
mendongeng untuknya menjelang tidur.
Minta juga buah hati untuk menceritakan
apa yang telah ia baca untuk Anda.

5. Baca bukunya, tonton filmnya
Banyak film yang ceritanya berasal dari
sebuah buku. Cari buku-buku yang
memiliki versi film. Anda dapat
menontonnya bersama, setelah buku
selesai dibaca si kecil.
Lalu, bandingkan versi buku dan versi film.
Hal ini akan membuat kegiatan membaca
lebih seru dan menyenangkan.

6. Buatlah sudut nyaman.
Sulaplah sebuah sudut di rumah Anda
menjadi perpustakaan kecil yang nyaman
untuk kegiatan membaca. Membaca akan
lebih menyenangkan. Akan lebih mudah
berkonsentrasi jika tidak terdapat televisi
di ruangan tersebut.

7. Ciptakan kebiasaan
Usia belia anak adalah saat yang tepat
untuk proses‘imitasi’ kebiasaan baik
dari orangtua. Untuk itu, ciptakan
kebiasaan membaca dari diri sendiri.
Biarkan anak-anak melihat Anda membaca
di perpustakaan kecil di rumah. Sehingga,
minat baca mereka pun akan muncul.

8. Luangkan waktu
Ciptakan waktu bersama seluruh anggota
keluarga, mungkin di malam hari, untuk
membaca. Lalu, cobalah untuk saling
berbagi cerita seputar apa yang telah
dibaca. Hal ini juga melatih mereka
berbicara dengan baik.

9. Ajukan pertanyaan
Mengajukan pertanyaan kepada anak-anak
Anda tentang cerita, karakter dan alur
cerita tidak hanya menunjukkan Anda
tertarik pada apa yang mereka baca tetapi
membantu mereka belajar mengingat dan
meringkas. Ajukan saja pertanyaan seperti
“Menurut kamu apa yang akan terjadi
selanjutnya?”.
Ttidak hanya membantunya mengingat
tetapi juga membantunya
mengembangkan imajinasi. Anak Anda pun
akan lebih kreatif.

10. Membacakannya
Bacakan juga buku-buku seru seperti cerita
petualangan untuk anak. Lalu, tanyakan
pendapat mereka. Hal ini akan membuat
mereka menyukai membaca dan melatih
mereka berdiskusi.

neofio
16-03-2014, 10:08 PM
Produk Susu Sesuai Usia

Kebutuhan nutrien kita berubah pada
setiap usia. Berikut, produk susu yang
diperlukan pada setiap decade yang
berbeda.

Umur 30-an
Keju parmesan
Pembangunan tulang masih terjadi pada
awal umur 30-an. Dapatkan kalsium
dengan menaburkan keju parmesan pada
makanan. Satu sendok makan keju
parmesan hanya mengandung 41 kalori,
tapi memberikan sekitar 1/8 dari AKG
kalsium.

Umur 40-an
Susu kedelai
Kedelai kaya estrogen tumbuhan alamiah
yang dapat memberikan suplai hormon ini
ketika mendekati menopause. Khasiatnya
antara lain lebih jarang gejolak panas dan
menurunkan risiko osteoporosis. Pastikan
memilih susu kedelai yang difortifikasi
kalsium.

Umur 50-an
Susu semi-skimmed
Risiko penyakit jantung meningkat sesudah
menopause. Berarti saatnya untuk
mengurangi lemak yang dapat menaikkan
kolesterol di dalam produk susu. Susu
semi-skimmed dapat jadi pilihan karena
rasanya mirip susu full-fat tapi hanya 1,7%
lemak dan 131 kalori per 1/2 pint.

Umur 60-an
Yogurt probiotik
Jumlah bakteri baik ini di dalam perut
menurun sejalan dengan pertambahan
umur. Akibatnya adalah : rentan keracunan
makanan dan menurunkan sistem imun.
Untuk meningkatkan jumlah bakteri baik,
ganti dengan yogurt probiotik.

neofio
20-03-2014, 06:59 PM
17 Tips Meng Hack Tubuh (http://www.forumsatelit.com/lain-lain/tips-trik-sehari-hari/msg543119/#msg543119)
1. Jika tenggorokanmu gatal, garuk telingamu
“Jika saraf dekat telinga distimulasi, bisa menciptakan reflek di tenggorokan yang mampu menghasilkan kejang otot” kata Scott Schaffer, M.D., presiden dari pusat spesialis THT di Gibbsboro, New Jersey. “Kejang ini bisa menghilangkan rasa gatal.”

2. Rasakan pendengaran supersonik
Jika anda terjebak di tengah ramainya orang ngobrol di pesta, condongkan tubuh dengan telinga kanan ke depan. Telinga kanan lebih baik daripda telinga kiri dalam hal mengikuti ritme obrolan yang cepat, menurut peneliti dari UCLA David Geffen School of Medicine. Sebaliknya, jika and aingin mengidentifikasi lagu yang dimainin dengan lembut di elevator, gunakan bagian kiri telinga, ini lebih baik dalam memilah nada musik.

3. Hilangkan rasa sakit
Peneliti Jerman telah menemukan bahwa batuk saat disuntik bisa mengurangi rasa sakit dari jarum suntik. Menurut Taras Usichenko, pengarang ‘mempelajari fenomena’, trik ini menyebabkan kejutan, kenaikan sementara tekanan di dada dan kanal spinal, menahan struktur pengatur rasa sakit di pusat tulang belakang.

4. Longgarkan hidungmu yang mampet
Cara termudah, tercepat, termurah untuk melegakan tekanan sinus adalah tekan lidahmu ke bagian atap mulut, lalu tekan dengan satu jari tempat diantara alis. Ini bisa menyebabkan tulang vomer (tulang tipis yang misahin lubang hidung), yang menghubungkan saluran hidung ke mulut bergerak maju mundur, kata Lisa DeStefano, D.O., asisten profesor di Michigan State University ilmu pengobatan osteopathic. Gerakannya melonggarkan hidung mampet; setelah 20 detik, anda akan merasa sinus berngasur-angsur hilang.

5. Fight fire without water
Penelitian menunjukkan pasien yang tidur miring ke kiri lebih kecil resiko terserang acid reflux. Kerongkongan dan perut berhubungan dengan posisi. Waktu anda tidur miring ke kanan, perut lebih tinggi dari kerongkongan, membuat makanan dan asam perut mengalir ke tenggorokan. Jika miring ke kiri, perut lebih rendah dari kerongkongan.

6. Menyembuhkan sakit gigi tanpa buka mulut
Gosokkan es di bagian belakang telapak tangan, bagian berbentuk huruf V antara jempol dan telunjuk. Peneliti Kanada menemukan tehnik ini mengurangi rasa sakit gigi sebanyak 50 persen dibanding tanpa menggunakan es. Alur saraf di daerah V tersebut menstimulasi daerah otak dan mencegah sinyal rasa sakit ke wajah dan tangan.

7. Make burns disappear
Saat anda menyentuh kompor panas secara tidak sengaja, bersihkan kulit dan berikan pijatan ringan dengan ujung jari lain yang tidak terluka. Es akan mempercepat hilangnya rasa sakit, kata Dr. DeStefano, namun karena hukum alam akan mengembalikan kulit yang terbakan ke suhu normal, kulit akan sedikit melepuh.

8. Stop the world from spinning
Terlalu banyak minum membuat pening? Letakkan tangan pada tempat yang stabil. Bagian telinga yang mengatur keseimbangan, Cupula, mengalirkan cairan dengan densitas yang sama seperti darah. “Saat alkohol mengencerkan darah di cupula, cupula menjadi kurang padat dan naik” kata Dr. Schaffer. Ini membuat otak bingung. This confuses your brain. Sentuhan dari obyek yang stabil memberikan opini kedua, dan anda bisa merasa lebih seimbang. Karena saraf di tangan sangat sensitif.

9. Unstitch your side
Jika anda seperti kebanyakan orang, saat lari, anda menghembuskan nafas saat kaki kanan menyentuh tanah. Ini menyebabkan tekanan ke bawah di baian liver (yang mana terletak di bagian kanan), dan akan menarik diafragma dan menyebabkan side stitch (suduken basa jawanya, kram perut mungkin indonya), menurut Doctors Book of Home Remedies for Men. Pemecahannya: Hembuskan nafas saat kaki kanan yang menghentak tanah.

