PDA

View Full Version : Air Tawar



gembel
19-02-2011, 10:04 PM
Bagi pekerja yang sering duduk lama disarankan untuk banyak minum air putih. Jika tidak akan menimbulkan penyakit, terutama di daerah pinggang.

Kutipan ini merupakan rangkupan yang saya tangkap dari manfaat air tawar. Saya sendiri bisa menghabiskan minimal 2,5 liter ketika kerja.

Saya sendiri merasakan klo kebanyakan duduk sering haus, berbeda ketika banyak gerak (di rumah).

Ayo banyak minum air tawar :mrgreen:

AsLan
20-02-2011, 08:58 PM
mungkin maksudnya banyak duduk ditempat panas seperti supir...
yg pasti kita yg hidup di negara tropis harus minum lebih banyak daripada yg hidup dinegara dingin.

gembel
22-02-2011, 07:51 AM
ndak juga, pekerja kantoran seperti teller, programmer, dan customer service banyak duduk kok.

ndugu
23-02-2011, 07:45 AM
slan: di negara dingin, sebenarnya juga perlu minum banyak air loh. Soalnya udara di negara2 demikian biasa sangat kering, dan ini juga bisa bikin dehidrasi. beda dengan udara di negara tropis yang cenderung lembab.

kupikir ga peduli cuaca ato jenis kerjaan, minum banyak air emang bagus kok.

gembel
23-02-2011, 10:12 AM
konsekuensinya karena sering minum ya serin gpipis :mrgreen:

tonosoe
13-07-2011, 10:40 AM
Sebaiknya minum segelas air suam kuku di pagi hari sebelum makan. Kurangi minum air dingin

etca
13-07-2011, 10:52 AM
Sebaiknya minum segelas air suam kuku di pagi hari sebelum makan. Kurangi minum air dingin
kenapa?

air suam kuku itu bisa nyebabin anyang2en ga sih? err apa yak bahasa indonesianya anyang2en?
itu yang bikin bolak balik pipis melulu.

setahu gw air yang direbus tapi ga gitu mateng, jadinya angetna nanggung. panas enggak, dingin juga enggak.
nyebabin anyang2en.. .

opera
13-07-2011, 10:54 AM
katanya air dingin bikin perut buncit

tiap hari biasanya bisa minum 8 gelasan :D

AsLan
13-07-2011, 11:16 AM
8 gelas sehari itu bukan suatu keharusan loh... itu cuma pernyataan seorang dokter yg dilontarkan tanpa penelitian khusus.
http://psychcentral.com/blog/archives/2010/12/08/the-myth-behind-drinking-8-glasses-of-water-a-day/

Terlalu banyak minum air juga bisa berbahaya, ada istilah keracunan air (hyper hidration) yaitu saat orang minum terlalu banyak air sehingga mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh.

thamacaat
13-07-2011, 12:02 PM
^ dulu maksudnya, kita harus minum cairan setara dg 8 gelas, tiap harinya. makin kesini, kata cairan mengerut dan menspesifik jadi 8 gelas air. padahal dr makanan yg kita makanan (bahkan kerupuk sekalipun, udah jelas buah2an mah) semuanya mengandung cairan :)

GiKu
13-07-2011, 12:12 PM
tubuh kita adalah sistem yg canggih
kalo dia butuh air, rasa haus akan dimunculkan atau air kencing akan menjadi kuning

minum yg wajarlah, kebanyakan air malah jadi susah bernafas

AsLan
13-07-2011, 01:27 PM
Orang bisa kebanyakan air itu biasanya kalau melakukan enema.
(enema adalah memasukkan air ke anus untuk membersihkan usus)

et dah
13-07-2011, 02:45 PM
katanya air dingin bikin perut buncit

tiap hari biasanya bisa minum 8 gelasan :D

seriusan nih??

Urzu 7
13-07-2011, 02:46 PM
Mau minum 1 galon tiap hari kalo pipisnya lancar yah no problem aja

thamacaat
19-07-2011, 07:19 PM
Anjuran Minum Air 8 Gelas Sehari Tak Menyesatkan

Tulisan yang dimuat di Kompas.com,14 Juli 2011 berjudul "Anjuran Minum 8 Gelas Sehari Menyesatkan? (http://health.kompas.com/read/2011/07/14/17521417/Anjuran.Minum.8.Gelas.Sehari.Menyesatkan)" menarik untuk saya jawab dan diketahui pembaca.

Artikel ini diturunkan dari sumber telegraph.co.uk yang ditulis Margaret McCartney—seorang dokter umum—dalam majalah online kedokteran di Inggris yang memuat bahwa minum 8 gelas air sehari adalah pepatah keliru bahkan mungkin bisa membahayakan dan anjuran tersebut adalah omong kosong. Kritikan dr Margaret didasarkan pada anjuran National Health Services (NHS) di Inggris yang telah lama menyarankan masyarakat Inggris agar minum sekitar 1,2 liter air per hari untuk menjaga kesehatan.

