PDA

View Full Version : Komik "Hidup itu Indah" Ditarik dari Peredaran?



kandalf
13-05-2011, 06:49 PM
http://politikana.com/images/small/13973-hidup-itu-indah.jpg

Untung sempat beli dua, yang satu kuberikan pada ayahku.
Hmph..
Benar-benar keterlaluan.


Ini adalah semacam penjelasan kenapa buku "Hidup itu Indah (HII)" konon sulit ditemukan di beberapa daerah semisal Jabodetabek, Bandung, Jogja, dsb.

Sekadar info, alkisah Simon Chandra selaku pimpinan penerbit Cendana Art Media menerima laporan dari distributor Nalar tentang rencana pihak toko buku Gramedia yang akan meretur buku komik HII dan menariknya dari lapak penjualan. Saat ini penarikan di sejumlah daerah sudah dilakukan, rencana akan diberlakukan total di seluruh Gramedia yang ada di muka bumi ini (asoy).

Konon, Gramedia melakukan penarikan buku itu dikarenakan adanya komplain dari "pihak yang belum bersedia diungkap identitasnya". Pihak tersebut merasa keberatan dengan konten yang ada dalam komik tersebut. Memang ada beberapa tanda tanya besar seputar rencana penarikan tersebut. Taruhlah seperti ini;

1. Angka penjualan buku HII terbilang bagus (launching oktober 2010, sudah cetakan kedua februari lalu). Dalam kacamata bisnis, Gramedia tidak diuntungkan oleh keputusan penarikan tersebut.

2. Siapakah "pihak tertentu" yang merasa terganggu dengan konten komik HII? Pastilah pihak yang merasa tertohok oleh konten komik ini, yang mungkin punya daya ancam cukup bagus untuk membuat Gramedia bersedia mengambil keputusan yang tidak menguntungkan tsb.

3. Konten buku ini tidak berlawanan dengan ideologi negara (berlawanan dengan wahabi sih mungkin saja. Dan komik HII sangat menentang NII), sehingga jika ada pihak yang merasa terganggu dengan peredarannya, seharusnya lebih banyak pihak yang medukung peredarannya.

4. Pihak penerbit mendesak Gramedia untuk melayangkan pernyataan tertulis atas kebijakan ini. Sedangkan pihak penulis ingin menghimpun para sahabatnya untuk meledakkan isyu ini ke media. Dia sangat yakin angin baik sedang berpihak padanya.

ndugu
13-05-2011, 08:56 PM
Komiknya tentang apa sih? Keliatannya lucu ya.

ndableg
13-05-2011, 09:02 PM
iya.. ga ada situs resminya ya?

ndableg
13-05-2011, 09:04 PM
http://klewang.multiply.com/photos/album/80/Garapan_Ilustrasi#photo=1

Ooo.. macam poskot..

komporminyak
15-05-2011, 04:04 PM
sebenarnya itu akar permasalahannya apa sih?
sampe wahabi wahabian?

ndableg
15-05-2011, 06:47 PM
jadi ceritanya fpi keberatan dikarikaturin.. gitu kah?

keremus
15-05-2011, 07:50 PM
Kalo Kandalf pindai dan tampilkan di sini, melanggar hak cipta ya?

*pengen liat*

Alip
15-05-2011, 09:12 PM
Udah baca...
Kayaknya bisa nebak siapa yang keberatan... :">

keremus
15-05-2011, 09:57 PM
Bagaimana kalau yang keberatan itu membuat komik tandingan ?
Kan lebih kreatif dan pembaca bisa lebih terhibur..:)

ndableg
15-05-2011, 10:04 PM
ya bawaannya angot.. gimana bisa mikir..

Urzu 7
16-05-2011, 01:06 PM
Wah penasaran gw ada scannya ga?

E = mc˛
16-05-2011, 06:23 PM
bocoran dong... yg mana yg bikin angotnya :D

*deritatinggaldigunungketinggalaninfo*

king lampas
28-05-2011, 12:06 PM
ngeliat dari gambar sampulnya ud keliatan kira2 siapa yg keberatan :)
btw jaman gini msh musim ya menarik buku dr peredaran? kan ud ada scan & internet...