10. Stanch blood with a single finger
Jepit hidungmu dan bersandar ke belakang adalah cara terbaik menghentikan mimisan jika kamu nggak keberatan choking on your own O positive. Cara yang lebih enak: Letakkan kapas di bagian upper gums (fleshy tissue which covers the bones of the jaw and the lower portions of the teeth) dibelakang dibagian bawah hidung dan tekan sekuat-kuatnya. “Kebanyakan pendarahan datang dari septum, dinding tulang rawan yang memisahkan hidung” kata Peter Desmarais, M.D., THT specialis di Entabeni Hospital, di Durban, South Africa. “Penekanan disini bisa membantu menghentikan..”

11. Make your heart stand still
Mencoba mengatasi firstdate jitters? Tiup jempolmu. Syaraf vagus, bertugas mengendalikan detak jantung, bisa dikontrol melalui nafas, kata Ben Abo, emergency medical services specialist di University of Pittsburgh. Ini bisa membuat detak jantung kembali normal.

12. Cairkan otak
Terlalu banyak es krim akan membekukan otak, wih…maksudnya ada sensasi pening geto. Tekan lidah ke langit-langit mulut, tutup bagian langit-langit sebanyak yang kamu bisa “Karena syaraf di langit-langit mulut menjadi sangat dingin, tubuh mengira otak anda juga beku” kata Abo. “Hasilnya, overheats, menimbulkan icecream headache.” Semakin banyak tekanan yang anda lakukan,makin cepet loh sakit kepalanya berkurang.

13. Prevent nearsightedness
Jarak pandang yang payah jarang disebabkan faktor genetis, kata Anne Barber, O.D., optometrist dari Tacoma, Washington. “Ini biasanya disebabkan tekanan nearpoint.” Dengan kata lain, melototin layar kompi terlalu lama. Coba trik ini, tutup mata, tegangkan badan, ambil nafas yang dalam, setelah beberapa detik, hembuskan nafas dan regangkan otot pada saat yang bersamaan. Mengencangkan dan menegangkan otot semacam bisep bisa membuat otot lain yang tidak berhubungan seperti otot mata juga ikut relaks.

14. Wake the dead
Jika tangan anda mati rasa saat menyetir atau duduk dengan posisi salah, goyangkan kepala (dugem geleng geleng). Bisa menghilangkan kurang dari semenit, kata Dr. DeStefano. Mati rasa disebabkan tekanan kumpulan syaraf di leher, melonggarkan otot leher menghilangkan tekanan.

15. Impress your friends
Kalau anda ada di pesta coba trik ini, Suruh teman anda berdiri tegak, rentangkan tangan dan posisi telapak tangan menghadap bawah, tetap pada posisi ini. Lalu letakkan dua jarimu di pergelangan tangannya dan dorong ke bawah, temenmu pasti ngelawan. Sekarang buat dia meletakkan satu kaki di tempat yang lebih tinggi beberapa inch (tumpukan buku atau majalah mungkin) dan ulangi yang tadi, hehehe….Dengan membuat posisi pinggang tidak rata, otak menganggap tulang belakang menjadi vulnerable, sehingga menghentikan kemampuan tubuh untuk menghindar, Rachel Cosgrove, C.S.C.S., pemilik Results Fitness, di Santa Clarita, California.

16. Breathe underwater
Jika anda kesusahan mencapai seperempat dari dasar kolam renang, ambil nafas pendek sebelum menyelam sangat penting, hyperventilate (bernafas cepat dan dalam). Saat di dalam air, bukan kekurangan oksigen yang membuat anda ingin bernafas, tapi peningkatan karbon dioksia, yang membuat darah anda asam, dan mengirim sinyal ke otak ada yang tidak beres,” Saat melakukan hyperventilate, aliran oksigen melambatkan aktifitas darah,” kata Jonathan Armbruster, Ph.D., asosiasi profesor biologi di Auburn University. “Ini membuat otak anda berpikir memiliki oksigen berlebih.” Paling tidak menambah lebih 10 detik.

17. Baca Pikiran
Punyamu sendiri tentunya! “Jika anda akan berpidato besok, ulangi sebelum tidur,” kata Candi Heimgartner, instruktur ilmu biologi di University of Idaho. Karena kebanyakan konsolidasi memori terjadi selama tidur, apapun yang and abaca sebelum tidur kebanyakan di encode.

neofio
22-03-2014, 10:23 PM
Cara gampang nonton siaran 3D tanpa kacamata 3D.

Sekarang sudah mulai bermunculan siaran 3D, namun belum tentu kita memiliki TV yang mendukung siaran tersebut.
Siaran 3D dengan 2 gambar bersebelahan pada siaran TV seperti siaran FTV di Asiasat 5 bisa ditonton dengan cara gampang banget, gak perlu beli alat apapun, namun efek 3D bisa didapat.

Pertama posisi TV tepat didepan kita dengan jarak pandang yang aman dan nyaman.
Kemudian bentuk kedua tangan menyerupai teropong, tangan kanan di mata kanan, tangan kiri di mata kiri.
Pejamkan mata kiri, lihat gambar TV sisi kiri dengan mata kanan. Atur posisi tangan sampai hanya gambar kiri yang terlihat, gambar kanan dihalangi tangan kanan.
Lakukan sebaliknya, pejamkan mata kanan, lihat gambar TV kanan dengan mata kiri. Atur posisi tangan hanya gambar kanan yang terlihat.
Kemudian buka kedua mata. Lihat dengan atur fokus dan posisi silang mata sampai gambar menyatu dan efek 3D bisa diperoleh.

Lakukan sebentar saja supaya tidak pusing dan terlanjur juling. http://www.forumsatelit.com/Smileys/default/disappointed.gif Juling tidak ditanggung. Belum lagi kalau dilihat orang lain akan terlihat aneh. http://www.forumsatelit.com/Smileys/default/hehe.gif

Prinsip kerjanya memang sesuai dengan mata kamera 3D. Jadi antara mata dan gambar bersilang. Kalau di fotografi memang ada alat khusus untuk melihat gambar foto 3D bersebelahan.

Cara ini tidak bisa dilakukan bila siarannya 3D yang harus menggunakan kacamata 2 warna (merah-cyan), yang terlihat berbayang dobel, seperti TravelChanel Thailand di NSS6.

Sekali lagi : lakukan sebentar saja ya!
http://www.forumsatelit.com/Smileys/default/peacepeace.gif

neofio
23-03-2014, 05:07 PM
Tips Membuat Interior Minimalis

Jaga Agar Ruangan Tetap Bersih

Interior minimalis bisa tetap terjaga jika kita tetap membuat ruangan tersebut tetap bersih. Hal ini tidak saja membuat ruangan enak dipandang, tetapi juga membuat rumah anda terorganisir dan efisien.

Untuk menjaga ruangan tetap bersih, kita harus menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan atau tidak dibutuhkan lagi. Seperti yang kita tahu, jika terlalu banyak menumpuk barang dalam rumah. Akan membuat rumah terlihat berantakan.

Hal ini tidak hanya saja membuat ruangan tetap bersih. Tetapi juga akan mengurangi rasa stress di dalam rumah karena interior rumah anda tertata dengan rapi dan bersih.

Apabila kita memiliki banyak barang di dalam rumah dan tidak terlalu sering menggunakannya. Kita bisa menggunakan kabinet, box unik atau keranjang untuk menyembunyikan barang tersebut.

Menentukan Warna Cat

Biasanya, warna cat untuk interior minimalis identik dengan warna putih atau warna netral. Jika anda terlalu bosan dengan warna tersebut, anda bisa menggunakan beberapa warna lain seperti warna merah, orange, atau warna ungu terong.

Perabotan Yang Sederhana

Untuk interior rumah minimalis, kita cukup menggunakan perabotan yang sederhana dalam bentuk. Hal yang paling penting adalah fungsi dari perabotan itu tidak hilang.

Pemilihan perabotan juga harus mempertimbangkan tema interior rumah. menyelaraskan warna perabotan dan cat dinding ruangan merupakan pertimbangan utama yang harus kita pikirkan.

Penataan perabotan dalam ruangan juga menjadi hal yang cukup penting. Jika kita menempatkan perabotan di tempat yang tepat, maka keseimbangan desain interior dapat tercapai.

Menciptakan Pencahayaan Yang Tepat

Untuk pencahayaan, kita bisa menggunakan lampu yang tersembunyi. Hal ini akan lebih terlihat elegan dibandingkan kita menggunakan beberapa lampu duduk. Sebagai pemanis, kita bisa menggunakan lampu trek atau sorot untuk cermin dan rak dinding. Kita bisa mendapatkan pencahayaan yang menonjol, ketika menggunakan lampu ini.

