PDA

View Full Version : Warung Bakso KM, Segala macam tentang Bakso, Info, Review, Diskusi, Resep dll



saos sambel kecap
22-03-2014, 08:33 PM
Buat para penggemar bakso, silahkan kita diskusi, saling berbagi info warung bakso yg enak.. atau berbagi resep bakso disini... :)



Bakso
Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.



Asal mula
Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia hal ini ditunjukkan dari istilah 'bakso' berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging giling'. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa. Bakso berasal dari China tetapi berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso China biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnya agak kecokelatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso China biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.



Berbagai Jenis Bakso


Bakso urat: bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
Bakso bola tenis atau bakso telur: bakso berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
Bakso gepeng: bakso berbentuk pipih
Bakso ikan: bakso berbahan daging ikan
Bakso udang: bakso berbahan dari udang
Bakso Malang: hidangan bakso dari kota Malang, Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng. Pedagang bakso Malang yang terkenal adalah Henky Eko Sriyantono pemilik Bakso Malang Kota Cak Eko.
Bakso Karimunjawa atau lebih dikenal Bakso Ikan Ekor Kuning adalah bakso yang bahannya berasal dari Ikan Ekor Kuning.
Bakso Solo dan Bakso Wonogiri: hidangan bakso yang berasal dari Solo dan Wonogiri, bentuknya lebih kecil dari bakso Malang dan tidak selengkap bakso Malang. Tetapi bakso Solo dan Wonogiri memiliki rasa khas sapi yang kuat. Bakso Solo dan Wonogiri terdapat campuran irisan daging sapi atau tetelan. Pedagang bakso Wonogiri yang terkenal adalah Ki Ageng Widyanto Suryo pemilik Bakso Lapangan Senayan.
Bakso keju: bakso resep baru berisi keju
Bakso Bakar: bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbu oles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
Bakso kerikil : bahan daging relatif sama dengan bakso-bakso pada umumnya, namun ukuran bakso ini lebih kecil hingga disebut bakso kerikil.
Bakso Balungan: bahan dasarnya tulang



Kontroversi

Dalam proses pembuatanya, ada bakso yang dicampur dengan boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging serta lebih awet.[2] Hal ini membuat bakso pernah dianggap makanan yang kurang aman oleh BPOM. BPOM mengingatkan bahwa mengonsumsi makanan berkadar boraks tinggi selama kurun 510 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati.[3] Maka bakso yang dijual di berbagai pasar tradisional dan pasar swalayan diwajibkan bebas boraks.

Karena bakso terbuat dari daging, maka sebaiknya bakso disimpan dalam kondisi beku sebelum direbus untuk dikonsumsi. Karena alasan itulah di supermarket bakso dijual dalam kondisi beku untuk menjaga temperatur agar bakso dapat terjaga kualitasnya dan tidak tercemar bakteri. Konsumen perlu berhati-hati dalam memilih bakso yang dijual oleh pedagang bakso keliling. Bakso yang dijual tetapi dipajang di etalase pada temperatur ruang rawan tercemar bakteri, misalnya bakteri penyebab diare atau salmonela penyebab tifus. Pilihlah bakso yang tengah direbus.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Resep

Bakso Malang
Resep bakso ini tidak memakai bahan tambahan dari bahan-bahan kimia buatan. Sebenarnya bisa ditambah dengan bahan-bahan itu agar bakso menjadi lebih berasa dan lebih kenyal. Namun untuk kepentingan kesehatan, resep kali ini kita tidak akan memakai bahan kimia. Pada proses pembuatan bakso, biasanya semua adonan dibentuk bulat-bulat yang nantinya direbus menjadi bakso. Tetapi pada bakso Malang, sebagian adonan disisihkan yang nantinya akan digunakan sebagai isi tahu. Pasti semua sudah pernah lihat kan, tahu isi siomai yang biasa dijual oleh pedagang siomai keliling, dan yang ini tahu isi bakso. Jelas rasanya lebih enak.

