PDA

View Full Version : PerTEPUNGan



etca
19-02-2011, 06:35 PM
Temanteman,
Bantuin dunk tepung2 yang biasa dipakai itu tepung apa aja macamnya yang ada.
Trus dipakainya buat apa aja. Jadi makanan apa.
Trus kalau dicampur ama tepung yang lain kasiatnya untuk apa.
Kan ada tuh tepung A dicampur tepung B.

daku rada rancu tepung tapioka,
tepung maizena dari jagung kan ya?
tepung terigu = tepung gandum kan?
tepung panir
tepung beras
tepung pati kanji bahasa indonesianya apa ya?

makasih sebelumnya.

Kilat
19-02-2011, 09:53 PM
betul, tepung terigu = tepung gandum, tapi kalau tepung terigu seratnya dibuang (berarti tepung terigu = putih, dan tepung gandum = sedikit abu-abu, jadi tepung terigu lebih bagus dan halus tapi kurang sehat daripada tepung gandum)
tepung gandum bikin gampang kenyang karena penuh serat

tepung terigu dipakai untuk bikin kue, kue cake, kue tart, kue kering, pancakes, roti, kuah daging, juga dipakai untuk bikin lapisan yang crispy (misalnya untuk ikan: celup ke dalam susu cair, kemudian celup ke dalam tepung terigu, kemudian goreng)

tepung gandum dipakai untuk bikin roti, bisa juga untuk bikin kue, tapi rasanya lebih kasar dan bikin lebih mudah kenyang

tepung maizena dari jagung
dipakai untuk bikin a.l. kuah coklat

tepung panir = roti yang dikeringkan dan dihaluskan
dipakai untuk bikin lapisan yang crispy (misalnya bakwan atau ikan: celup ke dalam telur dulu, kemudian taburi dengan panir, kemudian goreng),
bisa juga dipakai untuk bikin bola daging cincang: ga usah dicelup ke dalam telur dulu, bola daging cincang bisa langsung ditaburi panir, kemudian goreng

fullmoonflower
21-02-2011, 08:03 PM
maizena dari jagung
tapioka dari singkong
pati kanji dari sagu
tepung beras dari beras
tepung ketan dari ketan

BundaNa
24-02-2011, 11:29 PM
Temanteman,
Bantuin dunk tepung2 yang biasa dipakai itu tepung apa aja macamnya yang ada.
Trus dipakainya buat apa aja. Jadi makanan apa.
Trus kalau dicampur ama tepung yang lain kasiatnya untuk apa.
Kan ada tuh tepung A dicampur tepung B.

daku rada rancu tepung tapioka,
tepung maizena dari jagung kan ya?
tepung terigu = tepung gandum kan?
tepung panir
tepung beras
tepung pati kanji bahasa indonesianya apa ya?

makasih sebelumnya.

Tepung tapioka: dari gaplek...singkong dipotong-potong kemudian dikeringkan lalu digiling menjadi tepung.

sebagai bahan pembantu dalam berbagai industri, komposisi zat gizi tepung tapioka cukup baik sehingga mengurangi kerusakan tenun, juga digunakan sebagai bahan bantu pewarna putih. Tapioka yang diolah menjadi sirup glukosa dan destrin sangat diperlukan oleh berbagai industri, antara lain industri kembang gula, penggalengan buah-buahan, pengolahan es krim, minuman dan industri peragian. Tapioka juga banyak digunakan sebagai bahan pengental, bahan pengisi dan bahan pengikat dalam industri makanan, seperti dalam pembuatan puding, sop, makanan bayi, es krim, pengolahan sosis daging, industri farmasi, dan lain-lain.

tepung maizena; dari jagung.

kebanyakan untuk campuran kue kering supaya hasilnya renyah tapi tetap kuat.

tepung terigu: tepung gandum yang lebih halus

biasa dipakai buat bikin kue dan cake

Tepung panir: biasanya dari kulit atas roti yang coklat itu, dikeringkan

biasanya dipake untuk bahan baluran kue supaya krispi

tepung beras: dari beras digiling

biasanya dipakai untuk mengeras makanan yang digoreng atau dibakar. Sehingga tekstur dan bentuknya tetap walaupun jajanan atau kue sudah dingin

tepung panti kanji: dari sagu

untuk mengkaliskan adonan ataupun bikin bubur sagu. Biasanya industri membutuhkan untuk mempermudah proses pembuatan adonan.