Ada baiknya jika kita juga menggunakan lampu dim. Dengan begitu, kita bisa mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan. Meredupkan lampu juga dapat menciptakan interior rumah minimalis dengan suasana yang nyaman dan santai.

7 Warna Cat Kamar Tidur Yang Membuat Rileks

Para desainer interior rumah telah menghabiskan banyak waktu untuk mengetahui warna cat kamar tidur yang dapat mempengaruhi psikologi manusia. Itu sebabnya kamar tidur yang sempit bisa terlihat luas, setelah para desainer interior rumah memilih cat untuk kamar tidur.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita menggunakan warna cat yang dapat membuat kita rileks dan santai untuk kamar tidur kita. Berikut ini adalah warna-warna yang dapat anda gunakan.

Hijau Terang

Warna hijau terang adalah warna yang kebetulan saya gunakan untuk kamar saya. Warna cat hijau terang memiliki energi positif dan sering dikaitkan dengan kesegaran, rumput, kehidupan, musim semi dan kesuburan. Bisa dikatakan warna cat ini adalah salah satu cat yang dapat membuat kita santai dan rileks.

Ungu

Ungu adalah warna yang digunakan oleh para bangsawan. Bahkan, Ratu Elizabeth I melarang rakyatnya menggunakan warna ini, kecuali para anggota kerajaan. Ungu juga mempunyai arti visioner, kaya dan bergengsi. Jika anda menginginkan warna cat kamar tidur yang memberi suasana superior dan santai. Warna ungu sangat tepat untuk kamar tidur anda.

Putih

Warna putih tidak hanya memberikan warna yang dapat membuat anda santai. Putih juga dapat memberikan nuansa modern, sejuk, bersih, jelas dan terang. Putih juga sering digunakan sebagai warna cat rumah minimalis.

Biru Cerah

Biru merupakan simbol dari kesejukan dan air. Biru mempunyai arti energi, semangat, mengesankan dan menyenangkan. Biru terang adalah warna yang sempurna untuk membuat anda merasa santai dan berenergi.

Kuning Terang

Warna kuning terang yang lembut dapat membuat kamar tidur terasa santai dan cerah. Kuning mempunyai arti positif, kebahagian, cerah dan memancarkan energi cahaya matahari.


Warna Biru Laut

Warna laut mengekspresikan energi positif yang tidak terhingga, kasih sayang, dan kesetiaan. Jika Anda seorang pencinta laut atau kebetulan tinggal dekat dengan laut, warna cat ini sangat cocok untuk kamar tidur anda.

Warna Peach

Peach adalah warna yang memudahkan kita untuk memiliki warna rona merah muda yang tidak terlalu berani. Warna Pink yang terlalu terang atau gelap dianggap warna yang cukup berani untuk kamar tidur. Cat rumah berwarna peach memiliki makna memelihara, lembut, hangat dan kenyamanan.

Apakah anda sebelumnya bingung untuk memilih warna cat kamar tidur yang bisa membuat anda santai dan rileks. Anda bisa memilih salah satu warna cat untuk kamar tidur di atas. Jika anda punya pendapat lain atau ingin merekomendasikan warna cat yang lain. Silahkan anda berkomentar di bawah.

sumber (http://www.proviantaudio.com)

ndableg
23-03-2014, 06:24 PM
https://www.youtube.com/watch?v=CL78eVVW9_M

neofio
23-03-2014, 10:23 PM
@ndableg (http://www.kopimaya.com/forum/member.php?u=44) @kupo (http://www.kopimaya.com/forum/member.php?u=1416) @GiKu (http://www.kopimaya.com/forum/member.php?u=57)

semua warga KM

rikues :

mungkin ada tips makan sate ?
memetik buah buah mangga atau belimbing yg praktis?

::ungg::

yanwok
24-03-2014, 08:33 AM
Tips Memetik Mangga / Buah Lainnya:

1. Siapkan uang secukupnya (Rp. 10.000,- biasanya cukup).
2. Cari tukang ojek terdekat.
3. Minta tolong untuk memetik buah yang Anda mau.
4. Bayar.

silverjade
24-03-2014, 09:51 AM
Biar ngiris bawang ga pake nangis: Ngirisnya di ruang terbuka yang banyak angin, atau kalo di ruang tertutup, di depannya dipasangin kipas angin ke arah bawang jadi uap bawang ga nyampe mata kita :)

yanwok
24-03-2014, 10:30 AM
Pake kacamata renang aja

GiKu
24-03-2014, 10:30 AM
^
pake kacamata renang

lattungtatturrus
24-03-2014, 10:39 AM
Matanya dicopot dulu lah kalo ngiris bawang,biar gak nangis

surjadi05
24-03-2014, 11:10 AM
^^^
Bukannyalebih praktis pinjam mata dan tangan pembantu ::ungg::

GiKu
24-03-2014, 01:48 PM
^
ini kita lagi berada di posisi itu

neofio
24-03-2014, 02:54 PM
Trik Membuat Surat Lamaran


sedikit berbagi ini mungkin dapat mengisi kekosongan, semoga bermanfaat dan dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari
Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan, Sudah ribuan lamaran kerja dikirim tapi belum ada balasan? mungkin salah satu tips dibawah ini adalah masalahnya..

Mohon di simak baik-baik ya..


1. JANGAN TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN SINGKATAN

Dgn Hrmt.

ttrk dgn ikl lwg krj yg dmt pd srt kbr edisi sls , sy brmskd mengisi
lwg yg bpk bthkn,

rdri thn 1999 – 2004 , sy tlh bkj di aptk km farma , di bag cln srv.
dri thn 2004-2005 , sy bkj di LC bank sbg kabag keu. dri thn 2005- smp
skrg jd tkg pkr di BIp

2. JANGAN TERLALU BANYAK LAMPIRAN

sebagai bahan pertimbangan bapak , bersama ini saya sertakan :
a. foto copy KTP bapak saya
b. pas foto saya waktu disunat
c. surat kelakuan baik seluruh keluarga saya
d. bon hutang selama 1 tahun
e. proposal permintaan sumbangan pembangunan mesjid di Rt saya

3. BAHASANYA SOK GAUL

Dgn hormat banget , boss!

halo boss , capee deeehhh! apa kabar nich…..? baik baik aja dong , iya
kan iya dong , bener kan bener dong….? saya mo ngelamar kerja
nich..boleh dong…please. ..boleh ya…?

4. BAHASANYA SOK PREMAN.

gue pernah kerja di kantor bokap, tapi lantaran gue sering bolos sama
sering ngegodain skertaris kantor, gue dikeluarin, .......... banget
deehhh! makanya sekarang gue ngelamar kerja di kantor elo , ga usah
khawatir soal jabatan deh…..gue sih yg penting dibayar gede sama elo.
ok deh!! gue tunggu panggilan kerja! dari elo di rumah gue , kalo
sampe tiga hari belom juga ada panggilan , elo bakal tau sendiri
akibatnya……!

5. BAHASANYA SOK AKRAB.

Dengan hormat ,

hai apa kabar nih…? baik baik aja kan …? saya juga ketika menulis
surat ini dalam keadaan sehat wal afiat, semoga
kamu juga baik baik aja seperti saya disini. ngomong ngomong gimana
kabar anak anak , sehat kan ..? istri pasti makin cantik aja…..salam
aja ya buat mereka. oya ..hampir lupa, saya bermaksud melamar
pekerjaan pada perusahaan kamu bisa kan?…

6. TERLALU RESMI DAN BERTELE TELE.

Dengan segala hormat,

Setelah saya membaca iklan lowongan pekerjaan di surat kabar ternama
di ibukota yang oplagnya 3 juta exemplar per harinya , saya sangat
tertarik sekali dengan iklan yang anda muat di halaman 16 kolom 6
seperti pada lampiran surat lamaran saya ini. oleh karena itu saya
bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut dan juga sekalian harapan
saya , dengan surat lamaran ini kita bisa mempererat tali silaturahmi
antara kita berdua, bukankah dalam agama pun telah diterangkan betapa
pentingnya arti sebuah silaturahmi….


Tips Memetik Mangga / Buah Lainnya:

1. Siapkan uang secukupnya (Rp. 10.000,- biasanya cukup).
2. Cari tukang ojek terdekat.
3. Minta tolong untuk memetik buah yang Anda mau.
4. Bayar.