Bahan dasar resep membuat bakso Malang :


Daging sapi digiling halus sebanyak 350 (tiga ratus lima puluh) gram.
Tepung sagu sebanyak 50 (lima puluh) gram.
Air es sebanyak 100 (seratus) cc.
Telur sebanyak 1 (satu) butir.
Tahu goreng sebanyak 10 (sepuluh) buah. potong secara diagonal dan iris bagian tengahnya. Nantinya akan diberi adonan bakso.


Haluskan bahan-bahan berikut ini :


empat siung bawang putih.
setengah sendok teh merica.
tiga sendok teh garam.


Untuk melengkapi bakso, diperlukan bahan-bahan sebagai pelengkapnya :


Sepuluh lembar kulit pangsit yang digoreng.
150 (seratus lima puluh) gram mie kuning basah.
Bawang goreng, nantinya sebagai taburan bakso.
Pelengkap terakhir adalah sambal rebus


Langkah-langkah membuat bakso malang :


Daging sapi dicampur dengan telur, air es, tepung sagu, dan juga bumbu yg dihaluskan (bawang putih, merica, dan garam). Semuanya diaduk sampai rata semuanya, kalau bisa sambil dibanting-banting agar rata secara sempurna. Kalau sudah selesai, jangan semuanya dibuat bakso, tetapi ambil kira-kira 1/3 adonan tadi untuk isian tahu.
Panaskan air sampai mendidih, lalu apinya dikecilkan hingga air tidak bergelembung-gelembung lagi.
Adonan tadi dibentuk bulat-bulat. Kepal adonan secukupnya, tekan hingga keluar di antara ibu jari dan jari telunjuk. Ambil pakai sendok.
Jika semuanya sudah dibentuk, masukkan semua ke dalam air yang sudah direbus tadi.
Panaskan kembali airnya hingga bakso mengapung. Itu tandanya bakso sudah matang. Angkat dan tiriskan
Adonan yang sepertiga tadi masukkan ke dalam tahu yang bagian tengahnya sudah dilubangi. Kali ini tahu dikukus hingga matang isinya. Angkat dan tiriskan.


Kemudian berikut cara membuat kuah baksonya. Bahan-bahan yang perlu disiapkan :


Air sebanyak 2 liter.
Tulang sapi atau lutut sapi sebanyak 600 (enam ratus) gram sebagai penyedap.
Iris daun bawang sebanyak 2 (dua) batang.
Bawang putih sebanyak 6 (enam) siung.
Merica sebanyak setengah sendok teh.
Garam.


Pembuatan kuah bakso :


Tulang sapi direbus sebentar saja. Kemudian airnya ganti dengan air yang baru, tulang sapi dimasukkan lagi, tambahkan bawang putih, merica, dan garam (ketiga bahan ini dihaluskan terlebih dahulu.
Masak lagi sampai air mendidih dan kaldu tulang bercampur dengan air kuah.
Masukkan daun bawang.


Jika semuanya sudah selesai, sekarang tinggal menyajikannya :


Mie, tahu, dan bakso taruh ke dalam mangkuk.
Kuah bakso kedalam mangkuk secukupnya, tambahkan bawang goreng diatasnya
Sajikan dengan pangsit goreng dan sambal rebus.


membuat bakso Malang kadang juga disertai dengan siomai. Jika tidak, seperti ini juga sudah cukup. Perpaduan inilah yang membuat bakso Malang dikenal sebagai bakso khas yang tidak ditemukan di tempat mana pun. Jika ada, pasti bakso itu memakai label bakso Malang.
Selamat mencoba.

kupo
22-03-2014, 08:39 PM
woh.. ada thread bakso... ::oops::

saya sumbang gambar bakso ya..

bakso malang
http://daftarinfoterbaru.com/wp-content/uploads/2013/10/Cara-Membuat-Dan-Resep-Bakso-Malang.jpg



kukusan bakso
http://us.images.detik.com/content/2008/12/02/501/bakso2.jpg


Jadi laper.... ::cabul::

etca
22-03-2014, 08:59 PM
panggil maniak bakso porcupine ;D

marmut gondrong
22-03-2014, 09:04 PM
Aku suka cilok... masuk kategori bakso ga?... ::ungg::

etca
22-03-2014, 09:06 PM
cilok kan aci dicolok, emang cilok ada unsur dagingnya ya?
perasaan tepung semua.. ;D

kupo
22-03-2014, 09:24 PM
kasi review dah...

