PDA

View Full Version : Kerupuk - Gurih - Renyah - Kriuuukkk!!!



etca
13-09-2014, 12:01 PM
Kenapa ya banyak yang suka dengan krupuk, meski kadang suka batuk kalau makannya kebanyakan.
rasanya yang gurih, renyah dan kriuk2 ini seringkali jadi candu tiap kali makan..
Krupuk lalu dimodifikasi banyak rasa, manis atau pedas.
Gambar yang gede sizenya saya spoiler yah.


https://inderajaya.files.wordpress.com/2014/06/kerupuk-bulet.jpg
kalau makan soto suka dicelupin dikuahnya biar kapes-kapes... ::cabul::


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/bf/Kerupuk_kedelai.JPG/640px-Kerupuk_kedelai.JPG
Kerupuk kedelai.


http://i00.i.aliimg.com/photo/v0/126713290/kemplang_palembang.jpg
kemplang
kemplang ini dari Lampung atau Palembang ya?


http://2.bp.blogspot.com/-1epDs63YSNo/UO6-M5nGM9I/AAAAAAAAAeI/lNbvWD_aXbY/s1600/Resep+kerupuk+udang.jpg
Kerupuk Udang


http://1.bp.blogspot.com/-PEz7gwzy4B8/UprZU2oDjEI/AAAAAAAAALM/Ed52BObICLA/s1600/2942976862_1c40be53de.jpg
Karak
Beneran pake borax ga sih bikinnya ;D


http://kuesnackalfath.com/image/cache/data/baru/Krupuk%20tenggiri%20super-500x500.jpg
kerupuk ikan tenggiri, sama kah dengan amplang di samarinda?


http://wisatakuliner.com/kuliner/images/stories/pusat_oleh2/magelang/opak/opak2.jpg
orang sunda atau betawi biasa mengenalnya Opak. Kalau di Solo namanya jadi Romeo ;D


http://2.bp.blogspot.com/_VriiFGjr2uI/S7LBC9DaO0I/AAAAAAAAADw/aqJGjkI_8R4/s1600/CIMG0433.JPG
Balung Kethek alias disebutnya tulang monyet,
Gw inget banget waktu SD dijual diplastikin kecil2nya. kerassssssnya bowww.. ::doh::


http://luvisnacks.files.wordpress.com/2010/07/kr-20-ls-kerupuk-rambak.jpg
rambak


http://resepmasakanmu.com/wp-content/uploads/2013/01/GADO-GADO-PADANG.jpg
kerupuk merah biasa buat gadogado,
tapi kalau daerah lain ada yang ditaburkan di atas soto


http://1.bp.blogspot.com/-cIFcwAuQBGg/TyFXej4tLLI/AAAAAAAAADQ/RVN7-xtz8L0/s1600/emping.jpg
emping, nah kalau yang ini ga gitu favorite.


http://rekomendasi.me/uploads/news/cat/asinan-bang-tata-04.jpg
Kerupuk Mie, biasa buat topping asinan.

cherryerichan
13-09-2014, 03:35 PM
palembang surganya kerupuk. kemplang dari sini,kemudian tersebar ke jambi,lampung, bangka. paling enak yang bakar. makannya pake sambel terasi.. (pake yg sambal
terasi abc sedep juga). kadang di cocol cuka juga.hehehe. disini macem mÓcem bentuknya. ada yang kerupuk segede nampan. bentuk anggur juga ada. ada kemplang tulang,kemplang udang,kemplang cumi, ada yg bentunya kayak pipa pvc.
kalo udah ke toko kerupuk kemplang,keluarnya bawa kantong gede-gede.
eh kalo kerupuk keriting aku juga suka batuk. pengaruh minyaak kali ya. jadi kalo pengen,makannya kadang pake gado-gado. hehe.
kalo yang bakar gak pernah batuk.
harga perkilo macem macem. kualitas paling super sekitar
100 ribuan. tapi enyyyaaaak banget.
yang gopek juga banyak. yah rasanya biasa aja.

kalo disini yang lucu, makin bau kerupuk/kemplangnya malah makin enak. heheh.