AsLan
25-02-2011, 02:35 AM
Kalau mau goreng Udang saya pakai resep tepung ini :

- Tepung sagu
- Tepung beras (lebih sedikit dari tepung sagu)
- gula halus sedikit
- Penyedap rasa
- tepung bawang putih atau bawang putih yg dicincang kecil2
- Putih telur

Lumuri udang dengan putih telur lalu lapisi dengan tepung sampai rapat, goreng dengan minyak panas sampai tercelup semua, setelah setengah matang angkat dan lubangi tepung dengan garpu, dibelek2 lalu masukkan lagi ke minyak panas sampai matang.

Tepung sagu-beras bisa diganti dengan tepung roti.

Agitho_Ryuki
26-02-2011, 03:57 PM
kanji tuh bukan tapioka ya??

Sanghyang Ismaya
20-12-2011, 03:49 PM
Tepung terigu juga banyak macamnya; tergantung dari kandungan protein...

GiKu
20-12-2011, 03:59 PM
tepung yg biasa dipake tukang pisang goreng atau ayam goreng supaya bisa keriting2 itu jenisnya apa ya ?

yg biasa gw beli di minimarket gak ada yg sukses keritingnya

silverjade
30-12-2011, 10:24 AM
Kalo tepung Tang-Mien itu dari apa, kentang kah?

Sanghyang Ismaya
30-12-2011, 10:26 AM
tepung yg biasa dipake tukang pisang goreng atau ayam goreng supaya bisa keriting2 itu jenisnya apa ya ?

yg biasa gw beli di minimarket gak ada yg sukses keritingnya

Biasanya campuran antara tepung terigu dengan tepung beras...

Jevo Jett
15-01-2012, 10:43 PM
^Pake campuran maizena itu, kalo terigu campur tepung beras hasilnya jadi rada keras...kalo maizena jadinya lebih renyah kriyuk2 gitu deh.

GiKu
16-01-2012, 10:06 AM
nanti dicoba sarannya (campuran tepung beras/maizena)

trims sodara2

Jevo Jett
16-01-2012, 10:39 AM
Terigu +maizena

yg penting jangan bikin dari campuran tepung ketan+tepung beras...jadinya malah keras banget...:D

GiKu
16-01-2012, 10:47 AM
yg penting jangan bikin dari campuran tepung ketan+tepung beras...jadinya malah keras banget...:D

oow... ternyata ini resep jajanan perontok gigi
cireng

Sanghyang Ismaya
16-01-2012, 03:47 PM
Gimana kalo campur terigu, maizena, dan tepung beras...??? :D

Biasanya untuk mendapat hasil yang rangup memang tepung berasnya dipakai sedikit sekali. Antara 5-10% dari tepung terigu yang digunakan. Kalau komposisi tepung berasnya terlampau banyak jadinya memang keras.

GiKu
16-01-2012, 04:05 PM
nanya lagi ya

tukang gorengan keliling, produk tempe gorengnya berwarna coklat terang dan keras
apa itu pake campuran tepung beras juga ? (selain isu pake plastik)

kalo bikin sendiri gak bisa begitu, sebentar aja tempenya ud keplek-keplek (gak kaku - lemes)

Jevo Jett
18-01-2012, 10:07 PM
Kalo warnanya coklat terang Kemungkinan tepung beras,
kalo putih agak kuning biasanya maizena.
Kalo cuma pake terigu doang, begitu dingin emang dah langsung lemes...palagi kalo gorengnya cuma pake minyak dikit...:D