Bakso Bethesda Jogja

lokasi di sebelah barat RS Bethesda Jogja
jam operasional 09.00-13.00

bakso ini sangat terkenal, rasa bakso nya memang lezat, ciri khasnya ada di bakso gorengnya yang bertekstur halus. semangkok bakso komplit bisa didapat dengan membayar Rp.15.000.

penampakan warungnya
http://3.bp.blogspot.com/-8s6tneZYiGU/UxYWwvL9P6I/AAAAAAAADYA/hK-vmyKppcQ/s1600/Bh3H-aaCYAAARLu.jpg

penjualnya

http://kotajogja.com/images/upload/_baksobetjesda_00421032013112633.jpg

Baksonya
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSSldm1vVb1YuzHQyD1qRDcFcEpEeOuC 63tJ3JON2zbvFKZzS8w3w

http://www.jenzcorner.net/wp-content/uploads/bakso-sapi-bethesda.jpg

http://pbs.twimg.com/media/BVlK3zDIgAAIIAW.jpg:large


Nilai

rasa :8/10
harga :8/10
tempat :6/10

---------- Post Merged at 08:24 PM ----------


Aku suka cilok... masuk kategori bakso ga?... ::ungg::


cilok kan aci dicolok, emang cilok ada unsur dagingnya ya?
perasaan tepung semua.. ;D

diteliti dulu.. kl ciloknya mengandung daging.. bolehlah masuk kategori bakso... ::hihi::

porcupine
22-03-2014, 10:12 PM
Kenapa sih bakso di joga tutup nya siang siang...

Sampe sekarang gw belum bisa nyobain bakso bethesda ;D

cherryerichan
22-03-2014, 10:48 PM
bakso enak itu waktu tinggal dijakarta ada mamang pake pikulan jual bakso bandung. enyaak. selain bakso bandung itu, semua rasa bakso sama.
arghh..kangen bakso bandung.

et dah
22-03-2014, 11:01 PM
kukusan bakso
http://us.images.detik.com/content/2008/12/02/501/bakso2.jpg




nah bakso kampung kek gini nih yang juara

red>,<hair
22-03-2014, 11:26 PM
Kenapa sih bakso di joga tutup nya siang siang...

Sampe sekarang gw belum bisa nyobain bakso bethesda ;D

Maren kan bisa klo muat ;D

Kilat
23-03-2014, 02:09 AM
di Belanda saya jarang sekali ketemu penjual bakso :(
syukurlah ada satu warung Indonesia di Amsterdam yang menjualnya, namanya Sie Joe.
harga Bamie Baso Soep dan Bihun Baso Soep Euro 9,75, itu Rp 154.000 ::doh:: di Belanda terpaksa masak sendiri selalu ya karena harga restoran mahal sekali ::elaugh::

ahhh nanti bulan Juni bisa makan di warung setiap hari ::cabul::

mbok jamu
24-03-2014, 06:14 PM
Nyesal masuk tret ini :sad:

yanwok
24-03-2014, 06:23 PM
http://3.bp.blogspot.com/-ushFQsjwbT0/UIa8NWwGHVI/AAAAAAAAEXU/EZ17LKp9JFE/s1600/cara-membuat-bakso-urat.jpg

http://myfunfoodiary.com/wp-content/uploads/2013/04/Bakso-Telor-Titoti1.jpg

::cabul::

kupo
24-03-2014, 07:59 PM
^^haduuh yang isinya telor itu...menggodaaa.... ::cabul::