---------- Post Merged at 02:35 PM ----------

oh iya,yg kotak kecil2 itu disini namanya getas.

ndugu
13-09-2014, 03:56 PM
wah saya demen nih kerupuk :mrgreen:
ini di rumah masih ada 2 bungkus kerupuk udang mentah
lagi mikir2 apa weekend ini mo digoreng ::elaugh::

etca
13-09-2014, 04:18 PM
^
ah ndugu mah ebi aja juga dimakan mentah2 apalagi kerupuk ;D

@mpok cherry,
rasanyo kemplang aseli palembang sama ga ya ama nyang di sini?


oia pembicaraan kerupuk ini bisa melebar ada banyak variannya ya,
jadi rempeyek, rengginang (http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php/5834-Rengginang), lanting *aduhhh gw hampir ngabisin satu bungkus lanting nih*

mbok jamu
13-09-2014, 06:07 PM
Mbok tambahin.

Kerupuk kulit sapi atau kata orang Minang, Karupuak Jangek. Enak tapi bikin lidah lecet-lecet.


http://3.bp.blogspot.com/-49oQr47HGnA/UU_Z5ixEwHI/AAAAAAAAAeg/SZ-a1xhFDyw/s320/kerupuk-jangek.jpg

cherryerichan
13-09-2014, 06:09 PM
yang di jakarta? versi gopekan ama yang sekantong dua-tiga ribu?kalo yg bakar n gopean,langsung lumer dimulut walo belum dikunyah, rasanya mirip kerupuk merah buat gado gado. enakan yang disini. yang dari bangka juga enak.
kerupuk melarat sama yg tanah liat (aduh lupa namanya) nggak dimasukin?

---------- Post Merged at 05:09 PM ----------
mbok jamu, disini ada lagi versi laen jangeknya. lumayan lebar. aroma ketumbarnya enak banget. kalo yang di foto mbok namanya kalo g salah rambak.

etca
13-09-2014, 06:18 PM
http://www.damniloveindonesia.com/voting/photos/Kerupuk-Melarat.jpg
ini kerupuk melarat?

Ga pernah makan kayaknya, populer di daerah mana sih?
trus kerupuk tanah liat? angpo?? bener ga?

queerguy
13-09-2014, 07:31 PM
Sehat gak sih beli yang di pinggir-pinggir jalan? Bagaimana kalau digorengnya pakai minyak jelantah???
Enak tapi gak sehat donk

ndugu
13-09-2014, 10:07 PM
etca apa hubungannya ebi sama kerupuk, ca? :lololol:

ini kapan lalu goreng kerupuk udang, sama emping, dua baskom ::cabul::


http://s2.postimg.org/6tj8gfeo9/IMG_0816.jpg

http://s2.postimg.org/6ymzq3lzd/IMG_2251.jpg

Kingform
13-09-2014, 11:12 PM
lebih suka emping daripada kerupuk....
kalo udah makan emping susah berhentinya ::hihi::

etca
14-09-2014, 07:44 AM
ndugu,
goreng sekaligus banyak gitu... nyimpennya gimana?
gw aja goreng karak 15 lembar aja, udah riweuh nyimpennya.
biasanya langsung ludes sih diserbu gw ama ponaan ;D

maksudnya ebi mentah aja doyan, apalagi kerupuk yang udah digoreng.
kerupuk kan enak, ada sensasi renyah n kriuk2nya.

Kingform,
bisa kena asam urat loh kalau keseringan makan emping.

gw sih emping ga terlalu suka, lebih suka kerupuk udang.
kalau pasangan sop buntut seringnya kenapa ama emping ya? ::oops::

ndugu
14-09-2014, 11:31 PM
etca: nyimpen di ember ato langsung diabisin donk ::jempol:

:lololol:

just kidding :cengir:
ngga disimpen gimana2 sih, dibiarkan aja di luar. ini untungnya tinggal di daerah sini, kalo udara kering, kerupuknya tetep crispy tanpa masuk container. lagipula biasa ngga tahan lama kok, 2-3 hari juga udah abis ::elaugh:: biasa saya share makannya, ato kalo ada tamu dateng ya makin cepet lagi abisnya :cengir:

saya jarang goreng2an di rumah soalnya, ribet. makanya kalo ngegoreng, udah deh sekalian aja goreng sebungkus ::elaugh::

neofio
15-09-2014, 12:18 AM
kerupuk bondon :