::ngakak2:: yanwok

tips memiih tukang ojeg ?

yanwok
24-03-2014, 03:33 PM
Tips membuat Surat Lamaran:

Tulis saja sesuai yang kamu rasakan, dan kenapa kamu ingin dia menjadi pasangan hidupmu.. Susah? Googling aja...

neofio
01-04-2014, 06:06 PM
Tips memilih ikan segar untuk memasakIkan merupakan salah satu makanan yang cepat rusak, karena kandungan protein yang sangat tinggi menyebabkan bau busuk yang menyengat.
Untuk keperluan memasak Super Indo sarankan untuk memilih ikan benar-benar segar, di samping rasanya akan lebih baik, kandungan proteinnya pun lebih bagus. Tidak banyak ibu-ibu yang belum bisa memilih ikan yang benar-benar segar.


Ciri-ciri ikan segar adalah sebagai berikut :
1. Warna kulit terang dan cerah
2. Daging ikan bila ditekan terasa keras.
3. Mata jernih menonjol dan cembung
4. Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas.
5. Insang berwarna merah
6. Sirip kuat
7. kulit dan daging ikan tidak mudah robek, terutama pada bagian perut. Tidak berbau busuk.

sumber : http://www.superindo.co.id

GiKu
01-04-2014, 06:14 PM
ciri2 ikan segar :

- masih hidup

neofio
01-04-2014, 06:21 PM
ciri2 ikan segar :

- masih hidup

::hihi::

setuju om
@GiKu (http://www.kopimaya.com/forum/member.php?u=57)

---------- Post Merged at 05:21 PM ----------
untuk giku:


Tips membuat perangkap tikus





http://www.forumsatelit.com/gallery/2979_19_07_13_2_49_59.gif

silverjade
02-04-2014, 09:22 PM
Pake kacamata renang aja
Trus kelupaan. Pas ada tamu
"lagi ngapain mbak, pake kacamata renang?"
"bersihin bak mandi bu" :D

neofio
02-04-2014, 11:25 PM
TIPS Mewarnai Rambut Sendiri

Mewarnai rambut tidak hanya bisa dilakukan di salon. Kini, Anda juga bisa mewarnai rambut sendiri di rumah. Selain bisa berhemat ratusan ribu rupiah, Anda bisa melakukannya dalam suasana santai,tanpa terburu-buru. Tapi, jangan asal mengikuti instruksi di dus cat rambut. Rambut berwarna indah dan berkilau hanya bisa dimiliki dengan teknik pengecatan yang benar.

Begini Caranya!

Meng-highlight rambut

Highlight dilakukan sebelum mengecat rambut secara keseluruhan. Untuk menciptakan highlight pada rambut, ada cat rambut khusus untuk itu. Tapi, bila rambut Anda punya pigmen yang kuat atau termasuk rambut yang masih virgin (belum pernah diwarnai) perlu trik tersendiri agar warna highlight-nya keluar, yakni dengan menggunakan bleaching.
Pada wanita usia matang dan wanita bekerja, highlight cukup diterapkan di area mahkota. Sekitar 10-25 helaian (tergantung tebal – tipis rambut).

Highlight yang elegan sebaiknya berwarna tembaga kecokelatan, atau pirang kemerahan. Warna pirang keperakan (platinum blonde), atau warna fashion seperti hijau, kuning, atau merah menyala sebaiknya dilupakan saja.

Bahan dan alat:


Bleaching powder yang bisa dibeli di toko kosmetik besar khusus perlengkapan salon.
Oxydant. Yaitu cairan ammonia dengan bermacam-macam tingkat persentasenya. Mulai dari 2,7%-12% tergantung level terang yang ingin dicapai. Dapat dibeli di toko khusus perlengkapan salon. Level 3% sudah cukup untuk Anda.
Kuas cat.
Mangkuk cat.
Sarung tangan plastik/karet, untuk menghindari iritasi.
Masker, untuk melindungi dari aroma tajam yang dihasilkan campuran bleaching.
Shower cap.

Cara Aplikasi:


Masukkan ke dalam mangkuk, campuran 1 sdm bleaching powder dan oxydant, dengan perbandingan 1:2, lalu aduk rata.
Aplikasikan dengan kuas selapis demi selapis pada rambut kering. Pastikan dioleskan di bagian yang ingin di-highlight secara merata dan hanya pada batang rambut. Hindari mengenai kulit kepala.
Tutup rambut dengan shower cap.
Diamkan 10 menit. Karena tingkat pigmen rambut tiap individu berbeda, lakukan pemeriksaan beberapa kali hingga mencapai tingkat pelunturan yang diinginkan.
Setelah mencapai warna terang yang diinginkan, cuci rambut menggunakan sampo tanpa kondisioner, dan keringkan.
Lanjutkan dengan proses pewarnaan rambut sesuai warna pilihan Anda.


Mewarnai Rambut

Sebaiknya rambut tidak dicuci terlebih dahulu dengan sampo, sebab kutikula rambut akan terbuka dan dapat membuat pewarna rambut tidak teraplikasi sempurna. Lain halnya jika kondisi batang rambut sangat berminyak, sebaiknya dicuci terlebih dahulu.

Yang Perlu Disiapkan:


Cat rambut.
Jepit rambut bergigi jarang.
Kain gelap penutup baju.
Kuas mengecat rambut (menyerupai sisir).
Shower cap.

Caranya:


Pastikan rambut dalam keadaan kering dan tidak lembap.
Siapkan pewarna rambut kemasan. Sebelumnya, baca instruksi pencampuran produk secara teliti.
Kenakan sarung tangan plastik dan kain gelap penutup baju agar tidak ternoda oleh cat rambut.
Belah rambut menjadi 2 bagian secara horizontal, dan jepit bagian atasnya. Aplikasikan cat dimulai dari rambut bagian bawah selapis demi selapis. Jangan mengenai kulit kepala.
Setelah rambut diberi pewarna secara merata, tutup dengan shower cap agar suhunya stabil, diamkan selama 35 menit.
Bilas rambut dengan air yang mengalir hingga warnanya bening, lalu gunakan sampo dan kondisioner.


SUMBER (http://www.femina.co.id/cantik/rambut/mewarnai.rambut.sendiri.yuk/002/003/8)

neofio
06-04-2014, 03:15 PM
Mengenal Scrub Lebih Dekat


Bila dulu scrubbing hanya dilakukan sekali sekali saja, kini zaman sudah berubah. Melakukan scrubbing bisa kapan saja, dilakukan di rumah dengan produk yang kini banyak sekali pilihannya. Selain bertujuan untuk membantu meluruhkan sel mati penyebab kulit terlihat kering dan kusam, juga mempercepat proses regenerasi sel kulit. Sebelum berbelanja scrub, bekali dulu pengetahuan yang tepat. Simak penjabaran Ketua Sertifikasi LSP Spa Nasional, Wiwit Azmi Lestari, AMF, SE, Dipl. CIDESCO, dan juga kosmetologis serta dermatologis Juliana Yu, MD.H, IPTI, ITAC, BABTAC, CIBTAC, CIDESCO Diploma international, dalam menjawab beberapa fakta seputar scrub yang selama ini sering terlewatkan.

1. Seberapa pentingkah scrub untuk kulit? Bila tidak dilakukan scrubbing, bisakah kulit tetap terjaga kebersihannya?

Fungsi utama dari scrubbing adalah mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori kulit, sekaligus membukanya, agar kulit bisa bernapas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan, seperti lotion, pelembap, body butter, atau lainnya. Selain itu, efek jangka panjangnya adalah membuat kulit senantiasa halus.

Sebenarnya, secara alami kulit beregenerasi selama 14 sampai 21 hari. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, ditambah gaya hidup yang tak bersahabat bagi kulit sehat, seperti: terus-menerus berada di ruangan ber-AC, mengonsumsi alkohol, merokok, dan sering lembur atau begadang, membuat regenerasi sel kulit tidak optimal. Bila ini terus dibiarkan, kulit akan terlihat kusam karena penumpukan sel kulit mati. Nah, di sinilah kulit membutuhkan ‘bantuan’ lewat scrub.

2. Bagaimana memilih scrub sesuai jenis kulit?
Pada dasarnya, scrub bisa diaplikasikan untuk semua jenis kulit. Tapi, setelah itu, sebaiknya dioles lotion sesuai jenis kulit. Boleh juga memilih jenis scrub untuk kulit yang punya kebutuhan khusus, seperti pepaya untuk melembapkan, teh hijau untuk menyegarkan kulit lelah, atau wortel untuk membuat kulit segar. Saat melakukan scrubbing, pastikan tidak ada luka yang terbuka atau terdapat luka baru, tidak ada luka bakar, dan tidak terdapat penyakit kulit, seperti eksem, rosacea, dan lainnya.