Hai_Lee
25-03-2014, 09:12 AM
saya suka bakso urat. di area tempat tinggal saya jual bakso ala orang hakka. kuahnya beda sama kuah bakso biasa. enak banget. selalu pilihan makan pagi/siang saya sama mama kalo mentok mau makan apa. kadang2 kalo papa berangkat kerja siangan juga suka makan disitu.
bakso gorengnya juga mantap, garing tapi ga berminyak. wooosshh, sedaaapp

etca
25-03-2014, 10:42 PM
Sejak kapan, bakso ditaburi touge?
keknya cuma di betawi doang ya.. yang apa apa pake ditaburi touge.. ::arg!::

cherryerichan
25-03-2014, 11:28 PM
disini jg pake toge kok. caisim juga.

---------- Post Merged at 10:28 PM ----------

disini jg pake toge kok. caisim juga.

Kilat
26-03-2014, 02:32 AM
ditaburi touge pasti enak juga ya ;D

cherryerichan
26-03-2014, 07:49 AM
enak kok bunda kilat. kriyuk kriyuk renyah. paling suka ditabur toge daripada caisim.

etca
26-03-2014, 08:00 AM
Tergantung selera kalee.
Gw sebenarnya doyan touge.
Tapiii berhubung d sini apa2 ditaburi tauge.
Akhirnya pilih ga pake touge.

Bakso, mie ayam, soto betawi, kwietiaw goreng ditaburi touge. Jadi merusak aroma makanan kalo menurut gw, belum lagi ada makanan touge goreng yg dkasi kuah kacang. Ck..ck..ck..

cherryerichan
26-03-2014, 08:08 AM
http://3.bp.blogspot.com/-bwFSULF6o6U/Tod4Qb6kZbI/AAAAAAAAAEg/LZ_kOL8PwmU/s280/DSC02543.JPG

porcupine
26-03-2014, 08:50 AM
^ wow bakso monster ::cabul::

mendoan
26-03-2014, 09:07 AM
busehhh... itu baso apa bola futsal?? ::ngakak2::

mbok jamu
26-03-2014, 11:31 AM
Mulutnya segede apa ya kalau baksonya segede itu.

kupo
26-03-2014, 11:44 AM
hadeh,,, malah ngeri... ::grrr::

red>,<hair
26-03-2014, 12:03 PM
Liat aja uda bikin ga doyan makan ::grrr::

silverjade
26-03-2014, 12:07 PM
Inget pas di Palembang dulu, ada bakso Rajawali, itu gw suka banget. Cherry kali' tau ya :D
Bakso itu enaaak banget kalo pas lagi dingin, ujan, ato pilek. Makan bakso panas ditambahi sambel pedes.....nyum

lily
26-03-2014, 12:31 PM
Wuakakakaka yang di post buncher horor amat :P

Guede banget ::ngakak2::

Btw bakso yang di Jawa Tengah , katanya yang makan pada mangku pocong dimana ya ? Lupa...

Saya juga suka bakso yang pake mie kuning.

Di Surabaya , minggu lalu baru makan Bakso Pak Ateng di depan sekolah Frateran Surabaya. 1 porsi 11 ribu. Lumayan lah , kenyang :)

---------- Post Merged at 11:31 AM ----------

Oiya pakar membuat masakan...

Saya mo tanya ya...

Jadi kapan hari ngobrol ama ortu murid di sekolah , trus mereka cerita kalo buat bakso sendiri , dagingnya jangan dicuci. Jadi abis beli daging digiling , langsung dibuletin jadi bakso.

Saya sampe bengong HAHHH ??? Ga kotor ?

Trus kata mereka , kalo daging udah kena air , baksonya jadi ga enak.

Beneran gitu ??? Soalnya yang bilang gini banyak.

et dah
26-03-2014, 01:09 PM
kalau segede gitu mah ..yuck!

ga_genah
26-03-2014, 01:39 PM
::arg!:: ::arg!:: ::arg!:: ::arg!::
salah masuk....
blum makan siang ::doh::
cabut dulu ke gunung kawe
cari bakso ::hohoho::

cherryerichan
26-03-2014, 01:57 PM
Inget pas di Palembang dulu, ada bakso Rajawali, itu gw suka banget. Cherry kali' tau ya :D
Bakso itu enaaak banget kalo pas lagi dingin, ujan, ato pilek. Makan bakso panas ditambahi sambel pedes.....nyum

pernah denger bakso rajawali. belum pernah makan. tapi deket kok daerahnya. soalnya banyak tukang bakso disini.hehehe.ntar deh kalo lewat situ mo nyoba nyamperin.