::ungg::
http://img41.imageshack.us/img41/462/17615883.jpg


kerupuk gurilem::cabul::


http://202.67.224.133/pdimage/67/s_2528767_gurilem.jpg

Hai_Lee
15-09-2014, 12:31 AM
saya juga paling doyan sama emping. kalau saya pulang ke Indonesia si mama pasti borong emping dari pasar ;D

saya doyannya emping yang tipis-tipis ga kayak yang biasa disediain di tempat-tempat makan.

mama, kakak saya sama saya sukanya emping yang agak gosong karena wanginya keluar, kalo papa saya sukanya emping yang digorengnya cuma 2-3 detik alias masih putih.

waktu kecil suka makan emping dikopek kecil-kecil, ditaruh di mangkok terus dikasih kecap ikan ::cabul:: makan itu setiap sabtu di rumah om saya karena sabtu malam itu movie night.

cha_n
15-09-2014, 12:47 AM
kerupuk jengkol juga enak
opak termasuk kerupuk ga ya?

Kingform
15-09-2014, 08:11 PM
Kingform[/MENTION],
bisa kena asam urat loh kalau keseringan makan emping.
udah beberapa kali kena asam urat ca...::hihi::
tapi rasa takut kena asam uratnya dikalahkan oleh kenikmatan emping ::cabul::

tuscany
15-09-2014, 09:50 PM
kerupuk yang digoreng pake pasir tuh lebi sehat.

ada lagi yang belom diposting etca: keripik bayam.

kalo saya suka rengginang, emping, rempeyek ikan teri, kerupuk udang dan kerupuk yang dari ikan belida.

cha_n
16-09-2014, 12:02 AM
dibakar kayak kemplang juga enak dan sehat.

kalau suami udah ga berani makan emping. asam urat naik drastis

serendipity
16-09-2014, 07:53 PM
rata2 semua kerupuk gw suka kecuali... yang melarat itu gak enak. ga ada rasanya.
Paling suka kerupuk palembang. biasanya yg jualan mpek mpek juga jual kerupuk palembang
terus kerupuk yg coklat itu, ada wangi2 kemirinya enak ::cabul::

yanwok
17-09-2014, 10:59 AM
Emping Balado
https://d3j5vwomefv46c.cloudfront.net/photos/large/161272264.jpg?1284370517

::cabul::

Alethia
17-09-2014, 02:17 PM
kerupuk kulit ada juga, keripik..apa kerupuk gitu,,,dari belut yg kecil2,,,keripik apa peyek laron juga enak, peyek beras juga enak, peyek dari kacang kedelai. tapi ga ada yang menandingi keripik pedes kecil kurus2 kek lidi dpn sekolah gw dulu...abis makan ini, rasanya mau mati. lebay ya..tp cius pedes bingitz. warnanya kemerah merahan gitu..

cherryerichan
17-09-2014, 06:14 PM
sus ale masih ada jual itu disini. seminggu sekali jualannya pas di daerah jogging pagi.
ada lagi sih yang enak, kerupuk tulang ikan. pas dimakan gak nemu tu duri duri ikan. udah enak aja,tinggal di lepp.

ummu_w@rdah
28-11-2014, 02:39 PM
Nambahin,,, krupuk khas Tegal dan sekitarnya,,, dah pernah nyicip belooon?? enak lhoo...
http://kulinerortega.files.wordpress.com/2013/04/571990.jpg, dimasak pake pasir juga,, skarang variannya dah macem2 tp bumbunya itu lhoo,,, seragam enaknya... (yang g doyan msg dilarang makan krupuk ini, krn belakangan krupuk ini ditambah msg)... namanya kerupuk antor...

etca
28-11-2014, 02:49 PM
tebel ya kerupuknya? bukan yang tipis2 itu?

btw kalau di restoran india, pembukanya pasti dikasi kerupuk yang ekstraaaa tipis. kayak ompak ;D
enak dicocol pake blenderan bayam + saus yang terbuat dari asam jawa. (sausnya makanan ala india)

ummu_w@rdah
28-11-2014, 03:03 PM
g tebel juga, mbak.... tapi ada yang bantat jadi kalo digigit keras..