3. Apa perbedaan scrub dengan lulur?
Pada dasarnya, scrub dibedakan menjadi dua jenis, yaitu granule atau butiran dan tanpa granule atau tanpa butiran. Lulur adalah istilah bahasa Indonesia yang mengacu pada scrub. Biasanya terbuat dari beras yang dicampur bahan alami dan rempah-rempah lainnya, seperti bengkuang, melati, teh hijau, atau kopi. Selain itu, bisa disimpulkan bahwa lulur termasuk ke dalam kategori scrub berjenis granule.

4. Idealnya, berapa kali scrubbing itu harus dilakukan?
Perawatan dengan scrub sebaiknya dilakukan 2 minggu sekali, sesuai dengan pergantian kulit yang berlangsung setiap 14 sampai 21 hari sekali dan juga sesuai kondisi kulit.

5. Mengapa scrub wajah tidak bisa dipakai untuk tubuh, dan sebaliknya?
Seperti yang bisa dirasakan sendiri, tekstur kulit wajah lebih tipis, lembut, serta lebih sensitif dibandingkan kulit punggung yang tebal dan kasar. Sehingga, tak heran bila kulit wajah lebih sensitif terhadap gangguan dari luar, seperti radikal bebas, debu, kotoran, dan juga kandungan zat aktif yang ada di dalam sebuah produk kecantikan. Oleh sebab itu, tidak disarankan menggunakan produk scrub yang sama untuk kedua area tubuh tersebut.

6.Bisakah scrub membuat kulit lebih kencang dan awet muda?
Scrub tidak mempunyai fungsi untuk menjadikan kulit kencang dan awet muda, pengencangan pada kulit sebenarnya diberikan oleh masker, dan nutrisi pun sebenarnya berasal dari masker. Sehingga, perawatan dengan scrub tidak boleh luput dari perawatan masker. Fungsi scrub secara mendasar hanya untuk pembersihan dan pengelupasan.

sumber : femina online (http://www.femina.co.id/cantik/beauty.news/mengenal.scrub.lebih.dekat/002/001/43)

neofio
06-04-2014, 09:04 PM
Tips Membuat Headlamp Bagian Luar Seperti BaruHeadlamp mobil-mobil lama rentan mengalami kekusaman sehingga sangat menggangu arus cahaya. Karena saking kotornya, cahaya lampu menjadi redup dan lumayan sulit untuk melihat kondisi jalanan. Agar hal seperti ini tidak mengganggu perjalanan, saatnyalah bagi Anda menyudahi kesuraman kaca depan Anda dengan membuatnya terlihat baru dan terang.
Untuk langkah awalnya, silahkan persiapkan dulu alat dan bahan yang akan dipakai. Beberapa peralatan yang dimaksud adalah amplas berketebalan 500, 1000 dan 2000, mesin poles cat, kompon, tissue halus dan wax cat.
Copot dahulu headlamp mobil Anda dan amplas dengan amplas 500 pada bagian mikanya sampai warna kuningnya bersih merata. Jangan lupa untuk melakukan proses ini dengan ditambah air. Setelah bersih, amplas lagi dengan amplas 1000 untuk menghilangkan goresan-goresan. Pada tahap ini, headlamp akan terlihat bening pucat. Perlu diingat juga bahwa semua proses ini, wajib untuk menggunkan air. Jika perlu, rendam dulu amplas ke dalam air.
Setelah proses di atas selesai dilakukan, saatnyalah menggunakan kompon. Sebisa mungkin, gunakan kompon yang bagus agar hasilnya bisa lebih sempurna. Penggunaan kompon ini terutama untuk melapisi bagian seluruh mika. Selanjutnya, mulailah dengan tahap pemolesan.
Poles bagian mika headlamp dengan menggunakan mesin poles yang sudah disiapkan hingga bening kembali. Lakukan dengan teliti dan presisi untuk membuat tampilan headlamp bening merata dan tidak belang. Lalu, berikan wax cat untuk membuatnya semakin cemerlang.



Tips Buat Motor Matic Lebih IritMotor matic memang relatif lebih boros jika dibandingkan dengan motor bebek. Pemborosan bensin tersebut dikarenakan oleh jumlah gear yang memang lebih banyak daripada motor bebek.
Motor bebek yang memiliki persneling dapat mengatur laju RPM (Rotasi Per Menit) dan memungkinkannya untuk menghemat bahan bakar. Berbeda dengan motor matic yang tidak memiliki persneling sehingga akan sulit untuk menghemat baban bakar melalui pergantian gear tersebut.
Namun jangan khawatir, pemborosan bahan bakar oleh motor matic sebenarnya masih dapat diminimalisir. Salah satunya adalah dengan membersihkan karburator secara rutin. Komponen yang bertanggung jawab atas udara yang masuk pada ruang bakar ini akan ikut mengatur boros tidaknya motor matic Anda.
Selain itu, mengendarai motor dengan kecepatan stabil juga akan membantu penghematan bahan bakar. Jika sering memainkan gas alias main kebut dan rem, jelas bahan bakar akan lebih cepat habis. Karena bensin yang dibutuhkan saat menarik gas dengan kencang untuk akselerasi (ngebut) lebih besar.
Pilihlah oli yang cocok dengan mesin motor Anda. Pergesekan mesin yang tinggi gara-gara oli yang tidak cocok akan membuat mesin panas dan gas lebih berat. Kalau hal tersebut terjadi, tentu bahan bakar juga akan semakin boros.

sumber : http://www.otosia.com

neofio
17-04-2014, 05:15 PM
Jangan Asal Mematikan Mesin Mobil!Menjaga kondisi mesin mobil tak hanya dilakukan melalui cara yang umum, seperti servis rutin atau dari cara berkendara, ternyata perlakuan sederhana seperti mematikan mesin menjadi faktor penentu.
Sering kali pengendara mematikan mobil u saat putaran mesin masih tinggi. Padahal hal inilah yang menyebabkan kerusakan mesin.
Pasalnya, mesin yang masih berada dalam putaran tinggi memerlukan pelumas. Dengan mematikan mesin, kompresi pelumas yang masuk menurun secara drastis alias mesin kehilangan pelumas. Hal ini menyebabkan mesin menjadi cepat aus bahkan rusak.


Selain itu, mesin yang masih dalam putaran tinggi memiliki komponen yang masih mengembang. Ditambah dengan kurangnya pelumas, mesin pun menjadi aus dan rusak.
"Kalau mesin langsung dimatikan pelumasan jadi berkurang. Selain itu karena temperatur mesin lagi tinggi dan komponen masih mengembang, langkah langsung mematikan mesin akan merusak dinding silinder," jelas Virdan dari Revenge.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut sebelum mematikan mobil, tunggu hingga mesin berada dalam kondisi idle atau normal, kemudian putar kontak pada posisi off.
Bukan hanya menghindari kerusakan mobil, mematikan mesin dengan benar akan menjaga performa kendaraan Anda.


sumber : otosia

neofio
01-05-2014, 05:45 PM
Sembilan Tips Unik Agar Anda Tidak Kecopetan

Apakah anda/sdr/istri anda pernah atau bahkan sering kecopetan jengkel rasanya bukan
Nah..ini ada 9 tips unik agar terhindar dari kecopetan ...

1. Bila anda perempuan (istri anda), bawalah tas dengan baik, bila perlu kempit di ketiak anda, karena copet rata-rata tidak suka bau ketiak yang tidak sedap.
2. Bila anda laki-laki pastikan dompet anda selalu di saku anda, karena bila di saku orang lain berarti anda sudah … Kecopeetaan.
3. Buatlah bingung sang copet dengan membawa uang anda terbagi pada seluruh kantong saku.
4. Pastikan anda selalu tidak bawa uang, dan pasti anda tidak akan pernah dicopet, sebab anda tidak punya uang.
5. Bila anda selalu bawa uang pastikan dompet atau tas anda di dalamnya berlapis seng, sebab copet tidak akan bisa menyilet dompet atau tas anda.
6. Kalau anda bawa uang banyak lebih baik ditaruh kantong plastik bening dan dikalungkan di leher, anda pasti tidak akan di copet ……… . Hanya di ruammpook saja.
7. Kalau sudah yakin ketemu copet, ajaklah makan bersama di restoran dan berilah uang saku, anda tidak akan di copet tapi dikira gila.
8. Bila terpaksa anda harus belanja, pastikan bersama rombongan dan pilihlah tempat di tengah, anda pasti tidak akan kecopetan, ……… . Tapi entah teman anda yang ada di paling pinggir.
9. Tips terakhir yang paling jitu adalah pastikan anda tidak pernah pergi kemana-mana, so … pasti tidak kecopetan.

neofio
01-05-2014, 06:25 PM
Cara melipat baju - Video

::oops::


http://www.youtube.com/watch?v=7fAYmJZqlIQ


Teknik setrika Jeans



http://www.youtube.com/watch?v=cCCePNm6VdA

neofio
01-05-2014, 10:34 PM
Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Air Matang
Menambahkan es batu ke dalam minuman membuat minuman menjadi lebih segar, apalagi bila diminum saat siang hari. Namun sayang, terkadang ada penjual yang tidak mau repot untuk memasak terlebih dahulu air bahan untuk membuat es batu. Hasilnya, kita sebagai konsumen yang dirugikan.
Sebenarnya, ada cara untuk membedakan apakah es batu tersebut dibuat dari air mentah atau air matang yang sudah dimasak, demikian menurut Chef Indra, seperti yang dilansir Okezone, Kamis (1/5).