---------- Post Merged at 12:57 PM ----------


Wuakakakaka yang di post buncher horor amat :P

Guede banget ::ngakak2::

Btw bakso yang di Jawa Tengah , katanya yang makan pada mangku pocong dimana ya ? Lupa...

Saya juga suka bakso yang pake mie kuning.

Di Surabaya , minggu lalu baru makan Bakso Pak Ateng di depan sekolah Frateran Surabaya. 1 porsi 11 ribu. Lumayan lah , kenyang :)

---------- Post Merged at 11:31 AM ----------

Oiya pakar membuat masakan...

Saya mo tanya ya...

Jadi kapan hari ngobrol ama ortu murid di sekolah , trus mereka cerita kalo buat bakso sendiri , dagingnya jangan dicuci. Jadi abis beli daging digiling , langsung dibuletin jadi bakso.

Saya sampe bengong HAHHH ??? Ga kotor ?

Trus kata mereka , kalo daging udah kena air , baksonya jadi ga enak.

Beneran gitu ??? Soalnya yang bilang gini banyak.

bakso yg enak itu dagingnya harus segar. paling bagus dapet daging yg baru dijagal. eniwe,emang gitu kok daging merah sebaiknya g dicuci biar g banyak kandungan aernya. kalo g salah steak dan sate juga g dicuci. tapi karena banyak yg jijik,maka lebih banyak yg dicuci.
lagian kalo motongnya bener, daging merah itu g berdarah2 kek orang abis dibacok kok. justru karena dicuci jadi darahnya jadi ngalir.

sumpe gw klonengan
29-03-2014, 03:02 AM
ikutannnnn::hohoho::

BAKSO Pikulan PAK GINO
mungkin bakso d tempat ini kelihatan biasa
tempatnya kecil
dan jualannya masih pke pikulan
tp uda engga keliling lg tapi uda punya stand sendiri
pak gino sudah jualan sejak thn 1977
buka sampe jam 9 malam
http://www.tembi.net/selft/0000/makanyuk/20080428/2.jpg

http://lh6.ggpht.com/-5KvsNRY9Lu0/UuanYaBaqtI/AAAAAAAAJfw/N6xUrSl7x9Q/s1600/2014-01-10_16-12-29_215.jpg
porsinya kecil , baksonya d sajikan dengan mangkuk jaman dahulu
gw suka bakso gorengnya yg renyahhh #eh itu bukan bakso goreg de ... kek perkedel yg d bentuk bola2 gt
kuahnya seger
ada daging tetelannya

alamat : Jln. AM. Sangaji (dekat Hotel Tentrem)
harga 1 porsinya 7rb
rating 8/10

Kilat
29-03-2014, 03:45 AM
http://3.bp.blogspot.com/-bwFSULF6o6U/Tod4Qb6kZbI/AAAAAAAAAEg/LZ_kOL8PwmU/s280/DSC02543.JPG
itu bukan bakso tapi bola roti gandum yang kelihatan uenak buanget ::cabul::

cherryerichan
29-03-2014, 01:04 PM
pertama lihatnya uenaak..udah makan jadi ueneeg.. hihihi.

lily
29-03-2014, 06:35 PM
ikutannnnn::hohoho::

BAKSO Pikulan PAK GINO
mungkin bakso d tempat ini kelihatan biasa
tempatnya kecil
dan jualannya masih pke pikulan
tp uda engga keliling lg tapi uda punya stand sendiri
pak gino sudah jualan sejak thn 1977
buka sampe jam 9 malam

porsinya kecil , baksonya d sajikan dengan mangkuk jaman dahulu
gw suka bakso gorengnya yg renyahhh #eh itu bukan bakso goreg de ... kek perkedel yg d bentuk bola2 gt
kuahnya seger
ada daging tetelannya

alamat : Jln. AM. Sangaji (dekat Hotel Tentrem)
harga 1 porsinya 7rb
rating 8/10

sumpe gw klonengan :