Anjuran ini berdasarkan konsensus para pakar gizi dan kesehatan puluhan tahun lalu dan dalam konteks budaya minum orang dewasa Inggris, yang mengonsumsi susu, jus, dan alkohol sampai 4 gelas sehari. Jumlah asupan dari tiga jenis minuman ini tidak termasuk dalam anjuran minum 1,2 liter. Warga Inggris biasa makan buah dan sayur yang banyak yang juga merupakan sumber air.

Bagaimana faktanya di Indonesia? Untuk pertama kali, pada tahun 2009 Indonesia mempunyai data hasil penelitian, yang kami sebut THIRST (The Indonesian Regional Hydration Study) tentang permasalahan dehidrasi, pengetahuan dan asupan air pada remaja dan orang dewasa Indonesia, khususnya.

Penelitian ini dilakukan di enam kota dengan jumlah subyek terbesar dibanding penelitian serupa, yaitu 1.200 subyek pria dan wanita remaja dan dewasa (tidak termasuk lansia). Fakta berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa 46,1 persen subyek remaja dan dewasa mengalami dehidarasi ringan, yang setara dengan kekurangan air tubuh sekitar 2 persen.

Pengukuran dehidrasi dilakukan berdasarkan pemeriksaan urin di laboratorium dengan kriteria urine spesific gravity>=1.02. Pada penelitian ini juga dianalisis total asupan air dari semua sumber yaitu air dari minuman, air dari makanan, dan air hasil metabolisme. Rata-rata total asupan air harian subyek yang tidak mengalami dehidrasi dari semua sumber air tersebut adalah 2,9 liter, yang 1,8 liter di antaranya berasal dari air putih dan 0,5 liter dari air minum lainnya. Ini berarti bahwa subyek yang normal atau tidak dehidrasi minum air sekitar 2,3 liter sehari. Asupan air dari susu, jus, dan alkohol pada penelitian ini amat rendah, tidak seperti di Inggris.

Kebutuhan air tentu berbeda menurut kelompok umur, aktivitas, suhu tubuh, dan suhu lingkungan. Kebutuhan air bagi anak dan lansia lebih rendah dibanding kebutuhan air remaja dan dewasa. Kebutuhan air ibu hamil dan menyusui lebih banyak dibanding kebutuhan air wanita ketika tidak hamil dan tidak menyusui. Kebutuhan air bayi usia sebelum enam bulan adalah dari ASI yang dari penelitian kami di Bogor adalah sekitar 0,65 liter per hari. Penelitian ahli ginjal Siregar, P dkk (2009) di Jakarta menunjukkan bahwa kebutuhan air pada lansia lebih rendah dari orang dewasa yaitu 1-1,5 liter sehari.

Ini merupakan fakta ilmiah dari kajian di Indonesia yang membuktikan bahwa keputusan bijak para pakar gizi dan kesehatan serta pengambil keputusan di Depkes pada tahun 1995 tentang anjuran minum air 2 liter sehari adalah benar. Pesan minum air minimal 2 liter dalam pedoman gizi seimbang adalah bagi remaja dan dewasa secara umum, bukan bagi anak-anak dan lansia yang kebutuhan airnya lebih rendah, yaitu 3-6 gelas sehari bergantung umur dan aktivitas fisiknya.

Oleh karena itu, anjuran Departemen Kesehatan dalam buku Pedoman Umum Gizi Seimbang (Depkes, 1995) untuk minum minuman yang aman dan cukup, yaitu 2 liter atau 8 gelas sehari bagi penduduk Indonesia usia remaja dan dewasa mempunyai dasar ilmiah yang dapat dipertangungjawabkan, bukan omong kosong dan tidak menyesatkan. Demikian pula dengan visualisasi anjuran delapan gelas air dalam Tumpeng Gizi Seimbang yang terkini.

* Prof Dr Hardinsyah, MS, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia

AsLan
20-07-2011, 02:33 AM
Kebenaran yg kebetulan :))

Karena pada saat anjuran minum 8 gelas/hari itu tanpa penelitian yg ilmiah. Dan kebetulan jumlah 8 gelas itu cocok untuk negara tropis.

nerissa
20-07-2011, 02:24 PM
minum banyak tapi kalau duduk terus, bukannya jadi sesek napas y?

dulu aku pernah paru paru basah, pas di rontgen ada cairan di sekitar dinding luar paru paru..kata doketr krn pas di opname 3 minggu, terlalu banyak minum air, tapi tiduran terus alias kurang gerak