Es batu yang dibuat dari air mentah akan memperlihatkan adanya pengumpalan pembekuan di bagian tengah maupun di bagian sisi lainnya yang ada di es batu.

Chef Indra mengatakan jika es batu yang dibuat dari air mentah telah terjadi adanya proses pemaksaan dalam pembekuan. Sehingga, terdapat air yang dibekukan jadi terjebak dalam satu sisi saja.

Es batu yang terbuat dari air mentah terlihat berwarna putih. Biasanya akan terjadi pengumpalan di bagian tengah atau di bagian lainnya. Hal tersebut terjadi karena terdapat banyak gas atau oksigen yang berada didalamnya karena telah dipaksakan untuk dibekukan.
Kebanyakan es batu yang dibuat dari air mentah dibuat dalam bentuk balokan. Karena jika sudah dimatangkan maka air akan mudah dibentuk.

Sedangkan es batu yang dibuat dari air matang akan terlihat bening seperti air. Hal ini terjadi karena gas yang ada di dalam air sudah menghilang akibat perebusan.

Ketika pendinginan terjadi sedikit gas yang terperangkap dalam es karena kandungan udara dalam air berkurang. Es semacam ini biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube.

Kemudian, Chef Indra juga mengatakan dari segi aroma pun bisa tercium. Es batu yang dibuat dari air matang akan terasa lebih segar ketimbang air mentah.

Anda tinggal mencolek saja dengan jari kepada es batunya. Jika terasa pahit maka itu pertanda es batu dibuat dari air mentah, bahkan di dalam es batu tidak akan terlihat kotoran yang muncul bila mempergunakan air matang.

https://lh3.googleusercontent.com/-mVhgGtz-Zqc/Usi9C043PZI/AAAAAAAAYOs/Y7kMz6oAk0Y/w346-h192/5179fd48ac438_5179fd48adb9f.jpg

neofio
28-06-2014, 11:13 PM
Berikan Jus Buah Segar dengan Cara Ini Agar Anak Tehindar dari Obesitas

Jakarta - Anak-anak cenderung menyukai minuman manis. Konsumsi minuman manis seperti jus buah dapat sebabkan obesitas pada anak. Pada masa pertumbuhan anak memerlukan asupan nutrisi seimbang agar tetap sehat.

Jus buah segar mengandung gula, agar tak berlebihan dalam pemberiannya, sebaiknya perhatikan hal penting ini.

1. Gunakan buah segar
Buah mengandung gula alami yaitu fruktosa. Selain itu, buah-buahan juga mengandung vitamin, mineral dan serat yang berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan serat dalam buah juga dapat melancarkan pencernaan anak.
2. Hindari jus kemasan
Rasanya yang manis membuat jus kemasan sangat digemari anak-anak. Jus buah kemasan memang mengandung lebih banyak gula sederhana yang dapat sebabkan anak alami obesitas. Selain itu, bahan pengawet dalam minuman yang dikonsumsi dapat sebabkan berbagai macam penyakit saat anak dewasa.
3.Kebutuhan gula

Walaupun tak memberikan jus kemasan. Biasanya para orangtua menambahkan gula pasir ke dalam jus. Hal ini justru akan menambah kalori. Untuk menjaga asupan gula, sebaiknya berikan anak gula sekitar 20 - 25 gr dalam sehari atau sekitar 5 sendok teh perhari.
4.Kombinasi buah

Untuk memberikan anak minuman sehat, sebaiknya kreasikan campuran buah menjadi jus yang enak. Sesekali campurkan sayuran seperti wortel dengan lemon dan apel agar rasanya lebih enak.
5.Hindari penggunaan botol dot

Memberikan jus buah lebih baik di gelas. Hal ini dapat menghindari anak mengonsumsi jus buah sesaat sebelum tidur. Karena jika mengonsumsi dalam botol dot sebelum tidur dapat timbulkan karies gigi pada anak. Selain itu, anak sebaiknya berkumur dengan air putih setelah minum jus.
sumber (http://food.detik.com/read/2014/06/27/063806/2620794/1345/berikan-jus-buah-segar-dengan-cara-ini-agar-anak-tehindar-dari-obesitas?)

serendipity
20-07-2014, 02:14 PM
https://pbs.twimg.com/media/Bs3v-M5CUAEd13Z.jpg:large

neofio
21-07-2014, 07:57 PM
CARA MENCUCI BONEKA


TIPS MEMBERSIHKAN BONEKA
Setiap rumah yang ada anak-anak pasti punya paling tidak satu boneka binatang. Mereka biasanya duduk di tempat tidur atau rak buku, bisa juga bersembunyi dibawah mebel dan di belakang sofa, dan anak-anak suka menyeret mereka kemana-mana dengan menarik kupingnya. Jadinya boneka tersebut bisa kotor dan berdebu. Kadang-kadang boneka tersebut harus dimandikan, cuma banyak orang ragu-ragu. Gimana caranya mencuci boneka tanpa merusaknya? Berikut beberapa tips supaya boneka tersebut selalu bersih.

Jika bonekanya berdebu, anda hanya perlu menyekanya. Ambil kain lap yang dibasahi air hangat, lalu seka semua bagian boneka sampai semua debu hilang. Setelah bonekanya dibersihkan, sisir menggunakan sisir rambut anda yang tak terpakai. Anda juga bisa menggunakan selang kecil di vacuum cleaner untuk membersihkan debunya. Menggunakan lint roller atau selotip juga bisa.

Beberapa boneka juga bisa dicuci di mesin cuci. Perhatikan label pada boneka, apakah ada petunjuk untuk dicuci. Periksa bonekanya akan robekan pada setiap lipatan, kalau ada akan lebih baik jika anda melakukan operasi kecil untuk menjahit sobekan tersebut supaya tidak makin parah ketika dicuci. Anda juga sebaiknya memeriksa noda pada boneka. Jika ada noda, taruh sedikit deterjen pada noda dan biarkan beberapa saat sebelum dicuci.

Nah kalau anda sudah siap memandikan si boneka, taruh bonekanya di dalam sarung bantal dan anda boleh mencucinya bersama cucian anda yang lainnya. Sebaiknya anda menggunakan putaran paling pelan di mesin cuci anda dan berikan deterjen yang lembut. Sesudah selesai dan dikeluarkan dari mesin cuci, anda bisa menyisirnya.

Jangan cuci boneka anda di mesin cuci jika bonekanya sudah cukup tua atau sangat lembut. Taruh di dalam tas kertas dan taruh baking soda, kemudian guncang-guncangkan tas tersebut sampai baking sodanya menempel rata di bonekanya. Biarkan baking sodanya menempel sekitar setengah jam dan kemudian bersihkan menggunakan handuk. Ini juga cara yang bagus untuk membersihkan boneka yang terlalu besar untuk dimasukkan ke mesin cuci.

Membersihkan boneka di mesin pengering belum tentu ide yang bagus. Jika bonekanya berisi bahan yang dapat menyusut atau berubah bentuknya ketika dikeringkan, sebaiknya anda menjemurnya seperti pakaian, tapi ingat jangan kena sinar matahari yang panas karena warnanya bisa pudar. Ada pilihan lainnya yaitu taruh boneka anda di sebelah alat penghilang lembab jika anda memilikinya. Hal ini bisa memakan waktu berhari-hari, tapi anda tidak perlu khawatir bonekanya akan rusak.