Yang ini enak ya kayanya :D

Perkedel itu kentang kan , itu yang gorengan kentang juga ?

sumpe gw klonengan
30-03-2014, 06:33 AM
sumpe gw klonengan :

Yang ini enak ya kayanya :D

Perkedel itu kentang kan , itu yang gorengan kentang juga ?


Menurut gw enak .... gw agak rewel klo soal bakso
Kuah kudu seger, baksonya juga ... ada ijo2nya

Iya namanya perkedel ....
--------
Jd pengen nyobain bakso granat
Besok klo dah nyoba tak laporan k sini

saos sambel kecap
01-04-2014, 01:24 AM
Bakso PK

Lokasi uda banyak cabangnya di jogja tp yg perna saya kunjungi yg d pertigaan Pakuningratan
Harga 5-7rb (klo belom naek ;D)
rating 7/10 ... abis ga ada ijo2 sawinya -_-

biasanya klo makan d sini ga lupa sekalian pesen es buahnya
tp saya kok ga terlalu suka es buahnya tp orang lain bilang enak es buahnya
oiya ini d pinggir jalan letaknya


lupa belom bisa pasang gambar ::doh::

cherryerichan
01-04-2014, 08:13 AM
kalo bakso setan, granat,torpedo itu rasa n bentuknya kek apa yak? kenap bisa dinamain seru begitu?

porcupine
01-04-2014, 09:48 AM
Nah bakso pak Gino...akhirnya ada alasan juga buat stay di Hotel Tentrem ::cabul::::cabul::

red>,<hair
01-04-2014, 10:00 AM
pengen nyoba ini

http://4.bp.blogspot.com/-0NfFYJEwr6Y/UKUPt3PXd1I/AAAAAAAAEP0/J5doIBzPk-s/s1600/IMG-20121031-01287.jpg
tp belom kesampeannnn :(

---------- Post Merged at 09:00 AM ----------


Bakso PK

Lokasi uda banyak cabangnya di jogja tp yg perna saya kunjungi yg d pertigaan Pakuningratan
Harga 5-7rb (klo belom naek ;D)
rating 7/10 ... abis ga ada ijo2 sawinya -_-

biasanya klo makan d sini ga lupa sekalian pesen es buahnya
tp saya kok ga terlalu suka es buahnya tp orang lain bilang enak es buahnya
oiya ini d pinggir jalan letaknya


lupa belom bisa pasang gambar ::doh::

bantu kasi gambar
http://www.jogjanyam.com/wp-content/uploads/2012/11/jogjanyam_esbuahPK21.jpg

Kilat
02-04-2014, 02:35 AM
yang kuning itu apa? ::cabul::

red>,<hair
02-04-2014, 05:44 AM
Yg kuning itu bakso goreng ...... sepertinya ;D

et dah
02-04-2014, 06:40 AM
tahu biasanya

red>,<hair
02-04-2014, 09:50 AM
Klo tahu kan d potong2 gt

et dah
02-04-2014, 10:04 AM
salah satu langganan gw di bandung baksonya pake tahu
tapi bukan tahu biasa tahunya tahu batagor..enyak

Kilat
03-04-2014, 04:15 AM
Yg kuning itu bakso goreng ...... sepertinya ;D
hmmmm yakin? ::elaugh::



tahu biasanya
hmmm bisa juga ya ..