ummu_w@rdah
28-11-2014, 03:32 PM
ini sayah lagi nyicip krupuk 3D Kennie (g promosi lhoo...) rasa stroberry...

penampakkan dari mbah gugel kek gini:

http://kerupukkennie.mediajualan.com/index_files/kerupuk-kennie-hidangan2.jpg

g bisa di photo lg yang dah saya makan,,, dah habiiis.... ;-)

dikantor, temen2 saking demennya sama krupuk sampe manggil abang tukang kerupuk untuk naro stok dagangan 2 blek... ini buktinya:
http://i50.photobucket.com/albums/f331/Andry_Syafrudin/20141128_150731_zps7e887095.jpg[/URL]]

---------- Post Merged at 03:32 PM ----------

FYI,,, dua kuntum bunga di foto... itu adalah kenang2an dari anak2 saat hari guru tempo hari.... #aneberisikyaaa... ::hihi::

kandalf
28-11-2014, 03:49 PM
Weits.. krupuk Kennie ternyata terkenal ya?
Nyokap ketawa pas ke Kalimantan, nemu krupuk Kennie..

etca
06-01-2015, 04:33 PM
https://opakudangsuper.files.wordpress.com/2012/04/opak-besar-dan-kecil.jpg
kemarin makan opak udang super,
ada cabenya di daftar bahan2nya, tapi rasanya ga begitu pedes.
tipis, renyah, dalam sekejab tak terasa langsung habis
#FotoNyomotDariGoogle.. ;D

fullmoonflower
06-01-2015, 07:02 PM
krupuk aci tetep paling masuk untuk menu apa saja... menurutku.. hihihi

tuscany
01-02-2015, 11:30 PM
Kemaren beli kerupuk udang sebungkus dan ditaro di atas meja. Besok paginya udah lenyap tak bersisa. Kasian kali ya kebanyakan orang2 di luar negeri, nggak ngerti Indonesia itu surga makanan enak.

etca
02-02-2015, 06:21 AM
Kerupuk udang yang udah tinggal disantap?

kapan lalu ada temen pulang ke dae kota asalnya di jawatimur. Dan gw nodong oleh2 kerupuk kulit.
Sampe sekarang belum sempat digoreng. #Mualessnyo.. ;D

Fere
02-02-2015, 08:20 AM
Mbok tambahin.

Kerupuk kulit sapi atau kata orang Minang, Karupuak Jangek. Enak tapi bikin lidah lecet-lecet.


http://3.bp.blogspot.com/-49oQr47HGnA/UU_Z5ixEwHI/AAAAAAAAAeg/SZ-a1xhFDyw/s320/kerupuk-jangek.jpg
Kerupuk beginian ada 2 macem, yang satu khusus buat sayur, lebih tebel
Satunya lg buat dicaplok langsung, lebih tipis..

tuscany
09-02-2015, 02:03 AM
Kerupuk udang yang udah tinggal disantap?

Iya dong. Masa yang masi mentah ditaro di atas meja? ::elaugh::

mbok jamu
19-10-2015, 03:38 PM
Kerupuk ikan bulet-bulet ini enak banget deh. Sebungkus bisa buat sendiri.


http://im0.olx.biz.id/images_olxid/11201701_1_644x461_kerupuk-ikan-bulat-bandung-kota.jpg

cherryerichan
19-10-2015, 09:51 PM
Kerupuk ikan bulet-bulet ini enak banget deh. Sebungkus bisa buat sendiri.


http://im0.olx.biz.id/images_olxid/11201701_1_644x461_kerupuk-ikan-bulat-bandung-kota.jpg

mbook.ini namanya getas. banyak di palembang sama bangka. aku doyan ini. makannya sebungkus isi seperempat kilo mah sejam dah ludes. tiap minggu beli. di toko langganan 20 rebu sebungkus.

etca
20-10-2015, 02:05 AM
Itu krupuk tenggiri kan?

cherryerichan
20-10-2015, 02:13 AM
bisa tenggiri..bisa gabus..bisa kakap. tapi sepesial buat getas bangka biasanya sih tenggiri. enakk banget ini.