Nowitzki
30-05-2011, 09:36 PM
lihat ini http://www.mediahati.us/2011/02/aji-prasetyo-setan-menggugat.html

Nowitzki
30-05-2011, 09:49 PM
http://4.bp.blogspot.com/_b1W7nflZhic/TVQBsFyhXqI/AAAAAAAABDs/I6ijZgB4KIA/s640/1.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_b1W7nflZhic/TVQBt2QnwdI/AAAAAAAABDw/J44C5lurn-g/s640/2.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-n1unO5lafg0/TVQBwBjJmlI/AAAAAAAABD0/gsENtvXFT4g/s640/3.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-huXgIW3SUM4/TVQBzKz4p9I/AAAAAAAABD4/efPSnln9DQY/s640/4.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-huXgIW3SUM4/TVQBzKz4p9I/AAAAAAAABD4/efPSnln9DQY/s640/4.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_b1W7nflZhic/TVQKUi43nFI/AAAAAAAABEM/eWGjWrPelfQ/s640/5.jpg
http://2.bp.blogspot.com/_b1W7nflZhic/TVQMtzNlO2I/AAAAAAAABEU/aTPEAr5ddH8/s640/6.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_b1W7nflZhic/TVQMvYGaxBI/AAAAAAAABEY/yhmkpwAezKE/s640/7.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_b1W7nflZhic/TVQMxA40vVI/AAAAAAAABEc/wTr_U_55w70/s640/8.jpg
http://2.bp.blogspot.com/_b1W7nflZhic/TVQMysF2ZMI/AAAAAAAABEg/2m63vleI-7A/s640/9.jpg
http://2.bp.blogspot.com/_b1W7nflZhic/TVQMzhDJdJI/AAAAAAAABEk/fK1ZJQM1BWc/s640/10.jpg

E = mc˛
30-05-2011, 10:10 PM
wow. wow. wow

berani dan berbahaya, seperti layaknya karya seni terbaik

*dicomot dr endorsement buku anak-anak paling provokatif, The Amber Spyglass dr riview The Times

ancuur
30-05-2011, 10:19 PM
hilang satu lagi dong alat penghibur rakyat...

AsLan
31-05-2011, 12:20 AM
Pernah liat buku ini di gramedia, tapi masih diplastikin jadi cuma liat covernya.

Lembah_Hinnom
31-05-2011, 09:23 AM
ngeliat dari gambar sampulnya ud keliatan kira2 siapa yg keberatan :)
btw jaman gini msh musim ya menarik buku dr peredaran? kan ud ada scan & internet...

Komiknya pertama muncul kan justru dari internet. Tadinya salah satu penerbit tertarik tetapi gak berani memasukkan beberapa komik sehingga ditolak Mas Aji. Akhirnya Cendana Art Media yang berani menerbitkan semua.

Kalau dalam bentuk buku kan, terlihat oleh pengunjung toko buku.

noodles maniac
19-04-2012, 12:53 AM
Habis namatin komik ini, hahaha beneran komik yang 'nendang' ::hihi::. Melihat realita sosial-politik-agama dari sudut pandang yang lain, sudut pandang mas Aji tepatnya :)

Sayang yah kalian tidak bisa baca komik ini ::oops::

Ini gak cuma sekedar komik, ada cerita pendeknya juga. Joke2 nya juga, dan cerita tentang si Boneng and the Geng itu bener2 menyentuh. I love it :-bd

Thanks to kirsh yang udah nyambungin gw dengan mas Aji via FB sehingga gw bisa dapetin komik ini yang dibelikan dan ditandatangani oleh beliau :bye:

I dedicate this comic book to my dad, because he loves the controvercy just like mas Aji did :luck:

sumpe gw klonengan
19-04-2012, 02:19 AM
::hihi:: lucu euy .... isa cari d shooping g y???