Klo tahu kan d potong2 gt
benar juga :mikir:



salah satu langganan gw di bandung baksonya pake tahu
tapi bukan tahu biasa tahunya tahu batagor..enyak
hmmmm .. batagor ::cabul::


tadi saya besarkan foto tersebut
yang kuning bentuknya bola seperti bola bakso
berarti kayaknya red>,<hair benar :)
tapi dalamnya putih seperti tahu
berarti et dah benar :)
bakso tidak pernah putih, jadi et dah menang, selamat ya ::hohoho::

red>,<hair
03-04-2014, 04:31 PM
horeeee yg menang bayarin yg kalahhhh ::hohoho::

---------- Post Merged at 03:31 PM ----------

BAKSO PAK KINTEL
Lokasi d depan McD Sudirman Jogja
(lokasi tanggung ... d pojok pertigaan)
ini penampakan baksonya ::cabul::
http://2.bp.blogspot.com/-Go7-6BrZbbE/UvmrSzsOXZI/AAAAAAAADAw/1qRIFxqDYm4/s1600/CAM00133.jpg
ada parunya ... klo k sana jangan sore2 ... abis parunya ntar cuman bakso biasa
Satu porsi bakso harganya 8rb saja. Kalau mau lebih besar bisa pesan yang super 12rb, atau nambah nasi hanya 2rb saja.
Seporsi bakso biasa sudah termasuk tetelan, paru, bakso goreng, tahu, mie kuning serta bakso 3 buah.

Rate 8/10

tuscany
04-04-2014, 01:37 AM
kalo pesen bakso cobek di cobek penyet, beneran cuma dapat bakso sama sambel ::hihi::

cherryerichan
04-04-2014, 01:53 AM
enyyyaaak baksonyaa.. parunya menggoda..ckckck tengah malem liat ginian.

Kilat
04-04-2014, 02:04 AM
horeeee yg menang bayarin yg kalahhhh ::hohoho::
hahahaha ::ngakak2:: red>,<hair bisa saja

mudah-mudahan et dah setuju ya ::hihi::

et dah
04-04-2014, 02:42 AM
yeee di mana-mana juga yang menang di traktir

red>,<hair
04-04-2014, 08:58 AM
^ ini kan d KM ... beda dong -_- #maksa




::hihi::

porcupine
04-04-2014, 09:26 AM
^ red, udah nyobain Bakso yg depan Novotel Jogja belum? kalo ngga salah namanya Bakso Pak Topi deh

red>,<hair
04-04-2014, 09:31 AM
belum um ::ungg:: ... ntar nyobain ahhhhh
rumah bos kan deket situhh

kupo
04-04-2014, 10:24 AM
red>,<hair ajak2 dong... bakso pak topi .. ::oops::

red>,<hair
04-04-2014, 11:03 AM
Nyokkkk .... nanti kontak2 yakk

red>,<hair
04-04-2014, 11:07 PM
ok td uda nyobain
BAKSO PAK TOPI
lokasi d depan hotel novotel jogja

https://scontent-a.xx.fbcdn.net/hphotos-frc1/t1.0-9/p526x296/10014589_10202592288261019_1503978628_n.jpg
harga 10k
sudah dapat mie kuning, bakso halus 3, bakso goreng yg renyah
mungkin pas apes gw kok merasa asin yak :( jd ngurangin nilainya
minus mie putih ama sawi ::nangis::
rate 6.5/10

mungkin Kupi kasi nilai beda
#eh ini jajannya bareng kupi :cengir:

neofio
16-04-2014, 01:25 AM
lomie enak ::cabul:: kuah nya kental......
yg terkenal di bandung Jl. Imam Bonjol No 9 Bandung,


LOMIE

http://ourjourneybegins.files.wordpress.com/2010/12/lomie-imbon.jpg?w=480

di google muncul juga pedagang lomie terkenal di palembang,

nemu resep :


http://resepmasakanindonesia.info/wp-content/uploads/2010/11/LO-MIE-SHANGHAI.jpg
Resep Lo Mie ShanghaiBahan Lo Mie Shanghai :


Mie basah, 100 gram, rebus selama 3 menit, tiriskan
Jamur shitake, 3 gram
Daun kucai, 2 gram
Taoge, 2 gram, siangi
Udang kupas, 10 gram
Ayam fillet, 15 gram, potong dadu
Air kaldu ayam, 250 ml
Tepung tapioka, 2 sendok makan, larutkan dengan 2 sdm air
Telur ayam, 1/2 butir, kocok lepas

