PDA

View Full Version : [Tanya] - Tulisan Tegak Bersambung ? -



lily
13-01-2014, 04:28 PM
Saya mo tanya ya...

Tulisan tegak bersambung itu hal penting ya di sekolah ???

Soalnya menurut saya pribadi , kok ga penting ya ? Karena sekarang aja di dunia kerja , saya ga memakai tulisan tegak bersambung untuk menulis.

Dan kayanya jaman saya SMP atau SMA juga udah ga pake tulisan tegak bersambung.

Cuma kok kayanya anak SD wajib bisa tulisan tegak bersambung ya ?

Mungkin ada yang mau share. Thanks.

Ronggolawe
13-01-2014, 04:34 PM
Penting untuk bisa membuat tanda tangan yang
readable

eve
13-01-2014, 04:39 PM
menurut saya penting karena itu kea seni nya menulis... just imo.... ::ungg::

thin.king
13-01-2014, 04:55 PM
penting biar nulisnya ga miring dan putus" ::ungg::

etca
13-01-2014, 05:02 PM
Intinya mengajarkan anak untuk disiplin tinggi rendahnya tulisan, tebal tipisnya penulisan, huruf tegak bersambung kan ada aturannya tuh, #lupa. Trus dengan demikian si anak dilatih untuk teliti, tlaten, konstan dalam menulis.

GiKu
13-01-2014, 05:15 PM
penting

kalo gak bisa nulis tegak bersambung nanti tiap dikasih tugas, si anak cuma ngumpulin kertas kosong

neofio
13-01-2014, 05:25 PM
dari sd sampe kuliah gw selalu pake hurup tegak bersambung, di kuliah gw nulis hurup cyrillic pake hurup sambung, dosen juga pake hurup cyrillic sambung di white board

BundaNa
14-01-2014, 12:06 AM
kelas 2 SD belajar tegak bersambung, buat gwe sih bagus, buat melatih kesabaran dan ketelitian anak2

---------- Post Merged at 12:06 AM ----------

kelas 2 SD belajar tegak bersambung, buat gwe sih bagus, buat melatih kesabaran dan ketelitian anak2

cherryerichan
14-01-2014, 12:17 AM
pas jadi guru,tulisan berubah jadi cakar ayam ala dokter. soalnya pas ngomong pas nulis kudu kejer kejeran. mereka g tegak sambung lagi, tapi miring estafet.

Kingform
14-01-2014, 12:46 AM
jaman SD dulu gw nulis tegak bersambung cuman pas pelajaran menulis halus doang
kalo pas pelajaran lain nulis biasa aja. soalnya lebih cepet. kalo gw nulis tegak bersambung di pelajaran lain nanti jadinya cakar ayam ;D

Alip
14-01-2014, 07:33 AM
Berguna untuk kehidupan kerja yang membosankan, tidak...
Tapi untuk kehidupan, tentu saja berguna...

Tergantung kita mau melihat dari mana. Kalau isi kehidupan kita hanya sekedar kerja 9-5, bahkan seandainya kita kerja untuk diri sendiri, maka tidak banyak hal yang perlu dipelajari. Banyak hal sudah dilakukan secara otomatis oleh teknologi yang makin lama makin menggantikan manusia.

Tapi kalau kehidupan kita adalah pemberian makna, maka setiap hal berguna. Bahkan sekedar duduk tenang memandangi langit adalah hal yang sangat berguna.

Kembali ke menulis tegak bersambung...
Meski pada akhirnya seseorang akan mengembangkan tulisan pribadinya sendiri (atau beralih dari pena ke keyboard), semua dimulai dari menulis halus. Dengan menulis halus seorang anak berlatih konsentrasi, koordinasi mata-tangan, dan kepekaan perasaan. Semua ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari, kalau tidak secara langsung, secara tidak langsung.

Buat saya berlatih menulis halus itu sama persis seperti berlatih silat, kita harus tahu kapan harus naik, kapan harus turun, kapan mengisi tenaga penuh, kapan mengosongkan badan, kapan harus menghentak, kapan harus mengalun mengikuti irama. Semua itu adalah pelajaran kehidupan. Seorang pesilat mungkin tidak pernah berkelahi seumur hidupnya, seperti tulisan tegak bersambung tidak pernah lagi dipakai di dunia kerja, tapi seorang pesilat dan seorang penulis kaligrafi terus menerus berlatih soal kehidupan...

#too_many_beer ::hihi::