E = mc˛
19-04-2012, 07:02 AM
saya juga dah baca dan punya del. dulu temen ada yg ngeborong banyak setelah ada info komiknya ditarik di Jkt--di Bandung belom saat itu ;))

noodles maniac
19-04-2012, 07:17 AM
Btw ini yang protes FPI doang yah? atau juga ormas islam yang lain sih? soalnya kan konten paling banyak nyindir tentang ormas2 dan kebiasaan orang islam tuh -_-

ul.malik
19-04-2012, 08:05 AM
ada lagi ga, saya mau.
tau ada bukunya pas udah ditarik.
:iamdead:

@mus
ada punya double ga.?
saya beli.
:matabesar:

kandalf
19-04-2012, 11:23 AM
Di Blitz Megaplex Grand Indonesia masih ada....

*tergoda pengen beli kaos Si Buta dari Gua Hantu neh..

DH1M4Z
19-04-2012, 11:33 AM
ehehehe.., perbincangan iblis dengan manusia

jadi inget buku "The Madnes Of God" karangan Shawni

edisi Indonesianya "Iblis Menggugat Tuhan"

meliakh
19-04-2012, 11:38 AM
jadi inget george carlin ::nangis::

BundaNa
19-04-2012, 06:05 PM
@kandalf: bisa tolong fotocopy?

meliakh
19-04-2012, 06:49 PM
@kandalf: bisa tolong fotocopy?

fotokopi? di tahun 2012? ::grrr::
minta pi di ef dong bun XD

kandalf
19-04-2012, 06:50 PM
Ngapain minta PDF?
Sebagian ada di online-nya.

http://klewang.multiply.com/

Hanya beberapa karya yang gak ada di situ.

meliakh
19-04-2012, 07:01 PM
holy... i hope there were more indons like him
cerdas, berani, funny as pug..

sumpe gw klonengan
19-04-2012, 07:02 PM
tetep nyaman klo bacanya pegang buku ;D ... cari ah ....

noodles maniac
19-04-2012, 07:20 PM
silahkan berburu ya...

gw kesian aja sama mas Aji nya, semoga kelak karya2nya bisa lebih dihargai :)

E = mc˛
19-04-2012, 07:39 PM
dan yg gak ada di blog sono, justru yg "hot"-nya ;D

noodles maniac
19-04-2012, 07:43 PM
Yang mana neh yang 'hot'? yang "ah uh ah" mendekati halaman terakhir itu yak? :luck:

BundaNa
19-04-2012, 07:51 PM
klewang? kog kayak moch welang sastrawan itu ya? org yg sama gak?

meliakh
19-04-2012, 09:06 PM
namanya aji something gitu.. tadi malah ingetnya panji pragiwaksono (?) or something

Nowitzki
19-04-2012, 09:32 PM
aji prasetyo

BundaNa
19-04-2012, 10:11 PM
aji jual onlen ga? berapa harganya? KM bs bantuin *nyari laba ::hihi::

meliakh
19-04-2012, 10:24 PM
yakin mau baca? sentilannya lebih kena daripada ishaputra lho

noodles maniac
19-04-2012, 10:47 PM
Sentilannya emang iya, cuma bedanya ishaputra itu islamophobia sedangkan mas Aji bukan. Mas Aji masih muslim dan dia cuma ingin memperlihatkan sudut pandang yang berbeda :)

danalingga
19-04-2012, 10:55 PM
^ sama kayak JIL donk? ;))

Yuki
20-04-2012, 11:21 AM
yakin mau baca? sentilannya lebih kena daripada ishaputra lho
masih mending komik ini, daripada dia

et dah
20-04-2012, 02:51 PM
pengen baca sebuku, kek gimana si ?