Bumbu Lo Mie Shanghai :


Garam, 1/2 sendok teh
Merica bubuk, 1/2 sendok teh
Minyak wijen, 1 sendok teh
Bawang putih cincang, 1 sendok teh

Cara membuat Lo Mie Shanghai :


Campur semua bumbu, tambahkan telur. Aduk rata. Masukkan dalam air kaldu, masak hingga mendidih. Tambahkan jamur, udang, ayam, kucai, dan taoge.
Tuang larutan tepung tapioka ke dalamnya, aduk hingga kental dan mendidih. Angkat.
Atur mie di atas mangkuk saji, siram dengan kaldu. Sajikan.

Untuk 1 porsi

Kilat
16-04-2014, 05:06 AM
mmmmm .. ::cabul:: yummy ..
nanti kalau di Indonesia bisa saya makan bakso di mana-mana saja lagi :) horeeee

cherryerichan
16-04-2014, 02:34 PM
lomie enak ::cabul:: kuah nya kental......
yg terkenal di bandung Jl. Imam Bonjol No 9 Bandung,


LOMIE

http://ourjourneybegins.files.wordpress.com/2010/12/lomie-imbon.jpg?w=480

di google muncul juga pedagang lomie terkenal di palembang,

nemu resep :


http://resepmasakanindonesia.info/wp-content/uploads/2010/11/LO-MIE-SHANGHAI.jpg
Resep Lo Mie ShanghaiBahan Lo Mie Shanghai :


Mie basah, 100 gram, rebus selama 3 menit, tiriskan
Jamur shitake, 3 gram
Daun kucai, 2 gram
Taoge, 2 gram, siangi
Udang kupas, 10 gram
Ayam fillet, 15 gram, potong dadu
Air kaldu ayam, 250 ml
Tepung tapioka, 2 sendok makan, larutkan dengan 2 sdm air
Telur ayam, 1/2 butir, kocok lepas

Bumbu Lo Mie Shanghai :


Garam, 1/2 sendok teh
Merica bubuk, 1/2 sendok teh
Minyak wijen, 1 sendok teh
Bawang putih cincang, 1 sendok teh

Cara membuat Lo Mie Shanghai :


Campur semua bumbu, tambahkan telur. Aduk rata. Masukkan dalam air kaldu, masak hingga mendidih. Tambahkan jamur, udang, ayam, kucai, dan taoge.
Tuang larutan tepung tapioka ke dalamnya, aduk hingga kental dan mendidih. Angkat.
Atur mie di atas mangkuk saji, siram dengan kaldu. Sajikan.

Untuk 1 porsi

palembang sebelah mananya tukang lomie? kok eke g tau yak? lomie khas mana? chinese food kah? halal g?

neofio
16-04-2014, 02:43 PM
@cherryerichan (http://www.kopimaya.com/forum/member.php/809-cherryerichan)



Lomie ABeng Palembang : yg ini rada aneh gak ketemu alamat di palembang malah alamat yg di jakarta ::ungg::
Lomie Taksam

saya rada ragu ini halal atau bukan?

cherryerichan
16-04-2014, 09:29 PM
pas liat foto2, kebanyakan warga tionghoa yg makan. g ada yg pake jilbab. kesimpulannya, saya nggak dibolehin makan kecuali buat sendiri.. hehehe.

neofio
16-04-2014, 09:44 PM
betul bu,

bikin aja, banyak resep lomie yg halal

kalo saya cari mie baso punya 2 langgganan, satu karena mie-nya palng enak dan satu lagi karena "cukup" ::hihi::

mbok jamu
14-05-2014, 07:27 PM
Iseng bikin bakso isi tetelan.


https://pbs.twimg.com/media/BnlyYoTIgAElmli.jpg

Kilat
15-05-2014, 04:00 AM
touge enak tapi memang membosankan kalau apa2 ditaburi touge..