ndugu
20-10-2015, 09:11 AM
wah, minggu2 lalu baru aja beli sebungkus, tapi masih simpen di lemari karena semingguan ini batuk2 :mrgreen:
saya demen juga sama kerupuk ikan ini, palagi kalo dimakan dengan cabe ::hohoho::

mbok jamu
20-10-2015, 11:39 AM
Oh namanya getas toh.. ;D

Mbok mulai suka sejak tinggal di Palembang pada jaman dahulu kala. Getas, kemplang, pakai cuka. ::cabul::

Selain enak banget, getas juga bisa dipakai buat nyambit orang. Atau buat game 'berapa banyak getas bisa masuk ke mulutmu?' Kalau bule kan pakai marshmallow, nah kalau Melayu pakai getas. Cobain deh, trus ngaca, cakep banget.

cherryerichan
20-10-2015, 04:03 PM
wkkw.. cuma kalo getas nggak mpuk kayak marshmallow mbok..lol.
tapi dibanding yang dari palembang,yang dari bangka enaaaaaaaak banget. makannya disayang sayang..wkwk. rsa yang dari bangka itu lebih ikan dari pada palembang.

mbok jamu
04-11-2015, 04:56 PM
Getas mbok ini ndak tahu dari mana, mbok sayang-sayang juga, eh.. kemaren diembat temen-temen sampai habis! :sad:

---------- Post Merged at 07:56 PM ----------

Kerupuk ikan tebel-tebel ini namanya apa ya? Sedap juga nih.. ::cabul:: Tapi biasanya umurnya ndak panjang.


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/d7/Kerupuk_ikan.JPG/250px-Kerupuk_ikan.JPG

neofio
04-11-2015, 05:56 PM
mbok jamu

krupuk kemplang ?

cherryerichan
04-11-2015, 11:05 PM
itu kemplang mbok. macem macem bentuknya kalo disini. ada bentuk pager,anggur,sampe kerupuk segede tampah ada.

neofio
04-11-2015, 11:22 PM
sbesar tampah!diametr berapa?50cm?

cherryerichan d palembang ada krupuk yg mirip ranginang?

etca
05-11-2015, 05:41 AM
Ohya udah disebut belum ya?
lanting. Kalau ga salah asal purwokerto. Tp daerah2 lain juga produksi sih.

E = mc▓
05-11-2015, 04:40 PM
Salah satu kerupuk ikan terenak yang pernah saya makan adalah kerupuk dari salah satu pulau di kepulauan Seribu. Di sana ada salah satu ikan laut--lupa namanya, namanya aneh dan lumayan panjang--karena memiliki duri halus yg banyak shg tidak laku dijual. Makanya hasil tangkapan ikan jenis tsb langsung dihaluskan buat bahan baku kerupuk. Maka kandungan ikan dlm bahan kerupuk tsb besar. Rasa dan aroma ikannya sangat kuat.

cherryerichan
05-11-2015, 08:34 PM
sbesar tampah!diametr berapa?50cm?

cherryerichan d palembang ada krupuk yg mirip ranginang?

bisa jadi. ntar aku cari link kerupuk gedenya. bisa motif love jugak. krupuk mirip rengginang? apa ya? bipang? manis rasanya. sejenis sama rice crispy.

---------- Post Merged at 08:27 PM ----------


Salah satu kerupuk ikan terenak yang pernah saya makan adalah kerupuk dari salah satu pulau di kepulauan Seribu. Di sana ada salah satu ikan laut--lupa namanya, namanya aneh dan lumayan panjang--karena memiliki duri halus yg banyak shg tidak laku dijual. Makanya hasil tangkapan ikan jenis tsb langsung dihaluskan buat bahan baku kerupuk. Maka kandungan ikan dlm bahan kerupuk tsb besar. Rasa dan aroma ikannya sangat kuat.

ikan parang parang bukan ya? panjang pipih. emang kalo bikin kerupuk ato kemplang, apalagi yang di panggang (dibakar si atas bara kayak sate) itu makin nyengat aromanya makin enak. makan make sambel tumis terasi. hadooh maknyos.

---------- Post Merged at 08:34 PM ----------
neofio ini linknya. ini kerupuk pake ikan bukan aci alias sagu doang. aromaa ikannya sedeo banget.


http://palembang.tribunnews.com/30/04/2011/foto-kerupuk-jumbo-berbentuk-hati

neofio
06-11-2015, 12:46 AM
ada motif love/hearth..kado valentine tuh