*menerima hibah

noodles maniac
20-04-2012, 10:37 PM
^ sama kayak JIL donk? ;))

Bedanya komiknya mas Aji ini gak menyebarkan ajaran kayak JIL, mas Aji cuma ingin mengemukakan pendapat mengenai fenomena sosial-ekonomi-politik-agama bahkan sejarah yang terjadi di endonesa :)

E = mc˛
20-04-2012, 10:41 PM
yah komik otokritik lah. tapi beberapa orang emang gak mau dikritik -_-

sekalinya dikritik, dibilangnya penistaan :ninja:

Yuki
21-04-2012, 05:18 AM
yah komik otokritik lah. tapi beberapa orang emang gak mau dikritik -_-

sekalinya dikritik, dibilangnya penistaan :ninja:
hak mereka jika berkata begitu

tapi harusnya membuat tandingannya, bukan dengan ditarik

harusnya direspon dengan elegan, hidup ini ada seninya

noodles maniac
21-04-2012, 07:32 AM
Cukup dengan melihat sampul depan cover buku komik nya saja sudah jelas kok. 3 orang pengendara motor (siapa pun itu) ditilang oleh polisi karena jelas2 melanggar aturan berkendara. Naik motor bertiga, tidak memakai helm dan belum tentu bawa SIM atau STNK juga. Indonesia tetaplah negara hukum dan sudah seharusnya hukum ditegakkan :)

Toh buku ini juga gak menyinggung masalah agama aja kok, ngebahas soal reality show yang terkesan bodoh di mata mas Aji. Juga sebuah renungan cerita yang bagus sekali di akhir buku ini tentang si Boneng dan geng nya. Juga ada cerita tentang kepahlawanan Pangeran Diponegoro yang lagi2 dari sudut pandang yang berbeda :)

Ronggolawe
21-04-2012, 07:46 AM
hak mereka jika berkata begitu

tapi harusnya membuat tandingannya, bukan dengan ditarik

harusnya direspon dengan elegan, hidup ini ada seninya
dalam Islam masih kuat pendapat yang melarang
melukiskan makhluk hidup, jadi sangat kecil kemung
kinannya pada kelompok Islam berpemikiran keras
memiliki divisi propaganda yang mengurusi perkomik
an.

pendapat loe di atas sama saja ngajakin umat islam
yang taat ikut fear factor, yang salah satunya tan
tangannya adalah makan usus babi rebus... ketika
si muslim menolak, lalu si host nya ngomong, "then
you've proved that fear is the factor of you"... alias
ngomong, "ah loe cemen"... :)

gw sih setuju saja buku-buku sejenis dilakukan bedah
bukunya, kalau perlu kita perdebatkan berjam-jam :)

::ngakak2::::ngakak2::::ngakak2::

---------- Post added at 06:46 AM ---------- Previous post was at 06:43 AM ----------


Cukup dengan melihat sampul depan cover buku komik nya saja sudah jelas kok. 3 orang pengendara motor (siapa pun itu) ditilang oleh polisi karena jelas2 melanggar aturan berkendara. Naik motor bertiga, tidak memakai helm dan belum tentu bawa SIM atau STNK juga. Indonesia tetaplah negara hukum dan sudah seharusnya hukum ditegakkan :)

Toh buku ini juga gak menyinggung masalah agama aja kok, ngebahas soal reality show yang terkesan bodoh di mata mas Aji. Juga sebuah renungan cerita yang bagus sekali di akhir buku ini tentang si Boneng dan geng nya. Juga ada cerita tentang kepahlawanan Pangeran Diponegoro yang lagi2 dari sudut pandang yang berbeda :)
hehehe... itu sih kelompok pengajian majelis dzikir
yang dipimpin para habib, yang lagi menjamur 3-4
tahun terakhir ini...

cuma setahu gw ngga cuma mereka pelaku konvoy
motor yang melanggar peraturan berlalu lintas, ada
juga konvoy kampanye... kayanya ini akan lebih ne
tral... tapi ya memang yang jadi sasaran kritik ada
lah kelompok agama tertentu sih...