Memandikan boneka tidak terlalu sulit. Pastikan untuk mengikuti dengan cermat instruksi pada label. Boneka kita memberikan kita cinta tanpa syarat. Paling tidak kita bisa membuatnya tetap bersih dan bebas debu sebagai imbalannya. :)

SUMBER (http://halomini.com/artikel/tips-membersihkan-boneka)

purpose
25-07-2014, 04:10 PM
tips 'goreng air' : panaskan minyak di wajan. Tuangkan sedikit air.
Lari menjauh atau tutup wajan sampai air berhenti meletup-letup.
Setelah air berhenti meletup, baru masukkan bahan masakan. Dijamin, gak lengket jadinya itu otak-otak, ikan, atau ayam di wajan

surjadi05
25-07-2014, 05:40 PM
Tips memasak rendang biar tahan lama, daging sapi dipotong kotak2 trus rendam dalam air panas yg sudah dikasih jeruk nipis dan daun salam selama 4 jam, sesudah itu daging tersebut harus dicuci dengan air dingin bersuhu kira 8 derajat celcius, kemudian diamkan kira2 45 menit, kemudian rebus air sebaiknya di kompor minyak tanah dengan perbandingan untuk 1 kg daging sapi dimasak dengan 3,5 liter air,
Sesudah air mendidih masukan semua bumbu rendang kira2 10 menit baru masukan daging sapi, masak dengan api besar.
ketika kuah rendang mulai mengental jangan lupa masukan semen 10 kg, dijamin rendang anda tahan lama,

selamat mencoba::kabur::

GiKu
25-07-2014, 05:48 PM
semennya dimasukkan ke mana ?

surjadi05
26-07-2014, 08:27 AM
semennya dimasukkan ke mana ?

Ke dalam hatimu? ::ungg::

neofio
09-09-2014, 08:52 PM
http://www.kiosban.com/wp-content/uploads/2012/01/tyre-size-1.jpg

Cara Membaca Spesifikasai yang Ada Pada Ban Mobil





Sekarang ini banyak sekali pengemudi yang hanya mengemudikan mobilnya saja tanpa memperhatikan Spesifikasi dari ban mobil.
Padahal, deretan angka yang terdapat pada dinding ban tersebut sangat informatif dan wajib dikenal.Kita bisa mengetahui ukuran ban, tipe tubles atau bukan, tingkat kecepatan, maksimun daya angkut dan banyak lagi informasi ban yang kita pakai. Di bawah ini akan dijelaskan arti deretan angka tersebut.

berikut ini merupakan contoh P215/65R15 89H. Mari cermati satu-satu:Penjelasannya sebagai berikut:

-P : Untuk kendaraan penumpang (passenger)

-215 : Simbol ini menunjukkan lebar ban yang diukur dari satu dinding ke dinding yang lain. Artinya, angka dalam milimeter ini menentukan besar telapak ban. Makin besar angkanya, telapak ban akan kelihatan semakin lebar.

-65 : Rasio tinggi terhadap lebar. Makin besar angkanya dinding ban akan kelihatan semakin tinggi. Makin kecil angkanya dinding ban akan semakin rendah.

-R : Konstruksi ban. Simbol R mewakili ban bertipe radial.

-15 : Diameter ban atau yang lebih dikenal dengan ring 15. Biasanya sesuai dengan diameter (ring) velg.

-89 : Index daya. Tiap angka memiliki tingkat daya angkut berbeda. Ini juga berhubungan dengan tekanan angin maksimum n yang diukur dalam satuan PSI (pounds per square inch) dan Kpa (kilopascals).

-H : Tingkat kecepatan. Tiap huruf memiliki tingkat kecepatan berbeda-beda. Tingkat kecepatan itu meliputi:
- Q kecepatan maksimum 158 km/jam
- S kecepatan maksimum 179 km/jam
- T kecepatan maksimum 188 km/jam
- U kecepatan maksimum 198 km/jam
- H kecepatan maksimum 208 km/jam
- V kecepatan maksimum 240 km/jam
- Z kecepatan maksimum di atas 240 km/jamBerdasarkan dari spesifikasi di ada semoga kita tidak menyepelehkan hal-hal kecil yang apa pada kendaraan kita

Tips Perawatan Ban Mobil


http://www.otomotifnet.com/otoweb/images/image/2010/tematis/GT/GT-tipe-ban-berdasar-tapak-symetris.jpg



Di bawah ini adalah 10 tips perawatan ban mobil :

1. Jangan menunggu hingga ban rusak. Biasakan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil anda, paling sedikit sekali sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.

2. Anda harus hapal dengan tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.

3. Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil Anda, periksalah ban saat suhu mereka dingin. Jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam.

4. Lakukan pemeriksaan berkala, paling tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional. Sehingga mobil Anda siap untuk digunakan, jika sewaktu-waktu Anda butuhkan.

5. Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul. Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.

6. Jagalah ban mobil Anda dari lobang di jalan. Sebab lobang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.

7. Buatlah jadwal. Pastikan Anda menukarkan ban mobil Anda antara yang di depan dengan yang di belakang tiap 6000 mil, agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.

8. Jangan mengendarai mobil dengan ban yang tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

9. Periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil Anda secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.

10. Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan.

second_life
10-09-2014, 10:41 AM
5. Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul. Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.
neofio ini kamsudnya apaan yak?
kagak mudeng eike ;D

neofio
11-09-2014, 09:24 PM
@second_life (http://www.kopimaya.com/forum/member.php/379-second_life)

::ngakak2::


5. Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul. Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban

aku juga baru nyadar ada point nomer 5 seperti itu...

mungkin gini, uang logam dimasukan ke telapak ban/gigi ban secara berdiri, kalo ban gundul berrati habis talapak bannya, berarti disaat di selipkan koin akan terlihat seluruh permukaan koin...

bener ya?

::ungg::

coba panggil surjadi05 GiKu kupo kandalf

GiKu
12-09-2014, 10:34 AM
ini poin misteri
harus orang gila yg menjawabnya
::grrr::

second_life
12-09-2014, 10:35 AM
neofio

hm.... masuk akal sih. mungkin bener begitu kamsudnya. thank you ^^

soale kemaren pas baca itu, g kepikirannya 'taruh uang koin di tapak ban' = 'geletakin koin di bekas jejak ban' ::doh::
lha, ya pasti keliatan semua gambarny ;D

ternyata diselipin di gerigi ban toh :iamdead:

--------------------------------
astajim, baru sadar klo icon i'm dead itu ternyata dia tengkurep sambil garuk2 bokong ;D

GiKu
12-09-2014, 10:42 AM
neofio


ternyata diselipin di gerigi ban toh :iamdead:

--------------------------------
astajim, baru sadar klo icon i'm dead itu ternyata dia tengkurep sambil garuk2 bokong ;D


dia berusaha menyelipkan uang logam

kandalf
12-09-2014, 11:18 AM
gak ngerti maksudnya...
itu maksudnya tapak ban di sisi mana? di bawah (diinjak)? di samping?

second_life
12-09-2014, 12:22 PM
dia berusaha menyelipkan uang logam
*siyal, begitu ngebaca kok ya malah langsung ngebayangin ::doh::
gikuuuuuu, kau merusak hariku ::arg!::

surjadi05
13-09-2014, 06:11 PM
neofio maksdnya taruh uang logam ke tangan tukang ban, minta dia yg check kondisi bannya kali yah ::ungg::

neofio
28-10-2014, 11:29 PM
Ingin Berkebun? Di Kantor pun Bisa

http://www.hijauku.com/wp-content/uploads/2014/04/Berkebun-sayuran-secara-hidroponik-di-sisa-lahan-kantor-Charisma-Rahma-500x357.jpg

Oleh: Charisma Rahma *
Sejalan dengan perkembanganurban farming atau kegiatan berkebun di perkotaan, menjadikan berkebun itu bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja. Ketersediaan lahan yang terbatas bukanlah suatu halangan untuk mematahkan keinginan seseorang yang ingin berkebun. Selama ada keinginan dan kemauan keras, dimanapun tempatnya bisa saja digunakan untuk berkebun. Ya, di kantor pun ternyata tetap bisa berkebun.
Ide berkebun di kantor ini berawal dari kekhawatiran terhadap perubahan iklim serta kondisi lingkungan yang semakin tidak sehat. Semua perusahaan bisa memberikan kontribusi kecil untuk lingkungan yang diwujudkan dengan memanfaatkan taman kantor dan sisa lahan di kantor untuk berkebun. Aksi hijau ini bisa membuat suasana kantor lebih hijau.
Perusahaan bisa menyebarkan semangat positif peduli lingkungan di perkotaan dengan program urban farming yang juga bisa diterapkan di perkantoran. Kegiatan berkebun di kantor dapat dilakukan dengan memanfaatkan sisa lahan, taman kantor, maupun dengan menggunakan pot yang bisa difungsikan sebagai penghias ruangan dengan ditanami beraneka tanaman hias.
Mengapa berkebun di kantor? Yap, kantor bagi sebagian besar orang adalah rumah kedua, karena mulai pagi hingga sore atau bahkan petang mereka menghabiskan waktunya di kantor.
Menjadi sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk membuat kantor yang senyaman mungkin untuk pegawainya. Satu ruang hijau seperti taman di luar ataupun di dalam kantor bisa membantu untuk menjaga produktifitas kerja. Uniknya, taman yang ada di pekarangan perusahaan ini juga dimanfaatkan untuk berkebun secara organik karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia untuk proses pemupukan maupun perawatan tanaman.
Kegunaan taman kantor yang juga difungsikan untuk berkebun tidak hanya sebagai penghias saja, tentunya juga memiliki manfaat. Misalnya saja sebagai pilihan tempat beristirahat untuk penghilang rasa kepenatan dari menatap layar komputer selama berjam-jam pada saat pekerjaan kantor menumpuk, penyuplai udara segar nan sejuk di area kantor, serta tidak ketinggalan yakni untuk memperindah kantor menjadi lebih hijau yang membuatnya menjadi lebih asri dan nyaman.
Di taman kantor juga terdapat gazebo yang dapat digunakan oleh karyawan untuk bersantai menikmati udara segar pada saat jam istirahat.
Untuk penataan taman dan kebun di perusahaan ini, disusun apik secara berkelompok dengan mengelompokkannya berdasarkan jenis tanaman ataupun teknik berkebun yang digunakan. Penyusunan secara berkelompok dengan jenis yang sama pada masing-masing kelompok dapat menciptakan keindahan dan suasana yang nyaman. pengelompokan itu terdiri dari jenis tanaman hias, tanaman tabulampot, hidroponik, vertikultur, dan akuaponik.
Untuk sekelas berkebun di kantor dengan memanfaatkan sisa lahan dan taman kantor, kebun di perusahaan ini termasuk ke dalam kebun yang cukup produktif karena jenis tanaman yang dikembangkan cukup beraneka ragam dan terus berjalan hingga saat ini.
Mulai dari jenis tanaman buah-buahan seperti durian, rambutan, nangka, jeruk, jambu, markisa, dan belimbing, jenis sayuran seperti selada, sawi, caisim, cabe, terong, tomat, kol, dan kangkung yang dikembangkan secara hidroponik, vertikultur, dan akuaponik, jenis tanaman hias seperti beraneka jenis anthurium dan anggrek, hingga jenis tanaman perkebunan seperti lada dan vanili berhasil ditanam dan telah menghiasi taman dan kebun yang ada diperusahaan ini.
Hasil panen buah dari kegiatan berkebun di kantor tersebut bisa dinikmati oleh seluruh karyawan. Setiap kali panen, hasilnya akan dibagikan secara merata untuk seluruh karyawan untuk dimakan bersama-sama, bahkan karyawan juga bisa memetik sendiri secara langsung ketika memiliki waktu senggang.
Memakan buah dari hasil petik di kebun sendiri itu dianggap lebih menyenangkan bagi karyawan karena menimbulkan kepuasan tersendiri dibandingkan dengan membelinya di toko buah atau di supermarket.
Sedangkan untuk hasil panen sayuran, akan dijual kepada karyawan yang berminat untuk membelinya, karena hasil dari penjualan sayuran itulah yang akan digunakan untuk pembelian bibit dan untuk proses perawatan tanaman agar kegiatan berkebun di perusahaan ini bisa terus berjalan.
Kegiatan berkebun di kantor ini bisa di bawah kendali tim tertentu seperti tim research & development dengan dibantu beberapa tenaga lapangan. Beberapa karyawan di divisi lain pun – yang memiliki minat untuk berkebun – bisa turut andil dengan bersama-sama merawat dan mengembangkan kebun.
Selain itu, direktur perusahaan bisa meluangkan waktunya dengan turut serta turun ke lapangan untuk terus memantau perkembangan kebun, agar kegiatan berkebun tersebut dapat terus berjalan dengan baik.
Berkebun selain mengasyikkan juga membantu memberikan ruang terbuka hijau dan ketahanan pangan. Untuk saat ini berkebun bukan hanya sebagai pekerjaan petani yang konvensional saja, tetapi bisa menjadi suatu budaya baru bagi karyawan kantoran yang tak hanya bermanfaat secara ekologi tetapi punya nilai ekonomi dan estetika.
Akan tetapi, upaya-upaya ini masih perlu digaungkan, agar memperhatikan lingkungan alam tidak sekedar soal tren semata, melainkan kesadaran untuk mewujudnyatakan budaya baru ramah lingkungan.
* Penulis adalah alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Diponegoro, Semarang. Saat ini penulis bekerja dan tinggal di Yogyakarta.

sumber (http://www.hijauku.com/2014/04/05/ingin-berkebun-di-kantor-pun-bisa/)

neofio
22-11-2014, 10:34 PM
11 Kiat Bersihkan Rumah Setelah Banjir

Banjir yang melanda Jakarta dan beberapa wilayah di Indonesia perlahan sudah mulai surut.
Banjir tidak hanya mencabut nyawa dan merusakkan harta benda, namun juga menyebabkan kerusakan lingkungan dan mengancam kesehatan.
Salah satu ancaman kesehatan setelah banjir surut adalah polusi udara dalam ruang akibat air dan kotoran yang masuk ke dalam rumah.
Jika dalam dua hari kotoran-kotoran tersebut tidak dibersihkan, jamur (mold) akan berkembang biak dengan cepat. Selain jamur, hama dan penyakit juga akan merajalela.
Environmental Protection Agency (EPA), lembaga perlindungan lingkungan dari Amerika Serikat, mengeluarkan panduan (http://www.epa.gov/iaq/flood/index.html) cara membersihkan rumah paska bencana banjir. Kami merangkumnya untuk Sahabat Hijauku.
1. Bersihkan dan keringkan rumah dan segala macam perabotan yang ada di dalamnya. Pastikan rumah Anda terbebas dari jamur, hama dan penyakit.

2. Pergi langsung ke dokter jika Anda mengalami gangguan kesehatan. Jamur akan dengan mudah memicu penyakit pada mereka yang menderita asma, alergi dan gangguan pernafasan.

3. Perbaiki pipa-pipa dan fasilitas air yang bocor, bersihkan dan keringkan dari kotoran agar jamur tidak bisa lagi berkembang biak. Jika gangguan jamur sangat parah, gunakan jasa profesional untuk membersihkannya.

4. Saat membersihkan rumah, gunakan pelindung mata yang memiliki ventilasi agar jamur tidak masuk dalam mata Anda.

5. Gunakan sarung tangan sehingga Anda tidak perlu menyentuh jamur dengan tangan telanjang.

6. Gunakan masker udara dengan tipe N-95 untuk mencegah jamur masuk dalam tubuh Anda. Masker debu biasa, bandana atau sapu tangan, tidak bisa melindungi sistem pernafasan Anda dari kuman, bakteri dan jamur.

7. Saat membersihkan rumah gunakan celana dan baju lengan panjang. Jangan lupa memakai sepatu bot atau sepatu kerja.

8. Buang saja barang-barang yang sudah terendam air namun tidak bisa dibersihkan.

9. Bersihkan dan keringkan wilayah berpermukaan keras seperti tempat mandi (showers), bak mandi dan meja dapur Anda. Gunakan deterjen atau pembersih yang bisa mematikan jamur.

10. Jangan mencampur produk-produk pembersih atau menambahkan pemutih dalam bahan kimia lain, karena berbahaya.

11. Saat banjir, biasanya pasokan listrik akan dimatikan dan keluarga terpaksa menggunakan generator portabel untuk memasok listrik. Asap dari generator portabel ini bisa membunuh Anda dalam beberapa menit.
Untuk itu, letakkan generator listrik jauh dari rumah. Jangan pernah menggunakan generator di dalam rumah, dalam garasi, di atas balkon, di bawah jendela atau di dekat pintu dan ventilasi.
Jangan pernah sekali-kali meletakkan generator dekat dengan lokasi tidur anak. Jangan pula meletakkan generator di antara dua rumah yang saling berdekatan atau di tempat parkir mobil (carport).

Redaksi Hijauku.com