E = mc˛
21-04-2012, 07:54 AM
itu kalo pihak tertentu tahan dg pedebatan. kan seringnya langsung pake tongkat kayu :ninja:

noodles maniac
21-04-2012, 07:58 AM
hehehe... itu sih kelompok pengajian majelis dzikir
yang dipimpin para habib, yang lagi menjamur 3-4
tahun terakhir ini...

cuma setahu gw ngga cuma mereka pelaku konvoy
motor yang melanggar peraturan berlalu lintas, ada
juga konvoy kampanye... kayanya ini akan lebih ne
tral... tapi ya memang yang jadi sasaran kritik ada
lah kelompok agama tertentu sih...

Betul mas bro, nah disinilah letak 'kenakalan' mas Aji ini ::hihi:: padahal bisa aja pake contoh kasus yang lu bilang itu. Pas konvoi acara kampanye kek, apa pas malem tahun baruan kek, pas malem takbiran kek? kenapa yang diangkat konvoinya majelis zikr nya si habib? bahkan di dalem komik ini juga jelas2 mas Aji ini menyindir soal poster habib siapatuhtau :P yang guede banget ::ngakak2::

Gw setuju soal hal ini, pengkultusan seseorang yang berlebihan itu juga gak sehat menurut gw. Soalnya malah jadi fanatik buta dan dalam komik ini dibilang rasis :)

Ronggolawe
21-04-2012, 08:06 AM
itu kalo pihak tertentu tahan dg pedebatan. kan seringnya langsung pake tongkat kayu :ninja:
ya kalau FPI, ajakin saja Munarman berdebat, ber
jam-jam juga betah dia...

cari-cari lawan yang sepadan lah... udah tahu ke
lasnya mike tyson malah diprovokasi, di hajar, lang
sung mewe ngelapor mengalami tindak kekerasan.

E = mc˛
21-04-2012, 08:08 AM
kalo kampanye, dll kan banyak yg berani kritik. coba saja cek-cek kartun2 minggu yg ada di surat kabar nasional pas masa-masa kampanye. kalo yg golongan itu, jarang ada yg berani

pengkultusan cuma sedikit hal yg dikritik, sisanya banyak bgt yg dikritik. makna "kebakaran jenggot" bisa berarti harfiah di sini :mrgreen:

Ronggolawe
21-04-2012, 08:12 AM
kalau Majelis Dzikir Nurul Musthafa pernah gw kritik
langsung di situsnya, juga korlaps nya saat konvoy.

dan barangkali banyak juga yang pengguna jalan
yang kritik langsung, sejak itu di poster-posternya
ada tag untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan
mengenakan helm... artinya dari pihak panitia ada
upaya untuk mematuhi hukum, tinggal implementasi
di lapangan di tangan korlaps dan ketegasan kepoli
an lalu lintas

---------- Post added at 07:12 AM ---------- Previous post was at 07:11 AM ----------

oh ya ,ngga usah malu-malu lah nulisin kelompok
itu, sebut saja terang-terang... toh dalam rangka
diskusi ini.

noodles maniac
21-04-2012, 08:16 AM
oh ya ,ngga usah malu-malu lah nulisin kelompok
itu, sebut saja terang-terang... toh dalam rangka
diskusi ini.

He play save bro :cengir:

Biarin aja, lagian kesian juga kalo rumus ntar diteror, siapa tau ada mata2 disini :ninja:

E = mc˛
21-04-2012, 08:56 AM
kelompok yg disepet di sini kan banyak. lebih dr satu, biar gak usah disebut satu-satu, sebut saja "kelompok ini-itu" ;D


si nudel salah ngutip omongan orang -_-

kandalf
15-12-2013, 05:57 AM
karya terbaru Mas Aji Prasetyo

http://www.kopimaya.com/komik/Harimau%20dari%20Madiun.pdf

colek noodles maniac, thin.king, BundaNa

noodles maniac
15-12-2013, 06:28 AM
Wohohohohoho thanks bro... :-bd udah lama gak maen ke lapak nya mas Aji ::hihi::

marannu
18-10-2014, 11:34 AM
hilang satu lagi dong alat penghibur rakyat...

Gpp gan, kan banyak yg bisa ganttin, mahabarata misalnya .. :p